iklan iwb

460x110 (7)460x110_ok

cbr150vsr15iwb

Bro dan sis sekalian…….artikel ini sebagai finalisasi komparasi head to head Honda new CBR150R vs Yamaha YZF R15. Tentu saja bukan hal yang mudah untuk mengadu keduanya karena masing-masing produk mempunyai keunggulan sendiri. Namun sebisa mungkin setiap detil coba IWB rasakan…resapi serta terjemahkan kedalam bentuk tulisan. Mulai dari ergonomi, keampuhan braking, respon engine serta kemampuan handling dalam melibas berbagai kontur jalan baik normal ataupun agresif. Seperti apa??. Berikut detil komparasinya….
460x110REVSYOURBIKE

iklan iwb

Mewarisi gen YZF yang agresif, Yamaha meracik R15 dengan konsep racy dan sport murni. Bisa dilihat dari desain yang tanpa kompromi nungging habis dan bagian depan merunduk. Sedang new CBR150R bisa IWB katakan lebih mature dengan penggabungan antara sport serta turing bike. Tentu saja fell of riding-nya memang sedikit berbeda. IWB akan coba jabarkan satu persatu. Yang pertama yakni….

Ergonomi

R15-red

IMG_1949

Untuk ergonomi atau posisi berkendara….R15 terasa menukik kedepan. Sensasi menunggangi motor ini adalah “great” feeling serta bawaannya seperti nunggang diatas motor racing. Sampeyan akan merasakan sport murni disana….tangan menjangkau stang tanpa perlu menjulur jauh dengan posisi sedikit kebawah yang dikombinasikan foot steep yang ditarik mundur. Dengan ergonomi ini….kepala kita dipaksa mendongak keatas. Feel ergonomi R15 mirip dengan Ninja 2 tak series….

Sedang CBR150R…..posisi stang tidak serendah R15. Dengan tanki besar dan panjang…..ternyata jarak rider kestang lumayan jauh dibanding R15 sehingga tangan harus sedikit menjulur kedepan untuk menggapainya. Soal beban ditangan….tentu lebih rendah sebab bobot cenderung bertumpu diposisi central bukan pergelangan. Pressure yang dihasilkan pada tangan tidak terlalu besar. Nah….gimana praktek dilapangan saat dipakai jarak jauh??……

Jangan samakan dengan turing bike karena setelah jarak jauh….keduanya tidak murni terlepas dari rasa capek. Hanya saja beda dengan R15….pressure CBR150R tidak terlalu dominan dan hanya sedikit terasa pada telapak tangan kanan. Selain itu…dengan posisi riding yang ditawarkan, entah kenapa punggung bawah juga rada pegel. Analisa sementara karena jok yang kurang tebel mengakibatkan jarak foot step jadi lebih dekat bok**g. IMHO mungkin bisa diakalin dengan penebalan busa….

Sementara untuk R15…..punggung terbebas dari pegel. Namun yang diserang adalah bagian pergelangan serta telapak tangan. Khususnya saat hard braking dimana tangan dipaksa bekerja keras menahan bobot tubuh kedepan. Tidak heran kalau pergelangan serta telapak tangan bakal ngilu saat perjalanan jauh. Selain bagian tersebut….mirip dengan nunggang Ninja 2 tak, diawal-awal adaptasi….leher bagian belakang juga sedikit sakit. Posisi badan yang merunduk menjadi biang pressure pada leher lebih besar. lawong digandoli kepala sama helm je. Namun seiring waktu perasaan tersebut akan hilang. Gimana dengan boncenger?….

Ternyata komennya cukup menarik mzbro. Dua poin negatif yang sudah sering diangkat yakni susahnya saat naik keatas jok serta gaya dorong ketika braking bisa membuat badan melorot kebawah jika tidak memegang pundak rider didepan. Namun sisi positifnya…saat motor jalan konstan….ketidak nyaman tersebut tidak menghampiri. Malahan karena posisi split seat yang tinggi….kaki tidak dipaksa nekuk berlebihan ketika menginjak foot step sehingga testimoninya kaki jadi nggak pegel. Kuwi konstan….lek ngerem yo rekoso maneh :mrgreen: ….

