iklan iwb

460x110(1)

Dani and dovi

Bro dan sis sekalian…..insiden yang melibatkan Dani Pedrosa dan Dovizioso (Ducati) ternyata membuat Dani cukup gelisah dengan kehadiran winglet (sayap tambahan) pada motor sekarang. Hal ini karena posisi motor saat terlempar cukup kencang dan keras menghantam Dovi. Satu dalam pikiran doi….semoga saja winglet tidak melukai Dovi. Itulah kenapa doi langsung lari nyamperin sang Italiano memastikan doi baik-baik saja. Kekuatiran hadirnya winglet dilontarkan Dani pasca kecelakaan…..
Yamaha_MIO-Z_Iwan-Banaran

iklan iwb

440x100 yml rosi

Rem depan ngunci dan tiba-tiba aku kehilangan traksi depan. Aku minta maaf ke Dovi karena rasanya sangat tidak nyaman ketika kamu jatuh dan mengajak lainnya crash. Perasaan yang sangat sulit. Beruntung kami tidak memiliki winglet besar (seperti Ducati dan Yamaha) karena bisa saja melukai Andrea dan aku bergerak untuk segera menghentikannya. Seperti yang kita lihat di Argentina, winglet Iannone memotong kamera onboard Marc….

“Sayap ini cukup kuat dan jika bisa sampai memotong serta merusak kamera, artinya komponen bisa memotong lainnya. Seperti yang sudah aku katakan, benturan pada Dovi sangat keras. Makanya aku lega dia baik-baik saja…”seru Dani serius. Dari apa yang dikatakan doi, ada kekuatiran tersendiri dari Dani ketika terjadi kecelakaan pada high speed atas kehadiran winglet. IMHO bagi IWB rasa kuatir cukup logis karena ketika kita membicarakan speed, benturan kecil dari obyek yang nongol bisa berakibat fatal….

Last….harapan kita safety comission secara serius meneliti kekuatan winglet sebab pasca insiden Marc-Iannone yang merusakkan kamera onbord camera buntut RC213V Marc, Loris Capirossi (komisi safety) menemukan material winglet pada Ducati ternyata sangat solid susah dipatahkan. Dengan kata lain klaim pabrikan yang mengatakan material akan patah sebelum melukai rider sepertinya perlu dikaji ulang. Jangan sampai semua terlambat….ada korban baru bergerak. Apalagi makin kesini ukuran winglet memang makin ngeri kangbro. Lha gede bener je. Semoga saja kegelisahan Dani Pedrosa tidak terbukti dikemudian hari…semoga saja…..(iwb)

Cful6ggUEAAUmx9.jpg large

Winglet Iannone nyaris menghantam tubuh Marquez (Argentina)

marc-marquez_f062aff

Ukuran winglet Ducati, Yamaha dan Honda

10666902138dfe22665e8b19f7c266echonda wingletducati winglet

89 COMMENTS

  1. Entahlah apakah harus menunggu tragedi ala Columbia dulu untuk para pemangku kebijakan bisa menyadari bahwa ada bahaya tersembunyi disana. Sedikit koreksi.

  2. Jan2e balap motogp opo F1 to iki, nganggo pasang winglet barang,
    Kalo sampai ada korban gara2 winglet yg harus disalahkan adl safety committe, lemot banget kerjane,
    Pasang winglet kan bukan satu2nya cara untuk bisa memberikan tambahan traksi pd ban depan/ agar ban depan gak terlalu ngangkat,
    Kalo di moto2 & moto3 dilarang ya sudah di motogp harus dilarang jg, jangan2 dorna takut sama bos ducati, scr efek winglet yg (paling) signifikan cuma dirasakan oleh ducati, krn power ducati yg begitu besar kalo tdk diimbangi dg winglet yg membantu memberikan force pd ban depan (efek aerodinamika) maka pd saat di trek lurus ducati tdk mgkn dg mudah mengumbar speed yg cukup memberikan ancaman & pd saat keluar tikungan tentu akan merasakan efek wheelie yg lebih signifikan

  3. Untuk komentar yg tidak sopan dan memaki-maki iwb,tolong di delete saja…tak perlu diberi tempat orang yg gk tau diri sperti itu bung…

  4. harusnya ukuran wingslet seperti RCV213v milik honda ukurannya lebih kecil sehingga masih aman bila terjadi benturan atau tabrakan,,lah ini punya yamaha sama ducati segede kepala hiu martil…ngeri….

Comments are closed.