iklan iwb

Web banner 460X110px

valentinorossi_2

Bro dan sis sekalian…..hasil juara dunia Motogp 2015 masih menjadi perbincangan hangat baik ditanah air hingga global. Kasak kusuk keterlibatan Marquez menjadi aktor mulusnya Lorenzo sabet juara dunia hingga bos besar HRC yang membantah keras tuduhan rider mereka membantu Lorenzo membuat isu liar makin kental. Namun dari beberapa pendapat kiri kanan…..mereka ternyata cukup yakin dan memiliki opini lain bahwa logis jika Honda berperan besar atas kegagalan Rossi menjadi juara dunia. Lho…..piye maksude?

iklan iwb

460x110 IWB

Y P 440

Jika sampeyan mengikuti Motogp sejak era 1990an pasti tahu siapa Valentino Rossi. Sepak terjangnya sering memberikan kejutan dengan kecepatannya dilintasan membuat nama Rossi langsung melambung. Beberapa nama pembalap papan kelas atas dieranya diobrak-abrik tercatat Max Biaggi, Sete Gibernau, Kenny Robert, Alex Barros, Garry McCoy, Carlos Checa Alex Criville dan pembalap Jepang fenomenal seperti Norick Abe adalah para rider yang pernah merasakan ketajaman Valentino Rossi bertarung diatas mesin 2 tak 500cc. Semua semakin lengkap karena Rossi selalu melakukan selebrasi-selebrasi aneh namun orisinil. Dan sejak saat itulah idola dunia bergeser….

Yup…..dari Mick Doohan, mata tertuju pada pemuda Tavulia Italia. Aksi Rossi diatas mesin 500cc 2 stroke yang kala itu nyemplak Honda NSR500 menjadi cikal bakal lahirnya legenda baru. Tidak heran HRC meminta bantuan Vale untuk mengembangkan generasi pertama RCV hingga lahir RC211V. Jangan ditanya soal bertarung diatas lintasan. Pernah membalap diSentul tahun 1997….Rossi adalah pembalap fighter yang agresif dan senang duel head to head. Ciri tersebut menjadi kekuatannya dimana rider rata-rata cukup kesulitan membendung kemampuannya hingga masuk garis finish. Satu yang menjadi catatan…The Doctor bukanlah karakter cengeng yang suka merengek protes saat fight…..

Bahkan jika diperlukan, rider Italia ini tidak sungkan senggolan badan selama dilakukan dalam racing line yang benar. Dominasi Rossi tercatat sejak 2001 hingga 2009. Pada periode itu doi hanya kalah pada tahun 2006-2007 dari Hayden serta Stoner. Dan yang membuat fans makin keranjingan….seluruh rekam jejak yang diukir selama nyaris 18 tahun bersih dari kontroversi. Hingga tahun ini kita semua dibikin terhenyak atas pernyataan Rossi yang menuduh adanya konspirasi antara Marc serta Lorenzo. Banyak yang menganggap…pernyataan Rossi hanya karangan belaka karena sulitnya pembuktian. Bahkan Lorenzo-pun merespon tuduhan team mate-nya tersebut sebagai bentuk rasa frustasi karena Jorge unggul disegala sisi….

Rossi biaggi

Pasti membuatnya sedikit frustasi karena dia tidak memiliki kecepatan buat dia juara. Jadi aku rasa juara dunia tidak hanya pantas untuk raja Spanyol, namun jelas titel ini pantas untukku sebab dari statistik…aku kalahkan dia (Vale) dari segala sisi…..baik kemenangan, pole position, fast lap, torehan waktu saat race…..latihan bebas….semuanya !‘ tegas Lorenzo. Sementara dari sisi Rossi, doi tidak menampik Lorenzo kencang namun tidak dengan cara konspirasi seperti keyakinannya. “Aku sudah siap kehilangan potensi gelar juara dari Jorge yang mana dia selalu kencang. Namun cara ini tidak adil buatku.? Posisi Honda sangat aneh. Aku tidak tahu bagaimana sebuah pabrikan menyetujui salah salah satu rider Yamaha menang dan hanya mencoba untuk bertarung melawan team-mate (Pedrosa). Ini sangat aneh. Tapi jujur aku tidak mengerti…“tutup Rossi seperti dilansir Crash. Apakah Rossi terlalu berlebihan??….

