iklan iwb

Web banner 460X110px

TilangBengong mzbro….asli IWB lumayan bengong saat menemukan sebuah pasal yang bisa memberangus motor modifikasi. Bahkan jika pasal tersebut ditegakkan…..motor modifikasi apapun bisa kena tilang hingga denda sampai 24 juta rupiah. Ediannnn!!!….
460x110 IWB

Y P 440

iklan iwb

Seperti dilansir Detik…..kedepan aparat akan mensosialisasikan sebuah pasal yang akan memberangus apapun bentuk modifikasi. Menurut Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto….modifikasi diluar standart bisa digolongkan sebagai tindak pidana. “Hasil pemantauan di lapangan ditemukan bahwa masih banyak dijumpai kendaraan modifikasi baik motor maupun mobil yang menyebabkan perubahan tipe secara tidak sah yang dapat digolongkan dalam tindak pidana pelanggaran,” ujarnya. Pernyataan tersebut mengacu pada aturan dibawah ini….

Pasal 277 jo Pasal 316 ayat (2) UU No 22 tahun 2009 dengan ancaman pidana penjara paling lama 1 tahun atau denda atau denda maksimal Rp 24 juta. Menurut Budianto….modifikasi atau perubahan hanya bisa dilakukan melalui uji tipe guna mendapatkan sertifikasi Kemenhub. Semua sudah diatur dalam Pasal 131 huruf e dan pasal 132 ayat (2) dan ayat 7 PP No 55 Tahun 2012 tentang kendaraan Jo Pasal 50 ayat (1) UU No 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, bahwa kendaraan yang dimodifikasi sehingga menyebabkan perubahan tipe berupa dimensi, mesin dan kemampuan, daya angkut, wajib dilakukan uji tipe untuk memperoleh sertifikat….

Honda CBR150R modifikasi (8)Menurut Budianto lagi…uji tipe yang dikeluarkan juga ada ketentuannya yakni…..

1. Modifikasi kendaraan bermotor hanya dapat dilakukan setelah mendapatkan rekomendasi dari APM (Agen Pemegang Merk) kendaraan tersebut.

2. Modifikasi kendaraan bermotor wajib dilakukan oleh bengkel umum kendaraan bermotor yang ditunjuk oleh Kementrian Perindustrian.

3. Kendaraan bermotor yang telah dimodifikasi wajib didaftarkan kepada Kesatuan Polri pelaksana registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor pada kantor Samsat untuk memperoleh STNK baru yang sesuai dengan perubahan kendaraan bermotor dimaksud.

Jadi gitu mzbro. Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP ini juga menggaris bawahi….modifikasi kendaraan bermotor tanpa proses sesuai aturan yang ada bisa dikategorikan sebagai tindak kejahatan. “Kami berharap masyarakat paham dan mengerti bahwa memodifikasi kendaraan bermotor tanpa melalui mekanisme yang benar merupakan tindak pidana kejahatan,” serunya seperti IWB kutip dari Detik. Byuhhh…sobek tenan….

Yamaha-R15-modified-to-look-R6-c-600x666IWB sangat yakin banyak biker atau modifikator diluar sana tidak ngeh dengan keberadaan pasal ini. Terus gimana juga dengan teman-teman yang memiliki keterbatasan fisik menggunakan motor modifikasi roda tiga?. Entahlah. Dan jika aparat benar-benar mengimplementasikannya dilapangan jelas…..selesai sudah kreatifitas modifikasi anak negeri. IMHO IWB takutnya tangan-tangan kreatif ini malah berubah haluan pada kebut-kebutan liar. Kenapa?. Karena hoby modif IMHO sangat positif dibanding hobby roda dua lain yang cenderung pada unsur speed. Apalagi tidak mungkin kita modif motor harus uji tipe to. Suatu hal yang mustahil kita lakukan…..

