Mzbro ini debat sengit saat akan ditilang polisi karena knalpot racing….!!

145

knalpot racing (2)

Bro dan sis sekalian….sebuah pengalaman nyata dishare oleh bro Aril Sujana yang debat sengit dengan petugas polantas saat razia. Kejadian yang dialami disekitar daerah Solo ini sempat menjadi ajang ping pong karena doi bersikeras bahwa knalpot yang dipasang sesuai dengan desibel maksimum tingkat kebisingan. Nah…seperti apa sih detil kejadian dan kronologisnya ??. Berikut penurutan bro Aril via surel ke IWB….

Selamat sore mas Iwan. Perkenalkan nama saya Aril Sujana Umur 20tahun. Saya adalah silent reader di Blog nya mas Iwan udah dari dulu. Tapi baru kali ini mau ngeshare cerita saya karena menurut saya ini adalah pengalaman terbaik sekaligus semoga bisa di jadikan postingan agar semua masyarakat tahu. Tak lupa juga kepolisian hari ini hari sabtu tgl 14/5/2016 saya dari arah Sragen mau kuliah di Solo, di perjalanan ternyata ada razia dan kemudian saya diberhentikan. Saya memakai motor MX King dan knalpot ori R9 Mugello Black+db killer. Disana saya berhadapan debat dengan 5 polisi + 1 ketua pelaksana..

Polisi 1 : knalpot kamu saya tilang
Saya : kenapa pak ?

Polisi 1 : Knalpot kamu tidak standar (nada kasar)
Saya : Memang pak knalpot saya tidak standar tapi saya tidak melanggar peraturan UU Lingkungan Hidup yang menyatakan bahwa motor dengan kapasitas <175cc maksimal kebisingannya adalah 80db (sambil menunjukkan UU nya)

Polisi 1 : Kamu saya tuntut balik karena melawan aparat
Saya : Saya tidak melawan saya hanya membela diri dengan UU
Polisi 1 : Sana kamu (sambil ngasih STNK & SIM saya ke polisi 2)

Polisi 2 : Mau apa kamu ? (jutek)
Saya : saya mau membela diri pak karena motor saya tidak menyalahi aturan

Polisi 2 : Ini saya punya UU-nya (nunjukin surat tilang yang hanya ada tulisan knalpot doang)
Saya : itu hanya knalpot pak sedangkan saya lebih spesifik
polisi 2: Sana kamu (lagi lagi saya diping pong ke polisi 3,4,dan5)

Polisi 3,4,5 : Kamu udah salah malah melawan
Saya : Saya tidak melawan dan saya tidak mengatakan hal kasar saya hanya menjelaskan, sambil menunjukkan UU nya bahwa saya tidak bersalah karena saya bawa motor juga nggak ugal ugalan hanya untuk penanda jika sedang dalam kondisi kencang
Polisi : coba buktikan
saya : saya berani pak membuktikan bahwa motor saya kurang dari <85db (sambil buka aplikasi soundmeter)

Polisi : Itu hanya aplikasi bohong-bohongan
Saya : Ya udah pak saya mau bicara dengan ketua pelaksana

Saya : Permisi pak saya mau menjelaskan bahwa saya pengen mengemukakan pendapat, lagi lagi saya membawa UU Lingkungan Hidup dan memberitahu bahwa knalpot pabrikan itu sudah ada regulasinya. Buktinya knalpot buatan Indonesia ini sudah sampai luar negeri, dan saya memberi tahu hasil testnya

Ketupel : Oh gitu ya mas, ya udah mas…gini aja saran dari saya. Mending mas nya nanti ganti saja ya biar lebih aman. Saya tahu niat mas itu sebenernya baik soalnya nggak mungkin kalo mas itu ugal-ugalan saya dari tadi memperhatikan masnya (sambil nyobek surat tilang yang tadi telah ditulis). Ya udah mas ini saya tolerir dulu

Saya : terima kasih pak (menjabat tangan)

Saran saya ya mas, semua polisi itu sebenernya baik mas mereka melakukan tindak ketertiban.Ttetapi sangat amat disayangkan bahwa kebanyakan polisi hanya menafsirkan Undang Undang dari permukaan saja tak mau menyelaminya. Jadi saya dan lainnya sebagai rider harus menyelami peraturan Undang Undang untuk membela diri. Karena menurut saya kita punya hak membela diri. Sekian selamat sore mas. Wassalamualaikum….

Yup….sebuah pengalaman yang luar biasa. Kenapa?. Kali ini IWB harus acungkan jempol buat ketua pelaksana Polantas yang sabar tidak egois serta sudi mendengarkan. Karena tidak jarang dilapangan kadang kita harus menghadapi kenyatan sebaliknya. Perkara knalpot racing sendiri sebenarnya dari dulu memang selalu menuai kontroversi. Hal ini dikarena tidak seragamnya pasal yang digunakan untuk menjerat biker. Ada yang berpatokan pada undang-undang peraturan desibel suara…

Namun tidak jarang petugas juga menjerat dengan pasal kelengkapan standart kendaraan. Artinya jika kendaraan dimodifikasi dari standart….berarti sudah menyalahi aturan. So….IMHO memang akan sulit bagi kita membela diri jika sudah menemui kasus seperti ini. Apalagi jika sampeyan menemui petugas yang saklek dan balik berkata..”membela dirinya di pengadilan aja ya mz..”alias tetap ditilang kangbro. Makanya agak sulit….

