Pembaca berbicara : Testimoni jajal Pertamax Turbo pada Yamaha NMax 150……

42
498

460x110_tire

Yamaha NMax 150 versi Movistar Motogp2

Iwanbanaran.com – Bro dan sis sekalian…..sepertinya postingan artikel IWB atas testing bensin oktan 98 dari Pertamina yakni Pertamax Turbo direspon sangat positf oleh para reader. Terbukti setelah kelar ngeshare bensin ketika dijejalkan pada Mio GT serta Sonic 150R, kini bro Galih seorang penunggang Yamaha NMax150 pun juga antusias menceritakan impressinya. Nah….seperti apa saat PTurbo digunakan pada mesin VVA NMax 150?. Berikut penuturannya…..

Pagi kang iwan

Saya penggemar setia kang iwan nih ehehe

Kebetulan pas baca-baca soal testimoni Pertamax Turbo

Saya juga mau ngasih sedikit testimoni

Gini om Saya tau soal Pertamax Turbo sebelumnya beberapa bulan lalu dari web kang iwan sama om taufik , nah kebetulan akhir bulan lalu saya solo riding dari lampung ke bandung yang kebetulan lagi ada urusan disana, kebeneran saya dari lampung isi fulltank pertamax 92 (kebeneran dilampung cuma pertamax ini yang tersedia) nah singkat waktu sampai kawasan BSD saya berenti rehat sejenak karena hujan besar sekalian isi bensin, dan kebetulan di BSD saya lihat di SPBU saya berhenti ada pertamax turbo lalu saya isi fulltank untuk melanjutkan perjalanan ke bandung. impresi pertama ketika 92 dicampur turbo, disini saya belum merasakan efek pasti dari turbo yang pasti vibrasi motor berkurang.

pertamax-turbo-1

Ceritanya disingkat lagi ya kang iwan, jadi malam hari sebelum saya pulang (awal bulan) saya isi full tank motor nmax saya dengan turbo. yap vibrasi seperti hilang om, tarikan gas awal pun biasanya ada vibrasi ini malah tidak berasa, selanjutnya rute pulang saya bandung – puncak – bogor – parung – bsd – serang – merak – bakau – bandar lampung (rute yang sama dari lampung), dari perjalanan ini tarikan motor lebih enak disertai vibrasi mesin yang sedikit, namun betul kata om marcello ntah kenapa turbo lebih boros dibandingkan 92, di mid display saya perjalanan lampung bandung 42km/l (serang – bsd), perjalanan pulang bandung lampung 40km/l (bsd – serang). dengan kecepatan 60-90kmph.

Oiya motor saya nmax tahun 2015 oktober non abs, saat solo riding motor berisi barang di box tengah, seat bag, dan barang di box belakang

+ pertamax turbo tarikan lebih joss, vibrasi berkurang, bau asap tidak seperti pertamax plus

– ntah perasaan saya ato cara ngebetot gas, pertamax turbo lebih boros

sekian impresi dari saya, dengan tulisan yang sangat acak kadut ini

Juozzzz gandozzz kang Galih. Testimoni sampeyan menjadi pelengkap dari artikel sebelumnya…..motor yang berbeda. Doi juga menyimpulkan secara gamblang positif negatifnya. Yang membuat IWB cukup penasaran adalah hasil yang lebih boros….lumayan unik ki. Apa karena saking ngacirnya jadi kita nggak ngerasa berjalan pada high speed yo cak?. Emboh…emang kudu ditest secara detil. Setidaknya para penunggang NMax bisa mendapatkan gambaran atas bensin Oktan 98 saat diijejalkan pada NMax. Dilalah sudah 3 biker bilang makin ngacir ki cak….mantap euy….(iwb)

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

42 COMMENTS

  1. Karna getaran mesin menjadi sangat halus…dan tarikan enteng…biasanya si kita jadi lupa diri…makanya jadi agak boros…keenakan main2 dengan akslerasi…

  2. pancen joozz gandoss kotosss kotosszz kang motornya..
    pingin beli NMax tapi bulm keturutan aka kesampaian. diSyukuri aja apa yg ane punya.
    #RXKing taun 96

  3. Bener kang. Ane dah coba seirit mungkin tapi tetep agak boros ketimbang v-power. Kmaren kbetulan riding pas ujan, saat gas spontan turbo sedikit ada jeda (ngeleg). Gak sperti v-power yg langsung ngisi. Bagi ane rada bahaya kang, karna gas spontan biasanya saat nyalip truk atau bus.

