iklan iwb
iwb-iwanbanaran-7-2
“Saat masih ngeblog sambil kerja disebuah hospitality industri….”

Iwanbanaran.com – Bro dan sis sekalian…banyak pembaca yang bertanya, bagaimana warung bisa besar seperti sekarang. Mayoritas mendukung namun ada juga kaum minoritas yang mencibir. Maklum cak….golongan terakhir hanya melihat dari hasil terakhir bukan proses hingga Blog mencapai titik seperti sekarang. kisah ngeblog bagi IWB pribadi memang penuh dengan dinamika. Ora sesimpel yang sampeyan bayangkan sebab banyak sekali gangguan yang mengiringi langkah saat warung ini mulai dikenal. Dari aksi haters yang tidak menyukai eksintesi Iwanbanaran hingga promosi jabatan yang dibatalkan karena IWB ketahuan ngeblog. Tobat njaran tenan !….

Dikantor sambil ngeblog memang pressure tersendiri. IWB memiliki jam kantor dari jam 7 hingga 3 sore. Tapi karena target tiap jam 6 pagi brojol artikel…IWB pun berangkat dari Depok ke Jakarta jam 4.30. Wisss ora kalah dengan tukang sayur kangbro. Karena butuh 1 jam untuk mencapai kantor yang berjarak sekitar 35 km….so berangkat pagi buta wajib hukumnya. Hal ini harus IWB jalani dengan tujuan satu….tiba dikantor duluan, ngetik artikel baru mandi dan ganti uniform. Selesai sampai disitu?. Ora pakde….

Untuk artikel siang, IWB seting jam 1. So…pas istirahat IWB selalu sempatkan ngetik satu artikel. Tentu saja ini adalah tantangan tersendiri karena jika ketahuan bos, bisa dicuci habis. Makanya saat ngetik, mata celingak-celinguk kiri kanan. Waspada judule. Kalau bos lewat, jendela internet IWB minimize. Kucing-kucingan IWB lakoni selama hampir dua tahun lamanya diawal Ngeblog. Bisa sampeyan bayangin tuh tekanannya. Dan yang patut sampeyan catet….

iklan iwb

iwb-turing

Pada rentang tersebut tidak ada mikir bakal dapat uang karena IWB memang tidak tahu bisa mendatangkan uang. Nulis karena suka….demen aja ketika tulisan kita dibaca orang. Ora ono judule ngerti Google adsense dan pernik lainnya. Piye cak…namanya wae wong ndeso. Jadi tidak ada trik-trik “mbelgedes” cari perhatian nempel kiri kanan seperti yang IWB lihat sekarang. Orang-orang yang justru merusak hakekat dunia Blogger. Apalagi ditahun 2009 informasi internet belum semasif sekarang. Nulis hanya karena senang…hanya itu. Kondisi tersebut beda dengan sekarang dimana ngeblog sudah termotivasi materi. Jelas menjadi buah simalakama karena jika tidak ada hasil jadi kecewa. Selain itu pasti semangat ngeblog juga ikut ambrol….

Sebagai front desk supervisor disalah satu hotel bintang 5 Jakarta…IWB membawahi sekitar 11 staff termasuk Bell Boy. Dan siapa menyangka…salah satu dari mereka ternyata melaporkan kegiatan IWB. Padahal secara operasional ngeblog tidak mengganggu pekerjaan….tapi itu tidak menjadi pertimbangan. Data tersebut masuk dan disimpan oleh pihak menajemen. Hingga angan mendapatkan promosipun gagal. Karena HRD dan menajemen tidak menyetujuinya. “Sorry wan….karena kamu kebanyakan ngeblog, rekomendasi kita untuk promosi kamu ditolak manajemen !..”seru boz membuat IWB lemes campur geram……

iwanbanaran-2

Yup…geram sebab orang paling dekat serta kita percaya ternyata berkhianat dibelakang. Salah satu staff yang IWB anggap sebagai teman, sahabat, saudarapun ternyata belum tentu positif. Didepan manis dibelakang nusuk. Yang membuat IWB adem adalah…..IWB sadar apa yang sudah IWB jalani salah sebab menggunakan fasilitas perusahaan. Masih untung tidak dijatuhkan hukuman…..demikian batin IWB. Tapi entah kenapa kejadian tersebut tidak menyurutkan semangat IWB ngeblog. Dan pada akhir cerita….IWB-pun keluar dari sana pindah ke sebuah hotel dikawasan Thamrin Jakarta Pusat…..

