Dealer tutup…..ini yang harus diwaspadai pabrikan !

172
488

tutup-sctombola-wordpress-com_-370x3011

Bro dan sis sekalian….sebuah produk tidak akan terjual maksimal jika jaringan dealer minim. Walau sampeyan memiliki produk kelas dewa, rasanya sulit bagi kita untuk mengesampingkan kemudahan servis ataupun pelayanan 3S lain (yang kita bicarakan kelas 250cc kebawah kangbro). Oleh karena itu ketika ada dealer mulai tutup…jelas pabrikan harus betul-betul waspada….

Contoh kongkret yang bisa dijadikan sampel dan masih cukup terasa efeknya adalah Suzuki. Brand ini menjadi idola era 2 tak saat IWB muda. Kisaran 1990-an…siapa yang tidak terpesona dengan Suzuki RGR. Mengusung slogan Inovasi tiada henti…..Suzuki lewat Subronto Laras berhasil menyedot perhatian dengan lahirnya sang fairing….

Disaat pabrikan lain masih berkutat dengan mesin 2 tak 135cc…Suzuki menggebrak dengan mesin besar….150cc 2 tak di awal 1990. Mengusung mesin dengan embel-embel Super Scavenging System….jujur inilah motor terkencang pertama yang pernah IWB jajal. Power kisaran 25 HP dengan bobot kosong hanya sekitar 100 kg….IWB ingat betul besetannya tiap gigi. Rambut kayak njegrik kangbro. Badan seperti dilontarkan kebelakang. Ngilu tenan…..

Apalagi pada test top speed dijalan raya….motor yang lumayan boros ini sukses menorehkan kecepatan puncak 175 km/jam…terkencang saat itu. Tidak heran, Yamaha yang masih mengandalkan RZX dan RZR tidak mampu menggeser nama besar RGR. Begitu pula Honda lewat Tiger 2000. Kendati sukses dipasaran…Tiger bukanlah motor yang disukai speed freak. Lawong top speed mentok 135 km/jam. Maklum cak, seperti label diawal peluncuran yang menggunakan embel-embel super cruiser….Tiger hanya disukai para peturing yang butuh kenyamanan….

AHM pun gerah atas kesuksesan Suzuki. Mereka akhirnya boyong NSR150 dari Thailand secara utuh pada kisaran 1996. Dan pada tahun 1997….Kawasaki yang sempat raib dari market tanah air datang lewat varian Ninja 150. Dari sanalah…pelan namun pasti RGR mulai tenggelam. Minimnya perubahan dan hanya bermain casing membuat eksistensi RGR seperti rapuh….

Revisi stoplamp dari mulai model bebek Crystal slim….rada gendut dan terakhir stomplamp ala bebek Tornado tidak banyak membantu. Pada puncaknya masuk era 2000-an….nama RGR pun hilang. SIS resmi menyetop produksi sang fairing. Tapi Suzuki masih tetap berkibar dengan kehadiran new Satria 150 yang diawal kedatangan disambut hangat para biker karena kecepatannya. Sayang….lambatnya life cycle produk membuat pasar jenuh….

Teriakan para biker agar Suzuki melakukan gebrakan tidak didengar. Entah karena memang sulit secara internal atau kalah dengan ego….yang jelas penjualan merosot. Hingga masuk tahun 2014….banyak dealer yang akhirnya rontok. IWB melihat…..setelah momen tersebut market share-pun terus anjlok cukup signifikan. Cost tinggi disertai seretnya penjualan membuat para dealer memutuskan tiarap. Kalau sudah begini…recovery-nya susah banget kangbro. Inilah yang harus diwaspadai pabrikan….

Yup….jangan pernah remehkan ketika ada dealer tutup, apalagi jika terjadi secara masif. Sebab kita sebagai bikerpun jadi bertanya-tanya….ada apa gerangan?. Mungkin hanya segelintir yang cuek. Tapi normalnya pasti akan mempengaruhi sisi psikologis kita sebagai pembeli. Dan diakui atau tidak….ketika dealer tutup, image brand tersebut sedikit tidaknya tercoreng. Mindset kita pasti mengatakan…..piye dengan sales, service dan sparepart produk yang saya beli??. Itulah kenapa beberapa pabrikan seperti TVS, Bajaj, dan brand lokal lain sulit berkompetisi melawan brand Jepang. Selain produk….jaringan yang minim membuat semuanya berbeda……

