iklan iwb

460x110 (2)(2)
460x110_rev

R15 vs CBR150R

Bro dan sis sekalian…berawal dari rasa ingin tahu respon para biker dari Sabang sampai Merauke tentang lahirnya Honda CBR150R dual keen eyes. Begitu luar biasanya sambutan mereka atas produk K45 dari AHM. Pujian sekaligus rasa penasaran yang deras mengalir kenewsroom IWB membuat IWB sendiri tergelitik untuk melakukan polling singkat……apakah mampu R15 menahan gempuran CBR150R?. Dengan mengesampingkan kekuatan produksi AHM yang superior susah dikejar…..polling hanya ingin mengetahui penilaian sampeyan dari sisi paket produk yang ditawarkan…kira-kira mana yang mzbro pilih antara Honda New CBR150R vs Yamaha R15 jika punya uang 29juta ditangan???……
GT125Garuda_460x140

iklan iwb

Honda new CBR150R lahir dengan segudang tawaran menarik seperti engine DOHC bertenaga 17,1ps@10,500RPM dan torsi 13NM@7,500RPM 6 kecepatan yang dicangkokkan pada rangka truss frame. Secara desain dan dimensipun identik dengan kakaknya yakni new CBR250R yang basis konsep pembuatan terinspirasi dari moge CBR1000RR. Berbagai revisi sukses membuat karakter generasi baru jauh lebih lincah serta bertenaga khususnya pada low RPM. Kelebihan lain yang menjadi catatan IWB terhadap new CBR150R adalah minimnya vibrasi mesin baik saat idle maupun high RPM. So…secara paket diluar swing arm model kotak yang terkesan konvensional serta wheelbase pendek membuat ban belakang maju dan sedikit mencederai kegagahan…..motor ini memang berpotensi membikin rontok iman. Terus gimana dengan Yamaha R15??….

Masih pede dengan mesin SOHC 150cc forged piston dan diasil silinder dengan transmisi 6 speed…..power R15 mencapai 16,59@8,500 RPM dengan torsi 14,5NM@7,500RPM. Uniknya karakter motor ini beda dengan Vixion series yang nampol diputaran bawah….R15 cenderung mengejar putaran atas. Tidak heran saat turing Belitung salah satu jurnalis bernama bro Heru Godzy mengaku torehkan kecepatan puncak *144km/jam ketika mengikuti rombongan R25 (*trek panjang banget). Record tersendiri mzbro. Namun bukannya tanpa kelemahan. Dengan komposisi gear serta mapping kecepatan atas….putaran bawah R15 rada lemot dibanding NVL. Selain itu….satu lagi yang menjadi nilai minus sang kuda besi yakni vibrasi engine yang lumayan terasa disekitar stang ataupun tanki saat engine digeber. Dibanding Vixion sekalipun….R15 kudu berbenah disektor ini. Perbaikan konstruksi engine mounting bisa menjadi solusi jitu agar getaran berkurang. Basis desain nyomot dari moge YZF R6…..Yamaha menawarkan sasis deltabox ala Motogp serta swing arm model die cast aluminium bak moge. Kelebihan yang menjadi daya tarik tersendiri para biker mzbro….

Last…itulah sekilas gambaran Honda new CBR150R serta Yamaha R15. Secara produk memang tidak ada yang bisa dikatakan menang mutlak. Terdapat plus minus diantara keduanya dan biarlah mzbro yang memutuskan untuk menjatuhkan pilihan…..kira-kira mana yang sih yang bakal sampeyan boyong kerumah jika memiliki uang 29jutaan?. Kemudian jika tidak keberatan…monggo curahkan kritik atau saran bagi kedua pabrikan…sisi apa yang kudu dibenahi supaya sampeyan makin mantap memilikinya. Kritik membangun yang tentu saja bukan caci maki tak mendasar memperkeruh suasana. Oke…langsung berikan suaranya brosis. Artikel akan IWB pasang terus paling atas selama 3 hari dan akan kita lihat…..manakah yang berpotensi menjadi raja sport fairing 150cc 4 tak tanah air. New CBR150R atau YZF R15??. Sampeyan yang memutuskan :mrgreen: …….(iwb)

