iklan iwb

460x110 (3) 460x110_rev

image

Bro dan sis sekalian….jaman memang terus bergeser. Jika 7 tahun yang lalu jumlah Blogger bisa dihitung jari….kini sebaliknya. Wis pokoke seabreg banyak bener. Hadir dari berbagai kalangan, rata-rata mereka dulunya adalah pembaca Blog yang akhirnya terlecut untuk menulis. Namun bukan itu yang akan kita bahas. Akan tetapi sorotan adanya beberapa Blogger yang mengusung bendera salah satu pabrikan sehingga dianggap tidak netral. Apakah benar tuduhan tersebut??….
GT125Garuda_460x140

iklan iwb

Mungkin sampeyan sudah tahu adanya beberapa Blogger yang berada dibawah payung suatu pabrikan. Karena passion yang tinggi terhadap motor….plus ilmu permesinan yang mereka dapatkan…..ngeblog merupakan ajang sharing yang cukup ampuh. Celakanya….karena ilmu yang terlalu dominan pada salah satu merk…..mereka dianggap tidak netral. Ada juga yang ngetes top speed….hingga video disodorkan, keraguan masih saja tetap muncul dari pembaca akibat back ground sang tester. Opini-opini tersebut banyak IWB baca baik via email ataupun komentar. Pertanyannya…..apakah betul seluruh anggapan dan tuduhan tersebut?….

Siapapun tentu tidak ada yang bisa menjawab secara pasti dan hanya mereka yang tahu. Bukannya membela, tapi sebenarnya IMHO…tidak ada yang salah dengan status yang disandang. Mosok karena berkecimpung diindustri roda dua nggak boleh jadi Blogger. Sah-sah saja to Blogger kerja disuatu pabrikan. Selama konten dan isi bisa dipertanggung jawabkan disertai bukti-bukti real….IWB pikir halal hukumnya mengupas kelebihan suatu produk. Pembaca sekarang juga cerdas menilai….bisa meresapi ketika isi artikel terdistorsi kepentingan. Hukum alam yang pada akhirnya akan menyeleksi ketika independensi rusak….maka pembaca juga enggan nyambangi warung. Lawong udah nggak bisa dibuat pegangan…..terus dienggo opo diwoco, yo ora??….

Last….value atau nilai sebuah Blogger adalah independensi. Dan ketika satu hal tersebut tidak bisa dijaga…percayalah, lambat atau cepat Blog tersebut akan tutup warung. Dan IWB sadar betul akan hal itu. Terlepas dari adanya strategi pabrikan untuk memfasilitasi Blogger-Blogger tertentu karena “status” yang disandang, kemudian mengupas kelebihan produk mereka adalah tindakan wajar dan tidak perlu dipermasalahkan. Terdistorsi kepentingan mungkin iya. Tapi selama bukti lengkap dan komplit…..disertai data komprehensif….kenapa nggak?. Nah…kalau menurut sampeyan sendiri gimana….ngaruh nggak jika Blogger tersebut kerja disalah satu pabrikan sementara doi mencoba ngulas kelebihan produk tersebut?. Monggo berikan opininya…..(iwb)

152 COMMENTS

    • Kalo saya kerja di warung pemerintah kang, jadi insyaalloh independen, no pabrikan motor, just motobike enthusiast! 😀
      ??
      hnd24.wordpress.com/2014/10/06/review-knalpot-akrapovic-custom-full-system-r25/

      • G usah bahas yg kerja dipabrikan roda dua laaah,.. Blogger yang iklannya segede gaban apa iya bisa ulas kecacatan suatu produk,bukan jelek2in lho ya.. Biasanya klo ada kecacatan suatu produk kesaksian dari konsumen yg telanjur terbuai kata2 manis blogger waktu test ride diundang pabrikan. Sampai saat ini ane belum ketemu yang namanya blogger pas diundang review produk baru, berimbang ulasan antara” yg bagus” dan yg jelek/cacat. Bbrp bulan kemudian muncul artikel kesaksian pengunjung blog,adanya kecacatan maupun yg aneh2 dr motor yg dibelinya..

