iklan iwb

GIF460x110px460x110-OK

BSA becak siantar (4)

Bro dan sis sekalian……jepretan unik dikirim oleh bro Septian dari Siantar yang menunjukkan becak menggunakan motor. Jika motor umum sih nggak kaget. Tapi pemandangan yang ada didepan mata cukup mengejutkan. Namun….kendaraan yang digunakan adalah merk BSA….motor yang harusnya menjadi ajang koleksi bagi para kolektor…..
Yamaha Mio

iklan iwb

Jepretan diambil didaerah Siantar atau tepatnya dikota Madya Pematang Siantar Sumatera utara. Posisi kota ini hanya sekitar 3-4 jam dari pusat ibu kota Medan. Menurut bro Septian….disana banyak dijumpai motor antik BSA yang oleh penduduk setempat dialih fungsikan menjadi becak mesin. Walau kuno, pertimbangan mereka mungkin dikarenakan komponen kuda besi racikan Inggris ini kuat dan tahan banting. Padahal sayang banget tuh. Kalau dirawat pasti mempunyai nilai jual lumayan tinggi. Sistem transmisi BSA juga unik. Jika perseneling motor sekarang berada dikiri….BSA malah sebaliknya yakni diposisi kanan. Weleh….mumet ki kalau nggak terbiasa. Btw…sparepartnya gimana ya. Jerohan kayaknya udah modifikasi kali. Tapi tetap salut untuk motor tua masih mampu dipakai jalan. Emange BSA ki opo mz Iwan??…

Sekilas info…Birmingham Small Arms (BSA) sendiri didirikan pertama kali tahun 1861. Perusahaan awalnya hanya membuat senjata serta permesinan. Baru tahun 1880…BSA merilis produk sepeda onthel. Untuk motor mereka baru merambah ditahun 1910. Dengan mesin bertenaga 3,5HP….produk mereka laris manis. Diperang dunia satu dan dua…BSA juga terkenal menjadi penyuplai motor untuk pasukan Inggris dimedan pertempuran. Produk yang cukup terkenal masa itu yakni A series Twin, Triples (3 silinder) dan single. Ditahun 1912…BSA juga sempat meminta bantua Hupmobile Amerika untuk membuat body besi pada motornya. Sayang seiring perjalananan waktu BSA terus redup…

Didera krisis keuangan…pabrikan akhirnya diakuisi oleh Manganase Bronze Holding ditahun 1973. Grup ini ternyata gagal mengangkat kembali BSA berbarengan dengan Norton dan Triumph. Itulah akhir cerita dari BSA motorcycles UK. Dimasa sekarang ada 3 perusahaan yang menggunakan nama BSA yakni produsen motor India TI Cycles, produsen bearing dan terakhir perusahaan air Gun. Namun dipastikan ketiganya tidak ada hubungan dengan Birmingham Small Arms yang sempat melegenda dimasa silam. Pertanyannya BSA yang ada digambar adalah Birmingham Small Arms Inggris atau produk TI cycles India??. Menilik fisiknya yang renta sih sepertinya buatan Inggris mzbro. Jian sayang tenan kalau bener tuh……(iwb)

? BSA becak siantar (5)BSA becak siantar (2)BSA becak siantar (3) BSA becak siantar (1)

?

58 COMMENTS

    • Ebusyeedd !! itu mesin unik, Suspensi Teledraulic, Cuma dijadiin Becak ?? Yaa ampyuunn –_–

      Tuanya persis kaya yang ini nih :

      enoanderson.com/2014/05/31/setelah-50-tahun-ariel-ini-bangkit-dari-kubur/

    • Duh sayang bingittssss

      kobayogas.com/2014/07/27/barang-datang-tidak-sempurna-segera-lakukan-proses-complain/

  1. untuk skarang mas becak siantar yg menggunakan motor BSA udah jarang krna sparepartnya langka…di tambah lg ongkos naik becak BSA itu loh mas..jarak dekat ja harganya bisa 3-5 kali lipat dr becak biasa..

