iklan iwb

460-x-110-rev460x110(5)

test ride-5

Bro dan sis sekalian…meluncurkan generasi baru dengan label Honda all new Beat eSP, IWB beruntung bisa mencicipi sang skutik dijalanan langsung. Merasakan performa engine, kinerja suspensi, frame, braking plus jajal seluruh fitur yang ditawarkan AHM atas jagoan terbaru mereka. Beberapa kesimpulan berhasil IWB catat atas gen terbaru Beat yang dirilis dua varian yakni sporty serta POP. Sebuah langkah untuk mengamodasi keinginan seluruh anak muda yang memiliki jiwa energic….suka show off namun elegan. Dan pada generasi inilah AHM begitu royal memberikan fitur mumpuni. Pertanyaannya….seberapa ampuh gen baru ini dan apakah terjadi peningkatan performa??. Kita kupas sama-sama dalam sesi test ride berikut……
460x110(4)

iklan iwb

Dalam konsep peracikan, Honda new Beat eSP dikategorikan sebagai skutik sporty dengan desain sharp alias tajam. Sedang POP masuk kategory stylish dan smooth desain. Honda menyebutnya 2 Beat for every one…..compact, stylish and fun. Soal mesin…..tidak ada perbedaan apapun antara keduanya. Dibekali engine eSP 110cc air cooled….dapur pacu merupakan turunan skutik Premium lewat Enhanced Smart Power yang diklaim lebih efisien, minim gesekan dan cerdas. Cerdas disini adalah hadirnya ACG starter yang dipecah menjadi fitur idling stop system yang diklaim mampu menyumbang keiritan hingga 7 persen dibanding non ISS. Nah….semua adalah teori diatas kertas. Piye saat digeber dijalanan???. Berikut feel yang IWB rasakan…..

1. Ergonomi

test ride-2

IWB mendapatkan Beat versi POP dengan desain totally new. Stop lamp, headlamp, tebeng, pijakan kaki, lampu sein, panel meter, tutup kipas, batok stang….dan pelindung knalpot anyar gres tenan mzbro. Yang menarik….untuk versi POP, Honda merevisi ketinggian jok menjadi 735mm…..lebih rendah 5mm. Tujuannya jelas agar para remaja yang memiliki postur standar tetap aman dan nyaman saat menunggangi Beat. Busa jok pun didesain lentur serta empuk. Hhhmm….kayaknya lebih soft dibanding Beat Sporty nih. Alhasil??….

Dengan tinggi badan 170cm….kaki IWB menapak sempurna. Lutut malah cenderung menekuk tanda jok memang cukup rendah. Posisi badan rileks…..dan lutut leluasa bergerak ketika motor sudah berjalan. Disini IWB merasa….posisi stang sedikit lebih tinggi dibanding old Beat. Sepertinya ada revisi disektor ini. Feel-nya….ergonomi seperti menyatu. Hanya saja untuk bertinggi badan 170cm keatas….secara pribadi tetap lebih nyaman menggunakan Vario125 sebab posisi kaki dan badan pas. Ya iyalah…lawong badan bongsor hehehe. Btw…secara keseluruhan impressi tidak banyak berbeda dibanding gen sebelumnya. Sudah sering nunggang Beat FI?. Yo wis mirip mzbro….

2. Engine

Honda membekali all new Beat FI dengan mesin teknologi turunan PCX. Berlabel Enhanced Smart Power…..mesin ini bisa IWB katakan cukup istimewa. Sebab walau secara basis konstruksi identik dengan versi sebelumnya….banyak part baru yang dijejalkan pada all new Beat eSP (klik disini penjabaran detil). Asyiknya AHM berusaha menekan harga jual. Yup….dengan banderol terjangkau sampeyan sudah mendapatkan mesin yang dibekali ACG starter serta ISS. Langsung kealternator…Honda mengklaim komponen dan sistem baru jauh lebih awet…ramah lingkungan serta efisien. Begitu juga ISS. Dicangkokkan pada varian eSP ISS baik sporty maupun POP…..fitur idling stop system diklaim mampu menyumbang keiritan BBM hingga 7 persen dibanding non ISS. Untuk memperjelas cara kerja fitur ini IWB lampirkan video simulasi? paling bawah…

Nah….gamblangkan bro. Fitur ini bisa diaktif/non aktifkan melalui panel kanan stang jika tidak diinginkan. Satu yang menjadi catatan penting lain adalah vibrasi saat mesin digeber.? Honda tetap mampu menjaga kehalusan mesin walau dibetot pada kecepatan tinggi. Kecuali saat idle langsam rendah getaran memang rada terasa dan ini normal pada hampir seluruh matic….

