Pesan Suzuki Address tidak kunjung datang….DP masuk dealer malah tutup!!. Mumet tenan….

112
95

Suzuki_address110

Iwanbanaran.com – Apes tenan cak….jiann apes. IWB mung iso mringis saat membaca email dari bro KD (sebut saja demikian). Sebuah curahan hati yang jelas membuat IWB sebagai Blogger cukup terkejut. Kenapa?. Lha piye kangbro…..Pesan Suzuki Address tidak kunjung datang….DP masuk…..dealer malah tutup!!. Opo ora mumet Jal. Wah…emange kayak apa sih ceritanya?. Berikut detil kronologinya…

Assalamualaikum. Wr. Wb

Pertama tama maaf nih mas iwb dan om laskar suzuki jadi temen curhat saya. Entah kenapa didalam hati saya sepertinya mas iwb sama om laskar suzuki bisa ngebantu saya. 🙂

Saya KD. Saya dari Bandung. Saya bukanlah seorang penggemar Suzuki bahkan bukan seorang penggemar motor. Bagi Saya, motor itu sama saja. Asal rajin ngerawatnya, pasti motor jadi enak dibawanya. Waktu itu saya mendengar bahwa suzuki mengeluarkan matik untuk pasar eropa yaitu Suzuki Address. Saya tertarik dengan motor tersebut tetapi apa daya saya belum memiliki tabungan untuk membelinya. Tetapi sejak saat itu saya semakin mencari tahu informasi tentang motor terutama tentang Suzuki Address.

Alhamdulillah, tahun ini saya memiliki rejeki untuk membeli motor tersebut. Saya berencana membeli Suzuki Address Elegant dengan warna abu silver. Maka Saya mencari ke seluruh dealer Suzuki di Bandung untuk menanyakan ketersediaan unit yang saya incar. Tetapi semua dealer menjawab jawaban yang sama yakni “Paling harus inden dulu. Paling dp dulu kalo serius mau ngambil.”

Akhirnya saya memilih salah satu dealer di Jl. Kiara Condong, Bandung. Saya memberikan dp 500 ribu sebagai bukti bahwa saya benar-benar serius. Mereka memberikan jaminan 1 bulan mudah-mudahan unit ada yang berarti bulan September 2016.

1 Bulan telah berlalu. September 2016. Belum ada panggilan dari pihak dealer. Saya dan Ayah mendatangi dealer tersebut dan mereka bilang bahwa unit sedang dipesan dari pabrik suzuki di Tambun. Salah satu sales mereka yaitu pak iman atau pak imam (nama disamarkan, lagipula saya lupa nama yang benernya yang mana.) berjanji bahwa unit akan datang akhir September atau Awal Oktober 2016.

Karena menurut saya itu terlalu lama, maka saya mencari dealer suzuki yang lain yang berada di Jl. Soekarno Hatta. SM*. Dan seperti yang saya kira, Suzuki Address Elegant yang saya incar baru akan diproduksi lagi November 2016. Saya berpikir lebih baik bersabar saja sampe Oktober 2016 di dealer Jl. Kiara Condong.

1 Bulan telah berlalu (lagi). Oktober 2016. Sebulan penuh saya tidak menghubungi mereka agar mereka tidak terganggu konsentrasinya untukmencari unit yang saya inginkan. Karena penasaran (dan juga karena sudah 1 bulan dari janji mereka), saya iseng melewati Jl. Kiara Condong dan ternyata… Mungkin karena suzuki sedang berada diujung tanduk, Dealer Jl. Kiara Condong tempat saya memesan suzuki Address yang saya pesan, tutup. Kosong.

Hanya tulisan yang sepertinya sama dengan tulisan bekas dealer suzuki yang sudah tutup di kota-kota lain. (saya tidak memoto karena berada di arah yang berlawan dan macet.*hiks)

Rencananya, pada hari itu Ayah saya akan menanyakan unit yang saya pesan. Sales yang menjanjikan unit suzuki Address pesanan saya tidak mengangkat telepon atau membalas telepon dari Ayah saya.

