Marc Marquez ungkap mesin baru Honda RC213V 2017 lebih mudah dikontrol…..Big Bang ???…..

92
1763

marc-rc213v-2017

Iwanbanaran.com – Bro dan sis sekalian….pada testing Valencia kemarin, Honda fokus pada RC213V terbaru. Walau tidak diungkapkan secara detil…banyak yang mengatakan bahwa mesin V4 anyar memiliki karakteristik suara “big bang” firing Pattern. Raungan mesin dianggap lebih lembut dibandingkan screamer dan ternyata indikasinya demikian sebab Marc membocorkan feeling yang dirasakan pada motor baru…..

“Diawal aku masih menggunakan motorku lawas. Setelah itu kita mulai bekerja pada motor baru. Dan sepertinya motor anyar lebih mudah dikendarai. Contohnya saat kamu membuka dan mengontrol gas jadi lebih gampang. Namun kami masih harus adjust elektronik pada mesin karena karena mapping torsi dan pengereman masih menggunakan mesin 2016. Jadi kadang-kadang output power masih terasa tidak terprediksi…”seru Marc. Terus apa kelebihan dan kekurangan mesin baru??…

Aku rasa karakternya lumayan bagus. Namun yang pasti masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan. Yang terpenting kamu harus bisa kencang. Dan kemarin kami tidak terlalu kencang. Hari ini kami akan konsentrasi penuh pada motor baru. Mungkin dipenghujung waktu kami akan membandingkan untuk mengetahui semua bekerja baik…“tutup Marc. Marc Marquez sendiri finish keempat dengan lap time lebih lambat 0.172 detik dibandingkan Vinales….

Sebagai informasi, Honda selama ini cukup setia menggunakan mesin screamer dibandingkan dengan big bang. Mesin ini memiliki jeda waktu pengapian yang sama antar silinder. Ilustrasinya cak jika ada 4 silinder, maka dibutuhkan 720 derajat perputaran crankshaft, karena proses pengapian setiap silinder dilakukan setiap crankshaft berputar 180 derajat. Karakter mesin ini meledak-ledak dan powerfull….

Efeknya transfer tenaga sangat konstan. Namun sisi negatifnya ban belakang bekerja keras sehingga mudah sliding dan mengurangi keawetan ban itu sendiri. Karakter Screamer sempat digunakan Yamaha diawal pengembangan M1 sebelum Rossi mencoret dan memilih tipe big bang. Untuk mengakali kelemahan ini piranti elektronik mumpuni sangat penting agar ledakan tenaga mudah dikontrol. Namun karena menggunakan single ECU dari Magneti Marelli yang dianggap terlalu mundur ke belakang……sepertinya Honda mulai melirik pada konfigurasi big bang yang lembut….

Yup, untuk Big bang…jeda pengapian tiap silindernya lebih singkat yang membuat piston memiliki waktu istirahat sebelum pengapian berikutnya. Di MotoGP, diprediksi hanya butuh 90 derajat perputaran crankshaft untuk pengapian di 4 silinder. Keunggulan big bang adalah feedback power yang seakan-akan memberikan ban belakang waktu untuk mencengkram trek kembali karena transfer tenaga ada sedikit jeda. Karakternya lebih halus, tak meledak-ledak alias mudah dikontrol saat keluar tikungan. Dan Yamaha memilih mesin ini sejak era 990cc….

Last…jika terbukti benar, praktis hanya KTM RC16 yang memilih screamer dibanding big bang. Untuk Honda sendiri pasti butuh waktu mengingat revolusi tidaklah mudah. Hanya saja dengan berpindahnya Honda dari Screamer ke Big bang jelas memberikan pertanyaan cukup besar…apakah mereka ingin motor mereka sekuat Yamaha saat masuk dan keluar tikungan?. Soal ini perlu bukti lebih lanjut dimusim depan. Seruu kiiiiii…(iwb)

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

92 COMMENTS

  1. hay guys ayo berpikir jernih.. apa iya dgn mncampur sndiri es batu rasa lemon dan gelembung bisa senikmat dn snyegerin segelas sprite.. boleh aja dicoba tpi nyatanya susah.. menurut kmu info ini gk penting..nyatanya kamu nontonin iklan ini selama lebih dari 20 detik dan pengen minum sprite…sprite nyatanya nyegerin

  2. CARA MEMBUNUH SEEKOR SEMUT

    – Campurkan bubuk cabai dengan gula.
    – Lalu letakkan di dekat lubang semut.
    – Setelah semut makan, semut pasti kepedesan dan akan pergi ke tangki air untuk minum.
    – Ketika di lubang air, dorong semut sampai jatuh ke air dan kebasahan.
    – Semut akan mengering kan dirinya di dekat perapian.
    – Dorong ke dalam perapian saat semut sedang mengeringkan dirinya biar terluka bakar.
    – Pura-pura panggil ambulan, lalu kirim semut ke UGD.
    – Ketika semut di UGD, matikan sistem keamanan dan listrik rumah sakit.
    – Ketika orang-orang di rumah sakit dalam keadaan panik, lepas tabung oksigen dan pencet infus agar gula dan cairan berlebih mengalir di tubuh si semut dan dapat menyebabkan pusing-pusing dan lemas.
    – Disaat semut udah lemas, segera pencet tubuhnya dengan jari telunjuk.

    SEMOGA BERHASIL.

  3. Ekekekekekek

    Setelah Ngikut cruk as terbalik
    Sekarang Ngikut Big Bang

    terbukti kan Rosi juara moto GP dengan Teknology yamaha gak nyolong dari Honda

    Mencoba memahami isi hati fbh

    • ekekek …

      kalo MS sih dari dulu yimmi kipas2 dollar …
      kalo onda 80% kipas2 angsuran rupiah …

      ???

