Bedah mesin KTM Duke dan RC……silinder ternyata sudah dilapisi Nikasil !!. Mantapppp…..

79
276

 

460x110_tire

KTM Duke dan RC200 (50)

Iwanbanaran.com – Tuntas juga kangbro IWB menggodok hasil workshop dari KTM Indonesia yang dimotori PT Penta Laju Jaya Mandiri. APM baru yang sukses membuat kejutan dengan revisi banderol mencengangkan ini mengundang segenap media dan Blogger….membedah dapur pacu dua varian andalannya….Duke dan RC series. Dari sinilah terungkap bahwa kedua produk ternyata sudah dibekali silinder yang dilapisi oleh nikasil. Opo kuwi….???

Nikasil pertama kali diperkenalkan oleh Mhale tahun 1967. Mulai digunakan Porsche pada mobil sportnya ditahun 1970 dan terus digunakan hingga sekarang pada produk 911 turbo serta RS model. Setelah itu mulai banyak yang menggunakan lapisan nikasil pada super sport bike ataupun motor racing lain. Nikasil sendiri adalah coating atau lapisan yang cukup kuat pada dinding silinder…..

Kelebihan nikasil bisa mengurangi friksi, membuat komponen lebih smooth, high resistance atau tahan terhadap suhu tinggi, membantu mengalirkan panas dengan baik sehingga meningkatkan kemampuan cooling sistem, membantu piston bergerak dengan ringan, pori-pori yang sangat kecil sehingga pelumasan semakin sempurna dan yang paling penting adalah meningkatkan umur mesin (wear resistant). Dilalah…segudang kelebihan tersebut kini diberikan oleh KTM Duke serta RC series. Terus piye soal mesin gampang overheat??….

Memang pada generasi pertama, keluhan tersebut sempat keluar dan sudah masuk ke KTM khususnya dicuaca tropis Asia. Lalu dari sana mereka mengerahkan engineering dan merevisi sistem pendinginan yang lebih advance dan lebih baik dari generasi sebelumnya. Karena jalur air dan pendinginan mendapatkan improvement di setiap lini pendinginan seperti termostat, kipas, dan radiator….

pec-ktm_nkkasil

Jadi KTM meyakinkan tidak perlu khawatir jika terjebak macet parah, dan apabila memang ditemui masalah, dan masih tercover oleh garansi maka bisa langsung bawa ke bengkel KTM dan akan diberikan treatment hingga masalah terselesaikan. Iki baru mantap !!. KTM saat presentasi juga menegaskan…..filosofi produk dikhususkan untuk kecepatan tinggi. Mangkanya mereka berani menyebut sebagai “Ready to Race..”….

KTM sendiri adalah singkatan dari nama dua foundernya dan nama tempatnya di Austria, Kronreif & Trunkenpolz Mattighofen. Berkenaan dengan gebrakan PT Penta Jaya, training mekanik telah dilakukan secara marathon selama 4 hari, training sales juga dilakukan untuk menjadikan sales KTM yang expert. KTM Indonesia berkomitmen akan memberika pelayanan seoptimal mungkin baik dari penjualan dan aftersales mulai dari service, hingga ketersediaan sparepart. Jakarta-Bandung merupakan objek pertama, disusul dengan kota-kota besar lainnya. Untuk service sendiri, di KTM Sunter sudah ada dua pit yang siap menangani sepeda motor KTM yang akan diservis….

Last….KTM Duke & RC Semuanya Dibuat di pabriknya di India, Chakan Pune, baik itu pasar India, Indonesia, Amerika, intinya keseluruh dunia. Pengereman ABS ada di varian RC200, 250 dan 390, ABS juga bisa di hidupkan dan dimatikan. ABS sendiri disuplai oleh Bosch kangbro. KTM mengklaim bahwa ABS-nya adalah the real ABS. Apabila motor pertama kali dihidupkan maka ABS otomatis hidup yang lalu bisa dimatikan dan dihidupkan sesuka hati. Nah….untuk melengkapi, berikut IWB lampirkan beberapa jepretan detil saat presentasi dilokasi. Racun tenan ki rek…..(iwb)

workshop-ktm-201612 workshop-ktm-201613 workshop-ktm-201614 workshop-ktm-201615 workshop-ktm-201616 workshop-ktm-201617 workshop-ktm-201618 workshop-ktm-201619 workshop-ktm-201620 ktm_-10 workshop-ktm-201623 workshop-ktm-201611

pec-ktm_nkkasil

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

79 COMMENTS

    • halah..kalo cuma nikasil atau diasil .masih kalah sama produk yg mulia yg dilapisi e mas .. .e masalah apapun cari solusi sendiri

