[Opini] : Kenapa skutik dek rata Yamaha makin tertekan Honda ??. Berikut 3 analisa IWB…

312

460x110_tire

Xeon RC

Iwanbanaran.com – Yamaha sebelumnya menjadi penguasa pasar matic ditanah air. Era Mio sporty adalah masa keemasan tim garputala. Namun pelan-pelan mereka terus tertekan oleh Honda dengan gap yang cukup mencengangkan. Banyak banget yang bertanya…kenapa Yamaha terkesan sulit fight back dengan produk yang sama?. Apakah tim marketingnya yang kurang bagus?. Atau memang produknya yang masih perlu dipoles?. Sebagai Blogger sekaligus biker, berikut analisa IWB…..

Sebagai biker yang berkecimpung didunia roda dua sejak lawas, IWB pernah merasakan puluhan motor beda merk. Baik produk Amerika, Eropa, Jepang hingga lokal. Mungkin secara teknis mesin kurang piawai karena IWB bukan basicnya tukang otak-atik ataupun mekanik yang sekolahnya memang fokus disana. Ngerti sih ngerti…bisa juga bisa, tapi ora expert sampai membedah mesin hingga tercerai berai. Kalau kayak gitu IWB sih nyerah. Disuruh balikin iso botak sariawan tenan. Hanya saja feeling dalam merasakan motor saat testing, alhamdulillah sudah terasah. Proses alami karena sering pegang motor kemudian coba dituangkan kedalam bentuk tulisan…

Yamaha dulunya menjadi leader market skutik diblantikan roda dua tanah air. Namun pelan dan pasti ketangguhan Mio rontok digerogoti Beat. Berbagai cara digunakan Yamaha untuk membuat posisi bisa kembali. Tapi usaha mereka sepertinya belum membuahkan hasil. Sebagai Blogger…IWB kadang sering merenung, opooo yang salah dengan Yamaha?. Kenapa skutik Yamaha sekarang kurang berhasil merebut perhatian para biker?. Saking ademnya market, bahkan nilai jual bekas skutik garputala dihargai lebih murah dari pada skutik Honda oleh para makelar. Ini fakta dan sampeyan bisa survei sendiri langsung. Terus dimana masalahnya??. Kalau strategi marketing sih IWB nggak akan ikut-ikut sebab takutnya malah ada yang tersinggung dan dikatakan keminter. Tapi IWB akan coba menyoroti dari produk dan ada tiga yang menjadi konsen pribadi. Berikut opini dan analisa IWB……

1. Skutik Yamaha kurang bervariasi secara dimensi

Vario vs Xeon

Jauhhhh hari sebelum artikel ini IWB rilis, IWB sudah pernah membawakan unek-unek dari para biker atas kurang variatifnya varian skutik Yamaha untuk kelas 20 jutaaan kebawah dek rata pada R & D YIMM. Ketika Honda secara pintar menyodorkan beberapa pilihan, Yamaha masih termasuk datar. Maksude??…..

Jadi gini kangbro. Dari versi low segmen hingga middle yang diisi oleh Mio M3 serta Xeon RC (NMax lupakan dulu soale masuknya maxi skuter)….dimensinya nyaris identik antara satu dengan lainnya. Dimensi disini nggak ngomongin ukuran ban lho ya. Tapi ukuran body dan feel saat nongkrong diatasnya. Coba saja sampeyan duduk di M3…lalu pindah ke Xeon RC yang notabene adalah kelas paling tinggi diskutik dek rata Yamaha….

Feelnya pasti sama. Impresinya tidak ada perbedaan sama sekali. Umumnya deprok akibat ketinggian jok yang rendah dan body mungil. Jika ingin beda…tidak ada opsi kecuali harus langsung naik kelas ke NMax. Inilah masalahnya. Untuk ukuran badan seperti IWB…..rasanya terlalu maksa jika ngotot nunggang Xeon. Lha piye…wis koyok beruang sirkus pakde. Dan diluar sana pasti banyak banget badan besar seperti IWB yang ternyata juga mengeluhkan kondisi serupa. Ingin skutik dek rata Yamaha semua pada mungil….

Sementara Honda sebaliknya. Untuk body rider yang imut….mereka tawarkan Beat. Sementara kalau sampeyan termasuk bongsor, mereka sudah sediakan Vario 125/150. Body produk terakhir ini memang jangkung dan besar. Beragamnya varian membuat calon potensial buyer seluruh lapisan terjaring Honda. Jumlahnya tidak kecil lho kangbro. Lawong sekarang banyak biker tambun je….(dilarang baper ki buat badan gede :mrgreen: )….

2. Sensasi riding

Vario vs Xeon

Kalau sampeyan termasuk biker yang demen motor agresif…..dijamin nunggang skutik Yamaha puas puol. Sampeyan mau zig zag….tekuk kiri kanan…manut alias nurut cak. Dengan kelebihan kalkulasi sasis serta suspensi yang cenderung memiliki karakter stiff….skutik Yamaha memang jago soal ini. Namun ternyata pasar tidak butuh itu. Disegmen skutik mayoritas beda dengan sport….

Biker disegmen ini lebih menyukai motor yang nyaman. Ayunan suspensi lembut dengan riding feeling yang minim vibrasi. IMHO Soal ini Yamaha masih harus berbenah. Kenapa?. Mayoritas skutik Yamaha getaran distang masih dominan. Apalagi kalau roda depan lewati jalanan buruk tidak rata….tangan harus berusaha keras menahan gempuran vibrasi stir sehingga pada puncaknya mengurangi kenyamanan saat melibas jalanan nggronjal…….

Sebaliknya diatas skutik Honda, IWB tidak banyak menemui stres pada bagian ini. Ayunan lembut tangan juga anteng. Matic Honda lebih bisa mengontrol seluruh reaksi jalanan tidak rata dengan setingan suspensi yang cenderung empuk plus pemilihan karet bundar berprofile gemuk bagian tengah (intip ukuran ban skutik Honda yang rata-rata memberikan kombinasi ukuran tebal ditengah)….

Jadi dari 1st riding impression kenyamanan….skutik Yamaha sedikit dibawah Honda. Sampeyan jajal wae dan bandingkan kalau ada dua unit antara Beat vs Mio….lalu ajak melahap jalanan “nggronjal”. Mungkin terkesan sepele….tapi mayoritas mengiyakan opini IWB. Artinya mereka memiliki kesan yang sama terhadap feeling yang IWB rasakan. Dan pasar disegmen ini butuh itu….comfort !!…..

3. Engine

xeon-iwb

Kalau mesin…..ora usah ditanya perkara performa, keduanya sebelas dua belas. Perbedaan hanya dikarakter saja. Jika Yamaha lebih demen fokus pada akselerasi, maka Honda mencoba balance. Terbukti dari pengetesan adu drag yang pernah IWB lakukan terhadap Xeon RC vs Vario 125 (klik disini)…..skutik Honda tidak mampu berbuat banyak saat dibetot berbarengan. Namun jika adu top speed ceritanya sedikit berbeda. Kelebihan skutik Honda lainnya adalah….

Engine yang smooth. Saking alus dan minimnya getaran kadang kita sendiri seperti tidak percaya saat melihat speedometer. Lho…wis 90 km/jam jebule, hanya angin yang memberikan sinyal kecepatan motor sudah masuk kategori alert. Sementara reaksi engine skutik Yamaha lebih reaktif dan rada kasar dibawah. Untungnya lengkingan atas sama-sama halus. Hanya saja disegmen ini kembali, kenyamanan lebih utama, bukan yang lain…

Itulah 3 poin utama yang menjadi kelemahan Yamaha dimata IWB. Soal desain sih selera makanya IWB nggak bahas perihal diatas. Seluruh opini berdasarkan mencoba…membandingkan lalu merenung. Kalau sampeyan nggak setuju monggo mawon….setiap orang punya opini masing-masing. Kita masih bahas dek rata yo cak. Soale pasti ada aja yang nyeletuk, Lha…tapi koq NMax bisa laris manis??. Jawabannya simpel…belum ada ukuran seimbang untuk menyimpulkan pada segmen maxi skuter. Karena AHM belum serius bermain kesana kangbro. Lawong adanya cuma PCX yang notabene masuk segmen market berbeda. Lha piye…..39 juta vs 28 juta, jelas market aslinya belum terlihat. Artinya apa??…

iwb-vario-turing-a

Yamaha harus waspada jika Honda sudah terjun disegmen ini. Maxi skuter lokal dengan banderol dibawah 30 jutaan. Sebab Honda biasanya konsen betul pada sisi comfort. IWB sendiri berharap Yamaha sudi secara teliti membandingkan produknya melawan rival. Beberapa poin tersebut mungkin sepele. Tapi memang itulah yang kita rasakan sebagai biker. Nongkrong diatasnya…betot dan menyimpulkan. Rata-rata mengatakan….”Tumpakane enakan matic Honda…”. Nah…piye jal….

Last…..IMHO filosofi peracikan skutik seharusnya beda dengan sport. Pendekatan disegmen ini akan lebih baik melihat sisi kenyamanan. Performa jelas sangat penting tapi pada skutik….nyaman akan menjadi opsi utama sebelum biker menjatuhkan pilihan diluar desain dan mesin. Jangan sampai setelah kita jajal merk A….maka setelah nyetir merk B terasa kurang nyaman…lebih kurangnya demikian. Semoga masukan positif ini bisa diterima dengan baik tanpa buruk sangka seperti yang sudah-sudah demi kemajuan produk itu sendiri. Nah…kalau menurut sampeyan sendiri piye cak?. Merasakan seperti yang IWB rasakan atau nggak ki?.  (iwb)

Xeon RC vs Vario125

 

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
3
  • Yan

    Tes

    • Rider Tua Bangka

      Kali ini saya setuju dengan pendapat yg punya warung,overall motor matic ngondah memang lebih nyaman ketimbang kompetitor,itu.

    • ?? ™MB@H D@RMO™ ??

      ekekekek….

      jok triplek rasa batako pruduk ngahaem …
      dia kata nyaman …

      horra kaget …

      ????

    • Naga Bangor

      Org spt ente yg bikin yamaha terlena dan ancur spt skrg mbah

      Produk kualitas samvah, mesin ngeboel, romval, prothol msh ente sembah2
      Makanya yamaha diem aja ga mau berbenah, toh seburuk apapun produknya msh ada penyembahnya kok

      Xixixixiii

    • FBO

      Gak ada bedanya ama adanya elu wahai sales honda juragan BC.. ?

    • marqovet

      naga bangor@emang situ bikin maju ahm ya cung,????
      lucu

    • Marquezz

      Kelemahan yamaha,mesin butuh putaran lebih tinggi baru tersalur tenaga keroda belakang,sementara honda putaran mesin lebih rendah dah jalan tuh motor(bbm jadi lebih irit,karena g butuh putaran mesin tinggi tuk jalanin motor),ban dan velg yamaha kurang besar dan velg gampang geol,shock g ada pelindung debu(gampang bocor)diameter ulir kecil dan kurang kuat dibanding honda,model jg bagus honda,lebih stabil honda,buat angkut2 masih lebih awet honda(banyak matic dibuat kerja contoh buat ngangkut dagangan)???

    • Marquezz

      Kurang lebih pernyataan ane bersifat BC,,salam ngahatjeung???

    • Rider Tua Bangka

      Tumben ente komentarnya bener bro…??? memang faktanya matic yamahmud butuh rpm tinggi buat jalanin motor,berbeda dengan ngondah yg cuma di gas sedikit si motor sudah melaju. Pertahankan komentar sehatmu itu kisana.

    • ikan beneran

      Mangkenye,,, cobain vario150… Vikson minggir,,, itu…

    • 46al 46al

      Sangat betul kui…

    • marqovet

      hora sudi???

    • Mas Sabar

      Sudah kurang nyaman, Yamaha kalah lagi di model

      Skutiknya selain N Max sama Mio Z modelnya buntek-buntek gitu kaya ikan buntel..

    • Old lady biker

      Kalo suzuki gimana kang ????????

    • mas bro

      suzuki saingannya ya sama matic tvs udah cukup, sama2 gak laku, culun dan body tebel berat gampang patah kualitas india, mungkin teknologi suzuki nyangkut di india yg gatau klo plastik abs sekarang enteng dan kuat, mangkanya sampe sekarang fbs selalu bangga dengan material tebel tahun 80an

    • Skydress

      Yg penting Address tembus di Jepang n Eropa. Teknologi India???? Sory gw lebih bangga Address teknologi Indonesia alias produk asli Indonesia

    • marqovet

      betul kang.matic harusnya ngejar nyaman,masa matic d beri embel2 balap.rasain aja kalah market???

    • aliran sesat mbah dukun satan®

      POKOKNYA MBAH SATAnR PRO KE MAJIKAN

      Harga motor di turunkan ? Amit Amit !