Performa

Nah….ini yang menarik mzbro. AHM menegaskan bahwa walau mesin mereka hanya 110cc…..soal performa mereka cukup pede (power 8.68ps@7500 RPM….torsi 9.01nm@6500 RPM). Hal ini ditegaskan saat melakukan presentasi didepan para Blogger. Pertanyaannya….gimana test dilapangan??. Bukan omong kosong. Accelerasi skutik bermesin 110cc ini memang cukup nampol. Mesin langsung bereaksi saat gas diputar. Inilah yang menjadi kekuatan Beat sejak pertama dirilis. Menurut pak Sarwono Edi (Bagian teknis AHM)….mapping new Beat dipasang pada putaran low dan mid. Makanya torsi masuk kategori istimewa dikelasnya dan cukup tinggi (9.01nm). Praktis berkendara harian new Beat bakal eces membawa beban badan besar segentong sekalipun :mrgreen: . Lek boso gampange….ora perlu mikir. Puntir…langsung ngacir. Apakah ini artinya top speed akan memble??….

Ternyata nggak juga. Digandoli bobot jumbo seperti IWB yang mempunyai berat 84kg…..all new Beat masih mampu menorehkan kecepatan 100 km/jam lebih dikit. Itu tanpa nunduk alias badan tegap lho. Lawong fokus pada Gopro yang dipasang didada. Karakter mesinnya cepet pada putaran bawah….dan mulai melambat ketika memasuki zona 90 km/jam. Secara pribadi tidak ada complaint disektor ini. Bahkan bisa dibilang istimewa. Monggo intip video pengetesan IWB terlampir paling bawah….

Jelas mumpuni untuk ukuran mesin 110cc. Sudah lebih dari cukup untuk harian yang biasanya bermain direntang 50-70km/jam. Tidak heran akhirnya Yamaha memilih upgrade kelas menjadi 125cc untuk? njabani rival mereka. Dengan banderol mirip namun kubikasi lebih besar. Sebab performa Beat memang cukup tangguh dikelasnya…..

Suspensi dan handling

Honda Beat eSP (1)

Sektor suspensi, Honda tetap mempercayakan pada Showa. Karakternya?. Kembali IWB berikan nilai plus sebab getaran dari lubang jalanan mampu diredam dengan baik. Tangan pada stang tidak dibuat kesemutan ketika ban depan menghantam jalanan keriting atau berlubang. Alhasil goncangan tidak banyak menyerang pengendara diatasnya. Sisi tersebut yang banyak disukai biker….yakni nyaman. Nah…gimana dari segi handling??….

Suspensi masuk kategori medium…..sensasinya tidak terlalu lembut ataupun keras (stiff). Pas mzbro. Dampaknya manuver Beat tetap lincah. Nyelip-nyelip dikemacetan jadi pede tidak merepotkan. Body-nya yang kompak memudahkan manuver dikepadatan lalu lintas. Konsep pembuatan kendaraan memang lebih kepada mobilitas serta comfort…..yang dititik beratkan pada kenyamanan. Yah…jangan ngomongin buat rebah-rebahan. Kalau itu mah mending boyong motor sport kangmzzz :mrgreen: …..

Sisi pengereman

Karena bobot motor ini termasuk ringan (94 kg)…..rem bekerja dengan baik. Sekali betot…..sang skutik mampu berhenti dengan sempurna. Tidak ada gejala limbung ataupun ngebuang. Namun entah kenapa…..IWB kurang terbiasa menggunakan rem CBS. Lha dibetot….tuas satunya rada ngikut…..kikuk kangbro :mrgreen: . Padahal setelah dirasakan dan adaptasi….distribusi porsi malah lebih terukur sebab dibantu sistem combi brake. Jian ndeso tenan rek…..rada kaget awalnya. Secara umum…kinerja rem all New Beat eSP FI masuk kategori pakem….

Material

Nah….ini yang banyak ditanyakan para pembaca…material komponen khususnya casing. Secara kasat mata…tidak ada yang berbeda dengan gen sebelumnya. So jika sampeyan nanya….gimana kualitas finishing dan material all new Beat eSP FI?. Tinggal intip saja Beat FI yang sudah beredar dipasaran. Sama plek mzbro….

