Lawan dari Yamaha NMax 150 ??. Lupakan Forza, disinyalir Honda siapkan PCX versi lokal kangbro……

159
1183

new PCX 2016 (2)

Terus mengamati, memperhatikan, mantengin dengan seksama….IWB sepertinya harus mengatakan dengan pahit tentang potensi Honda melahirkan Forza 150 ditanah air. Menduga AHM akan menghantam Yamaha Nmax dengan sang skutik makin lemah. So sepertinya Honda ganti haluan mzbro….

Sekarang sudah masuk semester 2 2016 dan bulan sudah menginjak akhir Agustus tanda musim ini akan segera berakhir. Yamaha Nmax semakin kokoh dipuncak dengan penjualan rata-rata 20 ribu perbulan serta komunitas yang makin menjamur. Kondisi ini jelas dipantengin secara seksama oleh rival abadinya Honda….

Dilalah prediksi kita Honda bakal menelurkan Forza 150 untuk menghantam Yamaha Nmax belum menunjukkan titik terang. Bahkan saat IWB coba tanyakan perihal ini pada salah satu pejabat tinggi AHM yakni Koji Sugita (Direktur Marketing PT. AHM) kemarin, doi menampik Forza akan dirilis untuk menghadang NMax….

“Forza terlalu mahal karena posisinya di Eropa setara dengan Yamaha XMax. Secara hargapun akan cukup sulit walaupun kita melokalkan. Jadi tantangan kita adalah membuat PCX lebih murah, dan kita sedang menuju kesana” seru Sugita san. Apakah ini artinya Honda akan menggunakan PCX untuk menghantam NMax 150 ???….

new PCX 2016 (1)

Itulah tantangan kita. Namun semuanya butuh proses dan mohon para Biker untuk bersabar...” ujar Sugita san disela raungan mesin diajang balap Honda Dream Cup seri 3 Kemayoran. Wuuiiihhh….PCX pakde, mantep iki kalau bisa dipatok setara NMax. Mungkinkah Honda akan merilis PCX ini tahun depan ???

Yang pasti butuh waktu karena ini adalah global produk. Aku belum bisa mengatakan kapan, tapi bersabar saja” tutup Sugita san sambil tersenyum. Dari penuturan doi bisa diambil kesimpulan Honda sepertinya tidak akan menggunakan Forza untuk menghantam Yamaha NMax 150. Namun mereka akan mengandalkan PCX versi lokal yang diharapkan bisa terjangkau oleh para biker…

Harapan kita sih tahun depan New PCX ini bisa lahir sehingga sebagai biker kita makin banyak pilihan kangbro. Namun jangan kuatir kehadiran XMax 250 yang saat ini sedang diracik Yanaha disinyalir bisa menekan Honda untuk melahirkan produk tandingan. Dan jika itu terjadi maka kelahiran Forza ditanah air sangat terbuka. So…lawan NMax 150 ???. Sepertinya PCX versi lokal kangbro. Piye…sreg opo ora kiro-kiro?…(iwb)

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

159 COMMENTS

    • PiCeXsama NoMax alias si matic buruk rupa ngoahahaha….!!!!! ora minat blaaaassss… kalo di ibaratkan orang,keduanya overweight alias kelebihan berat badan macen si atun,pretty asmara atau malah kaya si kentung muehehehehe

    • Klo desain spt sekarang kayaknya ga wow lagi kang
      cenderung bosen
      pengennya AHM meracik PCX lokal dari ulang spt AHM meracik CBR150 dan CBR250RR.
      itu baru wow

    • Kayaknya n max bagi honda bukan ancaman yg serius,sehingga honda terkesan lambat merespon pergerakan n max.karena penjualan masih kalah jauh sama vario 150 yg sama2 150cc,tahun ini masih fokus bikin cbr250rr dan all new beat.mungkin tahun depan,sekalian bikin trail??????

