Iwanbanaran.com » Tips : Motor mogok karena ditelan banjir??. Wajib dibaca ki cak….
About these ads
jump to navigation

Tips : Motor mogok karena ditelan banjir??. Wajib dibaca ki cak…. November 28, 2016

Posted by iwanbanaran in : Otomotif , trackback

460x110_oli-rev

banjir

Iwanbanaran.com – Kangbro…..sopo sing ora mumet dengan cuaca hujan seperti sekarang. Intensitas yang cukup tinggi disertai buruknya drainese membuat biker ketar-ketir. Lha piye cak…seringkali air menggenangi jalanan hingga diatas 40 centimeter. Judule banjir parah pokoke. Jelas kondisi ini berbahaya bagi kendaraan kesayangan. Banjir Inipun dialami oleh salah satu pembaca warung ini yakni cak Yudha asal Surabaya. Karena nekat motor pun mogok. Nah….kira-kira apa yang harus kita lakukan jika itu terjadi ???….


Honda cengkareng

Sebenarnya IWB tidak rekomendasikan untuk menerobos banjir ekstrim di jalanan karena hal ini cukup berbahaya buat mesin. Akan tetapi kadang-kadang ada beberapa kasus di mana kita tidak peduli akan hal itu yang membuat mesin mogok. Seperti yang dialami kang Yudha dalam surelnya berikut ini….

Pagi mas Iwan,

Salam kenal mas, saya yudha asli surabaya…

Begini mas, saya mau curhat sedikit mengenai tunggangan saya , yaitu vario 125 cbs 2013. Ceritanya pas pulang kerja kemarin saya melewati daerah banjir di sekitar jl. Ry sememi – kendung sby ( sekitar SMA 12 ) . Asal sampeyan tau banjirnya sampe ke tulang kering kaki ( gares ) saya dg posisi masih mengendarai vario .

Pada saat itu vario masih nyala normal mas, saya jaga putaran gas biar gak sampai mati… saya pede aja melaju diantara motor kebanyakan yg lain pada mogok…(bagian ini agak sombong hehehehe…), nah apes mas ndilalah ada luapan aliran sungai di samping kanan ditambah plus ada mobil yg melintas dari depan , mengakibatkan gelombang yg langsung menghajar dari samping , pas wes… langsung mati varione… c*k (sory misuh mas). Pikiran saya saat itu bakal bongkar busi ini dan malesnya harus bongkar body / dek juga , tambah ribet iki…

Nuntun sampai daerah agak tinggi , alhamdulillah nasib baik masih berpihak pada saya mas… dg dibantu 2 orang sesama pengendara yg mungkin mempunyai pengetahuan lebih dari saya tentang matic injeksi, di berdirikan vario saya (dituntek) ke belakang dg maksud mengeluarkan air yg masuk dari knalpot, bener mas , air keluar mancur (nguyuh mas knalpote… hehehe ), lalu salah satu orang tersebut bilang pertama di stater terus pake kaki, lalu lanjut di tuntek lagi , kejadian ini sampe 3 kali dg maksud sampai air bener bener keluar semua ( mungkin).

Lalu dia bilang biarkan dulu mas sekitar 15 – 30 menit, nanti coba stater pake dobel staternya… bener mas murup alias nyala mesinnya… tapi ya gitu mbeluk ( keluar asap putih) dan kalau digas dikit mati lagi, akhirnya dibiarkan nyala sesuai tensioner mesin saja…

Oiya mas fyi… motor saya masih standart , saya sengaja terjang banjir karena sudah cari jalan alternatif puter puter pada macet semua , kalau mau balik lagi lewat daerah gresik(adoh) sekitar dan saya gak pingin ketinggalan pertandingan Indonesia vs singapur, dan sory gak sempat foto karena kondisi masih grimis (eman hpku mas).

Pertanyaan saya :
1. Apa yg kita lakukan pertama kali saat motor mogok karena banjir ? ( di saat itu juga dg kondisi bengkel jauh adapun bengkel rumahan yg terkadang belum tentu paham injeksi)
2. Kenapa harus tunggu 15 – 30menit baru boleh stater…?
3. Terus setelah motor “sembuh” apa perlu servis total bongkar mesin mas ?

