iklan iwb

AHM2015-Banner-460x110px460x110_rev(1)

FOTO-BPJS-KETENAGAKERJAAN-_-Ditargetkan-Tambah-152-Juta-Peserta

Bro dan sis sekalian…..Kosim tertunduk lesu. Angan-angannya mengambil motor baru musnah tak berbekas. Mengandalkan dana simpanan JHT untuk uang DP kudu dikubur jauh-jauh sebab doi diwajibkan menunggu hingga 20 tahun lagi. Padahal umur doi saat ini baru 36 tahun. Nominal memang tidak seberapa. Tapi mendapatkan tambahan hingga 6 juta rupiah tentu akan meringankan uang angsuran. Btw…..Kosim masih jauh beruntung karena uang JHT tidak masuk katagori urgent. Lawong tuku motor….kan iso dipending dulu. Tapi bagimana dengan ribuan karyawan diluar sana yang mungkin mengandalkan uang tersebut demi bertahan hidup??…..
Banner-YamahaMT25-460x140px_TMC&IWB(1)
460x110 prj

iklan iwb

viar 460x160

IWB tahu betul rasanya menjadi karyawan. Sudah pernah pindah kerja selama 3 kali….uang Jamsostek (sebutan sebelumnya) sangat membantu disaat kita membutuhkannya untuk emergency. Namun sayang….ketika Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan mulai beroperasi penuh terjadi perubahan aturan soal pencairan dana Jaminan Hari Tua (JHT) perJuli 2015. Jika regulasi sebelumnya JHT bisa diambil saat peserta sudah terdaftar selama 5 tahun di BPJS Ketenagakerjaan dan resign dari perusahaannya….namun kini dirombak berdasarkan umur. Yup…pencairan dana baru penuh bisa diberikan setelah sang peserta mencapai umur 56 tahun. Sebuah peraturan yang tentu saja membuat kita cukup prihatin. Kenapa??….

Bisa sampeyan bayangkan nilai uang simpanan kita tersebut pada 20-30 tahun kedepan. Pasti tidak ada nilainya mzbro. Apakah 10 juta sekarang bakal senilai pada 30 tahun mendatang?. Jelas tidak. Inflasi saja saat ini sudah cukup luar biasa. Contoh real….ketika IWB membeli Honda Megapro pada tahun 2002 sejumlah 14,8 juta rupiah…..kala itu betul-betul megap-megap mboyongnya. Perasaan banyak bener. Lawong gaji hanya 1,6 juta rupiah perbulan. Coba bandingkan nilai tersebut dengan sekarang. Tentu jauh lebih kecil. Duit 14,8 juta hanya mendapatkan bebek atau matic. Beda 14 tahun….harga nasi juga melambung. Dulu IWB sekali makan diJakarta hanya 4,500 rupiah…kini dengan lauk yang sama minimal 18ribu. Bukti nilai uang dari waktu kewaktu makin lemah. Itu dari sisi non teknis…..

Dari sisi teknis diluar inflasi….karyawan akan dipusingkan dengan penyimpanan berkas pencairan yang kudu disimpan bertahun-tahun. Baik kartu ataupun surat-surat. Edannya periode tidak singkat….berpuluh tahun mzbro. Yah…memang kita bisa melakukan pencarian sebelum berumur 56 tahun. Dengan minimal 10 tahun keanggotaan maka sampeyan diperbolehkan mencairkan namun hanya….catet ki….catet ojo lali……10% saja atau 30% untuk pembiayaan rumah. Sak incritt tenan. Kecuali bila peserta meninggal dunia atau cacat tetap sebelum usia 56 tahun, maka dana JHT bisa cair 100%. Oalah…….

Last….tidak jelas alasan regulasi tersebut digolkan. Yang pasti…..sebagai wong cilik, IWB berharap semoga para penguasa diatas sana terketuk hatinya dan sudi merevisi peraturan yang terkesan kurang peka terhadap kondisi. Sebab umur 56 tahun sangatlah lama mzbro. Ibaratnya kita sudah masuk separuh baya….thunuk-thunuk baru menerima uang yang kita sisihkan saat muda dulu. Mending dicairkan untuk modal usaha sekarang ketimbang disimpan yang nantinya keluar dengan nilai yang jauh lebih rendah dieranya. Btw….koq seneng amat ya bro nyimpen duit orang banyak bertahun-tahun?. Apa nggak malah mumet tuh BPJS 🙄 …..(iwb)

Screenshot_71

249 COMMENTS

    • Ane anti yang namanya arisan, asuransi, bpjs/jamsostek, askes, bbrp jenis pajak dan sebagainya.

