Beli motor jaman dulu??. Kudu jual sapi 5 cak, ediann….

69

honda-cg-110-jadul

Iwanbanaran.com – Beruntung kangbro…pokoke kita jaman sekarang adalah generasi yang beruntung dibanding jaman dulu. Harga motor makin murah membuat siapapun dengan bebas gonta-ganti tunggangan sesuka hati. Hal ini tidak bisa dilakukan oleh para kawula era 1970an yang menganggap motor adalah barang mewah. Lha piye……jika sampeyan pengen beli kendaraan roda dua paling tidak kudu merogoh kocek dalam saking mahalnya. Konon banderol motor ini setara dengan sapi 5. Wahhh…seriusan ki??…
MBtech-iwanbanaran.com (22 Jun-15 Jul'16)

Itulah yang terjadi. IWB paling suka kalau bokap cerita dunia motor jaman klasik. Usia 61 tahun tidak membuat memorinya luntur. Berbagai sejarah singkat dimana masa itu motor seperti barang mewah. Dalam satu desa paling hanya 1-2 orang yang punya. Bokap sendiri pernah memiliki Yamaha RS125, Yamaha AS Twin (1973), Honda CG110, GL100 dan beberapa motor yang tidak bisa dicatat satu persatu….

“Dulu kalau geber motor seringnya dari Tulungagung ke Trenggalek. Jalan masih sangat sepi makanya kayak raja dijalanan. Jalanan kelok-kelok dilibas pada kecepatan tinggi. Asyik banget….”seru bokap tersenyum. Matanya seperti berusaha mengingat memori era 1970an. Weleh…jebule demen motor juga euy. Disaat itulah IWB coba bertanya tentang banderol sang kuda besi…..

sexy-v75

“Mahal….sangat mahal untuk ukuran orang jaman dulu. Kalau mau beli motor ibaratnya harus rela menjual padi satu lumbung penuh. Kalau hewan mungkin setara dengan 5 sapi. Wiss….iso dibayangne kayak apa mahalnya..“tuturnya ke IWB. Tentu jawaban tersebut cukup jelas. Artinya…..kalau dikalkukasikan dengan inflasi jaman sekarang….sapi perekor 15 jutaan maka banderol motor jaman itu tembus 75 jutaan. Kuwi motor 70cc lho pakde. Atau paling besar 125cc. Dan untuk mengumpulkan uang segitu sangat sulit bagi orang jaman dulu. Harga motor bebek vs sport juga beda….

Lebih mahal motorsport. Bedanya 3000 rupiah..…” seru bokap membuat IWB mengerutkan dahi. Koq cuma telung ewu, guyon ki cak?. Ternyata tidak pakde. Jangan samakan nilai uang jaman dulu dengan sekarang. Dulu 10 rupiah saja sudah besar. Sebagai informasi……Yamaha cub 75 waktu dijual sekitar 207,000 rupiah. Sementara Honda lewat Astra 90cc menjual bebeknya sekitar 210,000 rupiah. Yamaha menjual sportnya yakni L2G super lebih mahal 3000 rupiah dari versi bebek. Sebagai informasi…..seluruh motor tersebut didatangkan secara CBU langsung dari Jepang. Makanya muahaalll kangbro…….

Last…..teknologi makin maju dan berkembang ternyata juga makin murah. Kondisi ini juga terjadi pada kendaraan roda dua. Semua dibikin makin kompak, canggih dan lengkap dengan banderol terjangkau. Mungkin satu yang tidak bisa ditemui motor dulu dengan sekarang adalah material paten yang dibenamkan pada motor produksi masal era sekarang. Jika seluruh komponen era dulu terbuat dari besi murni…sekarang terkesan ringkih dan memiliki life time lebih pendek. Satu kondisi yang tidak bisa dihindari akibat jaman dan strategi bisnis yang juga sudah berubah. Lha piye….motor dibikin awet hingga 30 tahun, motor anyar lak yo ora payu cak…bener ora?. :mrgreen: . Nyidam motor era 1970an??. Sampeyan kudu anaknya orang berada baru beli terkabul. Lek ora yo mung iso ngaplo lan doweh. Edian!…..(iwb)

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
  • riki

    weh

    • アℜ㊣∂ąț❂ℜ_

      jaman pki yo lek

    • Stevanie

      Transformasi dari bahan bakar rumput ke bahan bakar minyak…. Pilih yg mana ?
      Rumput atau SPBU…. sapi limo cak jareeee…edian ????

    • AMOKKERE

      jaman makin maju, harga montor makin murah, kualitas makin prothol. klotok geyal geyol

    • Ir. Petruck Professor

      Recall pun berjamaah…Recall25 & MT25

  • oncom

    dapet pertamax

  • riki

    ternyata petromax di blog gahoool

  • アℜ㊣∂ąț❂ℜ_

    saiki rego motor koyk kacang goreng waaa

    • Old lady biker

      Setelah ditelusur ayahnya perdeator dulu jual beli lukisan.

