iklan iwb

460x110(1)460x110_ok

Ion camera (8)Bro dan sis sekalian…..saat ini cukup banyak action cam tanpa merk yang bertebaran dipasaran. Mulai dari harga 700ribu hingga 1,3juta. Namun tidak semua merk mampu meyakinkan IWB untuk menemani Gopro Hero 2 yang sudah lumayan berumur. Hingga IWB tertarik dengan salah satu stand disirkuit Motegi Jepang yang menjual action cam dengan merk ION. Setelah memperhatikan material serta kelengkapan fitur yang ditawarkan….tanpa pikir panjang akhirnya sikamera sukses IWB boyong ketanah air. Apa kelebihan? dan berapa harga kamera motor tersebut???…..
r15goldgifLOOP

iklan iwb

ION Air Pro Wifi saat ini susah dicari ditanah air. Brand anyar berasal dari Amerika sama seperti Gropro ini memang pemain baru. Dengan penguasaan market hanya 10 persen (bandingkan dengan Gopro yang mencapai 45 persen) ION tentu butuh waktu untuk menunjukkan sebagai rival tangguh. Action cam yang menawarkan material bezel solid dengan kemampuan water resistant hingga 10 M ini tidak memerlukan shell atau cangkang khusus. So…tidak seperti Gopro yang butuh housing kedap air, body ION didesain tahan siraman air plus tekanan dengan kedalaman 30ft atau 10M. Secara hardware…ION Lite Wifi mampu merekam video kualitas full HD 1080/30fps serta HD 960/30 dan 720p/60 fps. Yang paling IWB sukai dari ION dibanding Gopro adalah bentuknya….

Menganut model kapsul…..ION terasa lebih fleksibel dan manis. Dengan berat hanya 136 gram…Desain ini mengingatkan IWB pada Sony action cam. Sayang banderol Sony termasuk tinggi yakni masih diatas 3 jutaan (harga Jepang sekitar 3,5juta). Selain itu dari sisi kontrol…ION jauh lebih mudah dibanding Gopro. Menganut mekanisme geser……sistem meminimize adanya miss recording. Kondisi ini beda dengan Gopro yang masih mengandalkan model tombol untuk stop ataupun recording dipanel yang sama. Terus gimana dari sisi kelengkapan fitur??….

Mampu berjaban melawan Hero 3 mzbro (harga masih bertengger diangka 4 jutaan). ION Air Pro Lite Wifi bisa dikontrol lewat Gadget Android serta Iphone baik untuk review, melihat status baterei, media view, setingan resolusi, tanggal, recording dsb. Pihak ION juga menyediakan cloud ready sebagai media penyimpanan via web, sharing media kesosial media tanpa perlu dihubungkan kePC. Dengan adanya Wifi…sampeyan tinggal gunakan aplikasi ION untuk melakukannya. Aplikasi tersedia secara free diApp Store. Berikut kelengkapan yang kita dapatkan saat membeli ION Air Pro Lite Wifi….

Ion camera (4)

1. USB cable
2. Cam Lock
3. Helmet mount
4. Ball Joint L-Shape
5. Double side 3M Adhesife
6. Mini Tripod stand
7. Guidance & Warranty book
8. Water proof cap

Disamping aksesories diatas, dalam pembelian disirkuit Motegi kemarin IWB sudah mendapatkan steer clip (dudukan pada stang motor) plus MicroSD Ultra Sandisk 16G kelas 10 dengan total harga 21,000 Yen atau sekitar 2,3 jutaan. Hasilnya??. Cukup memuaskan. Walau masih kalah tajam dibanding Gopro…..hasil ION bisa dikatakan jauh lebih baik dibanding beberapa action cam yang beredar dipasaran (selain Gopro pastinya). Kelemahan ION dibanding Gopro adalah noisy yang rada berlebih untuk njepret gambar dikegelapan. Namun untuk video…..mantap. Didukung hardware engine yang mampu merekam video 720P dengan frame rate 60 FPS…pergerakan gambar halus tenan. Berikut beberapa jepretan detil ION Air Pro Lite Wifi……