    • Yang jelas matic macem pak rio,jeng mbit,keluarga meong atau sijuki adress lebih murah dan simpel waaa… lebih nyaman lah,desain njeber alias gendut begitu kalo cc gede sih pantes aja waaa… lha mereka kan cuma 150cc an muehehehehehehe…

    • Tapi sejujurnya ane pernah tes adu lari pak rio 150 vs namex 150 sepanjang jalan karadenan cibinong bogor,dari lampu merah pemda kabupaten bogor sampe lampu merah pertigaan kedung halang kota bogor. ane nunggang pak rio iseng2 manas manasin rider namex,ternyata masih lebih kenceng pak rio bro…. dari akselerasi aja menang si ngondah muehehehe,tapi keliatannya si namex punya suspensi bagus wa (empuk),pak rio yg ane pake glodakan kalo ketemu jalan agak jelek,mungkin si namek keberatan body jadi ga bisa lari muehehehehe……

    • Ane jg g suka Namex yg bantet gtu, ane jg Fbh… Tp ttep ja beli, mbeliin ponakan prempuan yg msh TK ?
      Plus Supri 150 GTR bwt kakakny yg SMP… Dua2ny g pake kredit speserpun, yo masio Al Gembel aq iki ?

      Endi yo Pentolane Fby? Si org katany kaya tp Nyeboker Rombeng iku loh… ?

    • Honda masih punya VTEC, jadi, siapa tahu honda pcx 150 bakalpake mesin VTEC seperti di mobil-mobilnya

    • Kabar terbaru…nmax bakal di keroyok pcx lokal dan forza lokal di range 30 kuta sd 45 juta….pcx lokal k35 sdh siap…nunggu forza sudah p1…
      Biasa keroyokan…

    • Dilalah prediksi kita Honda bakal menelurkan Forza 150 untuk menghantam Yamaha Nmax belum menunjukkan titik terang. (iw*)

      ++++++++++++++++++

      KITA???

      Elo zaza keless gua enggak

      wkwkwkwkkk

    • “Yang pasti butuh waktu karena ini adalah global produk. Aku belum bisa mengatakan kapan, tapi bersabar saja” tutup Sugita san sambil tersenyum.

      +++++++++++++++++

      Wkwkwkwkkk

      Dunia juga tau kalo produk Lokal AH* itu meragukan konsumen global.

    • Yamaha ni peringatan keras loh yaa ?? market share NMAX sudah dihantui bayang2 Honda PCX Lokal mzbro.. ?? aq takut hantu sales efbenyek gentayangan…

    • Mesin vario & pcx 90% sama vro… cuma ada beberapa part yg beda alias ga bisa di kanibal,tapi ane lupa part yg mana. sama beda kualitas material bro…. maklum si picex lebih mahal. tapi dari bentuk mesin & dalemannya 90% sama aja pak rio & picex bro…. bedanya si picex ga ngorok kaya pak rio,itu aja.

  1. Kurang sreg lek, ko samping koyok skoci ono rodane. Mosok meh mnghantam produk skutik 150cc dan 250cc nya yamaha aj kudu pke 2 nama berbeda. Haruse ckp pke 1 aj…forza 150 dan forza 250. Pdhl forza sing tak tunggu2. PCX g trmasuk list lah.
    Klo NMax body bagus mnding ambil NMax aj

  2. Palingan pake mesin Vario 150, rem tromol, harga diatas Nmax..
    Fitur: charger hp, CBS, ISS.. Udah itu doank gak ada yg wah apalagi di desain, kecuali kalau yg dijual disini versi All New mungkin beda lagi..

  3. Saya kok kurang sreg, lek.
    Seandainya memang benar, AHM harus benar2 serius membuat major change di PCX agar bisa menarik hati bikers, head to head dengan NMax.
    Ini tantangan besar buat engineer2 di AHM.

  4. Ada 2 kemungkinan jika pcx dilokalin
    daya beli massa meningkat tapi kemungkinan pride dari pengendara pcx sebelumnya akan pudar dan dari ini bisa membuat tahu harga terhadap kualitas pcx versi lokal 11-12 sama nmax ,mungkin malahan bagus nmax

  5. Kalo menurut ane, AHM bakalan meracik suatu matik bongsor baru yang valuenya bisa setara NMAX dan begitu pula harganya.

    Karena kalopun dilokalkan, menurut ane tetap aja dari value, PCX itu kalah dari NMAX. walaupun harganya dibuat sama.

    Solusinya ya harus buat harga PCX di bawah harga NMAX non ABS. Kalo tak sanggup ya mending buat lagi matik bongsor baru yang harga dan valuenya setara NMAX.

