iklan iwb

 

sonic150

Bro dan sis sekalian…artikel kali ini melengkapi sesi test ride new CB150R yang sudah IWB rilis diartikel sebelumnya. Mengusung mesin DOHC 150cc yang identik dengan new CB….ada beberapa perbedaan mendasar yang IWB rasakan. Apa saja??. Berikut artikel sesi test ride sang ayago yang akan IWB jabarkan sedetil mungkin berdasarkan feeling dan rasa…..

iklan iwb

Mungkin artikel ini sudah basi sebab banyak media yang mengulas performa dengan menggunakan alat dyno lengkap. Namun bagi IWB sebagai biker…seluruh penjabaran masih berkisar sekitar performa bukan feeling secara keseluruhan. Oleh karena itulah IWB masih tetap pede untuk mengupas berdasarkan rasa…panca indera dan feeling dengan meraba seluruh aspek plus minus si ayago…..

Ergonomi

sonic 150r (3)

Jangan tanya soal ini. Seperti pada umumnya ayago bike…Sonic memang mungil banget bagi IWB. Tinggi 170 dan berat sekitar 82 kg membuat segalanya terasa mainan. Apalagi Honda mendesain Sonic dengan mengedepankan konsep slim serta stylish plus bobot cukup ringan (118kg). Set height yang hanya 762 mm membuat kaki IWB menapak sempurna bahkan lutut cenderung menekuk. Yah….memang kita harus tahu diri……target market yang dibidik Sonic150R adalah para kawula muda yang demen tampil sporty. Sementara IWB??….

Wisss tuwo ora pantes kangmzzz. Lawong awak sak blendong koq nunggang ayago. Terlepas dari semua….ergonomi tersebut jelas memberikan efek “easy handling”. Membuat kita lincah melakukan manuver nyelip ataupun nyalip dikepadatan lalu lintas. Lebar stang clip on yang pendek dikombinasikan lebar body yang langsing membuat segalanya begitu menyatu. Tangan juga menggantung rileks sehingga pada saat tes ride….ergonomi ternyata cukup menyenangkan….

Engine

honda new sonic 150R (21)

Nahhh….ini yang menarik mzbro. Sonic 150R menggunakan mesin common part CB150R. Dengan kubikasi murni 149,16 cc DOHC 4 katup…..siayago mampu memuntahkan tenaga hingga 16 ps@9000RPM torsi 13,5NM@6500RPM. Dari cooling system…Sonic juga lengkap. Dibekali liquid cooled with auto fan…dipastikan sampeyan nggak perlu was-was saat jalanan macet sekalipun. Bobot kosong 116 kg membuat kalkulasi PWR Sonic 150R juga termasuk sangar. Pertanyaanne…gimana saat dilapangan??…

Nafas motor ini ternyata termasuk pendek dibanding CB150R. Puntir gas…tiba-tiba sudah red line mzbro. So….kita harus cekatan melakukan perpindahan gigi kalau nggak mau tercekik limiter. Selain itu…torsinya juga nggegirisi. Shifting dari gear 1-2 tanpa mengurangi gas…..IWB merasakan beberapa kali ban depan ngangkat. Wihhh….galak tenan torsinya. So…saat adu geber dengan CB150R, secara feeling Sonic sedikit lebih unggul. Dengan kata lain jika diajak adu tarikan jarak pendek…IWB berani taruhan ayago terbaru Honda ini adalah jawaranya….

sonic

Strength point lain adalah kopling dan transmisinya termasuk empuk. IWB juga tidak menemui rantai kemrosak seperti berbenturan dengan swing yang biasa IWB rasakan pada FU. Yah…..memang terlalu prematur melakukan justifikasi sebab unit yang IWB jajal gress dengan kondisi setingan 100 sehat. So….untuk memastikan gejala tersebut fix tidak nongol pada Sonic kudu digunakan hingga ribuan kilometer. Tapi setidaknya itulah impressi awal yang IWB rasakan. Btw…pada saat testing IWB hanya mampu mengembangkan kecepatan hingga kisaran 115 km/jam. Kondisi jalan tidak mendukung untuk melakukan penggalian top speed….

