Pertamina siap luncurkan Pertamax Turbo bulan depan….??

74
38

460x110(1)

2209203pertamina22780x390

Bro dan sis sekalian….masih ingat Pertamax Turbo kan?. Bensin yang akan diposisikan diatas Pertamax ini sepertinya sudah mulai matang untuk dirilis ditanah air. Mengusung bensin oktan 98….pertamina bahkan mengungkapkan….produk terbaru ini siap diluncurkan bulan depan jika secara strategi dan moment dipandang pas….
Yamaha_MIO-Z_Iwan-Banaran

440x100 yml rosi

Pertamax Turbo kabarnya sudah diuji di Eropa tepatnya di Italia dengan hasil cukup memuaskan. Oleh karena itu Pertamina memandang secara produk Pertamax Turbo yang mengusung nilai oktan cukup tinggi ini (98) sudah siap dirilis. Bocoran dilontarkan…bisa saja bulan depan dilakukan jika tidak ada halangan….

Waktunya tidak lama lagi, ditunggu saja, jika tidak ada halangan bulan depan sudah bisa diluncurkan. Pokoknya nanti harganya diantara Pertamax Plus dan Pertamax Racing. Kita belum bisa putuskan karena semuanya harus diselesaikan termasuk pengujiannya di Eropa. Tidak kita sebarkan merata, tetapi bertahap karena di daerah pasti masih memiliki stok Pertamax Plus, jadi kita menggunakan cara pemasaran Pertalite dan Dexlite” kata Jumali, GM Pertamina Marketing Operation Region III seperti dilansir Kompas….

Dari informasi diatas sepertinya Pertamax Turbo memang sudah serius akan dipasarkan ditanah air mzbro. Sayang kehadirannya disinyalir akan menghapus eksistensi dari Pertamaxplus oktan 95. Artinya kedepan setelah Pertamax biasa (oktan 92) langsung lompat ke oktan 98. “Jadi dari RON 92 (Pertamax) akan langsung lompat ke RON 98 (Pertamax Turbo). Jadi tidak kebanyakan produk, pusing juga kami. Lagipula untuk rata-rata grade RON 94-96 punya kemiripan, jadi langsung saja disatukan pada RON 98,” ujar Ahmad. Nahhh…bener to…

Last…..gap antara oktan 92 ke 98 memang lumayan jauh. So…IWB yakin komsumsi Pertamax oktan 92 kedepan bakal meningkat drastis. Apalagi banderol Pertamax Turbo disebut diantara Pertamaxplus dan Pertamax racing….jadi cukup tinggi mzbro. Kalau untuk motor harian kita sih IWB kurang merekomendasikan karena mengintip nilai oktan yang diusung, Pertamax Turbo hanya cocok untuk motor high compression. Bukannya tidak baik…hanya saja jika diintip dari requirement engine…..oktan 95 maksimal sebenarnya sudah cukup. Selebihnya malah pemborosan mzbro. Sebagai gambaran…berikut IWB lampirkan tabel bahan bakar ideal dipandang dari nilai oktan dan rasio kompresi mesin. Semoga bisa dijadikan acuan. Pertamax Turbo?. Motor korek baru cocok ki…(iwb)

Jenis Bahan Bakar Nilai Oktan / RON Rasio Kompresi Ideal Penggunaan
Premium 88 7-9 : 1
Pertalite 90 9-10 : 1
Pertamax 92 10-11 : 1
Pertamax Plus 95 11-12 : 1

 

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

74 COMMENTS

    • ntar tak liat dulu kompresi Z800-ku berapaaaa
      cocoknya pake apaan

      haiyyaaa
      doki-doki morning waaa

  1. cuma di indonesia motor mobil di sesuaikan bisa minum oktan 88, diluar negri sana oktan 95 itu ngelitik buat mesin kwkwkw

  2. krn pertalite pom bensin di area singkawang gak jual pertamak plus.didpensernya untuk pertalite skrg.ada ron 92 itu di pom bensin akr. namanya akra92. itupun pom.bensin jarang buka.

