iklan iwb

460x110 (10)

KTM Duke 200 meledak

Bro dan sis sekalian….kejadian tragis menimpa salah satu biker penunggang KTM Duke 200 yang sedang mengisi bensin disalah satu SPBU India. Terlihat dalam tayangan video CCTV tidak ada gejala yang aneh sebelum tiba-tiba terjadi ledakan pada bagian sekitar tanki dan api menyambar dengan cepat pengendara diatasnya. Mengerikan bro !!….
blog-460x120-alt

iklan iwb

Sampeyan bisa lihat…detik-detik kejadian diawali sang biker sedang sibuk berbicara dengan petugas SPBU. Setelah diputuskan jumlah liter yang ingin diisi….mulailah corong bensin dimasukkan kebibir tanki. Pengisian kelar namun saat itulah insiden terjadi. Ketika nozzle ditarik….tiba-tiba api menyambar bagian mesin dan tanki serta pengendara diatasnya. Semua terjadi sangat cepat dalam hitungan detik. Untunglah para petugas segera tanggap memadamkan api dibantu fire extinguiser. Nah….pertanyaannya apa yang kira-kira terjadi serta gimana nasib sang biker??…

Setelah diselidiki….ternyata api bukanlah ledakan namun lebih kepada proses sambaran yang sangat kencang akibat kegagalan klep nozzle. Yup…dari informasi Rushlane…klep safety corong rusak sehingga bensin dilaporkan mengguyur sebagian mesin dan memicu api. Si biker mengalami luka bakar pada lengan dan kaki kanan namun doi selamat dan cedera yang dialami. termasuk ringan…..

Last…..IWB sebenarnya rada bingung dengan report diatas mengingat mesin harusnya mati saat mengisi bensin. Dan disaat off….lazimnya seluruh kinerja listrik juga shut off dan tidak berpotensi memantik api walau bensin tumpah dicrankcase. Tapi ini koq nggak ya. Entahlah. Apapun itu….pesan moral yang terkandung dalam tayangan video ini adalah….lebih baik turun dari motor saat mengisi bensin sebab bahaya selalu mengintai kapan saja. Jebule ancen serem kangbro. Wah…jadi ingat SPBU kerang kalau begini :mrgreen: ……(iwb)

Video Duke 200 tersambar api


HP klik disini

64 COMMENTS

    • hahahahaha

      Tangki bocor meleduk khas motor HONDA bangeett dah #fakta

      Mhuehehehehe

  1. itu lah mengapa saat ngisi bnsin lbih baik turun ky d shell biar menghindarkan jika terjadi sesuatu

  2. (?_?_?(?(?_?_?_?_?_??()? new vixion bengong garis desain culun shincan sipanse beruk monyet ketek on (?_?_?(?(?_?_?_?_?_??()? new vixion bengong garis desain culun shincan sipanse beruk monyet ketek on

    pingson shincan v2

  3. pantesan klo di SPBU shell suka diminta turun,., mungkin untuk ngecegah kayak gini ya .,.

    • (?_?_?(?(?_?_?_?_?_??()? new vixion bengong garis desain culun shincan sipanse beruk monyet ketek on (?_?_?(?(?_?_?_?_?_??()? new vixion bengong garis desain culun shincan sipanse beruk monyet ketek on

      satu lagi yamaha new vixion ngeden khas
      mesin bebek sohc , Daaan Lampu depannya
      90% mirip shincan slebornya segede daun
      pisang nggak ada seninya sama sekali ni
      mongtor

  4. yang pake motor sport harusnya waspada
    mesin motor walau pun mati tetap aja panas, kalo sampe terguyur bensin ya membara dah

    • untuk yang culun & ngeden yamaha new vixion pemenangnya ada fitur auto njeblugnya 😀 bentar lagi ada antene wifinya kek mio gt blue core Tanduk

    • (?_?_?(?(?_?_?_?_?_??()? new vixion bengong garis desain culun shincan sipanse beruk monyet ketek on (?_?_?(?(?_?_?_?_?_??()? new vixion bengong garis desain culun shincan sipanse beruk monyet ketek on

      untuk yang culun & ngeden yamaha new vixion
      pemenangnya ada fitur auto njeblugnya bentar
      lagi ada antene wifinya kek mio gt blue core
      Tanduk

  5. Flash point bensin yg rendah (sekitar 60celcius) jelas ikut menyebabkan, prinsip segitiga api, ada panas, oksigen, dan bahan bakar..

  6. berarti luwih aman metik dan bebek ya mas iwan krn ngisi bensin harus turun. cs1 dibully sama fby katanya sport kok tangkinya dibawah jok, ternyata untuk alasan safety.

  7. ini sama kualitasnya kayak motor piksen yamaho. kalau gak pelek mleyot ya oli nyembur, apa nyawa mau digadaikan dengan membeli produk cacat?
    wahai kaum FBY maho, hati-hatilah jangan sampai kamu jadi maho panggang..

    Ngoahahahaahahahahaha

    • Buatan india nih ………

      Negara pemerkosa india , kemarin di india ada orang baik baik naik bis diperkosa !