Last…..dominasi memang tidak bagus untuk inovasi dan iklim roda dua tanah air. Namun kita juga tidak bisa menyalahkan sebab dominasi tersebut diraih dengan perjuangan luar biasa….banting tulang, strategi brilian dan menjunjung tinggi nilai respect terhadap semua pihak. Ketika kita bisa saling menghormati antara satu dengan lainnya….maka output yang didapat pasti positif. Tebarkanlah kebaikan sebab niscaya kebaikan tersebut akan kembali pada diri kita. Sebaliknya…saat kita sebarkan keburukan tanpa sudi merenung serta instropeksi diri, hukum alam yang akan berbicara. Didunia ini semua serba rapuh mzbro. Jadi jangan pongah dan jadilah sosok yang santun…bersahaja…berwibawa dan yang pasti saling menghargai dengan lainnya. Bukan untuk kita…namun semua akan kembali pada diri kita masing-masing kelak. Dealer pada tutup??. Ngaruh nggak bro buat sampeyan?…..(iwb)

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

172 COMMENTS

    • Yamaha bs jd, klo tdk bljr dari kasus suzuki….
      setelah kejayaan suzi era 2tak sbnrnya motor 4 tak suzuki sprtt thunder, shogun, smash, spin cukup laris manis dipasaran, klo menurut ku ada satu hal yg buat produk suzuki kurang diminati yaitu imej suku cadang yg mahal n purna jual anjlok drastis, tp klo mslh kualitas finishing maupun engine okelah.

      nah skrg nasibnya ada ditangan fufi

  1. Saya laporkan nanti ini ke Komisi Pengawas Persaingan Usaha ya. Masa semua mau dimakan. Bikin aja lagi sekalian NSR 150 SP supaya modar sekalian semua.

  2. Beres dealer suzuki roda dua pasar lama tangerang udh lmayan lama tutup.. skitar 1thn yg lalu.. haha

  3. Makanya dari itu saya mendukung pabrikan (Non Honda) untuk terus berbenah, khususnya Yamaha & Suzuki.

    Khususnya di Indonesia, Karena nama Honda sudah kuat dan terbenam menjadi mindset mayoritas masyarakat negara berkembang seperti Indonesia, berbeda halnya dengan mindset masyarakat negara maju yang lebih terbuka.

    Tapi apa salahnya terus mencoba, itu demi kebaikan konsumen juga. walaupun terasa sulit.

    #selamatberbukapuasa

  4. Mengenang masa jaya suzuki tahun 1990an… mulai dari Si Crystal RC100 Sampe kelas RGV150 di zaman 2 tak,dan generasi 4 tak dari shogun R110 sampai FXR150. Suzuki selalu bikin motor terkencang di kelasnya. Sayangnya awal tahun 2000an suzuki mulai turun kasta,suzuki smash menjadi titik balik kemunduran suzuki di indonesia.

  5. gak bs dipungkiri kualiatas speart part suzuki memang awet motornya pun tangguh dan bandel… namun sayang inovasi n strateginya kurang… apalagi skrng di tambah banyak dealer suzuki yg tutup, dlu saya suzuki lover, tapi skrng saya brfikir realistis ttg kemudahan spearpats dan servis,,, yah sekarang pindah deh kepabrikan sebelah…?

  6. Ngaruh mas, lha wong nantinya bisa mempengaruhi penyerapan motor di pasar, kalau sudah begitu bahaya latennya kalau di dominasi segelintir pabrikan, memang benar pabrikan mendominasi dengan perjuangan sangat berat, tetapi kalau pabrikan sudah mendominasi apa yang terjadi, pabrikan jadi budek akut ekekeke, tapi silahkan saja kalau sekarang pabrikan mau budek akut

    Era sekarang ini tidak sama seperti era di bawah tahun 2010, sekarang media online semakin menjamur, dan cakupan internet sekarang sudah mencapai pelosok desa, orang mau beli motor biasanya nyari beritanya di mbah gugel, kalau masih budek ya pasti kegulung

  7. Miris lek…ada salah satu dealer dan beres suzuki di jaktim dimana… Tiap hari sabtu minggu di beres H&Y ramai oleh customer yg antri servis padahal belum buka…lah beres suzuki malah sepi banget. Mekanik nungguin customer dateng..ckckck

    • Karna mesin motor suzuki awet bray, gimana mau service dan ganti sperpart lah gak rusak rusak gimana, paling hanya ganti oli kalau dateng ke beres, makanya penjual suku cadang motor di pinggiran jalan kebanyakan ogah stok part suzuki, muternya lama gak laku laku. Coba deh survei ke toko cino sperpart motor all merek trus tanyain motor bagus motor apaan sih pasti jawab Y dan H.
      Tanya kenapa ?
      Xixixixixi
      Just opini ane