Last…sejauh ini petugas memang hanya melakukan tilang berdasarkan suara dan bentuk fisik tanpa mengukur desibel asli suara. Kalau sudah begitu akan sulit bagi kita untuk berkelit walau secara angka masuk batas toleransi. Dengan kata lain bro Aril beruntung bertemu Ketupel yang sangat bijak. DiBandung sendiri knalpot racing apapun sudah dilarang dan diberangus habis. Dilema emang. Btw kalau sampeyan sendiri gimana kangbro. Punya pengalaman serupa tentang knalpot ???…..(iwb)

knalpot racing (1)

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
179121
  • Aladin

    1

    • PREDATOR™

      2

    • ghost_buster

      kalo motor h*nda pake knalpot racing langsung meleduk jadi polisi gak usah repot” nilang.. maklum motor kualitas kw3, dioprek dikit langsung meleduk..
      lirik dohc bala-bala.. ngaaaaaah

    • Old Lady Boker

      owh gitu ya??? yuk kita bantuin ketawa ksian ga da yg nemenin dia ketawa… hahaaa….

    • gokong

      tak ada org yg membenci kenalpot freeflow/racing/aftermarket kalau memang tak mengganggu orang lain. analoginya, coba bandingkan sma org yg variasi kaca spion, siapa yg mau benci -_-
      bagi yg bilang tak ribut kok, ya kan kmu sudah beli jdi kmu tak bisa fair dalam berkomentar, kmu mengelak.

    • Ianone naik DOHC

      Amankan Dari sales kere Dan FBY.

    • ghost_buster

      kalo kalah debat langsung ganti nickname.. banci

    • Ianone naik DOHC

      Wakakaakakaka
      Banci teriak banci.
      Yg kalah debat siapa???
      Gue ganti nickname Biar gk modeterasi…..paham.
      Kalo gak paham ane maklumi karena FBY emang Dungu.
      Jleb
      Walakkakakakakakak

    • Kakek salto

      Percuma dijelasin, karena yg namanya FBY dari jaman jebott gak akan pernah paham. Maklum, otaknya gak nutut utk memahami, alias idiott.

      🙂

    • markewer

      sebenarnya SEPARAH2 NYA FBY itu LEBIH PARAH FBH.
      fakta lho.
      hahaha

    • alm fifauzi homo

      coklat coklat neng dalan? opo jal? lethong!

    • Rins

      t4i lecung om
      ???

  • Aladin

    pertamax kah?

  • iun

    3

    • gokong

      yg paling enak ntu old vixion, suara enak oy. tak prlu beli kenalpot (beruntung klo tak kena operpret) dan tak prlu disentuh sama mekanik yg kebanyakan youknow lah.

    • gokong

      fbh : “oblag, sohc”
      knalpot racing user : “bacot lo, awas lo”

  • Wira256

    Wedus

  • nunu

    kalo anda berani datang ke cirebon. spentil variasi saja ditilang..
    hahaaa

  • Kuliah di solo dimana nih bang arif, saya kuliah di uns, sudah 3x kena razia di solo, alhamdulilah knalpot racing saya aman meski kadang dipermasalahkan sampai debat dan akhirnya bebas tilang. Oh ya knalpot saya t9 new mugello + db killer. Saran kalau yang berada di solo, mending pasang db killer, karena polantas solo masih mentolelir asal nggak bising banget

  • PREDATOR™

    brebeki tok
    sawat sendal daghhh

  • Uyeman

    Ya begitu lah…

  • dancowk

    aaah gagal podium gara2 pake sohc berfairing, shiit!!!!

    • ponidi

      Duduk “dawncowk” tapi “jancoook”
      Suroboyo klonegan yo su koen

    • Kloneng

      Udu suroboyo
      Tp surabaya

      Klonengan jilid2
      Wokakaka

  • jowiddo

    kalo knalpot R9 asli ane yakin gak mungkin melewati ketentuan desibel

  • Mbuh lah

    Ke 2…

  • nonk

    aku pernah langsung di suruh lepas knalpot,,,…. mangkellll pokok’e….
    wes di tilang knalpot ilang pisan….

    • Bazz95

      Di lepas aja bro suaranya 3x lebih kencang dari knalpot racing wkwkwk

  • zacky

    Kalo ane mlh suka knalpot yg zzZzzz… 😀

  • CHM

    Ngemeng2 kenapa data sales AISI bulan April 2016 sepi berita?
    Beda sekali dg bulan Maret 2016.
    Rame beritanya dimana-mana, apalagi di blog TMCBlog dibahas sampai berbusa2 tiap segment & dibuatkan grafik segala.

    Bulan April, blogger ternak AHM pada tiarap tutup mulut.
    Hasil googling, hanya ada 5 blog yg beritakan data AISI April 2016:
    – IWB
    – warungasep
    – rideralam
    – adventuriderz
    – pertamax7
    Itupun singkat & datar, beda dg bulan Maret yg heboh kayak lagi ultah.
    Apa karena AHM nyungsep 20% & YIMM naik 25%?

    • Mosok mbing?

    • ghost_buster

      waaah iya juga ya broo.. biasanya di kupas secara tuntas.. tpi ane baca di warung ini juga cuma beritanya suzuki anjlok.. kenapa yaaa

    • Yesi

      Jelas malu dong, masa Tuhan kalah sama umat.
      Nanti Tuhan akan murka dan menghentikan gambar bergerak nguiknguikik

    • Data2 gituan gak penting.ikut nanam saham juga gak kok,ngapain buang2 waktu mgomenin data2

    • jaffar

      Ya elah tong naik dikit,tapi masih kalah aja udah songong.dari dulu gak berubah gaya luh….

    • babon

      Jiahh menang ms metic bosok aja belagu lu tong..,

    • Jaffar

      wkwkwk yang ada yang manyun ?