Tapi tidak ada gading yang tak retak. Dibanding CB150R….vibrasi engine Sonic lebih terasa khususnya pada area stang. Walau masih dalam toleransi…..vibrasi ini membuat Sonic kalah soal kehalusan mesin dibanding kakaknya. Kalau IWB analisa….stang Sonic menganut model clip on tanpa rubber mounting seperti CB150R. Efeknya getaran langsung mengalir tanpa ada redaman tambahan. Begitu juga sasis. Frame CB berpotensi menyerap vibrasi mesin lebih baik karena dimensi dan diameter yang lebih besar. Soal ini diamini pak Endro (Divisi teknis AHM). “Sonic sasis lebih kecil membuat penyebaran vibrasi kurang maksimal dibanding CB..” ujarnya. Hhmm….pantesan. Apapun itu…AHM sukses meracik engine yang agresif serta gampang mengail torsi pada low RPM sekalipun….

Handling

honda new sonic 150R (11)sonic 150r (2)

Ayago pasti beda dibanding bebek khususnya soal handling pada high speed. Dan ini terbukti pada new Sonic. Saat IWB gunakan melaju pada kecepatan 100 km/jam…gerak motor masih anteng walau ban termasuk mungil. Karakter suspensi Sonic masuk kategori intermediate alias tidak terlalu stiff namun juga nggak soft. Pencangkokan ban kecil memang memberikan dampak positif pada kelincahan motor. Percayalah…saat IWB menggunakannya dijalanan yang lumayan ramai….MV Agusta Rivale 800 pun kesulitan ngejar IWB…..

Hal ini diakui bro Irwan serta Vandra yang gagal mengabadikan via video akibat keteteran mengikuti manuver IWB. “Gileee kang…susah bener ngikutin kang Iwan nunggang Sonic..” seru mereka berdua. Hanya saja IWB masih rada ciut nyali jika kita ingin melakukan hard braking. Mindset ban mungil masih saja terngiang dikepala. Sayang saat jajal kemarin IWB belum menggali kemampuan cornering. Treknya nggak mendukung kangbro. Sedikit kekurangan lain dari sisi suspensi adalah daya serap ketika ban menghantam jalanan rusak. Hentakannya lebih terasa dibanding CB. Selain ukuran ban yang lebih kecil, absennya sistem Pro-link memang membuatnya sedikit berbeda…..

Pengereman

sonic 150r (1)honda new sonic 150R (19)

Secara kasat mata sampeyan pasti akan berujar dalam hati….lha iki rem koq dua-duanya single piston yak depan belakang. Iki opo pakem???. Jane Honda ki ngirit men yak?. Jujur pertama IWB juga berpikiran hal yang sama. Lha motor kencang koq dijejalin single piston….opo ora serem kuwi mengko. Jawabane….piye setelah praktek dilapangan??…

Nyaris tidak merasakan perbedaan berarti antara single atau dua piston. Braking Sonic bisa IWB katakan mumpuni. Walau level kekuatan rem masih dibawah Yamaha yang terkenal empuk dan pakem….namun kinerja rem Sonic berjalan dengan sangat baik. Proses deselerasi ketika tuas dibetot direspon suspensi serta sasis secara brilian. Inilah yang membuat IWB cukup percaya diri saat hard braking sekalipun….

Material dan finishing

honda new sonic 150R (9)

Sonic dibalut dengan desain material kategori “wajar” seperti umumnya produk Honda. Wajar disini Levelnya medium mzbro. Beberapa sisi memang ada yang cukup tipis seperti pada shroud namun dibeberapa sisi lain juga tebal dan solid. Bagian fender depan contohnya yang IWB rasakan kokoh bener. IMHO material dan finishing memang tidak terlalu istimewa namun juga tidaklah buruk….