    • emang di beres H + Y yg pada antri mtor nya rusak semua? sama aja bro, pada servis rutin, ganti oli, dll

  8. ngoahahaha

    yakin honda AHM itu jepang ?
    HONDA JEPANG AJA TIDAK MENGAKUI AHM

    liat CBR 250 2 silinder KHUSUS LOKAL AHM
    BERBEDA SAMA CBR 250 2 silinder Global yang dipasarkan honda pusat

    ngoahahahaha

  9. ngoahahaha

    AHM DI RIJEK JEPANG cuma ada di ayipispot
    yang akhirnya itu ayipispot di SUMPEL sama AHM gara2 TERBONGKAR

    ngoahahahaha

    • Honda jepang tidak mengakui AHM???malah sekarang dibuka dealer bigwing buat masarin motor gede honda jepang sama AHM..gimana tong??????

    • AHM tuh Gabungan 2 saham perusahaan brow 50 50 .. Astra internasional Sama Honda corp. jepang ntuh sendiri
      ..
      Dasar sales 😀

    • Saya pribadi user Address, alhamdulilah puas.

      Masalah Service banyak bengkel sekarang yang bisa Injeksi, atau di Beres Yamaha pun bisa.

      Spare Part juga bisa inden via dealer, karena memang untuk Suzuki Spare Part lokal (Imitasi) susah.

      Tapi saya ada recommended satu Toko (Maju Motor Suzuki Gennuine Part) yang beralamat di Jl. Pungkur Bandung, part Suzuki lengkap, bahkan untuk Type FXR, Fu Build Up, Rk Cool, Bravo, Rg juga ada. Bisa pesan lewat paket.

      Yang jadi masalah Harga jual kembali memang sedikit turun, saya juga ga faham kenapa masyarakat bisa beranggapan seperti itu. Padahal motor Suzuki Bagus menurut saya.

    • Wah boleh jg nih..klo ksusahan nyri s.part szki mnt tlong kan udin wae..scara di prov jambi..beres szki udah bnyak yg tutup

    • Waduh, padahal Jambi daerah besar ya.

      Maju Motor

      Jl. Pungkur No.82D, Pungkur, Regol, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

      Di search aja di google map mas, pasti muncul ko kontaknya.

      Semoga bermanfaat, ☺

    • Ambil aja pak age saran saya, saya juga owner address walau nickname oneheart, coba adu kencang dan kenyamanan sama mio,beat,vario110 mah lewat plus bagasi super guede.
      Jangan takut sperpart selagi masih ada pabriknya di indonesia lihat aja kawasaki dealer se upil tapi banyak kan yg beli ninja.
      Kembali ke pribadi kita pak age, niat kita beli motor untuk apa?
      Kita pakai atau mau cepet di jual lagi, kalau org bosenan saran saya jgn beli produk logo S untuk saat ini pasti kuciwa, tapi niat kita pake sampe budeg juga tuh logo S gak akan mengecewakan pak age.
      Salam bikers.

    • terima kasih kang udin sama om one heart saran”nya.
      insyaallah 99 % saya ambil ,1% tinggal menyakinkan ke orang tua yg lebih nyaranim produk H. hehe

    • Harus acc dong secara masak kualitas bosok embit lebih dipercaya?knp mbit dipercaya masyarakat krn utk memiliki mtr tsb sangatlah mudah beda sama rival2 nya,
      Klo ada yg bantah kualitas mbit bosok mungkin itu sales onda
      Jauh bgt kualitas addres sama kualitas mbit, addres cuma kalah di brand doang tp kalo bicara kualitas silakan compare sendiri

    • Saya juga sempat berfikiran seperti itu sob, ini masalah brand saja.

      performa & Effisiensi saya Vote Address.

    • Bengkel suzuki sepi? Malah bagus toh, gak perlu antre.. Spare part susah? Jaman sekarang jaman online bos, bengkel jarang? Service aja sendiri, malah irit biaya..

    • Setuju kang, jaman udah beda mau beli sperpart sampe ujung dunia pun sampai tuh barang cuma tinggal pencet pencet smartphone, montir rata rata di indonesia udh paham sama jenis motor apa aja.