      Harga motor diturunkan ?

      bicara soal gossip mengenai profit margin produsen motor yang dinilai kebesaran, ada pembahasan mengenai, jika memang harga motor tersebut kemahalan alias untung atpm kegedean maka motor tersebut harus di turunkan … ya bisa sih. artinya profit mereka diturunkan saja otomatis harga motor lebih murah dong?

      itu ya bisa aja dilakukan cuma yang punya ide begini umumnya gak mikir, dengan harga segini aja jalanan udah penuh, lalu apa yang terjadi jika motor tersebut dibikin lebih murah. gak usah setengah harga deh, diturunin 15-20% aja peningkatanya bukan sekedar 15-12% bisa berkali kali lipat !

    • mbahmu

      Marqovet fby gadungan

    • hikata

      ngonda kan pke jurus seribu bayangan naruto…dimana mana ada 😀

    • aliran sesat mbah dukun satan®

      Berani bawa Beat jarak jauh amit-amit.
      tangan pegel krn terlalu nekuk akibat stang tinggi. dek tebal ada aki dibawah dan jok keras.

      bandingin sama bawa Mio J atau Mio M3 posisi riding jauh lebih nyaman.

      Motor Honda itu menang jualan mitos irit BBM thok!

      Parahnya lagi ketika Ymh, Szk dan Kwsk dulu fokus ke 2Tak, selalu dibandingin sama Hnda 4Tak. Perbandingan BBM yg kurang fair sering terkadi dari jaman dulu. contoh seringnya RXKing 2Tak dibandingin sama Astrea Grand 4Tak.

    • Agista

      Mitos..?? Yakin om bilang gitu..?? Sudah bandingin kah..?? Punya kedua type motornya..?? rx king vs grand..??
      kalau dari bahasa om.. 4 tak vs 2 tak masalah irit 11 12 gitu..?? OMG.. !!!
      Sumpah.. senyum aku baca koment mpean om..
      Dunia tau itu om.. 2 tak memang lebih boros bbm.. maka itu ada rwgulasi sekarang sampai euro 4.
      Ron bbm sampai 98.. bukan sekedar emisi.. tapi juga pemakaian sumber energi yg tidak dapat di perbaharui agar ttp bisa di gunakan..
      om itu yg keracunan mitos.. xixi..

    • marqovet

      atas gue gagal paham???

    • Emang

      Tapi sekarang sudah sama2 4 tak dengan teknologi yang sama tetep lebih irit honda.

  • FBO

    Nomer 1 tetap mindset lek, secara kualitas sekarang semua merk gak jauh beda termasuk matic Suzuki..

    • Andi

      Yapp memang akhir-akhir ini memang produk suzuki mengalami sedikit penurunan kualitas dibanding dulu, tapi tetep unggul tipis dibanding rekan h & y

    • mecky

      Mindset asalnya dari kepercayaan…kepercayaan asalnya dari pengalaman

    • mecky

      Kepercayaan didukung oleh opini mayoritas…wiss ngono aee

    • FBO

      Anda bener bung, tapi jgn lupa tentang sifat khas masyarakat Indonesia yaitu “Latah”..
      Jgnkan bahas motor, bahas hal lain yg lagi ngetrend aja pasti rame” pada pgn nyobain pdhl hal yg populer itu kadang kurang/ gak baik untuk masyarakat itu sendiri.. Contohnya gk prlu gw sebut, pasti udah banyak yg sadar saking banyaknya tren di negeri ini..

    • dony

      nmax udah kaya sampah d jalan. udah gak ada ptestige lagi beli ni motor.

    • sapiterbang

      apalagi vario om? sampah udah daridulu dong? busuk dong? ??

    • vampire ringsek

      Latah kok berpuluh-puluh tahun, dasar sales kalap 😀

    • FBO

      Hmm tolong bro kalau gak ngerti maksud gw dan gak kenal gw, jangan asal komen.. 😀
      Bukan apa”, ntar elu malu sendiri soalnya gelar fans terpintar kan FBH, tuh buktinya bawah gw.. ?

    • fbo gobloggg

      Oh jadi matik honda laris karena mitos?? Nah orang macam fbo ini jangan sampai ada di rnd yamaha. Karena dia tidak akan bisa menyelesaikan masalah. Masalahnya aja gak ngerti. Sudah di sentil sama wib di atas. Naik matik honda lebih nyaman. Ngerti ora son. Semoga rnd yamaho bisa mengerti masalah matik nya sepi pembeli dan memperbaikinya. Bukan seperti otak fbo

    • FBO

      Iya gw emang bodo, elu yg pinter.. 😀
      Sejak kapan sih fbh bodo? Gak ada yg bodo kok, bahkan gw gak pernah kepikiran bahkan ngucapin ttg kata mitos sedikitpun, tp emang dasarnya fbh serba tau. ??

  • Prilitiew

    Oke kang

    • Xclub

      Setuju dengan kang iwan, ane sendiri lebih nyaman dengan matic honda daripada maric yamaha. Tapi kenapa ane malah beli yamaha Nmax? Yup, karna honda pcx bermesin mirip vario 150 itu menurut ane kurang masuk akal harganya ?

    • klothok

      Saya setuju dgn mas iwan.bentuk Matic yamaha itu2 aja.
      m3 sama xeon klu orang tinggi pakainya dengkul sama ban depan sperti balapan hampir mirip kyk beat. Beda dgn vario dengkul kita bisa disembunyikan dalam dek..

  • Andik

    Pertimix tirbi

  • rofie

    Iyya kang, dijalan lebih banyak ketemu matic honda dr pada yamaha…

    • Old lady biker

      Bilang aja matic abal” /samvah.ga di marahin kog

  • Roel

    Insyaalloh bakal rame iki..

    • gokong

      rame

  • REC*303

    Testimoni blogger dianggap kurang akurat lek iwb, harus testimoni sekelas pembalap atau sarjana motor

    • juragan merchon

      jianput nyentil petinggi yimm di rimu lek, melawan lupa ekekeke

  • iwanbabaran

    wow

  • iwanbabaran

    hore 5 besar…

    kelamaan baca

    hasyeemmm

  • Medon

    Yup, betul kang Honda lebih nyaman mau jln jelek apa bagus shock brakernya bisa diandalkan. Yamaha bagus dijln bagus tapi ngk nyaman sama sekali di jln jelek… Klu mesin sih 11 12 lahhh… Karena saya pny YAMAHA MIO J sama HONDA BEAT… Jauh sekali kenyamanannya… Tapi klu buat kornering, yamaha jagonya…

  • Pak Dirjo

    Pehhhh, , ,,
    Analisane kok yo cuerdas banget lek. semoga didengar R&D Yamaha. terah nek matic kuwi mengedepankan kenyamanan. . . banter nomer 60, pengen banter kok numpak matic ???

    • Xclub

      Nah ini, yamaha sangat konyol dengan bawa embel2 sport di maticnya.
      Padahal orang beli matic bukan mau kebut2an ataupun cornering, tapi pasti pengen motor praktis yg nyaman

    • Cah_Angon

      yup setuju sekali.. sekencang-kencangnya Matik cc kecil plg 120km/jam. berapa persen konsumen yg butuh top speed segitu? 120 jg dapetnya 2km bisa2..

    • Penonton

      Tapi yang ane liat banyakan matic honda dipake anak cornering tuh. Mulai dsri beat sampe vario. Padahal mereka sendiri udah tau suspensi soft kurang stabil di tikungan. Justru ane jarang liat matic yamaho apalagi suzi sama sekali ga pernah

  • pakne R@hma

    ditambah lagi bunyi2an + getaran di cvt. untuk merk h lebih lama suara ‘halus’nya, sedangkan merk y cepet berubah dr standarnya.. tapi itu sebetulnya bisa disiasati dg perawatan yg lebih intensif, check roler n grease di cvt sekundernya dijamin sama awetnya, i’m not FB ke2 merk tsb ada di rumah

  • ndonondenepodowaemumete

    sippp.100 buat kang iwan analisanya…cocok bin klop

  • Dyuser

    Yes, orang orang milih matic memang konsen ke kenyamanan

  • udin

    skutik yamaha terlalu mungil… dan design sudah ketinggalan jaman…

  • Paijo

    Yamaha tarikan bawah enak? Ga semua..
    Coba mio m3.. lemot bgt bawahnya.. parah nurutku.. new soul gt mending, lumayan balance.

    Kalo shock breaker, herannya yg kelas sport malah lembut.. coba voxion apa r25. Parah nih yamaha, malah kebalik2 antara suspensi sport ma maticnya

  • Durno ™

    aaku ora percoyo …

  • Harry

    poin 1 mgkn ada bener ny juga sih ya, mirip2 dimensinya dr mio ampe sekelas xeon
    poin kenyamanan dan engine ga bs komen karena ga perna naik skutik honda (cm perna tes aja), tp mgkn ada benerny jg sih dgn ACG starterny , scr ga lgsg meng impresi kan kl starterny halus

    Mio m3/z vs beat memang bingung sih knp mio kalah
    secara mesin gedean mio, model lbih racy mio (dr depan)
    Opini dan relatif sih memang..

    • boy

      Kayaknya buat matic tuh gak perlu racy deh om..
      Yg penting trendy..
      Gak perlu dibikin nunduk” tapi ttp keliatan pas..
      Itu yg ane liat dr kebanyakan yg make matic…
      Ambil cntoh kalo yg dmen thailook malah beat yg kliatan rata lebih bagus dibanding mio M3 yg racy
      Sama halnya yang demen cornering…matic honda lebih pas kalo dijejeli ban semi slick

  • hi hi hi

    kualitas CVT gimana kang? tiap nanya bengkel pinggir jalan CVT honda lebih awet…

    • Andi

      Memang benar adanya, tapi kick starter matic honda gampang sekali macet 😀

  • Cungkring

    Betul betul betul….

  • Andi

    Mio karbu perasaan di rpm bawah-tengah kok datar yah tenaganya di rpm atas baru ngisi kebalikan sama matic honda (mesin beat series) yang ngisi diputaran bawah-tengah atasnya cengo.

  • kuda

    ya karena jelek

  • yudi

    saya pernah survei kecil2 an lek.. target pengendara wanita.. rata2 pilih matic honda selain nyaman juga hentakan nya lmbh minin . matic yamaha lebih galak di angkatan bawah nya.. suspensi juga keras.. ad tmn kantor beli xeon yg alasan nya g trgantung sama itu semua.. dia mmlih xeon gt 125 karba takut kalok ngambil vario 125 motor nya di maling :v

  • irfan

    Istri ane aja sampe bilang, kenapa sih motor yamaha rata rata cuma cocok buat cowok? Dari sisi desain dan feel riding.

  • poiuy

    numpak metik honda ki serasa numpak alpad .. kalo numpak metik yamaha serasa numpak grenmek … sama2 bodinya gede tapi sensasinya bagi bumi dan langit …

  • tri

    Maindset dan desain. Wes kui tok

  • Pengguna mio

    Shock keras, velg, sama getaran ckup terasa.. imho kang..

  • lisyanto

    bener kang, matic ki kudu nyaman & alus mesin e. yamaha kalah dengan itu. kelebihan yamaha ada di jok yg empuk & rem pakem. untuk xeon masih lebih mending dibanding mio kang. lebih halus mesinnya. meski masih kalah sama vario 125.

  • Arsanto S Zack

    Menurut saya beda dengan Analis bung Iwan nih,kl yg saya tau skutik Yamaha kalah habis karena ulah Yamaha sendiri,yg tidak memikirkan Qualitas bahan-bahan yg dipakainya,Contoh Pelek aja dl,awalya mio pakai enkei trs pake merk sendiri yg notabene bahanya sangat beda jauh..kl ditanya org-2 jg dah tau kl mesin Yamaha rewel alias tk mnta jajan.

  • mecky

    Menurutku Lek…Honda ki koyo penyakit keturunan, seko mbah buyut, bopo biyung ngganggo Honda..anakke yo ketularan….ngiehehehehe

  • mr. hayata

    Yg lebih kentara,metic entry level yamaha bodynya nggak banget.bogel,cebol.
    Cuma xeon/xeon rc az yg agak enak dilihat.

  • Sudoso

    Metik ya Honda
    Sport ya yamaha
    Fairing ya kawak

    Dah gitu aja

    • Toejah

      tapi raja sport dan sport fairing sekarang Honda, gimana tuh?

    • sapiterbang

      sport dan sport fairing?? lihat dimana om? ketek spg honda?

  • Soulenergizer

    Setuju mas..ergonomi dan variasi ..tantambahi ya, skutik entry level yamaha desainnya jelek .. tll feminin dan ban kecil..dulu mio memang berhasil mengget pangsa wanita,nah skarang konsumennya sudah scattered..