Kesimpulan

Secara umum performa engine Sonic 150R cukup agresif dan handal khususnya bagi sampeyan-sampeyan yang demen betot-betot gas dengan handling lincah tanpa kompromi. Dibekali engine DOHC 150cc 4 katup yang memiliki durability teruji….kehadiran Sonic memang sulit untuk ditolak. Apalagi para media otomotif besar tanah air sudah membuktikan via alat uji dyno. Model ayago underbone….dengan fitur paling lengkap dikelasnya ini menjadi kekuatan tersendiri. Monggo jajal langsung dan uji dijalanan untuk membuktikan seluruh ulasan IWB diatas. Sayang kali ini BBM masih absen mzbro. Mungkin lain waktu jika test harian bisa IWB laksanakan. Sonic 150R??. Tiada keraguan….soal adu geber, motor ini akan sulit dijabanin oleh sport 150cc sekalipun. Sampeyan butuh trek panjang jika tidak ingin dipermalukan Sonic. Ora percoyo??. Monggo dijajal dewe wae kang :mrgreen: ……(iwb)

221 COMMENTS

    • Ekekekekek..

      Fu KW 3 dengan Dohc buosoookknya …

      Speed cuma bengek di 115km/j ..

      Pancen buosoookkk tenan ..

      Bruakakkak..

      Zlub.

          • iwb kan bloger amplopannya yamaha. klo mw tau topscroott aslinya sonice ini, tunggu aja review netral yg dari tesridenya suramadu. pasti bisa tembus 170 kilomencreet/jamnan.
            jangan percaya pada bloger, percaya aja pada media.
            ngibul ah klo cuma toscroott 115km.

          • Motornya nearly easy, cakep !
            mesinnya nearly square, lumayan !
            Fansboynya nearly pekok :v so pasti !
            nguahahahaha

      • Btw?pada saat testing IWB hanya mampu mengembangkan kecepatan hingga kisaran 115 km/jam. Kondisi jalan tidak mendukung untuk melakukan penggalian top speed?.Matamu sing buuuuoosookkkk…kalo baca yg awas,semua dah tau sonic 150r lbh unggul dr fu…sing legowo

    • Darmo tukang NGIBUL aka GIRING OPINI,Tapi Gak Punya Otak…….Maklum GOBLOK PERMANEN…..jangan ditanggapi…….Nanti Kojel? sendiri.

      kikikikikikikik……

    • Kang komentar yang ga patut di liat karungin aja contohe #croot kuwi , kaya di lapak sebelah H. Taufik Hidayat . . .
      suwon

    • Sadis bhasa pean, kang..
      Kebo, Mbek Kong, Shincan & R15 ckup d lwan dg sonice ja?
      Sblh smkin d prmalukn?

      Emg srendah tu kh? Hehe..

    • Saya udah om tadi pagi, nanti jam istirahat di sambung lagi ngopi & udud nya.

      Kecuali kalau lenggang kerjaan bisa kabur dulu ke luar buat udud & ngopi.

      # hehehehe,

  1. awas motor tiruan, jgn buntutin mx ato fu, ntar fbh mbing bilang “lampu led silau race di ulang” wkwkkwk
    ngoahahahaaha

    • Fbh lebih dulu tau led ada dimotornya…
      Jd udh biasa.. Yg datang belkangan biasanya yg heran saking bodohnya..

    • & trjadilh PERAMPINGAN dini…
      Mlai skrg d prmalukn Hondut, bntr lg Sisuzi ikut2an nggampar muka Yahmama.. Hehe…

  2. Awas to sonais di tenga jalan ntar ban belakang “ngambang” dan ndolosor jd sruduk sana sruduk sini, Lampu blkng LED silau, nggk keliatan jalannya,,,,,,,race di ulang wkwkwwkk
    Ngoahahahaha

  3. [iwb quote]…..Walau level kekuatan rem masih dibawah Yamaha yang terkenal empuk dan pakem?.[quote].