    • Emang saran mereka betul pak saya juga pemakai logo s sky drive mulai 2009 motornya enak n bandel semua lewat da

  10. Ingat, triatmono itu dari 3 kata, tri at dan mono, yang artinya tiga dalam dan satu, alias 3 dalam satu, tanpa sadar triatmono mengajarkan pada idiologi sesat yang sekarang kita lihat di tulisan triatmono

  11. iyo itu, dari kecil bapak pakai Rc 100, sodara pake Tornado, ada yg Shogun 2 orang sama smash juga, punya rejeki bapak beli truntung trus naik jadi carry lalu dijual karna butuh, ada uang beli truntung lagi dan ada rejeki beli carry lagi, sodara ada yg pake futura sama ngertiga, suzuki sangat melekat kang, sampe sampe mau cari Thunder 250 gak jadi

  12. nah ini ulasan yg bagus untuk kita renungkan bukan semata tentang suzuki tp melihat diri kita, apa yg telah kita lakukan selama ini cukup bersahaja, ramah n santun atau justru sering membuat orang lain bahkan keluarga kecewa?
    Kalo kita sudi barang sejenak merenungkan itu niscaya kita selalu intropeksi diri n hati² dlm hal tindakan maupun ucapan. Tak ada yg terlambat selama kita ada niatan untuk mulai dari nol kembali fitrah.

    Haiyyaaa cilaka luwa welas waaa

  13. Entah ya cuma pendapat saya aja sih. Indomobil (motor mobil) kurang agresif. Lama kelamaan divisi motornya bisa tutup lho. Tapi masih ada kesempatan untuk memperbaiki.

  14. Marquezz – June 15, 2016

    Peluncuran all new cbr150r disentul dihadiri petinggi hrc jg marquez dan dani pedrosa,kalau palsu yg asli yg mana tong??????
    ————

    ngoahahaha

    abis dateng diliat eh jelek
    KUALITAS DIBAWAH STANDAR HONDA
    memalukan !

    ngoahahahaha

  15. Sarip – June 15, 2016

    AHM tuh Gabungan 2 saham perusahaan brow 50 50 .. Astra internasional Sama Honda corp. jepang ntuh sendiri
    ..
    ————

    ngoahahaha

    gue juga tahu itu gabungan tong
    tapi kenapa si AHM TIDAK LOLOS KE PASAR EROPA atau bahkan JEPANG ?

    TAM toyota astra/ ADM astra daihatsu aja bisa masukin hasil rakitannya ke jepang

    sales kek elo mana ngerti logika gini
    ngoahahahaha

    • eh masak sih, rakitan Toyota n Daihatshu sini diterima disana? smua model apa trtentu tuh? #nanyaserius

    • Semua itu kebijakan pabrikan.. mau untuk regional atau untuk eksport.. di malaysia sendiri ada pabrik juga,kenapa ga ekspor ke jepang? Kan semua strategi pabrikan. Seperti pcx yang pindah ke vietnam,walau thailand tetrp produksi.

      Jadi ga melulu untuk eksport.. kalo regional aja ada pabrik.. kenapa harus ambil di region lain.

      Beda yamaha, banyaknya pabrik yang tutup jadi bisa pindaj basis.

    • nah nek kya gitu kan otomatis sudah di plotkan sendiri² kan, yang kadang heran apa mitos yg berkembang ki emang betul apa ndak nk lokal kualitas beda padahal kan kalau anaknya bikin motor pasti yo diusulkan ke bapaknya to, nanti bapaknya stuju trus baru dibikin motornya, logikanya kan kalau sudah dibikin brati kualitas yg standarnya bapaknya itu harus dimiliki sama anaknya, nah nek katanya jelek bla..bla..bla.. lha ini jane karena anaknya yg ndablek bikinya gak niat apa bapaknya yg emang punya standarnya seperti itu, gimana itu? jangan-jangan karena regulasi di negara ini yg trlalu standar jadi bikin yg acak adul aja boleh dijual ????

  16. solusinya berbenah, restrukturisasi, rejuvenasi, revitalisasi dan re-establishment. manajemen baru, strategi baru, produk baru, cara pandang baru, hal hal yang terbukti baik dan berhasil dipertahankan, sementara cara cara lama yang terbukti gagal ditinggalkan.