Handling dan pengendalian

New CBR150R dibekali suspensi monoshok Pro-link, dikombinasikan sasis teralis yang disebut Honda sebagai truss frame. Untuk mengejar kelincahan….Honda juga memperpendek whellbase dari versi CBU. Alhasil…..new CBR150R memang nurut dan lincah tenan. Untuk manuver kiri kanan mudah serta gampang. Contoh kongret saat digunakan menaklukkan tikungan sempit kekiri dan kemudian lengkungan parabolic kekanan. Perpindahan posisi motor langsung bisa dilakukan dengan mudah tanpa mengeluh….

Sedang R15 mengandalkan frame deltabox yang dikawinkan dengan suspensi monocross. Secara sistem kerja sami mawon dengan Pro-link hanya beda nama paten. Dibanding wheelbase CBR150R….motor racikan Yamaha ini lebih panjang. Alhasil….manuver tidak selincah CBR. Melakukan manuver serupa….IWB butuh beberapa saat untuk berpindah posisi. Otomatis racing line tidak bisa sedalam saat menggunakan CBR150R. Jelas IWB akui soal kelincahan CBR150R sedikit unggul dibanding R15. Namun sisi positif dari R15 adalah traksi ban depan mzbro…..

Yup….secara feeling, pada saat melibas tikungan tajam….R15 terasa lebih antep. Efeknya traksi cukup menggigit dan menyenangkan. Dari analisa IWB hal ini dikarenakan distribution weight yang mengatur bobot banyak didepan ketika running. Desain menukik memberikan keuntungan ketika melakukan manuver belok pada high speed. Swing arm besar dan panjang (jangan ngeres :mrgreen: ) juga membantu daya redam goncangan ketika ban dipaksa menghajar lubang jalanan. Praktis pengendara diatasnya merasa tetap anteng. Lengan ayun ini juga banyak memberikan kestabilan ketika motor melaju pada kecepatan diatas 110km/jam…..

Performa dan engine

Honda new CBR150R (3)

IMG_1977Nah….ini yang menarik. Dibekali mesin DOHC 4 klep, engine pada generasi K45 mampu membuat IWB terkesima. Mesin racikan Honda ini halus serta bertenaga disegala rentang RPM. Sejak bawah hingga atas CBR150R nyaris susah dicari cela. Dan yang IWB garis bawahi lagi adalah….vibrasi. Sangat terjaga dari low hingga high RPM. Mesin seperti tidak banyak dibuat stres dan tetap rileks kendati RPM meraung hingga limiter. Top speed terbaik dipecahkan oleh bro Nunu dari Kediri lewat torehan 145 km/jam. Hal ini sedikit berbeda dengan R15…..

Mengadopsi engine SOHC 4 katup, karakter mesin R15 rada linear atau flat. IWB melihat, engineering Yamaha sepertinya mengejar top speed. Tidak heran saat turing diBangka Belitung…bro Goozy (jurnalis) dengan R15 sanggup ngintil kita pada kecepatam 144km/jam (IWB saat itu nunggang R25). Namun atas keputusan tersebut…..accelerasi sedikit dikorbankan. Makanya jangan kaget kalau torsi serasa dibawah NVL. Saat digeber……sendalan tarikan cenderung datar kurang memberikan efek jambakan pada rider diatasnya. Ngayun serta butuh trek panjang untuk mendapatkan top speed. Vibrasi engine juga cukup dominan khususnya ketika menyeberang dari 4500-7000 RPM. Dibanding NVL-pun, vibrasi R15 juga lebih kuat. Untungnya saat berputar tinggi diatas 7000, getaran malah hilang…….

Braking

IMG_1945

IMG_1979

Secara garis besar IWB bisa katakan bahwa kekuatan pengereman nyaris imbang. Sama-sama pakem dan mumpuni. Namun seperti biasa untuk sensasi saat tuas dibetot…..R15 lebih empuk ciri khas motor garputala.

