Beli motor jaman dulu??. Kudu jual sapi 5 cak, ediann….

69
51

honda-cg-110-jadul

Iwanbanaran.com – Beruntung kangbro…pokoke kita jaman sekarang adalah generasi yang beruntung dibanding jaman dulu. Harga motor makin murah membuat siapapun dengan bebas gonta-ganti tunggangan sesuka hati. Hal ini tidak bisa dilakukan oleh para kawula era 1970an yang menganggap motor adalah barang mewah. Lha piye……jika sampeyan pengen beli kendaraan roda dua paling tidak kudu merogoh kocek dalam saking mahalnya. Konon banderol motor ini setara dengan sapi 5. Wahhh…seriusan ki??…
MBtech-iwanbanaran.com (22 Jun-15 Jul'16)

Itulah yang terjadi. IWB paling suka kalau bokap cerita dunia motor jaman klasik. Usia 61 tahun tidak membuat memorinya luntur. Berbagai sejarah singkat dimana masa itu motor seperti barang mewah. Dalam satu desa paling hanya 1-2 orang yang punya. Bokap sendiri pernah memiliki Yamaha RS125, Yamaha AS Twin (1973), Honda CG110, GL100 dan beberapa motor yang tidak bisa dicatat satu persatu….

“Dulu kalau geber motor seringnya dari Tulungagung ke Trenggalek. Jalan masih sangat sepi makanya kayak raja dijalanan. Jalanan kelok-kelok dilibas pada kecepatan tinggi. Asyik banget….”seru bokap tersenyum. Matanya seperti berusaha mengingat memori era 1970an. Weleh…jebule demen motor juga euy. Disaat itulah IWB coba bertanya tentang banderol sang kuda besi…..

sexy-v75

“Mahal….sangat mahal untuk ukuran orang jaman dulu. Kalau mau beli motor ibaratnya harus rela menjual padi satu lumbung penuh. Kalau hewan mungkin setara dengan 5 sapi. Wiss….iso dibayangne kayak apa mahalnya..“tuturnya ke IWB. Tentu jawaban tersebut cukup jelas. Artinya…..kalau dikalkukasikan dengan inflasi jaman sekarang….sapi perekor 15 jutaan maka banderol motor jaman itu tembus 75 jutaan. Kuwi motor 70cc lho pakde. Atau paling besar 125cc. Dan untuk mengumpulkan uang segitu sangat sulit bagi orang jaman dulu. Harga motor bebek vs sport juga beda….

Lebih mahal motorsport. Bedanya 3000 rupiah..…” seru bokap membuat IWB mengerutkan dahi. Koq cuma telung ewu, guyon ki cak?. Ternyata tidak pakde. Jangan samakan nilai uang jaman dulu dengan sekarang. Dulu 10 rupiah saja sudah besar. Sebagai informasi……Yamaha cub 75 waktu dijual sekitar 207,000 rupiah. Sementara Honda lewat Astra 90cc menjual bebeknya sekitar 210,000 rupiah. Yamaha menjual sportnya yakni L2G super lebih mahal 3000 rupiah dari versi bebek. Sebagai informasi…..seluruh motor tersebut didatangkan secara CBU langsung dari Jepang. Makanya muahaalll kangbro…….

Last…..teknologi makin maju dan berkembang ternyata juga makin murah. Kondisi ini juga terjadi pada kendaraan roda dua. Semua dibikin makin kompak, canggih dan lengkap dengan banderol terjangkau. Mungkin satu yang tidak bisa ditemui motor dulu dengan sekarang adalah material paten yang dibenamkan pada motor produksi masal era sekarang. Jika seluruh komponen era dulu terbuat dari besi murni…sekarang terkesan ringkih dan memiliki life time lebih pendek. Satu kondisi yang tidak bisa dihindari akibat jaman dan strategi bisnis yang juga sudah berubah. Lha piye….motor dibikin awet hingga 30 tahun, motor anyar lak yo ora payu cak…bener ora?. :mrgreen: . Nyidam motor era 1970an??. Sampeyan kudu anaknya orang berada baru beli terkabul. Lek ora yo mung iso ngaplo lan doweh. Edian!…..(iwb)

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

69 COMMENTS

  1. 1970-1990 Motor Radja King of Jalanan Street, ketok paling sugih sak deso lik hahaha. jadul tenan tinggal kenanagan,

  2. jd inget2 masa lalu,

    Force1 2taon, F1ZR 3taon, RX King 3taon, Ninja R 5taon, lalu Ninja RR blm 1taon..:)

  3. Bapak saya dulu beli Vespa Super tahun 75 seharga 466.000
    sampai hari ini motornya jg masih ada
    setelah tahu perbandingan di atas jadi bangga makenya,ternyata motor mahal hahaha

  4. keluargane orang kayak nih jaman dulu bisa beli dan gonta gant motor kang..

    btw mohon maaf lahir dan batin kang..