Menilik rekam jejak masa lalu…The Doctor bukanlah tipe cengeng yang gampang mencari alasan ketika kalah. Kita coba bahas dari sisi kecepatan duo Honda yang ternyata saat diteliti memiliki potensi mengalahkan M1 diValencia. Marc serta Lorenzo banyak bermain diangka 1 menit 31 detik. Beberapa kali Lorenzo unggul koma dibelakang namun seringkali pula Marq lebih kencang. Yang mengejutkan….secara kasat mata jiwa fighter Marc seperti tidak nongol diValencia. Sosok rider yang IWB tahu selama dua tahun terakhir….merupakan pembalap yang rela dlosor sekalipun untuk meraih juara 1 tidak hadir. Dan yang lebih mengejutkan…ketika Dani Pedrosa dengan kecepatannya berhasil menempel ketat dan hanya tinggal melakukan ekskusi malah direspon agresif oleh Marc yang membuat usaha Dani kandas ditengah jalan (lap-lap akhir Lorenzo sudah ngedrop bermain dikisaran 1 menit 32..sedang Dani mampu 1 menit 31). So….harapan Rossi dibantu duo Honda menguap tak berbekas. Kenapa?…

rossi NSR500

Honda disinyalir memang tidak menginginkan mzbro. Opini ini lahir dari analisa marketing yang jelas tidak akan menguntungkan bagi Honda secara global jika Valentino Rossi yang juara dunia. Yup, bagaimanapun sosok Rossi dipandang memiliki nilai jual jauh lebih tinggi dibanding Jorge. “Logis sih jika Honda berperan besar menggagalkan kans Valentino Rossi menjadi juara dunia 2015…..efek Rossi ngeri bro buat market Yamaha secara Global..”ungkap salah satu marketing yang enggan disebut jati dirinya. Mungkin opininya terkesan asal njeplak. Namun jika kita sudi membuka lembaran masa lalu…market Yamaha diIndonesia memang sempat meroket ketika Rossi berjaya diera Motogp kisaran 2008-2009. Hal ini pernah diakui internal YIMM yang ngobrol dengan IWB bahwa Rossi memang memberi peran besar pada kesuksesan Yamaha Indonesia secara produk termasuk Jupiter MX 135…..

Last….apa yang IWB sodorkan diatas hanyalah sekedar opini. IMHO….pendapat tersebut cukup logis serta masuk akal. Apapun kondisinya…..Vale memang sulit untuk dikalahkan secara nama. Karena untuk menjadi pembalap idola….rider tidak hanya bisa mengandalkan kencang. Namun bagaimana mereka memiliki karakter kuat, humble, good attitude, original, attractive, sporty serta gentle. Dan niscaya jika hal itu ditinggalkan akan sulit bagi seorang rider disukai oleh berbagai lapisan. Yang apes kini Yamaha mzbro. Terpasung dalam kondisi dilema karena disisi lain Lorenzo adalah sang juara dunia namun dengan berbagai kontroversi. Dan ketika memaksa menggunakan Lorenzo sebagai icon, IWB nggak yakin memberi impact positif untuk produk itu sendiri. Sebaliknya jika Vale yang dipilih…..tentu juga tidak etis karena Lorenzo-lah yang berhak mendapatkan posisi tertinggi dalam sebuah brand ambassador. Opo ora mumet kuwi jal…...(iwb)

valentino-rossi-honda-rc211v-motogp

335 COMMENTS

      • yang jelas…
        pembalap yang suka melambai itu dibenci fbh dan sebagian fby sudah jadi juara dunia 2015…
        terima saja kenyataan wahai FBH dan FBY

        hahaha

        • FBH silahkan berpesta..
          Karena sepertinya market share Honda dipuncak belum akan terusik..

          Gara2 sosok Lorenzo yg tidak menjual..
          Wkwkwkwkwk..

        • Kalo memang seperti itu, berarti terlihat banget kalo Yamaha bisa besar seperti skrg KARENA ada sosok seperti Rossi.

          Yamaha bisa menelurkan produk2 dan inovasi2 seperti skrg KARENA berkat masukan dan pengembangan dari seorang Rossi.

          Yamaha bisa mempunyai jutaan konsumen Loyal seperti skrg juga KARENA Rossi yg lebih dari 10 tahun menjadi icon Yamaha.

