Kenapa Euro 4 sangat kejam hingga membunuh beberapa motor??….

147
131
Euro 4 bike
“Motor Euro 3 vs Euro 4…..”

Iwanbanaran.com – Sugeng enjing selamat pagi kangbro. Isuk-isuk judule koq wis sangar tenan :mrgreen: . Ora po-po cak….IWB kali ini mencoba menjawab banyak pertanyaan dari para pembaca mengenai regulasi Euro 4 terbaru di Eropa. Regulasi yang sukses membuat penampilan motor menjadi kurang elegan karena bentuk silincer knalpot yang makin gede….. serta yang paling tragis adalah hilangnya beberapa varian termasuk Honda CBR600RR. Nah…sakjane Euro 4 ki panganan opooo sihhhh??. Yuk…kita bahas sama-sama kangbro….

Dunia ini sudah makin tua, polusi juga semakin tak terkendali karena jumlah kendaraan yang cukup masif. Sampeyan bayangkan tiap hari bumi ini harus menerima serangan polusi emisi gas buang dari kendaraan yang berlalu-lalang di belahan bumi. Jumlahnya mencapai jutaan sehingga kondisi tersebut harus dikendalikan. Oleh karena itulah Eropa akhirnya meracik regulasi emisi yang dari hari ke hari dan tahun ke tahun makin diperketat. Jika dulu kita kenal dengan aturan Euro 1-3….yang paling baru adalah Euro 4…..

Euro 4 adalah sebuah aturan yang mengatur batas ambang emisi polusi pada motor baru. Aturan diberlakukan pada semua kendaraan produksi massal yang dijual di Eropa. Untuk kendaraan roda dua sendiri Euro 4 mengacu pada regulasi European directive called Regulation (EU) No 168/2013 yang konsen pada motor baru tidak hanya mengatur ukuran atau dimensi plat nomor. Namun mereka juga fokus kepada emisi gas buang, perangkat safety termasuk ABS…

euro-4Regulasi melahirkan beberapa ambang batas emisi gas buang, polusi suara (tidak boleh lebih 90db). Termasuk Euro 4 yang sukses membuat penampilan motor 2017 semakin unik akibat bentuk knalpot yang semakin besar. Lha piye kangbro….bisa buat gebuk maling saking gedenya. Pertanyaannya….kenapa Euro 4 termasuk kejam hingga beberapa pabrikan sampai mematikan produksi motornya plus modikasi silincer yang terkesan makin gemuk??…

Jelas Euro 3 beda dibandingkan dengan Euro 4. Sangat berat untuk lolos dari sana Jika pabrikan tidak all out. Euro 3 sendiri diperkenalkan pada tahun 2005 dan mulai di aplikasi pada produk baru tahun 2006. Aturan yang mengatur ambang batas karbon monoksida, hidrokarbon serta Nitro Oxida yang lebih ketat dibanding Euro 2. Pada saat itu pabrikan sudah menjejali motor dengan knalpot catalic converter untuk mengendalikan gas beracun serta mengatur ulang pembakaran lewat teknologi fuel injection dengan tujuan mengatur  jumlah BBM yang dibutuhkan supaya makin presisi serta sesuai kebutuhan. Kuwi Euro 3 cak. Sementara itu pada Euro 4 aturan ambang batas lebih ketat lagi……

bDibandingkan dengan Euro 3, Euro 4 mengharuskan CO tidak boleh melebihi ambang batas 1.14g/km….sedang pada Euro 3 posisi CO masih diijinkan hingga 2g/km. Lalu Euro 4 juga mematok NOx maksimal 0.09 g/km. Bandingkan Euro 3 yang masih dikisaran 0.15 g/km. Jelas kondisi tersebut memaksa pabrikan makin mempertebal catalic converter pada bagian silencer knalpot. Semakin ketat emisi serta tuntutan udara yang makin bersih maka juga dibutuhkan sekat yang makin kompleks untuk menangkap gas beracun dari hasil pembakaran. Tidak heran bentuk knalpot pun makin nggilani. Tapi…. Sebenarnya bukan itu yang membuat beberapa produk mati klepek-klepek…..

