iklan iwb

banner-460x110(1)

athlete

Bro dan sis sekalian….pengen mancal bathuke kalau melihat biker pecicilan ditengah jalan. Motor diprotholin…..knalpot meraung memekakkan telinga….belum lagi lampu tidak nyala saat malam (emang sengaja diprotholi). Jianneeee ki golek opoooo??. Sumpah serapah tidak sadar sering terlontar pada mayoritas pemakai jalan. Sebutan alay seakan menjadi cap negatif yang senantiasa kita dengungkan. Pertanyaannya…..apakah waktu muda dulu kita bersih dari rekam jejak kelakuan yang bagi kita sekarang sangat memuakkan??….
Indonesia-road-racing-championship

iklan iwb

muffler

IWB sering tersenyum jika pertanyaan tersebut muncul. Lha piye mzbro…..IWB nggak munafik pernah melewati fase yang disebut alay. Dulu….sekitar tahun 1994, malah IWB pernah diludahin pemobil saat ngetes accelerasi RX-King. Kejadiannya begitu cepat. Raungan knalpot tanpa filter menggema di seantero jalanan. Baru gear 5 speed kisaran 100 km/jam…..IWB merasakan muka adem nggak beres pasca nyalip sebuah mobil sambil nunduk. Walahh…ternyata…..asyemm….diludahin kangbro. Lha piye…dulu belum ada kesadaran memakai helm. Makane wajah klumut tenan. Itu kejadian pertama….

Yang tak terlupakan lagi adalah saat melakukan drag liar (testing only…tidak ada taruhan). Suzuki RGR150 begitu booming. Dibekali mesin 150cc dengan embel-embel Super Scavenging System (SSS)……motor fairing racikan Suzuki ini memang menjadi rajanya. Tidak heran banyak dari pemakai RX-King, RX-Z dan beberapa motor kencang lain begitu penasaran nantangin drag (kedua motor terakhir sudah tidak standart). Nah…entah apes atau gimana, ketika IWB pas jadi joki RG……digaris finish tiba-tiba nongol sosok bayangan njedul membawa tongkat besar dan panjang dipojok jalan…

Terkejut setengah mati…..Motor IWB rem sampe ngesot-ngesot. Sang pembawa tongkat yang ternyata orang kampung situ tidak puas. Terus mengejar sambil mengayunkan tongkat berusaha menggebuk….seluruh rider berhamburan tidak terkecuali IWB. Jian jantung mau copot kangbro. Untunglah IWB lolos dari pengejaran. Kapok??. Horaaa ki. Besuk-besuknya tetap diulang lagi. Emang dasar dableg wis. Kebandelan juga menyentuh bagian motor. Lampu tunggangan dipretelin. Jadi kalau malam melaju tanpa lampu. Herannya….perasaan biyen ki yo gagah. Padahal apa??….

Melaju yo girap-girap kangbro. Lawong gelap bener. Perasaan ada orang nyebrang….padahal hanya dahan pohon menjuntai. Pokoke kacau tenan. Kita tidak bisa mengukur obyek karena nihil pantulan cahaya. Tapi karena merasa keren dan ngetren……gaya tersebut dipertahankan. Paling kita bakal menyerah jika bokap sudah turun tangan bawa gesper (sabuk). Terpaksa motor distandarin. Itu dulu. Sekarang??. Melihat gaya biker seperti itu IWB pengen mancal bathuke. Eneg dan muak tenan pokoke…..ora cocok blas. Jelas membayakan orang lain dan diri sendiri. Herannya saat usia belasan….rasa itu tidak IWB temui. Hanya perasaan keren tur gagah. Mungkin itulah yang dinamakan fase hidup….

Yup….bikerpun punya fase yang dengan sendirinya akan menemui titik kedewasaan. Mungkin tidak semua seperti IWB yang tergolong maniak motor sejak usia SD. Ada yang anteng dan normal alias nunggang motor sekedarnya. Tapi ada juga yang menjadikan motor sebagai ajang ekspresi…peluapan rasa cinta terhadap roda dua dengan cara yang salah kaprah. Sayang….makin berubahnya jaman, tren sekarang serasa kurang elok dalam hal memberikan nasihat atau aspirasi. Kecenderungan memaki biker yang dipandang kurang safety dengan kalimat kotor disosial media sudah seperti pemandangan sehari-hari. Padahal…..