Kesimpulan

Kedua produk masing-masing mempunyai kelebihan serta kekurangan. Jika Yamaha menawarkan handling dan desain….maka Honda lebih kepada mesin, kelincahan serta kenyamanan. Tentu saja semua terserah sampeyan untuk memutuskan. Apalagi keduanya memang sama-sama keren serta bikin iman ambrol. Akhir kata…selamat bermumet ria dan ikuti kata hati untuk menjatuhkan pilihan. Ada komentar dan pertanyaan mzbro??…..(iwb)

rpms-banner

241 COMMENTS

  1. komentar dipit.
    komentar dulu..
    komentar sek…
    komentar lagi….
    komentar dipit.
    komentar dulu..
    komentar sek…
    komentar lagi….
    komentar dipit.
    komentar dulu..
    komentar sek…
    komentar lagi….
    komentar dipit.
    komentar dulu..
    komentar sek…
    komentar lagi….
    komentar dipit.
    komentar dulu..
    komentar sek…
    komentar lagi….

        • pilih sport + touring aja ah..

          mansarpost.com/2014/11/28/hati-hati-dengan-air-tumpahan-mobil-pengangkut-air/

        • MOTOR YANG SERING KE BENGKEL………………………….
          = Motor yang rawan rusak 😀 …….
          = Motor yang enaknya sebentar, habis itu minta ke bengkel lagi 😀 ………
          = Hasilnya bengkel 3S laris manis tanjung kimpul 😀 ……….
          = Bengkelnya banyak tersebar di jalanan, baik jalan besar sampai kampung 😀 ………..
          = Baik bengkel resmi maupun bengkel umum laris manis 😀 ……….
          = Sparepartnya laris manis karena jaringan 3Snya mudah ditemui 😀 ………..
          = Jadi sparepartnya mudah aus / rusak 😀 …….
          = Kualitasnya dipertanyakan??? 😀 ……………..
          = Biaya perawatannya mahal banget 😀 ……..
          = Biasanya iklannya hiperbol / digede-gedeein, terlalu pede / alay untuk menutupi kelemahannya 😀 …………..

          JANGAN KUATIR DENGAN JARINGAN 3S
          Karena produsen sparepart tidak mau rugi dengan bisnisnya 😀 ………..
          = Sparepart mudah didapat dimana aja 😀 ……..
          = Sparepart murah, atau murahan 😀 ………….
          = produsen sparepart harus terus berproduksi 😀 ……………
          = dibuatlah sparepart yang mudah rusak 😀 …………..
          = yang rugi itu konsumen 😀 ……………..

        • sepatunya itulooh, kwkwkwkwk

          Yamaha X-Max400, menarik ini matik gambot!
          monkeymotoblog.com/2014/12/01/yamaha-x-max-400-cocok-sebagai-penengah-antara-matik-150250-yamaha-ke-t-max/

      • masih aja ngemengin mesin 4tak 150cc dohc vs sohc…

        lahh angkot granmax udah dohc aja ngga belagu sama honda jazz yang masih sohc… 😛

        itu posisi plat nomor cbr ngerusak penampilan…, kek vario berjenggot… 😀

        livery repsol ngebantu cbr jadi rame…, makanya anaknya om iwb jujur suka warna rame kek odong-odong… :mrgreen:

        kalo buat handling gemulai n kenyamanan selangkangan…, mendingan pilih skutik batman (beat manja mania) ? pas banget sama habitatnya fansbeha… 😆

        ?

        • bandingin kok grand max ama jazz…jd kayak mbandingin revo ma mx….
          bandingin tu jazz sohc ama jazz dohc…
          (eh jazz dohc gak d jual d indo ya….anak tiri lagi)

        • Bandingin kok HONDA JAZZ sama YAMAHA GRANDMAX…….

          Eh,grandmax dari yamaha bukan ya?
          Disini ada mobil dari yamaha?
          Kalau ada,monggo dibandingkan mobil honda vs mobil yamaha…!!!

          Mikir…!!!!