Last……ION sendiri sekarang sudah masuk ION 3. Sayang…..kelemahan paling mendasar dibandingkan Gopro Hero 3 adalah….view finder yang nge-freeze saat recording berjalan. Hal ini beda dengan Gopro yang terus running dengan smooth. Selain itu….karena tanpa cangkang atau housing, speaker jauh lebih sensitif sehingga hempasan angin saat motor melaju diatas 130km/jam cukup mengganggu. Namun dengan harga yang nyaris separuh dibanding Gopro….ION memang layak menjadi pilihan bagi biker yang demen mengabadikan moment saat dijalanan. So…kedepan selain Hero2…..ION Air Pro Lite Wifi akan menemani IWB dalam melakukan test ride produk. Penampilan perdana sang ION sudah IWB gunakan saat merekam aksi Dani Pedrosa serta konvoy CBR150R diSentul kemarin. ION Airpro Wifi Lite??. Berikut gambarannya…..(iwb)

Sekilas review desain

?Ion camera (6) Ion camera (7) Ion camera (9)? Ion camera (13)

Ion camera (15) Ion camera (14)Ion camera (11)

Lampu berkedip biru saat Wifi nyala

Ion camera (10)

Kontrol via Android

?ION Airpro (5) ION Airpro (1) ION Airpro (6)ION Airpro (4)

Ilustrasi posisi kamera

Ion camera (1)

Dilihat dari view finder Android

ION Airpro (3)

Perbandingan dimensi dengan GoPro Hero 2

20141024_110358

Hasil video ION HD (Dani Pedrosa on RC213V)

HP Klik disini

Hasil video ION HD (konvoy CBR150R Sentul)

HP Klik disini

Spesifikasi ION Air Pro Lite Wifi

  • Field of View: (Degree of Angle) 1080p/30fps = 127 degree, 960p/30fps = 170 degree, 720p/30,60fps = 150 degree, WVGA 30fps = 150 degree
  • Video HD Resolutions: 1080/30 FPS. 720p/30 FPS/60 FPS (Slow Motion). 960p/30 FPS
  • Light Sensitivity: Super low-light sensitivity
  • Video Format: saved as MPEG4 (.mp4) file
  • Exposure Control: Auto
  • White Balance: Auto
  • Microphone: Built-in, mono with AGC (automatic gain control)
  • Photo Resolution: 5MP
  • Capture Modes: Single Shot (one shot), Burst Mode(three in one second), Time Lapse (a photo every 10,20 or 30 seconds).
  • Memory: MicroSD card, up to 32GB capacity (Not included)
  • Average Recording Times: 1080p/720p: 8min/GB
  • PC Connection: USB 2.0 (data connection and battery charging)
  • TV out: HDMI + Composite
  • Wi-Fi: Included
  • G-sensor (Auto-rotation): Yes
  • Battery Type: Rechargeable 1100 mAh Lithium-Ion
  • Battery Life: Approximately 2.5 hrs
  • Charging: Via USB to computer or optional power adapter
  • Charge Time: Approximately 2 hours with a computer’s USB port
  • Waterproof: 10 metres (30 feet)
  • PC Compatibility: Windows? Vista and 7; Mac OS? X 10.4.11 and later
  • Dimensions (H x W x D): 40x40x108mm
  • Weight: 130 grams
  • Dual File recording: Yes
  • App Support: iON
  • Low Battery indication: Yes
  • Slide to record: Yes

43 COMMENTS

  1. kacoong
    kagak mudeng artikel beginian, nanti kalo keluar artikel dohc rompal baru otaknya kesleo cuongore berbusa.

  2. Diborong kang perbus semua 😀

    Btw itu kameranya keren kang iwan…

    motohits.com/2014/10/24/gambar-high-definition-hd-sosok-yang-diduga-cb150r-facelift/

  3. dari pada ini atau gopro mending drift ghost S cek google manteb tuh! ane pakai itu soalnya 😀

    Cekidot:
    driftinnovation.com/drift-ghost-s/

  4. hadeehhh.. pengen beli pas di singapore kemaren tp takut kena pajak BC di jogja sama sebenernya msh ragu karena blm banyak yg pake.. ealah, mas Iwan malah pake.. kemaren mau pinjem pas di sentul, mas Iwan dah ngacir duluan balapan sm Marquez 😀

Comments are closed.