iklan iwb

banner-460x110(1)

liar-boy-7181315

Bro dan sis sekalian….tren komentar diBlog dewasa ini memang cukup ngeri. Bahkan IWB sendiri merasa komen sudah seperti tersistematis berusaha melakukan penggiringan opini. Entah untuk menjatuhkan image produk tertentu atau bahkan image IWB sendiri yang selalu berusaha teguh membahas suatu produk secara independent. Byuh-byuh….jane nyapo to??…
Indonesia-road-racing-championship

iklan iwb

muffler

Netral dalam ngeblog adalah mutlak alias absolute….dan itu senantiasa IWB pegang. IWB sadar betul disitulah Blog akan dipandang dan menjadi rujukan. Karena kalau sampeyan nggak netral….dijamin pembaca ogah mampir dan mulai ditinggalkan. Pengalaman berbicara dan memang sudah terjadi dimasa lalu. So Hanya karena iming-iming “pelangi indah”…..jangan pernah menggadaikan “independensi”. Ora netral?….IWB yo wegah moco. Dienggo opooo kalau isi Blog hanya boongan “apus-apus”….iyo ora??….

Luar biasanya….saat ini ada segelintir “onde-onde” sebut saja demikian (guyon lho iki ngomongne panganan biar wareg) yang tersistematis berusaha melakukan penggiringan opini bahwa IWB tidak lagi independent. Baik dari komentar ataupun jalur lain. Kalau tidak brojolin hasil kemenangan A maka IWB dianggap pro B. Atau sebaliknya. Begitu juga porsi artikel. Jumlah artikel seperti dihitung, saat IWB banyak membahas X…..si Z mengeluh dan menuding IWB tidak netral. Keruwetan tersebut makin nyata saat ikhtiar untuk memuaskan pembaca melalui uji komparasi sudah ditebar dengan opini tertentu. Yang harusnya begini…begitu dan begindang. Arahnya bisa ditebak….

Saat produk A menang….nanti diblow up wajar karena B pinjaman dan tidak standar milik pabrikan. Kemudian sebaliknya….kalau B menang….maka secara serentak woro-woro motor “bosok” mosok kalah dengan dengan mesin A yang notabene secara spek dianggap inferior. Nahhh….pinterrrr to :mrgreen: . Jadi dari strategi mindset wis menang ki. Makanya pembaca kudu lebih smart untuk menyaring dan mencerna mana komentar “sales” (sebutan ngikut dari komen lho ya karena sales murni adalah pekerjaan mulia) atau biker tulen.? Apapun yang IWB lakukan pasti akan dipelintir guna memberikan keuntungan pihak tertentu. Semua semakin runyam karena “onde-onde” juga berusaha sekuat tenaga memberikan kesan bahwa warung ini tidak lagi netral. Tujuane opo?. Yo ben ditinggal ora ono sing moco. Dan mungkin kondisi itu akan memberikan kepuasan pribadi. Sementara untuk komentator “sales” sekuat tenaga menjatuhkan image rival mereka. Ngerih to…

unnamed (19)

Bagi IWB….setiap ketikan artikel ini ada tanggung jawab dan konswensinya. Kenapa??. Karena jika ora netral siap-siap iwanbanaran.com selesai. Blog yang IWB bangun dari nol pada tahun 2009 silam akan ditinggalkan sebagai tempat rujukan para pembaca. Jelas itu IWB hindari. Ketika protes terjadi kenapa bahasan merk A saat ini cenderung lebih banyak dari B?. Karena akses dan bahan yang memang bejibun mzbro. Sopo sih yang nggak penasaran pada produk baru?. Padahal ketika nanti ada new produk lain brand sekalipun?. Pasti akan mendapatkan gilirannya. Dengan catatan “akses” mzbro. Berikan akses selebar-lebarnya pada Blogger untuk menjawab rasa penasaran pembaca. Lha kalau pinjam unit test ride harian wae susah….piye mau membahas detil?. Akses vs akses….kuwi baru juozz. Menyarankan beli unit baru untuk sekedar tes?. Emange belanja tempe. Kalau ?gitu para test driver Supercar media luar terpercaya seperti Top Gear juga disuruh beli unit sendiri wae biar juga bisa dibilang netral. Saran koq ngablak asal mengo :mrgreen: . Eh…tapi kalau ada unit konsumen rela digeber-geber sih IWB dengan senang hati juga. Ono sing gelem ora? :mrgreen: ….

