BBM Pertamax Plus sudah mulai lenyap dibeberapa SPBU……byuhhh

111

Perbedaan-Antara-Premium-Pertamax-dan-Pertalite

Bro dan sis sekalian…..Pertamax Plus mulai dibunuh oleh Pertamina pelan-pelan mulai menunjukkan kenyataan. Terbukti dari laporan yang masuk ke IWB dibeberapa sentra SPBU bensin oktan 95 ini lenyap tidak lagi disediakan oleh mereka. Byuhhh…..

Dari pertanyaan sekaligus informasi yang dikirim IWB via surel, Pertamax Plus ternyata sudah mulai tidak lagi disediakan oleh beberapa SPBU. Konfirmasi ini dilayangkan oleh pegawai pom bensin yang menegaskan bahwa Pertamax Plus akan digantikan oleh Pertamax Turbo Berikut surel lengkapnya dari bro Ikhwanul Fajri….

Assallamualaikum mas Iwan……mau ngabarin aja, td ke mau isi bahan bakar vario 150 kesayangan sepulang kerja. Biasa sih saya isi pertamax plus. Ternyata di pom bensin Slipi kemanggisan kosong (lokasi pinggir kali). Katanya pertamax plus resmi gk lagi beredar. Gantinya pertamax turbo. Oh baru ngeh saya, pertamax turbo yg dikabarin mas iwan di blognya ternyata pengganti pertamax plus toh. Ooya tapi sayang mas, disitu belum ada pertamax turbonya. Jd saya mau cari tempat lain. Kl nggak ya terpaksa turun pertamax aja sementara. Ataaaau ke shell, deket rumah saya setidaknya ada dua pom shell soalnya. Oke mas gitu aja kabarnya. Trims ya

-Ikhwanul Fajri-

Nah…mengejutkan to kang. Sebenarnya sounding perkara hadirnya Pertamax Turbo untuk menggantikan PertamaxPlus sudah lama terdengar. Bahkan direktur pemasaran PT Pertamina (Persero) Ahmad Bambang mengungkapkan pada ajang GIIAS kemarin bahwa target memang menggantikan bensin Ron 95…tapi secara bertahap. “Pertamax Plus tergantikan nanti, targetnya ke sana. Pengganti Pertamax Plus nanti akan bertahap di semua SPBU. Jadi yang sudah ada Pertamax Turbo saat ini maka akan menggantikan Pertamax Plus, kalau belum ada ya masih ada Pertamax Plus-nya. Tidak mungkinlah tidak ada Pertamax Turbo, Pertamax Plus akan hilang..“serunya waktu itu. Ternyata termasuk cepat implementasinya kangbro….

Last….sementara ini ada 7 SPBU di JABODETABEK yang sudah menikmati Pertamax Turbo. Beberapa di antaranya yaitu SPBU Pondok Indah, MT Haryono, Pramuka, Pantai Indah Kapuk, Abdul Muis. Dan kemungkinan akan terus ekspansi pelan-pelan. So kangbro….jangan kaget jika kedepan sampeyan tidak menemukan Pertamaxplus dibeberapa SPBU sebab pelan-pelan Pertamina memang akan melakukan shifting pelan-pelan ke Pertamax Turbo. Tujuan mereka sepertinya ingin membuat bumi ini lebih ramah lingkungan. Sebab dengan oktan 98 pembakaran pasti makin sempurna untuk mesin kompresi tinggi. Nah…ditempat sampeyan sendiri piye kang. Plus masih ada nggak kang?? (iwb)

MVAI-Banner-1

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
  • M16

    Lingkungan Aman, Kantong kebakaran

    • Solar oplosan….gagal prtamax

    • Old lady biker

      Coba SUZUKI ADDRESS KASIH MINUM PERTAMAK TURBO…

    • imammahdi

      jebluk alias meledak haha

    • Old lady biker

      KASIAN FBH KLO AMPE GA ADA PREMIUM

    • アℜ㊣∂ąț❂ℜ☞RI1____

      haiyyaaa premium ilang

      mending beli shell power

    • Uovariso

      Mending beli poster kawasaki Z800 ama poster isyana

    • Minyak bumi mulai Habizz..

      kembali naik kuda.