    • di kompas otomotif penjualan sonic mengalahkan MX king….

      sungguh amplop telah menjalar sampai koran nasional…

      fakta di jalan masih byk MX king..
      yamaha itu motor dewa… motor maha sempurna…
      juara sentul sejati..

      sudah jelas kwalitasnya… gak mungkin penjualane kalah…

      ahhhh sudahlah..
      cuman triatmono blogger independen yang netral dan tidak mau terima amplop

    • Lagi musim komentator sarkas diblog iwb.. Macam mbah getuk, pak bambang, stevanie tanuwijaya, marques dll..
      Pembodohan dengan cara pembalikan logika…
      Mungkin awalnya cman guyonan tapi lama2 memuakan..
      Masih mending komentator munaf dri pda sarkas..
      Contoh: sanghyangasmara, bajol, ahonx, kang udin dll

  3. Loaalah… P+ 100% akan di hapus toh, padahal di saat2 harga BBM turun seperti sekarang ane selalu pakai P+, lah.. kalo sudah gak ada di pertamina mau cari oktan 95 nang endi wong Sidoarjo Shell buyar kabeh, ono ne yo pertamina tok, muosok tuku bensin ae kudu nang Suroboyo (nang Sby ijek onok yo Shell ?).
    lagian oktan 95 saja jarang ada orang beli apa lagi oktan 98 ya !
    apakah pertamina sedang memprediksi kalo semua nanti kendaraan akan berkompresi lebih tinggi ?
    tapi sekarang saja kendaraan yang sudah tinggi kompresi nya masih banyak yang tetap pakai premium, paling tinggi pertalite.

  4. yamaha kan punya global product kang. kek Nmax, R25, and MT25. itu apa ready utk minum Ron 98?
    karna mungkin diluaran juga punya Ron 98.

  5. Yg penting premium jangan dihapus aj,kasian yg masih punya motor 2 tak,pertalite sama pertamax udah standard lah buat kendaraan di indonesia masbro… Toh yg punya kendaraan kecil populasinya lebih banyak daripada pemilik moge ataupun supercar.

  6. Menarik mas artikelnya… Informatif, tapi yo ne ditambahi efek e piye ne di taruh di motor / mobil sing kompresine cilik piye? Opo malah dadi panas po piye mas?

  7. Sebaiknya ron 95 aja alias pertamax plus
    yg distribusinya jg distribusinys di banyakin biar merata
    la piye wong ron 95 gak smua spbu punya
    biasane yooow premium pertalite karo pertamax

  8. asem, ditempat ane Pekanbaru cuma ada pertamax+, mudah2an klo jadi diganti yg pertamax biru ikutan masuk.

    RON 98 untuk mesin kompresi 11 standar harian rasanya emang agak mubazir kang

  9. Kebanyakan populasi mobil di Indonesia adalah mobil Jepang yang sebagian besar tidak menggukan turbo, namun dengan kompresi tinggi sehingga lebih baik menggunakan pertamax plus RON 95. Sedangkan mobil dengan turbo sebagian besar adalah mobil eropa yang populasinya jauh lebih sedikit karena harganya yang jauh lebih mahal. Karena adanya unused octane number pada RON 98 untuk mobil non turbo, pengguna pertamax plus RON 95 pada mobil Jepang non turbo akan beralih ke pertamax RON 92 jika dihapuskan. Menurut saya seharusnya yang dihapus pemium RON 88 karena biaya produksinya lebih tinggi dari pertamax RON 92 karena penambahan additive naphta, namun disubsidi sehingga menjadi lebih murah. Tidak perlu lagi menghambur hamburkan uang negara untuk bbm bermutu rendah yang ongkos produksinya lebih mahal dari bbm dengan mutu lebih tinggi, seharusnya subsidi ini diberikan untuk pertalite atau pertamax, dan menghapus premium RON 88 untuk selamanya daripada menghapus pertamax plus RON 95 yang sudah memiliki banyak konsumen setia termasuk saya

    • Kalau aku beda pendapat dikit. Mending premium 88 dihilangkan aja subsidinya, kasihan motor 2tak atau 4t yang kompresi rendah (kompresi 8:1 kebawah) gaada bahan bakar yang cocok. Kalau pertalite 90 tetap, pertamax 92 tetap, pertamax plus 95 tetap, pertamax turbo 98 tetap sediakan. Nah pertamax racing 100 dijual kalengan aja.

  10. Yen nan negeri Salju kono minimal RON 95 lik … Paling duwur RON e wae 115 opo ora jengking mlumah merem kalang kadut rupane …

    Jan² mosok 1PA ku bali ngombe banyu biru … Tarikan e ora ganas … Wes kadung ngombe banyu abang e Pertamina lik² … Wes … Gonta ganti banyu gawe piston cepet rusak ????