Last…..artikel ini IWB buat tidak untuk menyudutkan siapapun namun hanya konsen kepada pembaca agar tidak tergiring opini menyesatkan khususnya dari kolom komentar (mari ngene pasti gatelen koyok pitik memeti ki :mrgreen: ). So….mohon maaf jika kurang berkenan. Saran IWB….jadilah murni biker yang tidak mendewakan merk tertentu. Kenapa??. Percaya IWB….ora ono merk sing sempurna. Catet kang…..tidak ada produk yang perfect. Semua ada plus dan minusnya dan tergantung selera masing-masing individu. Jadi jangan pernah terlalu fanatik pada merk. So….be smart, jeli dan jangan mudah terprovokasi pada komentar apapun yang bertujuan menggiring opini demi keuntungan pihak-pihak tertentu. Hidup biker dan keep brotherhood. Juozzz gandozzz !!! (Iwb)


Post by IWB. Follow us on?.

Twitter : @iwanbanaran
FB Fanspage : Iwanbanaran.wordpress.com
Email : [email protected]
Youtube channel : Iwanbanaran
Path : Iwanbanaran
Google+ : Iwanbanaran
Instagram : Iwanbanaranblog
Blog Author : IWBspeed.com | Iwanbanaran.com

470 COMMENTS

    • Artikel sindirian buat FBY pekok yang takut motor sinchan sesembahannya di asepin cebong.. Kasian.

      • ooooo, dohc yg di asepin sohc nya mexking toh di kejurnas, apalagi ini ban gambrot, bukan lagi do asepin sama bebek malah kena
        croot
        croot
        croot

        • La Cebong(old) juga Ngasepin SOHC NGEBUL series(R15,pigson,mxking) di kejurnas seri sblumx sampai gap 21Detik.
          #Lupa ente ya
          #Salam 21Detik
          udh jgn giring opini mulu
          ekekekeke

          mk

          jlubb

          • saya bantu mediasi ya masiwan. blog sebelah berideologi sama. cuman di blog mereka agar terjaga ideologinya yaitu mencerdaskan pembaca di tengah kurang independennya majalah otomotif dan surat kabar. saat pasang iklan motor, jelas2 kalo iklan nyeleneh kek irit 70-120 km/liter ya sudah gak beres tuh majalah/surat kabar. cmiww

            nah! masiwan masih pakai berita dari majalah itu. itu mas, yang dipersoalkan.

            lalu soal memberikan kata “bagus”, “jelek”, “tebal”, “tipis”, “empuk”, “keras”, “nyaman”, “bikin pegel”, “cepat”, “lambat”, … ini kata masih banyak penafsiran. makanya lebih baik jika plastik motor A langsung saja bandingkan dengan plastik motor B karena kompetitornya.

            kalo gak punya kompetitor ya kudu dijelaskan, tipis nya plastik sama seperti motor di merek itu sendiri. khawatir bisa goyang.

            itu poin penting. tapi ya kita gak menutup kemungkinan sebagai individu bisa saja susah melakukan penilaian itu. makanya masiwan kudu kasih ketegasan, menasehati pembaca untuk berhati-hati dengan plastik tipis pada motor. jangan salahkan pabrikan karena kita sudah setuju dengan tipis plastik itu. atau pakai motor jangan dibawa di jalan ekstrim. karena bukan peruntukannya. jadi bisa goyang/retak/patah.

            yang jelas motor sudah diuji kualitasnya. asal konsumen pintar merawatnya.

            jadi buat mengatakan ‘plastik tebal/tipis’ saja bukan hal mudah. butuh penjabaran. manti kesannya masiwan membela pabrikan A. saat mengatakan plastik masih dalam batas toleransi. harapan blog sebelah, katakan saja tipis karena dibandingkan dengan kompetitor. atau plastik kokoh meski tipis sebab ramuannya bagus. kalo setahun rusak bisa diklaim. ya kalo ada aturan klaim begitu.

            harapan blog sebelah selalu cerdaskan pembaca. jangan pakai kunyah2. soalnya banyak pembaca masih awam dengan dunia otomotif.

            jadi pemberitaan gak selalu menguntungkan perusahaan besar saja. yang bisa memberi akses banyak.

            belum lagi bahas motor A empuk, irit, kenceng.

            makanya kemarin saya saranin new cb lawan new vixion saja dari pada NVA. karena NVA kalah performa dan irit dibanding NVL. nah! kasus new cb yang disoalkan kan adalah performa dan irit. kalo perlu new cb vs nva dan nvl sekalian. hehe.

            berat emang masiwan. begitu lah keterbatasan panjenengan bikin celah negatif.