Kesimpulan

Untuk skutik sekelasnya….all new Beat eSP FI nyaris susah dicari kelemahannya. Kombinasi performa, handling, fitur dan engine bak paket komplit yang membuat siapapun berpikir keras untuk menjatuhkan pilihan. Lincah, gesit serta nyaman sudah seperti trade mark yang sulit ditampik. Apalagi dalam perkembangannya AHM tetap mampu mempertahankan dengan baik. Beberapa fitur yang disematkan seperti ACG starter, Idling stop system, tuas pengunci rem, side switch stand, pengaman kunci magnet (SKS), Combi Brake (CBS), bagasi luas (11 liter), serta engine eSP yang diklaim lebih irit…bertenaga….dan ramah lingkungan memang menjadi strenght point yang sulit diingkari. Kalau sudah begini…..tinggal desain yang berbicara mzbro. Mana yang paling ganteng??. Tentu semua terserah selera masing-masing. Beat eSP??. Jangan njajal….bikin botak sariawan ambrol iman soale :mrgreen: …..(iwb)

Video simulasi sistem ISS Honda Beat eSP

HP Klik disini

Video accelerasi dan top speed All new Beat FI eSP

HP klik disini

Spesifikasi Honda all New Beat eSP FI

Honda BeAT FI eSP
Tipe All New Honda BeAT eSP CBS All New Honda BeAT eSP CBS ISS All New Honda BeAT eSP CW
Dimensi
Panjang X Lebar X Tinggi 1.873 x 678 x 1.074 mm 1.873 x 678 x 1.074 mm 1.873 x 678 x 1.074 mm
Jarak Sumbu Roda 1.256 mm 1.256 mm 1.256 mm
Jarak terendah ke tanah 140 mm 140 mm 140 mm
Berat kosong 95 kg 95 kg 94 kg
Kapasitas tangki bahan bakar 3,7 liter 3,7 liter 3,7 liter
Rangka
rangka Tulang punggung Tulang punggung Tulang punggung
Tipe suspensi depan Teleskopik Teleskopik Teleskopik
Tipe suspensi belakang Lengan ayun dengan peredam kejut tunggal Lengan ayun dengan peredam kejut tunggal Lengan ayun dengan peredam kejut tunggal
Ukuran Ban Depan 80/90 ? 14 M/C 40P 80/90 ? 14 M/C 40P 80/90 ? 14 M/C 40P
Ukuran Ban Belakang 90/90 ? 14 M/C 46P 90/90 ? 14 M/C 46P 90/90 ? 14 M/C 46P
Rem Depan Cakram Hidrolik dengan Piston Tunggal ? sistem pengereman CBS Cakram Hidrolik dengan Piston Tunggal ? sistem pengereman CBS ISS Cakram Hidrolik dengan Piston Tunggal
Rem Belakang Tromol ? sistem pengereman CBS Tromol ? sistem pengereman CBS ISS Tromol
Mesin
mesin 4-langkah, SOHC dengan pendinginan udara, eSP 4-langkah, SOHC dengan pendinginan udara, eSP 4-langkah, SOHC dengan pendinginan udara, eSP
Kelas 110 110 110
Volume Langkah 108,2 cm3 108,2 cm3 108,2 cm3
Diameter X Langkah 50 x 55,1 mm 50 x 55,1 mm 50 x 55,1 mm
Perbandingan Kompresi 9,5 : 1 9,5 : 1 9,5 : 1
Daya Maksimum 6.38 kW (8.68 PS) / 7.500 rpm 6.38 kW (8.68 PS) / 7.500 rpm 6.38 kW (8.68 PS) / 7.500 rpm
Torsi Maksimum 9,01 Nm (0,92 kgf.m) / 6.500 rpm 9,01 Nm (0,92 kgf.m) / 6.500 rpm 9,01 Nm (0,92 kgf.m) / 6.500 rpm
Kapasitas Minyak Pelumas Mesin 0,7 liter pada penggantian periodik 0,7 liter pada penggantian periodik 0,7 liter pada penggantian periodik
Tipe Kopling Otomatis, sentrifugal, tipe kering Otomatis, sentrifugal, tipe kering Otomatis, sentrifugal, tipe kering
Tipe Transmsi Otomatis, V-Matic Otomatis, V-Matic Otomatis, V-Matic
Pola Pengoperan Gigi
Tipe Starter ACG Starter, pedal & elekterik ACG Starter, pedal & elekterik ACG Starter, pedal & elekterik
Kelistrikan
Tipe Battery Battery 12V-3Ah, tipe MF Battery 12V-5Ah, tipe MF Battery 12V-3Ah, tipe MF
Busi NGK MR9C-9N / Denso V27EPR-N9 NGK MR9C-9N / Denso V27EPR-N9 NGK MR9C-9N / Denso V27EPR-N9
Pengapian Full Transisterized, Baterai Full Transisterized, Baterai Full Transisterized, Baterai