    • Ngaco lo sales, coba noh di Al-Qur’an pun mengatakan kalo minyak bumi pun gak akan habis sampai kiamat

    • Robbin alias Muqorrobin

      Ngaco. Ngga pernah baca qur an asal ngetik

    • Rider Tua Bangka

      Si brow fajri kebanyakan duit apa ya? motor vario doang dikasih minum pertamax plus,padahal pertamax aja cukup,nanti mesinnya malah berkerak lho mas… semakin tinggi oktan/ron semakin sulit di bakar lho…

    • marqovet

      berarti air ron nya tinggi y bro???

    • jono

      vario yang mana dulu, 110, 125, apa 150. kalo 110 sama 150 pake pertamax plus kayaknya ron terlalu tinggi buat motornya tapi kalau vario 125 kan memiliki kompresi 11.0. Kompresi segitu bukannya disarankan pake ron 95 alias pertamax plus. dulu kayaknya lek iwan pernah share artikel bensin yang cocok sesuai kompresi mesin. malahan kalau pake pertamax turbo ron 98 kurang cocok dilihat dari kompresi mesin.

    • Dimas

      Sekedar info lek.. DI CIBINONG BOGOR MALAH UDAH ADA DR SEMINGGU YG LALU PERTAMAX TURBO.. SPBU DEPAN RUKO ANGGADA, SAMPING RS. SENTRA MEDIKA itc cibinong.. Harga 8700 perliter.

    • Rider Tua Bangka

      8700/liter harga promo pertamax turbo bro… ga tau harga normalnya berapa ya?

  • Miko

    Pertamax Turbo ngacir

  • M16

    Wah pertamax turbo d blog papan atas.
    Btw ini pertamax turbo itu optmalnya Dikompresi berapa?

    • Selamat anda dapat piring,cepetan prgi ke dapur,pilih piring yang anda suka

    • gayuhh

      Itu dia..saya juga mau tanya kalau pertama turbo cocok.nya di motor kompresi berapa?
      Matur suwun

    • gayuhh

      Itu dia..saya juga mau tanya kalau pertamax turbo cocok.nya di motor kompresi berapa?
      Matur suwun

    • Rider Tua Bangka

      Cocoknya untuk minimal kompresi 13:1 brow kalo untuk pertamax turbo,bensin buat motor 1000an cc atau

  • rio dodoro

    sakarep aku tukune premium aja

    • Gentleman Rider

      Premium udah ilang bbrp Minggu yg lalu bro… diganti sama Pertalite. Tumben ngga ada demo-demo segala yak…

    • Uovariso

      Wis pasrah rakyate…pinter pemerintah sekarang di bikin njlimet prosesnya..dari bensin fluktuatif,keluar pertalite dll

    • gowes

      rakyate bs ganti” motor belasan juta, tp urusan bensin selalu mau murah”. njelimet bener rakyat yg katanye pasrah ini

    • marqovet

      bukan bensinnya yang masalah masbro, tapi d belakang bensin itu pengaruh ke daya beli masyarakat

    • gowes

      ”daya beli” masyarakat buat beli brg baru itu bisa dan tinggi, liat penjualan otomotif d indo paling gede di SEA blm lg brg tersier lain nya macam elektronik. yg aneh brg tersier bs beli tp brg” premir malah d lewatin.

    • Uovariso

      Iya sih mas gowes,tapi di beberapa daerah yg bukan kota besar premium di hapus gini kerasa mas bro..saya sih setuju2 aja asal pemerintah ada tindakan mengontrol impact nya

  • purworejo

    Motorku grand pke pertamax bisa mledukkk…

    • Glowoh

      Motorq C70 & V75 gawe Pertamaxx… Pogak izien mass… Xixixixixi

  • anres

    lokasi saya pegunungan pakde… bahan bakar biasanya masih campur.. kalo dijalanan menurun campur digeleder mesin dimatikan… kalo di jalan datar sedikit lagi turunan campur.didorong… irit bahan bakar banget..

  • orang gila

    bawah ane ketiaknya botak

    • Njirt…

    • Gentleman Rider

      Wkwkwkwk…gile lu ndrooo…

  • Gentleman Rider

    Keenam

  • Jaranku cukup pertamax 92 ae cak… ?

  • sohc ndangak2 njengking2

    Joss

  • HONDA the best of motorcycle

    Teknologi mesin HONDA cocok untuk semua jenis bahan bakar (Premium, Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo).
    Pilihlan HONDA untuk keperluan berkendara anda.
    *** MARQUEZ ITU HONDA ***

    • Uovariso

      Njut ngopoooo???***ROSSI ITU YAMAHA***
      ***VINALES ITU SUZUKI***. ***DOVIZIOSO ITU DUCATI***

    • HONDA the best of motorcycle

      Silahkan kunjungi dealer terdekat HONDA di kota anda.