          Hehe

    • amankan dari bloger jemuran
      orongorong.com/2014/11/28/hot-seperti-inikah-tampang-soul-gt-125-blue-core/

    • itu anak sekolah pada ngelihatin, ternyata ada artis balap lewat
      orongorong.com/2014/11/28/apa-ya-maksud-iklan-ini/

    • Woh bakar-bakaran iki 😀

      ========

      Pulsar 200NS Lengkap Dengan Top Box dan Side Box Tersedia di Kawasaki Surabaya klxadventure.com/2014/11/28/pulsar-200ns-dengan-top-box-dan-side-box-tersedia-di-kawasaki-surabaya/

    • ABSEN
      ABSEN
      ABSEN
      ABSEN
      ABSEN
      ABSEN
      ABSEN
      ABSEN
      ABSEN
      ABSEN
      ABSEN
      ABSEN
      ABSEN
      ABSEN
      ABSEN
      ABSEN
      ABSEN
      ABSEN
      ABSEN
      ABSEN
      ABSEN
      ABSEN
      ABSEN
      ABSEN

    • di ulang
      di ulang
      di ulang
      di ulang
      di ulang
      di ulang
      di ulang
      di ulang
      di ulang
      di ulang
      di ulang
      di ulang
      di ulang
      di ulang
      di ulang
      di ulang
      di ulang
      di ulang
      di ulang
      di ulang
      di ulang
      di ulang
      di ulang
      di ulang

    • RAWUH
      RAWUH
      RAWUH
      RAWUH
      RAWUH
      RAWUH
      RAWUH
      RAWUH
      RAWUH
      RAWUH
      RAWUH
      RAWUH
      RAWUH
      RAWUH
      RAWUH
      RAWUH
      RAWUH
      RAWUH
      RAWUH
      RAWUH
      RAWUH
      RAWUH
      RAWUH
      RAWUH
      RAWUH
      RAWUH
      RAWUH
      RAWUH
      RAWUH
      RAWUH
      RAWUH
      RAWUH
      RAWUH
      RAWUH
      RAWUH
      RAWUH
      RAWUH
      RAWUH
      RAWUH
      RAWUH

    • komentar dipit.
      komentar dulu..
      komentar sek…
      komentar lagi…
      komentar dipit.
      komentar dulu..
      komentar sek…
      komentar lagi…
      komentar dipit.
      komentar dulu..
      komentar sek…
      komentar lagi…
      komentar dipit.
      komentar dulu..
      komentar sek…
      komentar lagi…
      komentar dipit.
      komentar dulu..
      komentar sek…
      komentar lagi…
      komentar dipit.
      komentar dulu..
      komentar sek…
      komentar lagi…
      komentar dipit.
      komentar dulu..
      komentar sek…
      komentar lagi…
      komentar dipit.
      komentar dulu..
      komentar sek…
      komentar lagi…
      komentar dipit.
      komentar dulu..
      komentar sek…
      komentar lagi…
      komentar dipit.
      komentar dulu..
      komentar sek…
      komentar lagi…
      komentar dipit.
      komentar dulu..
      komentar sek…
      komentar lagi…
      komentar dipit.
      komentar dulu..
      komentar sek…
      komentar lagi…
      komentar dipit.
      komentar dulu..
      komentar sek…
      komentar lagi…
      komentar dipit.
      komentar dulu..
      komentar sek…
      komentar lagi…