      Mending uang yang kita cari ya 100% dikumpulin sendiri toh dibawah kasur.. Jauh lebih enak. Emang kalian ora mikir itu para pegawai asuransi, bpjs dsb digaji dari uang mana..

      Wekwkwkwk…

      • Ngomong sih gampang, beda kalau ente karyawan atau buruh. Jht itu iuran wajib/mandatori yg dipotong langsung dari gaji. Kita gak bisa milih untuk ikut atau tidak. Semua wajib ikut.

        Apa rasanya kalau gaji sampean dipotong ratusan ribu tiap bulan, dan baru bisa diambil seluruhnya pada saat umur 56thn. Itu pun kalau masih hidup.

      • Namanya juga JAMINAN HARI TUA
        Ya digunain pas sudah tua
        Hehehe
        Kalau mau 5 th lebih bagus invest aja
        Kalau ini anggap aja uangnya kena pajak trus pas umur 56 dapet rejeki nomplok
        Biar gx terlalu berharap banyak

    • Makanya jadi wiraswasta mandiri gaji utuh gak di potong kayak saya paling potong gaji karyawan

    • resiko jadi pegawai. tapi kalo ada jalannya ya ga masalah. sabar deh. makanya harus punya kerjaan lain, bisnis lain, sampingan lain, usaha kecil2an, atau investasi.

  1. bpjs adalah alat untuk mengumpulkn dana dr msyrakat dmi kpntingn bdan usha tsb. dsamping itu jg upaya lpas tangan pmrintah thd pmeliharaan ksehatan rkyt! kita hrus tau itu.

  2. Pemerintah abal2 tenan kok,,bukan hanya BPJS saja kang Iwan,,sya yg pndidik saja bingung dg adanya 2 kurikulum di negri ini,,KTSP dg K-13,,mau dibawa kemana sebenarnya NKRI ini??apa mau hncur oleh pemimpin2 yg mikirin prutnya doank..tambah miris aja liat negeri besar tp kecil hati buat rakyatnya..1 kata,,Dzolim..

  3. Di harap Kan semua blogger menulis ini.. Karena ttg ini suatu kebijakan yg sangat merugikan peserta JHT.. Makasih Kang Iwan

  4. kayak gak tau rezim sekarang aja.. contoh kemarin muncul surat edaran pns disuruh hidup hemat, dilarang rapat hotel mewah. ehh sekarang dicabut tuh aturan..

    woles bray

    • kalo yang pns suruh hemat aku setuju, ngirit anggaran, tapi kenapa para menteri mobil baru?dana aspirasi dkk , kalau memang pemerintahan memang niat ngirit ya ngirit di semua sektor lah jangan sektor A ngirit sektor B malah pemborosan, apalagi mobil menteri sebelomnya masih bagus banget lo.

  5. wadoh kok jadi begitu aturannya pdahal ,menurut peraturan lama,thn dpan dah bs diambil jamsostek ku

    btw itu peraturan brlaku udah mulai kpn lek iwan

  6. Harus demo.. Sosialisasi blm udh berlaku.. Piyee iki.. Kemaren buka situs BPJS masih aturan lama Kang

    • maklum, namanya jg persiden dari partai wong licik.
      kalau sosialisasi duluan, pasti rush krn masyarakat pada buru2 narik dana.
      kalau dana ditarik semua, nanti jadi gak ada sisa buat dipakai bancakan pdip & nasdem.

  7. .. Sosialisasi blm udh berlaku.. Piyee iki.. Kemaren buka situs BPJS masih aturan lama Kang

  8. kryawan pribumi skrg pd di phk.pak mentri malah mendtngkan tk china bjerja di indo dg gaji yg lebih.#ada yg tau cr pikir pak mentri??

    • Betul..gw yakin regulasi ini gk bakal bertahan lama.. Bikin prarturan saenak udel e dewek

  9. ade on July 2, 2015 at 4:45 pm
    kryawan pribumi skrg pd di phk.pak mentri malah mendtngkan tk china bjerja di indo dg gaji yg lebih.#ada yg tau cr pikir pak mentri??
    _—————-

    iya saya baca tuh dikaskus. tender2 proyek yg dimenangkan asing (cina) satu paket dengan tenaga kerjanya. kalo tenaga ahli mah kita masih maklum lha ini tenaga kasar aka kuli nya juga dari sana. apa gak mikir ya rakyat kita juga masih banyak yg butuh kerjaaan. edan tenan saiki..

    • yupe, pdhl kl ada wanprestasi, pemerintah akan kesulitan, soale ijin usahanya diluar negri.

