iklan iwb
Ex5 dream
“Honda EX5 dijalanan Kuala Lumpur Malaysia…”

Iwanbanaran.com – Kangbro….IWB sampai bengong ketika ngobrol santai dengan salah satu rekan di Malaysia. Penuturan yang menyoroti penjualan Honda di Malaysia yang dikatakan terjun bebas akibat dihentikannya produksi motor terlampir. Welehh….mosok sih. Kaget to?. Sama cak….

Kalau sampeyan lihat motor ini…pasti akan teringat dengan bebek legendaris generasi Astrea Star ataupun Prima yang dirilis oleh Astra Honda Motor ditanah air di era 1990-an. Produk yang akhirnya diganti dengan Astrea Prima ini sudah dihentikan produksinya oleh Astra sekitar akhir era sembilan belasan. Namun pada tahun 2000an Honda sempat merilis versi lanjutan berlabel Legenda untuk menahan gempuran bebek China yang merongrong market share pada saat itu. Yang IWB jabarkan adalah kondisi tanah air. Di Malaysia berbeda…..

Di Negeri Jiran sosok Astrea Prima ini ternyata masih banyak dijumpai di jalanan. Kenapa??. Sebab motor ini terus diproduksi oleh Honda Boon Siew hingga 2015 dan sangat laris. Masyarakat Malaysia menyukai karena mesinnya yang bandel serta irit. Sayang karena alasan regulasi emisi gas buang…..bebek berlabel EX5 Dream ini akhirnya usai. Masyarakat Malaysia kecewa dan melakukan resistansi. Bebek lainnya kurang disukai membuat penjualanpun anjlok…..

iklan iwb

Honda ex5Penjualan habis…..market share turun sampai enam puluh persen karena EX5 discontinue…”seru teman Malaysia ke IWB. Menurut doi….market share Honda Boon Siew Malaysia terus menyusut. Untunglah…kondisi tersebut mulai tertolong oleh Supra GTR150. “Bebek Honda yang paling bagus peminat sekarang adalah RS150 (GTR150). Engine kencang dan biker Malaysia suka...”serunya lagi. Tapi tentu tetap butuh waktu cak. Berhasil atau tidaknya belum terbukti…

Last…legend is legend. Seperti halnya Yamaha RX-King, EX5 Dream bagi masyarakat Malaysia sulit dicari gantinya. Bentuk old fashion…namun tetap merasuk dihati. Itulah kenapa pabrikanpun pasti dibikin pusing. Pengennya diproduksi terus. Tapi jika peraturan sudah ketuk palu sampeyan tidak akan bisa apa-apa. Regulasi pula yang memaksa Ninja 150 2 tak tenggelam dari bumi tanah air. So….market Honda di Malaysia tertekan??. Siapa menyangka gara-gara Astrea Prima kangbro……ediann njaran tenan cak :mrgreen: ……(iwb)

Honda ex5

 

100 COMMENTS

  1. Bukan itu mase masalahnya, pemikiran orang Malaysia lebih maju dari orang Indonesia. Mereka berfikiran terbuka, bukan hanya fanatik satu brand aja. Mau ga mau kita harus mengakui itu.
    Sedih ane, padahal dulu banyak orang Malaysia yang study di Indonesia. Kalau sekarang malah bangsa kita yang jadi buruh kasar di Malaysia.
    Kalau di kita cuma Fanatik satu brand sih, udh dari jaman dulu bgt. Makanya belum berfikiran maju.

    • Menurut saya, konsumen Indonesia kebanyakan ikut statement orang dulu yg berkata “Mau motor irit, keren, awet, Yah Hond..”, sampe sekarang masih dipegang itu…yah emang jujur gak bohong juga memang itu betul banget, tapi Yamaha menurut saya gak kalah keren kok, Yamaha lebih mengutamakan motor tampilan/style merujuk langsung ke segmennya…Selektif dan pintar aja sekarang mah…..jangan mau di boongin sama sales yg banyak Koar koar doang hehehe ???????