  • ghaizan

    nyimak

  • wong blitar

    Motor cc cilik bae gae knalpot racing,ben lapo?
    Mbrebek2i kuping lak mlebu gang
    Wong egois iku

  • Kaki Sidiq

    lek IWB,
    saya mau tanya, apa buku UU LLAJ itu d jual bebas ngga yah??

    terima kasih 😀

    • Mbah Kijang Njengat

      Download aja mas… uu itu kan untuk diketahui secara umum

  • Kalo predator di tilang karna bawa poster sebakul buat dagang 😀 , nguuoookkkk…..

  • ponidi

    Duduk “dawncowk” tapi “jancoook”
    Suroboyo klonegan yo su koen

    • dandang gulo

      kumat mas?

  • ika wulandari

    amankan dari sales yang mewek minta dibikinin artikel ms bulan april 2016,ngoahahaha

    zrooottt

  • Andy Sanz

    di kota bogor aman aman aja mas iwan,pulsar saya juga pake knalpot racing DBS tapi ga pernah ditilang. kalo di kabupaten bogor khususnya jalur jasinga biasanya disuruh dicopot atau dihancurkan. tapi biasanya yg kena itu knalpot racing yg murah alias berisik aja.

    • danial

      kata siapa dbogor aman.kmrn saya kena tilang dbogor gara2 knalpot racing polisi bilang berisik ada pak jokowi d istana merdeka hahaha.mreka pikir gue mau ngetrek d halaman istana merdeka

  • pfd_lovers

    poliz gembong lapeeeeeer

  • superdede

    ada yang mewek2 minta artikel ms lebih spesifik..
    jadi ingat seri awal superbike tahun ini. ada yang ngotot minta artikel superbike karna yamaha cemerlang di kualifikasi. eh ternyata hasil balapan ga sesuai harapan dan ngumpet di gorong2 tuh anak.

    • FBO

      Trs knp? Mslh buat lu bos?
      Kan mrka mintanya gk ama lu..

    • darmo waras

      Kasih dahhhh……
      Biar senyum bentar

    • Gentleman Rider

      Mewek
      #miris

  • motorkeren

    Klo ga buat kebut2an atau ugal2an, knalpot standar udah cukup. Pake knalpot standar aja kadang pengen ngebut, apalagi Knalpot racing, free flow dan bla..bla..bla..tujuannya pengen naikin power, ujung2nya ngebut, ya ga bro…

    • bentoelbiru

      baginya gk mengganggu,,bgi gw mengganggu,,dasar labil,,ms tlinganya mw disamain ma tlinga yg lain,,

  • Har_on

    Knalpot yg after market walaupun masih dibawah db yg diizinkan tetep….
    ..bising,….klo dipakai dijalan umum seh mendingan pakai yg standar pabrik, tp klu mau di sirkuit pakai yg racing merupakan pilihan yg tepat.
    Secara dijalan banyak tipe pendengaran orang beda2,ada yg suka dan tidak,tp klo pakai knalpot yg standar pasti bersahabat dgn semua telinga rider dijalan raya.just my opinion

    • gokong

      sy setuju. mengeluarkan uang yg tak sedikit, sdh pasti mau dibilangi “KEREN”, krn klo mo balapan ya mau dimana sih, dijalanan umum?
      . nah ntar klo ditilang bilangnya desibel desibel desibel. memang klo dijalanan tidak digas apa? desibel tak meningkat? kampret ya ?

    • Rinto

      Emang lu pikir knalpot standar udah bebas bising?
      Emang ga di gas ya?
      Emang knlpt std ga keluar suara ya?
      Malahan desibelnya std kdng lebih dari knalpot aftermarket( BUKAN RACING ) jgn katro dah knlapot aftermarket itu mempunyai karakter suara yg bervariasi, jgn samain sama suara knalpot abal bin karatan atau knalpot kw.
      Terus kalau lo seneng knalpot yg senyap lo rajin liat spion ga kalau mau pindah jalur
      Gua rasa enggak lalu tiba tiba ada motor suara knalpot super senyap lo hantem gimana perasaan lo sama tuh motor yg senyap suaranya?
      Tau darimana coba yg msng knalpot aftermarket semuanya agar dibilang keren dan balapan di jln umum
      Ngakak.

    • gokong

      udah kluar duit bli knalpot dan takut rugi, ngomongnya dibikin bagus padahal orang2 jg pada tau klo cuma bullshit⬆ hahaha

  • MT_Rider

    Gue pake akra, klo polisi mau nilang gue geber gue ajak balapan…ketangkep gue pasang dada, gk kuat ngejar berarti nasib gue baik.

    • davemet

      Bacot doang lu!

    • Gentleman Rider

      Sabar bro

    • Baru sekali liat seles ngarang cerita 😀
      Boro” punya knalpot akra, motor aje boleh kredit wkwkwkwk. Nguukkk…..

    • Old Lady Boker

      ente bukannya yg ada di acara lapanenam bro.. yg mewek wktu motornya mo diangkut polisi???

  • Yudi

    pngalaman di jogja yg blum bgtu ktat gnian.. tmn bawa satria dbrentiin.. dan di tilang knalpot nya g setandar dan bising saya tilang ya.. tmn mangut2 dan mlah di kasih tips klok mau kenalpot model racing mnding knalpot standar di bobok g bkal di tilang klok g bising bgt.

  • matihtubmej

    Tandai aja itu polisi masa kalah sama sonya tandai juga ketupelnya biar naik pangkat 😀 😀

  • bianka

    motor 2cyl kan lebih halus + knalpot make made in eropa slip on, kira kira kalau razia kena gaa ya??? pngalaman blm pernah ktmu razia resmi soalnya,, ada yg bisa bantu???