Last…..pasal mungkin bisa ditargetkan pada modifikasi ngawur yang berbahaya untuk safety. Ban cacing misalnya?. Atau stang tekuk ala drag bike. So….jika modifikasi lebih kepada unsur seni tanpa menghilangkan safety, perlengkapan kendaraan serta fungsi semua komponen layak jalan….mungkin bisa dibuat perkecualian. Lha kalau “saklek”…kita pakai undercowl wae bisa dikatakan tindak kejahatan. Atau kondom tambahan pada tanki, windshield, box turing, kulit jok ganti MBtech wae iso kena berangus. Lawong diluar standar. Lha….mumet to. Tapi…memang rule is rule. Dan sebagai warga taat hukum…tiada jalan lain kecuali kita harus manut. Nah…menurut sampeyan sendiri piye soal ini. Punya opini soal ini???…..(iwb)

241 COMMENTS

    • Kepada Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, saya harap andalah yg harus mengerti jadi polisi jangan goblok2 amat
      Pasal anda adalah kambing goblok, mobil polisi itu sudah dimodifikasi pakek bermacam2 lampu, ganti cat, pakek klakson aneh, ad juga yg di tambahi kursi kayu, ad motor yg pakek box segala… jadi pasal anda adalah harimau mu, polisi semakin lama semakin guooblok, di luar negeri aja tidak seperti ini

  1. modifikasi cuma boleh dilakukan oleh pabrik. misalnya motor dohc abal2 cungkring di modif pake ban gambot pake led. itu boleh karena pabrikan.

  2. bagus sih pasalnya, n sebenernya bukan larangan modifikasi tp hanya mengkontrol modifikasi. n kayanya berhubungan dengan curanmor juga, buat mempersulit penjahat ngjual motor curian, kan bukan rahasia umum motor curian suka di modif dulu ganti warna atau sampe yg paling ekstrim ganti bentuk dengan dalih seni buat ngindarin kecurigaan

    • peraturannya sebenarnya bagus, tapi deskripsinya terlalu umum, sehingga berpotensi jadi pasal karet lagi seperti yg sudah-sudah.

    • Ga kebalik bro? Bukannya motor modifikasi justru lebih dihindari maling karena lebih mudah dikenali dan harga jualnya lebih rendah dibanding motor standar? Dulu seinget saya pernah ada Kapolres (lupa namanya) yang nyaranin supaya motor sebaiknya dimodif untuk menghindari pencurian..

    • Justru menurut saya motor modif itu gmpg diapalin sama bikers di jln raya shg maling lbh milih motor standart krn klo udah di jln ga beda ama motor umumnya

  3. UUD sob…. ujung Ujung’nya Duit…. Cba klo pensiunan TNI brani ngungkap Kejahatan Calo freeport… Klo pensiunan polisi… ?? Plingn nginep d KPK…. Asem…..

  4. Bkin petisi aja lah kang….menolak pasal sesat kayak gt…makin seneng & semangat tuh polkis buat nyari uang rokok !!!

  5. Lha jarene fbh honda mbit d modif honda jazz piye lek?? Iso d lokne pak polisi lek..
    Ngawor poll ancen embekha iku..
    Ekekekekek

  6. nek menyalahkan/mempidanakan segala bentuk modifikasi tanpa memilah milah disek wes jelas iku uu ngawur,

  7. Pertanyaane pak polisi kui ngrti ra ?? Part2 seng membahayakan/menamaah safeti.akeh wong modip dudu mung skedar gaya,tpi akh jg seng modip krna urusan sapti mau krna d rasa kurang mkane d modip.

  8. Asal tidak merubah dimensi, mesin & kemampuan, daya angkut seharusnya masih boleh. Amannya sih main di cat saja, selama tidak merubah warna dasar yg ada di stnk.

  9. Berarti kalo yang biasanya modif trail dari motor & mesin standar ke motor trail (misal vixi*n standar jadi modif mirip kl*) bisa kena pasal ini juga kang?