  8. Buatan india nih ………

    Negara pemerkosa india , kemarin di india ada orang baik baik naik bis diperkosa !

  9. Biasanyanya yang sering mengalami kejadian seperti ini adalah motor produksi AHM kang,karena maklum saja material tanki tipis sehingga gampang bocor.
    Cebong,Tigor dan Megipret contohnya.

    Disinyalir juga kualitas tanki motor yang di India ini juga sama dengan motor buatan AHM.

    Salam tanki bocor
    Salam tanki meledak

  10. kalo beritanya kena yance.. pasti yance2 bilang motor dewa api haha..

    yance rompal + syempak + bebek peking tiren + gentong pispot.. komplit2 hahaha…

  11. itu petugasnya pada ga bisa make tabung pemadamnya ta kok suwe banget ga disemporot… :v

  12. Energi listrik statik, mas. Kemungkinan paling besar, kan katanya ada ceceran bensin? Biasanya secara otomatis di lap sama bikernya pakai bahan fabric, entah lap atau glovenya, sehingga menimbulkan energi listrik statik. Kadang dari gesekan celana jeans ke tangki juga bisa terjadi, atau dari kulit orangnya sendiri juga bisa, pernah kan orang bersentuhan dengan orang lain, tiba tiba nyetrum. Saya pernah nonton youtube balap motor isle of man, pas pit stop isi bensin, kru ada yang sambil ngelap tangki… wuzzz langsung gede apinya.

  13. Nih para FB aneh semua… Mbahasnya motor kebakaran nyambungnya ke H&Y wkwkwk 😀

    jadi pelajaran nih kalo isi bensin mending turun dari motor deh

  14. analisa ane ketika nozzle nya di cabut di saat itulah bahan bakarnya tumpah, karena mesin motor masih panas maka bahan bakar yang tumpah tersebut seketika beruabah bentuk dari liquid menjadi gas akibat menyerap panas dari engine motor, setelah bahan bakar sudah menguap menjadi gas maka akan bertemu oksigen dari udara, dan seketika itu terjadilah auto ignition atau penyalaan bahan bakar tanpa harus di pantik, segitiga api akan terbentuk jika ke tiga unsur terpenuhi yaitu bahan bakar, oksigen dan panas (heat). dalam hal ini heat didapat dari engine motor yang masih panas.
    Kalau sebab elektrik statis menurut ane kemungkinanya kecil karena di SPBU setau ane masing masing dispenser dilengkapi grounding (alasan safety)

  15. hadehhh.. liat deskripsi videonya gan.. di situ di tulis “”fuel was spilt onto the hot engine and exhaust””
    artinye tumpah gan kena mesin dan senalpot fanassss

  16. O begitu ya mas Bro? Hanya mungkin bukan bensin sekelas premium ya? Karena kalau premium disirem ke mesin atau knalpot panas, belum bisa meledak seperti itu. Dan pembakaran baru terjadi bila ada perbandingan 14.7:1 atau 1 bensin : 14.7 udara. Sedangkan kalau disirem, afr ngga tercapai, kecuali dalam bentuk uap bensin.

  17. Itulah salah satu alasan mengapa Shell selalu minta pengendara turun dari sadel waktu isi bensin. Alasan safety buat ridernya, bro.
    Tapi orang sini banyak yg protes atas kebijakan yg bertujuan buat keselamatan tersebut.

  18. Bisa bro, kalau perbandingan uap BBM dan udara pas, dan suhunya mencapai titik nyala, campuran tsb akan menyala sendiri.
    Ini sering di demo kan waktu kursus safety.

  19. klo ngomongin bahaya kebakaran itu g di ukur pake stoic gan (14.7:1 red) ngukurnya pake LEL (lower explosive limit) sama UEL (Upper explosive limit) satuanya persen volume gan, dan range nya lebar.
    buat bensin LEL nya 1.4% dan UEL nya 7.6% (%volume).
    di range itu bensin bisa kebakar gan asal ada panas. klo di bawah LEL dan di atas UEL ga bakal bisa kebakar biarpun ada panas.

    Semua bahan bakar harus jadi gas dulu baru bisa kebakar.. kalau agan bakar kayu perhatiin si apinya gak nempel sama kayunya karena yang kebakar itu hidrokarbon yang sudah berbentuk gas, kayu bisa di jadiin gas lo gan, kalau gak percaya googling deh..
    contoh lain di mesin motor kenapa dipasang karburator atau injektor kok gak langsung di alirin aja ke ruang bakar trus di pantik busi, karena bahan bakar yang semula cair itu di bikin droplet kecil kecil dulu biar memudahkan untuk berubah fasa jadi gas ketika terkena panas dari proses kompresi, baru deh pas piston nyampe atas di pantik busi.. kalau mau ga pake busi bisa aja.. tuhh mesin diesel gak pake busi bisa nyala, cuma kompresinya tinggi sih jadi panas yang dihasilkan waktu proses kompresi lebih tinggi lagi sehingga bahan bakar bisa nyala sendiri

Comments are closed.