    • Bisa pertamax diblog ini bangganya tu disini
      Bisa pertamax diblog ini bangganya tu disini
      Bisa pertamax diblog ini bangganya tu disini
      Bisa pertamax diblog ini bangganya tu disini
      Bisa pertamax diblog ini bangganya tu disini
      Bisa pertamax diblog ini bangganya tu disini
      Bisa pertamax diblog ini bangganya tu disini
      Bisa pertamax diblog ini bangganya tu disini
      Bisa pertamax diblog ini bangganya tu disini
      Bisa pertamax diblog ini bangganya tu disini
      Bisa pertamax diblog ini bangganya tu disini
      Bisa pertamax diblog ini bangganya tu disini
      Bisa pertamax diblog ini bangganya tu disini
      Bisa pertamax diblog ini bangganya tu disini
      Bisa pertamax diblog ini bangganya tu disini
      Bisa pertamax diblog ini bangganya tu disini
      Bisa pertamax diblog ini bangganya tu disini
      Bisa pertamax diblog ini bangganya tu disini
      Bisa pertamax diblog ini bangganya tu disini
      Bisa pertamax diblog ini bangganya tu disini
      Bisa pertamax diblog ini bangganya tu disini
      Bisa pertamax diblog ini bangganya tu disini
      Bisa pertamax diblog ini bangganya tu disini
      Bisa pertamax diblog ini bangganya tu disini
      Bisa pertamax diblog ini bangganya tu disini
      Bisa pertamax diblog ini bangganya tu disini
      Bisa pertamax diblog ini bangganya tu disini
      Bisa pertamax diblog ini bangganya tu disini
      Bisa pertamax diblog ini bangganya tu disini
      Bisa pertamax diblog ini bangganya tu disini
      Bisa pertamax diblog ini bangganya tu disini
      Bisa pertamax diblog ini bangganya tu disini
      Bisa pertamax diblog ini bangganya tu disini
      Bisa pertamax diblog ini bangganya tu disini
      Bisa pertamax diblog ini bangganya tu disini
      Bisa pertamax diblog ini bangganya tu disini
      Bisa pertamax diblog ini bangganya tu disini
      Bisa pertamax diblog ini bangganya tu disini
      Bisa pertamax diblog ini bangganya tu disini
      Bisa pertamax diblog ini bangganya tu disini
      Bisa pertamax diblog ini bangganya tu disini
      Bisa pertamax diblog ini bangganya tu disini
      Bisa pertamax diblog ini bangganya tu disini
      Bisa pertamax diblog ini bangganya tu disini
      Bisa pertamax diblog ini bangganya tu disini
      Bisa pertamax diblog ini bangganya tu disini
      Bisa pertamax diblog ini bangganya tu disini
      Bisa pertamax diblog ini bangganya tu disini
      Bisa pertamax diblog ini bangganya tu disini
      Bisa pertamax diblog ini bangganya tu disini
      Bisa pertamax diblog ini bangganya tu disini
      Bisa pertamax diblog ini bangganya tu disini
      Bisa pertamax diblog ini bangganya tu disini
      Bisa pertamax diblog ini bangganya tu disini
      Bisa pertamax diblog ini bangganya tu disini
      Bisa pertamax diblog ini bangganya tu disini
      Bisa pertamax diblog ini bangganya tu disini
      Bisa pertamax diblog ini bangganya tu disini
      Bisa pertamax diblog ini bangganya tu disini
      Bisa pertamax diblog ini bangganya tu disini
      Bisa pertamax diblog ini bangganya tu disini
      Bisa pertamax diblog ini bangganya tu disini
      Bisa pertamax diblog ini bangganya tu disini
      Bisa pertamax diblog ini bangganya tu disini
      Bisa pertamax diblog ini bangganya tu disini
      Bisa pertamax diblog ini bangganya tu disini
      Bisa pertamax diblog ini bangganya tu disini
      Bisa pertamax diblog ini bangganya tu disini
      Bisa pertamax diblog ini bangganya tu disini
      Bisa pertamax diblog ini bangganya tu disini
      Bisa pertamax diblog ini bangganya tu disini
      Bisa pertamax diblog ini bangganya tu disini
      Bisa pertamax diblog ini bangganya tu disini
      Bisa pertamax diblog ini bangganya tu disini
      Bisa pertamax diblog ini bangganya tu disini
      Bisa pertamax diblog ini bangganya tu disini
      Bisa pertamax diblog ini bangganya tu disini
      Bisa pertamax diblog ini bangganya tu disini
      Bisa pertamax diblog ini bangganya tu disini
      Bisa pertamax diblog ini bangganya tu disini

        • Fbh pantesnya beli mobil dari hondo…kalo mau beli motor juga untk sekedar kr alpamat

          Fbh silahkan beli mobil dari yahama ya…..

          Makasi.

    • Keren poll kang reviewnya 😀 , menurut ane sih, opini dikit ya:

      R15 keliatan moge kalau dari belakang cuma sayang nyipratnya kalau hujan ga nahan

      CBR Keliatan moge kalau dari samping cuma sayang tengahnya itu kopong.

      lelakijelata.blogspot.com/2014/10/dibalik-gurita-parkir-alfamart-dan.html

  2. Nah?.ini yang menarik. Dibekali mesin DOHC 4 klep, engine pada generasi K45 mampu membuat IWB terkesima. Mesin racikan Honda ini halus serta bertenaga disegala rentang RPM. Sejak bawah hingga atas CBR150R nyaris susah dicari cela. Dan yang IWB garis bawahi lagi adalah?.vibrasi. Sangat terjaga dari low hingga high RPM. Mesin seperti tidak banyak dibuat stres dan tetap rileks kendati RPM meraung hingga limiter. Top speed terbaik dipecahkan oleh bro Nunu dari Kediri lewat torehan 145 km/jam…….

    salam jouzzz gandozzz….