  • mecky

    Kayak coca cola lawan pepsi…rasannya sebenarnya sama saja

  • anu Mas, Yamaha kan berDNA racing, motor balap mana ada yang nyaman 😀

    • siapa sajalah

      Ini matik mas, bukan motor balap. Ini dipake di jalan raya mas, bukan di sirkuit. Yg pake belum tentu pebalap mas

    • melas

      Racing look doank,selebhnya ya nilai sendiri ajach

    • Penonton

      Lu ga paham sarkas?

  • typhos

    absen lek

    kalo masalah matic, aq ora melu2 lek, lawong ada +/- nya antara H dan Y, jok matic honda sekarang sedikit keras lek (khusus buat vario 125/150) kalo ada yg punya vario lampu neon dan led pasti tau bedanya, top speed juga masih kenceng vario 125 yg lampu neon ketimbang led ( g percaya cobak’en dewe).. itu saja lek menerut saya downgrade dari vario series..

  • szerius Mend

    ane nunggu yamaha NVX nih kang iwb…..semoga berharap masuk&rilis juga di tanah air.

  • bandar menang

    kalau dikaitkan dgn fansboy,
    kelirunya pabrikan garpu itu ya cuman 1
    alih alih fansboy nya diarahkan utk beli produk yamaha, malah dibiarkan nge BC tanpa ter koordinir, udah gitu ilmunya pada dangkal tcenderung ngalay. wkwkwk
    istilah kata, itik sawah dalam jumlah kolektif jauh lebih terstruktur pergerakannya dibanding gerombolan oknum FBY sotoy.

    ngoahahaha
    mau laris kok kerjanya BC kompetitor, mbok dagangane junjungan mu kui sing dituku
    knyataan emang pahit

    • jamaah satan®

      Secara ga langsung lu mengiyakan kalau BC an epBH itu terkoordinir

  • yadiaddarwisy

    opini pribadi kang…feel matic yamaha emang gak nyaman banget… dl pernah punya soul gt jombang surabaya tiap akhir pekan serasa di telapak tangan smp kemerahan…ini ganti sm nmax bru umur 5 bulan sensasinya sih agak mendingan tp ya msh kurang nyaman kalo di bandingin sama vario istri..apa double shock ya…rencana mau ganti shock belakang..tapi ya itu… agak di luar ekspetasi soal matic yamaha soal kenyamanan……seharusnya matic butuh comfort bukan speed…just my opinion..

  • newbie_33

    Bener lek IWB… kenyamanan yg utama. Dulu waktu masih muda dan pecicilan saya ngefans sama skutik yamaha. Colek dikit terbang lek… Nek saiki nganggo mio awakku loro kabeh 🙂 Mau g mau ya pindah ke honda…

  • enakan matic suzuki klo ngelawan jalan gak rata. tpi si klo saya rasa fitur matic yamaha pelit. honda punya fitur banyak, yamaha pelit. ya makanya lebih laku matic honda, walaupun klo dri desain si saya pribadi lebih suka yamaha. & 1 lgi org kan nyari yg irit n gampang bisa service di bengkel” biasa. injeksi yamaha jrg bengkel biasa punya alatnya, honda injeksi di bengkel” biasa udh bisa di taro.

    • jambroong

      Injeksi Yamaha beda sama injeksi sebelah, lah wong ane aja pernah liat langsung gimana cara setting CO di injeksi honda, cuman lewat aki …

      Kalau Yamaha langsung dari kabel ouput di ECU .. Bedanya itu soal konsumsi bahan bakar, bisa mainin tangan kanan atau tidak … Ga semua produk Y itu boros, ga semua produk H itu irit … Mindset yang memgalahkan … Sekarang liat Vario MY2016 125/150 banyak keluhan semua

    • yap betul. mio j ade saya yg saya pke irit bbm nya. pernah saya bwa ke bandung saya isi full di pom situ gintung pke pertamax. lewat jalur puncak bbrp x istirahat, lalu sampe di rmh pakde saya dkt terminal bandung. saya aja gk menyangka masih di atas stgh di jarum nya. saya waktu itu 4 mtr, 1 revo, 1 beat fi, 1 mio karbu. mio karbu 3 x isi bensin itupun sampe E setiap isi. klo beat fi cma isi sekali di cianjur & itu pas isi jga masih stgh di jarum. revo sma seperti beat cma pas isi sudah di jarum mendekati E.
      ya yg gak habis fikir saya make mio j harian krg lebih hanya 20km setiap hari selalu isi bensin setiap 4-5 hari sekali. sedangkan waktu saya ke bandung entah brp km jaraknya setengah aja belum kena di jarum. mgkn cma 2 liter pemakaian ke bandung. saksi temen” saya. kondisi semua mtr baru ganti oli. semua pke enduro racing kecuali revo pke shell. jujur saya setiap service mtr sllu saya tinggal. gk pernah saya liatin utak atik service injeksi skutik.

      tambahan saya disini bkn jelekin produk Y ataupun H. saya dsni cma mengutarakan pendapat. soal handling jujur saya sudah mencoba produk hampir semua produk skutik H (vario karbu, beat karbu, beat fi, vario techno, vario 125), Y (mio karbu gen1&2, mio soul, xeon karbu, mio j, soul gt, eagle eye), & S (spin, skydrive, skywave)(nex cma ngetest jalan bbrp meter). saya tetap pribadi lebih enak mio j untuk meliuk” nya. soal kenyamanan libas jln ya suzuki paling nyaman. tpi klo feel berkendara apalagi jrk jauh honda vario 125 n skydrive nyaman. mio j yg saya pke sndiri gk bgt buat perjalanan jauh. pegel abis. ntah yg lain soalnya blom nyoba buat perjalanan jauh. klo irit”an tergantung cara berkendara jga si bkn mtr nya tpi yg pasti sekali lagi saya nkn menjelekkan produk apapun.

      ya balik lagi mau gmn pun honda emank mimpin pasar skutik DEK RATA.

    • aliran sesat mbah dukun satan®

      Yamaha pelit fitur??? what???

      Kalau lu bandingin jaman Mio karbu/Mio J vs Beat pertama brojol its oke.

      Lu ngga lihat Mulai dari Mio Z 125 velg/ban lebih gambot dari Beat.
      Mio Z 125 cc sedang Beat 110 cc.
      Mio Z Diasil Frgd Piston sedang Beat piston jadul.
      Bukaan bagasi Mio M3/MioZ jauh lebih maju dari Beat yg jadul.
      Semua fitur yang dipunya Beat ada di Mio Z.
      Mio Z stater halus, Beat bletak.
      Beat cuma menang di ISS doang.

      Itu baru level skutik murah.

      Coba lu bandingin skutik medium spt Ymh Nmax vs Hnda PCX. jauhh lebih royal dan kaya fitur Yamaha NMax. amit amit Hnda PCX CBU pelit minim fitur banget.

    • Ddi

      Emang ukuran ban mio z berapa bro, saya ngehnya cuma m3 depan 70/90 belakang 80/90
      Kalo beat gak salah depan 80/90 belakang 90/90
      Kalo mio z lebih lebar ukuran depan otomatis 90/90 belakang 110/90 ya bro??
      Maklum, Bener bener kurang perhatiin ukuran ban

    • pengunci rem sma standar samping mesin mati honda lebih dlu, yamaha bru ikutan pas era injeksi. brp lama tuh.
      soal bletak starter beat, liat dri tahun kmrn udh gk ada suara nya..
      kunci kontak nyatu pembuka jok oke yamaha unggul, cma sblm itu suzuki udh dluan mengaplikasikan.
      ini bkn ngomongin mesin loh. ini ngomongin fitur. maaf” yamaha bru pertama x munculin fitur dluan pas eco di mio m3. sedangkan fitur yg laen yamaha belakangan terus. answer back system aja mna ada di skutik yamaha indonesia? beda sma yamaha thailand. makanya saya blg pelit fitur ya bkn tanpa sebab, ya emank fitur yamaha indonesia sedikit. ya konsumen lebih tau makanya skutik honda gk ada yg bisa nandingin soal fitur. saya gni” pengguna yamaha vega 2001 (mtr saya dri turunan sodara), jupiter z 2010(mtr saya pribadi skrg jrg di pakai) & mio j teen 2012 (mtr ade saya yg pakai setiap hari). di situ saya jelas gk pnya mtr honda. bkn munafik saya. saya dsni ngmng sesuai fakta.
      ngmng” jgn bwa” nmax & pcx jga x

  • wawan

    ada satu lagi kang iwan utk skutik Y ban belakang gampang sekali goyang dombret pdhl motor kluaran baru n H biarpun udh kluaran lam msh anteng
    teman sya jg tadi cerita dia punya mioJ trs mudik kesrby pake all new vario 125 dia bilang vario buat mudik uenak gas titik njruntul tau tau dh kecepatan 100 km

  • Joni

    Setuju banget mas.. Getaran matic y..sampe ke lengan.. Itupun di jalan aspal muluss..

  • Jamal

    Peleg geal geol + Geterrrrrrr di stang , Hak Paten Yahomo

    • ?? ™MB@H D@RMO™ ??

      ekekekek…

      kalo kiwir2 piye cung ???

      ?????

  • legend

    Di amplopin AHM piro lek… Bikin artikel ini?

    • antibece

      nih org otak nya udah bebal.
      dikasi edukasi ttep aja oo*n

      kalo benci udh berkarat sih logika udah gak jalan

    • wong ndeso

      njalok di pancal endase ki

    • gokong

      fans yamaha yang labil krn cemburu

    • Atas bego

      Yamaha Mau irit pilih bluecore mau performa pilih ymjetFI(aerox) di honda mau irit ato performa di gabung di esp engine…jadi mau jadi orang bodo beli 2 matic buat irit ato kenceng apa beli 1 matic bisa irit bisa kenceng…wkwk…new vario 125 vs m3(bluecore) irit vario 125, trus new vario 125 vs aerox(ymjetFI) kenceng vario…intinya orang bego yg beli matic yamaha…wkwkwk

    • Atas bego

      Utek e kopong iki orang…bego di pelihara..ya kayak elo?

  • Durno ™

    ora percoyo…

  • Andi Laksana Pramudya

    Untuk generasi matic yamaha sekarang (bluecore) ane rasa udh lebih baik di cvt, mesin, konsumsi bbm juga irit.

    Minus di Shock sama velg…harus cepet berbenah di sektor ini. Ane yakin KYB juga bisa ko bikin Shock empuk, velg juga harus pake model baru.

    Satu lagi…dealer yamaha harusnya siap unit tes (mio z, soul gt) biar orang2 bisa coba motor.

  • Itu akibat karma bc an para fans boynya….makin di bc makin laris kompetitor…..

    • marqovet

      prettt,knapa cb150 dibece tetep aja ngg laris,,,???

  • ?? ™MB@H D@RMO™ ??

    ekekekek

    kenafa gak dianalisa matic onda
    buluk rupa ??

    ???

    • FBK

      Vario kereen gitu loh mas

    • ?? ™MB@H D@RMO™ ??

      ekekek…

      keren bro..
      bikin fantat jadi tebel 5cm …

      zlub.

      ????

  • adam

    kang IWB.kapan honda Remix launching???minat sama model..kece 🙂

  • Awit pertama tuku motor ono nasehat seko wongtuo….nek motor ki honda, apik lan nek di dol meneh isih payu duwur regone…

  • mas bro

    ya setuju, salah satu pertimbangan awal saya memilih vario 125
    1.bagasi muat helm full face
    2.mesin halus banget gaperlu teriak buat start
    3.posisi duduk yg pas
    yamaha sepertinya harus berbenah dimesin, karakternya yg responsif membuat tidak nyaman, saat start awal mesin cepat teriak dan terasa kasar, dan untuk desain tolong diperhatikan proposionalnya seperti soul gt yg bentuk depannya keren tapi lampu belakangnya kaya mochin -__- bikin ilfeel

  • ?? ™MB@H D@RMO™ ??

    ekekekek…

    fantat kapalan 5cm pun kalo naik pruduk sayap … dia merasa nyaman kok …

    horra kaget aku …

    ????

    • Mas bro

      untuk jok vario memang parah, tp sudah saya atasi ganti busa jok imitasi yg lebih jauh lebih empuk dari aslinya jadinya gamasalah

    • plat ag

      akhirnya datang juga.
      kgen mbh
      muehahaha

  • KANGKUNG

    Lha ini….!
    Unek2 yang sudah lama pengen saya sampaikan ke YIM..
    Diwakili sama Mas Iwan.

    Suwun tenan Mas Iwan

    kalo dari design juga honda lbih bagus,
    coba yamaha, dari bawah samape atas pakae single headlamp semua.

    Ga niat banget nyenengin konsumen

  • andhi2010

    Kenyamanan?? Honda lebih baik?
    Ga juga, toh saya PP Perbatasan purworejo-Delanggu ga masalah.

    MINDSET itu susah dikalahkan.