  5. Beruntung gmn mas bro, cb direnungkan justru banyak motor dan kendaran tdk mampu diiimbangi ruas jalan. Dijalan skrg mengerikan dgn banyaknya kendaraan bang. Justru jaman dulu enak bs meniikmati perjalanan karena relatif sepi apalagi menikmati pake sepeda.

  6. Betul kang ipul, dulu kakek beli motor, jual emas 200 gram. Kira kira kalo di rupiah, sekitar 100jutaan. Jaman sekarang, duit segitu dah dapat ER6N. Salam BIKER.

  7. Jaman dulu di mana” motor msh CBU, makanya harga mahal kualitas jempolan..
    Semua material msh besi 100%, yakin dah tuh motor berat banget.

  8. ini cerita mbah kakung saya om, waktu muda emang udh hobi motor, mulai BSA, BMW, HD, Norton dan sejumlah nama pabrikan lain yg pernah dia punya waktu muda, dan yg paling dia suka dulu adalah BMW R25 nya yg harganya saat itu 400RB, dan pada saat itu harga sapi saat itu 10rb, bayangin dah brapa sapi buat memboyong si R25 itu 😀 😀

  9. jaman dulu yg di utamakan ketahanan soalnya pada waktu itu ga setiap tahun ada tipe baru. ga cuma motor bahkan produk lain pun sama awetnya. kalo motor jaman sekarang yg penting penampilan bagus usia baru setahun udah ada keluhan… ya tiap beberapa bulan pabrikan selalu ngeluarin tipe baru… ya kualitas yg dikorbankan supaya konsumen cepet ganti motor.

    • Yahh yamama bikin roda gigi pendingin aj pake plastik..

      Inget sabre.. Tangki plastik..

      Yamama Motor kualitas plastik.. Sampah..

    • Jaman Bapa sy kuliah pake Mobil jeep..

      Sy darah biru lekk.. Kaya 7 turunan…

      Aq keturunan ke 9 bapa sy ke8 bp masih ngerasasin sisa2nya..

      Klo aq mah cuma dengar ceritanya doang?

  10. Mbahe bontot 61 tahun…brarti bapake bontot wes 40 tahun an iki….ati2 masuk masa puber ke 2…hahahaha.

  11. bokap juga masih pelihara rx special 83 kang sampe skarang..
    beli dari baru.. sayang udah gak terawat.. mau ane modif jadi king kaga di bolehin..

    ane sendiri pelihara mx 09 sama njmx 13, nyidam mx king duite malah ntek di nggo bodho wingi… wkwkwkwk

    fby akut ya ane..
    tapi tenang kang… aku ra melu2 team bc seng penggaweane ra jelas….

  12. Nyang sexy itu di t4 ane kondang yamaha kupu, kayaknya durability mesin atau metalnya oke, dua generasi sblm yam alfa ’89
    sexy tenan bikin ngaceng
    Samplouk swallow ijow plak plok

  13. Wah dulu simbah saya beruntung brt.. dia bisa punya dkw, cb100 mobil pun ada 3 yang jetstar sama colt.. sayang sekarang motor” nya sudah tidak ada lagi.. cuma tinggal foto” hitam putihnya saja wkwk

  14. Kang iwan sugihhh
    punya Yamaha AS Twin 2 silinder lagiii

    Lah sekarang motor lawas aja kayak Yamaha RX Alpa Force Suzuki RG dll masih banyak seliweran di jalan

    tangguh

  15. jarene mbahku….jaman mbiyen sapi karo sawah iseh larang sapi regane.
    sawah sekotak oleh sapi siji. saiki nk kampongku sawah sekotak regane 250juta. lha nek adol sawah 5 dak 1.25milyar…..
    lha iku oleh motor bebek piro……

  16. Jadi ingat cerita ibu saya.dulu katanya salah satu sepupunya yang kaya raya waktu itu pernah punya norton(ini motor bukan anti virus).sayangnya karna bangkrut motornya itu dijual.

  17. Saya dulu tahun 1976 (setelah setahun kerja di instalasi lepas pantai) beli motor trail Yamaha DT-100B harganya 301.000. Beli helm merk Bell harganya 17.500.

  18. aku thn 97 tuku rx king 2nd 4jt an
    kuwi wae kredit pake bunga menurun perbulan 100an ribu kalo ngga salah…lali soale sing mbayar bapak…aku gari nyemplak 😀

  19. Kualitas’e jg beda, makin kesini makin amburadul. ono rego ono rupo cak …

    Opomaneh mobil keluaran sak iki bodine wes koyok kaleng biskuit ae …

  20. komponen era dulu terbuat dari besi murni
    =========================

    besi murni piye tho boss, lak tambah elek, besi murni yo bakalan teyeng trus lunak, ditumpak i malah ambrol

Leave a Reply