    • Old Lady Boker

      buktinya di jalanan banyak juga 250cc 2 silinder yg suaranya pecah ga karu2an. udh gitu perlengkapan standar seperti spakbor dan plat nopol belakang jg dilepas. apa gak melanggar prosedur itu???

  • PREDATOR™

    intinya namanya knalpot racing tu hanya tuk balapan
    kalo di jalan raya hrsnya wajib knapot standart pabrikan..
    namanya knalpot racing pst bising walopun pk db killer
    sbb proses gas buang plong tnp ada sekat² sprt standart pabrik,
    Sy lbh setuju jika industri knalpot lokal berlomba-lomba bikin knalpot yg suaranya lbh halus n ngebass dr standart pabrik tp modelnya tetap racing, sbb yg ada skrg kebanyakan keras n pecah

    haiyyaaa cilaka luwa welas waaa

  • Jhon Gendhon

    Besok ikut2an ngeyelin polisi ah,siapa tau terus ditodong pistol …,

    • Gentleman Rider

      Wkwkwk… Gile lu

  • samcohose

    Buat harian pake knalpot resing untungnya apa bos? bising iya meski db dibawah standart… pake standart aja bisa ngebut sampe lu mau mati juga bisa

    • Rinto

      Bisa bedain knalpot racing sama knalpot aftermarket street legal ga gan?

  • BACOTSAMPAH

    Z800 cocok tuh pake knalpot akurapopo apalagi poster hasil ngeprint sendiri bisa di edit2 tuh

    haiyyaaa cilaka luwa welas waaa

  • davy shan

    Di Bandung pake knalpot racing 2tak (ninja) ga ditilang kok pak, paling digetok perut knalpot nya.

  • fredi kurniawan

    harusnya para polantas diberi penataran dulu biar lebih bijak dan tambah pintar menafsirkan undang-undang biar tidak merugikan satu pihak dan sekarng rata 2 pada egois dan saklek mentang2 aparat dia anggap dia yg paling benar…

  • Rizard

    Ini orang pasang knalpot racing buat penanda kalo dia ngebut? Lha mbok kiro dalan e mbuahmu a? Lek kecelakaan jare sulapan. lek kesusu budal wingi cak!

  • Marquezz

    Bagus knalpotnya???

  • ryanto

    Inilah susah nya menafsirkan UU di negara kita mas iwan.. UU kita tak jarang menjebak & di tafsirkan separo2!..seperti yg di alami bro aril.. Apakah bro aril yg menyalahi UU atau pak polisinya yg menyalahgunakan UU ingin menilang bro aril brdasrkan UU yg ditafsirkan tdk keseluruhan..!! Pelik ny usrusan UU di negra kita bkn hnya UU lalulintas saja.. Seperti yg sering kita lht di acara TV. wakil rakyat,pkar hkm tatanegara dll nya debat & tak jarang berbeda pendapat dlm menafsirkan UU yg sama..!! & UU yg sdh direvisi alias sdh tdk berlakupun terkadang msh sja di pakai.. Klo sdh bgini siapa yg salah? Sipembuat UU kah? Atau memang UU di buat & di rancang sedemikian rupa? Miris memang negri ini

  • Rizard

    Kuping e njaluk disogrok tugu pahlawan ben krungu, ben ero gak dekne tok sing nduwe kuping

  • PREDATOR™

    kita ouwlang sbg biker sejati taulah dmn n kpn pake knalpot standart / knalpot racing after market…
    -Z800-ku knalpotnya msh standart n ogah gnti yg laen sbb dipakai harian n touring di jln raya lintas kota.
    -Untuk PANIGALE 1199R dr pertama beli lgsg ganti dg knalpot Termignoni dipake cm di sirkuit z… selesai lgsg diangkut pake pick up..

    itulah pengalaman kita ouwlang waaa

    • Tukang poster ngelawak mulu nih 😀

    • Gentleman Rider

      Wkwkwk

  • Karena para polis itu masuk nyogok semua
    makanya pada ga tahu undang-undang
    hahahaha Peace

  • Wahyu nasrul(chihuahua)

    Wan wan artikelmu gak mutu blasss raonok aroma bakar2ane.mangkane sepi….

    • FBO

      Lu aja yg dibakar ama komplotan lu!
      Udh bgs gk ada yg berantem, lu mlh ngajakin ribut.

    • sadar

      Sekarang jelas yg suka ribut itu fbh!
      Dan suka mancing keributan!
      Salam damai arema!
      Surganya biker!
      Sini walaupun pake knalpot corong aman! Sing penting helm surat lengkap! Ngacir brow

    • FBO

      Salam biker bro sadar.. ?

  • Markues (DOHC = Motor Balap = Motor Juara)

    31. PREDATOR™ – May 14, 2016

    kita ouwlang sbg biker sejati taulah dmn n kpn pake knalpot standart / knalpot racing after market…
    -Z800-ku knalpotnya msh standart n ogah gnti yg laen sbb dipakai harian n touring di jln raya lintas kota.
    -Untuk PANIGALE 1199R dr pertama beli lgsg ganti dg knalpot Termignoni dipake cm di sirkuit z… selesai lgsg diangkut pake pick up..

    itulah pengalaman kita ouwlang waaa
    Reply
    ——————————————————-
    Jualan posternya hari ini laku brp unit om??

    Nyang penting jualan poster!!!!!

    • Wahyu nasrul(chihuahua)

      Sepi mas yg hari ini rame poster cryiptonZ(zembiyut )

  • Yudhi

    Dilema kyk gni dari dlu smpe skrg ga ad hbisnya, produsen knalpot pabrikan hrsnya ngasih jaminan dan pnjelasan scara tepat, jelas dan masif, baik ke masyarakat dan jg pihak kepolisian bhwa knalpot yg diproduksi itu punya standar kualitas sama sperti knalpot standar pabrikan atau bahkan lebih baik dan tdk menyalahi peraturan perundangan yg brlaku.