Pada Euro 4, European directive called Regulation (EU) menambahkan 2 poin tambahan dan inilah yang paling berat. Yang pertama adalah emisi evaporative serta kedua diwajibkannya motor dibekali run onboard self-diagnostic systems plus bukti bahwa motor juga masih tetap ramah lingkungan kendati sudah menempuh jarak jauh. Sik..sik…emisi evaporative ki opo?. Jadi gini Pak De….saat BBM penuh, sebenarnya di dalam tangki terjadi penguapan bahan bakar yang dialirkan oleh pipa khusus (biasa kita sebut pipa pernafasan). Nah…pada Euro 4 mereka mengatur ambang batas jumlah penguapan yang diijinkan. Aturan berdasarkan penyelidikan bahwa penguapan dari tangki BBM bisa lebih ganas dibandingkan emisi gas buang itu sendiri….

NinjaOleh karena itu pada Euro 4 motor harus lulus uji SHED test (Sealed Housing for Evaporative Determination). Kemudian yang kedua motor juga harus sudah dibekali dengan onboard diagnosis (OBD1) sebuah fitur yang akan mampu mengukur serta merekam status emisi management system yang akan memberitahukan jika emisi gas buang tunggangan tidak sesuai ambang batas. Sistem ini sekaligus juga akan memberitahukan kepada teknisi jika motor memiliki jumlah gas buang yang tidak sesuai dengan regulasi dan harus dilakukan servis secara menyeluruh. Jiannnn ribet tenan kangbro emang….

Last…. tidak heran banyak motor berguguran dan tidak mampu dilanjutkan produksinya karena alasan biaya yang cukup tinggi sehingga pabrikan memilih untuk meracik mesin baru. Sementara beberapa motor yang sudah eksis terlebih dahulu dan memenuhi syarat Euro 4 contohnya adalah Honda Africa Twin, Yamaha MT10 serta new GSX-R1000. Beberapa produk yang menjadi korban Euro4 contohnya adalah Honda CBR600RR, Suzuki GSX1400, Yamaha XJR1300 (tahun depan discontinue) dan masih banyak lagi lainnya. Mungkin Aturan diatas terkesan kejam. Namun jika kita Sudi merenung dan berpikir, regulasi sebenarnya sangat positif yakni menjaga planet ini dari kehancuran. Dengan Euro 4…. jangan kaget jika bau bensin saat pagi hari di garasi juga akan hilang ke depan. Lawong uapnya diatur cak. Nah….wis dapat gambarankan mzbro?. Yo wis…saiki IWB adus sik…..keriting rek nulis panjang benerrrr :mrgreen: …..(iwb)

 

 

 

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

147 COMMENTS

    • Mesin listrik masih sulit om.. mau pake berapa gede akinya..?? Apalagi buat mobil.. truck.. dll.. lebih mudah meriset energy terbarukan utk teknologi yg sudah ada.. jika meriset motor (mesin) bertenaga batrai.. biaya akan sangat mahal.. dan hasilnya pasti akan sangat tidak memuaskan.. apalagi dibandingkan dengan mesin..
      Simpelnya.. jika mpean naik motoe biasanya suka dengan sensasi tarikan dan hentakan power.. maka di motor listrik itu tidak ada. Ampang rasanya..

    • klo es kutub sudah meleleh apalagi bumi hancur , uang ndak bisa memperbaiki bro.
      biaya mahal tak ada artinya dibandingkan semua sudah tak bisa dibeli

    • Mesin listrik malah torsinya instan flat dari 0 rpm udah torsi puncak. Kelemahan mesin listrik adalah bobotnya. Kareba berat mungkin pabrikan bingung juga supaya center of gravitynya pas

    • biarin aja vroh , horang kayah ga mikirin harga untuk sebuah taste ,
      liat aja rc213v yang katanya lemot (fby) ngomong , di jual di mari 8m aja pasti ada yang beli , kalau di jual untuk umum yah !
      piss

    • hooh vet emang dealer , kan saya nulis kalau di jual umum gitu kan ???
      pasti ada yanh beli lah biarpun bukan fbh yang beli ..ekekeke

    • ekekek…
      intinya mo bikin image
      rc213v laris aja muter2
      kek susur ???

    • Lemot kata fby???? Ah fbh ngarang zaza punya kerjaan…..???,,,nurdin gembel hasil ngamen dilamer dapet berape???Ekekekekek

    • hooh boros lemot pula , koplak lagi bandingin sama sprot 4T di baner dulu apa gak ngeri tuh ,,, ceeessss :mrgreen:

  1. Kalo emisi mgkn harus sebersih mungkin ya kang.. standar keselamatan disono jg dibanding dinegara kita kok lebih hebat sana. Padahal tingkat kefatalan dr kecelakaan disini lebih besar. Apakah bisa diminimalisir ? Korban terbanyak dr roda 2. Seharusnya dinegara kita standar keselamatannya jauh lebih tinggi dr eropa..