    Apakah AHM mampu? Kalo melihat pergerakkan AHM 2 tahun terakhir, ane yakin mampu. Tinggal nanti petinggi AHM bisa menang maen golep ga sama petinggi YIMM? Kalo menang, berarti brojol dah matik bongsor 150 baru. Tapi kalo kalah, yo NMAX masih tak ada lawan.

    • Kalo berharap harga produk Honda dibawah Yamaha, itu mustahil bung..
      Honda rajanya produk kemahalan, harga produk yg ditiru gak pernah lebih mahal dari produk tiruan dari Honda..

    • buat bayar pekerja astra bro.mereka kan selalu nuntut naik gaji+bonus, jadi yg mhal blm tentu lebih baik
      muehehe

  6. klo ad petinggi Ahm atau mata2nya.. yang baca nih postingan dan komentar…
    klo cma desain pcx buat lawan nmax sepertinya ahm harus mendesain ulang tampilan buat pcx lokal…
    dari sisi value nmax masih bagus drpda pcx…
    dari sektor mesin nmax unggul dengan vva
    sektor akomodasi berimbang
    jadi klo mw ngalangin nmax sebagai first mover pcx harus memakai strategi honda yg biasanya, yaitu strategi follower dimana unggul dari semua sisi… minimal berimbang… jgn ada satu sisi yg kalah…
    klo mau jualannya ngalahin nmax…
    klo gak ada vva yah harus perkuat desain dan fitur…

  7. Tanggung lek kalo PCX. Maunya Forza atau bikin type baru dgn spek mirip NMax. Double disc brake.lampu Led depan belakang.mesin pake Vartec 150 dah oke.body sporty jgn elegan kyk PCX.ring 12 gambot. Moga AHM denger masukan ane.

  8. Hallah cuma kiasan aza, melawan, dibenturkan cuma dalam penjualan aza, coba kalo berani adu banteng head to head. Ridernya suruh jotosan

  9. Kalau design sy seh pilih NmaX (minus shockbreaker yg keras), mungkin PCX butuh “moderenisasi” biar secara design bs bersaing

  10. penjualan PCX ( Import )
    kalah dari NMAX

    FBY bully nya ampun dah.

    lah YIMM
    All Sport 150
    All Matic
    All Bebek

    semua Kalah Telak
    terus yo opo ngunu iku..?

  11. Nmax cuma menang bentuk, memang di sini design lebih fascinate calon konsumen, nah utk mesin gak usah ngoyo, kasih yg sdh ada saja
    Kalo nurut IMHO saya, honda silahkan fokus ke design

  12. tergantung dr tipe mesinnya, walopun pcx dan lokal kalo pake mesin forza bolehlah…
    masa mesin 2V x mesin 4V… blm lagi kalo hrgnya sama…

  13. PCX 150 terlalu banyak kelemahan kalo mau hantam N-MAX 155
    1. Desain PCX kurang sangar dibanding NMAX
    2. NMAX pux dua riding position.
    3. NMAX jauh lebih bertenaga dibanding PCX
    4. Stang setir PCX kayak tanduk sapi, bandingkan dengan NMAX setirnya ekslusif.
    5. PCX bongsorx keterlaluan, NMAX bongsor tapi sangar.

    Satu2x keunggulan PCX hanya suspensi ýg lebih empuk

  14. Itulah gunanya persaingan. Kita konsumen diuntungkan dengan beragam pilihan produk berkualitas. Jangan saling hina menghina karena motor kesayangan Anda adalah hasil persaingan kompetitor.

  15. Setelah sekian lama belajar bikin motor yg kyk vixi,hon** kini sudah blajar jg bikin 250 2cilinder, & besok akan coba2 juga bikin motor yg kyk n max

  16. namanya boleh PCX ..tapi modelnya ? hehehehe ..kelas yamaho mah ngak level lawan honda ..apalagi di kelas matic ….

    secara model ? jauh lebih superior honda ……kecepatan ? matic honda jauuuuhhh lebih cepat dari matic yamaho …..irit ? ngak usah di omong ….makanya yamaho pusing , pake bikin istilah blucor(Buocor lha) , naikin CC jadi 125 supaya bisa ngimbangin kecepatan cc 110 honda plus ngibul2 kalo cc125 lebih irit dari 110 (batokmu peyang lha wekekekek) ……Terlalu mudah buat honda nabok yamaho di matic lha ngoahahahahahaha

  17. bruakakakaaa.. namanya picek, mukanya njebeber lampu semua.. merknya honbul, ga sedap dipandang khas honbul.. buuul bul, tukang ngibulll..

