Suzuki Malaysia mulai lelang peralatan pabriknya…!. Selesai sudah mzbro…..

87
2

460x110_tire

peralatan-kilang-motorsikal-suzuki-di-prai-mula-di-lelong-1

Iwanbanaran.com – Bro dan sis sekalian…..dampak dari penutupan pabrik Suzuki sudah mulai terasa. Seperti diinformasikan oleh salah satu media online Malaysia, Suzuki sejak september mulai melakukan lelang seluruh aset serta peralatan pabriknya. Beberapa foto menunjukkan bahwa eksistensi Suzuki di Malaysia memang sudah benar-benar habis kangbro. Nyesek juga ngeliatinnya euy….

Seperti yang kita tahu Suzuki secara resmi mengumumkan penutupan pabrik mereka di Malaysia. Hal ini dikarenakan produksi unit yang sangat kecil di mana mereka hanya mampu menjual 8000 unit setahun 2015 atau hanya setengah dari penjualan di tahun 2013. Kondisi tersebut memaksa Suzuki menutup pabriknya yang berpusat di Prai Pulau Pinang Malaysia terhitung perbulan Agustus 2016…..

Artinya Suzuki Malaysia hanya akan dipasarkan produk-produk import dengan kata lain motor Suzuki yang akan datang di Negeri Jiran adalah hasil CBU (completly built up). Sebagai informasi pabrik perakitan Suzuki di Malaysia sebenarnya menargetkan memproduksi 1,44 juta motor di tahun fiskal 2016. Namun Apa daya mereka gagal mendongkrak penjualan roda 2 di kawasan Asia. Kini hampir satu bulan berlalu setelah penutupan…media Malaysia menyoroti aksi lelang asset disana…..

peralatan-kilang-motorsikal-suzuki-di-prai-mula-di-lelong-3

Suzuki mengadakan lelang seluruh peralatan yang ada di dalam pabrik tersebut, diadakan pada tanggal 7 September 2016 pukul 10 pagi (09.00 WIB) dengan membuat acara tinjauan pada tanggal 5 dan 6 September 2016 pukul 9 pagi hingga 4 petang (08.00-15.00 WIB). Peralatan yang akan dilelang yaitu robot produksi, peralatan kantor (meja, lemari), alat pengukur, mesin las, tool box , rak, dan lain-lain yang berkaitan dengan urusan pabrik Suzuki. Terlihat beberapa foto mengabadikan seluruh asset yang sepertinya sudah berpindah tangan. Cukup miris kangbro….

Pabrik Suzuki ini dibangun pada tahun 1971 dan sukses menelurkan beberapa produk legendaris di Malaysia. Seperti RG sport serta FXR150 misalnya. Cukup banyak biker Malaysia juga bersedih dengan kondisi di atas. Kata-kata perpisahan yang memendam rasa duka tak terlukiskan setelah pabrikan ini mampu memberi warna pada Negeri Jiran Malaysia selama hampir 45 tahun lamanya. Hal ini tertangkap dari salah satu artikel mereka yang cukup dalam dan dituangkan dalam bahasa Melayu berikut ini..

Maka berakhirnya era pemasangan motor Suzuki ini tempatan. Ia benar-benar menyentuh hati. Jika di lihat peralatan seperti spanar dan pemutar skru, ia mungkin peralatan yang sama di gunakan untuk memasang model Suzuki RG Sport 20 tahun lepas.  Kilang ini akan di kosongkan sepenuhnya dan kepada anda yang berpeluang ke sana, ia mungkin kali yang terakhir anda dapat lihat logo “S” itu. Jika anda biasa menonton siri seperti “Pawnstar”, peralatan dari lelongan seperti ini bernilai tinggi dari segi sejarah. Orang biasa mungkin tidak faham tetapi bagi mereka yang berjiwa motor, ia bukan sekadar kotak peralatan, ia adalah cebisan sejarah 40 tahun yang tak akan muncul untuk kali ke kedua. Sayonara Suzuki…..” tutupnya…….(iwb)

peralatan-kilang-motorsikal-suzuki-di-prai-mula-di-lelong-5 peralatan-kilang-motorsikal-suzuki-di-prai-mula-di-lelong-4 peralatan-kilang-motorsikal-suzuki-di-prai-mula-di-lelong-2 peralatan-kilang-motorsikal-suzuki-di-prai-mula-di-lelong-8 peralatan-kilang-motorsikal-suzuki-di-prai-mula-di-lelong-7 peralatan-kilang-motorsikal-suzuki-di-prai-mula-di-lelong-6