Last…pesan moral dari cerita diatas adalah, tidak mudah untuk meraih sesuatu. Butuh proses jatuh bangun yang melelahkan. Tapi kehadiran sampeyan yang rutin berkunjung diwarung ini serta passion pribadi terhadap roda dua sudah cukup untuk membuat IWB terus maju. Dan itulah yang utama ketika sampeyan menjadi Blogger. Jangan latah dan ikut-ikutan kalau tidak suka tema. Namun temukan sesuatu yang sampeyan sukai, baru identitas Blog digarap. Ingat…materi hanya bonus, bukan utama. Akan banyak haters berusaha menjatuhkan lewat penggiringan-penggiringan opini dan fitnah keji. Jika itu terjadi acuhkan dan tetap fokus pada konten. Biarlah alam yang menyeleksi pada akhirnya nanti. So…ngeblog??. Promosi jabatanpun bisa batal cak…..opo ora perih rek !. Itulah sekelumit pengalaman pribadi betapa beratnya awal menjadi Blogger :mrgreen: …...(iwb)

iwb-bali

220 COMMENTS

  1. Meski bagaimanapun iwb adalah lebih dari seorang blogger kondang,, trus kobarkan semangat mu kang ,, 😀

  2. Gambar paling atas waktu di hotel apa mas? Tuh yg cwo paling kanan ky tmn smp saya, roy, atau m royansah. Betul ora ya cak.hehehe
    Tetep semangat mas iwan

  3. Berarti hotel tempat bekerja sekarang mengijinkan bekerja sambil ngeblog ya kang iwan. Oh ya, kok kang iwan hampir tidak pernah terlihat membalas pertanyaan di kolom komentar ya

  4. Ada2 aja,selama tidak mengganggu kinerja om iwb mah gpp atuh,pimpinannya kurang bijak…salam dr cimanggis om iwb…

  5. salute untuk mas IWB ,ide materi memang mudah tapi kadang mengalikan dalam satu tulisan dan mudah dimengerti itu yang sulit ,tiap bloger banyak yang gak punya ciri khas tetapi tidak demikian dengan mas IWB ,”cengkok” nya khas banget ,sering sekali tulisan mas mengandung unsur bahasa jawanya ,dimana buat orang jawa yang tinggal di perantauan ngebaca tulisan mas IWB punya rasa tersendiri ngebuat rindu sama kampung halaman.dan pula IWb paling bisa bikin artikel yang mancing FBY dan FBH adu mulut di kolom comment walau pun gue sendiri sampai geleng2 kepala sama tuh 2 Fans boy yang kadang terlalu fanatik.
    maju terus buat blog IWB

  6. Mantep…mas iwb semangat terus pantang mundur awas takut nabrak tembok. Siip 2 jempol pokok nya

  7. Semangat kang iwan, menurut saya blog kang iwan bukan seperti baca berita tapi kaya lagi ngobrol sama temen. Dan itu yang buat saya betah bacanya.

  8. Wuih kang Iwan pake jurus TANDUR geuningan euy,ngemeng 2 ane jg cri nafkah d sktran thamrin kang hehehe

  9. WUIH MANTAP ternyata FDA spv om ganteng 😀
    mau d promote jadi di DM gagal ya om gara2 ada penghianat
    paraaahhhhh.. ga bisa liat orang seneng nge blog

  10. Skrng banyak terjadi malah di dealer delaer y latah latah service motor Gheal gheol pake laptop kang…. ndilalah di intip laptopnya ternyata maen game.. nah yo koplak tenen to… yaMaho jadinya kang

  11. Padahal dulu artikelnya netral…
    Ttpi… Smnjak kmunculan motor…all new….(???)
    Skrg britanya lbih cenderung…ke…….(???)
    Apa perlu blog ini saya gandakan…wekkkk…

  12. Mending buka hotel sendiri Om siapa tau bisa kalau ada niat, Siapa tuh temen yang nusuk dari belakang? Ciri – cirinya seperti FBH dan FBY gendeng yaa.?

  13. Inspiratif dan tersentuh baca nya,mungkin kang iwan sekarang malah berterimakasih sama yang laporin kali ya,karena kalo ga begitu kang iwan ga keluar dan fokus di blog yang buat kang iwan berkibar heheh…imho…

    Jadi inget kata2, everything happen for a reason…

    Haters mah biarkan aja,emang dimana2 juga ada tapi tetap selektif terhadap kritik yang membangun.

    Sukses kang…

  14. haiyyaaa poin yg bs simpulkan dari ni artikel
    ” Temukan n cintailah passion pada diri anda setelah itu, lakukan apa yg jd passion anda.”.

    sprt kita ouwlang waaa passion pd dunia musik khususnya guitar, biar dipandang sblh mata tp ada kepuasan sediri waaa.. dan gk nyangka udah 10 thn sbg instruktur guitar fender stratocaster

  15. juozz mas, tetap semangat…,
    Mas iwan kalo gak salah foto yang di atas lagi pegang kamera, itu di masjid agung Kebumen ya.

  16. Nice share, mas Iwan 🙂

    Ya memang setiap orang punya misi hidupnya sendiri2, sebagai tugas yang harus diemban dan membawa kepada kebaikan sehingga mempunyai nilai ibadah. Bisa dalam profesi apapun termasuk blogger.