  10. polisine njaluk d gantung neng monas,,modip tangki d kek’i kondom ,etcdll kwi penting ora malih rupo&tetep safeti,di arani pidana,pidana ndiase mlocot,,wong wes susah sih di gawe susah,suwe2 polisi di bakar turut ndalan

  11. Aturan soyo rajelas.. cermin kwalitas penyelenggara negara sing Gak punya sense.. Di semua bidang ini terjadi.. keanehan demi kekonyolan terjadi.. pie Jal??… nasiiiibb nasib..

  12. Wadduuuhhh makin ANEH saja nih Polisi,

    –Polisi makin gampang buat nilang, Misal:
    -Ganti tutup pentil ke yg warna warni, DITILANG karena diluar standar
    -Tambah spakbor huger kolong supaya tidak nyiprat DITILANG karena diluar standar
    -Ganti Handle Rem yg warna warni, DITILANG karena diluar standar
    -Tambah stiker DITILANG karena diluar standar
    dll…
    SEKARANG gini, MOTOR POLISI STANDAR TIDAK? ada sirine, Stiker ganti jadi biru, dll ITU DILUAR STANDAR PABRIKAN PAK? Kalau gitu, APARAT juga HARUS DITILANG, hadeuhhh makin semrawut saja.

  13. Kasihan orang yang disable.. Karna saya pernah lihat salah sati rider penyandang disable naik motor di modif jadi roda 3.

  14. ah ini mah lagi2 membunuh home industri kreatif (yang nggak kuat mengajukan lisensi dan hak paten) cuman pro kapitalis yang bermodal besar.

  15. point 1 sama 2 gak setuju..modifikasi adalah karya seni menyangkut hak seni.. asal tetep standar keamanan terjaga serta kelengkapan.. kaalo Lapor dan perubahan stnk adalah wajib misal rubah warna dimensi dan daya angkut.. standart lampu sudah ada , warna sein, suara knalpot.. wong kita dah beli motornya.. ya terserah mau diapain..asal aman nyaman.. gak ganggu orang lain.. so..

    • bner bro. toko aksesoris motor sepi. belum lagi bengkel2 pada gulung tikar. dn lagi pasar otomotif roda 2 bakalan anjlok deh… mkir napa kalo mau buat undang2 dan pasal2. jangan kek buat polisi tidur aja sembarangan asal buat biar tertib…

        • Ok2, salah gue g baca dgn jlas
          Masalahnya om, ane yakin
          Polisi langka yg apal pasal
          Klo “diingetin” macam bgini
          Jdi macem2 deh alasannya pas cegatan ntar
          Penjelasan nya sndiri pukul rata, dan masyarakat awam g tau ada pasal ginian
          Smoga tidak merugikan
          Wallahu alam

  16. Krn banyak kendaraan bodong hasil curian yg sengaja dimodifikasi utk mnghilangkan jejak aslinya. Aparat mncoba mncari ‘duit’ eeh mncari solusi utk menekan angka curanmor dan mempersempit ruang gerak motor bodong. hehehe

  17. info kang…

    ane user mx gen 2 kang..
    ane modif mesin jadi inline pake silinder aftermarket old vixi..
    cc bengkak jadi 348cc.

    pernah kena tilang gara2 mesin gak std. tapi pak pol nya baik hati.. ane di suruh daftarin stnk baru buat upgrade cc.
    biaya ganti stnk abis skitar 1,7jt. pajak /thn yg dulu nya 320 an rbu skarang jdi 600 an rbu gara2 cc melar..
    kalo bentuk motor katanya sih gak di permasalahkan asal masih sejenis.. misal gl pro modif baju mega pro/ beat modif baju vario..
    /vixi modif baju trail..

    kalo soal rubah warna biaya lumayan terjangkau. cuman 300rbu di samsat.

    jadi buat yg suka upgrade cc mending skalian daftarin motor nya ke samsat.. biar tenang saat riding…

    keep safety…

    • Sorry bro mau tanya, itu razianya model gimana ya kok Pak Pol nya ampe bisa tau CC udah bengkak, daleman mesin udah oprekan ini itu. Pakai alat khusus kah? Kalau secara kasat mata (orang awam/no special tools) kan susah liatnya, terlebih bentuk body masih standar. Thx bro infonya