  4. btw efek sampingnya apa Lek..(selain harga lebih mahal dari pertalite/pertamax)

    kalo di pertamax, sering ditemukan sisa gum di dasar karburator

  5. kang iwan.. pertamax turbo kan oktan 98. saya rasa lebih bagus klo reviewnya dari mtor berkompresi tinggi, walaupun lebih sulit dapetin artikelnya tp saya rasa lebih bagus buat jadi artikel. klo mio, nmax itu kompresinya brapa sih? di kasih minum pertamax turbo jg biasanya power terasa bertambah signifikan by sugesti, di dyno sih paling naiknya sdikit skali. ya memang orang indo kebanyakan dmen baca artikel kya gini, wuih mtor gw pake pertamax turbo ngacir bgt akhirnya pada beli abis itu ngebut2 di jalan wkwkwk..

  6. NMax menggunakan PTurbo lebih enteng tarikannya dan lebih ngacir..hanya mesin kerasa lebih panas terasa ke betis pada saat lp merah kaki kanan turun (pertamax ron 92 gak begitu) dan lebih memang lebih boros….itu yg saya rasakan.

  7. Nah tuh khan bener. Ada yg kasih testi bhw pake tamak tubo malah boros. Entah karena keenakan nge-gas atau memang pembakarannya sempurna jadi cepet habis. Udah coba di motor cbr 150r 2016 juga gitu. Di mobil grand livina 2015 juga slightly lebih boros.
    Manteplah pak.
    Thanks for the review

  8. Kalo pakai race logic or alat ukur yang lain lebih mantep nih. Boros/nggak tergantung cara bawa, kontur jalan, trafic dll. But still, joss gandos buat rute turingnya…

  9. saya dah coba lek iwan pertamax turbo di grand veloz 2015 ama supra 125 2007 itu mangstab larinya dan ppwernya ngisi terus, gas ga berasa berat sama skali dah hehehehe

  10. Logikanya sih Karena enteng betot gas jadi ngga kerasa, apa krn perbandingan kompresi ngga optimum jadi boros, Wong ane ngikutin berita pertamax turbo belum ada yg bilang compression optimumnya berapa nih….

  11. Karena lebih boros d sebabkan timing pengapian yang tidak sesuai perhitungan awal, sehingga bensin tidak terbakar dg sempurna, dn torsi berkurang. Dn mau nya enak d betot

  12. make di nva nyaman aja Kalo gue ga masalah mau motor kompresi rendah diisi pertamax turbo yg penting rasanya enak di motor tarikan mantap dan lebih alus di mesin persetan sama orang” yg bilang g boleh pake emang situ yg belikan motor ane apa haha konsumen punya hak dalam beli bensin jenis apaun yg dia mau itulah hidupku ga usah ngurus hidup orang lagian motor” sendiri kalo rusak situ tanggung jawab? Gak kan jd ga usah ngelarang orang mau pake bensin apa

  13. lebih boros dan rendah getaran, berarti oktan lebih tinggi dari spesifikasi seharusnya. karena pembakaran maksimum mundur dari seharusnya (efeknya mirip dengan timing pengapian dimundurkan).
    efek gazebo terasa tarikan lebih baik, padahal tidak jika pemakaian normal sehari-hari. sebenarnya tarikan lebih lemah, sehingga lebih boros. namun jika digas penuh, bisa jadi respon akselerasi lebih baik, karena EV maksimal, tekanan di ruang silinder lebih besar sehingga timing maksimal pembakaran seolah-olah lebih maju mendekati titik optimal (pembakaran lebih cepat).

  14. Pake oktan yg lebih tinggi harus di sesuaikan dengan setingan co nya dulu.
    Klo di nmax ane cukup pake shell super, klo pake v power malahan mesin lebih kasar, panas dan tarikan sedikit berat. Sedang klo pake shell super rasanya lebih enak

Leave a Reply