        • IWB BIKIN ARTIKEL MOTOR YG BERBOBOT DAN YG PASTI TETEP INDEPENDEN BROW…SETIDAKNYA S/D SAAT INI..CMIIW

    • because life is never flat
      ———–
      kobayogas.com/2014/10/08/tematis-new-honda-pcx-150-konsumsi-bbm-new-pcx-berdasarkan-mid-tremendous/

    • Dijamin si muhsin bonsai,si cakil,si ipan monyet item,satar gk berani jemur syempakk pesingg ?? artikel ini

      Maklum bos,ternakan honhon kelas kakap

      Kecuali kemaluanya ?? potong

      Ngoahahahahaa

        • Wkwkwkwk

          Salah satu yg saya sebutkan nyamber sambil kalap

          Melas anakmu istrimu dikasih makan uang haram

          Ngoahahahah

      • Buakakakaka….siipan monyet item…
        Dia bukan bloger ternakan honhon bro,tp apa sj yg bisa bwt bahan bakar2an akan dimuat diwarungnya
        *lirik rating RON92

    • malah enak kang, bisa lebih detil karena menguasai apa yg di share 🙂

      wongserut.wordpress.com/2014/10/08/honda-supercub-reborn-semoga-model-c70-classic/

    • Lha wong mau condong ke satu merk aja boleh…. Yg ngga boleh itu nyebar fitness, bc merk lainnya… Atau mengkomparasi 2 merk namun yg satunya nggak pake data, asal menjatuhkan…..
      78deka.com/2014/10/08/mesin-motor-duke-ini-rakus-bener-dari-minyak-tanah-solar-bensin-sampai-lpg-ditelan/

    • yoi bero, menjadi seorang fb juga tidaklah salah…

      coba nitip jemuran ah
      fbyblog.wordpress.com/2014/10/08/jemaah-haji-indonesia-sangat-terbantu-oleh-mbak-astuti/

  1. Klo menurut ane sih, sah-sah aja bloger kerja dr satu merk, toh mereka jg cari nafkah tuh,,, tp balik lg soal isi dri blog yg di tulis harus netral bukan titipan,… sudah terbukti kok Kang… ada suatu blog yg skrang gk eksis lg d tinggal pembaca ny… ane smpet jd silent reading ny… trus ya ane tinggal semenjak tahu blog IWB dan Wak Haji dari th 2000… Sukses Kang.

  2. blogger mana pun ane kira” sah” za mw britanya mw condong” ke slh satu brand kl pun mg blogger tsb mg krjanya d brand trsbut,,namun apabila ga krja di brand tsb tntunya kmbali ke blogger tsb namun apabila warung nya misalkan sdh tenar n bnyk yg mampir nahhhh,,d situlah independensi jurnalitas n nama baik warung d prtaruhkan krn dngn brita yg dia tulis yg mampir bz mnilai ko sbab zaman skrg orng” tu makin kritis trhadap sswtu efek’a kl trllu srng bntuk britanya ga seimbang tntu yg mampir bz mnilai bhwa blogger tsb bz d katakan fans boy slh satu brand wlwpun blogger tsb udh mnyanggahnya krn yg mampir mlihat beritanya bkn sanggahannya,,

  3. gpp lek, yg penting artikele apik…ay om bahas tuh vario 125 facelift..udh keluar spyshotnya..headlamp lbh sipit..menyatu dgn sein..wrn hitam behel honeygold..keren pokoe, mesin ttp..lbh elegan

  4. mau bloggernya dependent atau independent ga jadi masalah asal tulisan2 dan komentator para pengunjungnya bermutu ….