  2. Supra GTR laku karna Speed nya ???

    ekekekekekk

    Sing bener to pul

    perasaan saya ke malay di jalanan liat nya Mx 135 sama Mx king

    HAHAHA

    • Ya emng lah…toh lc 135..sama y150 lahir duluan….lgian orng malaysia kbnyakan beli yamaha..soalnya yamaha bnyak pilihannya…lahh honda…poroduk yg di kluarin culun2…yg ngak culun cuman Gtr150/rs150..ama balde….sdangkan vario, beat, cb, scoopy yg laris di indonesia…ngak ada d sini…ane bisa ngomong gini karna ane udah belasan tahun di sini

  3. kok astrea star??? astrea prima kelessss….. blogger nya ga mudeng antara astrea star n astrea prima…

    blogger kondang tp pengetahuan kurang!!!!!!!

  4. haha..dilanjutin legenda…… penerus prima mah astrea grand gen 1 stoplamp single lamp…trus direvisi grand double stoplamp…sampe berhenti produksi th 2000 honda impressa!!!
    br deh honda legenda 1 legenda 2…..
    astrea star terakhir produksi th 95!!!

    bloggernya aneh ga ngerti sejarah waton nulis…!!!

  5. setelah legenda 2… br deh supra fit gen 1 gen2…( versi pahe…lawan mtr china) setelah itu honda fit s n fit x…..

    klo penerus grand impressa ..honda supra gen 1…+.gen2 (supra x = pake cakram depan)…….revo 100cc
    mesin c100 discontinue…ganti revo110cc…ada revo n revo fit mpe sekarang……..!!!!!!!!!

  6. Malaysia smart yah tau motor honda bosok ya gak dibeli gak payu.
    Beda sama di mari udah tau bosok kok malah laku heran saya

  7. memang ini mesin paling legendaris, & kuat.

    FitX, & Revo 100cc distop produksi. penggemar fanatik honda mulai beralih ke matic & sport honda.

    andai masih ada nih bebek, mindset konsumen gk bisa berubah kalo nih motor cc kecil yg paling irittt.

  8. Saya suka honda di jamannya Astrea prima, Grand, Impresa, win, dan Gl Pro….yg keluaran sekarang payahhhh….

  9. Ini indikasi gambaran umum selera kebanyakan konsumen di Malaysia yang cenderung konservatif….lebih menyukai sesuatu yg sifatnya long lasting….ketimbang yang futuristik tapi cepat bosan…..berbanding terbalik dengan selera konsumen Indonesia yg pengennya serba “ter”….tercanggih, terlengkap featurenya, futuristik, terkencang, terbesar powernya, etc…..beda negara, beda kultur, beda selera, beda pendekatan dalam desain produk, marketing dan penjualan….

    • hahahh setuju gan konsumen dsini terlalu bnyk cing cong. mesti ada sensor ini, sensor itu, fitur charger, headlamp led, bodi begini, mesin begini bla bla bla motor yg udh cantik & keren dibilang jelek hanya gara2 gak ada fitur yg diminta. beda sm konsumen disana.
      😀

  10. kenapa gak dilanjut aja yaa…cangkokin mesinnya absolut revo injeksi kan udah cukup buat ngakalin emisi…cuman nanti ngakalin knalpot aja yg agak susah….mesin revo kn trbukti irit

  11. di malaysia masih 4 tak karbu kan, tinggal ganti mesin injeksi dan model yang sama kan gampang(bagi honda).
    kecuali kalo mesinnya 2 tak ya jelaslah gak lolos uji emisi euro 3/4.
    ya liat aja di indonesia supra x 125 karbu diganti ma yang injeksi.. harga juga tidak terpaut jauh bahkan jadi rajanya bebek 4 tak

  12. Bang iwb..cm nanya aja bkn bermaksud gmm…ada artikel yamaha aerox 155 koq ga d bahas2 ya???beda sm warung sblh tuh…katanya yamaha ga ada bahan,ini ada bahan malah bahas astrea n dll???d tunggu ulasannya ala iwb..