          • Haha

            Telak banget kang

            Buat blog ningrat sebelah asal ada blogger yg berseberangan dgn yamaha pasti dituding blogger dollariyah

            Semua Artikel yg ga pro yamaha akan dituduh blogger ternakan AHM

            Blogger akan disebut netral itu asal selalu mencaci AHM dan memuji dan menyembah YIMM

            Klo ga percaya tanya aja sama blogger ningrat sebelah

          • Sejujurnya blogger ningrat sebelah termasuk blogger favorit ane pd masa lalu

            Tp semenjak beliau diundang yamaha ke bromo saat peluncuran Byson dan Scorpio dan ada pembicaraan 4 mata dgn petinggi Yimm Sejak saat itu Artikel ya mulai ngaco sampai sekarang

            Semua isi spt penggiringan opini Klo motor itu harus yamaha

            Klo ada blogger yg ga pro dgn yamaha langsung dituding blogger ternakan dan blogger dollariyah

            Padahal siapa semua sebenernya yg ternakan yamaha?

        • Asalnya ada blogger keluar dr forum krn mrasa forum tsb telah di sponsori oleh ‘H’ , lalu forum tsb bnyak mmberitakan ‘H’ tanpa mmbahas kekurangannya. Blogger yg keluar (misal ‘3’) berkurang pmbritaan thd merk ‘H’ , krn akses berkurang . Lalu tanpa dikira ada kmentator bernama ‘ayumi’ yg menyerang dg sebutan ‘blogger ternak’ thd forum tsb .
          Disi lain blogger ‘3’ yg keluar tadi disangka adl kmentator ‘ayumi’ tsb . Pdhl ‘3’ mlh bersumpah bhwa dia bukan ‘ayumi’ . Lalu si ‘ayumi’ menghilang , tp pd wktu bersamaan juga mulai ada FBY dan FBH , dan mereka ahirnya berperang di dunia maya blog . Boleh dibilang itulah perang komentator ‘H’ vs ‘Y’ yg disebut , ‘perang barathayudha’ – jilid 1

        • MX Kaing di kejurnas pake ban kecil dongo bukan ban lebar bawaan pabrik dasar fby pe’ak (pendek akal)

      • Triatmon* sakit hati sma AH* gegara nodong tdk ditanggapi.
        Triatmon* nodong ke YIM* berhasil.sejak itu dia bela yang bayar.

        • Woh iki wes parah waan. Ms tri habis dicaci fansboy dimari.
          Post sampean terbaru ini kan mengingatkan hati-hati penggiringan. lhoo sampean sendiri membiarkan komen penggiringan trhdp orang lain.
          podo ae koplak e.

    • Rezeki ga kemana kang sabar ajah.
      Si Triatmomok itu orang sirik dengki lihat blog ini maju.
      Blog ini punya akses ke atpm buat bocoran info kan buat knsumen juga. cuma si Uban itu sirik sama blog ini. Triatmini cuma modal pepesan kosong.

        • Sama juga bohong Iwebe bikin artikel beginian.
          Iwebe sendiri membiarkan komentar fitnah dan penggiringan opini ke blogger lainnya.
          Tanpa sadar manusia itu terjerumus MUNAFIK.

      • ekekekeeekk

        begitulah
        kelakuan fansboy paling ganas dimuka bumi, dapat angin segar sitik bae koar koar

        tar ter tor
        tar ter torr,,, werr werrr!

        tapi jika sesembahannya memble langsung mewek mingseg mingseg seperti anak paud minta kembang gula.

      • Hahahahaha

        semua ini ulahnya $atar keturunan Belanda dan Trimomok keturunan Kerajaan Jawa.
        Kerja sama yg bagus antara Menir $atar dan Kanjeng Momok bikin kojel kojel blog ternakan.
        $atar mental kompeni bertopeng untuk FBH
        Momok mental ningrat bertopeng untuk FBY.

    • Tenang lek nurdin yang ganteng ini bukan sales ,cuma pelajar & biker yang kesal motor kesayangan ane byson di katain lambat bla2 ,dan old vario 125 di katain ngorok,boros busi. Kenyataanya fine2 aja sekelas iwb,tmc aja pake wtf . . .
      Fby emang rese ,tukang fitnah . . .
      Beraninya ama fbh lemah 😆

    • Semua produk motor di dunia gak ada yang sempurna bro, yang sempurna itu buatan Tuhan, hahaa… 🙂
      Jadi jangan lah saling menjelek-jelekan dan saling menjatuhkan produk motor A B C D E….