  • yogi

    Setuju banget le..secara dimensi memang matic yamha kecil semua…bb dan tb saya 70 168 yang akhirnya saya ambil vario 150…padahal penginya sih matic yamaha akselerasinya lebih mantap..tapi pertimbangannya kembali lg di dimensi

  • KANGKUNG

    Wooohhh..!!
    Mbah Darmo is BACK…!!!

    nandi wae sampean mbah ,

    Topo toh…??

    • ?? ™MB@H D@RMO™ ??

      ekekekek…

      jalan2 ke iwata bro ….

      ????

    • Dulz

      Dapet undangan dari pusat ya mbah.
      Entuk aplop kandel yo mbah.

      ??

    • codot

      modar kowe sales paling pekok sedunia akhirat.gak tau malu ray gedek

  • pokeman

    bener banget analisanya dan strategi marketingnya juga kalah dibanding H.
    klo aftersalesnya sy rasa lebih bagus dari H.
    saran utk YIMM bikin diferensiasi produk buat pure matic sport & pure matic comfort biar bisa menjaring lebih banyak konsumen, karena keinginan konsumen beda2 dan kondisi jalan gak semuanya bagus bahkan dikota sekalipun, apalagi diplosok jangan ditanya. Semoga next produk nvx (atau apalah namanya) bisa jadi matic comfort, klo bener bungkus 1 deh gak pake cabe 😀

  • Smoke

    Duluuuuu 2007 waktu awal2 beat lahir lalu nyobain langsung mikir… “ini kayak pake motor listrik, aluss bgt mesinnya…” performa juga oke, ga perlu ngeden dulu macam mesin mio.
    Cuma mesin Xeon yg bisa dibandingin dengan mesin Beat/Vario.

    • Andi Laksana Pramudya

      Kalau mesin xeon jangankan beat, vario 125 aja kelojotan mba.
      Cuma ya itu suspensi + velg kurang nyaman sama jadul.
      Masalah konsumsi bbm podo wae ga beda jauh gimana tangan.

  • hampura

    model matic yamaha mirip mini compo tahun 80 han … 🙂

  • andra

    mio sporty ama mio soul harga secondnya jauh dibawan beat pertama ama vario pertama, sebagian masyarakat masih mempertimbangkan harga jual kembali itu fakta lho… fitur juga honda menang, kenyamanan, model/ variasi lebih banyak dll.. sekedar saran hapus saja tagline semakin di depan/yang lain semakin ketinggalan krn ga sesuai kenyataan..

  • vario 125 & 150 buanyak yang ngeluh shock & jok keras,CVT gredeg2. termasuk ane juga punya vario led 125.

    • mas bro

      jok keras ganti busa imitasi jauh lebih empuk, cvt gredeg2 ganti kampas kopling, cvt + roller jamin ilang

  • smua berawal dr image. dulu mio jaya krn tak da lawan walau boros. honda dtng dng iritnya. sejak saat itu image dan management honda berkuasa. klo bicara produk, para bloger udah tes, suzuki adress juaranya..

  • dalank

    setuju lek.. semoga saja org penting yamaha membaca artikel ini. dan yg merusak image yamaha adalah MIO J,SOUL GT, JUPITER Z 2010, kualitasnya jelek, dipakai setahun sdh banyak masalah. walaupun sekarang ada perbaikan kualitas lewat mio m3,jupiter z1, tp orang² sdh trauma dgn yamaha. beda banget dgn dulu, siapa yg tdk mengakui kebandelan jupiter z 2008. dulu produk yamaha terkenal bandel.

  • Penguasa….penguasa…..jadi penguasa karena gak ada lawan….gimana itu kita nyebutnya sodara sodara….

  • jifide

    Setuju sama mas Iwan… Tp metic onda yg saya punya ini banyak keluhan sampai bolak balik ke bengkel resmi dan lapor ke diler pula, apa mungkin ya saya yg kurang hoki waktu beli di diler itu…

  • AL

    Yamaha terjebak dengan DNA sport nya kali lee..jadi mereka terapin matic..betul kata kang IWB hanya sebagaian kecil konsumen butuh handling mumpuni, general lebih butuh “skutik yang nyaman” . Yamaha tidak jelek, malah mereka punya poin2 yang bagus..tapi tadi itu mereka kejebak DNA sport ..lupa hal yang umum orang mau..bicara HONDA? bukan tanpa cacat..cet buluk..detail ga rapih..design ..jok triplekk…ya gitu deh..tapi itu pinternya Honda mereka punya senjata lain :fitur.. Harusnya yamaha bisa ambil yg disukai konsumen dari Honda..

    • mas bro

      mmm sorry dna sport yg mana?

    • ucrit

      Sport ngeden ya bro ,

    • willy

      emang xeon sama aerox bukan dna sport ya?
      bahkan bintang iklannya aja rossi dan lorenzo, gaya iklannya memperlihatkan bahwa keduanya motor balap..
      sampai-sampai ada kata-kata “motornya kencang, tapi semuanya tergantung ridernya”..

  • AL

    tapi gimanapun Yamaha selalu memberikan yang berbeda dari Honda..harus gitu lha wong penantang kopk..harus agresiffffff..asal jangan kayak fby akutnya..kaing2 thooo

  • denmas dimas

    setuju, lek. motorku fino fi 2014, nek liwat jalan nggronjal ampuuuunnnn. kalo jalan mulus mah ya oke. satu lagi, lek. velg CW metik yamaha dari jaman mio lahir sampe mio udah Z, desainnya gitu aja.

  • Muke Gile

    Yang di Omongin jangan marah.. ehe..

    jangan Baper. . .
    jangan Mager (males gerak) Tuh karywan nya.

  • agustok

    Ancene ngono iku kenyataane lekk IWb metic honda nyaman tur harga bekasi enggilani esih gelem duwur ..medune yo ra kacek okeh mbi harga asale yakin gerr iki ..bekase motor honda tenanan go goletan cepet puterane di banding sebelah iki yo termasuk nilai plus honda.

    • ?? ™MB@H D@RMO™ ??

      ekekek…

      buolllmu kapalan yo nyaman kok…

      wes percoyo aku ..

      ????

  • bejo

    Dirumah ada 3 merk, H, Y, S kalo soal nyaman merk Y kalah dari H sma S Opini pribadi… Bagi FB & Sales yg ga setuju terserah…

  • agustok

    Ancene ngono kuwi lekk bekasane motor honda regane esih gelem duwur mudun ra sepiro mbi harga asline ..cepet puterane motor honda..asli ki kenyataan ..dri pd produk sebelah.

  • Io

    Perbedaan yg paling mencolok dibanding semuanya: konsumsi BBM Yamaha cenderung lebih boros dibanding Honda dengan output tenaga yg ga terlalu jauh ketimpangannya. Orang ga butuh motor kenceng dan boros, yg penting irit biarpun pelan

  • agustok

    Iku termasuk nilai plus honda ..harga bekas montor masih gelem tinggi ra kur metic e tok motor liane honda yo ngono kuwi podo lek Iwb.

  • mioku

    kalo ye mau belok kekiri malah ke kanan..ngeselin deh!

  • dogol

    karena yamaha selalu mengedepankan image kencang dan agresiv, padahal di segmen metic yang dibutuhkan adalah simple dan nyaman. itu aja ko, masalah kencengmah nomor 2 nomor 3

  • agustok

    Iku nilai plus motor bekas honda lekk ancen kenyataan

  • agustok

    Montor kenceng ra menjamin laris lekk sing pentg bbm model desain ,nyaman ,anteb..buat kebutuhan sehari hari

  • Pio019

    Setuju sama kang IWB……

    Tapi ane kenapa ga pernah lepas dari Yamaha ya, hehehe…

  • Mike Tyson

    Bener juga ni si IWB. Blogger KW

  • Rofandri

    Kualitasny kurang, dari velg, yamaha gampang baling, alias tdak kuat

  • riefenation

    Kang Iwan (pura2) ga tau ya kalo kekuatan keuangan honda yang utama? Diskon gede2an, sekarang aja ada bonus kredit beat 3th diskon 7 bulan angsuran lho mas (7x630rb=4,4jt) yang mana yamaha ga akan bisa spt itu. Siapa yg ga ngiler mas??

  • Rudi

    Kualitas pelek cacing yamaha…
    Mesinnya jg parah

  • splisit

    lah kepiye…wong ndeso klo mo beli motor…jaluk terno anake..”bapak arep tuku honda(motor) le”…yo di terno anake ng deler honda

  • the doctor

    ini artikel yang ak tunggu tunggu…..secara desain metic yamaha masih unggul di bnding kompetitor….untuk mesin..disinilah pekerjaan rumah buat yamaha..untuk bisa membuat mesin yg lebih halus lagi..lebih tangguh lagi… seperti yamaha bisa membuat motor sport yang performa yahud.mesih halus…suspensi yang nyaman banget…di banding kompetitor…geeeetuu

  • fajar

    mio jadul sama beat jadul borosnya sama,tp beat mnang d image honda ygvktanya irit,mio iritpun masih d bilang boros,dan beat boros pun d bilang irit

  • mben jok triplek mbikin bokong panas tapi gk terasa tw tw wes smpe lek … ngoahaha .. metik honda memang njioooz …

  • ois

    masa sih..
    yg sy rasakan naik matik honbul temen : tangan keatas cpt pegel skitar ketiak, kaki ngangkang sakit pgelangan kaki ma paha, stang ga stabil, jok keras br make sbentar udah pegel apalagi dibonceng br beberapa meter udah kapok, untuk manuver ga pede, rem g pakem jd harus turun kaki itu berlaku untuk manuver, ngerem ataupun ridingnya. beda ama yamaha, yamaha sebaliknya dr honbul. itu termasuk jenis bebeknya. jadi sy lebih pede pake yamaha, ga pede pake honbul.

    • ucrit

      Monggo dborong matic nya

  • mioku

    ada tikusnya makanya kurang laku…

    • ?? ™MB@H D@RMO™ ??

      ekekek…

      lihat geng vario malah ada celengnya ..

      zlub.

      ????

    • Rizkoi

      Deloken mbah, kepet e sek nyenol

    • codot

      modar kowe sales paling pekok sedunia akhirat.gak tau malu ray gedek

  • ♫═♥♥═♪♪Markues “The Next Legend Of MotoGP” (DOHC H*nda = Motornya Sang Juara)*´’`°¤¤°´’`*

    H*nda, didukung oleh produk dgn kualitas yg sempurna, mekanik yg handal dan aftersales yg terjamin.
    Jangan ragu lagi, pilih H*nda jangan yg lain.

    Nyang penting DOHC!!!!!!!

  • romeo

    ternyata sampeyan juga berfikir yang sama lek…dan satu lagi lek, matic yamaha BAGASINYA PELIT SEMUA, hanya beberapa yang muat helm in, itupun helm mungilnya yamaha..helm half face smcm kyt ato ink ga bisa masuk..padahal bagasi ini vital buat matic..menurutku lho.

    • soak

      Beat karbu nyaris gak ada bagasinya tapi bisa ngalahin mio karbu. krn beat karbu terlahir pakek tanda bintang kecil ala mitos irit bbm.

  • ♫═♥♥═♪♪Markues “The Next Legend Of MotoGP” (DOHC H*nda = Motornya Sang Juara)*´’`°¤¤°´’`*

    H*nda akan selalu memberikan yg terbaik utk konsumennnya, oleh karena itu jangan ragu dan jangan salah pilih.
    Segera dapatkan produk2 terbaik H*nda di dealer2 kesayangan anda terdekat.

    Nyang penting DOHC!!!!!!

  • zazzyjr

    Semoga triatmono mendengarkan opini dari mas iwan , soalnya dia membela merek kesayangannya mati2an wkwkwkwk

  • ♫═♥♥═♪♪Markues “The Next Legend Of MotoGP” (DOHC H*nda = Motornya Sang Juara)*´’`°¤¤°´’`*

    H*nda, dengan jaringan terbesar, terluas dan terlengkap.
    Merupakan perusahaan otomotif raksasa yg sangat sulit untuk dikalahkan, baik dalam hal ajang kejuaraan balap tingkat nasional dan internasional maupun Market Share penjualan.

    Nyang penting DOHC!!!!!!!!

  • saleskec@p

    Skutik Yamaha kebanyakan bonusnya. Bonus ngeden, pelek geol, shock keras, belum lagi bonus tikusnya.

  • genji

    Bener juga kang.. skutik Yamaha emg bodi kecil2.. plus skutik Hon*da dp 0% kang Jd penyebabnya.. wkwkkwwk piss

  • Uyeman

    Mindset memegang peran utama…..itu yg plg susah…..tetapi masalahnya mindset di negara ini tidak berbanding lurus dgn kualitas….