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

87 COMMENTS

    • Kasihan2 buat apa? Yg punya ttep kaya..pada lebay, konsumen tinggal pilih..kyk dpt apa dri suzuki..

      Kasihan tuh org2 fakir miskin n yatim piatu..kasihan kok sama org kaya, org kaya mah uangnya kyk laut, ilang satu pabrik kyk ilang sekali ludah…lebay!!!

    • Mas….terus nasib karyawannya gimana? Anda mungkin tidak bekerja di suzuki, tapi mereka2 yang bekerja dipabrik suzuki gimana nasibnya? Pesangon? Seberapa besar sih nilai pesangon yang didapat dibanding sebuah pekerjaan yang hilang. Ini sebuah warning buat suzuki Indonesia. Jangan sampai suzuki Indonesia (terutama divisi roda dua) bernasib sama seperti di malaysia.

    • kyk dpt apa dari suzuki..?? yang jelas dpt motor berkualitas bro, durable, performance, canggih dijamannya, serta harga jual yg rasional. Fakta!!!

    • Semoga suzuki jepang bisa terus survive supaya suatu hari mereka bisa bangkit lagi dan menelurkan produk yg melampaui masanya kembali…!!! suzuki itu terlalu kreatif bung… mereka selalu menciptakan motor yg selalu lebih dari zamannya,sayang kadang orang ga faham akan hal itu dan lebih suka menyebut produk suzuki bentuknya aneh aneh. semoga suatu hari mereka kembali dengan wujud yg lebih besar.

    • Saya jg prihatin Mas-Bero,
      Tapi ini kan keputusan Principle Jepang mereka sendiri, kita bisa apa,,??

      Analisa @Fifauzi mendekati kenyataan Mas-Bero,,
      Memang Cerdas dia,
      Beza’ sama juragan @Values
      yg selalu gag tepat Analisa-nya,,

    • FIX 2 seteru abadi bakal ancur-ancuran

      Pasukan Kambing FBH ??? vs
      Pasukan Beruk FBY???
      Vekokcurutszz

      yaHomo disempakin di kandang kambing oondah ????
      NGUUIIKK.EMBEK ZLUUBBBH ?

  1. H*nda, pabrikan otomotif terbesar no 1 di dunia baik di bidang roda 2 maupun roda 4.
    Mindset masyarakat sudah sangat kuat.
    Mau beli motor? ya H*nda.
    Mau beli mobil? ya H*nda.

    Nyang penting DOHC!!!!!!!

  2. ALEX – September 19, 2016

    Hush’ Nyaru zaza’ kmu,,
    Ojo ngono’ kita harus tetep kasih support teman2 kita yg kerja dalam lingkaran bisnis Suzuki,,
    Reply
    ———————————————————
    Pasti kalo itu broo, lagian ane juga nggak pernah bc suzuki

  3. Apakah akan bernasib sama di Indonesia? Dealer udah pada tutup pelan2.. Suzuki motor maunya gimana sih? 😀 Padahal produknya bisa dibilang gak jelek2 amat.. Cuma memang mindsetnya udah banyak di Yamaha & Honda, awalnya Kawasaki juga masih ketar ketir, tapi sekarang udah bertebaran dimana2.. Masa Suzuki gak bisa kayak gitu? Gak mudah & butuh proses, kan ada tim elit profesional, ada SDM yang ngatur hal-hal seperti itu.. Ane yakin pasti bisa lah.. (ngomong gampang :D)

  4. Jadi mana yang katanya FXR Reborn…?
    Bikin motor gak usah bagus2, jas…. jes…. josss….. tapi yang sesuai dengan kebutuhan konsumen, sebentar lagi dimarih juga akan nyusul dilelang pabriknya.