      Salam roda dua.. 🙂

    • Suburr yo.. repot emang dadi menungso
      Dadi wong elek wis jelas..
      Dadi wong apik ora jelas..
      Kakean diarani..

  1. Saya sudah lama nggak baca kolom komentar bikin emosi…kalo mu komen ya komen aja…langsung ketik “say it!”

  2. Walaupun sbgian mereka hanya utk rame”an,, tapi itu jelas” sangat menjatuhkan.. Terkecuali keahlian mereka dlm berkarya sudah melampaui karya yg mereka cerca .. . Para fb yg fanatik 😀

  3. Sudah beberapa tahun lalu saya follow blog sampean tapi cuman baca artikel aja, gak pernah baca komen2 Kang, pusing krna gak ada yg bermutu.

  4. itu dulu yang bikin saya ninggalin blog om Rudi triatmono sampai sekarang…walaupun dianggap blog papan atas…

  5. Saya tidak gila merek. Tapi beberapa ulasan anda memang sedikit mencurigakan dan sarat muatan marketing, tidak terbatas merek manapun.

    Jadi kalau memang tujuannya dongkrak pemasaran atas pesanan. Baiknya ditimbang baik2 ‘netralitas’ dan objektivitas yg anda maksud.

    Disini yang saya maksud, bukan tentang komparasi antar merek, namun exaggeration (maaf saya gak nemu padanan kata yg sesuai), atas beberapa ulasan.

    Memang terasa baik untuk menggugah minat, tapi tergantung minat kalangan mana yg anda ingin gugah.

    Banyak kalangan memandang blog adalah alternatif yang akan lebih ‘grassroot’ dan jujur dalam mengulas sesuatu, sebagai pembanding untuk media ‘konvensional’ yang sarat muatan pemasaran (iklan, promosi, dan sebangsanya), dalam ulasannya.

    Jadi ada baiknya, terutama untuk artikel ‘TEST’, anda lebih ber-hati2 dalam menentukan variable dan parameter yg digunakan. Beda halnya dengan ‘riding impressiom’ yg tidak mengandalkan data, namun impresi berkendara ANDA. Terserah kemudian apakah pemirsa anda merasa sesuai dengan ‘riding impression’ anda atau tidak, mereka yg akan mencocokkan dengan rasa yg mereka inginkan.

    Akan sangat menyesatkan apabila melulu yang dibahas adalah topspeed, power, dlsb yg hanya menggunakan angka semata. Lagian, anda kan bukan lab mekanikal yang punya akses alat test reliable.

    Mudah2an anda membaca post saya ini, dan bisa memahami maksud yang ingin saya sampaikan.

    Saya rasa saya bukan pihak yang ingin menyudutkan, dlsb, namun malah sangat peduli dengan kelangsungan blogger otomotif dan powersports di Indonesia.

    Demikian

    Salam,

    Pramita Krisna Dalem
    Ubud – Bali

    • *impression… maaf, tidak begitu terbiasa ketik banyak dengan virtual keypad. I’m oldschool 🙂

    • tidak sesat juga bro, dalam artikel pasti sudah d jelaskan koridor pengukurannya..alat ukurnya apa..kalo ada perbedaan dengan alat ukur yg bro bilang dari lab itu wajar aja asal bedanya masih dalam toleransi. Blogger kan cuma menunjukkan angka, gak juga memaksa untuk membeli produk yg unggul dalam artikel test.
      Salam. maaf kalo saya gagal paham

      • Semisal begini, apakah anda akan mendapat informasi yang bermanfaat apabila kita mengulas keripik misalnya, dan yang ditampilkan dalam ulasan adalah : ukuran keripik, bentuk fisiknya, kadar garam, kadar mineral, kadar karbohidrat, lemak, bobot masing2 keripik, kandungan energi maksimum yang dihasilkan, kecepatan maksimum kunyah, dan lain2 yang sifatnya data dan teknikal…

        Dibanding dengan nikmatnya proses memakan dan rasa yang timbul sebelum, sedang, dan sesudah memakannya, berikut harga dan value menurut pihak yg membuat ulasan.