  18. pesimis lek klo ahm lokalin pcx…kayaknya segmen skutik.bongsor bakal dilepas sama ahaem…lhah wong jualan pakrio 150 aja masih lancar jaya kok…ahaem bakal wait n see,,baru kalo eksmax 250 brojol dan liat respon pasar,,strategi baru dilancarkan,,jadi musti nunggu 2017 -_-

  19. Aq awam ya soal industri motor… tapi knp Honda ngga ambil design Forza dg mesin Vario? Mnrtku design Forza lebih bagus drpd PCX yg terlalu elegan… tapi ngga tau juga sih, cuma AHM yg tau…

    • Drpd model forza mending modelnya ngikut airblade aja. Nanti utk 250nya baru pake model forza, gimana menurut sampeyan…. Nguehehehe

  20. “Forza terlalu mahal karena posisinya di Eropa setara dengan Yamaha XMax. Secara hargapun akan cukup sulit walaupun kita melokalkan. Jadi tantangan kita adalah membuat PCX lebih murah, dan kita sedang menuju kesana” seru Sugita san, “Itulah tantangan kita. Namun semuanya butuh proses dan mohon para Biker untuk bersabar…”

    jiaaahhh, kalo PCX di lokalin ksian juga yg udah beli PCX import hahaha.. TRUS KALO MO DILOKALIN KNAPA GA DARI DULUUUU ????!!!!!!! GILIRAN TETANGGA LAKU, IKUT2AN.. LAGI PULA DESIGN MASIH BAGUS NMAX… MENDINGAN BAGI2 REJEKI, SKUTIK BIASA PENJUALAN BAGUS, SPORT JUGA UDAH MULAI BAGUS, BEBEK MASIH LUMAYAN… BIARIN AJA DULU NMAX LENGGANG SENDIRI, NTR KALO UDAH GA MUSIM BARU DAH SILAHKAN LOKALIN PCX, HAHAHAHA SORI KOMENT GA KARUAN…. (BUKAN FBY or FBH)

  21. new PCX dengan tampang Forza kenapa tidak kang ? 😀 😀 😀
    seperti halnya cb/cbr series yg desainnya bisa dibilang jauh dari desain honda yg dulu2..

  22. jadi balik lagi ke rumor Honda K35?
    btw, apa mungkin AHM nunggu PCX ganti model (major change) baru dilokalkan dan dipasarkan di sini?
    supaya terlihat ada perbedaan dengan PCX CBU?

  23. ekekekeke

    Disinyalirrrr akan tersedia fiturrr Goyangg dombretttt
    sekiraa nya ada Orkesss Melayuuu berjalan kalau dinaikkii suka Goyang Goyangg kang dikira lagi dengerin dangdutan alamak ternyata emng dasarrr.motornyaaa suka Goyang dombrettttt

    hayayayayaya

  24. wkwkwkwk…

    mungkin (mendekati mustahil) kalo xmax dan nvx datang baru pcx lokal datang… tapi itu juga sangat tifish masbro…

  25. PCX redesign head lamp, tail lamp & wind shield, plus accessories side box mufflee protector & back mirror biar tambah macho harga di bawah 30 kacang goreng bro..

  26. Apakah nanti part partnya di jual terpisah macem sebelah itu kang.. iming iming sock branded tpi suruh beli sendiri… itu juga sebagai bentuk pengakuan YIMM kl Sock motornya Atos Glodakan seperti y banyak di keluhkan konsumennya..

  27. Apakah bodynya Kotak Bhantet bin Bhueghel seperti punya sebelah itu kang.. malah kayak Troly swalayan dengan sock Atos Glodakan…

  28. Ah nmax motor lokal inden lama stnk jadinya lama pula kalau mau stnk cepet nambah 300k, apa gak setan tuh? beli vario pagi spk cash sore diantar kerumah stnk jadi pas 7 hari persis di call suru ambil stnk tnkb, sorry bos gw bukan sales gw awal emang ngebet nmax non abs tapi kalo jualannya aja ribet mana bisa MS naik, alasannya selalu classic inden lama krn motor exlusive kualitas impor bla bla bla, asal tau saja beli motor itu dipakai bukan buat pajangan garasi yg cuma dikeluarin seminggu dua minggu sekali.

