Motogp : Desain unik winglet Ducati GP15….apa sih fungsinya??….

75
61

460x110 (10)

CAJ6zp_UsAAY_exBro dan sis sekalian…..jika sampeyan jeli memperhatikan Ducati GP15…..pada fairing kiri kanan nongol wing atau sayap yang terkesan cukup aneh. Disebut winglet oleh tim Bologna..performa mereka cukup meyakinkan sehingga mendominasi jalannya latihan Qatar. Terus pertanyaannya….apakah sih fungsi sayap tersebut sebenarnya??…
460x110(1)

Winglet seperti gambar terlampir sebenarnya bukan hal baru diajang Motogp. Komponen ini pernah digunakan pada tahun 2010. Bedanya…..tujuan kala itu untuk mencegah motor wheelie saat akselerasi. Nah….oleh desainer GP15 Gigi Dall’Igna….fungsi winglet tersebut kembali dikembangkan dan tidak hanya untuk itu…..

Pada GP15…..winglet didesain ulang untuk memberikan ekstra downforce dibanding versi sebelumnya. So….fungsinya lebih kompleks dan rumit. Namun Gigi berkelakar bahwa semua masih sebatas eksperimen. “Ini hanya eksperimen. Kita butuh mengumpulkan beberapa data dan 99 % kita belum bisa menggunakannya untuk race. Tapi kita akan lihat. Downforce adalah target kita namun saat ini sistem lumayan dibanding sebelumnya” tutur Dall’Igna….

Last….GP15 menebar teror pada dua raksasa Jepang Honda dan Yamaha dalam latihan bebas diLosail Qatar. Menggunakan ban yang sama tanpa mengambil keuntungan dengan ban tipe soft open class….Dovi sukses mengungguli HRC maupun tim biru. So…akankah winglet bakal digunakan juga pada saat race nanti??. Kita tunggu saja sepak terjangnya. Hmm….jadi ingat tanduk Ninja H2 ya bro :mrgreen: …..(iwb)

PA1652460.0008 Post by IWB. Follow us on….

Twitter : @iwanbanaran
FB Fanspage : Iwanbanaran.wordpress.com
Email : Iwanbanaranblog@gmail.com
Youtube channel : Iwanbanaran
Path : Iwanbanaran
Google+ : Iwanbanaran
Blog Author : IWBspeed.com | Iwanbanaran.com

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

75 COMMENTS

    • Ya iya lah mas ms nya kurang, lah wong rata2 klw beli ducati resmi dr atpm full paper itu 200jt keatas.
      Lah kalau beat, punya dp 500rb juga jadi dp, bosen tinggal di over atau dijadiin motor sebelah.

  1. Sayap keberuntungan hehehe.tp kira2 kalo dipakai race boleh gak mas?aplgi nnti menang.Kayaknya musim ini lbih mnarik mas.ducati unjuk gigi.suzuki ikut meramaikan jg.bhkn ckup signifikan.

  2. mungkin untuk single lap oke, kalau untuk race ya gatau karena dengan adanya downforce berlebih ban akan cepet abis
    #analisa orang sotoy

  3. Saya yakin material ini kualitasnya jos gandos,tapi tidak dengan pabrikan sebelah yang materialnya dari plastik ember. Jadi ya maklum jika gampang pecah dan warnanyapun cepat buram.
    Cebong contohnya

    Salam cat bunglon.

    • elu kya ny ngenes bngt sama honda.. korban PHK ya … dn skrng elu hnya bisa megangin spanduk sbg garda terdepan ..

  4. lek gawe artikel mobil ae…men ora ono sing padu…..
    .
    .
    .
    alaah ngmg ap gw…
    .
    honda punya jazz
    suzuki punya swift
    yamaha punya…….
    aaaah udah lah…

  5. gak kreatip blas, bisanya cuma nyontek yamaha….
    kayak hondut yang nyontek ssg nya yamaha…..
    bagaimana pun teknologi yamaha selangkah lebih maju dari yang lain…
    kemarin yamaha sengaja ngalah dari hondut, biar fbh girang.
    liat aja musim ini pasti hondut mencret, apalagi the doctor mulai mengeluarkan taringnya….

  6. brand manakah yg paling banyak juara di motogp???

    jawabannya adalah yahomo!

    fby mode blo’on

    ngoahahahahaaaaaa

  7. ane seneng ducati.. Yg penting mo Yamaha ducati atau honda juara seriny ane no problemo. Asal kan bukan johe. Ane eneg banget ama tuh bocah. Lagany songong percis kyk idolany max biaggi.

  8. Mas iwan, klo d h2r selain d tanduk, d fairing juga ada, kek ducati n zx12, btw, kok gak bahas test ride h2r di losail bbrp mgu lalu? Pengen tau kemampuan nikung dan lap time vs motogp?

  9. Lo itu kan fungsinya buat pijakan kaki boncengin anak anak kang.. sama kayak di Maho Pigson di kunci kontak sebelah kanan kiri kan ada penyoknya itu buat pijakan kaki momong anak anak jalan jalan kampung kang. maklum SOHC Operstruk Gigi Ganjil 5 Biji… emang motor komuter khas Bapak bapak. jangkauan cukup antar kelurahan aja… cuman muke aja kang yang di lebarin.. MuooooooooooDhar..Moo

  10. o itu kan fungsinya buat pijakan kaki boncengin anak anak kang.. sama kayak di yaMaho Pigson di kunci kontak tangki sebelah kanan kiri kan ada penyoknya itu buat pijakan kaki momong anak anak jalan jalan kampung kang. maklum SOHC Operstruk Gigi Ganjil 5 Biji… emang motor komuter khas Bapak bapak. jangkauan cukup antar kelurahan aja… cuman muke aja kang yang di lebarin.. yo MuooooooooooDhar..Moo..

  11. mungkin winglet untuk mengatur angin yg berputar di belakang roda depan. buat kecepatan tinggi efeknya pasti kerasa

Leave a Reply