    • Honda Om? Kalo honda emang linernya baja biasa tapi uda ada spiny sleeve, offset cylinder (yg lain jg pakai) Sama molybdenum piston with oil catcher

      Jadi Sama aja lah

    • keren sh cuma sayang ada embel² bajaj , you know lah gimana itu brand dimari …
      ktm=bajaj buat nimpuk KMI di mari ,,
      masih sakit hati tuh bajaj auto ama KMI .
      ngoahahaha

    • Tenang bro… ini bukan motor varian baru kok… ktm duke itu varian lawas barengan bajaj pulsar jaman dulu muehehehe…. rc juga udah lama beredar,mesin model begini garansinya bisa 5 tahun,cuma kalo sampe ngebul siap siap nguras kantong…. MX135 yg pake forged piston sama diasil silinder kalo udah ngebul bisa ngabisin duit 700 ribu sampe 1 juta buat ganti satu set piston dan silinder,apalagi ktm yg harga spare partnya muahalllllll…. muehehehehe

  1. jupiter mx2007 ku sampai sekarang masih bagus mesinnya. nggak ada tanda2 ngebul dari knalpot, cuma pas pagi aja kalo di panasi ada asap dikit, trus beberapa menit ilang asapnya. apa karna pake diasil ya.. ??

  2. motor mahal mahal kok sasisnya kandang pitik. vixion dong yang paling keren. deltaboxnya keren dan kuat karna terbuat dari logam jenis Uru yang buat bahan palu milik thor.

    masih ragu dengan kualitas vixion motor berkualitas tingkat dewa??

    • Honda Om? Kalo honda emang linernya baja biasa tapi uda ada spiny sleeve, offset cylinder (yg lain jg pakai) Sama molybdenum piston with oil catcher

      Jadi Sama aja lah

      Lagian btw produk honda juga ada yg pake nikasil kok, cbr250RR salah satunya

  3. Mohon pencerahan dari para komentator.

    diasil vs nikasil menang mana?
    2 silinder vs 1 silinder menang mana?

    kriteria menang:
    1.Bobot
    2. Tercepat (dari lampu merah satu ke lainnya)
    3. Irit (operasional dan perawatannya)

    • Fungsi utama nikasil / DiAsil/ Scem adalah menjaga silinder tetap licin meskipun mesin sangat panas, biasanya untuk menghasilkan power besar.
      Ngak ngaruh sama bobot,
      Soal siapa yg paling cepat tergantung pakem tuningnya, torsi max nya paling besar dia yg tercepat dan paling irit.

  4. Cbr 150 sangat kelihatan over….
    Semoga ktm rc200 dan r15 new version bakal laku…biar AHM kebakaran jenggot…
    Biar diupgrade tuh CBR

  5. Aku punya jup mx lansiran 2014 dan dah msuk kilomter 48rb,tiap hari buat kerja jrak tmpuh 50kiloan jlan rusak sering macet plus beban badan berat nih motor tetp ngaciiiiirr….. Mntab dah nih motor… Kalo masalh ngebul itu tinggl gmn ngerawatnya, orangnya jorok y ambyarrr tuh motor.. Mntaab yamaha… Ku tunggu new all vixion mu, wes ngileeer…

  6. kalo saya punya duwit mending lah beli ktm duke 200cc daripada motor2 jepun 150 cc.
    kl buat saya beli ya buat dipake, bukan beli buat dijual lagi.
    tp sayange ejih sekolah duuhhduuuhh isin njaluk wong tuo 🙁

    • Sabar, mas-e kesempatan akan datang, sabar aja, malah besok dapatnya ktm yang versi terbarunya, siapa tahu ada ktm adventure 200cc,.. Ya nggak,….

  7. Mas, Iwan tolong dong disampaikan ke Pihak KTM ,UNTUK Makassar kapan buka dealer nya?…Makassar sangat terbuka dan potensial buyer..

  8. serusak apapun motornya tetep ada obatnya, tinggal bisa gak menerima kekurangannya. buat AHM jangan cuma produksi motorterus tapi imbangi dengan ketersediyaan sparepart lah. percuma kan sebagus apapun kendaraannya tapi tanpa diimbangi ketersediyaan sparepart (kalau rusak ya jadi sampah tuh motor)

  9. bah di buat di india / swedia g enek bedane cak, merk e yo ktm..ktm msti due standart dewe! opo nek honda nk dirakit nk india? indonesia maleh honda india ngunu cak…gak to? kog repot ki sales2 tahu bulat wi

Leave a Reply