Motogp : Ducati tuding pelarangan winglet ada intervensi dari pabrikan Jepang…..wah panas ki !

76
4

gigi
“Jika ada sesuatu terjadi diolah raga ini/tidak fair, aku tidak gembira – Gigi

Bro dan sis sekalian….seperti yang kita tahu, demi alasan safety Grand Prix commission melarang seluruh penggunaan winglet mulai tahun depan. Aturan ini ternyata direspon masam oleh Ducati. Bahkan tim Bologna ini menuding keputusan tersebut lahir atas desakan pabrikan Jepang yang takut dengan performa mereka. Wahh….panas iki !….
MBtech-iwanbanaran.com (22 Jun-15 Jul'16)

 

David Tardozzi dari Ducati mengatakan…sejak awal mereka sudah menyodorkan bukti-bukti teknis bahwa winglet tidaklah berbahaya. Proposal diserahkan namun proposal tersebut seperti tidak dibaca. Itu menurut Ducati. “Kamu harus tanyakan kemereka kenapa proposal tidak ada kesepakatan. Bagiku masalah sebenarnya sepertinya bukan tentang safety. Kita sudah banyak melakukan pekerjaan…banyak data kami kumpulkan untuk menunjukkan mana yang aman dan tidak aman….

“Tapi pada akhirnya semua sia-sia karena jawabannya tetap sama. Sebab setiap orang pada akhirnya mencari performa bukan safety. Jadi sudah tidak ada lagi diskusi tentang keamanan namun ke performa, itulah yang membuat kami kecewa….“seru Tardozzi. Apa yang dituturkan David juga direspon Ducati Corse general manager Gigi Dall’Igna yang mengaku tidak gembira dengan keputusan tersebut….

winglet (1)

Jika ada sesuatu terjadi diolah raga ini (tidak fair), aku tidak gembira. Motivasi melarang winglet adalah untuk safety namun dalam pandangan kami hal ini tidak benar karena winglet aman. Kita sudah membawa orang luar untuk melakukan pengetesan termasuk supplier teknis. Kita membuat alasan lewat proposal lalu kita bagi ke orang Jepang di MSMA yang ternyata merubah pikiran mereka….

“Jadi tindakan ini bagiku sudah keluar dari fokus awal. Orang-orang Jepang percaya Ducati mengembangkan motor dengan winglet sehingga diuntungkan karena kami pertama sementara mereka baru menyusul setelahnya…”pungkas Gigi. David Tardozzipun menambahkan. “Ini memalukan, Ducati membawa sesuatu yang baru di Motogp….melangkah kedepan pada riset dan pengembangan. Buktinya winglet bekerja dengan baik dan pabrikan lain mengikuti ide kami. Jadi kita pikir kami selangkah lebih maju dibanding mereka (pabrikan Jepang), tapi sayang kami harus menghentikannya dan memecat para engineering yang khusus menangani winglet, sangat disayangkan...”tutup David….

winglet (2)

Dilalah tudingan Ducati dibantah oleh Corrado Cecchinelli (Director of Technology for the MotoGP) yang menegaskan keputusan mereka murni untuk safety tanpa campur tangan dari pihak manapun. “Kami tegaskan semua keputusan adalah demi alasan safety. Posisi FIM sudah benar mereka melarang karena banyak rider yang juga mengeluh dengan winglet. Proposal memang memberikan data-data karena untuk mengamankan posisi untuk menolak adanya pelarangan winglet…

“Akan tetapi secara substansi, seluruhnya tetap masih dalam tahap diskusi karena kita fokus pada safety. Mungkin akan bisa jadi masalah jika ada pabrikan yang memiliki sementara lainnya tidak. Contohnya…..Desmo (valve) system. Tidak ada diskusi untuk melarang sistem ini. Sedang winglet semua tim kini memilikinya. Diskusi tentang winglet dimulai ketika banyak rider mulai mengeluhkan efek komponen tersebut. Memang benar mereka (Ducati) diuntungkan dengan winglet sebab mereka mengembangkan lebih dahulu….

winglet (3)

“Tapi sebagai teknisi aku katakan kepada kalian semua, hanya butuh satu tahun bagi yang lain untuk mengejarnya. Artinya tidak ada keuntungan lagi winglet untuk Ducati tahun depan (seandainya tidak dilarang). Jadi aku rasa pelarangan adalah keputusan adil. Apalagi pelarangan baru efektif tahun depan agar tim yang merasakan diuntungkan dengan regulasi tersebut bisa menggunakannya tahun ini...”tutup Cecchinelli. Byuh…ribet tenan cakk-cakkk….

