Adu skill oprek mesin dalam Honda Indonesian Technical skill contest ke-23….kelas kakap ki !

42
26

Keterampilan Mekanik dan Service Advisor ke -23 (9)

Dengan serius….salah satu kontestan melihat kertas petunjuk dimeja tempat berbagai komponen diletakkan dalam nampan. Komponen tercerai berai tanda doi harus melakukan perakitan ulang. Juripun membuka pembicaraan…”sudah mengerti?” serunya. “Mengerti pak..”jawabnya dengan wajah tegang. IWB memperhatikan dengan seksama. “Oke….waktu dihitung dari sekarang, mulaiii !!’seru sijuri. Sontak dengan cekatan tangan doi meraih komponen transmisi yang harus dirakit dalam jangka waktu yang ditentukan juri. Itulah suasana Honda Indonesian Technical skill contest ke-23 yang berlangsung di AHTC (Astra Honda Training Center ) Jakarta hari ini. Dlongop tenan cak….jian jlimet test e jebule….

Sebagai orang awam jelas IWB mung iso dlongop. Lha piye…ora mudeng blas je. So..bagi IWB kompetisi sudah masuk ketegori kelas kakap. Seperti layaknya permainan Lego, para teknisi ini harus merakit komponen yang sengaja dicerai berai. Jadi kalau sampeyan ilmune mesin cetek jelas hanya bisa ngaplo tenan. Menurut pak Handy Hariko (Senior Manager Training Department), Kompetisi Keterampilan Mekanik dan Service Advisor yang sudah berlangsung selama 23 tahun ini makin hari makin tajam. Hal ini karena mekanisme penyaringan yang dilakukan secara blusukan dari AHASS ke AHASS agar mendapatkan mekanik yang handal demi pelayanan terhadap konsumen….

Tahun ini kita juga tambah dengan PDI (pre Delivery Inspection) agar pelayanan makin naik. Selain itu ada kontes inovasi dalam hal materi edukasi diAHASS ataupun main dealernya. Tujuannya jelas agar teknologi Honda bisa dikuasai dengan baik...”serunya. Menurut pak Handy lagi, mekanik Honda Indonesia cukup disegani diAsia. “Pernah juara 3 dan 1 sehingga disegani di Asia Oceania technical contest di Vietnam..“tambahnya lagi. Dari informasi yang IWB himpun dilokasi…..

Keterampilan Mekanik dan Service Advisor ke -23 (13)

Secara total ada 22.245 mekanik dan service advisor Honda mengikuti kompetisi teknik keterampilan. Seleksi dilakukan secara bertahap. Pertama pada tingkat Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) yang diikuti oleh 18.491 mekanik dan 3.754 service advisor. Setelah melewati seleksi AHASS, tersaring jumlah peserta yang terdiri dari 3.752 mekanik pit, 512 service advisor, dan 352 mekanik PDI pada tahap regional. Pada tahap terakhir, tersaring 81 peserta untuk mengikuti kompetisi nasional yang terbagi atas 27 mekanik AHASS, 27 service advisor, dan 27 mekanik PDI yang akan berlangsung ‎pada 24-26 Agustus 2016. Nah…ketat banget to cak. Terus apa reward bagi pemenang?….

Mekanik terbaik dalam kompetisi tingkat nasional berhak mendapatkan hadiah utama sepeda motor New Honda Sonic 150R. Sementara itu, service advisor terbaik berhak mendapatkan hadiah utama Honda Supra GTR 150. Lalu, pemenang dari kategori mekanik pit memiliki kesempatan untuk mewakili Indonesia dalam ajang “Asia Oceania Technical Contest” yang diadakan di Vietnam pada akhir tahun ini. Selain itu pemenang juga terbuka menjadi instruktur dan kepala bengkel hasil dari rekomendasi AHM….

Keterampilan Mekanik dan Service Advisor ke -23 (14)

Proses seleksi pertama pada tingkat AHASS telah dilakukan sejak Desember 2015 hingga Mei 2016, materi uji yang diberikan pada tahapan seleksi ini terdiri atas uji pengetahuan mesin, rangka, kelistrikan, system PGM-FI, tools, dan teknologi Honda. Pada kategori mekanik regular dan PDI Honda, keseluruhan materi dites melalui teknik perawatan, perbaikan, dan pemeriksaan sepeda motor. Lalu untuk service advisor Honda, dilakukan uji praktek terkait pemeriksaan sepeda motor, product knowledge, dan customer handling….