  • ♫═♥♥═♪♪Markues “The Next Legend Of MotoGP” (DOHC H*nda = Motornya Sang Juara)*´’`°¤¤°´’`*

    ™MB@H D@RMO™ ?? – September 26, 2016

    ekekekek…

    jalan2 ke iwata bro ….
    ????
    ———————————————————
    Akhirnya panglima darmo tianfeng turun gunung juga, selama ini anak buah lu pd nyariin karna slalu kalah debat lawan fbh ??

  • Akbar

    Matic paling nyaman yang pernah saya coba mah liberty, shock dan jok nya itu loh istrimewa ?

  • Hans

    Yimm kalo bikin metik yg nyaman aja… Jangan alasan metik sport kalo di komplain.. Kalo sport mending beli motor batangan aja. Orang beli metik cari praktis dan nyaman

  • romeo

    ternyata sampeyan juga berfikir yang sama lek…dan satu lagi lek, matic Y, BAGASINYA PELIT SEMUA, hanya beberapa yang muat helm in, itupun helm mungilnya yamaha..helm half face smcm K*T ato IN* ga bisa masuk..padahal bagasi ini vital buat matic..menurutku lho.

  • thomas

    Ikut sumbang omong Om Iwan. Kenapa skutik Honda lebih laris dari Yamaha? Selain karena spek motornya, sales Honda jualannya jauh lebih agresif dari sales Yamaha. Sales motor berlambang sayap ini bagi2 brosur sampai ke rumah-rumah orang di kampung dengan DP & angsuran yg minim. Beda banget sama salesnya Y. Makanya penjualan Honda secara overall selalu di atas Yamaha

    • Marquezz

      Masa iklan pakai rossi dan nyeponsori moto gp trans 7 bisa kalah sama bagi2 brosur,karaoke dan dangdutan??????konsumen tahu bro kualitas motor yg dibeli,pilih honda tuh kualitasnya memang diatas yamaha???

    • ucrit

      Ente ga tau apa dtmpt ane jg mio series itu tnpa DP,NVA ajach DP nya cman 1jt an!

    • codott

      namanya jg jualan mas.. bicara mslh sales baik H maupun Y salesnya sama aja.. terlepas dr itu, sekarang ini konsumen sudah cerdas mas, mereka mengenal&memakai motor jg udah lama, jd bisa menyimpulkan mana motor yg bisa diandalkan. mulai dari desain, konsumsi bbm, ketahanan mesin, kenyamanan untuk saat ini produk H lebih bisa memenuhi drpd produk Y.

  • image dah nancep, modal berlipat. tinggal nunggu waktu aja honda menang. salutku buat yamaha.. keep fighting!

  • warid

    sependapat saya sama om iwan,,,,

  • Rico Nurwangga

    pernah coba mio m3 sama beat karbu, nyaman beat tapi tenaga di tanjakan enak mio. bandingin mio m3 sama vario 125 di kemacetan enak mio m3, jalan lempeng buat touring enak vario

    • Andi Laksana Pramudya

      Kalau vario 125 di compare nya sama xeon gan sama2 liquid cool. Ane udah coba dua2nya, keduanya punya kelebihan sama kekurangan masing2 ?

  • Lemontea

    Pengalaman naik beberapa produk matic honda beat, vario 125 vs yamaha mio, mio m3, soul gt .. Masih nyaman pakai yamaha. Wes kuwi tok aku wes tau njajal dewe…

  • ndhuut

    Vario 125 emg nyaman di banding matic yamaha,,, kali inii saya juga setuju dengan yg punya warung,,
    Josss mas broo. 😛 :-*

  • Rizkoi

    Tambah i 1 maneh kang . Kesan pas motor e wes berumur . Yamaha motor e mesti ketok lungsuh2

  • Nov

    Lek Iwan, artikel ini membangunkan T-Rex sak Jurrasic Park, hahahahaaa…

    * your silent loyal reader

  • Senin Wage

    Mesin matic bagus Yamaha tp untuk CVT dan ECU beserta sensor2nya sptnya lbh unggul Honda.(IMHO)

  • green

    Ane udah nyoba matic honda yamaha jujur kalau honda maticnya emang nyaman tapi joknya duh keras tapi shock nya empuk tarikan enteng. kalau yamaha jok empuk shock atos kadang yg bikin gedek cvtnya citttt gak usah ditanya berapa kali ke beres yamaha masih sama aja akhirnya dijual laku 5jt.tapi ane tetep mau beli yamaha lagi terutama nmax nunggu beatnya laku

  • ZM

    Info aja nih, sya pngguna Yamaha mulai Vixion, Mio GT, n MX king… Yg saya kurang suka suara mesinnya kasar, trutama utk Vixion n MX king, teman sya sesama pngguna vixion pun punya keluhan yg sama (maintenance-nya rutin tiap bulan, gnti oli, bersihkan filter udara, gnti oli, smpai pkai YCCleaner), utk Mio …sunpah ni motor bnyak bgt keluhan..mulai aki yg gnti smpai 4 kali (merk Y n G*).. Gnti injektor, yg paling gk enak tuh setangnya oblak mulu..bawa ke beres ..gk sembuh2 … Weuwww… Sekian trima kasih …

    • Selama mesin masih sohc pasti getaran serta raungan engine kasar krn itu sudah kodratnya kecuali di jejali teknologi terkini bisa di mgkin kan suara alus cobain dech verza sma ko kaya vixion kasar banget engine nya ?

  • iput

    Numpang komen, mas Iwan. Kalau buat saya desain skutik dari Honda memang lebih unggul dari Yamaha. Kalaupun yang menurut saya baik itu ada di soul GT atau xride (tapi semua selera sih.hha). Saya sih kebiasa naik skutik honda khususnya vario 110esp atau vario 125, kadang gak kerasa kalau uda 60km dijalan. hha. Kalau bisa sih buat YIMM, buatlah skutik yang nyaman dan tidak hanya ngejar kecepatan bahkan kalau bisa kedua2nya dapet. Mungkin kalau benar skuter 150 Yamaha yang baru dan dikatakan mirip NVX dengan LCD speedometernya itu bisa diturunkan di skutik cc yang berada dibawahnya, bukan gak mungkin skutik YIMM bisa bangkit dengan fitur yang mungkin gak ada di Honda. Tapi semua itu hanya perjudian, bisa berhasil bisa gak. Menurut saya sih, untuk jangka pendek kalau bisa fitur2 dan dalemannya (engine, dkk) skutik honda ditiru saja sama yamaha. Memang lebih baik YIMM lebih punya referensi terhadap apa keinginan pasar. Bahkan kalau bisa, orang-orang punya skutik honda ditanyain.hha.

  • fitnoeh

    Ekekekk….mindset senior2 (wong tuo) bahwa honda lebih nyaman dan berkualitas.
    Sayangnya mindset tersebut benar adanya.
    Nguuukkkk….

  • aliran sesat mbah dukun satan®

    POKOKNYA MBAH SATAnR PRO KE MAJIKAN.

    Harga motor di turunkan ? Amit Amit !

    Harga motor diturunkan ?

    bicara soal gossip mengenai profit margin produsen motor yang dinilai kebesaran, ada pembahasan mengenai, jika memang harga motor tersebut kemahalan alias untung atpm kegedean maka motor tersebut harus di turunkan … ya bisa sih. artinya profit mereka diturunkan saja otomatis harga motor lebih murah dong?

    itu ya bisa aja dilakukan cuma yang punya ide begini umumnya gak mikir, dengan harga segini aja jalanan udah penuh, lalu apa yang terjadi jika motor tersebut dibikin lebih murah. gak usah setengah harga deh, diturunin 15-20% aja peningkatanya bukan sekedar 15-12% bisa berkali kali lipat !

  • Engine

    H itu fiturnya berlimpah.. lah Y fitur jauh dibawah kompetitor Harga dipepetin ya ora payu lah konsumen juga mikir.. Ada Matic Y Body Segede gaban lihat Ban kaya ban cacing ya ileh hh.. ?

    • jamaah satan®

      Yamaha pelit fitur??? what???

      Kalau lu bandingin jaman Mio karbu/Mio J vs Beat pertama brojol its oke.

      Lu ngga lihat Mulai dari Mio Z 125 velg/ban lebih gambot dari Beat.
      Mio Z 125 cc sedang Beat 110 cc.
      Mio Z Diasil Frgd Piston sedang Beat piston jadul.
      Bukaan bagasi Mio M3/MioZ jauh lebih maju dari Beat yg jadul.
      Semua fitur yang dipunya Beat ada di Mio Z.
      Mio Z stater halus, Beat bletak.
      Beat cuma menang di ISS doang.

      Itu baru level skutik murah.

      Coba lu bandingin skutik medium spt Ymh Nmax vs Hnda PCX. jauhh lebih royal dan kaya fitur Yamaha NMax. amit amit Hnda PCX CBU pelit minim fitur banget.

    • ucrit

      So…kenapa gak laku bro?mlah matic honda yg laku pake keras hehehe

    • roman

      Mio Series itu musuhnya sbnarnya vario series bos, beat menyasar ke kelas low end..
      salam sayap mengepak..

    • Rossidinnyusrukmaning

      yaelah lu mabok tong… beat samain sama mio jet.. ya bukan lawan tong. lawannya sama vario 125 secara mio z juga 125cc. Masalah ban mah sama aja ukurannya. si meong cenderung malah ikut ikutan(telat move on). Dan kalo elu bandingin si meong z sama beat jauh lah staternya. alusan beat. pencet tombol starter tiba tiba nyala aja tuh mesin. udah gitu dah ada ISS, dan CBS.makannya update dong tong.. Kalo PCX juga jngn lu samain tong. dia masih CBU bukan lokal. pekok luh.

  • zedi

    saya tinggi 170cm bb 65kg buat saya ga cocok buat naik skutik yamaha

    pernah sekali pake GT125 eageleye Wak ebuset Pegel bener ya pda hal Jarak Deket jeh

  • jos

    aq setuju banget kang iwan…wahai ymi segera berbenah…matic koq atos sekok,e … geol pelek,e… gemeter mesine…hadeeehhh

  • gugun hadi

    Demikemajuan Yamaha, please, mohon dengan sangat, terima masukan itu, saya yakin pasti yamaha bisa nandinging total penjualan motor dengan honda, sport dan matic dah sukses buktinya di copy honda, untuk matic model sudah ok, tinggal ganti shock belakang sama kaya honda, velk semua dilebarin kya soul GT dan Mio Z, dan ganti modelnya biar fres, dan yang penting juga kasih jarak antara roda belakang dan kolong atap, soalnya kebanyakan biker pasti ganti ban ke yg ukuran lebih lebar dan tinggi, soalnya ban matic yamaha meskipun velk dah lebar tapi tinggi banya kurang, jdi kalau di pake boncengan ma yg gembrot kaya agak kempes, dan satu lagi banya pake ban tubles yah. Please dan mohon dengan sangat Yamaha ikutin saran ini. Salam Semakin Di Depan Untuk YAMAHA

    • gugun hadi

      Tambahan comen saya yang tadi, satu lagi untuk bagian belakang please di buat jadi runcing layaknya motor khas yamaha, soalnya kebanyakan orang lebih suka body belakang yg runcing dan ga membulat. Terimakasih. I LOVE YAMAHA

  • rider.supra

    Sepakat mas IWB 1000% . DAN KARENA SAMA2 JEPANG WAJAR LAH .toh yamaha honda devisa penjualannya masuk jepang semua… ga masalah mau laku honda atau yamaha… cuman nihhh buat anda2 bos honda dan yamaha investasikan pabrik anda di indonesia dan cerdaskan anak bangsa… biarkan berkreasi sendiri… mau mio atau beat yaa.. YANG BAGUS YANG LAKU…. GITUH AJAH KOKH REPOTS

  • aliran sesat mbah dukun satan®

    Berani bawa Beat jarak jauh amit-amit.
    tangan pegel krn terlalu nekuk akibat stang tinggi. dek tebal ada aki dibawah dan jok keras.

    bandingin sama bawa Mio J atau Mio M3 posisi riding jauh lebih nyaman skutik Yamaha.

    Motor Honda itu menang jualan mitos irit BBM thok!

    Parahnya lagi ketika Ymh, Szk dan Kwsk dulu fokus ke 2Tak, selalu dibandingin sama Hnda 4Tak. Perbandingan BBM yg kurang fair sering terkadi dari jaman dulu. contoh seringnya RXKing 2Tak dibandingin sama Astrea Grand 4Tak.

    • Marquezz

      G lah bro,inget jaman mio terlaris yg menguasai pasar,waktu itu honda beat kalah sama mio.pembeli waktu itu g mikir mana motor yg irit.honda membenahi produknya supaya diterima dimasyarakat itu kuncinya.kalau mau irit jelas suzuki nex paling irit,bisa 76 km per liter dan semua jg pada tahu,tapi g ada yg mau beli,mending pilih matic honda walau g seirit nex.honda iritnya dapet,nyaman,keren dan awet???