Baik mas, itu sedikit curhat saya (tapi kok mirip cerpen ya…sory), tlg mas ditanyakan ke pihak terkait (sampeyan kocone kan akeh mas…)…

Ok mas, suwun , sukses dan sehat selalu.

banjir-motor

Yup….itulah surel cak Yudha yang mungkin mewakili pertanyaan banyak biker diluar sana. Secara umum sebenarnya apa yang dilakukan diatas sudah benar. Hal ini diamini oleh pak Endro Sutarno (Divisi teknis AHM) ketika konsultasikan perkara ini kedoi. Dan bisa disimpulkan pada umumnya….menerobos banjir bisa sangat fatal pada mesin  dan tidak disarankan. “Sebenarnya jangan nekat kalo banjirnya sudah melebihi knalpot/saringan udara. Karena akan beresiko rusak crankshaftnya apabila air dihisap masuk keruang bakar…“tuturnya. Nah….IWB akan coba jawab satu persatu sesuai pertanyaan kang Yudha…….

1. Sudah sebagian benar yang dilakukan tadi. Jadi cek dulu/buka dan bersihkan saringan udara…kalo jaringannya basah.. bisa mengakibatkan motor susah hidup ato ngebul. Bersihkan ato kuras air yang masuk kedalam knalpot. Bersihkan busi…dan sekaligus di engkol ato diselah selah supaya air yg masuk dalam ruang bakar hilang. Tapi jangan nyalakan kunci kontak dulu.

2. Menunggu 30 Menit itu tujuannya supaya air yang ada di dalam hilang atau kering….

3. Sebaiknya demikian untuk memastikan semua kondisi dalam keadaan baik pasca diterjang air apalagi sudah sempat mogok. Minta tolong pada mekanik AHAS untuk ngecek secara menyeluruh semua komponen yang kena banjir seperti saringan udara, V-belt dll.

Yup…jadi demikian kangbro. Tapi secara keseluruhan lebih baik sampeyan nggak nekad nerobos banjir sebab jika apes air terhisap kedalam filter udara…masuk keruang bakar langsung maka sampeyan harus bongkar mesin. Yang paling fatal bisa saja crankcase pecah karena water pressure akibat kompresi….dengan catatan momentum lebih cepat air masuk dibanding mesin mati. Soale pernah ada kejadian demikian cak…..

Last….air akan sangat rentan masuk via saringan udara dibandingkan knalpot sebab mustahil air masuk lewat sana akibat tendangan gas buang…dengan catatan mesin hidup ya pakde. Yang perlu sampeyan waspadai justrus pada filter udara. Ini yang utama. Daya hisap yang membutuhkan udara tiba-tiba disumpal air….jelas langsung keselek cak, ilustrasinya demikian. Ukur ketinggian air….analisa dan jika diatas filter udara wajib berhenti jangan teruskan. Kira-kira demikian. Piye……wis mudeng to cak….(iwb)

mengatasi-motor-yang-mogok-karena-banjir

MVAI

Berita menarik lain dari IWB

Bagi rider Pulsar…wajib masuk kesini!!! subs... Walau saat ini sparepart sibelalang tempur dari India ini tidak banyak keluhan, namun belum tentu yang dipelosok daerah. Karena itu saya berinisiatif ...
Pak Paulus S. Firmanto mundur dari Yamaha… Ngimpi opo Yamaha ki. Setelah dibombardir oleh serangan kompetitor utamanya,  kini mereka kudu kehilangan satu pilar utama dalam departement promosi....
Top speed Honda CBR250r berkisar 156-160km/jamR... Banyak yang penasaran akan top speed motor DOHC PGM-FI 250cc. Berbekal ngubek-ngubek youtube, diperoleh sebuah video yang cukup jelas dan bisa diperta...
Ssssttt…hari Selasa YIMM akan rilis produk b... Jian misterius Yamaha ki. Setelah mereka mengirim invitation peluncuran R25 ABS....pagi ini undangan kembali nongol namun namun dengan hari berb...
About these ads

Comments»

1. whis - November 28, 2016

ngopi2 sek bro😯

Gentleman Rider - November 28, 2016

Ok bro…sruputtt

Fbh pekok - November 28, 2016

Honda bosok bro

Marquezz - November 28, 2016

Cbr kok anteng2 aja menerobos banjir lek,apa karena dohc😂😂😂😆😆😆

Nurdin - November 28, 2016

karena cebong memang habitatnya di situ om …ekekekeke
#udah pantes belum jadi fby smart cap kadal :mrgreen:

Klothok - November 28, 2016

Nguahahah…

Oiya lupa habitatnya di parit.

