Tips : Motor mogok karena ditelan banjir??. Wajib dibaca ki cak….

38
1418

banjir

Iwanbanaran.com – Kangbro…..sopo sing ora mumet dengan cuaca hujan seperti sekarang. Intensitas yang cukup tinggi disertai buruknya drainese membuat biker ketar-ketir. Lha piye cak…seringkali air menggenangi jalanan hingga diatas 40 centimeter. Judule banjir parah pokoke. Jelas kondisi ini berbahaya bagi kendaraan kesayangan. Banjir Inipun dialami oleh salah satu pembaca warung ini yakni cak Yudha asal Surabaya. Karena nekat motor pun mogok. Nah….kira-kira apa yang harus kita lakukan jika itu terjadi ???….

Sebenarnya IWB tidak rekomendasikan untuk menerobos banjir ekstrim di jalanan karena hal ini cukup berbahaya buat mesin. Akan tetapi kadang-kadang ada beberapa kasus di mana kita tidak peduli akan hal itu yang membuat mesin mogok. Seperti yang dialami kang Yudha dalam surelnya berikut ini….

Pagi mas Iwan,

Salam kenal mas, saya yudha asli surabaya…

Begini mas, saya mau curhat sedikit mengenai tunggangan saya , yaitu vario 125 cbs 2013. Ceritanya pas pulang kerja kemarin saya melewati daerah banjir di sekitar jl. Ry sememi – kendung sby ( sekitar SMA 12 ) . Asal sampeyan tau banjirnya sampe ke tulang kering kaki ( gares ) saya dg posisi masih mengendarai vario .

Pada saat itu vario masih nyala normal mas, saya jaga putaran gas biar gak sampai mati… saya pede aja melaju diantara motor kebanyakan yg lain pada mogok…(bagian ini agak sombong hehehehe…), nah apes mas ndilalah ada luapan aliran sungai di samping kanan ditambah plus ada mobil yg melintas dari depan , mengakibatkan gelombang yg langsung menghajar dari samping , pas wes… langsung mati varione… c*k (sory misuh mas). Pikiran saya saat itu bakal bongkar busi ini dan malesnya harus bongkar body / dek juga , tambah ribet iki…

Nuntun sampai daerah agak tinggi , alhamdulillah nasib baik masih berpihak pada saya mas… dg dibantu 2 orang sesama pengendara yg mungkin mempunyai pengetahuan lebih dari saya tentang matic injeksi, di berdirikan vario saya (dituntek) ke belakang dg maksud mengeluarkan air yg masuk dari knalpot, bener mas , air keluar mancur (nguyuh mas knalpote… hehehe ), lalu salah satu orang tersebut bilang pertama di stater terus pake kaki, lalu lanjut di tuntek lagi , kejadian ini sampe 3 kali dg maksud sampai air bener bener keluar semua ( mungkin).

Lalu dia bilang biarkan dulu mas sekitar 15 – 30 menit, nanti coba stater pake dobel staternya… bener mas murup alias nyala mesinnya… tapi ya gitu mbeluk ( keluar asap putih) dan kalau digas dikit mati lagi, akhirnya dibiarkan nyala sesuai tensioner mesin saja…

Oiya mas fyi… motor saya masih standart , saya sengaja terjang banjir karena sudah cari jalan alternatif puter puter pada macet semua , kalau mau balik lagi lewat daerah gresik(adoh) sekitar dan saya gak pingin ketinggalan pertandingan Indonesia vs singapur, dan sory gak sempat foto karena kondisi masih grimis (eman hpku mas).

Pertanyaan saya :
1. Apa yg kita lakukan pertama kali saat motor mogok karena banjir ? ( di saat itu juga dg kondisi bengkel jauh adapun bengkel rumahan yg terkadang belum tentu paham injeksi)
2. Kenapa harus tunggu 15 – 30menit baru boleh stater…?
3. Terus setelah motor “sembuh” apa perlu servis total bongkar mesin mas ?