          Lantas, gimana kalo seandainya 12 tahun yg lalu Rossi tidak pindah ke Yamaha?
          Apakah Yamaha bakal tetep punya produk, teknologi, dan inovasi seperti skrg?

          Lantas, siapa yg lebih canggih dan inovatif?
          Yamaha kah?

          Anda sendiri pun tahu jawabannya.

          🙂

    • Gegara motoGP semua kubu terpecah belah.

      Harus diakui memang

      Fans VR46 itu dari semua kalangan LINTAS BRAND antar negara dan benua. Fans VR46 yang LINTAS BRAND krn VR46 sudah merasakan pindah tim pabrikan dan berbagai merek motor di motoGP sudah dirasakannya.

      Fans JL99 hanya segelintir FBY

      Fans MM93 pun hanya dari sebagian FBH

      ini uniknya fenomena VR46

      Yang perlu digaris bawahi, bila VR46 ingin kans Juara Dunia ada ditangannya maka dia harus lebih banyak podium 1 dari JL99 dimusim 2015 ini!!!

      Tahun 2015 motoGP pertarungan antara dua rider Yamaha yang berebut Juara Dunia dan JL99 walaupun tanpa dibantu MM93, JL99 tetap punya peluang besar karena dia lebih banyak podium 1 dari VR46.

      Janganlah spt Nicky Heyden yang hanya sekali podium 1 pada musim 2006 dia bisa Juara Dunia yang hambar, walaupun sah-sah saja krn pada musim 2006 Nicky Heyden bermodal konsisten bisa Juara Dunia walaupun hanya sekali podium 1.

  1. Rossi meninggalkan honda karena tau honda itu bozzzoookk dan motor bapak2.

    Rossi wlau tua pgn anak muda dikit coyy, makanya naek yamahaa

    Ngoahoahoha

  2. Pantes! Koq belum ada banner atau iklan tentang Jorge Lorenso jadi Juara Motogp 2015 dari Yamaha khususnya YIMM! Kayaknya adem2 aja. Kasian JL99!

    • Jelas” kaBeh salah rider’e
      Sing siji mewekan 46
      Sing siji kakean cangkem 99
      Sing siji bocah kemaki 93

      Out wae kui wong telu
      Ganti Zarco,rabat,rins

    • Di website YIMM juga ga ada? Gua tadi cek apa salah liat gatau deh.. tapi di koran2 belom ada sih (atau gua ga liat, tolong kasih tau) biasanya, z1 menang indoprix aja iklannya masuk kompas, ini motogp, jelas yimm punya sponsor disana (semakin di depan) kalo belom ada banner2 nya sih agak kesian juga. Mau gimana lagi, selain fans JL99 yang matanya buta, siapa lg yg ngefans sm JL99??

    • Betul ini opini untuk mnggiring opini, bahwa rossi itu dewa gk mungkin salah,.semua.tindakannya benar meskipun mncelakakan pebalap lain itu harus legal, dah kelihatan kok inibyg bayari. YIMM, dah makan uang dr yimm mau mnjatuhkan?? dipentung,,opinibyg mnggiring opini,.pembenaran aja nih

  3. gambarnya kebanyakan rossi + honda. fbh jangan mewek ya.
    biarpun cuma dapat ampas tapi marc mrongoz selalu membalap 100%. sampe kepontal-pontal malah.
    ya kalo sudah begitu gak bisa nyalip lorenzo juga pantas saja dapat ampas.

    ngehhehe.

  4. Biasa saja ngak ada strategi jenius dari MM, buktinya juga masih banyak CopyCat gaya Overtake Rossi (MM Vs lorenzo dan Ditikungan laguna Seca). Kalau Jenius masa dikadalin
    sama Rossi di Argentina dan Belanda. Ingat cara Rossi menyalip lorenzo di tikungan terakhir barcelona semua tahu tidak ada space tapi Hanya Rossi yang bisa menciptakan Space tersebut dan Menang. So Who is the Genius.

    Rossi dengan pengalamannya segudang tahu kalau MArquez mempermaikan dari Sepang, memang kita akui MM Cepat (masih Muda wajar) juga motornya di paruh ke dua buktinya Pedrosa terlihat kuat dari pada paruh pertama musin.