  • JegangJoyo

    Kasus seperi ini sudah banyak di alami bikers di nusantara mas iwan, masalah polisi yg seperti menutup mata dengan adanya uu lingkungan hidup.. seperti ingin segala biker salah.. segala tindak pencitraan polisi di media yg baik kontra dengan sikap mereka di lapangan.. semoga rakyat tahu dan pimpinan polri sadar dan mengembleng anak.buahnya dan tegas dalam mengurus anak buahnya yg melanggar dalam tugas..

  • Reinaldi Lawrence

    Hoki kalii ituu wkwk.. mas iwan.. saran saya cba nnton video youtubers walterific, tonton video2 dia yg ktemu cops/polisi.. polisi disana hebat2 ramah tamahnya.. bener2 mengayomi dan teman masyarakat..

  • vixionrider

    karakter suara motor yamaha 135 -150cc klo pke sendalpot resing itu rata2 ngebas gk pecah

    • ? pangeran ?

      110cc aja ngebas bro …

  • ocol

    Pokoknya orang kalo pake kenalpot berisik buat harian itu namanya alay, ababil, egois, NORAK

  • Negara lagi krisis gini, pemerintah lagi marik pajak, harusnya mah modivikator dengan part dalam negeri di bolehin, minimal gak di masalahin, biar mengeliat lagi imdustri motor yg ada, setidaknya walau rakyat gak mampu beli motor baru mereka bisa tenang modivikasi motor yang penting sesuai aturan

    Untuk aturan ambigu sebaiknya polisi tau diri, mereka gak bisa apa apa di aturan ambigu, polisi menjalankan undang undang, bukan yang membuat, jadi kalo emang gak ada aturan spesifik sebaiknya di sikapi secara general

    Motor pake knalpot = boleh

    Motor copot knalpot = haram

    Simpel kan

  • Saya ngakak denger para pembodoh komentator sweaty bicara bahwasanya pake knalpot racing cuma untuk balapan

    1. Gak ada istilah knalpot racing, sebenernya knalpot free flow

    Apa gunanya knalpot free flow? Ya agar aliran udara gas buang lebih plong

    Maklum kaum miskiner jadi gak ngerti apa itu knalpot free flow, ngertinya berisik = racing

    Kalo cuma buat brisikin suara mending copot knalpot aja, udah mirip pake under belly, suaranya juga mengelegar

  • kiki

    Mas iwb dan pembaca artikel ini saya nubi mw nanya,
    Bagaimana sih cara mengukur kebisingan knalpot motor dengan baik dan benar?
    Brapa jauh jarak alat pengukur dari ujung knlapot?
    Dan bagaimana keadaan kendaraan pada saat pengukuran dilakukan(digeber di brpa rpm)?
    Tq.

  • imaginer

    hahahhaahah nyang ngomongin penjualan anyingnya pabrikan yah,sumpah ga paham gw untungny apa sampe saling maki,kasih saya 1 alasan saja knapa sih ngotot ngototan tentang ms pabrikan,lu suka beli,ga suka diam,bisa ga lu lu orng?muji bini lu,tanpa ngejelekin bini org,anying

  • ? pangeran ?

    Klaten, Boyolali masih aman lik pake knalpot racing …yen Solo wes trimo meneng wkwkwk

    #korbanKnalpotRacing

  • Old Lady Boker

    untuk jabodetabek knalpot racing msh aman. ada knalpot racing yg suaranya enak di telinga ada juga yg memekakkan telinga. udh gitu buangannya langsung menyemprot ke muka. pngen getok aja pake godam tuh knalpotnya

  • rico priadi

    Harusnya saat ada tilangan khususnya yang ada pemeriksaan knalpot racing, polisinya membawa soundmeter(atau apalah namanya yang buat ngukur desible itu) biar dibuktiin langsung di tempat apakah melanggar batas maksimal desible atau tidak.

  • Aga

    Trail mh aman asal 18 21

  • sadar

    Harusnya ada sinkronisasi antara pengusaha pemerintah dan kepolisian misal dengan logo sni berarti layak edar dijalanan dan aman dari razia!

    • sadar

      Selamat fans barca!

  • yookee

    Kemaren mau ke Bandung nyopot/ganti knalpot pake yg standar dulu. Sampe Bandung, di Dago malah brang brong suara motor knalpot racing lewat di depan pnginapan jalan dago seliweran 24 jam. Sepertinya pemberitaan soal knalpot racing di Bandung terlalu berlebihan. Krn kondisinya saat ini suara blar2 knalpot racing di Bandung msh tetap rame.

  • Scem

    Salah kaprah antara knalpot racing dengan knalpot freeflow

    Knalpot racing = racing use only

    Knalpot free flow = knalpot after market blombongan(tanpa sekat/sarangan) atau knalpot standar yang dibobok

    Kalo masih sering rancu di lapangan mending ganti UU-nya : selain knalpot standar pabrik(bawaan motor) dan suara tidak sama dengan bawaan pabrik maka melanggar aturan dan ditilang

    karena : banyak juga yang gak pake knalpot free flow tetap masih pake knalpot standar tapi di bobok..( Ya sama aja berisik)