Last…winglet atau sayap difairing dipercaya mampu menambah daya tekan (down force) saat motor melaju pada kecepatan tinggi. Komponen ini juga dianggap mampu mengurangi gejala wheelie ketika motor digeber keluar tikungan. Akan tetapi banyak rider termasuk Dani Pedrosa mengeluhkan turbelensi yang dihasilkan dari winglet saat rider dibelakangnya. Pada puncaknya kejadian Iannnone menghantam kamera belakang Marc Marquez dengan winglet. Semua terhenyak sebab kamera tersebut rontok dan casing buritan juga pecah. Ducati merupakan tim yang pertama kali menggunakan winglet lalu disusul Yamaha dan baru Honda. Dilalah pelarangan ditentang keras oleh tim merah. Mumet tenan cak, wis ora usah melu-melu….mangan wader mending rek-rek. Weteng wareg, pikiran adem….iyo ora :mrgreen: ….(iwb)

76 COMMENTS

    • gimana kalo aturan dibebaskan pengembangan tidak dibatasi, apa yakin ducati bisa ngejar, jangankan ngejar honda kejar yamaha dulu aja bisa kagak ??
      ducati udah diuntungkan dengan unified software yang jelas” ini vital keberadaanya di moto gp bike, kalo emang boleh biarkan ducati pake winglet tapi biarkan honda sama yamaha pake software sendiri gimana ??
      gigi aja udah mewek” sejak menangani ducati minta di homologasi torductornya HRC,,

      nah loh,,,

    • masuk akal sih kalo alasan safety.coz material winglet terbuat dr bahan keras bukan terbuat dari tempe mendoan yg tidak melukai

    • gak ada winglet nyangkut bikin celaka, tapi nabrak telak gara2 depannya lemot mendadak, tanyakan pada iannone

  1. pemakain winglet di ikuti oleh tim pabrikan jepang kan gara2 pengembangan software di kebiri jadi mereka gak bisa mengotak atik software.saya rasa kalo pihak dorna tidak memutuskan untuk menggunakan software tunggal mungkjin pabrikan jepang juga gak akan ikut2an pake winglet untuk mengurangi efek wilie.

  2. Spertinya Yamaha mulai ketakutan karena Lorenzo pindah ke Ducati. Lorenzo merupakan pembalap andalan Yamaha yg selalu konsisten, msh muda, dan punya prospek panjang, tapi malah diambil oleh Ducati.
    Apalagi di klasemen poin saat ini, Yamaha msh jauh di belakang Honda utk mencapai juara dunia.

    • oot lu owlang waaa…
      yg ketakutan tuh honda n ducati
      dg ecu pirelli honda gk bs jinakkan mesin V screamer rcv
      sementara pabrikan sprt ymh n ducati dg winglets mmbuat hrc protes . Apa jadinya jika gp17 tnp winglet, itu sebuah mimpi buruk musim dpn…
      apa sih kehebatan jolor? saat motor enak performa jolor oke, tp saat ad problem kecil pst doi uring²an, ilfill, mental down n yg paling memalukan pobia dg hujan…
      lha trus rider cap opo kui

      haiyyaaa boleh fanatik asal gk over

      smoga FAHAM

    • Ekeke baru baca blog iwanbanaran ya bro?? Semua reader lama tau apa itu ecu pirelli yg diciptakan fbh super jenius. Sayank gk pernah nampakmlagi tu orang.

    • gobloknya dmn ???
      ecu pirelli itu kan ucapan fbh goblok

      Ecu Magneti Marelli : The engine control unit is the engine brain, Powerful, easy-to-install and compact..

      Smoga Faham

    • bukannya yg banyak komplain malah hrc & pembalapnya.. yamaha santai saja tuh. coz jg gak tiap race pake winglet.

    • Yaelah klo diblg ketakutan ya lbh pas buat Honda bro, kmrin kan sempet ngeluh juga ke Dorna..
      Yamaha woles aja slma ini meski DNF 2x..

  3. haiya,ai baru di pinjamin z800 punya om predator wa,
    rencananya ai mau tes top speed itu z800 wa,sayang baru jalan 1m motor mati gara2 ai tidak tau pakai kopling wa…

    haiya amsyong kita waa…

  4. Lebih tepatnya repsol honda besutan si ajinomoto tuh yg rajin komplain ke dorna,apapun yg bisa menghambat mereka pastilah ditentang habis habisan dan yg menguntungksn mereka pastilah diperjuangkan. Mulai dari dirubahnya GP500 menjadi motogp,turunnya 11 rider honda di 2004,berubahnya mesin ke 800cc demi menguntungksn si cebol dan menghadang si jangkung nah sampe winglet yg bikin si merah rajin nyodok ke depan dan membuat repsol was was,di tahun ke 2 aja ducati udah bikin repot seandainya dibiarkan ga mustahil di masa depan ducati bakal merajai motogp dengan wingletnya. Honda bertindak cepat untuk mencegahnya. Biasalah kalo honda ga diturutin tar dia ngancam keluar dari motogp lagi….