  • fath

    yamaha kalo soal metic budeh broooo……, dari zaman firaun udah dibilang ganti itu desain velg ehhh ampe skrg gak diganti2 kmdian rubah ergonomi ridingnya menjadi nyaman ternyata keluarpun mio3 sama aja feelnya kayak bawa xeon dan mio j kmudian disektor mesin ubah menjadi smooth tapi aksel cepat dan gampang dapat kec. 90 akan tetapi naik mio j masya Allah cuapeknyaaa minta ampun capek ngegas cuma 80 larinya gaspun dah mentok , satulagi bagasi besar nah yg ini yamaha semakin budeg

    tobat yamahaaaaa , dengarkan masukan konsumen, bukan maksud menghina akan tetapi kami sayang dgn produk yamaha , kami khawatir kalo ahm dominan terus menerus maka hal ini akan tdk bagus buat konsumen

  • Jokondokondo

    Ane setuju sama mas Iwan, cuma ada satu hal yang bikin matic Honda gak nyaman yaitu jok nya keras banget beda sama Yamaha, jadi walaupun suspensi nya lembut tapi riding agak jauhan saja yang namanya (maaf) pa*tat / bok*ng gampang panas akhir nya gampang stres di daerah pinggang kebalikkannya walaupun suspensi matic Yamaha stiff tapi jok nya empuk banget jadi masalah tsb gak ada masalah, tapi masalahnya matic Yamaha malah di tangan yang sering capek karena selalu sering langsung di gempur secara frontal oleh guncangan2 di jalan yang kriting, jadi ke ingat matic Yamaha selalu di bully “geal geol” mungkin karena suspensi stiff dan profil ban kurus itu lah penyebab nya penyakit bawaan matic Yamaha karena di Indonesia masih banyak jalan yang rusak.

  • ucrit

    Pengalaman pribadi ane kang kurang enak matic Yamahal mh,dah gtu mtor keged lg kyak mo belok sendiri!tenaga y jangan dtnya jg lah,X ride ane dah 3 th klmter bru 10rb an coz jarang dpake.

  • rider_recall

    Salam recall

    muehehehe

  • surty

    Matic honda:-mesin halus
    -body gagah
    -nyaman
    -irit bbm
    -cat tipis mudah pudar

    Matic yamaha:-mesin kasar
    -body cebol cebol
    -suspensi keras
    -boros(irit diatas kertas)
    -kualitas cat bagus

    • jamaah satan®

      Motor Honda itu menang jualan mitos irit BBM thok!

      Parahnya lagi ketika Ymh, Szk dan Kwsk dulu fokus ke 2Tak, selalu dibandingin sama Hnda 4Tak. Perbandingan BBM yg kurang fair sering terkadi dari jaman dulu. contoh seringnya RXKing 2Tak dibandingin sama Astrea Grand 4Tak.

    • ucrit

      Jd yg salah siapa donk bro?yg lain mash ngebul honda menggebrak dgn 4 tax .

    • Marquezz

      Haha..ingat yamaha juga pernah mengusai matik,dan waktu itu konsumen g mikirin irit???

    • surty

      Masyarakat udah pinter2 ..gk lg mudah termakan iklan…realita matic yg paling banyak disukai memang merek honda…dicoba,dirasakan pasti matic yamaha jauh kebanting..beda klo memang udah fanatic yamaha..tai kucing pun rasa coklat

  • jrda

    Motorku xeon.
    Buat nikung2 mantab banget.
    Mau pecicilan di atas jok juga motor tetap ease & stable to handle.
    Cuma utk mesin masih enak matic honda.
    Jujur.

  • Pam

    Emang matic honda lbih nyaman…cuma joknya aja yg agak keras..beda dg yamaha…

    • Marquezz

      Yg vario 150 terbaru lebih empuk bro,daripada vario 125 yg lama dah pernah nyoba sendiri keduanya???

  • black

    mindset……
    Motor ya honda
    air minum ya aqua
    pompa air ya sanyo

    klo ga salah yamaha itu taunya seruling ….wkwkwkwk

  • panjul

    Berani kritik Yamaha iso iso sampean dibanned Yamaha lik

    • ?METALLURGY ?

      Itu kritik membangun bego,, dasar otak cewek bin mentok dungu.. Bkekekekek

  • overlap

    Menambahkan saja, skutik Honda lebih disukai pembonceng wanita

  • pik

    yup saya setuju dgn iwb.

  • matik aja

    Setuju kang…. Utk kategori skutik dek rata kelas 20 jutaan ke bawah memang itu yg jd konsennya. Nambahin aja:
    1. Utk biker pengguna motor sport yg sudah beranjak usianya, akan berpikir utk pensiun pakai motor sport dan memilih skutik utk kegiatan sehari2nya. Krn rata2 pengguna motor sport posturnya lebih besar (rata2 lho ya) maka akan cari skutik yg berdimensi paling besar, minimal dengkul ga mentok hahahahaha.
    2. Kebanyakan motor dipakai utk menunjang kegiatan sehari2, wajar klo pilih skutik yg nyaman n empuk saat libas gronjalan. Dan ingat, mayoritas biker cewe pakai skutik. Mana mau cewe disodorin motor yg keras ayunannya & banyak getaran distangnya.
    3. Performa mesin memang perlu, tp balik lagi, skutik lebih banyak dibeli krn utk menunjang kegiatan sehari2. Bkn bwt balapan atau adu kenceng dijalanan ( klo mau kenceng beli motor sport aja). Jd ya balik lagi ke alasan no 2. Hahahahahaha….

    Semoga YIMM sudi mendengarkan & segera melakukan r & d lagi supaya yamaha tdk bernasib sama seperti suzuki.

  • Jamal

    karena Yahomo motornya Bantet Bantet

  • Jamal

    1 lagi

    YIMM terbuai dgn Jas jos jas jos congornya FBY…..beli kagak

    wkwkwkwkwkwkkwkwkw

  • Agi Dadan

    yap.. setuju..
    honda kalo masalah suspensi dan getaran masih di atas yamaha (ane bahas vario 125 vs gt125 yah)
    honda kurang di jok nya aja yg keras, sama gasruk standar pas poltidur,
    body bongsor vario125 jadi nilai lebih ,
    akselerasi yg kalem dan emang tau tau spedo di angka 90 an ane rasain juga di vario,
    kalo gt125/xeon tenaga nya mantap, apalagi kalo buat tanjakan, gak nyaman di bawa pelan, supensi yg aga keras dan getaran mesin yg masih sedikit terasa (tapi gk sebesar getaran di mio/beat)
    body yg mungil..
    tapi jok nya empuk, lumayan bisa ngurangin getaran .
    mungkin design lampu depan yang tadi nya 2 di xeon karbu berubah jadi cuman 1 di xeon gt125 & xeonRC bawa pengaruh juga..
    yah mudah2an RND yamaha baca ini artikel kang IWB, kemudian di pelajari dan di terapkan di product2 berikut nya..

  • Mang EPi

    iya mas iwb, skutik honda memang lebih nyaman, lebih halus getaran. sebenarnya mio m3 udh mulai halus getarannya tp msh di bawah beat kenyamanannya..

    banYak yg bilang addres lebih nyaman dari beat (mulai byk yg make).

    memang merk masih berpengruh bgi sbagian konsumen indonesia, tp ga sedikit pula konsumen yg ga buta merk.

    klo yamaha bisa menghssilkan motor senyaman honda, ane yakin yamaha bisa bersaing dg honda dlm pnjualn matic entry level ini. Apalagi yamaha sudah punya sisi lebih yaitu kualitas bahan/material motor yg lbih ti,ggi dri honda.

  • Marquezz

    Kelebihan esp engine,acg starter,iss dan yg lebih utama honda cukup di gas dikit dah terhubung power mesin ke roda(rpm rendah)dibanding blue core yg butuh rpm tinggi baru terhubung power mesin ke roda.otomatis rpm tinggi konsumsi bbm jg lebih boros.esp jauh lebih unggul dari blue core???

  • jiti

    yamaha lek pengen hidup lagi..jual murah mio3, jual harga dibawah beat selisih 2 s/d 3 juta!setelah ramai naikin dikit demi dikit, biar orang ngerasain dulu kelebihan mio m3 bukan mio yg dulu,yg terkenal buoros..beat gak akan bisa dikalahin klo tidak dengan harga!!go yamaha!!

  • mzwan

    memang sih.. bener kang, kalo boleh kasih peringkat, paling nyaman itu 1) Vario 125, 2) Mio series, 3)Beat . Entah kenapa saya gak enak naik beat, dipake jarak agak jauh pegel pinggang, dan posisi stang ketinggian menurut saya, kalo dari pabrikan lain belom pernah coba,

  • mzwan

    Oo.. iya lupa kang, kurangnya metic honda itu joknya keras, udah gitu aja

  • asbenk

    dari segi kelistrikan lampu lebih cepet mati
    kom leher cepet oblak
    karet2 cepet aus
    material engine lebih rapuh
    tata letak rumit (mau periksa busi aja susah harus banyak buka baut),
    mau service ke bengkel umum banyak yg ogah ngabisin waktu bwt buka2 body doank…. tapi lebih parah suzuki spin dll.
    itulah yamaha..

  • Al Khatiri

    Ikut nimbrung ah kang..
    Dirumah punya 3 matic berbeda :
    -Suzuki nex karbu lansiran 2012 (S)
    -Yamaha Xeon GT 125 eagle eye 2015 (Y)
    -Honda Beat CBS esp 2015 (H)

    Ane simpulin dikit yaa..
    Handling : Y,S,H
    Selap-Selip : S,Y,H
    Akselerasi : S,Y,H
    Adu Irit : H,S,Y
    Endurance mesin : H,Y,S
    Kualitas cat : Y,S,H

    Menurut ane smw punya plus minus nya msg”.. Kya Honda beat emg bner bkin pantat ane n bini kapalan… Jok’ya gak nyaman bgt, bda sma xeon gt n nex ane, aplg dbndingin nex yg jok’ya cuma seupil… Tpi klw masalah irit boleh lah dblg juara, klw make nex enak buat selap-selip, akselerasi bwah-tgh-atas’ya bgus(feeling ane) kecil sih motor’ya, sempet dpake kebut”an sma vario 125 lampu neon tmn ane dia gak bsa ngejar.. Kondisi trak lurus adu kebut model drag gtu..
    Nah klw xeon jg bagus akselerasi nya,, nyaman jok’ya… tapi ampun”an sma boros’ya… Pas dbawa turing krasa bgt ngisi ke pom trus dbanding 2 model matic yg ane sebut(nex & beat esp) pdhl iring”an lho jalannya, biar kata rajin servis ke beres n bensin udh gonta-ganti dri premium,pertamax,pertalite,pertamax lagi masih aj rakus bbmnya…
    Klw si nex gk tw knp abis di servis di beres malah agak kasar skrg.. Katanya ada sparepart yg kudu diganti & brgnya pun harus inden, karena males gegara sparepartnya gak ad jdi ane biarin aja smpe skrg..

    Balik lgi , smw ad kelebihan n kekurangannya msg”.. Ane bkn fansboy, ane kuli PT yg cuma share sdikit ttg 3 matic beda merk tsb..

    No offense… Thx

  • dioardi

    kritik yang sangat membangun, semoga R & D Yamaha mau mendengarkan masukan dari bloger kondang.

  • DOHC HONDA

    Semua mesin HONDA itu DOHC







    #LirikJAZZ

    • are wege

      Yamaha banyak pekerjaan buat melawan honda,. Butuh Tim solid, marketing yg baik,
      Dan juga di sisi engine, kenyamanan, mindset HONDA SULit UNTUK di kalahkan

  • Jaka

    sebenernya hampir pas semua kata lek iwan. and mau nanya ne lek, berhubung adek ane mau ganti motor.

    motornya sekarang scoopy, dah 3 tahun lebih. pengen ganti krna dah gak enak juga motornya cvt banyak masalah.

    dia maunya ambil vario 125, sedangkan bokap nyaranin ambil fino. ane malah sugesti ambil n-max. sebelumnya adek ane dah pake mio soul, xeon, vario 125 gen 1, satria fu, terakhir ne scoopy. tuh mulai tahun 2008 make mio soul terus ganti, n ane dah tau plus minus nya. oh adek ane cewe.

    jadi yg mau ane tanya, tuh vario 125 masih ngorok gak mesinnya? atau ad user disini yg make n share krna adek ane lbh dominan ke vario.

    • green

      vario 125 yg baru mesin sudah tidak ngorok mas bro jok sudah lumayan empuk tarikan juga enak. kalau ada uang lebih ambil nmax aja pr tinggal ganti shock aja soalnya bawaannya keras pakai yss sudah nyaman tarikan nmax joss enak bgt mas bro.