    • bisajadi kecelakaan disini 51% krn kesadaran masyarakat. contoh mengenai kesadaran, masih kurang 5 detik hingga lampu hijau, org2 sdh klakson. aparat negara jg, bikin jalan kok dikorup.

  2. 20-30 tahun lagi mungkin motor 4 tak akan menyusul nasib 2tak. dan kita mulai familiar dengar motor listrik atau motor tenaga hidrogen.

    • Aku g setuju jika menggunakan hidrogen.. karena selain sda yg tidak bisa diperbaharui.. hidrogen merupakan sumber kehidupan utama mahluk hidup bumi..
      namun jika energi bisa di ganti dengan penggunaan jenis senyawa alkohol.. metanol.. etanol.. aku yakin akan sangat ramah lingkungan.. karena senyawa itu bisa membentuk co2 di udara.. tidak menghasilkan senyawa carbon..
      Sangat banyak sumber energi yg terbarukan.. misal metana->metanol yg melimpah di alam.. itu harus di manfaatkan..

    • Hidrogen itu senyawa air om.. dan air tidak bisa di perbaharui. resiko ke depan.. akan sangat besar.. bumi akan kering.. pernah lihat flm beatle of new york..?? Fiksi yg menyinggung penggunaan energy dari air..
      Masih banyak sumber energy ramah lngkungan yg terbarukan di bumi ini.

    • Om, lu kbnyakan ngayal
      Itu hydrogen fuel cell emisinya juga uap air kali (H2+O2=H2O)
      Lu bisa kimia kaga sih
      G mungkin hidrogen hilang, ini bukan nuklir-reaksi fisi/fusi
      Cuma modal liat film aja ngomong sok tau banget
      Ya gini otak2 indo gmpang percayaan

    • Satu lagi.. jika om sering lihat youtube.. please searching energy dari senyawa alkohol.. yg di campurkan ke bbm.. dan artikel2 ttg emisi gas buangnya sudah juga banyak d ulas..
      Om kalau punya motor silahkan cuba.. dengan perbandingan 100ml/l bensin.. namun jangan sering2 kasihan katup injeksinya.. solanya alkohol bersifat merusak jika terlalu sering.. dan rasakan sensasi ledakan power motor om.
      aku sudah cuba.. dan ini berdasarkan dari buku panduan motor yg aku punya. Silahkan di baca buku panduannya jika ada di sana.

  3. ekekekeke …

    camshaft udah numpuk 2 topspeed cuma segitu saza …
    malu ntar dijalan disalip crypton bore-up 500cc cung ..

    HAHAHA
    ??????

  4. ekekekek….

    yimmi udah main matic roda 3
    honhon masih sibuk dengan knalpot 2 tumpuk …

    nasibmu mbing kambing ..

    ?????

  5. ekekekek…

    raungan mesin 2 knalpot emang bikin ngilu manuk bro …
    tanya saja saeful zamil yg punya warung..

    zlub.

    ????

  6. ekekekek…

    hari gini pakai dohc wala-wala ??
    gak level coy ….

    sambil buang ludahh pas di mongstor 33 jutaan .

    criiiittttt..

    ????

    • Euro 6 udh ga pake mesin, kembali lg pake kuda, bhan bakar rumput, tainya lumayan buat pupuk, gantian kita yg ekspor ke Jepang dan Eropa ??

  7. ekekek…

    ban depan gak rata :
    analisa nya …
    # shock depan salah satu bocor atau mati …
    # body gak senter
    # secara kualitas part produk onda & kawak 5 tingkat dibawah produk Y …

    buktikan getok saja knalpot r25 vs cbr & ninja … cukup itu dulu …

    ????

  8. Ayolah pertamina.. cuba eriset dan kembangkan energy ramah lingkungan dari sda yg terbarukan.. tu orang biasa aja bisa buat Arak(alkohol) yg bisa di bakar.. cuba ambil ilmunya.. buatlah bbm yg ramah lingkungan.. dan bisa di gunakan utk teknologi mesin sekarang.. jgn main di ron terus..
    Tu limbah pabrik banyak metanolnya.. limbah ternak banyak metanolnya.. libah manusia banyak metanolnya..

    • Yups.. correct..
      Jgn sepelkan hal itu om.. manfaatnya sangat besar buat masadepan kehidupan bumi om..itu lah hebatnya.. hanya saja perusahaan energy dunia masih sibuk cari untung semata tanpa melihat dampak dan masa depan semua mahluk. So.. banggalah jika sekarang om bisa beli bbm dgn ron yg tinggi.. karena itu sedikit memberi sumbangsih utuk alam.
      Mengobati akan lebih mahal dari pada menjaga.. so.. wake up.. n looking yours future..