        Silahkan coba sekali lagi dibaca dan coba pahami maksudnya. Mungkin karena makanan, maka akan lebih dekat di hati dan mudah dicerna (hehe)

        • Awalnya aman2 saja sampe lapak sbelah klaim beberapa blog gak pada netral.

          Repot amet, Tulisan marketing ya dibales marketing.

          Test ride pinjeman ya dibales pinjeman, gitu aja koq repot.

          Lagian lapak sebelah malah kelihatan banget bela si y.

          Memanganya produk y g da kelemahan..?

          Memangnya 70% konsumen h orang2 g pake otak..

          Konsumen g bego. Yg baca blog juga pasti ambil referensi juga ke tempat lain.

        • semua yg di tulis di blog ini cuma pembelaan aja,ga ada bukti kuat klo yg dituduhin ga benar! namun apa yg “diucapkan” oleh blog sebelah? semua kejadian mulai dari kumpul,sampe blog2 bubar,bhkn klo membaca blog ternak dri dlu- sekrg akan kerasa kog bedanya!
          jujur aja klo yg nulis blog membela merek tertentu krena dia fanatik juga ga masalah!(krena blog memng opini personal)yg jafi masalah adlh klo yg nuliz membela dan menutupi,karena duit! semua juga tahu,blog ini dlu berwal dri mna! eniwei skrg kerjanya apa? seinget sya dlu sering cerita tentg kntor!!!

    • @ Baligia

      Suwun masukannya walau tidak terlintas sedikitpun kearah sana. Kalau saya blogger nggak ngurusi jualan mz…hanya share apa yang saya dapat….mau dibaca syukur…ora yo ora po2. Pemasaran urusane wong gede-gede dipabrikan sana. Simpel….jika memang test dianggap kurang valid dan hanya bertujuan marketing seperti anggapan “anda” (wihhh boso biker pakai anda…koq gimana gitu ya kang xixixi) jajal wae dewe untuk buktikan langsung. Kan saya ketahuan nanti klo bohong atau nggak. Iyo ora hehehe..

        • @baligila : saya baca komentar anda kok lebih banyak mengajak konfrontasi…?
          Merasa terpinggirkan yah?

          Tetal semangat mas iwan….blog anda cukup informatif buat orang awam spt saya….
          Terserah saya mau pakai merk H…Y…K..S…tdk masalah..
          Dan merasa tdk ada berat sebelah informasi blog dari masiwanbanaran..

          Tetap semangat

      • @Mas Iwan,
        komentar2 yg tidak pantas dihabisin saja, justru selama ini banyak comentar2 cerdas malah tdk lolos moderasi, amat disayangkan.
        Para konsumen mencari info lebih kan di kolom komentar, mungkin ada pengalaman yg tidak dialami mas Iwan trhdp 1 unit tes akan dibandingkan/disampaikan oleh pengalaman komentator, syukur dg data dan fakta.
        Sekarang kalau hanya ada saling caci maki dibaris atas s.d. bawah, justru tujuan dan manfaat utama dari kolom komentar tdk tercapai.
        Mungkin itu yg disayangkan, artikel bagus tapi forum komentar adalah bahasa kelas rendah/bahasa hewan (maaf). Justru itu yg membuat kesan blog mas iwan kurang mencerdaskan dunia otomotif. Entah benar atsu tidak ulasan mas Iwan penuh dg syarat muatan marketing atau tdk, pembaca bisa menilai masing2, terserah mau cenderung ke blog A atau blog B.
        Apakah mas Iwan mengejar Hits ???
        Saya harap mas iwan tdk demikian, masih banyak yg dpt mas iwan lakukan dan mas iwan masih jauh lebih tenar dari pada sekedar mengejar hits. Jadi komentator Live MotoGP di stasiun TV itu bukti mas Iwan sdh tenar scr positif. Lebih baik mas Iwan mempertahankan segi positif tsb daripada mempertahankan komentar negatif diblog.
        Tolong komentar saya jgn dimoderasi, bila tdk lolos berarti mas iwan tdk mau dikritik.
        Terimakasih..

      • Berkata jujur itu memang susah mas (tentu saja kl ada kepentingan/keuntungan tertentu). Contoh paling kentara (menurut saya) pas uji kecepatan produk baru itu dimana di spido digitalnya tercatat sekian tapi tidak di compare dengan alat pengukuran lain (dngan alasan eror). Padahal maaf kalau memang berniat ngukur akurat at tidak ya tinggal d coba2 terus (g perlu smpai top speed) saja 1,2,3 hari masa ya eror terus. Kl masi eror ya pinjem gps (hp) punya anak istri at tmen kan gampang itu.
        Kalau seperti itu bukankah itu jg penggiringan opini? sangat mungkin menyesatkan.

