iklan iwb

Scoopy 460x110-loop460x110_ok

Yamaha MT25 (36)

Bro dan sis sekalian…IWB salah satu blogger yang beruntung bisa mencicipi varian terbaru Yamaha yakni MT25. Merupakan versi naked sang paralel twin fairing R25, entah kenapa dari feel yang IWB rasakan engine termasuk lebih lembut khususnya vibrasi yang mendera pada stang. Jiiiaann alus puooll mzbro. Nah…seperti apa impressi test ridenya…??. Monggo siapin kopi wedang jahe supaya bacanya makin angler :mrgreen:
Banner-YamahaMT25-460x140px_TMC&IWB
460x110 prj

iklan iwb

viar 460x160

Posisi Riding

Yamaha MT25 (6)

Yamaha MT25 (5)

Soal posisi berkendara, secara feel MT25 sedikit lebih santai dibanding R25. Hal ini dikarenakan penambahan raiser serta digesernya titik stang 19 mm lebih dekat dengan pengendara. Efeknya? sampeyan akan merasakan kenyamanan baik posisi tangan ataupun badan. Kalau diperhatikan tekukan stang begitu mirip dengan Byson. So…bisa ditebak sensasi yang ditawarkan adalah “Gagah”. Kita bisa mencengkeram handle grip dengan mantap. Yang asyik lagi mzbro….

Motor ini seat heightnya cukup ramah (78mm). IWB dengan tinggi badan 170 cm kaki bisa menapak sempurna. Melirik ke konsol spedometer semua indikator terbaca dengan jelas. Selain itu design shape tangki ternyata membuat jepitan pada paha juga tergolong nyaman. Feel-nya ada perasaan menyatu saat kita nunggang diatasnya. Jika dibandingkan dengan Kawasaki Z250 yang pernah IWB jajal, MT25 lebih rileks. Khususnya tekanan pada pergelangan serta telapak tangan dimana MT25 lebih minim. Overall…posisi ergonomi motor berbandrol 46 juta ini masuk kategori outstanding untuk motor sekelasnya…

Engine

Yamaha MT25 (43)

Walau IWB belum bisa mengeksplorasi akibat track yang kurang memadai, secara umum impressi engine sangat positif. Lembut, bertenaga serta minim vibrasi. Untuk ukuran motor dengan mesin besar….MT25 bisa dikatakan istimewa khususnya soal getaran. Bahkan kalau IWB boleh jujur….kehalusan level vibrasi pada stang MT25 sedikit diatas R25. Entah ini hanya perasaan atau memang begitu adanya…untuk memastikan kudu dites dengan alat. Tapi secara tekhnis sih sepertinya cukup masuk akal. Kenapa…??

Sebab pabrikan memberikan 2 lapis mounting untuk MT25. Jika R25 dijejali rubber mounting pada dudukan sasis yang mengikat engine…maka MT25 kembali ditambahi pada komponen raiser. Makanya sensasinya jiiaann alus puooll mzbro. Terus gimana soal power..???. Karakternya tetap lembut dibawah namun ngisi disegala rentang rpm. Sayang IWB hanya bisa mengeksplorasi pada gear 2 saja akibat keterbatasan trek. Tapi dengan hanya merasakan… secara first impression….MT25 memberikan feeling positif khususnya halusnya shifting, vibrasi serta power delivery yang smooth namun bertenaga. Pengurangan bobot 1 kg jelas membuat akselerasi terasa sedikit berbeda dibanding R25..

Handling

MT25

Mewarisi sasis R25 yang notabene sebagai motor high performance, handling MT25 tidak perlu diragukan. Anteb tapi lincah. Hal ini IWB buktikan saat manuver menaklukkan tikungan sempit serta reaksi braking…nyaris tanpa ditemui gejala goyang. Dan sekali lagi dengan design stang fat bar membuat handling lebih gesit. Sensasinya menyenangkan dan pastinya tidak membuat kita capek walau analisa ini perlu dibuktikan terlebih dahulu untuk perjalanan jarak jauh. Satu yang menjadi strong point dari MT25 adalah ukuran garpu atau suspensi depan yang mencapai 41 mm. Makanya handling terasa mantap dan agility sangat terukur…

Pengereman

Yamaha MT25 (4)

Secara standart rem MT25 sudah mumpuni karena komponen memang sama dengan R25. Baik dari ukuran kaliper, sistem disk model floating, serta double disk belakang tentunya. Sayang versi yang dirilis oleh YIMM sekarang ini masih belum menggunakan Anti lock Brake System (ABS). Mungkin kedepan mzbro…

Material dan Finishing

Yamaha MT25 (28)

Secara umum material yang digunakan MT25 mirip dengan R25. Mungkin banyak yang mengatakan level tebalnya casing sedikit dibawah Kawasaki. Tapi…IWB melihat hal ini tertutupi kualitas painting yang cukup bagus. Dan harus jujur kita akui dengan segala fitur serta kelebihan yang ditawarkan oleh Yamaha pada MT25 seperti diasil cylinder & forged piston, O2 sensor, catalytic converter (EURO 3), spedometer super lengkap yang memberikan keterangan shift timing light…gear position…jam…instant & average fuel economy…oil pressure dsb akan membuat posisi MT25 value for money secara paket keseluruhan…

Kesimpulan

Tidak ada yang mutlak soal design karena berhubungan dengan selera tiap individu. Tapi memang banyak yang mengatakan bahwa shape headlamp masih kurang agresif dibandingkan dengan NVL Advance sekalipun. Selain itu entah kenapa secara pribadi bentuk rear fender yang mentah – mentah nyaplok R25 membuat design sedikit tercederai. Solusinya mungkin bagi para bikers akan melepas bagian itu. Terus gimana secara paket keseluruhan…??