Setelah itu saya berpikir, dan sedikit bertanya.
1. Apakah sebegitu tidak lakunya suzuki hingga dealer besar di Jl. Kiara Condong tutup?
2. Kenapa Suzuki Address Abu Silver tidak ready stock? dan jika inden kenapa harus menunggu lama? Apakah ini di bandung saja atau di kota lain juga?
3. Mau bagaimana mempertanggungjawabkan uang dp 500rb yang katanya sebagai bukti kalo saya serius ingin membeli suzuki Address?
4. Ini nasib motor baru dari suzuki lho. Bagaimana nasib motor suzuki yang lama? Servis resmi dimana kita?

Sungguh saya tidak ingin menjatuhkan suzuki. Tapi beginilah keadaan saya. Saya seperti ditelantarkan oleh dealer Jl. Kiara Condong tersebut. Saya meminta tolong ke om laskar suzuki dan mas iwb. Sungguh Suzuki Address lah yang membuat saya ingin tahu lebih banyak tentang motor. Kalo tidak ada suzuki address mungkin saya tetap cuek saja dengan motor. Rajin merawat motor saja tanpa ada rasa antusiasme memakainya.

dan satu hal lagi om, mas. Keinginan beli motor ini sebenarnya keinginan ibu saya. Ibu saya ingin uang gaji saya menjadi barang agar saya bisa bertanggung jawab menggunakan uang dan juga ibu saya ingin dibelikan motor matic untuk digunakan ke pengajian mingguan beliau.

Sungguh besar rasa terima kasih saya kepada om laskar suzuki dan mas iwb jika curhatan saya ini dibaca dan disampaikan ke Suzuki Indonesia. Saya tidak ingin pelanggan suzuki lain mengalami kejadian seperti
saya. Semoga surat saya ini menjadi pemicu peningkatan pelayanan dari suzuki.

Terima kasih

Wassalamualaikum Wr.Wb

Waallaikumsalam wr.wb. Sebuah cerita yang membuat IWB miris. Sayang…IWB nggak memiliki koneksi kuat dengan pabrikan S. Semoga saja pihak lain yang juga menerima surel ini bisa memberikan solusi jitu mengingat mereka jauh lebih dekat (omonge sih ngono). Mungkin dari sisi IWB hanya bisa ngeshare via artikel agar sudi dibaca oleh PT SIS sehingga mereka makin sempurna kedepan. Dan jelas kejadian yang menimpa bro KD akan mencederai nama besar Suzuki sehingga praktik diatas harus diberantas. Artinya jikapun dealer tutup, manajemen wajib ada itikad baik menyelesaikan seluruh beban tanggungan yang “Pending” pada konsumen sebelumnya. Setidaknya…DP dikembalikan mzbro, tidak ada alasan apapun mengingat dealerlah yang tidak mampu melakukan kewajibannya….bukan konsumen yang batalin

Last…..kejadian yang menimpa bro KD bisa menjadi pelajaran kepada kita semua untuk lebih hati-hati dalam memberikan DP atau uang muka. Pelajari dengan seksama prospek dealer serta selalu kritis bertanya akan jaminan yang diberikan pihak sales. Kalau perlu saat sampeyan menyerahkan uang dokumentasikan dengan foto atau divideoin. Kwitansi wajib kang. IWB berharap ada respon positif dari pihak dealer untuk menyelesaian masalah diatas. Buat bro KD….yang sabar kang. Insyaallah jikapun uang hilang akan mendapatkan ganti yang berlipat. Waspada kangbro….(iwb)

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

112 COMMENTS

    • pukulan telak ayam jago.. Sonic kata FBY g laku padahal dijln lebih sering seliweran.. ketimbang FUFI.

      Bentar lg GTR150 Pun mainkan peranya.. Siap2 Me2X kingkong. tepar ky FUFI.

      honda joss luar biaza.

    • ckck bentar lagi bentar lagi kpan bro,???
      supri dah nynman d gudang beras bro,mna mungkin sliweran???

    • ekekek ..

      akhire ipuull markipuuuull update artikel …

      udah ditunggu dari td ..
      niih amvvluuupp buatmu puuulll tangkaap …

      ????