    Rossi adalah Living Legend MotogP yang sudah bisa juara dunia di Lintas Generasi disaat era keemasan pembalap2 hebat (Biaggi, Gibernau,Stoner, Dani Pedrosa, Jorge Lorenzo).
    Nah disini MM ngak mau di Era Keemasannya Rossi bisa Juara Dunia yang akan menambah ?RossiSentris? sebagai pembalap terhebat sepanjang masa lintas generasi. kita akui kenyataan memang MotoGP ya Rossi (Walau sekarang tidak secepat dulu karena Umur tapi konsisten dengan umur 36 tahun itu sesuatu yang sulit dicapai).

    Alasan ini lah MM harus menghentikan Rossi untuk menjadi the Greatest rider of ALL time dan menambah menjadi 10 X JURDUN yang akan sulit dilampaui MM dan JL.

    Jadi bukan karena MM Genius tapi karena IRI, sakit hati dan Dengki sampai membantu Lorenzo yang membawa bendera factory lain

    • Bijimane kaga sakit hati nyong…. Lg smbalap..Lha ditendang sampe nyungsep…. Masih mnding tuh MM kaga ngamuk. Lah klo gua jd mm dah gua sambit juga tuh pale rosidin

      • Ah,nyang boneng tong…
        Mana link website resmi motogp macam crash & motogp.com yg nyebut marc ditendang rossi??
        Mana?
        Mana?
        Mana?
        Lu buka nya situs b0k3p keuleus…
        Ekekekeke.

        • tindakan ilegal dg cara sengaja mnjatuhkan mncelakakan pebalap lain itu legenda culas,.pantas saja mnghalalkan segala cara,.ini tahun terakhir kesempatan untuk jurdun, th depan lewatttttt,,,kcuali mnghalalkan sgala cara, ciri khas rossi culas jk sulit mnundukkan pebalap lain, dosa sudah mnumpuk tk trhitung

  5. Huahaha sodorin bahu ama tisssu,,sejarah mencatat kedigdayaan rossi ,namun roda terus berputar ini era lorenzo dan marc,,apapun tuduhan yg dilontarkan bila cuma 4x podium 1,, yoo berat kalo mau jurdun…siapapun JUARANYA YAMAHA SEMAKIN DIDEPAN,.

  6. Sing nduwe warung mewek wae..
    “Kenyataan lebih pait dari kekalahan”

    • Legenda rider kick ala Kamen Rider Black gtu??

      Wahai pengikut nabi rossi
      Cepatlah bertobat

      Sing rep comments Celeng

  7. Biasa saja ngak ada strategi jenius dari MM, buktinya juga masih banyak CopyCat gaya Overtake Rossi (MM Vs lorenzo dan Ditikungan laguna Seca). Kalau Jenius masa dikadalinsama Rossi di Argentina dan Belanda.

    Ingat cara Rossi menyalip lorenzo di tikungan terakhir barcelona semua tahu tidak ada space tapi Hanya Rossi yang bisa menciptakan Space tersebut dan Menang. So Who is the Genius.

    Rossi dengan pengalamannya segudang tahu kalau MArquez mempermaikannya mulai dari philip island, memang kita akui MM Cepat (masih Muda wajar) juga motornya di paruh ke dua buktinya Pedrosa terlihat kuat dari pada paruh pertama musin.

    Rossi adalah Living Legend MotogP yang sudah bisa juara dunia di Lintas Generasi disaat era keemasan pembalap2 hebat (Biaggi, Gibernau,Stoner, Dani Pedrosa, Jorge Lorenzo).
    Nah disini MM ngak mau di Era Keemasannya Rossi bisa Juara Dunia yang akan menambah ?RossiSentris? sebagai pembalap terhebat sepanjang masa lintas generasi. kita akui kenyataan memang MotoGP ya Rossi (Walau sekarang tidak secepat dulu karena Umur tapi konsisten dengan umur 36 tahun itu sesuatu yang sulit dicapai).

    Alasan ini lah MM harus menghentikan Rossi untuk menjadi the Greatest rider of ALL time dan menambah menjadi 10 X JURDUN yang akan sulit dilampaui MM dan JL.