  17. ya pasti pengaruh lek. sebesar apapun powernya. sebagus apapun bodinya. sebaik apapun produknya. kalau 3s nya sulit ya mending kabur wae lek. knapa hondo bgitu dominan ya karena 3s nya mudah didapat. bahkan skarang merabah didesa2 banyak bengkel servis. mosok arep nyervis motor ae kudu kekota. rumahq kan ndeso. adohh parahh

  18. hal yang diutarakan di artikel itu jelas konsekuensi logis, SIS sudah pasti memikirkannya, gak mungkin gak dipikirkan, tapi kan tetap harus liat realitas, logikanya penjualan minim, sementara overhead rutin harus tetap dibayarkan, listrik, air, bayar pegawai administrasi, sales, lain lain, bila total penjualan < total biaya/overhead, ya suka tidak suka harus tutuplah, emang neneknya si dharmo mau nalangin? yang bener saza deh!

  19. dulu waktu umur 8 thn sempat dibonceng kebut2an naek rgr sampe mw nangis. pas turun kagak bisa berdiri tegak gara2 gemeteran. speednya itu loh. KAGAK NAHAN

  20. Saya pengguna shogun sp 125 2010, puas nih, dgn pemakaian seperlunya, udah mau 6tahun tapi blm servis besar, tapi ya itu SIS, aftersalesnya kurang, cuma emang produk n ketahanan sparepartnya jempolan, bensinya juga irit, isi 30ribu pertalite bisa buat 4 hari pp hardah – cemput, dealer yg gede buat servis cuma di suzuki sunter doang, tapi kalo sparepartnya mau yg aga murah tapi ori, di suzuki sena sebelahan ama kawasaki ramayana di jl kebon jeruk kota, itu sparepart suzuki n kawasaki apa aja ada, semoga berguna infonya,

  21. FBH teriak lihat Honda jaringannya bagus AHASS dimana mana, FBY teriak walau AHASS dimana mana tetep sport 250 honda masih dibawah Yamaha, FBH balas mana DOHC 150 Yamaha, FBY balas sama SOHC 150 aja masih bisa jabanin apalagi bikin yang DOHC tar malah kay kasus di kelas 250,,, Penonton lewat dan berkata tetep raja motor sport di indonesia ya Kawasaki, walau jumlah jaringan 3S nya dikit tapi laku keras.

    Honda sama Yamaha berebut Recehan, Kawasaki cari yang mapan.
    Toyota ikut teriak,,, udah jangan pada ribut ini bulan puasa, buat mudik tetep enak pake Mobil, kalau dana kurang ada tuh tetangga punya Daihatsu, kalau lebih ada Mitsubishi

  22. cukup hondut ma kawak yg lain tutup aja tuh sekalian pabrikan e… motor katrok ala sijuki n motor bosok kualitas recall yamahuttt cuman nambah2i sampah ndunyo ae…

    ngoookkkkk

    ekekelekek….

  23. disinyalir sebentar lagi dealer-dealer yamahutttt jg banyak yg tutup…
    gara2 jualan motor bosok rosok series kualitas 2x recall n meong zemb00000ttt series yg zonk…

    ngenezzzzz… tnn nasib e jongozzzz yangmahooo

    ekekekekek…. modiarrrrmoooo..

    ngahhhh ngahhhh ngahhhh

  24. y n h kliatannya masih tegar, tapi h lbh update. Dealer S samping rumah dah lama tutup, ada yg gede uda pasang poto pinales, eh dia malah pindah ke y, cuma liat luarnya sih, ga prnh masuk. Yg k jarang liat, kalo tvs sepi n adem aja.
    Gua sejak lahir pake mochin rakitan semarang, msh awet coz bawa pelan aza.

  25. Di Banjarmasin tahun 1992 sudah pernah beli RGR harga 5,2juta waktu itu crystal tune masih 2juta 3ratus ribu rupiyah…suzuki dilawan!

  26. Pabrikan kecil mendingan bikin produk ngak usah macem² biar fokus tp lansung spec kasta tertinggi.
    Misalnya stroke 53,6mm – 54,5mm@150cc, 4tak, dohc, liquid cooler.
    Atau Metik stroke 55mm@125cc-150cc sohc 4valve, kompresi tinggi, liquid cooler.