    • Aneh masa iya ga ada foto dealernya? kenapa ga laporan ke suzuki pusat? bawa aja bukti pembayaran dp nya… jangan jangan ini cuma… ah sudahlah…

  1. Ini jelas kesalahan sales, apalagi si sales gak ada itikad baik sampai ponselnya gak mau dihubungi..
    Lapor polisi aja, dengan catatan situ punya bukti dan saksi.. Walau gimana pun ini bisa dianggap penipuan konsumen..

  2. Sebelumnya, turut berduka atas kejadian yg menimpa mas..
    Tapi kok ya, tindakannya itu… Maaf.. agak bodoh ya. Daripada ngasih DP, kalo mau beli motor kenapa ga langsung aja buat PO (Purchase Order) dengan bayar (kalo ga salah, 10% – 20% dari harga motor), dilunasi saat unit datang. Atau, klo kredit lebih gampang lagi.. DP dibayar pas unit dateng. Paling ngga jadinya ga megangin kuitasi dari dealer atau bahkan sales doang.. dan kalo terjadi hal kayak gini, ada kekuatan hukum buat nuntut ke SIS langsung.. dan pasti diladenin.. tanpa perlu kirim email / surat pembaca ke blog / koran otomotif.

    • Saya sependapat gan, tp maaf mungkin mas ini mau beli secara cash.
      Saya dulu beli Vario 125 off the road dgn harga 14,9jt harus bayar DP dulu sebesar minimal 1 jt rupiah dan dikasih bukti bayar dengan lengkap resepsionis dan identitas pembeli
      baru saat motor datang kita bayar full
      CMIIW

    • Ya sama aja mas.. cash jg bisa khan langsung bikin PO. Tapi ya rasanya ga ada yg DPnya cuma 500rb.. klo DP cash sih setau saya 10-20%.. keluar kuitansi resmi dan purchase order. Klo 500rb mah namanya tanda jadi doang… Ya masuknya paling ke dealer / sales.. kuitansinya dari situ2 juga

  3. Bukti kuitansi buat dp seharusnya ada .klo bgini mah ga tau dealer yg nipu atau surat ini yg nipu.masih jdi pertanyaan.

    • Pernah ada ga orang yg pernah ditipu dealer soal kredit motor brow selama ini…??? kayaknya si pengirim surat ini yg penipu bro,kagak ada bukti foto kwitansi ataupun foto dealer yg di duga nipu. katanya mau foto dealernya ada di sebrang jalan dan jalanannya macet,bukankah gampang ngambil foto kalo jalan yg dilalaui macet…? surat yg aneh ini bro…. setelah surat terbuka kepada ngondah dan yamahmud tempo hari yg terbukti si pengirim surat bahkan ga punya unit motor yg di komplain (New CBR150R & R25). semoga masih ingat…

    • Iya surat ini ga ada rasa kesal dan cape atau komplain masalah utama tapi isinya cuma masukan masukan yg rapi disusun poin poin.bahaya klo sampai ini bohong bisa2 jadi tradisi buat yg ga bener.baiknya ada bukti biar pembaca jelas.masih dipertanyakan.

    • Hadueh mau maunya di suruh dp duluan barang gak jelas. Indent sampe berbulan, bulan,. .. gak pabrikan H,Y,S.. indent menehhhhhh,, weeduussss.. KONSUMEN selalu dirugikan

  4. Kang. Bisa d infokan mungkin mas KD, dealer kiara condong / jln ibrahim adjie sedang dalam masa pindahan pada akhir2 bulan kemarin dan katanya baru efektif oktober di alamat barunya jln antapani, dekat lucky square. Menurut info itu dealer sdh abis masa kontrak di gedung tsbt. Jd d cb susul aja ke alamat baru. Org lagi pindahan mungkin msh riweuh kang.

  5. Klo FBY lebih miris kang, Beli rrrrrrrrrrombengggg 25an malah direcall yang membuktikan bahwa motor YIMM iku fix reot mesine plus ngebul

    ekekekekekeke
    ???

  6. Klo motor iki asli mesine ..

    tapi masih dibawah CBR250R ..

    Terus Rhooombeng 25 piye ..

    Wesss ojo ditakon sedih barang recall ..

    ekeke ..

    ???

  7. Suzuki bangkit josssh ..

    Honda Makin mantep MS nyo ..

    Yamaho wesss ojo takon lah dagang motor sebelahe minyak ..

    ekekek ..

    ????