rpms-banner

137 COMMENTS

        • Nahhh ini ada videonya, juosssss lahhh…
          —————
          Sharing ganti ban skutik dengan tapak lebih lebar
          kobayogas.com/2014/12/22/modifikasi-honda-new-pcx-ganti-ban-lebar-biar-lebih-gigit-aspal/

          • Wabsen sore…
            ————
            handling, kenyamanan, performa…
            kobayogas.com/2014/12/22/official-test-ride-part-ii-full-impression-honda-beat-pop-esp/

    • Ngalamat berat lawan ini.. d sinyalir tembus 110 kph (dgn bobot rider yg lebih ringan)..tinggal nunggu test 0-60 berapa detik d banding kompetitor

    • artikelnya emang lengkap sih bahasannya tp kok ya kenapa topspeed yg ditonjolin… klo bahas motor sport mungkin lebih pas kali yah nonjolin performa… just my 2 cent

    • Wow motor 108CC yang sangup nguamplengi motor sebelah 125CC… maklum ketertingalan teknologi dari honda.. merk sebelah cuman bisa kasih solusi CC di gedein khas Maho lah dengan fitur pelk somplak aka Gheal Gheol.. menang buoooooros tok.. Maho maho..

      • Wow ini baru bener lebih irit 7%… jangan kayak merk sebelah Koar koar 50% lebih irit. tapi banyak bintang kecilnya… Ngibul mbok ojok nemen nemen to ya Maho maho.. masak FBY di kibulin mentah mentah. thn depan suntik mati… yo MuoooooooooooooDhar..Moo

  1. masih bisa bejaban dengan beat 125
    orongorong.com/2014/12/21/evolusi-yamaha-rx-z-malaysia-dari-masa-ke-masa/

  2. tinggal masalah selera….
    pertamax7.com/2014/12/22/speedometer-ber-gear-indicator-dan-buntut-yamaha-exciter-150-bikin-new-vixion-sakit-hati/
    jadi penasaran lek, apa bisa menggantikan honda beat karbuku,,, next target bukan 110 lagi, 150 ah. xxxiiixiixx..
    ditunggu FC ne lek, apa beneran irit

    • Secara teknis ttp bisa lek. Tapi dari presentasi kemarin kayaknya eSP akan tetap dicangkokkan pada engine skutik saja

  3. Tinggal nunggu uji iritnya. Tapi penasaran, kok nggak ada uji irit waktu gas pol ya? kan kalau luar kota sering pakai kecepatan tinggi?

    Atau memang tidak cocok untuk luar kota?

    kupasmotor.wordpress.com/2014/12/20/kelemahan-sistem-injeksi-adalah-bisa-jadi-sangat-boros-bila-sensornya-soak/

  4. Kualitas material standart tengahnya gimana lek IWB? Masih gampang mleot ga tuh besi injakan standart tengahnya.?

  5. Review satria fu bkap tahun 2012 wrna merah di beli dlm kondisi second mgkin dah bnyak yg tau dan make tp cm mau brbagi pngalaman saza silahken di amati
    1.impresi awal pencet stater gk nyala coba tarik kopling mesin grek lngsung nyala
    2.suara khas fu nguing ter ter mesin responsif tarik gas dikit lngsung ngacir
    3.biar dah ckup brumur kopling masih enteng akselerasi setara nvl ane
    4.klemahan nya rante agak kendor kring-kring bodi blakang kyk smash kluk-kluk tp gak bentet/retak
    5.performa ajib bingit di kawasan bangoan-tapan psar senggol ke utara top speed dapet 115 kpj gigi 5 speed bkan y udh gk snggup naek tp d depan udah ada per3an perkiraan mgkin tembus 135kpj di gigi 6
    6.konsumsi bbm skitar 28 km/liter maklumlah di pake geber” an plus bleyer2 ane rasa gak trlalu boros
    7.dulu nih mtor byk bnget di pakai alay ngadu ilmu di jalanan tp entah knp saat ini ane amati di jalan pnunggang fu rata2 udah jinak n gak brutal mlah cndrung kalem.