    Terus menulis, mas …

  17. ah mosok… ,, ngko kyo mario teguh nek critone turu nek garasi, tibane rabi nek hotel bintang lima… wkwkwk

  18. temen ente di suap sama triatmono tuh, dia bloger yabg paling geram sama ente, soalnya lahanya hilang

    • Masih mending si mohmok berani buat artikel K4RT3L krn ngga terikat pabrikan.

      Bandingkan sama blogger lain. contoh:

      BH penggiringan opini sangat dungu. kalo CBR150 kalah balap bilangnya karena R15 full oprek. pembodohan ala tim sweaty dungu.

      R25 & R15 juara IRS ngga ada artikelnya, bulan lalu CB nyungsep juga ngga ada artikelnya. Giliran CB juara numpuk stok gudang langsung publish artikel. hehehehehe

      Ada Recall Honda ngga berani dibahas, ada isu K4RT*L Yamaha & Honda kaga berani buat artikel proses sidangnya.
      Ketahuan mana yang sebenarnya pennjjillatt pabrikan. Mau ngelak apa juga dah ketahuan banyak bukti phul.

      • Yo goro2 sampea, blog ini eksis, haters is gonna be hate

        Long life iwb
        Long life amplop
        Keep on haters, dont stop to hate

  19. Sedikit sharing dan masukan cak.. dalam bisnis otomotif, blog termasuk sangat berpengaruh, karena dunia informasi yang begitu cepat, jadi wajar saja jika banyak yg tidak suka, karena bisnis ini ujung-ujungnya kan memang uang..(otomotif), bakal ada brand yg merasa tidak diuntungkan, sehingga akan melakukan segala cara utk saling menjatuhkan, dan akan dilakukan mulai dari bawah, dealer, sales, promosi, membuat isu, membangun asumsi negatif, iklan di media cetak, media elektronik (blog salah 1nya) dsb.. pokoknya apapun akan dilakukan, nah.. kita harus lebih teliti, hati2 dan jujur, jadi meminimalkan adanya ketidak sukaan sama blog kita…
    Lalu dari kita sendiri, lapangan pekerjaan semakin sulit skrg, ketika ada kesempatan maka tidak perduli teman, sahabat, saudara dan siapapun dia akan mengambil keuntungan dari kesalahan kita, oleh krna itu cak, profesional dlm bekerja tetap harus dipertahankan, dan jgn mengulang kesalahan yang sama dit4 yg baru..
    Saya bukan blogger, saya bukan FBY,FBH,FBK,FBS dll..
    Saya cuma pencinta roda 2 yg sudah turun-temurun dari Kakek saya menyukai dan mencintai roda 2 apapun mereknya,,
    Tetap semangat cak.. dan jgn lupa Bersyukur dan Berdoa….

  20. mas iwan ternyata bandel juga,suka maen ucing ucingan…nah skrg mas iwan apa perkerjaannya kok bs ngeblog dengan bebas? apa sudah ga berkerja dengan org laen yh….

  21. biasa mas iwan, salah satu pasti rela menjegal teman demi jabatan. sabar mas pasti ada hikmahnya dibalik semua ini.

  22. Haters….? Anggep aja multi vitamin Kang, Biar badan tambah fit and stamina on terus.
    Orang bijak bilang klo tanam padi pasti ada rumput yg ikut tumbuh tapi tetep bakalan panennya gabah, tp klo tanam rumput sampe hujan kelire ijo ora bakalan iso panen gabah…!

  23. Salut. . Saya rajin kunjungi blog Iwan, tuk nambah wawasan, jujur aja saya banyak dapet ilmu tepatnya pengetahuan dan pencerahan. Bahkan kalau mau beli motor slalu bac referensi warung ini.. tetap lah semangat WAN.. MOGA ” IWANBANARAN TETEP EXIST..
    GOOG LUCK.

  24. BH penggiringan opini sangat dungu. kalo CBR150 kalah balap bilangnya karena R15 full oprek. pembodohan ala tim sweaty dungu.

    R25 & R15 juara IRS ngga ada artikelnya, bulan lalu CB nyungsep juga ngga ada artikelnya. Giliran CB juara numpuk stok gudang langsung publish artikel. hehehehehe

    Ada Recall Honda ngga berani dibahas, ada isu K4RT*L Yamaha & Honda kaga berani buat artikel proses sidangnya.
    Ketahuan mana yang sebenarnya pennjjillatt pabrikan. Mau ngelak apa juga dah ketahuan banyak bukti phul.

  25. wah lek iwb ganteng tenan mudanya…..atletis badannya….pembaca setia iwb dari ujung timur pulau jawa….smangat terus lek moga warung tambah gede n maju

  26. Mas IWB kenapa blognya ngk di manage jadi bener2 kayak portal otomotif yang keren gitu , sekedar contoh mungkin kayak modifikas*.com, dapurpac*.com, ot*sia.com, carbuzz.com.

    soale saya juga penggemar berat otomotif apalagi ulasan otomotif kDn terlalu formal dalam menjeaskan, enakan penjelasane IWB

    monggo mungkin bisa jadi bahan renungan 😀

Comments are closed.