    Jadi kalo uu diganti maka: gak usah debat desibel

    • apa an tuh

      kalo knalpot ada tipe standart racing..bentuknya menyesuaikan asli bawaan pabrik..merk dari tailand banyak di jual di sini..biasanya kalo knalpot standart racing merk terkenal sudah sesuai db sound nya terus di knalpot tercetak langsung merk nya bukan tempelan..mangkanya banyak yang menyangkaknalpot standar di bobokpadahal bukan kalopun standart dibobok suaranya bakal nggak karuan..gue punya pengalaman sendiri yang cukup lucu tentang knalpot standart racing saat service rutin di bengkel resmi saat gue baru datang langsung disambut eh tiba-tiba kepala mekaniknya bilang knalpotnya kayaknya bocor tapi anak buahnya cuma senyum senyum karena tau itu standart racing si anak buah nya malah terus mainin gas motor gue sambil digeber-geber mungkin enak ngedengernya hehehe

  • honda jozz

    ah dulu ada yg nanya juga ke fb humas polri

    knalpot racing yg pake db killer boleh kok

  • tes

  • siapa bukan sih

    ada perda yang mengatakan memang knalpot harus standar kan ya ? jadi nggak ukur desible.

    mau ngeyel unjuk gigi ceritanya

  • Oot Lagi Boker

    Secara IMHO pake yg standart pabrik aza kalo di jln umum. Tapi kalo tetep keukeuh pasang knalpot resing mending motor dimatiin mesinnya trus dituntun, pokonya alon-alon mesti kelakon kok.

  • the dogtor

    haisssyah!
    inti artikel ini cuma ngiklanin mx.king!
    fyi aja.

  • Didi Supriyadi

    Harus ada kejelasan uu kita agak labil.rawan polisi nakal.knalpot ada perusahan besar dan pastinya bisnis berjalan karna ada pembeli ini juga perlu adanya kejelasan regulasi dan pelatihan polisi biar pinter amanah tanpa seenaknya.

  • wangi

    Udaj biasa mdin pingpong polantad.kadisn madyarskat dipermainkan.sslut buat rider ini sabar dipingpong

  • angga coklat

    akhirnya yg komen udah pada gak bc bc an h h

  • haraar

    beritanya apa, komennya apa…ciri ciri orang lemah otak….

  • 86

    Anti knalpot bising …

  • Luthfi

    Knalpot racing d bdg masih banyak yg berani pake lek
    Punya ku wes tak simpen d garasi, males klo kudu gontok2an karo pak pol

  • koyobasi

    podo padu ae mslah jaran wesi

  • zzzz

    Naaaaahhhhhh….. *syarat dan ketentuan berlaku….
    jgn dicoba debat gitu ya karena watak polantas tiap daerah berbeda beda maka hasilnya beda beda…?!!!#ingat ja kasus surat tilang biru….banyak yang kecebur

  • pembaca

    coba motor 250 gk di tilang dah polisi aja pake ninja 250 knalpot racing

  • pembaca

    kasihan masyarakat udah bayar pajak mau kreasikan hobi sama kendaraan sendiri di larang2 negara macam apa ini apa perlu sebagai biker mendirikan negara di atas negara atau demo dulu presiden oke coy hidup biker

  • Briliyanto

    Saya pernah kang waktu itu tanggal 18 Desember 2015. Motor saya Jupiter MX old saya pake knalpot CLD Kompetisi C1. Saya lewat jalan bypass Pisangan disitu deket smk 5. Ada razia gabungan, saya diberentikan kang tapi depan saya motor Honda CS1 knalpot standar tapi udah dibobok kang dan dia ga di berehentikan!! Sedangkan saya diberhentikan. Lalu saya ditarik ke pinggir trotoar sama pak pol tariknya maksa gitu kang mungkin takut saya kabur, kunci kontak langsung saya matikan langsung saya pegang supaya tidak diambil pakpol.

    Pakpol: selamat siang mas bisa lihat surat suratnya?
    (Langsung kasih aja karna saya merasa aman)
    Pak pol: Mas tau ya kesalahannya apa saya tilang ya.
    (Saya bingung kang. Saya kumplit pake helm sepatu jaket gitu deh)
    Saya : salah saya apa pak
    Pakpol: itu knalpotnya ya mas
    Saya: loh kenapa pak
    Pakpol: itu knalpotnya ga racing
    Saya: terus kenapa pak ini kan saya pake ini nanya dulu sama tokonya suaranya bising apa ngga
    Pakpol: Mas jangan ngelawan ini udah salah (sambil nunjukin pasal)
    Saya: pak saya tau pasal itu, pasal itu juga dijelaskan berapa desibel yg ditentukan, skrng bapak coba buktiin knalpot saya melebihi desibel atau tidak pak jangan asal tilang aja.
    Pakpol: Mas tuh gak tau asalan *** (nama pejabat kepolisian saya lupa) mengeluarkan aturan ini mas
    Saya: yaudah pak cek desibelnya aja dulu baru saya mau ditilang (berani cek karna baru beli jadi desibelnya pasti masih kecil gak mungkin melebihi)
    Pakpol: yaudah mas sekarang bawa aja alatnya sendiri kesini (nada kesal)
    Saya: lah pak kok saya yang bawa kan bapak yang polisi
    Pakpol: udah saya tilang aja kamu
    Saya: pak bapak kan sebagai polisi harusnya menjelaskan lebih detail tentang pasal itu ke saya sebagai orang awam pak bukan asal tilang seperti ini tanpa menjelaskan pak
    (Pakpol diam sambil menulis)
    Pak saya sedang berbicara pak mohon hargai saya pak. (Tidak dijawab ataupun ditanggapi)
    Pakpol: nih mas surat tilangnya nanti pembelaannya dipengadilan saja (tanpa meminta saya tanda tangan di surat tilang) *ngasih surat tilangnya gak sopan ke saya asal letakkan di speedometer dan dia kabur*

    Ya itu lah kang segelimet pengalaman yang pernah saya rasakan tentang knalpot racing itu hehe. Tolong beri tahu ya kang saya argumen seperti itu salah atau benar hehe. Terimakasih kang.