  • Rahmat

    Naik vario, emg bener lebih empuk, tarikan enak, tau2 90km..cuman buat nikung krn terlalu soft, jd limbung, pantat banyak ngebuang.. Beda bgt sama xeon, kaki2 depan belakang keras, tp buat belok lebih stabil dikit.. Plus minus sih.. Tp di segmen ini, emg paling enak naik honda..ngapain ngebut2 naik matic?aerox malah bikin image motor matic racing.. Lol.. Failed abis.. Belajar dari kegagalan suzuki yg pernah berinovasi dengan membanjiri pasar dgn hanya main di 125cc..pasar indo butuh diferensiasi, ngga cuman mainan body dan striping doang..

  • u2

    Udah komendari dulu skutik yahama tuh sasis kecil/pendek MAKSA digedian, jadi bentuknya ANEH, mudah2an dengan hadirnya NVX yahama berbenah, posisi NVX sudah benar, tdk harus dek rata, Untuk serangan tambahan COVER mio harus seperti dulu, bisa buat bawa galan atau lpg 3kg, jangan dibikin sempit kayak sekarang, karena posisi MIO untuk motor rakyat, sayah kasih jaminan pasti bisa menyamai atau minimal mendekati penjualan BETE,,,,,,

  • kuclak

    sebenernya ada satu faktor lagi yang paling penting, design, design dan design….

    gak usah bertele tele

    design vario series : masterpiece

    design aerox series : disasterpiece

  • A1

    Padahal sudah jelas secara sadar Yamaha dan Honda berpadu ikatan membagi roti di Indonesia.

    Gak mungkin Jepang sebagai negara membiarkan Produsen Otomotifnya saling bunuh di sini. Yg ada memfasilitasi mereka membagi kue yg ada.

    Di warung ini malah Fans Boy saling adu argumen….hadehhh

    • pentilnya

      Bagi bagi kok jomplang, bahkan sampe ada yang tutup

  • Yookee

    Jualan barang bukan cm butuh produk bagus lek, tapi kekuatan strategi sales marketing yg kuat. Sesungguhnya kekuatan ahm itu di tim sales dan kekuatan pendanaan financial.

    Gimana Aerox mau laku kalo DP Vario 150 bisa lbh murah? Jaman skrng mayoritas orang beli motor nyicil. Motor Honda dpnya selalu lbh murah dari pada merk lain. Orang cari yg DPnya lbh murah.

    Contohnya ane sbnrnya lbh demen R15, tapi pada akhirnya taun lalu malah beli CBR K45 krn sales nya berani ngasih DP lbh murah. Ya itu contoh di kelas sport 150 ya.

  • Ndi

    TAMBAHAN(ga penting juga si)
    4.Footstep boncenger
    HONDA=footstep rubber
    YAMAHA=footstep aluminium (licin bro)
    5.Shockbreaker belakang
    HONDA=As shockbreaker ad coverny untuk melindungi seal dr kotoran/debu
    YAMAHA=Lihat sendiri
    6.Tangki BBM
    HONDA=Di mulut tangki ad corong plastik untuk pembuangan bbm ketika pengisian bbm kadang-kadang luber
    YAMAHA=0_0

    • jonpantow

      setuju bro.. detail banget ente.. hehe.. kayaknya pegangan penumpang belakang juga dimasukin ke kolom komentar bro. soalnya H lebih unggul dengan melapisi handle nya dengan rubber..

  • mestinya ada penjabaran filosofi masing2 pabrik dalam membuat motor.. baru ketauan dah kenapa “terkesan” ga ada perbaikan

  • jarwo

    Intinya matic yamaha nggak bisa move on
    dari :
    -Velg letoy yang cuma berubah dikit,
    -Shockbeker tetap atos
    -Mesin tetap bergetar nyampe setang
    -Tarikan tetap ngeden
    -Cvt tetap krosok krosok dan berdecit
    -Desain nggak sporty tapi ngaku sporty
    -Baut kecil pada as roda depan
    -Fitur lambat hadir alias malu malu kucing
    Baru sks, pbl dan led, tetangga udah jauh didepan.
    -No cash, credit only padahal nggak menarik

    Menang cat dan body anti prothol doang

  • Wien

    Bener kang iwan dulu aku penggemar vario series dari old vario 110 smpi 125 yg trkhir ini..emg super nyaman apalagi sering luar kota saya..tapi saking penasaran nya saya beli matic yamaha gt 125.. eehh kaget minta ampun lek awal2 nya susah ngendalikan tapi sensasi riding di dlm kota dan di kemacetan super gesit…dan yg sy acung i jempol rem nya gt 125 saya bs lbh nyaman dari cbs vario 125..emg plus minus dua produk ini dah saya cicipin semua..tapi saya bahagia dgn tehnologi dua produk beda brand ini…jadi ttp semangat buat kedua Y dan H selamat ber kompetisi tanpa saling menjatuh kan..demi kepuasan konsumen..bravo kang iwan..sing ra seneng rasah njengat jaran ndak ke sawat swallow…

  • lanang

    ooo

  • Joss lek, moga yamaha bisa dengerin keluhan para pengguna setia produk mereka, tpi tolong katakan ke honda lek, kualitas plastik ama cat diperbaiki dong, fakta lho lek, malahan yg ada vibrasi stang lebih berasa di vario 125 dibanding xeon rc, yah gara” kualitas plastik honda msh dibawah standar pabrik lain, saya akui honda pada segmen skutik low-middle end unggul pada irit bbm & comforfable pada waktu riding tpi yg perlu dibenahi ada pada jok nya yg agak keras beda dg yamaha yg joknya lembut tpi sock motorny yg keras, sekian pendapat saya lek

    • Oh iya lek, kelupaan kekurangan metik honda ada pada bunyi ngorok ny skutik” honda, cmiiw

  • (penikmat cikopi+gorengulen dipagi hari)

    image produk … terbentuk karena melihat dan merasakan…

    1. melihat produk lewat iklan dan keseharian.
    2. merasakan produk lewat pinjem atau beli lsg.
    3. akhirnya kepercayaan.

    sori harus jujur… produk yamaha diluar ekspektasi dari semua itu…

  • Testimoni dan feel riding iwanbanaran.com
    sangat benar !
    kebetulan saya owner kedua motor tersebut .
    Vario125 old, dan Xeon Gt125 .
    (Vario 2013 – Xeon2014)

  • Assasin

    Saya Setuju dengan pernyataan anda, sesuai pengalaman saya sebagai Rider Lintas Merk, dan tambahan juga, Soal Teknology Yamaha masih di bawah Honda harus di akui, Contoh Stand Switch (Standar Samping mesin Off) udah ada dari Jaman Beat & Vario Versi Pertama, Yamaha baru aja buat hal serupa di Mio M3nya udah berapa tahun tuh…, ESP udah lama yamaha baru aja nelurin BlueCore yang saya rasa masih boros di banding ESPnya honda, Di garasi rumah punya Mio M3 Kuning, dan Beat POP Biru, udah di test Secara Sendiri…, Paling menolong Fitur Idling Stop System kalau di kemacetan, itu yg belum ada di yamaha, Harusnya Yamaha Berbenah diri bisa buat produk seperti jaman mio sporti. 1 hal lagi soal kenyamanan di pakai jarak jauh, Mio M3 setangnya rada kebawah bikin cepat pegal, ketimbang Beat POP yang setangnya tinggian dikit. Soal Mesin ya sudahlah…, intinya Yamaha tetap masih di bawah Honda. Semoga kedepan YAMAHA bisa berbenah diri, dan HONDA teruskan Inovasi Teklonogy terbaru, dan SUZUKI Semoga bisa bangkit dari keterpurukan…, Kawasaki khusus Z125 Mocil harganya bisa diturunin gak?. hehehe

  • Penjualan ya ke jumlah sales

    ini barangnya sama, dibandingkan jumlah penjualannya. Ya pasti kalah dong, penjualnya banyakan mana? 1 dealer ada berapa tenaga penjual?
    Kalau mau menang, ya harus di atas 20% kenyamanan dan performanya lalu di bawah 20% harganya. Sebagai contoh NMAX vs PCX.
    Pasti tuh bisa kalah si banyak dealer dan tenaga penjualnya.

  • Anonim

    Kok banyak yang komen matic yamaha mengutamakan performa ya ? Setau saya malah matic yamaha tenaganya kurang respon dari matic sebelah loh

  • gludug

    kemarin nyoba punya teman vario125, trus lewat jalan gk rata,getar juga.. tangan sampe ksemutan.. apa karna ane gk pernah pake matic ya.. jd terkesan gronjalan gitu.. ??

  • Mesinrompal

    setau saya kenapa Matic Yamaha bisa kalah telah dari Honda di penjualan.
    1.Varian Matic murah Honda selalu du Up date. sampai – sampai untuk cari Cover bodinya aja susah setengah mati.
    2.Yamaha menyasar pangsa pasar baru di segmen Big Sekutik, mengejar orang-orang yang beralih dari sekutik murah ke kelas yang lebih tinggi. (jarang sekali pengendara matik kecil pindah ke big sekutik Honda, alasannya cukup sederhana : MAHAL).
    3.Yamaha punya keyakinan akan perubahan kearah lebih baik, pengendara Mio,Beat,Vario dll akan pindah ke big sekutik, makanya yamaha mempersiapkan jenjang big sekutik mulai dari 150 sampai 250.
    4.sepertinya honda akan cukup sulit masuk di big sekutik yang disebabkan PCX 150 terlalu MAHAL (tidak mungkin mau Honda membuat motor lebih canggih tetapi dengan harga lebih murah dari PCX) makanya dari ini Yamaha berani terjun di kelas Big sekutik dengan harga terjangkau. Honda jadi Galau (PCX dibikin murah, samasaja merusak hati konsumen yang loyal terhadap Honda)

  • pororo

    Blue core memang sangar akselerasinya ngejambak bgt ngeri….

  • rommy

    sampai kapan pun, mereka akan susah bangkit jika menggunakan caranya sendiri.

    untuk saat ini, matik terlaris ada di beat dan vario 125, kalau mereka benar – benar serius, pelajari kedua matik itu.

    mulai dari desain, buatlah perbedaan dimensi antara kelas bawah dan menengah, buatlah desain yang masuk ke segala usia dan kalangan,

    perhatikan pemilihan material yang dipakai, diakui atau tidak, warna hitam metalik pada velg, cover cvt dan suspensi menambah kesan murahan, itu harus diperhatikan

    yang kedua masalah konstruksi engine, rubah posisi engine mounting untuk mendapatkan peredaman getaran engine yang sempurna, desain ulang karakter cvt dengan big pulley dan jarak puli yang pendek untuk mendapat feel smooth dalam berkendara dan yang tidak kalah penting desain ulang karakter muffler, buat dengan output suara sehalus mungkin karena ini secara feel mempengaruhi kenyamanan dalam berkendara

  • Bachtiar

    Setuju lek. Pengalaman saya, di rumah pernah ada berbagai skutik Honda maupun Yamaha. Matic Yamaha getarannya lumayan. Matic Honda sejak jajal Vario karbu 110 pertama kali, aluuus. Eh pas nongol BeAT injeksi lebih alus. Eh, Variyem 125 (udh LED) pas jajal lebih alus. Nunggang juga nyaman karena body gede. Tapi di Yamaha, hmmm. Dari Mio karbu, Mio soul, sampe Mio J kok rasanya sama aja getaranya. Malah yang Mio J tarikan loyo banget. Pas nongol Mio M3 kirain udah berubah, eh gak jauh beda. Kayknya getaran itu udah jadi ciri khas matic Yamaha deh. Haha. Selain itu juga build quality matic Yamaha gak kayak Sportnya.

  • Bachtiar

    Iya om, sepengalaman saya Mio J dibanding BeAT masih mantepan BeAT tarikannya.

  • Tr16

    Velg sma ban kang, jujur ane pngguna matic yamaha, velgnya mudah “peyang” dan bannya pun “biasa” aja. Daya tahan velg khususnya yg kurang bagus mnurut ane

  • Prawira Dewayana

    Tapi lek klo di kompare juga untuk kenyamanan duduk, Yamaha lebih megang sebab punya jok yg lebih tebal n empuk sedangkan Honda tipis n keras.
    Tp untuk suspensi Ok Honda lebih baik tapi Honda untuk GC rendah amet sehingga sering kena poldur klo lg jalan di komplek.
    Klo Yamaha GC nya lumayan tinggi dan cukup.

  • aci

    Yamaha tolong dong pake merk showa
    sama keihin…..ini rahasia honda.

  • cah kene bae

    Kayaknya suara iwb mewakili seluruh konsumen netral. Memang yang saya rasakan juga begitu. Metic honda di gas wuusss gak ngeden ngeden koyok sebelah

    • ?METALLURGY ?

      Cakep

  • willy

    matic yamaha itu kalau dipakai jarak jauh suka hilang tenaganya..
    saya pernah punya nouvo z, dipakai nanjak aja k.o, pada akhirnya mesti didorong biar bisa naik..