Kita lihat saja mzbro…siapa yang akan menjadi pemenang dan mewakili merah putih berlaga di Vietnam dalam “Asia Oceania Technical Contest”. Wajah-wajah tegang pasti akan tersenyum lega jika namanya disebut sebagai yang terbaik besuk malam sebagai puncak pengumuman kompetisi hari ini. Nah…seperti apa suasana Honda Indonesian Technical skill contest ke-23 hasil liputan IWB langsung dari AHTC??. Monggo intip video dan gambarnya dibawah ini mzbro……….(iwb)

Video youtube kontes Mekanik Honda 2016

HP Klik disini

Foto-foto dilokasi

Keterampilan Mekanik dan Service Advisor ke -23 (12) Keterampilan Mekanik dan Service Advisor ke -23 (11) Keterampilan Mekanik dan Service Advisor ke -23 (10) Keterampilan Mekanik dan Service Advisor ke -23 (8) Keterampilan Mekanik dan Service Advisor ke -23 (7) Keterampilan Mekanik dan Service Advisor ke -23 (6) Keterampilan Mekanik dan Service Advisor ke -23 (5) Keterampilan Mekanik dan Service Advisor ke -23 (4) Keterampilan Mekanik dan Service Advisor ke -23 (3) Keterampilan Mekanik dan Service Advisor ke -23 (2) kontes mekanik, AHM 2016-iwb

MVAI-Banner-1

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

42 COMMENTS

    • Tapi kenapa mekanik beres rata rata kebingungan kalo kita komplain soal keluhan motor kita waa…??? malah ga jarang mereka juga salah tebak kerusakan yg sebenarnya muehehehe… keluhannya apa,jawabannya kemana kerusakannya apa… eh yg diganti juga ga cocok sama kerusakannya. contoh motor sodara saya vario 125 keluaran pertama,baru 1 tahun motor ngeden ga ada tenaganya,diagnosa si mekanik ganti V belt sama roller. eeehhh… ternyata masih sama aja…. itu di Ahass lho… ternyata menurut mekanik non beres ada yg bilang masalahnya ada di dumper kopling,terus ane ganti deh,laahhh… itu motor enteng lagi…. ada lagi motor lampu yg kadang terang kadang redup,kadang lampu dekat mati kadang hidup. diagnosa si mekanik ahass suruh ganti bohlam… ternyata penyakitnya ga sembuh juga…. kagak taunya cuma saklar doang yg rusak,itu juga si vario dibenerin di bengkel biasa… muehehehehe….. kadang aneh sama mekanik beres,kemampuannya bahkan ada dibawah mekanik pinggir jalan,ada tanggapan dari Ahass….???

    • @rider tua bangka
      maka dari itu mekanik beres honpret selalu mendiagnosa kerusakan motor asal tebak tanpa bisa menyelesaikan masalah malah tambah dana ekstra
      muehehehe
      banyak kok motor honpret kalo ada kendala malah mekanik garpu yg bisa menyelesaikan kendala dari motor honpret itu sendiri
      muehehe

    • Mangkanya ane sendiri paling males kalo urusan sama beres waa… ane juga miara shogun sp 2008 beres sijuki juga sama nyelenehnya,ane ganti kampas kopling sama mataharinya,eh malah giginya ga mau balik waa… kalo ane ngurangin gigi malah tuasnya ngendon di bawah… sampe 2x balik masih begitu aja. lah… benernya malah malah sama mekanik yg di pinggir jalan waa… bayar 25 rebu normal lagi. padahal dulu di beres sijuki bayar 40 rebu kagak bener tuh… kamvret emang yg namanya bengkel resmi… yg kerja mekanik level 1 & 2 yg senior malah sibuk ngopi sama ngobrol doang… pe’a

    • muehehe
      ternyata fbhonpret,mekanikhonpret,saleshonpret turunan dukun cemuwah ya waa
      muehehe
      asal mangap doang

    • Iyo, beres banyak yang bangsat. Di A bilang ganti part 1, 2, 3 habis 1,5jt. Di B bilang cuman ganti part ini itu cuman habis gak sampek 200ribu uh dan bener2 Beres. Dan bahkan berani bilang harga Genuine Partnya banyak yg operprett. Jarang yg bener mah si Beres.

    • HAlah kang stop becenya kang ?? ilmu itu mahal,..syukur2 sampeyan juga bisa belajar dapat pengetahuan mzbro..??

    • Iya itu fakta ko,kebetulan di rumah ane ada beberapa motor beda pabrikan brow. ya rata rata bengkel resmi mau merek H,Y,S,B ataupun K yg kerja kebanyakan level 1&2 kalo yg udah senior cuma jadi konsultan beres doang bro. mungkin pengalamannya belum banyak aja karena mereka mekanik baru,jadi bukan bc bro.

    • Memangnya boleh ya bengkel resmi menerima jasa servis dari pabrikan lain….???? setau ane ga boleh tuh bro… kecuali tvs yg memang membuka bengkelnya untuk semua pabrikan,soalnya populasi tvs kan terbatas,jadi petingginya yg kasih izin untuk itu. cobalah sekali kali kalo motor ente yamaha dibawa servis ke ahass atau sebaliknya,terus ente review pengalaman ente dimari ya?

  1. bnyak mekanik yg masi muda kurang pengalaman dan terlihat logika teknisnya kurang. ane klo serpis embit di ahas slalu dngan mekanik langganan yg ud cukup snior..jd cukup memuaskan hasilnya.