  • ade semarang

    Satgas swadaya pengatur lalu lintas solo ramah2…ngatur lalulintasnya sopan ..menghibur karna pake gerakan tari jawa…penuh senyum..bravo solo
    Kapan nih semarang punya pak.ogah kaya solo?.

  • Kesimpulan” tetep kena tilang

  • adul

    Alasan biker pake knalpot racing supaya bisa terdeteksi oleh pengendara lain (khususnya mobil dan truk), karena dimensi motor yg kecil, kadang luput dr pngawasan supir lewat spion. Jadi supaya ketauan, dipakelah knalpot racing, yg notabene “berisik”, jd supir2 tau kalau ada motor d sekitar mreka.
    Sayangnya ini juga berdampak polusi, polusi suara, plus jumlah motor di indo yg jumlahnya jutaan, kebayang klo semua pake knalpot racing, bisa pecah telinga.
    Saran ane sih, sah2 aja pake knalpot racing, asalkan dgn db dibawah batas maksimal, jgn terlalu mepet db nya sama db maksimal. Janganlah pake knalpot bobok, ane pribadi kurang suka suaranya, mekik ke telinga.
    IMHO

  • jamal indag

    klo mengacu kpada tingkat kebisingan maksimal harley ga bakalan lolos masuk indonesia dong. knalpot yg diijinkan yg sudah melalui uji kelayakan dr dinas terkait.

  • Jumroni

    Pokoknya YAMAHA SABRE PALING KENCANG!
    JANGAN ADA YANG BANTAH!!!
    UDAH JELAS2 MESIN SABRE UDAH TERUJI SEJAK OLD VIXION!!

  • Sabar

    Kalau motor yg 3/4 silinder dst ditilang nggak kalo pake knalpot racing? Masa iya cb400sf ditilang juga? Kan suaranya jauh lebih merdu drpada HD?,?

    • Sabar

      Moge mksd ane

  • Bachtiar

    Susah wes. Lolos standar desibel, belum tentu lolos pasal kelengkapan standar bawaan. Cari aman wae pake knalpot standar. Hehe

  • udinsastro

    Kang iwan, pernahkah ada pengendara R25 edisi terbatas yg dari sononya sdh pakai knalpot akrapovic kena tilang?

  • Romi cah kudus

    Motore josss,,motif lorenzo tambah josss

  • ember bochor

    cuma satu aja sih ya mas
    kalo emang beneran dilarang mending ga usah ada yang jual knalpot racing
    baik itu resmi dari dealer, ato sekedar bengkel modif
    jadi part itu bener2 hanya diperuntukan buat racing di sirkuit

    kenyataannya sekarang kan ngga
    dari dealer ada ko yang jual paketan
    apalagi bengkel modif

    itupun kalo mau tegas sama UU nya
    nyatanya seperti cari kesempatan untuk nilang jadinya kan para oknum itu?

  • wijA

    kudune tetep ditilang. sing nganggo knalpot racing kuwi mung dinggo pecicilan. nek ora pecicilan kudune yo nganggo knalpot standar wae.

  • harisoka

    di bawa nyante aja sam.. klo pr penegak hukum g mau mnyelami aturan.. motor saya knalpot standar tp dlm nya udah modif.. dr bodi g akan ketilang.. wktu razia jg dsuruh matikn mesin.. mereka menilang cm brdasarkn mata n feeling.. tdk berazaskn keadilan

  • Farrel

    Salut buat mas Aril yg berani berdebat dengan polisi gak karena gak semua orang berani kayak gitu, kaya saya ini(ngaku).

  • Bensincampur

    Gapernah ada pengalaman gitu lek, tiger, vespa, ama ns standar semua, dan tiger sama vespa bawaannya emg berisik wkwkwkwk

  • knalpotnya di tilang..tp sumbernya ttp berproduksi, jadi salahnya dmn?? fag emg pakpol

  • ajie semarang

    Pengalaman juga nih kang kra2 dua minggu lalu jm10-an. kebetulan actioncam pas rusak gra2 jatuh pas nglaju kenceng.Saya anak Demak yang besar di semarang(maaf curhat). Ada razia di jl medoho Semarang (bawah jembatan tol, tembusan jl. alteri soekarno hatta tlogosari ke jl. gajah).
    Motor saya ninja250 karbu knalpot R9 udah ad DB killer (dpt lungsuran dri temen).sebelumny udah tes kebisingan pke alat pengukur suara yg dah saya beli dri tko on-line hrgany 180rb(klo gak salah)dan aplikasi di android yg hasilny 89DB utk 7000rpm klo naik lagi rpmny ya loebih hasil DB-ny. :D. Lanjutt kang.. pas lewat situ kebetulan sepi dan pak pol langsung ngadang jalan kang. Akhirny berhenti dah.. nyabut kontak trs taruh di kantong. Takut di ambil Pak Pol. Berbekal Info2 dari internet dan temen2. Akhirnya ad perdebatan sedikit sama Pak Pol:

    P:selamat pagi mas bisa lihat surat kendaraan dan SIMny?
    (Sambil lirik2 knalpot)
    A:Bisa pak.!?(nunjukin dlm dompet tp gak saya kasih ke pak pol)maaf pak..Bapak ada surat tugas untuk melakukan razia pak..
    P:Ada mas silahkan klo mau lihat ada di dalam mobil. mana lihat surat2ny.(saya cm duduk d motor lagian surat2 motor saya komplit)
    A:Kan udah saya kasih lihat td pak. katanya mau lihat.
    P: Jangan bercanda mas..(akhirnya saya kasih deh, takut pak pol ngambek),itu knalpot racing ya mas tau aturanya kan mas?
    A: tau gak tau pak!? hehehe(sambil cengengesan) soalny gak inget pasalny berapa cuma tau batas DBny doang pak..
    P1:tuh knalpot saya tilang ya mas.(langsung nunjuk knalpot sambil ngluarin surat tilang). soalny gak standart pabrik(waduh…main tilang aj nih pak pol dalam hati saya)
    A: Llloooh.. gak biasa dong pak? knalpot saya sudah standart pabrik pak. pabrik yang buat knalpot ini… toh suaranya gak kyk knalpot telo (julukan knalpot korekan di kota saya)..piye to.. nih knalpot beli-ny gak di toko loak loh pak.. (padahal knalpotnya lungsuran dri tmn)
    P1:Buktinya mana!?(agak bentak). klo suaranya gak bising.
    A: Nih pak q ada aplikasi di HP buat ngukur suara bising ny(sambil nunjukin aplikasi di HP
    P:Itu aplikasiny tipu2(bohong-bohongan).. gak akurat
    A:ya sudah mana alat dri bapak buat ngukur suara. tar kita ukur sama2.
    P: Yo gak punya mas yg punya orang DISHUB. klo mau yo kesana. beli alatnya mahal. belum ada anggaran untuk beli alatnya.
    A: Nah lo.. piye jall.. yoo wess..Ap saya harus ke kantor DISHUB trs tes kesana klo kena biaya tar ta minta kwitansi trs yang ganti bapak loo ya.. soalny situ yang nyuruh..piye
    P:Yo gak bisa toh mas.. yang ngetes situ kok q suruh bayar.. wes ta tilang wae
    A:(bru inget klo alat tes suara masih ada di tas) ngene wae.. nih q punya alat buat ngetes (sambil ngluarin alat tes suara dri tas) ki wes terbukti ono merek ke pak.(sambil nyodorin alatnya) terjamin rak tipu-tipu. masak yang modal pengendara.
    P:Kan udah di jelasin td mas.. kok bentuknya kayak ti,,,,t mas ya(sambil di lihat di pegang di puter2.. hihihi)
    A:(idihh menghina nih pak pol.. blm tau bentuk ti..t ku yang sebenarnya.. hihihi)
    skiip..skiip..skiip setelah di tes di atas 8000rpm lebih memang suarany lebih dri 100DB. Tp saya beralasan klo di dalam kota rata2 menggungakan 7000rpm krn kondisi dan suasana jalan yang gak memungkinkan(tau sendiri lah jalan di kota2). klo di luar kota lebih dri 7000rpm dan suaranya memang lebih keras utk rpm tinggi sebagai penanda dan sinyal klo klo saya sedang mengendarai kendaraan dengan kecepatan tinggi untuk menyalip kendaraan besar selain klakson. karena dimensi motor yang kecil. toh klo saya berkendara gak ugal2an saling menghormati sesama pengguna jalan. Dan saat itu juga saya nunjukin hasil rekaman2 hasil dri actioncam. Berkat diskusi yang baik dan panjang dengan pak pol akhirnya saya bebas tilang dah.. Tp dpt pesan dri pak pol yaitu Hati2 di jalan dan saling menghormati sesama pengguna jalan jangan lupa ganti aja knalpot yang standart mas biar lebih aman….
    Demikian pengalaman nyata yang saya alami.
    TERIMA KASIH.

  • Jumrider

    Tolong dishare juga dong UU-nya, sekalian youtube suara knalpotnya, nuhun

  • Ifnu Fajar

    Pernah Mas Pakai Knalpot Racing Juga Motor Saya Juga Mx King saya pakai Knalpot Akrapovic Gp M1 Lorenzo alias Akralingga, waktu itu saya memang saya nonton balapan liar plus lari pas polisi datang yh saya di hajar di tambah knalpot Racing saya juga di hancurkan dan di keluar seisi isinya, sekian itu hanya cerita singkat saya aja yg sebenarnya panjang ceritanya.

  • Chandra

    Betul sekali mas bro,saya ke alamin juga hal serupa,kebetulan saya pake ninja 250 dengan knalpot yoshimura,saat itu saya pulang dri arah lembang,di setiabudi ada operasi,saya kira tak akan ada masalah toh di depan sayapun ada motor yang tak tau jenis.nya tp mungkin sekitar diatas 500cc dengan knalpot racing juga,dan hebat.nya dia lolos saya yg kena????…tp kadang sayapun berfikir ko para pengguna moge yg knalpot.nya sepeti pesawat hely sepertinya aman aman saja

  • Lepry Ansyah

    Malam mas bro…saya juga mengalami hal seperti itu kemaren tgl 2 juni 2017 .saya tinggal di palembang ..tempat kejadian di simpang internasional plaza (IP) nasib saya lebih buruk polisi tetep jerat saya dengan pasal yg gx tau kejelasan malah pilisi mau minta uang denda 250 rb saya terus berargument dan ujung nya polisi berkata saya bantu kamu kata polisi…malah saya di ubah pasal menjadi tidak menyalakan lampu utama padahal lampu utama motor saya menyala .polisi bersikeras dan tidak mau dengar pembelaan saya,dan akhirnya saya tetap di denda 100 rb sesuai pasal tidak menyalakan lampu utama,padahal permasalahan saya di tilang oleh knalpot racing merk akravovic lorenzo,saya bwa motor pun tidak pernah ugal-ugalan dan itupun saya lg bonceng istri saya, motor saya yamaha new vixion 150 cc