    Jadi bukan karena MM Genius tapi karena IRI, sakit hati dan Dengki sampai membantu Lorenzo yang membawa bendera factory lain

    • Tetep aja ujungnya pembelaannya isinya opini.
      Menurut saya, dari sini bisa dilihat, munhkin, seandainya. Halah.
      Move on bro. Idola ane selalu kalah, kgk pernah podium apa ane ngambek? tidak.
      Ane terus support idola ane supaya berusaha dengan hasil yg terbaik bukan marah dengan orang lain.
      Don’t blame others for your mistake, blame yourself.

  8. paling adil rasanya kalo mereka bertiga..rossi,hohe dan marc di adu pake nsr500..siapa yg menang????…

  9. ya begitulah kondisinya skrg..whatever ane tetep respect vale.n tetep suka mm93 (sejak moto2) terlepas apapun kelakuannya tahun ini.

  10. Awal musim rossi punya kans jurdun yg sangat besar kenapa??? Krna performa 93 dan 99 labil,,,tapi diakhir sisa musim performa rosssi dan motornya menurun dan saat bersamaan 93 dan 99 performa meningkat ,apapun tuduhannya tetap saja rossi butuh lebih dari4x podium 1, jika ingin jurdun.vamos 99

  11. Buat Rossi, SESAL KEMUDIAN TIADA BERGUNA. seandainya di Sepang TIDAK terpancing emosi tidak bikin 93 glosor ane yakin dia yg jurdun. So move on bro gak bisa jurdun jangan nyalahin orang lain. Mosok legend ky gitu sik?

    • ini RD yg bisa mnentukan, legal atau tdk tindakan pebalap dilintasan,,Rossi itu dah gk da.apa.apanya,,
      wayahe pensiun, kt nya legend tp jiwanya busuk, ingin jurdun aja main kotor,,tuh dah diputuskan RD, mau nyangkal, mmg loe hambanya tuhanmu rossi, pantes buosok kyk apa sirossi trlihat sempurna

  12. jika analisanya demikian.. tanda tanya saya adalah mengapa MM lebih menerima input dari honda untuk memuluskan lorenzo untuk gelar juara dunia(jika benar). tentu seorang MM mengetahui impactnya (kehilangan banyak penggemar dan tentu merusak reputasinya sendiri dimusim depan.) gak mungkin MM gak mikir ke arah sana dan gak mau juga kehilangan para fans. menurut saya ini adalah memang ada konspirasi sesama spanyol. IMHO yaa 😀

  13. CIE CIE CIE…….

    PERANGKAT LUNAK PERLU DI CLEAN MASTER MAS
    BEGITUPUN DALAM DUNIA BALAP PERLU REGENERASI

    BIAR KEKINIAN..

    MASA LALU…HANYALAH MASA LALU

    MAKA BIARKANLAH ULAT BARU MENJADI KUPU”

    INI HUKUM ALAM

  14. Kejayaan masa lalu tak cukup kuat untuk bersaing jurdun diera saat ini,rossi adalah legend yg saat ini membalap untuk menghibur fans dan jika ingin jurdun minimal 12x podium 1, SEMAKIN DIDEPAN.

  15. Jaman rossi di honda gk ada musuhnya men. skill mantap, motor Joss ghandoss … turing sendiri di depan mentok juga lawannya tadayuki okada no motor 11 sama sama penyemplak honda.. nah setelah rossi masuk yaMaho baru mulai seru. rossi membutuhkan 1000% skillnya buat menutupi kelemahan motor yaMaho M1 aka Memble One.. itu pun motor Yamaho udah di rubah oleh jeremy burgess sebagai Chief enginer yaMaho.. maklum Burgess udah mengantongi data lengkap Honda RCV semenjak di Honda.. sebenarnya Burgess y paling penting buat yaMaho. rossi cuman sebagai Bonus aja.

    • Bukan tadayuki okada tp tohru ukhawa, kalo okada itu team mate nya doohan yg menang di sentul thn 97 hehehehehe

      • Betul mas bro….Tohru Ukawa yg riding style-nya plg keren serasa lht ksatria baja hitam naek belalang tempur….btw jaman itu mas bruuud udh ngikuti gp blm ya?