  10. Selain korupsi dimana2 teu dikota teu didesa dikantor diimah, pemerintahan sekarang bnar2 hancur program2 yg berkesan terarah dan terukur ternyata amburadul…duit rakyat diembat disagala bidang sekarang adalagi meras pekerja kecil dgn cara seperti ini… Dimana hati nurani para pemangku negara…haruskah kami angkat golok untuk penggal kepalamu biar sadar betapa kami rakyat tertindas dengan kebijakan yg tdk pro rakyat ingat kamu besar karna kami bukan besar karna otak kepalamu yg bermental maling.

  11. Pemimpin dungu berasal dari pemilih yg dungu..

    *di suruh mangap ya saya mangap

  12. Pemerintahan edan.. Kudu d demo besar2an ini mah.. Kampret..mnahan hak orang lain itu zolim.. Ajeeegggg

  13. HAHAAAHHAHAHA.. UNTUNG AJA ane ga ikut itu program setan !! dari awal rasa2 hati ini ga ridho kalo gaji d potong setiap bulan cuma buat di simpen di badan usaha pemerintah yang ga jelas ngurusnya….

    jaman sekarang udah ga ada yg bisa di percaya, pemerintah makin sekarang makin ganas, ga peduli dengan rakyatnya…

  14. wiss…
    bikin petisi aja…
    ada yang tau siapa yang udah bikin…
    tinggal kita dukung aja pencabutan aturan yang menyusahkan rakyat banyak..!!!
    mosok kalo dah puluhan juta rakyat indonesia yang gak setuju pemerintah diam aja…
    kalo gitu siap2 demo besar ini…
    latihan angkat barbel dulu nih..

  15. Untuk pekerja dari china dartan ada juga dri korea taiwan, banyak mas. saya kasi contoh kecil didaerah danau sunter ada produsen hp merk AN dIpekantorannya dan pergudangan digunakn juga sebagai tempat perakitan perbaikan yg rijek banyak pekerja dri luar bukan pribumi mereka mes daerah sunter perumahan itu salah satu yg kecil blm yg lain nya dmana aparat negara kita yah sudahlah mungkin kuping dan telinga mereka udah tertutup dengan gepokan duit jadi jeritan rakyat tak terdengar

  16. makin sengsara urip iki ….
    haruse pemerintah iku enakno rakyat…
    gk malah nekek rakyat …
    wong kabeh bakale bongko…
    opo ora sadar …dadi pemerintah yo juga asale rakyat…mikir

  17. Ekekkekkekkk

    Wes ga usah bahas BPJS

    Itu aturan goblloookk pemerintah buat ngambil paksa duit rakyat
    Dokter yg melayani pun asal2an

    Mendingan jamsostek bisa diambil setiap 5 thn…

    “Salam SEMPAKIN DIDEPAN. …………………JURANG”

  18. Salah pmrintah prtmanya, program lom siap pake di luncurin. Imbas nya sekarang. Payahhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh

  19. Yang jelas sama pasti, aja.

    Mau Kita Karyawan Swasta atau Pengusaha bisa ko ikut Asuransi Kesehatan, bahkan lebih baik dari Taspen dan Punya Pensiun Seperti PNS, BUMN.

    Program Asuransi Kesehatan & DPLK sudah banyak pilihan, untuk Premi sendiri bisa pilih sesuai kebutuhan.

    Contoh:

    ? BRI, Asuransinya Bringin Life
    ? BNI, BNI Life
    ? dll.

    Kalau Kredit KUR di jamin sama Asuransi JAMKRINDO sama ASKRINDO ( eh, ko jadi kesitu ).

    # ngabuburit dulu rekan-rekan,

  20. kenapa BPJS mumet nyimpan uang bertahun2 kang? lah wong uangnya diputerin, dpt bunga, sebagian besar buat ngasi gaji pengelola. peserta dalet dikit aja, kegerus inflasi sdh gk bersisa

    tahu ngga gaji pengurus BPJS?

  21. Plonga plongo on July 2, 2015 at 4:54 pm
    Pemimpin dungu berasal dari pemilih yg dungu..
    *di suruh mangap ya saya mangap
    ————

    hati hati bray, kedengaran megatron bisa dijual lu
    hak hak hakk

  22. ngoahahaha makan tuh partai wong cilik, selamat yg telah memilih mas joko jadi presiden

  23. Bruakakakak

    artikel kaum dhuafa, sales kacung celengers aka fBHomo buruh maHONDA pada curhat dimari hahahahaha

    😛

  24. Selamat berjuang yee cung fBHomo buruh maHONDA

    😀

  25. Oalah…kang iwan…ngenes nasibe kuli…hak nya sendiri saja ga bisa…ki negorone dholim karo rakyate…bakalan ra makmur negara iki…ngenes kang iwan…mung iso ngelus dodo…

Comments are closed.