  5. militan suzuki udah pada tua… jaman rgr, ts 125, crystal, tornado, satria, shogun.. wes podo tuex.. cah nom saiki kenale suzuki satria… nek militane wes tuex.. sediluk neh mati.. wes ora ono cerito rgr, ts 125 jass jess josss,,, inovasi tiada henti.. tinggal kenangan .. onone inovasi terhenti… the end.

  6. 8. ♫═♥♥═♪♪Markues “The Next Legend Of MotoGP” (DOHC H*nda = Motornya Sang Juara)*´’`°¤¤°´’`* – September 19, 2016

    H*nda, pabrikan otomotif terbesar no 1 di dunia baik di bidang roda 2 maupun roda 4.
    ———————————————————-
    roda 4 no jg terbesar no.1..??? ahhhh jangan ngelawak gan……….walaupun saya pake merk H utk roda 4….tapi g berani ngeklim no.1………malu ah..!!

  7. karena tidak mengikuti selera pasar dan tidak inovasi, jadi ga aneh kalau tutup…Suzuki Indonesia tinggal nunggu GSX, kalau booming selamat, kalau ngga ya tinggal ngikut Suzuki Malaysia deh

  8. Kayanya ini dampak dari masalah internalny suzuki deh, soalny kan kemaren suzuki di jepang lagi ada kasus…. Apaalah gitu
    Jadi… Dampakny ke motor suzuki jadi korban..
    Mudah” an bisa bangkit lagi dah suzuki
    Sukses terus bahh

  9. Di Indonesia juga bisa saja mengalami hal yg sama. jika prinsipal masih saja susah berubah ya akibatnya spt itu. Tp mungkin saja dibelahan dunia lain Suzuki berjaya sehingga ajang MotoGP yg banyak menyedot duit pabrikan tetap dpt mereka ikuti…..ya soal tdk berhasilnya Suzuki di Malaysia dan Indonesia mungkin ada kesamaan karakter orang2 sana dengan disini, yaitu sulit untuk berubah dan mengubah diri jika sdh dpt sesuatu yg dianggap mapan….jadi memang betul perlu sangat untuk mampu melahirkan produk yg revolusioner dan hrs bisa membuktikan mampu lari jauh di depan dr kompetitor. tp yang namanya sunnatullah akan tetap ada, ok saat ini Honda sangat berjaya tp itu tak akan bisa jd patokan akan berjaya selamanya, perpindahan generasi tentu juga akan melahirkan pola fikir yg berbeda…..

  10. Bagaimana dengan suzuki R2 indonesia ya bakal tutup ga .klo lihat sekarang ga menutup kemungkinan sih.miris disaat ikut motogp lagi malah jadi momen yg menyedihkan.

  11. Paling juga nanti kembali lagi dengan partner lokal baru. Partner lama dibuang ke laut karena dianggap gagal. Begini memang kerjasama bisnis yg benar. Gagal perlu dibinasakan.

  12. Owalah miris tenan, di website suzuki indo produk yg dipajang tinggal 3 model, all new satria f, address, inazuma… padahal sebelumnya ada youngstar… miris cak, bikin produk selalu gagal di pasar, mesakke tenan nasibmu suzuki…. #pray4suzuki

  13. Kacung iblis honda dalam hatinya ketawa puas, secara saingan terberatnya udah tumbang di salah satu negara.. 😀
    Yah ini peringatan juga untuk PT. SIS, kalau mereka msh pgn survive di roda 2 harusnya gencar riset teknologi dan menelurkan produk baru, bukan malah fokus di roda 4 yg namanya blm terlalu sukses..
    Please Suzuki jangan mubazhir udah ikut moto GP tapi jualan roda 2 justru gak niat gini, apa dikira moto GP cuma tayang di eropa dan jepang kali ya menurut principal mereka?