  8. Sales Yamaho wis podo turu ..

    Dikarenakan dagange neng alp*mart ora laku ..

    sales yamaho diyakini jga berprofesi sbg kang parkir demi nasi aking ..

    ????

  9. intinya yg mesen yg koplak sebenrnya. dah tau juga pabrikan gak jelas, produknya juga babak belur masih aja niat mau beli. produk suzuka, tapi tetep aj enaknya cuma bentar, bodi getar, boros, apalagi fu produk andalannya blok mesin bunyi2 n plus swing arm juga bunyi.

  10. Kang iwan, apakah bener MT10 yg bru kluar iku knalpote podo karo mesin fogging yg asepe diyakini mampu membunuh para kuman2 FBY ..

    terus kang, apakah nantinya bakal recall masal?? ..

    wes tak tunggu infone kang ..

    ????

  11. wess lah tak turu disit …

    artikele ipuuullll tumbeen horaaa payuuu ..
    amvluuuppe kuraang kii koyo.e…

    ekekek ..

    ????

  12. turuu ae lah ..

    dagangan hari ini horaa payuu blassssss ..

    weee neng alpanmarete diusir kabeh gara2 anak buah podo ambu keringet ..

    jadi kang parkir cuma dapet gopean 10 bijii hadeuuh ..

    nasiiiibbbbbb ..

    ekekek ..

    ????

  13. oya puuuullll ..
    besok bikinin artikel A RRC …

    ntar tak bilangke bosku buat nambah amvluuuuppnya ..

    ekekek ..

    • cuukk salah nulis neh ..
      mksde ARRC

      maklum efek habis minum jek denill sama bos2 dari iwathaa …

      ekekek …

  14. SPG ngahaem iku cantik baik ramah wong e bak bidadari surga ..

    lahh SPG YIMM piye, ireng2, jutek, muka e podo dempulan ..

    #FAKTA iki lekk

    ekekek ..

    ????

  15. wess aah nek iki meh turu tenann ..

    melek terus ndak koyo iwak ..
    kwaregen bar pesta pitsa, setik sapi, hogben, ayam goreng kiefci ..

    kasian fbkutang cuma bisa ngaplo pesta rumput teki …

    ekekek ..

    ????

  16. Pesan dari cerita ini adalh, jangan jadi fansboy pekok, ngefans boleh aja, tapi liat kondisi, udh tau unit ga ada, berani inden.. udh tau diler suzuki pada mau mokat, eee berani2 gasi dp.. udh hibahkan aja duitnya, anggap aja kalah main taruhan bola..

  17. Hmmm…..

    1. Apakah tidak ada bukti tertulis dr fihak dealer ketika penyerahan DP tersebut? atau memang anda tidak memintanya? kalau ada foto (nota+bangunan diler) share ke blog ini untuk update agar semakin jelas dan sah kebenarannya. InsyaAllah Suzuki pusat pasti merespon, the power of Blog.

    2. Betul nih.. Apa benar kondisi SIS separah itu?? menigingat masih banyak loh varian yg (disinyalir) akan launching, terlebih dg kembalinya ke MotoGP dan gk jelek2 amat hasilnya apa betul lagi kritis? atau punya strategi lain yg sedang dirahasiakan untuk bs kembali bangkit/reborn dg perombakan besar2an??

    Update segera bro infonya biar berita ini terblow up dan segera direspon

  18. wess too ambil matic di yimmi ajaaa ..
    proses cepat bisa langsung dianter ..

    Ojo ambil embiitttt ..
    ntar kena pungli …

    ekekek …
    ????

  19. Ah, masak iya suzuki seperti yg di gambarkan benar engak ya ? Takutnya hanya kabar burung, sertakan donk bukti dan faktanya masak ilustrasinya tok kurang berimbang.

    • rak percoyo sampluk cbr muka beha koe cuk …

      mesakke kui anake uwong ..

      ekekek ….

      ????