      Dapatkan promo spesial program kredit potongan 2x Angsuran, Program Konvensional & Program Syariah.

      HONDA pilihan tepat untuk sarana Transportasi anda dan keluarga, bukan yang lain.

      HONDA memang selalu lebih unggul…!!!

      *** MARQUEZ adalah HONDA ***

    • Gentleman Rider

      Wkwkwkwk… Faaak Sales gila!!!
      Ane pengguna Honda & Yamaha ngga gitu-gitu juga kali. Dasar Sales vekok!!!

    • Uovariso

      sales yg pernyataannya tendensius,keliatannya bagusin honda padahal efeknya kebalikannya…jadi saya yakin dia sebenernya benci honda…mbok ya sadar tho mas mas…merk ki kabeh yo gur ngono2 kui ora di gowo mati

  • alexjo_

    serius kang? didaerah mana? sepertinya orang orang udah banyak yang beralih ke pertalite

  • SUDOSO

    Pake Pertamax plus Byson ku Malah Over heat Jalam puertoriko sampe Klaithen
    Pengalaman Pas Jaman Kuliah dulu

    • Gentleman Rider

      Kalo udah ngga ada Premium…trus gimana nasib motor-motor produk dahulu (Vega, Revo, Shogun, dll)? Cocok pake bensin apa???

  • rr22

    Spbu wastu kencana di bandung udh ada turbo kang 😀 , kemaren saya beli buat r25 abang saya

  • Somplak

    Oktan 98 dulu pernah ada namanya super tt pas Shell datang hilang ganti Pertamax turun oktan jadi 95…maksudnya apa ini

  • Banjarmasin Bungas

    Di Banjarmasin gak pernah ada kang pertamax plus apa lagi pertamax turbo. Mentok pertamax aja itupun gak semua SPBU ada. Apakah produk pertamax plus dan turbo hanya ada di jawa saja kang?

    • Cungkirngman

      Ditempat saya malah kebalik yg ada cuma pertamax plus kalau pertamax kagak ada

  • nanang

    Plus minus lengkap kang… jiahh….

  • Agista

    2 SPBU di malang yg biasa aku isi BBM juga kosong om Pertamax plusnya.. tapi di spbu yg lain masih ada..
    Semoga.. jgn sampai kehabisan baru di datangkan.. kalau bisa.. pertamax plus masih ada.. pertamax turbo juga sudah tersedia.. jadi konsumen g harus bingung..
    Soalnya berat hati kalau turun ke pertamax.

    • アℜ㊣∂ąț❂ℜ☞RI1____

      haiyyaaa matic isi pertalite dah oke waAa

    • rselawe

      di SPBU Jl ciliwung Malang tempat biasa ngisi pertamax plus buat R25 di rumah..
      Emang ngaruh sih.. ke tenaga,keiritan dan suara knalpot..
      Pertamax turbo kayaknya ketinggian oktannya..

  • Ariesta

    Daerah lenteng Agung wes pertamax turbo mas Iwan. Wingi tas ngisi ndek kono.

  • HONDA the best of motorcycle

    Silahkan kunjungi dealer terdekat HONDA di kota anda.

    Dapatkan promo spesial program kredit potongan 2x Angsuran, Program Konvensional & Program Syariah.

    HONDA pilihan tepat untuk sarana Transportasi anda dan keluarga, bukan yang lain.

    HONDA memang selalu lebih unggul…!!! Orang pintar memilih HONDA…

    *** MARQUEZ adalah HONDA ***

  • gilak

    Oktan cuman nambah 3 angka, tapi harga naiknya jauh lebih dari 10rb. Ini mah akal-akalan pertamina aja buat ngeruk keuntungan. Apalagi harga minya memtah lagi rendah2nya.
    Oktan makin tinggi tapi belom tentu makin efisien buat motor. Faktor harga BBM nya jg harus diperhitungkan. Motor irit tapi kantong jebol ya sama saja pembodohan publik namanya

    • Ripcord99

      @gilak. Jgan asal ngomong bro. Pertamax turbo harganya cuma 8700an per liter. Ga nyampe 10rb.