  29. Nmax udah gak laku sekarang….di dealer Tumpuk tumpukan semua warna….orang udah sudah mulai ngerti kelemahan motor ini

    PCX..tunggu tanggal mainnya , ada versi Hybrid nya

  30. Kang Iwan, sya pribadi kurang sreg dengan PCX. Kalah fitur dengan NMAX ( rear disk break, VVA, ban & body gambot, elegan). PCX lokal pasang posisi harga dibawah NMAX kemungkinan bisa value. Matur suwun

  31. Hm… konsumen PCX CBU bisa2 mencak2 rek sama seperti hal nya konsumen CBR CBU harga second pasti terjun bebas tuh.
    Ngenes sing duwe CBU, seneng sing tuku CKD.

    sakit nya tuh di sini “part 2”

    mending AHM bikin maxi scooter design lain dan nama bukan PCX buat mukul Nmax, jaga tuh konsumen loyal PCX rela2 beli mahal eh.. gak tau nya sebentar lagi ada yang pahe.

    • Menurut saya patokannya gini bro “Ada Harga Ada Rasa” gitu aja deh, msh mending cbu karna kualitas msh berpatokan honda jepang dari pada lokal kualitas part downgrade semua 🙂
      Coba aja mana yg awet cbr 150cbu thailand ama cbr150 k45 lokal??? Saya soalnya konsumen cbr k45 ngakuin itu sendiri, msh mending beli cbu mahal” tpi berkualitas dari segi ketahanan plastik, cat, part, dsb

  32. Kebiasaan honda, nunggu dikeplak-keplakin yamaha baru bergerak. Yamaha ngeluarin R15 baru lokalin CBR150. Keukeuh 250 cc satu silinder udah cukup, akhirnya baru bikin dua silinder setelah yang satu silinder flop. Penguasa >70% market yang miskin inovasi. Kalo berani lokalin juga Grom/msx dong…

  33. Tunggu tanggal main aja deh..

    matic kecil udah di sikat
    tahun ini sport 150 sama 250 disikat
    tahun depan sikat trail sebelah yang spek jadul overpret

    mungkin 2 tahun lagi cak buat sikat matic gembot..

  34. klo menurut w, mendingan AHM bikin produk baru dgn nama baru jg, khusus untuk menghadang NMAX. senentara PCX ttp jalan sndiri…

    klo boleh usul nama motornya honda “BLAST 150”

    mantab bukan heeee

  35. Kalo desain PCX lokal sama persis dr ujung ke ujung + fitur sama dengan harga 24jtan..bisa nyesek yg punya PCX cbu.
    Semoga beda desain.
    😀

  36. Semoga Harganya Cocok dengan kantong indonesia ya..
    supaya bisa berkompetisi dengan NMAX

    Bagi yang ingin Belanja kebutuhan variasi otomotif aksesoris, interior, eksterior, velg, audio, elektronik dan perlengkapan untuk mobil anda dengan daftar harga lengkap dan nikmati banyak kemudahan.. Yuk di Cek >> otovista.com <<

  37. vario 150 disamain sama nmax ya jelas nggak bisa. dari segi pricing udah beda. kalo mau nyamain jangan cuma dari segi kubikasi mesin. ada price, fitur, desain, dan macem-macem lainnya.

    vario 150 boleh bangga cc udah 150, tapi basic frame sasisnya juga sama kayak vario sebelumnya. sama persis juga sama yang 125. cuma cc digedein 25cc sama beda warna aja. Fitur dan lainnya sama persis. Wkwkwkwkwk

  38. Kl bisa bikin PCX dgn disain baru/lokal dimana ban belakang gede sebesar NMax dan lebih banyak fitur. Masalah Nama tdk jadi problem yg penting disain lebih bagus dari NMax

  39. Racikan lokal terbaru…..:
    1. New CB 150 (special edition hitam pelek merah)…. Josssssss……Guanteng….
    2. CBR 150…. Josssss…….
    3. CBR 250……Jossssssssss…. Guanteng….
    4. PCX…… Hmmmmm….??????

    1-3 Terbukti Wokey….
    4 Kita tunggu, Fby panas dingin Fbh penasaran

  40. Modelnya jelek, jadul, katrok, rem tromol, gak jelas mencla mencle, malu pake dijalan, cukup epBH zaza yg pantas dipermalukan, minim wawasan.