Dari pengalaman pribadi…justru sosok bak polisi safety ini kadang malah tidak konsisten. Disosial media lantang berteriak…..dijalanan rodo “slereng” miring-miring. Dan itu lazim terjadi. Lawong IWB pernah mergokin? :mrgreen: . So…marilah kita berkaca pada diri sendiri. Berjanji direlung hati sebelum melirik dan mengkoreksi orang lain. Niscaya jika tiap insan biker memiliki prinsip tersebut…..pedoman teguh untuk taat berlalu lintas…….membuang rasa paling benar…tidak perlu ada saling hujat maka semua akan berjalan pada relnya dengan baik. Dan disini peran orang tua sangat dibutuhkan untuk mengawasi buah hati mereka dengan sebaik-baiknya. Alayers??. Ati-ati kangmzzz….dlosor irung ilang lho kalau nggak pakai helm :mrgreen; ….(iwb)

189 COMMENTS

    • Podium sekali ae bangga,,,,,prreeeettttttt

      honda dilawan??? ,,,,ora iso coyyyy,,,,,ngoahahaha,,,,,,

      # salam knalpot ngebul

      # salam komstir oblaghhh

      # salam bulus angop alias muka lele

      # salam nafas ngorok

      # salam velg kojel kojel

      # salam teknologi montorGP ngibul

      # salam deltabox karatan rompal

      # salam mesin ngeden kayak mau ngeseng

      # salam bedak tebel tp mesin icikiwirr,,,,,bences kaleeee

  1. Dek djaman semono…….
    Aku isih pecicilan mbesuk anaku ojo ngasi pecicilan koyo bapake*
    .
    .
    .
    *syarat dan ketentuan berlaku alias gak konangan karo bapake wkwkwkwkwk…… 😀

  2. jaman mbien mtor body pretelan.. aki ne ra enk kusus AC … tutup aki ilang ngrowong tngah.. knalpot pipa wesi stang baplang trel.. wes mboh aliran opo ban blakang ring 18 dpan 17.. tp standar ora cacingan.. spido kontak ilang.. pkk tmbol rahasia dbawah jok.. wkwk.. sok ngarep di don ke.. nganti sminim pantulan shock dpan.. mainan CDI karo karbu.. wes pcicilan ngo helm codok

  3. Nyimak lex fase kehidupan …..semua hal memang perlu di lalui …sekarang bisa ngomo g alayers padahal kita juga dulu gak jauh berbeda ….hahahahah salam damai salam satu aspal

  4. Bener om,,contoh kecil pemakai motor sport 150cc ngomongin pemakai satria fu alay,,padahal kadang lebih alay si pemakai motor sport 150cc.
    Lah motor sport 150 pake ban cacing,,

  5. wkwkwkwkw.. Kalo user FU rata-rate dr bayi ampe bangkotan udah alay om ..

    ,,,.
    Ban cacing,,
    .. Stang grobak bakso

  6. Saran lek.. Kalo test ride new produk rausah whilie2nan.. ngahahahaha,,
    ..,,

    ,,Eling anak istri kang muehehehehe

  7. sma lek…dlu wktu msih muda y pecicilan gk mau ngalah,,pokoke sing penting wani!!! biarpun cm bermodal mtor bbek 125cc berani senggol2an dgn mtor batangan yg cc nya jauh d atasnya…bentuknya pun wes gk karuan!!!protolan kabeh dgn knalpot broong tnpa merk..dah gitu ane pasangin lampu warna warni…kliipp..byyaarrr…klipp..byyarrr…. serasa jd yg paling keren.. 😀
    skrg dh kpala 3…dah beda jauh gk pcicilan lg…wlaupun skrg naik motor yg d kenal pny akselerasi bajingan.. cara bawanya jauh lbih sopan…klo ada yg mo nyalip y tk kasih jlan..klo dlu pasti sy ajak balapan..hehehe