    • Mungkin anda tidak memahami apa itu opini pribadi, artikel test adalah opini pribadi bagi yg melakukan test. Mungkin anda salah satu pihak yg secara tidak langsung menjadi kompetitor. Bagi saya seorang pembaca juga nggak akan telan mentah-mentah opini seorang IWB, mungkin anda harus bisa membedakan Blogger dengan media nasional.

      Saran saya buat IWB tetaplah sesuai gaya bahasamu yg mempunyai ciri khas sendiri….

      Tetap semangat IWB….

      • Opini pribadi itu bukan masalah angka dan data, teman

        Silahkan kembali dibaca dan coba sekali lagi pahami ‘penggiringan’ saya menuju titik berat ‘impresi berkendara’ yang pada dasarnya adalah 100% (ya, seratus persen) opini pribadi blogger

        Saya tidak berusaha melakukan hal yg negatif sama sekali, namun seratus persen positif. Karena saya gak punya waktu untuk hal yang negatif. Saya hanya luangkan waktu untuk hal yang positif. Salah satunya berkomentar konstruktif dan penuh dukungan untuk blog ini.

        Harap pula dipahami, bahwa obat, suplemen, dan vitamin itu tak selalu rasa madu dan jeruk (atau strawberry), tapi bisa juga rasa racun 😉

        • “Harap pula dipahami, bahwa obat, suplemen, dan vitamin itu tak selalu rasa madu dan jeruk (atau strawberry), tapi bisa juga rasa racun”
          _______________-_-______

          Ini anda sendiri tau…! Nggak suka, nggak usah baca blog IWB…. gitu aja kok repot?

        • @baligila :
          Comentar anda lebih ke arah menggurui…
          Kurang respect bacanya…sama pribadi anda..

      • Saya kompetitor apa ya kira2?! Harap di-share, mungkin sebenarnya malah ada celah kompetisi trilyunan yg saya lewatkan?!

        Sangat sulit saya pahami. Dimana letak kompetisinya kalau yg saya tulis dalam komentar adalah masukan yg konstruktif untuk salah satu blogger yang saya follow

        Bila anda bercermin, yang nampak di cermin adalah bayangan anda sendiri (kecuali cerminnya modifan untuk kegiatan prank, misalnya)

        • @baligila :
          Wong orak warasss…..
          Rak usah di reken modelkoyok kowe baligila….muakkk saya sbg pembaca awam…..
          Motorku yo nang omah…enek mio..enek beat…ninja 250 yo enek…
          Tdk masalah masing masing pabrikan dan tdk merasa ada yg lebih unggul..biasa wae….
          Justru blog e masiwanbanaran nambah informasi aja buat baca baca disaat senggang…hiburan istilahe…

          Kendaraan roda4 yok ono…rak.perlu dipamerke…jadi gk perlu buta mata utk.meilhat 1 merk tertentu aja…

    • ikut nimbrung
      jgn ky gt bro klo anda sering ngikutin blog kang iwan dan sering baca kolom komentar pasti tau deh ap yg di inginkan para pembaca jika ad unit baru apalagi dengan data di atas kertas yg wah.
      psti yg ditanyakan power, top speed , konsumsi bbm
      lha mas bro dsni klo ad unit test drive bru yg minta di test ap nya klo ke 3 point trsbut dgan gya test kang iwan anda sangkal????
      maap klo sya jga gagal paham dgn komentar anda
      keep brotherhood.

    • klo soal tes yg anda permasalahkan…
      Tergantung genre motornya…
      Klo motornya genre ayago yg menampilkan gaya dan top speed ya emg top speed dan power yg di bhas..klo riding impression jlas ayoga mna yg nyaman ?? Semua jg tau…
      Trus klo genre trail lain lgi…sya pernah baca tentang ulasan motor trail merek lokal…gk top speed yg di bhas..tpi torsi dan kemampuan motor menghajar alam bebas…bahkan do komparasi sma motor trail ijo mlik warga yg bersedia….
      Klo anda ingin yg lain…ya kontak iwb ..request apa yg anda ingin tau dari motor…
      Insyaallah di respon…bkan menyalahkan via coment..karna karakter kebanyakan org indo tu memandang top speed dan power (ini kebanyakan loh bukan semua) jdi gk slh mas iwan klo saat tes itu yg di tes ..karna itu permintaan dri pembaca….org trail aja di minta top speednya…kan aneh..trail kok buat kebut2an…
      Udah sekian saja..udah kebanyakan sya ngetik…..
      Salam ..
      Dari septian
      Pekanbaru (kota berasap)
      Riau

      • Riding impression itu bukan semata masalah kenyamanan.