  20. Iwanbanaran.com lemah dlm memfilter
    komentar yang masuk .
    saran aja, coba lebih teliti lagi untuk
    me-moderasi komentar pengunjung blog .
    komentar yang menjurus ke nada provokasi lebih baik tidak ditayangkan agar tidak
    menjadi fitnah .
    Blog berkualitas, pasti nyaman bacanya .
    Wasallam…

  21. intinya yg mesen yg koplak sebenrnya. dah tau juga pabrikan gak jelas, produknya juga babak belur masih aja niat mau beli. produk suzuka, tapi tetep aj enaknya cuma bentar, bodi getar, boros, apalagi fu produk andalannya blok mesin bunyi2 n plus swing arm juga bunyi.

    ——————————————————–
    Eh buset sales ondah masih aja nyeles
    bodi getar, borosss, klotok klotok, shok encit encit, bodi gampang protol, cat buluk itu kan ciri khas produk ondah ente cung. jangan memutar balikkan fakta.

  22. ane dr diler suzuki, indennya cepet kok, barang juga masih ready di tambun, kalo emang itu ceritanya beneran, dilapor ke Halo Suzuki aja…trus bang IWB, sebelum artikel diterbitkan mohon di konfirmasi atawa di cek dulu kebenarannya, karena ini menyangkut hajat hidup diler suzuki dan orang2 yang mengais rejeki di dalamnya juga, apalagi itu tanpa ada bukti faktur, foto, ato kuitansi ato apa apa gitu, mana ada orang nyerahin duit 500 ribu tanpa ada dokumen apa2…
    jangan sampe jadi penyebar isu lho kang .. itu menyangkut orang banyak juga

  23. ane setuju dgn yg di atas. Kok bisa iwb yg memiliki banyak pembaca sebelum menshare sebuah surat yang masuk tanpa filter? tanpa ada bukti dari pengirim surat mengenai nota, faktur, ataupun jenis bukti pembayaran lainnya?
    Kalau memang ada sertakan di artikel ini kang. jadi kebenaran surat tersebut dapat dipertanggungjawabkan, sehingga IWB tidak dianggap pihak yang menambah parah nama suzuki yang sedang terseok-seok.

  24. Suzukzuk nearly bangkrut….didaerah saya promo besar2an satria fi dp 1juta saja,persiapan dealernya mau tutup mungkin
    ngiahaha….

  25. ini salah bro kd
    kalau mau suzuki,belilah satria
    yg lain cuma pajangan , fiktif
    woy laskar suzuki…kumpulin uang buat bro kd
    jgn cuma nongkrong aja dibanyakin

  26. jangankan yang baru inden lek iwan, yang sudah jalan angsurannya aja masih diembat sama si sales uang angsurannya. Kita tahunya lunas, eh kok didatangin depkolektor katanya kita telat bayar. .diikhlas ke eman elk, diuber juga bingung mau nguber kemana yo ngene iki

  27. pakde, sebaiknya segera di cek kebenaran info ini. jika tdk benar bs merusak nama baik produk tertentu… ato lbh baik d cut dulu cari info kebenaran baru di terbitkan ulang…
    suwun pakde… sy bkn penggemar merk tersebut tp kita ambil sisi lainnya jg

  28. Turut prihatin bro KD..
    IMHO, klo ane sih beli motor mending cari yg barangnya ready. Istilahnya ada uang ada barang. Males nunggu inden2 lama gitu..
    Klo ga ada yg ready, ya sudah ke merk sebelah..

  29. 62. hanan – October 4, 2016

    ane dr diler suzuki, indennya cepet kok, barang juga masih ready di tambun, kalo emang itu ceritanya beneran, dilapor ke Halo Suzuki aja…trus bang IWB, sebelum artikel diterbitkan mohon di konfirmasi atawa di cek dulu kebenarannya, karena ini menyangkut hajat hidup diler suzuki dan orang2 yang mengais rejeki di dalamnya juga, apalagi itu tanpa ada bukti faktur, foto, ato kuitansi ato apa apa gitu, mana ada orang nyerahin duit 500 ribu tanpa ada dokumen apa2…
    jangan sampe jadi penyebar isu lho kang .. itu menyangkut orang banyak juga

    ==================================

    Tolong Lik Iwan, komentar ini dijadikan bahan perhatian.

  30. Itu dealernya pindah tempat doang gan,didepannya jg ada tulisan pindahnya kmn.brarti ente ga baca,atau pura2 ga baca. Ane msh rutin beli sparepart disitu ko

Leave a Reply