    last apapun mtornya rawat lah dengan baik

      • Setuju lek iwan kalo motor dirawat, ngak eman sama biaya perawatan sama, contohnya oli yang bagus sama jangan lupa susunya / pertamax pasti penak tenan makenya, juoozzzz brooo

  6. Cie…Cie….kayanya sih AHM masih ngebelain sodaranya YIMM.

    biar topspeed seimbang sama Mio M3, Beat ESP dan POP sengaja dikasih Roller berat 15gr, ya keberatan lah paling topspeed mentok 100kmh.

    vario cw/tekno aja Roller cuma 13gr, topspeed dapet 105kmh.

      • Sok ngerti mesin nih org,, roller ringan akselerasi – roller berat top speed,, coba tuh beat dkasih roller enteng top speed bakal tambah apa turun

        • beat esp dan pop Sudut alur movable drive face sebagai dudukan roller lebih landai, begitu juga dengan sudut movable drive face sama persis punya vario cw. sedangkan Vario dan Beat spek mesin sama bore 50mm x 55.1mm, sama-sama mengaplikasi perbandingan gear box 45-12.

          Artinya desain, reduksi cvt dan gear box sama……

          jika masalahnya power vario cw kompresi 10,7 lebih besar dari beat pop/esp cuma 9,5 :1 kenapa ngak pake roller lebih ringan dari vario cw?
          kalo vario pake roller standar 13gr aja bisa 110-115kmh, masa Beat ESP dan POP pake roller 15gr, dan cuma dapet 100kmh?

          coba ente jelasin pake logika…….

      • Justru malah ngak ada peningkatan topspeed jadinya. beat fi lama aja gampang tembus 100kmh. Coba aja buka artikel iwb test drive beat fi sebelumnya.
        Masa udah banyak perubahan facedrive, muvable drive, pin lebih ringan, kompresi naik. topspeed cuma 100 kmh.
        Saya yakin sekali jika menggunakan roller 13gr topspeed bisa tembus 110kmh.

    • IMHO

      Peningkatan topspeed di gen ESP ini sepertinya dari perubahan beberapa part cvt yg vital,bukan cuma roller
      Face drive n movable drive lebih banyak efeknya drpd mainan roller doank
      Desain rra yg berubah jd lebih kecil juga membantu mesin lbh cepet teriak,efisiensi mekanis mas bro

  7. Ayo FBH cepetan dibeli,, 1 thn lagi kluar dah tuh beat 125cc,, manyun-manyun dah para FBH,, oh ya harga jual kembali kan tinggi,, jual trus beli lagi ajja,, cuma nombok dikit kok… Wkwkwk…

  8. Ulasan utk matik 2juta umat emang manteb dr bloger2 papan atas
    Bahkan berani buka bukaan teknologi
    Gak kaya sebelah katanya teknologi tp nyatanya mesin lama dibungkus chasing baru jadi BLUESUKAN
    Ngoahahaha

  9. “Tidak heran akhirnya YAMAHAmemilih upgrade kelas menjadi 125cc untuk njabani rival mereka. Dengan banderol mirip namun kubikasi lebih besar. Sebab performa Beat memang cukup tangguh dikelasnya?..”

    Hohoho, itu toh alasannya…!!!

  10. buset ada apa dengan mbiit ini yach? sampai-sampai komunitas efbeyek yang kaya-kaya itu (100% pemakai motorsport) berempong ria ngejelek-jelekin…. jelas-jelas mbiit ini gak ada “apapun” kepentingan yang menyenggol “motorsport” yang mereka pakai……. unless ……. exactly…. you read my mind very well!!!

    nguihihihihihihihi…..:) 🙂 🙂

  11. Banderol harganya kemahalan alias kurang murah kang Iwan,seharusnya maksimal 13 juta saja karena ini motor kapasitas mesinnya cuma 110cc. Material body juga termasuk tipis,cat gampang buram dan speedometer gampang kemasukan air.

    Lagi-lagi pabrikan AHM overprice,banyak ambil untung.

  12. terlalu lama pake beat ,dari yg kabu sampai beat fi, mosok mau beli beat lagi ,membosankan, mau beli mio M3, katanya tarikannya mantep dan irit.

Comments are closed.