Tentukan pilihan brosis sekalian dibawah ini

448 COMMENTS

  1. Keren cara vote nya,
    Tapi kalo ga komen ga afdol,,
    Tanpa mngurangi rasa hormat kepada CBR, R15 lebih layak untuk di beli dgn ngeluari uang segitu, kalo cbr 27aja,, saya rasa itu harga yg sangat bersaing dgn R15,

  2. Ya kalau acuannya Motor Sport yg Racy tentu Pilihannya YAMAHA R15, Lha wong bukan untuk touring. Touring yg Naked ajah.
    YAMAHA R15 katanya terlalu kecil tankinya, solusinya mungkin YAMAHA harus lebih mempromosikan Part Asesoris kondom tanki dan lainnya di R SHOP.

    • Ini lah orang bodoh klo racy yahomo 15???
      Emang yahomo racy??
      Trus cbr turig getoh??
      Wakakakakak….. gw kasih tahu ya jalan raya itu bukan sirkuit! Elu pake stelan stang mepet dengkul justru membahayakan rider dan org sekitarnya ..
      Disisni yahomo super alay menciba menelikung scbr sport dikatakan turing!..
      Jurig ya jurig makanya skotelt di muka headlamp yg moncong itu dilepas biar gaga katarak coy!

  3. klo mikir jg soal harga jual kembali, untuk segment sport Yamaha lebih bernilai tinggi drpd Honda..jelas lebih value R 15

  4. setiawan sampeyan jujur yo ojo kejujuren… moso nang artikel ditulis engine R15 nggeter nang setang sampe tanki… padahal mesin geter ya honda… piye jal aku nulungi fby? hahaha….

    • Mas review dari cbr rasanya belom bisa ditarik kesimpulan yang jelas, kan baru dicobain di kemayoran. Terlalu prematur klo analisa sebatas felling mas.

      • Iya nih, blom ada review new CBR150 yang bener2 komplit terutama masalah top speed sampai sekarang blom ada blogger yang mengulas masalah topspeednya. Menurut ane, motor fairing harusnya lebih fokus ke top speed.

        • Yup…saya juga penasaran top speednya. Btw…seluruh penilaian memang impressi sekilas. Dan sudah saya tekankan 11:12 tidak ada yang menang mutlak. Namun dengan test singkat….setidaknya kita bisa meraba dan merasakan ketika jajal awal keduanya (diluar turing yak)

  5. Secara pribadi pilih R15, tp rencana mo ambil CBR, soale jg buat antar anak sekolah, itupun stlh arm blkg diganti dgn yg lbh pnjg…..

  6. IMHO..
    Entah kenapa model/casing R15 berasa over..
    Sementara CBR meskipun lebih konservatif, tapi berasa pas dan serasi..
    Meskipun minus swingarm banana…

    Jadi tetep vote CBR ajah..

  7. piye2 panggah honda….honda dlawan???ora iso coy…ngoahahaha!!!!

    • m.detik.com/news/read/2014/09/15/071409/2690049/1536/spbu-di-semarang-terbakar-saat-isi-tangki-motor

      HONDA DI LAWAN, ORA ISO COY!!!

  8. ane milih cbr mas, sayang honda blom brani ngasih swing arm banana, stop engine & pass beam juga nggak ada. honda harusnya bisa lebih maksimal klo mau lawan r15

    • Kalu mau pas beam, beliin punya tiger (switc) mas, dateng ke rumah ane, ane modifin gratis,( pas ane libur)

  9. piih yang nggak bikin encok…. dan setiap di lihat ganteng nya nambah….. sudah tahukan pilihanya,,,, silahkan vote…. 😛

  10. Dgn semua paket yg ditawarkan dari kedua produk,mulai dari kekurangan dan kelebihan dari keduanya..saya vote New CBR150R!!

Comments are closed.