        Kita butuh angka, kalau mau showoff. Dalam race (beneran race ya, jangan balap liar), kita boleh bandingkan spec sheet Ducati, misalnya, yang super yahud. Lalu kita tanyakan bbrp rider yg menggunakan Ducati tersebut dan pabrikan lainnya yg mereka kendarai, itu impresi berkendara, tidak ada keluar angka2 dan data2 dari bibir rider tersebut, saya rasa.

        Namun kembali lagi, apabila masukan saya dianggap salah ataupun sebagainya, silahkan abaikan. Namun bila bermanfaat, saya mohon untuk diteruskan pada blogger lainnya, dan penulis2 lainnya, dan jelaskan pula pada rekan2 lainnya.

        Gitu aja deh 🙂

        • Ingat brother….
          Blogger bukan media semacam detik, kompas dll… yang dalam penulisan diatur semua…!!

          • Tulisan ini dibaca publik bro. Jd supaya ada masukan. Karna ada pembahasan ttg apa yg di publikadikan.

            Iwb ini kan sudah mendekati jurnalis memang.

            Mana ada media yg komen 400an. Cuma diwarung ini aja.

            Artinya makin banyak pila pikir yg harus di anulir mas iwb.

            Pohon bambu juga makin tinggi makin kuat goyangan karna angin. Karna makin banyak angin yg berhembus diatas.

            Sama kan sperti kang iwb ini.

            Wajar bnyyak kritikan, karna emang banyak yg baca.

      • Contoh ulasan riding impression :

        – motor xxx ini merupakan generasi keempat dari model ini

        Hal special yang saya rasakan adalah turn-in yg sangat netral, steering feedback yg sangat kuat saat di apex, jadi sangat confident ‘merasakan’ available grip di roda depan, sayangnya ada sedikit kecenderungan kurang stabil di area suspensi belakang, terutama saat throttle roll-in dan akselerasi keluar dari tikungan, bisa jadi karena setup preload yg kurang sesuai dengan bobot saya yg sedikit berlebih. Namun, akselerasi yang terasa sangatlah kuat, meski power maksimum hanya 68hp (hasil test Dynocom dyno (tgl sekian di workshop xxx), namun pemilihan ratio yg tepat oleh pabrikan di versi keempat ini, sangatlah sesuai dengan rute test yg saya lalui. Ditunjang pula oleh bobot yg berkurang hampir 6kg, utamanya di komponen dibawah komponen suspensi (unsprung weight reduction), yang membuat akselerasinya seperti motor dengan kapasitas cylinder lebih besar.

        Dst… dst… dst… (juga kemudian untuk kenyamanan, practicality, harga, value, dlsb)

        (tetap pakai data, namun jelas dan tepat guna)

        *disclaimer : pokoknya ga ada maksud negatif. Berguna, pakai. Gak, abaikan*

          • Jadi blogger kaya mas iwanbanaran aja,ntar ta kunjungi,daripada penggiringan opini,mending di luangkan ke artikel,zlub

          • Baligila kakean cocot, nggaweo blog dewe kono, ra seneng karo blog’e IWB ra usah diwoco, molai pertama wes klihatan lek kowe iku nyocot ae, air beriak tanda tak dalam.

        • Iki yo podo ae alias sami mawon… fekok ente ya…? Cm mslh gaya bahasa tok hahahHa… sok pinter luh…

        • ini gaya bahasamu, beda sama gaya bahasa IWB, lu nyuruh dia sama kyk gaya bahasa elu?
          ya gak mau lah IWB,

          gak usah komen panjang2 deh elu, 2 the point aj, yg pengen lu sampein itu ap,

    • Just think positively kang bro,,positive thinking mawon,,lha kang Iwan cm nge_share dri sudut pndang kang Iwan,,apa feeling ridenya stelah nymplak merk trtentu di share objectively…
      Klo memang anda pnya point of view sndiri bisa dishare,,tanyakan sm blogger2 lain..jgn asal memberikan blind judgement…don’t judge something only from your point of view that’s absolutely not objective kang bro…