Bikin celengan ambrol mzbro. Dengan bandrol 46 juta memang akan membuat para biker puyeng dan posisi MT25 bisa IWB katakan cukup aman untuk menganggu Kawasaki yang saat ini menjual Z250SL ABS dikisaran yang sama (mesin 1 silinder). Sementara Z250 pun sudah tembus diatas 50 jutaan….

Yamaha MT25 (37)

Last…Yamaha menargetkan penjualan MT25 1100 perbulan. Angka tersebut belum termasuk ekspor yang secara detail hanya pabrikan yang mengetahui angkanya nanti. Tapi prediksi IWB…..motor ini kayaknya bisa lebih laris dibanding R25. Kenapa…? selain harga yang jauh lebih murah, sensasi nunggang motor yang diberi label “Pure street naked bike – top of maneuverability” ini memang cukup meyenangkan. Ora percoyo…?? coba wae dewe ben yakin dihati. Eh…btw IWB jajale yo kurang puas ki. Mosok sak incritt tok. Moga-moga ada kesempatan dilain waktu biar bisa geber pada high speed. MT25??…..kapan-kapan boleh diadu sama Z250 ki. Pasti seru rek :mrgreen: …(iwb)

262 COMMENTS

    • njajale ae urung kok wes beropini hihihi malu oeyyyy ama yg punya warung….

  1. Saatnya bilang sempruuul……
    Keren , tp untuk org yg berduit tebal masih pilih kawasaki.

    • orang berduit tebal mah mending beli vultus om, dg mesin teknologi masa depan sohc 4 klep operstruk.
      Mangkanya skr buanyak bgt ditemui dijalan (orangnya)

  2. ngoahahaha langsung dibelain kacungnya iwb

    kalo blognya sepi, kacung iwb kan gak dpt bayaran

  3. JAGUR mulai galau lagi nih,iman mulai tergoyah lagi aduuuh banyak sekali godaan di dunia ini

  4. Blogger yg hidup dr blognya. Jadi isinya wangi semua, gak ada bau kentut. Rongsokan tetep ditulis emas.
    Gak ada masalah sih. Cuma tuk beberapa pihak itu adalah titik dimana mereka memutuskan stop mencari informasi akurat disitu. Isinya terlalu harum.
    Kasihan org yg duit pas pasan ketemu review rongsokan dipoles sedemikian rupa seolah2 itu emas. Niatnya ngirit, modal kecil dpt yg wah, taunya dapet yg wahhhhh ancur banget, kemahalan tuk sebuah rongsokan.

    • Ya kl uang pas pasan jgn maksakan diri tuk bli motor yg kelasnya dah menengah mnrt sy ya lbh baik sesuai kantong plus tabungan mtr mn yg dipilih wl ya rongsokan yg pentingkan dah hak milik lgpula aman kl diparkiran gt tak kawatir dan jg siapa si yg mau ambil motor yg banyak bilang motor rongsokan he he he salam rider

    • Jangan negative thingking gitu lah sama orang. Berfikirlah yg positif. review hasil test ride yang dilkakukan IWB terhadap motor premium apapun brand nya YKS japan only. feel dalam berkendara akan terasa beda sensasinya, dibandingkan dg motor sekelas entry level. Masak motor seharga 40an jt membuat jari jemari kita kesemutan.

    • ini motor bukan buat golongan ekonomi lemah, kaum duafa, pemegang kartu pintar, pemegang kartu miskin, juga bukan buat pemegang jamkesmas om.
      Jd kl ada yg termasuk golongan tsb, sbaiknya milih yg murah2 aja.

    • ini pasti FBH akut(bodoh dan tololnya).. ketauan sih dr kebiasaan nyerang blogger.. semua jg tau itu.. Hahahaha

    • Ryu mungkin pnya blog tapi kagak laris. Di kunjungi satu tahun cuma 1 orng. Itu pun orang yg berkunjung gak sengaja tepencet. Ngiahahaha

  5. Nnti kalau ada yg beli ini rongsokan hasilnya beda sama review iwb, iwb mau tanggung jawab?

    • Di baca cung stiap individu beda..mngkanya klo secara fisik kurang, cari kendaraan yg sesuai..jgn mkasain..klolu masih punya otak atau otak masih lu waras lu bisa cerna apa yg gw sampein..jgn cuma jadi buntelan tai di pala lu..sia2 tuhan ngasih anugrah

    • Nah..ini tanda orang bego.Ketauan kalo ga pernah TEST RIDE!!
      Dimana2, kalo beli motor mahal atau mobil sekalian, pasti nyoba dolo..ga gampang percaya sama yg ngetes, ya coba saja minta test ride ke dealer terdekat yg ada unitnya.atau pinjem yg sdh beli.geto aja gatau.

      • Hehe belum baca artikel ya?ini yg sering komen trus di reply sendiri itu ya?kaya orang berkepribadian ganda 😀

  6. hahaa….. jadi pengen nelanjangin R25 ane kang 😀 btw, tolong tanyain ke bagian POD Yamaha kang, kalo R25 dimodif jadi MT25 abis dana berapa buat penggantian beberapa panel body? hehe 😀

  7. Boz jamil,,,,jangan bikin artikel dohc 250cc 2 silinder terus

    Gk kasian sm fbh kambing apa

    Semakin mimpi 2 silinder

    Ngoahahahaaha

      • Iya dia malu terus terang kalau mt25 ganteng jd pake bawa2 byson, biar gk di marahin ama bos fbh
        ngoahahaha fbh pinter dia tau mana motor ganteng

Comments are closed.