      • Kalau gak salah, kalau di buat inline suara motornya berubah, blok silinder tambahannya kan menyita ruang juga

        Kalau di kota ane banyak cb klasik jadi jadian, dari tiger, GL, megapro, scorpio berubah jadi bentuk cb klasik area mesin pun berubah ada yang model jadi inline or V, ane pernah tanya ke owner cb klasik jadi jadian, apa gak di tilang pulisi kalo begitu, dia jawab udah di daftarin ke samsat rubah bentuk dan rubah cc mesin

  18. Apa untung dan tujuan nya dibuat pasal ini?? Terlalu berlebihan kalo ada situs polisi bagi saya, mau komplain

    • Ini aturan sebenernya untuk modivikasi yg menambah ukuran panjang lebar dan tinggi kendaraan

      Merubah fungsi kendaraan, misalkan untuk 2 orang jadi untuk 10 orang katakanlah

      Merubah fungsi parts, misalkan gas buang gak lewat knalpot tapi lewat mana kek,

      Merubah struktur. Misalkan merubag dari kemudi ban depan ke ban belakang

      Merubag motor roda 2 jadi roda 3 kaya atv dll

      Merubah isi silinder, jumblah silinder, sistem mesin, sistem kelistrikan dll

      Jadi bukan untuk yg merubah knalpot, tutup pentil, jalu stang, dll

      Kan gak ada ceritanya jalu stang di rubah di stnk tertulis jalu apa yg berubah. Knalpot juga gak ada di stnk yg nulis knalpot standart atau non standart

      Tapi karena sekarang masyarakat dah pinter. Makin susah polishit balik modal. Malanya ngeluarin uu gini untuk semua kalangan

      Kalo dasarnya gt ya kalo mau fair motor polishit bisa kena semua lah

      Lha isi silinder mesin misalkan motor 125 cc paling 123cc tapi stiker 125 cc kan udah gak bener tuh? Atau ente ganti nitrogen udah gak bener karena spesifikasi angin di ban jadi nitrogen di ban

  19. kayanya pemerintah lg ngumpulin dana pajak sebesar besarnya, mungkin buat permak sentul?? kan mau ikutan motogp..!!
    jd ya kasarnya “minta sumbangan” dgn bikin pasal modus ga jelas ini…
    ada motogp di sentul kan pengen’y para biker, jd ya dari biker buat biker gitu..

    #analisangawur

    • Salah bro, bukan buat dana sentul,,,
      Itu dikumpulin biaya buat pertandingan lomba korupsi di negara indonesia ntar, jadi ngumpulin biaya buat pemenang dari skrg…

  20. lak male polisine tmbh akeh ae penggaweane… sregep tilang menilang ae bendino lek. wong saiki ae arek skolah ndi onok motore sg utuh standart ting2. di kata krg gaul yg ada. minimal ganti spion lalu ganti kaki2 agak ekstrim dkit body di cat lagi atau mesin di cat. belum lagi ganti lampu depan dan belakang. lalu shock breaker… wuh 2thn kdepan toko aksesoris motor gulung tikar ki.

  21. Mungkin yang dimaksud dengan pasal diatas merubah sepeda motor jadi bentor (becak motor) atau sepur kelinci, motor roda tiga modif mirip bajaj.

  22. Ribet banget negeri indonesia.. Yg d cekik rakyat kecil terus.. Masih ada masalah yg lebih besar dr pd urus kaya beginian yg ga jelas..

  23. Sungguh sebuah negeri yang ironi.
    Hukuman korupsi rendah, sedang pinjem sendal tanpa bilang pun bisa dijerat pidana. Dan sekarang ditambah seperti ini, bila spesifikasi modif yg melanggar tidak ditentukan.

    Disisi lain, juga sebagai ladang duit bagi penegak hukum nakal. Ckckck

  24. MAFIA………
    Bakal jadi komplotan mafia baru nich..
    Dikit” tes (biaya)
    Belum lagi dijalan (biaya)

Comments are closed.