  2. Bikin part yg mudah rusak, cepet dapat untung dan membikin lowongan tenaga kerja
    Jangan terlalu awet kayak suzuku jadi pabriknya tutup
    Muhehehe….

    • Halah sama aja. Punya Shogun 125 gen 1st, 2 gen smash, 2 gen spin podo bosok semua. Awet dari Hong Kong apa? Semua hampir mampus. Habis jutaan buat Spin di Beres hasil nihil. Tidak kuat buat kerja keras semuanya. Awetan CS1 sama 3 mio q.

  3. Jgn salahkan beres atau umum semua tergantung dr manusianya.selama mau belajar dan selalu ngikuti std manual perwatan hasil pasti akan baik….yg tdk makai std manual service cenderung gampang salah…ttp klw beres semua sdh di lakukan training sehingga sdm sdh pasti lebih baik….klw ada satu dua yg mis itu wajar…coba aja dokter brp bnyk yg mis ,klw tdk ikuti norma dan std sop krja….smart ya

    • komen ente diatas sudah mewakili moge yamaha dibawa ke ahass
      skr yg jd pertanyaan simple aja knp honpret mengharuskan pakai oli bosok spx/mpx padahal itu oli versi paling downgrade dari brand oli yg sy tdk bisa sebutkan itu yg buat dari brand mana
      kalo moge yam2 dibawa ke beres honpret ai sangsi besar bro
      muehehe

    • Muehehehehe… ane rasa si asia ini ga punya motor waa… jadi dia ga tau bedanya bengkel resmi sama bengkel umum muehehehehe

    • Areke kan wes nyebut dewe nak motore R1 karo XJ900. Digawe gampang ae lah nak areke iku duwe duwet kanggo bayar persenan supoyo AHASS gelem service motore. Gitu ae kok repot.
      Temn gue yang punya Beres Yamaha aja mau service CS1 gue.

  4. Halah PERCUMA LEK
    WONG ITU D BERES SERING KENA KOMPLAIN KERJAAN GA BERES
    ADA AJA SALAHNYA,MULAI NYOBEKIN COP BUSI SAMPEK SALAH TORQUE

    SORRY CAPSLOK JEBOL

  5. Pilih beres yang bagus. Dulu punya honda servis nya ngga satu tempat aja tapi pindah2 sampe ketemu beres yg kerjaannya bagus terus2an disana walaupun agak jauh dari rumah.

  6. emang bengkel resmi ki skil mekaniknya rendah, apa2 dikit ganti gak mau repot…

    motor ane listriknya lemah langsung main ganti aja akinya, eh pas udah diganti aki dipakai sehari letoi lagi ternyata yang rusak kiproknya…kampret tenan..

  7. Ni artikel kok jauh dr kenyataanya ya…. Ini di Honda mana kang yg pelayananya kyk gini ?.setahu sy mereka ngrjainya sllu buru2 sprti di kejar target,dan rata2 klo kita nyampein keluhan soal motor terkesan sprti cuek mekaniknya.

  8. haha…
    ane salah satu finalis skill contest honda 2015 khusus siswa SMK KTSM honda kang….
    nih lomba mang keliatan sepele, tapi kalo dah nyoba sendiri nanti juga tau kok gimana atmosfir sama tekanannya ngerjakan suatu pekerjaan yang dibatasi waktu nya dan mesti ngerjakan semuanya sesuai prosedur tanpa terlewat sedikit pun…
    keep jos gands kang !

  9. Contest beginian gak bikin pinter mekanik, cuman menghafal part book dan spek kekencangan baut, coba contestnya adu skill oprek engine, yg hasilnya powerfull dan lebih reliabel juaranya. Indonesia punya Manpower yang hebat, sayang kalo cuman remove install disassembly assembly thokk, Honda Yamaha Suzuki Kawasaki Viar sama saja, mbokk ya minimal bentuk contestnya yg troubleshooting.

    • Betul banget entw brow,yg harus di asah itu kepekaan dan pengetahuan seputar gajala dan kerusakan yg terjadi,kalo yg namanya bongkar pasang doang sih semua mekanik juga bisa muehehehehe…

  10. Kami memang KULI OLI/mekanik mas broo smw, ” Saat Hasil Kerja kami berbeda, tidak sesuai Keinginan ANDA pemilik Kendaraan, Ini yg anda KATAKAN” tp saat kami bisa SEDIKIT membantu ANDA dgn apa yg kami MILIKI, mgkin dianggap biasa saja____

    “KULI OLI=hasil kerja salah sedikit PASTI di CACI”

  11. semua beres kayanya begitu deh… masih enakan betulin motor di luar beres… bisa sambil diskusi juga dan kayanya lebih aware ajah…. trus kalo kita kasih tips tambahan juga kayanya gak rugi.. soalnya mereka bae ama kita 🙂 (untungnya sampai saat ini ketemu montir yang baik dan pedagang spare part yang baik)

Leave a Reply