    • santai bro tinggal beli saja bahan bakar hidrogen cair dari Kawasaki. gas buangnya bukan asap tp air sbg sumber kehidupan.

    • Berharap MARTAMINA yg mw bangkrut.. Org cadangan minyak bumi indonesia G sampe 20tahun lagi habiss.. Ko..

      Mikir coy org indo kan xxxx jongkok.

      Langkah ONDA bikin CBR250R jomblo.. Itu bukan g bisa bikin mesin 2 silinder.

      Tp maklum lahh indonesia bgt..

      So jgn harap nin nin 250cc 4silinder eahh..

      Diluar udh g jaman mesin cc Gede. Kecuali skedar buat hobi.

      Matik 50cc.

      Disinilah tempat org2 aneh.. Indonesia BGT.

    • Wkwkwk mandi dulu sana biar ga bego..
      Kedepan masih mungkin kita gunakan bbm, ada sumber bbm yg banyak banget yakni shale oil, batuan dasar yg mengandung endapan minyak bumi. Itu bisa 100 tahu lagi. Cuma saat ini masih mahal ajah produksinya karena prosesnya ribet. Tapi jngan khawatir..chevron dan shell terus uji coba dan mikir cost production biar lebih murah.
      Pertamina mw bangkrut?
      Tahun depan malah ekspansi balikpapan, cepu, dll…
      hahaha jangan sotoy

  9. haiyyaaa bukan mslh kejam / membatasi produsen otomotif.. tp ini mslh urgen hajat kehidupan planet bumi waa.. sprt diketahui bumi ini semakin tua lapisan ozon semakin tivis, lahan hijau berganti industri, kutub es trus mencair akibat global warming dsb …. jd kesadaran akan dampak itulah yg hrs kita pahami n yg hrs kita lakukan bgmn agar semua hal itu tdk semakin parah

    • Energi listrik emang sumbernya dari mana.

      Nuklir. Batu bara. Gas. Minyak bumi.

      Kita aj sering mati lampu.

      Listrik aj suruh berhemat.

      G bakal cocok diindonesia.

      Gas sangat luar biasa cadanganya.

      Lirik buswy. Bemo BBG diDKI.

      Negri Mati lampu ko.. Sok mw bikin motor listrik.

  10. Cuba ajang balapan dunia ug bergengsi spt motogp yg menggunakan mesin prototype menggunakan bahan bakar yg ramah lingkungan spt senyawa alkohol. Tu spt flm animasi “cars” yg menggunakan bahan olinol. Jika itu di lakukan maka mata dunia akan terbuka akan peluang dan pentingnya energy ramah lingkungan dan terbarukan. Ayo bu DORNA buat rwgulasi itu.

    • haiyyaaa sblm ksh wacana gt, lu owlang tau gk reaksi kimia dari alkohol, metanol n etanol dan itu berhubungan dg engine …?

    • Xixi.. simple om.. alkohol jika di oksidasi dengan O2 maka hasilnya adlh 2H2O om.. senyawa alkohol itu senyawa dengan ekor OH.
      Carbon”C” yg berikan dengan molekul H tidak menjadi gas.. so emisi akan lebih ramah lingkungan.

    • Di buku panduan motor milik aku.. ada tu keterangan jika bbm d campur dengan alkohol g apa.. makanya kalau punya motor di baca itu buku panduannya.. xixi

    • C2H5OH(g) 3 O2(g) → 2 CO2(g) 3 H2O(l):(ΔHr)= −1409 kJ/mol

      haiyyaaa rumus diatas pembakaran dari sifat alkohol murni / ethanol
      coba lu owlang simpulin waaa jika itu terjadi pd mesin kendaraan bermotor

  11. ekekek …

    tinggal nunggu sebelah ngekorr …
    eittt …. tunggu dulu secara sebelah masih ingin keluar dari belenggu kandang pitek dan tromol ninja ..

    maklum 10 langkah dibelakang tossaaa ..

    ????

  12. CBR600 Akan menjadi motor legend.. diMoto2 pabrikan sebelah kurang modal alias gak berani turun lawan CBR600 ?

    Semoga tahun 2018 Moto2 dihuni berbagai merk seperti MotoGP biar makin seru.