  3. iku sing nongkrong sambil mbatin
    iku rossi ngopo tekan kene
    pertamax7.com/2014/11/28/yamaha-r15-pakai-striping-ala-yamaha-r25-concept-ini-ciamik-tenan/

  4. Kalo saya liat….mas iwan pas penunggang R15 kok berasa gantengnya naek 40% ya…..tapi pas nunggang cbr kok gantengannya cuma naek 10% aja ya….wkwk pdhl pake helm mosok kelihatan…..tp Gpp lah yg penting gantengannya sama naeknya…hehe

  5. Kenapa kalo motor dua keen eyes lampunya cepet mati satu.. 90 % motor dual keen eyes pasti begitu di jalan

    • pasti mainx bebek jd gak kenal pass beam neh wkwkwkwk, lampu sebelah untuk ngedip bro n lampu jauh,,, cuma cbr150r yg nyala dua2x :-D. p

  6. Itu gambare yang paling atas Mas Iwan seakan-akan concong ke CBR150R dan R15 disingkirkan yach? 😆

    Mboh lah, sak karepmu ….. 😆

  7. diyakini para alay yg lg nglihatin kang iwb nyampe rumah nangis2 minta dibeliin mongtor seprot hahaha

  8. mas Iwan, nitip tanya :

    mesin cbr150r ini dengan cb150r klo dicoba beda dimana (bukan speknya tapi lebih ke feel, sensasinya) bedanya dimananya ?

    terima kasih

  9. Mas iwan udah ada info r15 facelift or v2 nya…..belum…!!! Manatahu yimm dengerin masukan dari konsumen via blogger tentunya…..!!!suwun kang…..

  10. Kalo hasil tanya2 saya di temen2 yg berusia kuliah atau baru kerja, semua milih R15, alasannya ngga perlu kencang yg penting ganteng, untuk ngeceng memang naik R15 lebih nampol, hehe 😀 ….. beda kalo yang udah berkeluarga atau sudah mendekati masa menikmati hidup, 50-50, ada yg tetap R15 (gaul nih) ada yang pilih CBR lokal, alasannya nyaman, hehe… 😀

    • wkwkwk
      yo pasti lah
      bapak bapak yaa pengen gaul cah …gak munafik tu
      makanya dishub bapak2 tentara pakainya R15 dan ninja ..hheheh

      kalau pengen nyaman ya pakai mio adja bro …wahahah

  11. bang iwan sy inden cbr 150 r warna hitam kok lama tenan iki yo,udh 1 bulan lebih ga dikirim..kalo dr pihak diler si ktnya dri pusat blom di kirimin lg ke diler,,sy kudu pie ki bang??terimakasih

    • Kyanya tergantung daerah diler nya bro..ane pernah inden r15 butuh nunggu 9 hari..tp pas inden cbr cuman butuh 3 hari bro..ane beli cbr deh yg indennya gk pake lama..cba cek diler lain yg sekitar wilayah lain aja bro..ane domisili bekasi..
      Salam jozz gandozz kotoz kotozzz buat kang iwann

  12. Mas Iwan,apakah CBR150R lokal ini rantainya masih berisik dan material tanki masih tipis sehingga gampang bocor khas AHM begitu ?

    • Yaelah tong..dr jaman sby ampe jokowow..komen lo itu2 aja…laen kali lo ckup ketik titik atau koma aja…orang laen pasti dah pada tau apa yg lo omongin…
      Ngoahahahahah

  13. Saya pilih CBR150R dikawinkan ama R15 aja… 🙂
    tp lbh suka klo ada pnerusnya CBR250RR fireblade 4 cyl… Suaranya bikin merinding,nyaring tenan..topspeed bs ampe 190 kpj. Berani diadu ama R25. Bkn kyk new CBR250R yg msh single cyl.

Comments are closed.