  14. weleh ada yang komen bener juga tuh yang berjaya tidak akan selamanya berkibar suatu saat akan melahirkan perus dan memiliki pola pikir yang berbeda inilah bisnis yang sesungguhnya motogp lagi berkibar lahkok dealer sama pabrikan kok pada tutup padahal di motogepe masang

  15. pas jaya2nya dicaci, dihina, FBS kewalahan perang komentar dengan FBH & FBY. sekarang udah hancur tinggal tunggu waktu gulung tikar disini, semua balik prihatin. weleh weleeh…

  16. “Itu tidak mungkin sekali. Memang penjualan kami menurun, tetapi banyak faktor yang membuat kita bisa tetap bertahan di Indonesia,” ujar Subronto saat berbincang dengan KompasOtomotif di booth Suzuki, di ICE, BSD, Tangerang, Kamis (11/8/2016).

    “Bahkan, kegiatan ekspor lebih banyak ketimbang penjualan secara domestik dan akan terus ditingkatkan setelah pabrik baru usai,” ucap Subronto.

    so nyantai aja suzuki riders

  17. Duuhhh,,, saya ngincer address yg secara desain udah cukup, bagasinya yg luas… Tp kalo lihat pabrikan suzuki kayak gini, jd takut nih, pengalaman punya smash yg sperpart aja d beres banyak yg ga stok… Apa kira2 kedepannya bakalan tutup juga pabriknya???

  18. Hasil Balap 24 Jam Bol d’Or :

    1 Suzuki Endurance Racing Team (Suzuki GSX-R1000) – 687 Laps – 23:51:03.405
    2 SRC Kawasaki (Kawasaki) – 678 Laps – 23:52:48.268
    3 EVA TRICK STAR Racing (Kawasaki) – 676 Laps – 23:51:39.444
    4 MACO RACING Team (Yamaha) – 675 Laps – 23:52:46.711
    5 F.C.C. TSR Honda (Honda) – 674 Laps – 23:51:54.846
    6 MOTO AIN CRT (Yamaha) – 669 Laps – 23:52:53.128
    7 Tati Team Beaujolais Racing (Kawasaki) – 668 Laps – 23:51:48.469
    8 TEAM 3ART YAM’AVENUE (Yamaha) – 666 Laps – 23:51:55.411
    9 GMT94 YAMAHA (Yamaha) – 659 Laps – 23:51:12.596
    10 Voelpker NRT48 by Schubert-Motors (BMW) – 659 Laps – 23:51:25.076

  19. baguslah kalo tutup, biar jadi pembelajaran buat pabrik lainnya, kalo bikin produk seharusnya jangan sekedar awet, jangan sekedar kosmetik, jangan sekedar murah, jangan kepala batu maksain model/design kepada konsumen, tetapi harus bisa bener bener membaca dan memenuhi semua keinginan konsumen, itu yang akan tetap survive…..

  20. inilah dampaknya klo 1 management ada 2 project, r2 n r4.. untung yg kerja pda fokus, klo engga bisa aja setir mobil dipasang di motor, atau kick starter dipasang di mobil.. bisa saja kan,, orang 1 pabrik 1 management.. (NGACO BROH)

  21. Bikin motor pake ilmu kodok. Asal keingat (tanpa mikir) langsung loncat. Berangkatlah kau suzuki. Semoga “tenang” di alam sana (roda 4). Kan aku kilokan saja smash sr ini dihujung hayatnya.

  22. Designer Suzuki kurang imajinasi + kurang piknik mangkanya designnya jelek2, design moge nya saja masih di bawah kompetitor tapi kalo masalah mesin jangan di tanya karena pabrikan jepang sudah pasti bandel. *tergantung perawatannya

    Dulu ada artikel kalo gak salah yang menjelaskan tentang kolot nya pentolan besar Suzuki Jepang, bawasannya Indonesia designnya harus seperti ini, tapi saking kolot nya pentolan besar Suzuki Jepang selalu menolak saran design tsb.

  23. kesalahan suzuki tuh import partnya roda 2 dari china sih parah, sudah gitu sampai disini dijual mahal, lampu bolam thundie 125 depan made in china dijual 100k gila apa, lagi pula kan sudah dari 2014 ane bilang suzuki main di roda 4, kenyataannya roda 4 sudah diatas honda penjualannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here