      • @baliglia
        Komen sampeyan berbobot lek, tapi sulit di pahami, monggo bikin blog dewe saja..
        Kita kita suka baca iwb tapi bukan 100% percaya semua isinya kok, wez gerang kan yo iso mikir lan milah dewe, yo po ra..? Bahkan jika pun di suatu artikel iwb rada sedikit condong ke salah satu merk pun bukan berarti kita ndak tau, tapi kita santai wae, toh ini blog nya dia, gak suka yo out aja, Ane sih menikmati ajah hidangan di warung kang iwan, tapi bukan berarti semuanya di makan kan..?

    • @baligila :
      Membacanya komentar anda seperti orang yg merasa dirisangat bijak dalam berkomentar…
      Kurang enak dibacanya…terasa banget sifat “menggurui” nya…
      Padahal…level anda jauh dibawah mas iwan..
      #dari pembaca biasa#

    • Baligia kloningan triatmono salah satu haters yg ngiri sama mas iwan bahahaha

      Bahasa lo sok pinter tapi cuma muter2 disitu aja, basi lah..

  6. Wahh jgn bawa nama sales… Bnyk sales yg sekarang jual produk A-B-C—Z biar income banyak.. Klo cuma andalkan jadi sales produk A/B/C saja tidak mencukupi kebutuhan sehari2

  7. sing kojel kojel n bc jelas sales lek… klu q mah pembaca yg ingin tau new produk .. ben reti produk baru sing endi sing mantep n pass.. juga lbih reti lg tntang engin squre ,boreup , overstroke… juga dari warung mas Iwb
    mksih mas..

  8. Saya tau ko mas ke netralan situs ini. saya selalu mamantau dari sejak awal kemunculan situs ini dan sampi sekarang saya sudah kuliah dab punya aplikasinya di hp saya berita berita yang di share buat kawan kawan semua bisa di pertanggung jawabkan ko. Jadi rubah lah skema berfikir menenai produk terbaik atau apa lah. Toh kita sama sama bikers ko. Sabar mas iwb.
    #salamsatuaspal

  9. dari dulu ampe sekarang IWB, TMC ama Indobikers paling bagus menginformasikan pruduct. justru yang suka mblokir comment kalo gak sejalan ama pemikiran doi yang ane anggep berat sebelah. :mrgreen:

  10. Dan sales tukang bc pun pada ngumpet di kolong semua, paling tidak sampai lek iwan bikin artikel komparasi atau ulasan produk selanjutnya.

  11. Wis kang g usah ditanggepi. Masih ad yg berpikir negatif padahal sampean udah netral. Pancen Atine peteng, buozokkk.. suudzon tok isine… gara2 gak nompo kekalahane. Koyo arek PAUD ae mereka

  12. artikel yg dalam, perlu kedewasaan dlm membaca mengolah stiap kata kata, saya hanya pembaca setia blog kang iwb buat referensi beli motor thanks kang semoga exis selalu

  13. Hahaha lucu yo lek tingkah para haters yg otaknya udah terezim dan terpolitis
    Tetap semangat iwb,rider/biker skrg yg bisa buka blog dan baca artikel pake smartphone pastilah “otak”nya jg hrs smart
    Ane silent rider dan dukung iwb,toh blognya sangat bermanfaat buat ane utk knowledge new product motor tertentu,ane tiap hari slalu pantengin warung iwb karna otonatis dpt notif klo ada artikel baru via email
    Bakal seru dan panas nih dunia permotoran 😀
    Toh yg diuntungin kitakita jg sebagai konsumen yg “smart”

  14. Aku reti lek, emang enek bloger seng wez bangk0tan seng anti banget karo mer H you kn0w what i mean… Nah nang blog,e de,e seng pancen okeh nyinder blog2 seng enek iklan,e… Di 0m0ng dolaria lah, iki,lah, iku,lah… Sirik tenan…

  15. Cebong klotok”.. Pigson ngebul.. Cuma bullshit.. Klupun ada ya cuman 1 ato 2.. Jo percoyo cangkeme penboi yg cuma bisa koar” d medsos.. Aslie culun dunia e d dunia maya doang..

    • sip, kayaknya mereka orang yg gagal di dunia nyata, makanya mereka melampiaskan rasa frustasi di kolom komen, hahahah

Comments are closed.