  5. absen siang suhu, setelah lama discontinue … sekarang mejeng lagi.. hehehe

    nivikoko.com/2014/10/08/mendapat-undangan-vip-allpack-indonesia-expo-2014-pameran-apa-seh-cekidot-brot/

  6. Mau profesi dr pabrikan, politikus, bahkan anggota dpr, silahkan saja, yang penting obyektif dan netral.

  7. Mengulas kelebihan suatu produk, apalagi produk sendiri sah-sah aja
    Mengulas kekurangan suatu produk pun sah-sah selama masih ada bukti
    Yang gak bagus kalau sudah mati2an belain produk sendiri dan juga mati2an jelek2in produk lain yg cenderung fitnah kalo belum terbukti

  8. kalo suka silahkan mampir.
    kalo ga suka ga usah mampir.
    terserah mau netral atau ga, nantikan pembaca yang bisa menilai dan men-judge untuk layak didatangin lagi atau enggak.
    gitu aja kok repot.
    iya toh cung……
    wkwkwkwkwkwkwkkkkkkkkkk…………………………

  9. 1. lagi buat blogger yang kerja dipabrikan .
    yang penting tidak membocorkan rahasia perusahaan .
    karna melanggar undang undang .
    sanksi phk .
    gara gara ngeblog, tapi nganggur kand bahaya .
    hahaha .

  10. asik asik aja tuh…ada reader fansboy ada juga bloger fansboy…sing penting artikelnya kaga copasan( ga kreatif,numpang eksis tinggal comot sana comot sini yg kek gini mndingan tutup warung ae)

  11. Jozzz boss saepull

    Kyk si muhsin bonsai,si cakil,ipan monyet item ,satar n fbh kambing lainya

    Wajib ?? musnahkan

    Ngoahahaha

  12. Kang saepull nyindir gerombolan blogger ternakan honhon macam si muhsin bonsai,si cakil,si ipan monyet item,sm satar nih

    Dijamin mereka gk berani jemur syempak pesing ?? artikel ini

    Kecuali gk punya malu

    Ngoahahahah

  13. Woww si kacung honhon udah nongol lg nih

    Piye cung,kok sport honhon makin nyungsep

    Kurang giat nih si kacung nyebar brosur sm dangdutanya

    Ngoahahahaha

  14. sah sah aja sih om.. mau menulis ttg 1 produk aja ga masalah.. asal yg ditulis itu fakta bukan kebohongan.. kalo berupa opini katakan itu berupa opini bukan sebagai fakta

  15. Bener kang salah satu ciri bloger yang membela salah satu benderanya antara laen isi berita n artikelnya berusaha menjatuhkan kompetitornya lewat BC yang di kemas seperti artikel. seperti contoh salah satu blog ada y isinya cuman keburukan produk salah satu merk saja isinya. n Disinyalir kuat sumber berita blog ini mayoritas dari bengkel Motor merk tertentu saja… khususnya motor y ada masalah langsung di buat artikel.. bisa di artikan blogernya juga saban hari nginep di depan bengkel bengkel nunggu motor saingan y rusak langsung di foto-foto.. dibuatkan BC an yang di kemas seperti artikel….. haha..

  16. ya namanya blogger pabrikan (bener2 ngaku) …rapopo..yang masalah kan ngaku netral..multi brand..tapi artikele condong ke satu merek..ini yg bisa dibilang munafekk..justru ini yg yg bikin pengen muntah..mending si SOHC terang2an mihak/bela yamaha abis2an ..en bc brand kompetitor..meski komentnya bau berak manungso..tapi cukup jentle..meski congore kayak bau kentut ane..nguihihihihihi

    • wkwkwkwkwkkk………………
      untung ane lagi kena pilek…….
      wkwkwkwkwkk…………….

      • Wkwkwkw

        Ada dua kacung ahem ahem yg lg curhat abis ?? tendang ahem ahem gara2 gk bueciuss jual cbr versi loakan,eh lokalan

        Ngoahahahahaa

        Piye cung,sport honhon kok makin nyungsep

        Yg giat cung dangdutanya

        Ngoahahahah

        • wkwkwkwkkwkwkwk…….
          kok ane curhat penyakit disenggol cih….
          suwerrrr……..ane ga nyium apa2….idung ane lagi rusak….
          wkwkwkwkwkwkwkk……

Comments are closed.