    • Ente bisa ngoceh kayak gitu karena dua kemungkinan om…klo ente gk sales sayap…ya paling ente fbh yang matanya ketutupan sayap

  13. Alasan regulasi tetep gak masuk akal.coba lihat dijalanan malisia lek,banyak modenas dinamik.kalo soal gas buang tentunya 2T lebih parah,dinamik kan 2T tapi masih diproduksi

    • Ya karena terkena hegemoni merek dan resale value…padahal klo mereka mau buka telinga dan mata ada merek lain yg lebih baik dan selisih harga jual yg gk seberapa…

      • Karena kapok beli yamaha. Bukti nyata tahun 2008 penjualan yamaha mengunnguli honda.lantas kenapa beralih ke honda?bisa jawab

  14. Kang aseli ane minat sama box depan itu kang iwan..
    Cobak ditanyaken apa itu asesoris resmi honda apa aftermarket..

    Ciaaamix tenan itu

  15. emange irit e 1 liter bisa jalan berapa km lik? Scooter kecil macam Suzuki Adress produksi sekarang saja bisa tembus 77 km koq.

  16. dewa dewi 4 tak …sang maestro honda… nih mesin banyak yg nyontek..dari yamaha ..susuki…kawasaki…. beibeh joss tenan pak de!

  17. gak usah banyak cingcong … nih motor emang jozzzz…yg lain ngebul ..ini gak ada asapnya..ngono tok wae…

  18. Sales sales yaMaho depan Alpha Mart Rapatkan barisannnnnnn…

    Nguuuuuuuuuuukkk nguuuuuuuuuuukkk nguuuuuuuuukkkk. ostosmastis Sebar sebar Voucher Recall Ambrol bin protholl dimulai.. maklum mesin yaMaho emang daleman import dari india gk ad merknya….

  19. bukannya revo 100 itu penerus supra fit, soalnya ukuran gir belakang sama-sama pake 36 sedangkan supra x kan pake gir belakang ukuran 40

    • Revo 100 dan supra fit beda segment. Revo 100 tu cikal bakal blade, motor edgy, tampilan serba tajam. Jaman revo 100 muncul, msh ada fit x dan fit s. Dalam perkembangan, revo 110 fit menggantikan fit x dan fit s.

      • Revo 100 itu motor akal akalan ahm.
        Sejatinya Revo 100 sekelas supra 125, dan seharusnya pake Mesin NF 125.
        Tapi sama ahm didowngrade, dimodifikasi dijejalin mesin NF100.
        Silahkan cek bagian mesin, terlihat nggak pas / sinkron pada cover plastik penutup area starter elektrik.
        Mau lihat aslinya bagaimana?
        Lagi lagi aslinya ada di malay namanya WaveX Ultimo.

  20. Menurut saya, cara orang malaysia mengakui kualitas mesin astrea ini sama orang ina sama tp kita lebih terbuka kepada hal-hal baru. Mungkin juga Honda malaysia tidak jual sama sama antara prima dan revo lalu bgitu ketahuan fit back revo baik, pelan pelan prima di stop. Honda malaysia main berhenti saja tanpa alternatif yg lebih kurang mirip-mirip. Ya kagetlah. Kalau saya lihatnya salah di strategi saja. Jup mx terkenal di sana. Jup mx ndak hemat. Jadi faktor irit kok ndak meyakinkan. Bandel mungkin ya. Secara mx lama, kuperhatikan di jalan, lama btul baru berasap alias minta oversize. Mx baru 135 menurut saya, pistonnya ndak sekuat mx awal.

  21. Ini kan astrea star yang dengan mudahnya ngepretin metik yaMaho di jalanan itu kang…

    maklum ngeden bin lemot udah jadi ciri khas motor yaMaho.. udh gt bUUorosnya ya Ampunnnnnnnnnnnnnnnn.. yaMaho jadinya kang

Comments are closed.