  13. mikirin bumi rusak karena polusi bahan bakar motor, perang tuh urusin, banyak senjata dimuntahkan selain membunuh orang, polusinya juga lebih berbahaya dari kendaraan bermotor, berapa banyak bahan kimia yang digunakan…

    Soal bumi rusak, ntar juga kiamat pasti hancur…

  14. Sebenarnya motor listrik juga bukan alternatif, karean kebanyakan pembangkit Listrik di Asia Tenggara masih menggunakan bahan bakar fosil macam batu bara, Minyak Bumi so kalau di eropa kayaknya bisa menggunakan listrik soalnya sudah banyak yg mengaplikasikan pembangkit listrik tenaga arus dalam laut

  15. Klo di indonesia boro” ngmg euro4 kang lah motor” berasap aja msh dipke.. yg parah” lgi motor 4 tak bisa berasap, org” model bgtu biar di pasangin onboard diagnosis jga percuma, lah yg jelas” udh berasapa ga di servis di rawat msh dibiarin meraja lela jalan keliaran apalagi cuma bru instrumen yg nunjukin klo motor nya udh mulai ga ramah lingkungan

  16. pake motor listrik ja, dijamin gada kasus penguapan bbm, gas buang beracun, cuma anehnya di negeri tercinta ini mobil atw motr listrik bisa2 nya ga lulus uji emisi….

    • Itulah hebatnya kartel mafia minyak broo, kalo lulus uji emisi mah paling mobil listrik udah bertebaran dimana mana, secara pengetahuan org indon ga bodoh lgi, yah itulah di indon bro, secara dri dulu yg namanya kartel, mafia, susah utk ditumpas ampe akar”nya karna udah mendarah daging *cmiwww

  17. haiyyaaa kalo bahas mslh euro regulation
    fby n fbh pst plonga plongo ndlongop ra mudeng waaa

    cilaaka luwaa welas waaa

  18. Mana peduli negara kita sama lingkungan hidup. Namanya saja euro ya gituan mah hanya penting bagi Eropa. Indonesia apalagi Purbalingga tidak perduli gituan mah. Semakin galak suara knalpot dan asap yg dikeluarkannya maka akan semakin laku. Hidup pabrik knalpot Purbalingga…!!!

  19. Percuma lek, mau pake catalic atau apapun, tetap aja pake knalpot racing, wees ilang uero 4 , balik meneh ke euro 1 hihi..liat para moge2 knalpotnya diganti racing kebanyakan…

  20. anehnya cewe cantik sekarang makin bertambah, cuma kenapa ga ada salah satu dari mereka yang berani klaim kalo mereka wangi dan lulus euro 4?

  21. Regulasi lebay, emangnya berapa persen sih kontribusi asap kendaraan bermotor roda dua terhadap pencemaran udara.. Kaya gini aja diurusin, pencemaran skala massif dari pabrik2 besar dibiarin

  22. Coba bahas di indon lek, ttg euro bagi mesin diesel wkwkwkwkw, bahan bakar bosok tahun 70-an aja masih dipake, lirik zaza fortuner yg katanye udah euro 3 zaza masih pakai solar wkwkwkwkw, beli mobil 400juta-an mampu, masa beli pertadex aja ga mampu kwkwkwkwk, pantez zaza sering kelihatan fortuner umur masih 2-3 tahun udah bullllll ngebullll kayak truk fusoooooo, kapan yah pemerintah indon bisa riset ultra low sulfure dan membuat udara indon bersih dri asap bul ngebulnya mesin diesel, kalo mesin bensin udah aman kita lek, secara harga premium udah ditinggalkan dan banyak org move on ke bensin yg diatas premium, cmiiww

  23. Woalah ini to kang sebabnya kenapa knalpot gsxr1000 jadi gede gitu.. tapi yang lucu nih kang, di akun instagram bloger sebelah a.k.a premium7 knalpot gsxr1000 justru diolok olok.. dia ini nggak ngerti regulasi apa ya kang ? Duh, susah kalo fanboy jadi bloger..karbitan.. hehe

  24. harus diterapkan nih di Indonesia…
    1.euro4
    2.batas berlaku kendaraan (misal 15th)
    3.batas kepemilikannya kendaraan per kartu KK (1 motor+1mobil)
    4.tidak di berlakukan credit kendaraan

    tapi ….
    1.fasilitas umum udah sangat baik
    2.perbanyak pakai sepeda

  25. Salah kang IWB. Kudunya dibalik. Yang kasihan bukan BUMI’nya. Tapi MANUSIA’nya. Klo bumi ndak dirawat paling yg tersiksa manusianya.

Leave a Reply