  41. Sebenernya kuciwa bgt forza ga masuk indo. Padahal ngarep nih… jd beli Nmax aja deh nemenin pak rio, si ninin n si old piksen

    Masukan aja mas iwan buat ahm. Kalo honda niat melokalkan pcx. Sedikitnya cm 1 aja yg perlu di update. Mengenai kaki2 harus lebih gemuk dr yg ada skrg ini. Dilihat secara keseluruhan desain body sudah ok laaahhhh… cm pas lihat kakinya msh terkesan cungkring. Agak kebanting klo tmn2 saya bilang. Syukur2 diameter velgnya 12 inch tapak lebar jg kaya nmax. Jadi kesannya bisa lebih padet gitu lho…

    Well apapun motor pilihanmu keep brotherhood aja bro… ga perlu saling bully krn beda merk. Yg suka bully Kesan d*ngonya kliatan bgt. Kurang gawean. Be a smart biker bro !

  42. Emang gag bisa masukan Forza 150 dengan downgrade ya Kang? yang penting design nya gtu.. Design Forza udah mantab bgt soalnya… PCX gag jelek sih, tapi terlalu elegan/kalem..

  43. Sekalian aja PCX hadir dengan desain baru. Dan lagi2 Indonesia menjadi tempat awal launchingnya.. World Premiere…!!!

  44. Miris…PCX sekarang tampang nya udah begitu udah jadul apalagi lokal jangan jangan mirip seperti sebelumnya aja. Palingan mesinnya juga comotan vario. Atau bisa aja maksudnya doi itu berbanding terbalik, pcx rasa forza. Yamaha aja dirumorkan akan racik xmax250 masa honda gak bisa racix forza ?. Cuma doi yg tau…

  45. Ane penunggang Nmax, kmrn kebetulan ada kesempatan nyoba vario 150 milik saudara yang lagi main di rumah. Langsung aja, impresinya setelah nyoba jalain 5 km bolak-balik :

    – Tarikan awal gak beda jauh, beda2 tipis
    – Biasa megang setang Nmax, pegang setang Vario lsg berasa adem, gak getar sama sekali, cuma berasa imut/kecil karena Nmax rada baplang
    – Body, jok dan lain-lain cukup seimbang, dan gak getar juga, pantesan penunggang vario 150 betah ngebut di kisaran 100 km/jam. Pakai Nmax batas nyamannya di 92an km/jam
    – Rem Vario kalah pakem, depan belakang sama aja… payah deh… nariknya mesti lebih kuat ketimbang Nmax

    Ini pengalamanku, pengalaman orang kadang beda-beda, jadi harap dimaklumi

  46. Bukan Strategi yang bagus, harusnya Out of The Box dong.
    Kalau gini cuman pelarian namanya. Sebagai pabrikan besar ternama yang sudah dapat untung harusnya juga berani ambil resiko, bukan hanya menjaga posisi aman.
    Pandai-pandai membaca trending atau malah menjadi trend maker.
    Jajaran divisinya harusnya ditambahkan orang-orang yg berjiwa muda deh, supaya lebih fresh pemikirannya

  47. Realita forza itu lawan Xmax.yg ada Xmax 250 vs Forza 300.(Xmax 125,150,250).harga forza,yakin pada stroke tuh fb.
    Pcx lawan Nmax.kalau fb bilang forza lokal sbg “killer”Nmax,kelihatan sekali:galau,baper,iri,gerah….
    Yg ada Pcx lokal desain sporty elegan kawinan body pcx dan forza yg lama…mesin V150….beda seting ecu sama tuning cvt.

  48. Strategi honda seperti air…
    Bisa datang dari satu arah atau dari mana mana.pelan,kalem,sunyi dan tak terduga.
    Pcx lokal bisa jadi untuk segmen maxi scooter elegan.bisa jadi spacy pnp vario150.forza mewakili maxi scooter sporty.
    Cara dan kebiasaan ahem sdh terbuka dan terbiasa sebagaimana segmen yg di incar dan yg akan di kuasai dan telah dikuasai.
    Tanpa “teaser” dan rumor.walaupun kode produk sdh didaftarkan,r&d desain bisa berubah dan masih “wait & see”.

Leave a Reply