  8. menarik lihat counter artikel dari mas tri, dari bang haji dan bang iwan…

    memang kita harus instropeksi diri sendiri bang, pasti diri kita tidak 100% benar…

    tapi satu point yang saya tangkap dari mas tri adalah, blogger tetap harus kritis atas setiap produk dari produsen, agar kita sebagai pelanggan di beri value maksimal oleh produsen bukan produk yang biasa tapi harga naik terus….

    masalah ada iklan dari produsen, tentunya ada konflik of interst tapi independensi tergantung masing-masing pribadi.

    ono kritik yo sah sah wae to kang ?

  9. Wkwkwkwkw..,,
    ..
    ,, kalo emak2 naik motor nyalain lampu sen kiri tp belok ke kanan bijimane kang iful ?.. ngoahahaha

  10. Semua membutuhkan proses seiring dengan waktu.

    Membaca tulisan mas IWB ini saya jadi teringat masa-masa sekolah dulu, kebetulan saya sendiri bahkan pernah jadi Kordinator area GFR (pecahan XTC & GBR) wilayah kopo bandung. Dan mendapatkan bonus patah tulang paha kiri sebanyak 3 bagian.

    Pada jaman-nya 2Tak masih merajai di ajang Balap liar atau gankster, sebut saja Suzuki Crystal korekan BBS Atau Yamaha F1ZR korekan Yonk Jaya, Cep’s Motor Sport & Caesar. Dan power motor tersebut bisa disebutkan melebihi power motor era 4Tak sekarang.

    Dulu belum ada sebutan anak ALAY, atau PK.

  11. salah pergaulan itu kang.. akhirnya ya gitu, alirannya aliran pretelan kampung udik. gaya gaya bocah gagal fikir khas daerah trans. motor dipreteli, ga ada lampu, ga pake helm, nail motornya zig zag.
    bocah gagal fikir itu,, biasanya kurang pendidikan dan kurang perhatian dari keluarga. bukan berarti ga mampu lho ya… ada juga memang.
    tapi ada juga yg dari kluarga mampu, tpi orang tuanya ga memahami tugas ortu scara kseluruhan.. biasanya ortunya juga orang kolot kemenyan yg juga tidak terdidik dan tidak terpelajar sehingga ga memahami tugas ortu scara keseluruhan.. taunya hanya yg penting menafkahi, yg penting ngasih duit, yg penting nyekolahin. tanpa tau betapa sangat berartinya kehangatan, kebersamaan, canda tawa, dan kasih sayang di dalam keluarga.
    tanpa itu akhirnya bocah jadi haus,, uang saja gk akan mmberikan bahagia, akhirnya dia nyari kebahagiaan di luar, kalo kebetulan ketemu dengan pergaulan yg bagus sich masih mending.
    tapi kalo ketemunya sama yg begitu, ya begitulah dia mengikuti dan di jadikan panutan bahkan life style n prinsip, yg mana tentu saja amburadul.
    tidak berkelas dan sangat tidak ada faedahnya sama sekali,, yg ada adalah mudharat.

    maka bagi kita semua, mari kita jaga orang2 terdekat dan sekitar kita, supaya mereka memahami yg benar dan salah, supaya tidak ada lagi yg terjerumus mnjadi bocah koplak.

  12. daftar rider yang paling memuakkan :
    1.knalpot blombong
    2.bawa motor sambil maen HP
    3. belok gak pake sein
    4.lampu belakang mati ( pengen tak keplak ndhasse)
    5.lampu belakang pake mika bening / dicopot ( bikin silau kalo malem
    6..bawa motor ugal ugalan
    7.belok kiri seinnya kekanan (.. otak sama tangan gak sinkron )
    8.rider yg ngebut
    9.motor di bleyer bleyer
    10.rider yg nrobos lampu merah ..

Comments are closed.