    1, suzuki punya basis RGR stroke 54mm, matik basis Skywave stroke 55mm @125cc
    2, yamaha punya TZM stroke 53,6mm
    3, kawasaki punya ninja/klx150 stroke 54,4mm, matik J125 stroke 54,5mm@125cc

    Kalo masih janjian spec kaya sekarang pabrikan kecil apalagi cuma importir (overpress) kaya kawasaki bakalan tergerus sama yg sumberdayanya besar (Ahm).
    Kalo Dealernya pada tutup ya sukurin aja deh….. Xixixixixixixi

  27. Ngaruh om iwan, contoh… dealer sujuki deket rumah ane tadinya ada 2 biji. Sekarang tinggal 1.

    Yang disayangkan dealer yang tutup tersebut adalah dealer yang pelayanannya baik. Dan yang tersisa adalah dealer yang… #isisendiri

  28. Suzuki yg punya tag Line inovasi tiada henti berakhir tanpa inovasi. Suzuki tidak mampu menangkap peluang dgn cepat, produk yg di keluarkan bukan tambah baik tp malah lebih turun lg, contoh dulu Suzuki ada shogun kebo, yg sangat terkenal. Motor yg nyaman sekaligus kencang, perseneling yg paling lembut. Dan enak di bawa kencang, berganti generasi kedua shogun malah mengalami penurunan kemampuan, motor tidak se nyaman generasi kebo. Tenaga kg serasa disunat. Apalagi ahogun125, cc nya saja besar. Tp tenaga ga sebagus generasi awal.. Itulah Kenapa nama shogun makin redup. Karena Suzuki tidak mampu menjaga konsistensi produknya.. Satria 150 di ituvslah satu contoh keterlambatan Suzuki dlm pengembangan motor. Disaat dealer Suzuki byk yg tutup. Baru mau mengeluarkan produk baru. Percuma kalau punya barang bagus tp orang ga bisa beli dan khawatir akan 3 S nya

  29. ekekek…
    kalo dinegeri ini hanya onda yg berdiri ..
    ane mending beli sepeda pancal zaza ..

    daripada jadi orang dungu kek fbh ..

    ????

  30. ngk arep produk mek siji tok ngk onok pilihan engkok seumpomu hondul jd penguasa roda 2 indo ngenes pakdde……

  31. suzuki hrs cepat produksi sport naked dan fairing 150cc, krn pasaran udh jenuh dgn ayago suzuki akan tetapi sport nya udh ditunggu dr dulu. image sport suzuki sgt bagus tp malah fokus di ayago aja.

  32. Ngaruh bgt emg lek sbg konsumen klo dealer bnyk yg tutup, aplg buat konsumen motor komuter yg mikirin bgt ttg pelayanan aftersales..
    Suzuki sepertinya emg terlalu fokus ama jualan mobil smpai jualan motornya terbengkalai..

  33. Sejak kecil taunya honda, honda, dan honda. Masuk sma naek yamaha F1Z, kerja pake suzuki thunder 125 sampe sekarang… cukup nyaman. Pengen upgrade ke inazuma saja. Brand ndak penting lagi, tes ride-suka-beli! Urusan service gampang lah, non beres banyak kok… jaman sekarang spare part beli online. Ndak pake ribet.

  34. Dulu ane punya verza, service di wahana honda cuma dikencengin rante doang, karena apa? Karena banyak panjang antrian service ga sampe lima menit. Setelah service keempat ane tidak mau service di wahana, di ahass biasa servicenya lebih bagus motor ane dibongkar bener2, pas di cek mesin ane hitam karena ga pernah di bersihin. Akhirnya sekarang beli motor byson fi tinggal coba service diyamaha kaya gmna. Bengkel resmi belum tentu kualitasnya lebih baik think smart

  35. pada presiksi yamaha…hhhh
    dohc blum kluar,,,coy
    strategi gtr150 downgrade buat deketin power mx king, ngga bakal stop yamaha produksi dohc, justru suzuki ini yg di maksud, penjualan satria fi ngga sesuai target, bener-bener harus merubah polapikir 1 produk suzuki ini, contoh honda all out
    kawasaki juga ngga begitu jauh sama suzuki, 1-2 produk tapi tetep cuma satu yg jd pondasi, dan itu bahaya

  36. 56. ?? ™MB@H D@RMO™ ?? – June 15, 2016

    ekekek…
    kalo dinegeri ini hanya onda yg berdiri ..
    ane mending beli sepeda pancal zaza ..

    daripada jadi orang dungu kek fbh ..

    ????
    Reply
    ———————————————————
    Kemarin di artikel recall koq ente gak keliatan mo?
    Pura2 gak baca artikel atau lagi ngumpet di zamban? ??
    Ekekekekk
    Zluuubbhh

    • Kami tidak dibayar untuk mantengin blog brow ya suka2 mau koment ya komentar kalo gak ya tidur aja!
      Entah kalo orang macam pean??????

    • kalau artikel motogp kamu juga suka ngumpet kan?parahnya lagi ngumpetnya d keleknya jorge99.
      ngoahahaha
      ???