    • AMOKKERE

      kolekdol lukisan bro, omzet minim 1M

    • AMOKKERE

      kacang goreng 100rebu-an dah maknyus,
      mongtor belasan juta
      Jelas beda om pred,
      Kecuali kacang pringsilanmu, mesti ga dijual

  • halim fitsupra

    efek inflasi 1000%

    hahahah. imho

  • art

    ono rego ono rupo… pepatah yg tepat untuk jaman dulu tapi tidak untuk jaman sekarang

  • sohc ambrol

    Dulu duit segitu uda dapat beli tanah

  • Tanti

    Jebule lek iwan anake wong sugih yo. Motore bapakne okeh

  • KABAYAN 250R

    Weleh”..

  • pernah ngiler ingin punya suzuki A-100

  • japanan boys

    1970-1990 Motor Radja King of Jalanan Street, ketok paling sugih sak deso lik hahaha. jadul tenan tinggal kenanagan,

  • mahal

  • Rahmad_S_HI_KIPS_150RR

    jd inget2 masa lalu,

    Force1 2taon, F1ZR 3taon, RX King 3taon, Ninja R 5taon, lalu Ninja RR blm 1taon..:)

  • Putra Sang Fajar

    Bapak saya dulu beli Vespa Super tahun 75 seharga 466.000
    sampai hari ini motornya jg masih ada
    setelah tahu perbandingan di atas jadi bangga makenya,ternyata motor mahal hahaha

    • Old lady biker

      Skarang uga bisa kok tapi tanah liat,itupun dalam bentuk asbakkk

  • Serreniti

    keluargane orang kayak nih jaman dulu bisa beli dan gonta gant motor kang..

    btw mohon maaf lahir dan batin kang..

  • bay

    Beruntung gmn mas bro, cb direnungkan justru banyak motor dan kendaran tdk mampu diiimbangi ruas jalan. Dijalan skrg mengerikan dgn banyaknya kendaraan bang. Justru jaman dulu enak bs meniikmati perjalanan karena relatif sepi apalagi menikmati pake sepeda.

  • Betul kang ipul, dulu kakek beli motor, jual emas 200 gram. Kira kira kalo di rupiah, sekitar 100jutaan. Jaman sekarang, duit segitu dah dapat ER6N. Salam BIKER.

  • FBO

    Jaman dulu di mana” motor msh CBU, makanya harga mahal kualitas jempolan..
    Semua material msh besi 100%, yakin dah tuh motor berat banget.

    • Old lady biker

      Klo skarang motor yg banyak besinya ya tinggal kawasaki n suzuki om!

    • Fbhy

      pake besi berkarat ya wasalam
      Move on dong kan ad aluminium alloy
      :v

    • Old lady biker

      Berkart jga gpp kata fbh wekkhhh
      Fbh ttp PD pake tanki berkarat kok

  • sidiq

    ini cerita mbah kakung saya om, waktu muda emang udh hobi motor, mulai BSA, BMW, HD, Norton dan sejumlah nama pabrikan lain yg pernah dia punya waktu muda, dan yg paling dia suka dulu adalah BMW R25 nya yg harganya saat itu 400RB, dan pada saat itu harga sapi saat itu 10rb, bayangin dah brapa sapi buat memboyong si R25 itu 😀 😀

  • Old lady biker

    Saya kira Sing jalari gawe motor bozok ahaem kang

    • young lady

      nek sebelah (yimmi) berarti ngadol motor seng lowih buossok kyo lambemu yo cukk

  • Dony Slendrosa

    Mendah…..?

  • Andy Sanz

    jaman dulu yg di utamakan ketahanan soalnya pada waktu itu ga setiap tahun ada tipe baru. ga cuma motor bahkan produk lain pun sama awetnya. kalo motor jaman sekarang yg penting penampilan bagus usia baru setahun udah ada keluhan… ya tiap beberapa bulan pabrikan selalu ngeluarin tipe baru… ya kualitas yg dikorbankan supaya konsumen cepet ganti motor.

  • izul2345

    Motor jaman dulu ada recall jg ga ya?
    Kan parts nya dari kualitas wahid

  • Pam

    Apalago jaman duku hrus cash…skrnag cuma pake ktp..dpt motor

    • Yahh yamama bikin roda gigi pendingin aj pake plastik..

      Inget sabre.. Tangki plastik..

      Yamama Motor kualitas plastik.. Sampah..

  • Adamkahn

    Jgankan CBU jepang lek.la wong q ndue beijing garuda th 2000 nganti saiki iseh iso mlaku jos kok kang..

    • Jaman Bapa sy kuliah pake Mobil jeep..

      Sy darah biru lekk.. Kaya 7 turunan…

      Aq keturunan ke 9 bapa sy ke8 bp masih ngerasasin sisa2nya..

      Klo aq mah cuma dengar ceritanya doang?