    • Rider Tua Bangka

      8700 itu harga promosi brow,yg jelas pertamax turbo belum di rilis harga normal per liternya muehehehehe…. nikmati aja harga promo turbo 8700/liter selama masa promo bro…

    • gilak

      @Ripcord99 itu harga promo bro, siap2 aja kantong jebol ntr kalo promo udh abis trus harga minyak mentah naik. Ga percaya bakalan diatas 10ribu?? Cba bandingin oktan & harga antara pertalite sama pertamax plus..
      Kalo ente org kayah ya ga masalah
      Ekekekeke

  • アℜ㊣∂ąț❂ℜ☞RI1____

    dari pertama beli Z1000 sampe skrg tu motor senengnya bbm n oil pake Shell waaa

  • hajilutung

    Premium di kasi warna = pertalite
    Pertamax + ganti nama = turbo
    Intinya mau naikin harga BBM biar ga ada demo…… trik ganti nama = naek harga

    • gowes

      kan oktan jg ikut naik mas.
      motor belasan jeti bs ganti”, masa beli bensin ga bs

    • Gentleman Rider

      Lahhh…iya kalo semua orang mampu beli motor keluaran terbaru. Lha kalo ngga? Apa harus memaksakan beli motor sampe kredit segala???
      Mungkin ente mampu…kalo ekonomi pas-pasan kaya’ tukang ojek gimana coba?

      Akal-akalan pemerintah nih…bertahap biar ngga ada di demo-demo segala sama rakyat. Pinter juga ya pemerintah…

    • Ripcord99

      Harga naek berapa sih? Selisih cuma gopek-an dari harga pertamax plus. Tapi oktan lebih tinggi. Sebanding lah.

    • Glowoh

      Berarti kamu masih ABG mass… Motor tecknologi injeksi sekarang oke” saja, tp klo motor tahun 2005 kebawah jelas overhead sariawan… Apalagi belum tentu ekonomi setiap orang lebih dari cukup. Ekonomi menengah kebawah masih byk mas di INDO + hanya motor butut yg mampu mereka beli… Ngomong mbok’yao dipikir??? (Mungkin situ motor tinggal nodong ortu)

  • Somplak

    Kalo bwt harian oktan tinggi GA ngaruh paling lari 60kpj yg ada malah kasar suara mesin karena panas berlebih…kalo bwt kebut2an boleh lah

    • gowes

      skalian gowes sepedah aja mas, d jkt kec paling 40kmh, ga perlu mikirin bensin, ga perlu mikirin oktan, ga mikirin mesin panas.

    • oklik

      pake miong zeettt aja mas, yang katanya “gak perlu isi benzin..” ?????

  • yudisukanyabatangan

    kalo di tempat sy malah sudah 1bln premium jarang ada, kalopun ada di spbu tdk bisa dijual ke pedagang eceran. pedagang eceran disini cm jual pertamax, dgn harga eceran
    8500/liter.

  • Ronny

    Buset dah, di pekanbaru adanya pertamax plus ga ada pertamax biasa, moga ga latah ikutan ganti pertamax plus ke turbo…

  • Ronny

    ane harian make pertamax plus enak kok bro, terasa banget alusnya mesin mo bawa pelan ato ngebut, ga tau ya klo dibawa macet parah kaya di jakarta :p

  • nrimo rider

    Terima kasih Dorna
    Terima kasih Motogp buat tontonannya kemarin

    Selamat buat yg menang nonton live motogp Malaysia

    Terima kasih Sepang
    Terima kasih Malaysia

    Malaysia ancen josss yaa kang

  • nrimo rider

    Terima kasih Dorna
    Terima kasih Motogp buat tontonannya kemarin

    Selamat buat yg menang nonton live motogp Malaysia

    Terima kasih Sepang
    Terima kasih Malaysia

    Malaysia ancen josss yaa kang
    Salam nrimo ing pandum rider

  • Senin Pon

    Hati2 pilih BBM, sesuaikan dg rasio kompresi dan rekomendasi pabrik. Jadi ingat test MotorPlus pakai Supra X125, ternyata pakai RON 88 lbh irit dbanding RON 92.(pernah jual HI Octan)

    • jono

      kayaknya irit tergantung situasi tangan kanan.
      dan premium kalau dapat yang bersih emang motor irit, tarikannya juga enteng, tapi kalau dapat premium kotor bensin jadi boros, tarikan berat, suara mesin kasar juga.

      #pemakai supri125karbu dulu pake premium, sekarang pertamax 92

  • BOLOT

    CANGKEMU KUI !!!! BEDO KUI LE

  • BOLOT

    CANGKEMU KUI !!!! BEDO KUI LE !