  37. 60. FBO – June 15, 2016

    Ngaruh bgt emg lek sbg konsumen klo dealer bnyk yg tutup, aplg buat konsumen motor komuter yg mikirin bgt ttg pelayanan aftersales..
    Suzuki sepertinya emg terlalu fokus ama jualan mobil smpai jualan motornya terbengkalai..
    Reply
    ———————————————————
    Pabrikan Y juga sepertinya terlalu fokus ama jualan suling sakti, sampai jualan motornya kena total recall
    Ekekekekk ??
    Zluubbhh

    • ngg cuma suling bro,ada keyboard,drum,sound system,yg satu unitnya bisa buat beli beberapa motor honda bro.
      ???

  38. Dalam hal aftersales, H*nda juga selalu menjadi yg terbaik.
    Dgn jaringan dealer terbesar, terluas dan terlengkap, ketersediaan sparepart yg mumpuni, kenyamanan fasilitas ruang tunggu (Full AC, Wifi hotspot, full entertainment, free soft drink & cemilan, Free cuci motor gratis), mekanik2 yg handal (dibekali pengetahuan dlm penanganan mesin injeksi menggunakan sistem komputer, tdk seperti pabrikan sebelah yg masih menggunakan obeng)
    H*nda memang tiada duanya.

    Nyang penting DOHC!!!!!!

  39. entah ada hubungannya atau tidak, di masa jaya nya RGR, diisaat yg sama, suzuki 4 wheel merajai di sektor minibus carry alias angkot dan pick up, dan terkesan men “cuek” an 2 wheel nya, seperti hanya cemilan, mungkin itu awal kemunduran dari suzuki 2W nya

    • Mungkin itu awal dari kemunduran 2wnya suzuki?
      Hellooo, kata (mungkin) berarti gak pastikan?
      Cocok sama nick name ente bro, Sok Iye Lu Bro buat opini.
      Bhahahaha.
      Zjluuuuupppp.

  40. アスモフムイロス™ – June 15, 2016

    Yamaha bs jd, klo tdk bljr dari kasus suzuki….
    setelah kejayaan suzi era 2tak sbnrnya motor 4 tak suzuki sprtt thunder, shogun, smash, spin cukup laris manis dipasaran, klo menurut ku ada satu hal yg buat produk suzuki kurang diminati yaitu imej suku cadang yg mahal n purna jual anjlok drastis, tp klo mslh kualitas finishing maupun engine okelah.

    nah skrg nasibnya ada ditangan fufi
    Reply
    ———————————————————
    Tumben wahyu nasrul a.k.a predator bisa komen waras, biasanya ngelantur, lanjutkan srul!
    Ekekekekk ??
    Zluubbhh

  41. sadar – June 15, 2016

    Kami tidak dibayar untuk mantengin blog brow ya suka2 mau koment ya komentar kalo gak ya tidur aja!
    Entah kalo orang macam pean??????
    Reply
    ———————————————————
    Lirik fby militan yg semangat bc 24 jam klo ada artikel yg bahas kekurangan H*nda
    Tipikal fby :
    1. Sok netral
    2. Sok bijak
    3. Sok amnesia
    4. Shock deltabox

    Ekekekekk ??
    Zluubbhh

    • Wuihh…team a.s.u sales dah mulai turun terang2 an.pertanda ajal mulai dekat ka?..biasanya mereka sembunyi pakai kemben (nama samaran).
      Gw tetep dukung Y,S dan K hidup biar konsumen gak dikebiri dalam soal pilihan.

  42. ngga ngaruh kalo buat fanboy, kalo ngga percaya tengok aja kolom komentar fanpage laskar suzuki. kata mereka pabrikan yg nyediain stok sparepart melimpah dan bengkel resmi dimana-mana itu menandakan produknya ga awet. lain cerita buat konsumen biasa, layanan aftersales jelas jadi pertimbangan. emang produk suzuki itu bandel & mantep, tp kalo layanan aftersalesnya pada tiarap yo males cak

    • nah itu laskar suzuki yg terlalu nyanjung jd ngg bagus buat pabrikan itu sendiri.baiknya dikritik agar bisa berbenah.
      ???