  • beben

    AHM tolong ditingkatkan kualitas joknya. soalnya menurut ane yg kalah dari produk AHM sm YIMM cuma di jok saja

  • MalangCityRider

    Dirumah gua ada 2 matic, punya bokap mio m3 2015 sama punya adek beat 2015. Emng kerasa betul perbedaannya emangsih beat terlalu cekak dan pendek joknya tapo dari segi mesin sampai suspensi gue rasa emng nyaman, tarikan alus shock depan empuk saat gronjalan. Beda sama karakter mio yg identik dengan suara mesin kasar, tarikan emang enak dan lumayan, cuman suspensi kurang dari honda. Overall emang gak ada yg salah kalo orang milih matic honda. No offense

  • Padi

    Naek metic yamahmud berasa naek kuda… Rada kenceng tapi kagak nyaman, getarannya kaya biduan dangdut. 😀 Yamahmud?? semakin terbelakang !! 😀

  • SETUJU

  • ndas lele reborn

    pelek geol, ngebull..
    desain culun bin ancurr..
    apalagi yang mau diharapkan

    ngahahahha

  • ndas lele reborn

    shock glodak-glodak bikin b0kong sengsara
    mio zonk contohnya

    nguahahahahaha..

  • jiban

    Yang beli matic honda cuma orang latah dan goblok

  • ndas lele reborn

    yang beli matic yamaho cuma orang bego dan tolol

  • Ditdot

    Enak banget ya yamaha dibikinin survey gratis kayak gini…mudah2an didengerin lah…

  • juuosh

    iya bener kang iwb.. point 1,2,3 bener semua.. tambah lagi pelk dan ban nya yg kecil.. saya udah punya dua2 nya, m*o dan b**t, lebih nyaman b**t.. dijalan rusak naik m*o tangan pada pegel (kaya gak tau aja disini, mana ada jalan mulus).. body juga ke kecilan padahal itu udah kelas m*o s**l.. masa sama kaya b**t besar body nya..

  • juuosh

    tambahin.. tapi jok b**t keras.. buat jarak jauh bisa bikin p*ntat sakit..

  • Mbok Meka

    Roda2 nya matic yamaha terlalu cungkring….

    Dah itu aja, yang laen keep the same aja, bisa bersaing kok dengan Honda
    Dengerin tuh Yamaha, jangan budeg, tuli, pekak !!!!!!!!!!

  • Bachtiar

    tmbahi yo lek.. VELG MATIC YAMAHA GEAL GEOL. KEBANYAKAN

  • sukhoi utangan

    gue sering pinjem xeon, amit2 tarikan bawahnya, berasa loncat2,,,apalagi lewat jalan rusak, speed -30km/jam motor serasa mau loncat, klo tangan kanan kurang luwes bisa2 tuh motor nyeruduk. gue yakin 1juta persen ibu2 bakalan kapok naek xeon dkk dijalan rusak, kecuali ibu2 yg bener2 lihai dan pemberani.
    Dan perlu diketahui, tiap keluarga yg mau beli matic biasanya butuh persetujuan ibu, klo ibu setuju,,,siap angkut. tp klo ibu gk setuju, bisa2 bapak gk kebagian jatah malam
    hahaahaaaa

  • sukhoi utangan

    klo vario 125 gue jg pernah pake, joknya dah ampuuuunnn, jalan 15 menit nih pantat rasanya kebelet boker. tp begitu turun dr motor gk pake lama tuh gk jd kebelet.
    Klo tarikan sih yahuuud asal cvt waras, soalnya sering bgt lihat vario berdecit dan gregel pas angkatan sama pas abis lewat poldur.

  • sparepart cvt ne piye lek, sakwerohku yamaha lebih luar biadab harganya, contoh mangkok kampas ganda beat cuma 80, mio 170,

  • kurniawan

    bah semua metic tuh jelek gak honda gak yamaha, gimana coba naik matic malah bikin mata ngantuk mak sliut gedabruk. apalagi diameter ban kecil coba masuk lubang gak bisa keluar gedabruk lagi. boros nya amit2 surabaya sampai rembang isi bensin ampe 15x wth gregetan tak uncalno nang truk ae nggandol mesisan, pokoknya matic tuh harus diganti energi listrik aja bahan bakarnya wong cuman buat anter jemput anak sekolah.

  • 0yoo

    Kandanono mas, untuk metik yamaha harus tau masalahnya, nyaman itu penting.

  • Fadli

    bener juga. ounyaku vario. punya kakakku mio. sering tukar pakai, dan emang kalo di mio vibrasi di setirnya lumayan bikin pegel, tapi untunk tarikannya mantap lah.
    varioku nyaman dipake, halus dan minim getaran, masalahnya cuma di shock belakang yang agak keras. ?

  • Gus

    Dan penamaan pruduknya agak nerd… Xeon, soul. Lamou blk soul juga sangat “unik”. Nama besar dan desain vario jauh lebih kuat. Dan bener kata iwb, gak ada beda ergonomi ketika naik mio, soul, maupun xeon. Koyok podo wae

    fino gak jelas desainnya. Ngaku retro tapi lancip lancip. Jualan Kalah jauh sama scoopy ya wajar

    Yg saya gak paham knapa mio m3/z penjualan bisa ketinggalan jauh ama beat hanya karena sokbreaker agak stiff dikit. Ban sudah diimbangi mio z, mesin imo lebih suka suara merdu mio. Mungkin perlu nambah striping yg lbh elegan

    Yamaha keluar banyak duit buat siaran motogp juga tahun ini honda yg menang…mantap kali itu promosi gratis

  • Slow_down

    semua point saya sangat setuju mass bro.

    satu hal yg terlupakan matic yamaha memang responsif ketika dibetot gas mendadak agak dalam.
    tapi matic honda tarikan enteng,sedikit betot gas motor sudah maju. hal inilah yg sangat nyaman untuk dibawa jalan santai.

    dan lebih blunder lagi matic suzuki, perlu betot gasnya lebih dalam untuk mengail tenaga, ini feelnya terasa pegal ketika motor harus dibawa pelan.

    mungkin lain cerita ketika yg bawa adalah orang eropa. orang asia lebih cocok dengan sedikit betot gas motor langsung melaju ciri khas honda.

  • st3v4nt

    Ya gitu dampak dari riset pasar pake focus group doang….

  • tri

    itu juga alasan saya gak jadi minang nmax
    mesinnya canggih sih, tapi kurang nyaman aja dari segi bantingan & kehalusan mesin kl udah biasa pake vario125/150

  • ediser

    Ulasan lek Iwan bener semua….itu juga krn cocok dgn karakter biker kita yg memang lbh membutuhkan kendaraan yang irit nyaman walau sedikit mengorbankan power. imbasnya penikmat merk H terlena krn terlalu nyaman ditambah nina boboknya mbah buyut kita saat mau tertidur ” besok gede kalo berhasil ojo lali tumpakane ganti seko pit pancal neng pit montor honda” wis jan klop tenan. kualitas saya kira sebelas dua belas untuk semua merk jepun.mindset memang lbh dominan ya spt kelas 250CC sampai sekarang khan tetap Ninja yg berkuasa….memang akhirnya dibutuhkan kecerdasan untuk menentukan tunggangan plus karakter kita sendiri sebagai biker. yg senang kelincahan manuver ambillah yamaha, untuk biker yg nyantai honda yg pas, untuk biker yg menyukai ketangguhan ambilah suzuki.untuk biker yg menyukai retro/klasik vespa. untuk biker yang menyukai kecepatan dan performa ya berlatihlah balap dgn berbagai merk motor.kalo saya krn sdh pernah naik vespa, yamaha, honda, suzuki dan kawasaki walaupun itu dijamannya saya muda, maka kali ini saya kluar mainstream…..saya ambil bike from India….ya banyak tonggo teparo yg tanya ngapain beli motor non jepun, nggak takut nilai jualnya rendah? tak takut sulitnya spare part? ini buatan China ya? lha udah jelas merknya kok masih dikatain produk china. jd betul mas Iwan klo kebanyakan rakyat biker tanah air tuh sulit kluar dari mainset itu motor ya hond. begitu. jadi saya minta pada Mas Iwan untuk mengupas merk lain diluar top 4 made in Japan. semoga nantinya biker2 tanah air tercerahkan sehingga kompetisi roda 2 tanah air semakin berimbang yang akhirnya juga akan menguntungkan pengguna, bukan hanya soal harga tp juga kualitasnya.

  • vegadeth

    selama msh dipimpin om dyon di YIMM semua masukan baik pasti ditolak mentah mentah. Krn dia punya cara dan kuasa sendiri. Makanya nunggu dia lengser aj baru deh Yamaha pasti berbenah kaya di Vietnam wkwkwk

  • adidhukun

    setuju sama semua 🙂

  • Gus

    Kita liat apakah yamaha akan keukeuh dan menjadi suzuki jilid II atau….

  • Busi Ngupil

    Saya setuju lek, pertanyaannya klo matic Yamaha bsa lbh powerfull dri honda, kenapa itu r15 yg bergaya supersport malah cuman dikasih mesin pompa air???? gak heran RX King yg jadi Legenda

  • Calm Ja

    Pada intinya Yamaha itu mentingin filosofinya ketimbang keinginan konsumennya lek IWB. harusnya Yamaha belajar dari iphone, dimana filosopi nya mereke mau rubah sedikit dengan menghadirkan iphone berukuran 4.7 icnh. Di sana iphone kembali mampu menarik konsumen. Lha, kalo Yamaha tetep kukuh dengan shocbeker kerasnya akan terus begitu (Marketshare tertinggal). Saya bukan fansboy salah satu merk, tapi kalo pasar itu rame saya suka (rame persaingan). Konsumen jelas bersuka cita. Saya harap Suzuki juga kembali ikut bersaing.

  • Sang pecinta FAKTA

    apapun yang kalian semua katakan. semua hanya opini diri anda pribadi. maka yang paling tidak terbantahkan adalah “FAKTA”.
    ketika fakta membuktikan mana yang lebih laris, maka itu sudah jelas adanya, bahwa mayoritas lebih memilih matic HONDA dibanding YAMAHA. kalo masih ada yang ngeyel. berarti anda kaum MINORITAS

  • cd string

    bukan kelasnya bos kalau mbandingkan produk H dan Y….jelas Y kalah kelas…..udah tahu semua kok..

  • Mas bro

    Saya kok kurang setuju klo segi desain tdk dimasukkan kang..yamaha itu pinter memainkan desain motor yg eye catching lho.. Beda dengan honda yg terkesan “motor bapak”.. Tp itu dulu, sekarang honda dah mikir faktor itu..coba yamaha pake strategi honda, kuasai RRI dan sekitarny, eh kuasai semua varian skutik..itupun nilai masih sama..pie jal?

  • Coldplay

    saya adalah pengguna XEON yang PUAS dengan akselerasi nya dan KECEWA dengan kenyamanannya, Jok tipis, Shockberaker Keras, ban kecil, velg gampang bengkok. dan khusus utk xeon bagian CVT lebih cepet bunyi tikus kejepit. dan Harga Jual terjun bebas, kalah jauh di banding matic honda

  • menurut sy ya karna beda plant ajalah
    honda kan punya lima
    yamaha punya 2
    gimana caranya plant 2 ini bisa ngalahin plant 5 dengan kekuatan financial macam astra…??!!!
    untuk kenyaman sma mesin mah sama.,, feel ridingnya aja yng bda
    opini saya sih..

  • Skydress

    Yamaha emank produk ngibul contoh Mio z, iklannya gembor2 bagasi terluas ternyata kalah jauh ma Vario bahkan Address. Gimana kualitas material body n mesinnya tuh. Bisa2 konsumen ditipu yg penting barang laku

  • sodik nurhamid

    Dari dulu Yamaha keras kepala, Om. Sejak awal matic Honda sudah ngasih iming-iming fitur kayak kunci rem belakang, standar samping yang pakai sekring, suspensi empuk de el el. Eh Yamaha masih ngotot aja maen cc besar. Sekarang Yamaha mulai berbenah dan kaya fitur, tapi gap penjualannya udah ketinggalan jauh.

    Kadang sebagian orang yang fanatik Yamaha bahkan sampai menganggap biker Honda low end = orang bodoh. Tapi apa pedulinya? Kalau pun iya, ya biarkan saja. Turuti saja kemauan orang-orang bodoh itu kalau mau menang penjualan. Ini konteksnya bisnis, jadi nggak perlu bersikap idealis.

    Saya sendiri lebih suka di anggap bodoh karena nunggang matic Honda, dari pada keminter pakai matic Yamaha yang bikin steress karena getarnya. Soal jok keras itu perkara kecil. Masih lebih baik dari pada jok empuk tapi suspensi keras dan getaran yang mengguncang dunia.