  • BOLOT

    CANGKEMU KUI !!!! BEDO KUI LE !!

  • BOLOT

    CANGKEMU KUI !!!! BEDO KUI LE !!!

  • mas transporter

    kan ada busway bro, yg udah pake bahan gas, 3.5 ribu sepuasnya keliling jekardah

  • Bruud

    Apapun bahan bakarnya tpi kl motornya yaMaho ya tetep aj buoros broo.. SEeeeeeeeeeeeeeeeemakin Zonk Di depan..

  • euan

    Alternatif sentul, samping mutiara sentul udah ada koq kang, kira2 seminggu yg lalu.

  • FBO

    Premium hapus, pertamax plus hapus, ganti pertamax turbo. Tapi perlu di garis bawahi, harga BBM di Indonesia sekarang masih jauh lebih mahal dibandingkan harga pasaran minyak dunia yg terus menerus turun..
    Jadi kemungkinan pertamax plus diganti turbo itu cuma akal”an pertamina aja biar mereka dpt untung lebih banyak..
    Ini cuma opini pribadi, gak ada maksud provokasi..

    • Gentleman Rider

      Kalo udah ngga ada Premium…trus gimana nasib motor-motor produk dahulu (Vega, Revo, Shogun, dll)? Cocok pake bensin apa ya?

    • FBO

      Pertalite bisa bung, motor awal era 4 tak rata” rasio kompresi udah di atas 9.0, kecuali kalau motornya msh tipe 2 tak pasti agak susah karena rasio kompresi masih dibawah 9.0..

  • cuco

    Wah cucok bingitz nih buat duke n rc series motor ktm, mantablaah
    Palagi kalo besok ktm disemplak MM93,

  • becks

    santai om….masih ada v-power

  • pendekar elus dada

    motor sampean kuat minum ron 98?
    naik mbit aja gaya.

  • γįβŕλŦфЯ Ⅲ ♀ kakaknya アℜ㊣∂ąț❂ℜ Ⅲ ♂

    maafin adik saya si predator ya teman2, pokoknya di iyain aja kalo dia komentar apapun, sebenarnya adik saya itu baru keluar dari RSJ 3 bulan yg lalu, jadi kadang kalo obatnya habis gilanya suka kumat, kadang malah sampe dipasung sama bapaknya karena meresahkan warga sini

  • ♫═♥♥═♪♪Markues “The Next Legend Of MotoGP” (DOHC H*nda = Motornya Sang Juara)*´’`°¤¤°´’`*

    Bagi H*nda HRC, mm 93 & dp26 aja udah lebih dari cukup untuk mendapatkan gelar juara dunia berturut2, seperti tahun2 kemarin.

    Nyang penting DOHC!!!!!!!!!

  • ♫═♥♥═♪♪Markues “The Next Legend Of MotoGP” (DOHC H*nda = Motornya Sang Juara)*´’`°¤¤°´’`*

    H*nda, selalu selangkah lebih maju dibanding kompetitor sebelah ( Y )
    Produk2 H*nda selalu menjadi yg terbaik di kelasnya

    Nyang penting DOHC!!!!!!!

  • killua

    di tempat saya sdh 2 SPBU yg td nya jual p+ menjadi pturbo.. saya coba ternyata masih warna merah kaya P+ dikirain warnanya hitam c*ca c*la..

  • γįβŕλŦфЯ Ⅲ ♀ kakaknya アℜ㊣∂ąț❂ℜ Ⅲ ♂

    22. アℜ㊣∂ąț❂ℜ☞RI1____ – September 5, 2016

    dari pertama beli Z1000 sampe skrg tu motor senengnya bbm n oil pake Shell waaa
    Reply
    =====
    dik, ini obatnya udah kakak beliin cepetan diminum
    nanti kalo bapak sampe tau stress mu kambuh kayak gini, kamu bisa dipasung lagi

  • ♫═♥♥═♪♪Markues “The Next Legend Of MotoGP” (DOHC H*nda = Motornya Sang Juara)*´’`°¤¤°´’`*

    HONDA the best of motorcycle – September 5, 2016

    Silahkan kunjungi dealer terdekat HONDA di kota anda.

    Dapatkan promo spesial program kredit potongan 2x Angsuran, Program Konvensional & Program Syariah.