    • taon 2017 apakah fbh yg katanya kaya nyeponsori siaran langsung motogp apa masih numpang nonton punya fby? kalau masih miskin pasti numpang nonton. …itu pasti.

    • Bangga banget sama yamaha ju? Ga malu saat balapan ngebul di tengah jalan?hahhhh fans ko gitu bgt ngliatnya lucu tp sedih koar” ini itu di banggain ga da yg bayar hahahhaa judule cocotmu kemebul layaknya motor kebangganmu

    • yach memang seharusnya ada korelasi….race moto gp juga kan salah satu bentuk promosi/sosialisasi siapa yang sering juara pasti jadi viral dan dengan mudah orng2x mengetahuinya siapa nama pembalapnya, apa nama teamnya juga apa merk tunggangannya dan selama ini honda suksess dngn sistemnya sampai2x ms di indo sdh 78%atau 4X msnya yakampret., ini menandakan klw race di moto gp ada kaitanyA dngn penjualan….dan hal ini yg tidak disadari oleh seorang marqovet….

    • looh 2 tak honda pake bigbang kn untuk biar gk liar nsr.krakter big bang kn lmbut..4 tk pake screamer gr gr mesin v onda terlalu lemot..nah skr pke big bang..gk tmbh lemot? leat cb top speed sblm big bang dan skr big bang.ckck..jngn smpai y hondaaa ggl bkin mtr trz bjk engiiner ymh

  4. Wow mesin honhon kembali ke jaman majapahit.. tpi kl Pk Dhe rossi sebagai dewa motogp dengan skill se gudang masih kalah sama bocah ingusan yo MuoooooooooooooooDhar.. Ae.. Moo..

    • looh 2 tak honda pake bigbang kn untuk biar gk liar nsr.krakter big bang kn lmbut..4 tk pake screamer gr gr mesin v onda terlalu lemot..nah skr pke big bang..gk tmbh lemot? leat cb top speed sblm big bang dan skr big bang.ckck..jngn smpai y honda ggl bkin mtr thun dpn..apa perlu bjk enginner ymha lg??

  5. Sampe segitunya ya honda berbaik hati sama yaMaho.. Honda mundur satu langkah hanya untuk menanti yaMaho y Seeeeeeeeeeeeeeeeemakin Ketinggalan teknologinya di belakang gudang…

  6. Untuk menghadapi motor yaMaho Lemot.. honda berbaik hati kembali ke jaman jadul teknologi Bigbang honda NSR500….

    Disinyalir Rossi juga mulai familiar dengan teknologi BigBang semenjak pake motor honda NSR jadul y mengantarkannya sebagai jurdun….

    yang mana teknologi BIg Bang di boyong rossi ke yaMaho.. wkwkwkkw

  7. kapan kang motor pateng pecotot di lounching di india..???

    FBY udah Kozel kozel nih.. mentok iklane koar koar Lipstik baru… mesin ya bisa di tebak lah.. SOHC Operstruk gigi Ganjil.. wkwkwkwkkwkww

  8. kalo honda pakai bigbang, rcv jadi lebih mudah dikontrol, berarti kemungkinan markues ndlosor berkurang, apalagi kalo lorenzo dan vinales cepat beradaptasi dan tampil kompetitif, maka peluang mbah rossi untuk meraih jurdun 10X makin kecil dong,

    • Kesempatan rossi terbesar hnya ada di taun 2015 skrg tertutup kaya’a rossi utk bisa raih gelar ke 10 mengingat lawan”a punya skill di atas rata” sprti vinales,iannone,lorenjo, dn tentunya sang dewa motogp siapa lagi klau bkn mark marquez ? blm lg kendala mesin angkot yg kadang” meleduk saat race so qta liat sja taun ap rossi mampu bersaing dn doa kan tdk ada lg mesin meleduk atau ngebul kaya produck massalnya???????

  9. Honda mundur selangkah sebagai bantuan buat yaMaho agar bisa maju sedikit… salut buat honda…

    kasihan koar koar di depan tpi finish belakangan trus..

  10. Bukankah settingan mesin big bang bikin power lebih rendah ya dari screamer? Biasanya honda lebih fokus ke power daripada handling..

  11. Siapa bilang big bang honda ngekor M1 ?
    era doohan honda udah pake ..
    Andai regulasi ECU ga satu supplier mungkin honda tetap pake screamer….cmiiw

  12. ciri khas rcv onda udah ilang nih..dl kekuh pke screamer..m1 kekuh pke bigbang,,, rcv kn khas mesin melingking…skrng kok ngekor ngekor lg….ini kah wujud telemtri yg bocor itu jd inspirasi bigbang mmg lbh joss..

  13. Yang pasti Marquez ingin akselerasi dari mesin RC213V dan wheelie control lebih baik dari musim 2016, karena perubahan aturan memakai ECU Magnetti Mareli mesin honda sekarang sulit untuk bersaing saat exit corner! Di tahun 2016 Honda mulai menggunakan Backward-Rotating Crankshaft akselerasi malah berkurang mungkin kurang cocok dengan mesin Screamer tapi di exit corner lebih baik dan di tahun 2017 nanti akhirnya Honda kembali menggunakan teknologi lawas Big-Bang karena aku rasa ini akan cocok dengan perubahan mesin dari sistem Backward-Rotating Crankshaft dikombinasikan dengan Big-Bang akan memperbaiki akselerasi selanjutnya mungkin butuh pengembangan dari hasil tiap test.

Leave a Reply