  11. dengan kecanggihan teknologi honda jepang honda verza masih sanggup menggunakan bahan bakar RON 95 dan akan memaksimalkan potensi dari kekuatan mesin honda verza

    motor sport ya honda verza , honda verza motornya para lelaki

  12. Pertamax Turbo standarnya apa? EURO2 atau sudah EURO5?

    Percuma RON 98 tapi standarnya masih EURO2 seperti pertamax,dkk.
    Mending pakai Pertamax+ aja.

  13. cuma di indonesia motor mobil di sesuaikan bisa minum oktan 88, diluar negri sana oktan 95 itu ngelitik buat mesin kwkwkw

    Hahaha, situ jgn kebanyakan nonton TV.
    Di negara barat pun gak semua orang punya sports car.

  14. Sekedar share info saja kang iwan. Sebenarnya pertimbangan pabrikan memberi rekomendasi oktan mana yang tepat pada suatu model itu lebih dipengaruhi pada hasil tes knocking (ngelitik) mesin itu sendiri. Jadi tidak melulu kompresi sekian harus diisi oktan sekian. Ada kan pabrikan yang tipe supersport fairingnya rekomendasi isi cuma pakai pertamax, padahal kompresinya tinggi bener diatas 11. Biar murah dan lagipula tidak ada pengaruhnya ke performa secara signifikan.

  15. 37. ASD – April 23, 2016

    Pertamax Turbo standarnya apa? EURO2 atau sudah EURO5?

    Percuma RON 98 tapi standarnya masih EURO2 seperti pertamax,dkk.
    Mending pakai Pertamax+ aja.
    —————————–
    Pakai H*nda, sudah memenuhi standar emisi Euro 6
    Motor ramah lingkungan yg cocok utk pemakaian bahan bakar Ron berapa saja karena sudah disesuaikan oleh kondisi di Indonesia

    Nyang penting DOHC!!!!!!!!!

  16. Rekomendasi kalau menurut saya bila mau ngirit dalam pemakaian harian, bukan racing :
    1. Kompresi <9.5 : premium RON 88
    2. Kompresi 9.6<x<10.7 : pertalite RON 90
    3. Kompresi 10.8<x<11.6 : pertamax, shell super, dll RON 92
    4. Kompresi 11.7<x12.5 : pertamax turbo RON 98
    6. Mesin turbo (kalau ada) boost 0.5 bar – 1bar : 98 (pertamax turbo)
    sekali lagi kenaikan tidak linear & tidak mutlak, tergantung kondisi ECU dan kemampuan pendinginan dari mesin tsb

  17. @ASD
    Hahaha, situ jgn kebanyakan nonton TV.
    Di negara barat pun gak semua orang punya sports car.
    —————————————————
    coba baca di forum ron 95 vs 98,yangg mobil standar pun bilang 95 apalagi punya Shell itu jelek disana

  18. Mesin Jadul SOHC Operstruk yaMaho di kasih minum Premium aja mesin Masih ngebul bergetar maut… apalagi di kasih pertamax turbo ini… ostosmastis mleduk broo.. Pk Dhe rossi contohnya koplingnya terbakar, n lorenso kakinya terbakar mesin Rhoembeng1 yamaho mleduk hora ketulungan….

  19. motor kompresi seadanya diminumin pertamax turbo bakal nembak nembak, kecuali pengapiannya bisa menyesuaikan maju mundur secara otomatis
    FYI Vario karbu temen gue diisi pertamax aja nembak nembak padahal doi rutin servis dan pemakaian sangat santai. dan jg mio gw dulu suka nembak nembak pas diisi pertamax

  20. sing seneng yo sing nduwe mobil sport berturbo koyo nissan gtr, mitsubishi evolution,subaru impressa, motorsport ducati pannigale, suzuki hayabusa, dkk. rak ngelu mikir oktan ben mobile iso mlayu.

  21. coba baca di forum ron 95 vs 98,yangg mobil standar pun bilang 95 apalagi punya Shell itu jelek disana
    – – –
    Minta linknya dong.

    Sejelek-jeleknya apa lebih jelek daripada pertamina premium?
    Masa bensin reguler standar EU masih dibilang jelek. Ane masih paham dah kalo ente bandingin di zona APAC.

Leave a Reply