  16. Rossi 37 Tahun sdh memperoleh total 9x jurdun disemua kelas ….perkiraan masih ada 1 ato 2 tahun sebelum bener2 pensiun…klo lancar2 aja, max dpt total 11x jurdun (walo tipis kemungkinannya)

    Lorenzo 28 Tahun sdh memperoleh 5x jurdun disemua kelas…. klo lancar2 aja bisa memperoleh total 7x jurdun saat usia 30 tahun (itu klo lancar jaya…) …potensi melewati 9x jurdun ada, asalkan tetap membalap hingga usia diatas 32tahun

    Markes 22 Tahun sdh memperoleh total 4x jurdun disemua kelas…klo lancar2 aja bisa memperoleh total 12x jurdun saat usia 30 tahun (itu klo lancar jaya terus …)….potensi melewati 9x jurdun sebelum pensiun sangat besar (asal tidak mengalami kondisi cedera parah ato yg lebih buruk dimasa depan)

  17. Kang iwan kayake salah satu pendukung rossi yg kecewa…wis to kang..ganti berita lain sing ngk nambah2i panas..para fansboy rossi..kalah yo wis kalah wae..ngk usah dibahas neh..nek yamaha laku banyak alias laris opo ya ada untungnya buat njenengan..nak ada yo lanjutlan..hahahaa…peace kang.

    • MotoGp yaa rossi masss… rossi itu legenda, kalau rossi kalah…??!! Fansnya meriang mas… 😀
      Kalau rossi dibilang bersih menurut sy gak juga lha wong banyak juga musuhnya. Cuma bener kata mas IWB sejak rossi masuk motogp fans bergeser ke rossi krn rossi entertain sejati, mau bikin rusuh kayak apa juga tetep dibelain… lha kalau rossi rusuh trus dihukum penonton kabur (kayak sekarang ini fans rossi diseluruh dunia nambek) kalau motogp gak laku dorna meriang juga… makanya selama ini rossi “dibersihkan” oleh dorna sport dan dijadikan malaikat sesembahan oleh para fansnya… yaa nek dipikir ngono yo ngono ning ojo ngono…!! ( Ngefans ya ngefans tapi jangan lebay… gitu maksudnya.. 😀 )

  18. Honda telah menciptakan pecundang dagelan di motoGP bernama Marquez, dia rela merendahkn martabatnya dgn menjadi pecundang thn ini karena ambisi, rasa dendam, dan yg paling konyol membantu pasangan homo nya jadi juara dunia

  19. ingat ombro honda juga punya dendam pribadi dengan rosi dan masih ngarep lorenzo tandem ama marq, kasihan lorenzo cuma memenangkan piala kosong, begitu kata mcqueen di film cars

  20. Kalo lorenzo di pake iklan bisa gak laku motor yamaha, mending make yg pasti2 sajalah daripada dlosor pnjualannya hihihihi

  21. Opini seorang FBR… “The Doctor bukanlah karakter cengeng yang suka merengek protes saat fight” yakin? perasaan pas diajak dog fight di philip island Vale mewek deh, dan puncaknya di GP Sepang dengan aksi tendangan si madun… 😀

    • Kan seorang pengaamaaaattttt sudah kenal valentino rossi dari luar dan dalam.
      Pokoknya kalo dah nonton moto gp dari mulai moto gp masih pake velg jeruji sepeda ituh sudah sangat mengerti sifat seorang pembalap.
      Kalo baru nonton bentar ituh berarti fans karbitan dan fans sebelah

  22. lapo nyalahke Honda?

    juara dunia itu adalah pembalap tercepat,poin terbanyak,kalo main aman yang paling beruntung cuma Hayden aja yg jadi juara dunia

    Coba liat setelah seri Assen, VR46 seperti main aman saja,asal finish di depan Lorenzo, dan doi juga mengandalkan duo Repsol untuk mencegat Lorenzo.

    Situasinya memang sulit, tahun ini ada 4 pembalap cepat plus Ducati yang kadang cepat kadang lambat,beda era VR46 jaman 2002-2009, musuhnya cuma 1 pembalap di setiap tahun yang bisa ngimbangin dia.. 2015 ini ada 4 pembalap selevel kecepatan dia, itulah masalahnya..

    Makanya jangan senang dulu saat VR46 dari posisi 26 naik ke 4, la wong lawannya di belakang cuma open class sama team satelit plus Suzuki dan Ducati yang tidak stabil penampilannya,gak level sama M1 VR46…begitu masuk posisi ke 4 , ngejar 3 alien di depan ya berat,la wong ketiganya lebih kenceng…

Comments are closed.