Visnu - November 28, 2016

Itu cbr made in thailand bro,bukan cbr buatan ngohaem yg punya ciri khas klOthOk2,krna dohc nya masih setengah mateng,coba klo yg nerjang banjir cbr buatan lokal,alamat mledukk tuh motor dohc near square cap sayap.

2. Gerry - November 28, 2016

Lapis kukus surabaya mantaap

Fbh pekok - November 28, 2016

Lebih mantap apem bro

Acrοοtt Kenyott - November 28, 2016

Apem kelas janda, bolu kelas abg

crοοtt

3. HArap Sabar - November 28, 2016

yihaaa….!!

4. Gentleman Rider - November 28, 2016

Ketigax…

5. hardireinan - November 28, 2016

Gaya bicaranya mirip lek iwb.

6. Gentleman Rider - November 28, 2016

Ok…sudah paham mas iwb. Tengkyu infonya

7. Lemon - November 28, 2016

Iso distater neh mergo injeksi.. Karbu kudu dibongkar sik… Lha wong karbu saringan kertas keno banyu wae wes rak so murup motore … Oli mesin kudu langsung ganti…

8. Bang Herman - November 28, 2016

Klo karbu alamat bongkar

9. amit amit - November 28, 2016

Untung e vario… Coba kalo plodux cebelah… Bisa bisa …. Ahahahah

Gtr - November 28, 2016

Jos vario motor sejuta umat
Tapi kok mogokan

Fbh pekok - November 28, 2016

Vario motor bosokkkkkkkkkk

Celeng Bencong - November 28, 2016

Vario langganan korsleting listrik mau terabas banjir???? Mikir…….. 😜😜
Fakta cung!!!! 😂😂😂

10. kucink kecil - November 28, 2016

congoran TB/Carbu dimodif tambah selang pembuangan mesin cuci cantelke spion lak beres…
* asal aki ga sampai ikut kerendem
* selang pernafasan mesin jg sih

wkwkwkwk

11. arvi - November 28, 2016

ARTIKEL LANGKA DI BLOG LEK IPULL

12. Yudha setiawan - November 28, 2016

ok mas iwb makasih banyak…

suwun suwun…

13. Nurdin - November 28, 2016

wkwkwkw pic pertama makjleebb tenan ono cebong renang gaya kodok …
ekekeke

Juragan merchon - November 28, 2016

sik tak bayangne cebong renang gaya kodok ekekeke 😂😂

Gtr - November 28, 2016

Cebong memang jos
Lele saja gak berani

Buell - November 28, 2016

Kudet lu bro si lele malah berenang sampe kerendem lampu jeber nya

14. jimoo - November 28, 2016

setahuku mtr plg gmpng mcet d hujan itu..ya megapro lm ma tiger..

15. siapa bukan sih - November 28, 2016

revo ane pernah kerendem banjir sampe jok waktu parkir, diliat dari atas kayak papan surfing, hahaha tapi sekali di engkol langsung idup, air keluar dari knalpot kayak termos

16. choi - November 28, 2016

Sorry cung gue mah bogor kota, gak kenal banjir, sayangi badan cung, gak perlu maksa diri, kecuali mau niat main air, silahkeun cung

17. Muha - November 28, 2016

coba ada yang bikin itu, sambungan knalpot portable, pake clip on modelnya… pipanya flexible, kecil… laku kayaknya. 😀

18. sucahyo - November 28, 2016

filter udara basah bakalan susah di starter.

setelah kebanjiran, CVT wajib dibuka dan dilumasi lagi

19. reader netral - November 28, 2016

kalo Yamah* kenapa ya kang ga perlu nunggu kebanjiran akan ngebull asap putih ga di MotoGP ga di motor massal?

sekian kang terimakasih sebelumnya

20. fahmi - November 28, 2016

banjir diterjang, 129 ribu melayang
service kelistrikan, ganti filter udara, service cvt, cek mesin
mio soul…..

21. Rio neils - November 28, 2016

Kayaknya harus ada produk motor amphibi juga kali ya hahaha… Ayolah anak negri berinovasi….. Indonesia Rajin Banjirnya

22. Honda is the best - November 28, 2016

Selain itu hati hati juga pakai motor Honda saat hujan dan banjir. soale cat cepet luntur bro.

😆