    Wah, lek iwan selain doyan nyokot lawang ternyata juga seneng mbrakoti brake pad….iso ngerti empuk lan atos e rem…
    Ekekeke…

  4. “saat IWB menggunakannya dijalanan yang lumayan ramai?.MV Agusta Rivale 800 pun kesulitan ngejar IWB” guyon tenan wkwkwk

    • bukanya saking kencengnya si sonice berow!?!? tp sulit ngejar sonice karena posisi rame kanan kiri mobil g ada jln untuk nyalip/ngejar…..
      ekekekeke

    • sabarrr …yo jangan buru2 brow masih masa promosi tunggu 6bln-1th lg……! kl sekarang n hsilnya 11/?? sama kompetitor kan bisa g laku jualanya….

      ekekeke

  5. Ekekekekek..

    Untung zaza saya beli satria fu …

    Real dohc bigbore..!!

    Bukan dohc buosoookk pekokcurrutt cuma kojel2 115km/j …

    Bruakkakakak..

    Zlub.

  6. Bruakkakakkak…

    Sport tangki ngumpet di dalem jok …

    Sport zaamban ya kek gini ..

    Dungu *

    Akakakakakakak..

    Zlub.

  7. ?Sonic sasis lebih kecil membuat penyebaran vibrasi kurang maksimal dibanding CB.? Ayo yang mau jadi kelinci percobaan, silahkan dibeli, dan dgn kualitas material dan finishing memang tidak terlalu istimewa namun juga tidaklah buruk alias finishing bunglon….

  8. Ekekekekek..

    Material finishing katagori wajar ..

    Yup alakadarnya khas Ahm bodi kiwir_kiwir cat buluk … Kalo di bleyer bunyi teeerrrr….teeerrr….teeerrr….

    Maklum plastik body cepet somplak …

    Bruakakkkak..

    Zlub.

  9. Ngoahahaha…

    Rem cuma dapat single piston itu bukan ngirit kang …

    Tapi agenda perampingan ala tim swatt …

    Contoh ini kan gen motor sport kata yg mulia bapak margogon …
    Biasanya motor sport itu tangki besar isi belasan liter di depan jok…

    Karena ini agenda perampingan maka tangki diumpetin didalam jok itu pun isi cm 3,liter …

    Ya maklum ini gen sport dungu dan yg bikin juga dungu ..

    Akakakakakakak..

    Zlub.

  10. Nuwun sewu mas bro.. mau tanya perbedaan pengiriman motor antara jawa dan luar jawa iku bisanya berapa minggu mzbro.. matursuwun.. monggo di jwb..
    #Batam, kepri

  11. Mas IWB….klo lihat posisi badan, kayaknya pegel banget ya punggungnya…..kok posisinya kurang gimana gitu…?

  12. ooo ini motor yang bntai habis fu dan meking di roadrace muara enim pake mesin satandart lagi, ooo ini motor standart yang gmpar habis si rongsok 15 itu juga ya. Sama sonic aja KO palagi sama si kakak CB. Iso ngesot2 ki sih rompal series yamaho.
    Jian ra umum Honda kie pancen jozzz.

  13. Wah…. nek treknya pendek di kamplengi tenan ki sport 150…. untunge sport 150 ku khusus mlaku jarak jauh……

  14. “Dibekali engine DOHC 150cc 4 katup yang memiliki durability teruji?.kehadiran Sonic memang sulit untuk ditolak”.

    Bukannya all new engine ya kang,,? IMHO sih belum teruji di lapangan mengenai durability nya,, kalo berdasar internal test sih mungkin saja,,

  15. aku ngguyu pas lagi baca baru tarik gas langsung redline,la kalo ditanjakan berarti ambroll donk,baru masuk gigi1 eh mundur maneh
    mongtor buoosoookkk….
    ahihihihi

  16. Wisss tuwo ora pantes kangmzzz. Lawong awak sak blendong koq nunggang ayago.
    —-
    AX 125 masih di rumah kan Lek?

    hihihihi…

Comments are closed.