    • Jika gp 500 tetap 2 tak jelas nsr 500 gak ada lawan,winglet gampang bgt dibuat apalagi buat honda??? coba aturan dibuat bebas,cuma cc mesin aja yg dibuat sama,jelas honda dg teknologi canggihnya yg bakal superior.honda g ada mau keluar moto gp,bagi honda buat mesin/motor dg spek baru mudah bgt.bikin v 5 silinder,4 silinder,mau inline jg mudah atau sekalian oval piston 4 silinder 32 valve???

    • Gigi dall’igna dan david tardozi sepertinya berbicara jujur dan apa adanya sedangkan corrado cecchinelli hanya berusaha bersikap netral agar tidak menjadi polemik dan kontroversi di motogp. Corrado lebih bijaksana aja.

  5. y laen pake winglet tp khusus yaMaho itu mah bukan winglet tpi Sekop Pasir y di tempel di muke motornya.. pantesan pk de rossi tergiur untuk maenan pasir sama kerikil buat cari akik.. lawong motore di bekali Sekop..

  6. Masak sih gara2 intervensi pabrikan jepang? suudzon tuh..
    Lha wong winglet :
    1. Bikin tampilan motor aneh, kayak patil lele..
    2. Potensi ga safety lantaran betuknya menjulur..

  7. Harusnya yaMaho pake pairingnya Rhoembeng15 RRRRijekan India y super njebeber itu aj. Ostosmastis semua angin tertahan dari depan.. Lawong mukenya Rhoembeng15 Selebar n segede gaban broo…

  8. Mnurut aku se.. winglet memang agak bahaya.. spt kasus motor marc yg kecantol winglet ducati.
    mungkin masih banyak teknologi selain winglet yg memanfaatkan gaya gesek angin utk meningkatkan DF d motogp. Bisa aja dengan teknologi perombakan body motor khususnya di bagian depan, mungkin di buat dengan sudut yg agak lebih lancip, bisa juga dengan model firing yg ada lubang namun berfungsi spt winglet.. tidak harus spt yg sudah ada. Banyak yg masih bisa di gunakan.. tapi kenapa winglet yg d pakai sekarang..?? Karena mengadopsi fungsi spoiler pada mobil. Jd d buat mirip..
    Cuba lebih di kembangkan lagi ke arah yg lebih safety.. model body depan..or model luabng udara d firing.. ect.
    Imho xixici

  9. SePerti biasa.. Honda yg di tuduh jahat.. Pdhl gak ada bukti.. Begitulah kelakuan orang lapar.. Main tuduh merasa di halang2 i dan merasa di jahati.. Contoh kecil ya si darmo.. Bece sampai berbusa.. Pdhl Mmng produk sesembahan nya yg kurang kualitas..

  10. ekekeke

    waktu Jorge ditubruk Pembalap ducati jadi bukti konkret Winglet sudah detil safety Jorge gpp
    oleh sebab itu Ducati percaya akan Insinyur winglet

    yahhh HaHahaReCee aja yg mewekan

    hayayayayay

  11. banyaknya komen ora mutu bikin mules…
    dah ayo FBH + FBY pd berantem terus biar tambah hot..ne blog kang iwan..wkwkwkwkwk..hlawong motor podho bosok-e kok poyok-poyok-an..

  12. Biasanya sih yg mewekan pabrikan sebelah cap sayap sengkleh biasanya loh ya … Soalnya dari dulu Yamaha, Suzuki, Kawasaki tak pernah mengeluh soal aturan di MotoGP …

    Wkwkwk

  13. sudah hampir setengah musim kang,,sampai saat ini belum kelihatan yg dimaksud mbah Gigi D’alligna ”PERFORMA” ducati,pernah gak ducati juara seri?klasemen pembalap?konstruktor?sejauh penglihatan saya yo ducati paling sering DNF entah crash maupun error enginenya,malah di gp amerika marc juara tanpa winglet

  14. Biasanya honda yang cengeng krn mrk kalah segala sisi mulai taun kemaren..dulu dari 990 turun ke 800 krn pedrosa taunya pedro ga kompetitif balik lg ke 1000 krn ridernya yang baru ga mungil lg ky pedro juga yang minta honda

  15. PLAT NO DEPAN UNTUK MOTOR AJA DIANGGAP BERBAHAYA, APALAGI INI WINGLET !!

    SEMPAT AJA KEJADIAN TABRAKAN WAKTUNG CORNERING, BISA HABIS SI RIDER NDLOSOR BADAN NYANGKUT WINGLET !!

    MIKIR KERAS LO PAKE OTAK LO YG ISINYA LUDAH SEMUA !!

  16. wkwkwk. ECU minta diseragamin itu yg mewek ke dorna siapa ?

    masa balapan prototype kudu pake ecu satu merk ?

    skalian aja cuy d buat kyk moto2.

  17. perasaan honda udah pakai sayap sejak tempoe dahulu dukati baru beberapa tahun belakangan,Gigi tukang fitnah terhadap pabrikan jepang itu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here