  43. mosok ono bocah pinter tapi males, ga mau dengerin guru dan orag tua, egois, ga mau belajar dan usaha, ada PR gah ngerjake, pengen nilai apik, pengen juara siji, pengen wakeh kancane, pengen entok hadiah…yo ngimpi critane…hahaha, lah kok yo terus sing di salahke kancane podo pintere, tapi rajin, nggugu guru lan wong tuwone, mau mendengar kancane, gelem sinau tur mempeng, ada PR langsung di garap rampung yo mesti wajar yen juara siji, bijine apik kabeh, ranking 1, yo mesti semua senang, gurune, wongtuane, kancane, tonggone, dulure kabeh bahagia…wajare ngono! Yen jek ono sing ga seneng, ga bahagia brati yo iri dengki jenenge! Hahaha…

  44. dari bapak saya muda sampe sekrang umurnya di atas 50 motornya tetep suzuki , tapi ga ada keluhan yang serius sama mesin padahal bapak saya termasuk orang yang budeg sama ganti oli tapi motor tetep awet semua mesin halus . sampe sampe minta beli produk h dan y ga di kasih tu tapi beli satria langsung beli

  45. Hanya dimasalah marketing aja sebenarnya suzuki dulu bagus era shogun bahkan sangat laris mungkin bisa jadi merajai bebek waktu itu tapi mungkin kurang inovasi. untuk sperpart honda yg original sekarang juga mahal malah lebih murah sperpart yamaha tapi part2 honda itu banyak duplikatnya aspira indopart dan merk2 lain banyak ane aja dulu beli roller aja ditawarin mulai 25,30,35 45 55 60 70 sampai yg racing ada. tapi ane pakai yg 35 sekarang juga awet. Tergantung pemasaran aja Honda yamaha sering adain dangdutan dipasar sama promo2 kalau suzuki nyebar brosur aja jarang mau laku gmna?

  46. Di cicurug deller satu-satunya yamaha udah tutup mas…yang punya yamaha pada bingung mau service kemana..secara deller paling deket ya di parungkuda atau bogor..jaraknya lumayan jauh…

    Di sisi lain honda justru punya 2 deller di cicurug..kondisi yg terbalik,,,aneh sampai sekarang gag ada pergerakan dari yamaha untuk membuka deller baru di daerah cicurug…

  47. Lapor dari Jogja :

    dealer Medan Jaya Motor di Gandekan Lor sudah lama berubah jadi salon…padahal dulu dealer ini favorit/tujuan pertama masyarakat membeli sepeda motor Suzuki

    ::note : dulu di Jogjakarta ada 2 main dealer, Medan Jaya Motor Group dan Indo Jaya Motor Group

    tambahan lagi, Suzuki Gondomanan (depan Jogjatronik) masih buka tapi gak ada motor baru yang dipajang,mereka hanya memajang Suzuki GSX1000 lawas (punya’e owner)

    Namun untuk stok sparepart,mereka masih punya Medan Jaya Motor belakang hotel Garuda ,meskipun stoknya tidak selengkap Sena Jaya Kebon Jeruk VIII

  48. 75. pacul – June 16, 2016

    dari bapak saya muda sampe sekrang umurnya di atas 50 motornya tetep suzuki , tapi ga ada keluhan yang serius sama mesin padahal bapak saya termasuk orang yang budeg sama ganti oli tapi motor tetep awet semua mesin halus . sampe sampe minta beli produk h dan y ga di kasih tu tapi beli satria langsung beli


    untuk suzuki jadoel yang mayoritas mesin 2tak,tidak ganti oli mesin setahun gak masalah bro… yang penting oli samping tidak telat,karena pelumasan 2T,mesin atas menggunakan oli samping,sementara untuk oli mesin hanya untuk mesin bawah

    Beda dengan 4T, oli mesin melumasi semua bagian mesin bawah dan atas,makanya mesin 4T harus rajin ganti oli,sedangkan mesin 2T harus rajin isi oli samping(gak boleh telat,karena akan membuat piston berhenti dan menggores liner silinder)

  49. @nganu ngini

    maklum masbro,,,mungkin efek bocoran pabrikan S mau brojolin produk sport tulen yg konon versi trial tembus 190km/jam

    dari sumber menyebutkan speed segitu jangan jadi patokan buat produk masalnya

    efek bocoran itu mungkin bikin kompetitor ketar-ketir,,,so mungkin timbul wacana waspada ini dan itu

    maklum pabrikan S memang jaringan dealernya dikabarkan banyak yg tutup ? apa bener ?

  50. Tetap percaya sama produk Suzuki. Kalo gak Suzuki, ya pilih produk Yamaha. Yang pasti gak bakalan pilih produk Honda. Gak doyan. Honda itu produknya tiruan Suzuki sama Yamaha. Pabrikan yang kurang inovasi. Bisanya cuma niru produk tetangga.

Leave a Reply