    HONDA pilihan tepat untuk sarana Transportasi anda dan keluarga, bukan yang lain.

    HONDA memang selalu lebih unggul…!!!

    *** MARQUEZ adalah HONDA ***
    Reply
    ———————————————————
    Fby sales nyamar detected ?

    • kikuk

      Jeruk makan jeruk, sales Honda vs sales Honda ?

  • kagak laku kang, lagian kalo gk di pake terus bisa bikin tangki makin tipis

  • Bruud

    Motor Buoros pol injeksi nembak nembak cukup di kasih premium subsidi aj broo…. lirk yaMaho group Miong Zonk..

  • Andi

    Walahh pertamax + wae 1 tok spbu ne opo maneh pertamax turbo, strategi yang salah menurut saya kalau hapus pertamax+, kalau tujuan membuat bumi langit biru kenapa gak hapus pertalite,solar & dexlite sekalian?

  • γįβŕλŦфЯ Ⅲ ♀ kakaknya アℜ㊣∂ąț❂ℜ Ⅲ ♂

    Tante: “Muk, pelan2 ya masukinnya.”

    Mukidi: “Iya tante, ni juga udah pelan banget,”

    Tante: “Di emut dulu yah biar enak di masukinnya?”

    Mukidi: “Ohh iya, tante.”

    Tante: “Masukinnya jangan meleset ya Muk.”

    Mukidi: “Pasti tante, kan Mukidi masih jelas liat lobangnya.”

    Tante: “Kalo sudah masuk langsung di tarik ya, jangan lama2 nanti robek.”

    Mukidi: “Yaa ampun tante, gak mungkin la robek, kan pelan2.”

    Tante: “Kalo udah keluar kasih sama tante yah Muk.”

    Mukidi: “Bentar dulu tante ini masih lama.”

    Tante: “Cepetan Muk, tante dah gak sabar.”

    Mukidi: “Lebay ihh tante, jahit kainnya kan besok, jadi masukin benang ke jarum besok aja ya, nunggu Mukidi pulang kerja.”

    Tante: “Jadi dari tadi kamu ngapain?”

    Mukidi: “Nih ngerjain yang baca cerita ini, pasti pada ngeres..”

  • Jokondokondo

    padahal kompresi 10-11 pakai pertamax plus enak loh lah… kalo sudah gak ada mosok pakai pertamax, memang kompresi 10-11 pakai pertamax turbo apa gak mubadzir atau malah ada gejala di mendaraan di kompresi tsb.

    mungkin mas Iwan / IWB bisa ngasih jawaban, gimana kalo kompresi kendaraan yang 10-11 pakai pertamax turbo, mubadzir atau malah lebih baik dari pertamax plus ?

    karena ane konsumen setia pertamax plus 95.

  • jambroong

    V-ixion ku ngombe pertamax 92 malah boros e pol kang … Ngombe pertamax + 95 jan nguirit e sak jebol e … PP sekitar jarak 500km mek kilong 5,6Liter kui boncengan karo kancaku sek guedene sak njaran … Jan jane kih pertamax 92 sek di hapus udu pertamax+ e jan pertaminan ki sedeng tenan 🙁

  • Glowoh

    Nek ngonku ora enek lek, enek’e paling poll pertamax, ge diesel pertadex wae golek angel… (ARGO WILIS) xixixixi

  • Kubikasi mesin makin garang, didukung BBM makin ganas.
    Tinggal peraturan lalu lintas nih yang perlu diperbaiki.
    Kalo gak bisa2 makin banyak korban dlosor

  • Udah langka disini … muehehe 😀

  • Untung aku gawe sepeda pedal kang.. ahahaha 🙂

  • harusnya premium dan pertalite yang dihapus. bukan pertamax plus.

  • ule

    ga ada pengganti pertamax plus, ngalih ke shell dlu dh…

  • Zukken

    Mau ngasih info aja, di Bandung tepat nya di SPBU jln Riau udh ada Pertamax Turbo. 4 hari yg lalu coba isi di vario 150, tenaga makin keluar n betot gas ga usaha dlm2. Jd ketagihan nih ?

  • Acongk

    Spbu deket rumahq masih ada nih,mudah2an kaga diganti soalny kalo pake turbo ketinggian oktany biasa pake pertamax plus buat maxi

  • Tenang cak, ono pertalite !! Muehehe 😛

  • Vio

    dikasih bbm yg lebih bagus n murah dari V-Power/Total 95 kok ngeluh