Baik mas, itu sedikit curhat saya (tapi kok mirip cerpen ya…sory), tlg mas ditanyakan ke pihak terkait (sampeyan kocone kan akeh mas…)…

Ok mas, suwun , sukses dan sehat selalu.

banjir-motor

Yup….itulah surel cak Yudha yang mungkin mewakili pertanyaan banyak biker diluar sana. Secara umum sebenarnya apa yang dilakukan diatas sudah benar. Hal ini diamini oleh pak Endro Sutarno (Divisi teknis AHM) ketika konsultasikan perkara ini kedoi. Dan bisa disimpulkan pada umumnya….menerobos banjir bisa sangat fatal pada mesin  dan tidak disarankan. “Sebenarnya jangan nekat kalo banjirnya sudah melebihi knalpot/saringan udara. Karena akan beresiko rusak crankshaftnya apabila air dihisap masuk keruang bakar…“tuturnya. Nah….IWB akan coba jawab satu persatu sesuai pertanyaan kang Yudha…….

1. Sudah sebagian benar yang dilakukan tadi. Jadi cek dulu/buka dan bersihkan saringan udara…kalo jaringannya basah.. bisa mengakibatkan motor susah hidup ato ngebul. Bersihkan ato kuras air yang masuk kedalam knalpot. Bersihkan busi…dan sekaligus di engkol ato diselah selah supaya air yg masuk dalam ruang bakar hilang. Tapi jangan nyalakan kunci kontak dulu.

2. Menunggu 30 Menit itu tujuannya supaya air yang ada di dalam hilang atau kering….

3. Sebaiknya demikian untuk memastikan semua kondisi dalam keadaan baik pasca diterjang air apalagi sudah sempat mogok. Minta tolong pada mekanik AHAS untuk ngecek secara menyeluruh semua komponen yang kena banjir seperti saringan udara, V-belt dll.

Yup…jadi demikian kangbro. Tapi secara keseluruhan lebih baik sampeyan nggak nekad nerobos banjir sebab jika apes air terhisap kedalam filter udara…masuk keruang bakar langsung maka sampeyan harus bongkar mesin. Yang paling fatal bisa saja crankcase pecah karena water pressure akibat kompresi….dengan catatan momentum lebih cepat air masuk dibanding mesin mati. Soale pernah ada kejadian demikian cak…..

Last….air akan sangat rentan masuk via saringan udara dibandingkan knalpot sebab mustahil air masuk lewat sana akibat tendangan gas buang…dengan catatan mesin hidup ya pakde. Yang perlu sampeyan waspadai justrus pada filter udara. Ini yang utama. Daya hisap yang membutuhkan udara tiba-tiba disumpal air….jelas langsung keselek cak, ilustrasinya demikian. Ukur ketinggian air….analisa dan jika diatas filter udara wajib berhenti jangan teruskan. Kira-kira demikian. Piye……wis mudeng to cak….(iwb)

mengatasi-motor-yang-mogok-karena-banjir

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

38 COMMENTS

  1. Iso distater neh mergo injeksi.. Karbu kudu dibongkar sik… Lha wong karbu saringan kertas keno banyu wae wes rak so murup motore … Oli mesin kudu langsung ganti…

  2. congoran TB/Carbu dimodif tambah selang pembuangan mesin cuci cantelke spion lak beres…
    * asal aki ga sampai ikut kerendem
    * selang pernafasan mesin jg sih

    wkwkwkwk

  3. revo ane pernah kerendem banjir sampe jok waktu parkir, diliat dari atas kayak papan surfing, hahaha tapi sekali di engkol langsung idup, air keluar dari knalpot kayak termos

  4. Sorry cung gue mah bogor kota, gak kenal banjir, sayangi badan cung, gak perlu maksa diri, kecuali mau niat main air, silahkeun cung

  5. kalo Yamah* kenapa ya kang ga perlu nunggu kebanjiran akan ngebull asap putih ga di MotoGP ga di motor massal?

    sekian kang terimakasih sebelumnya

Leave a Reply