    • icham

      Darah biru apaan?
      Darah kotor iye luh!!!…

  • darmawan

    Mbahe bontot 61 tahun…brarti bapake bontot wes 40 tahun an iki….ati2 masuk masa puber ke 2…hahahaha.

  • kadul

    Gl 100 power 12hp 100cc…bison 150cc 12hp…motor super lemoooot…fby meneng wae dikasih motor lemot

    • icham

      Kualitas Motor tuh dibandingin ama yg seangkatan lah cuk…
      Geblek kowe…

  • yudi666

    bokap juga masih pelihara rx special 83 kang sampe skarang..
    beli dari baru.. sayang udah gak terawat.. mau ane modif jadi king kaga di bolehin..

    ane sendiri pelihara mx 09 sama njmx 13, nyidam mx king duite malah ntek di nggo bodho wingi… wkwkwkwk

    fby akut ya ane..
    tapi tenang kang… aku ra melu2 team bc seng penggaweane ra jelas….

  • SEN25

    Yoi, bapak gw harus nebus motor pake emas bentuk koin gede itu dua biji, yg satu biji skg 30jtan

  • tech99

    inget bapake tuku yamaha RX S thun 1988 jan gembira luar biasa ketika itu baru kelas 4 SD.

  • kuya

    jelas bosok ahm cuk

  • ambrush

    Yamaha V80 tahun 81an sekitar 400rb di surabaya cak iwan…tu kata alm babe ane….hehehehehe

  • AMOKKERE

    Nyang sexy itu di t4 ane kondang yamaha kupu, kayaknya durability mesin atau metalnya oke, dua generasi sblm yam alfa ’89
    sexy tenan bikin ngaceng
    Samplouk swallow ijow plak plok

  • Juniperxt

    Bener kui bapaku tau rasakne iku jaman helm kribo ?

  • kevink

    Wah dulu simbah saya beruntung brt.. dia bisa punya dkw, cb100 mobil pun ada 3 yang jetstar sama colt.. sayang sekarang motor” nya sudah tidak ada lagi.. cuma tinggal foto” hitam putihnya saja wkwk

  • udin

    Motor bertenaga 5cp(cow power).

  • rdy

    Kang iwan sugihhh
    punya Yamaha AS Twin 2 silinder lagiii

    Lah sekarang motor lawas aja kayak Yamaha RX Alpa Force Suzuki RG dll masih banyak seliweran di jalan

    tangguh

  • nono

    jarene mbahku….jaman mbiyen sapi karo sawah iseh larang sapi regane.
    sawah sekotak oleh sapi siji. saiki nk kampongku sawah sekotak regane 250juta. lha nek adol sawah 5 dak 1.25milyar…..
    lha iku oleh motor bebek piro……

  • thomas

    Jaman dulu ada musim recall nggak?

  • Hansel

    Kelingan dijak muter” alm. Bapak naik CG110..

  • SUDOSO

    Jaman Mbahku Lek Pengin due radio Kudu Adol Sawah 100 Ubin

  • rozi

    tulungagung mana mas??, aku barusan mudik ke trenggalek jd tiap mudik lewat tulungagung

  • Sigit Shandi

    Jadi ingat cerita ibu saya.dulu katanya salah satu sepupunya yang kaya raya waktu itu pernah punya norton(ini motor bukan anti virus).sayangnya karna bangkrut motornya itu dijual.

  • Are wege

    Apa saja dilakukan demi keinginan…

  • Aku tuku RX-King tahun 1995
    Harga waktu itu Rp 5,100,000
    Bensin masih Rp 750

  • Farrel

    Oo gitu ceritanya, ternyata motor jaman dulu mahal ya.

  • saeroji

    jaman mbien jek asli import teko jepang pakde makane larang tur awet

  • gixerguy

    Artikel mantab ini Cak. Bagus buat rider muda agar lebih menghargai motornya.

  • eko354

    Saya dulu tahun 1976 (setelah setahun kerja di instalasi lepas pantai) beli motor trail Yamaha DT-100B harganya 301.000. Beli helm merk Bell harganya 17.500.

  • kuwi koq koyok poto yamaha V75 opo V80 yo kang..?
    kelingan pertama kali belajar numpak motor’e mbahku..

  • kutu_kupret

    aku thn 97 tuku rx king 2nd 4jt an
    kuwi wae kredit pake bunga menurun perbulan 100an ribu kalo ngga salah…lali soale sing mbayar bapak…aku gari nyemplak 😀

  • Iwan Beneran

    Kualitas’e jg beda, makin kesini makin amburadul. ono rego ono rupo cak …

    Opomaneh mobil keluaran sak iki bodine wes koyok kaleng biskuit ae …

  • kupaw

    komponen era dulu terbuat dari besi murni
    =========================

    besi murni piye tho boss, lak tambah elek, besi murni yo bakalan teyeng trus lunak, ditumpak i malah ambrol