  2. wadoohh.. sedikit terharu sekaligus bangga kota kelahiran dan tempat tinggal ane dibahas blog mas iwan…

    becak siantar emang unik mas,, namun akhir2 ini populasinya sedikit berkurang akibat dijual keluar daerah dan emang biaya perawatan yang mahal serta konsumsi bbm nya yang boros..

    kalau sparepart bisa di-‘kanibal’ dengan sparepart motor lain.. bengkel bubut di daerah sini juga udah paham dengan konstruksi ini motor..

    salam siantar men :mrgreen:

  3. blog nya kang ipul tambah sepi aja nih , pasti dedengkot FBH lg mudik naik di atap kereta ngoahahahaha

  4. Keren nih bentor aka becak motor , ngoahahahaha lebih keren dari seport Honda kuatrok

  5. Ini baru namanya BSA aka motor keren aka ganteng meskipun jadul ngoahahaha

    kalo buatan AHM namanya BSK aka BuoSoK

    wkwkwkwk

  6. Ada yg ngakali sparepart, sampe pake piston mobil,, soale piston ori uda langka, dulu waktu minyak tanah murah, ni mesin di oprek bisa pake bensin campur minyak tanah,(aslinya boros bbm) salutttt,,, wkwkwk
    Tapi belakangan banyak yg dijual sama kolektor yg suka motor klasik, mahal bro, tergantung minat, kalo uda “jadi” bisa seharga ninja 250,

  7. di parkiran pabrik tempt ane kerja jg ada tuh motor tua persis kya gtu..syg bget gk terawt dan d biarin gtu aja kotor dan berdebu..ane sendiri gk tau tuh motor punya siapa !!

  8. Legenda, cb100, c70 sayavmasih sering liat berkeliaran di jalan.. Honda top !

    Pernah ente liat f1zr.. Kapan yah terkahir liat 😀

    • motor honda lawas msh banyak ditemui krn dr dulu sampe skr konsumen cm dikasih mesin itu2 saja, tak ada pengembangan berarti, jd bs kanibal dg motor baru.
      Intinya honda indonesia kurang mengembangkan mesin.

  9. Kl mau bli becak bsa siantar hrs nyiapin kocek yg bnyk soalnya harganya berkisar 40-60 jt. Bs bli motor 250 cc duit sgt!. Lgan bsa siantar tdk diperjualblikan secara bebas krn becak bsa siantar sdh mnjdi ikon kota siantar.

  10. Kalau ditilik-tilik, Mesin plus desainnya mirip Ariel Red Hunter nih. . . Berarti ini Fix BSA C-Series, Antara C10 / C11. . . Edyaaann, Masih idup . . . Juoss 😀

    Nih Ariel Red Hunter :
    enoanderson.com/2014/05/31/setelah-50-tahun-ariel-ini-bangkit-dari-kubur/

  11. Pasti selama ini sya banyak salah.. baik yg di sengaja maupun tidak.. Untuk LISAN yang tak terJAGA, Untuk JANJI yang terABAIKAN, Untuk HATI yang berPRASANGKA, Untuk SIKAP yang meNYAKITKAN, Di hari yang FITRI ini, dengan TULUS HATI

    Saya mengucapkan mohon MAAF LAHIR & BATHIN

    Semoga ALLAH selalu membimbing kita kedepanya..amiin..

    Horeee…. lebaraaan… ^_^ :p :*

    • Iya om,, ente banyak salah, apalagi sama fby sekelas om perbus,
      Eh,,,, wkwkwkkw
      Sip om,, sami sami

  12. emang itu ciri khas kota siantar mas iwan, tapi sayang sekarang hampir punah, banyak yg d jual ke luar kota buat d jadikan koleksi.
    padahal itu khas nya siantar, becak motor BSA. saya dulu kecilnya paling seneng naik becak keliling kota siantar.

  13. Saya orng siantar melihat becak BSA mulai berkurang populasinya…banyak di gantikan dgn motor sport 150cc(t*under,v*rza) dan d jual/upeti .perbedaan dari segi tarikan dan suara khas knalpotnya sangat berbeda.

  14. urusan sejarah trnyata kalah sama urusan perut..buat yg ngerasa kolektor ayo di beli/barter..biar sejarah dan perut bisa jalan berdampingan..

  15. wah becak daerah ane ini. BSA yg dipake yg 350cc dan 500cc. klo nyervisnya ada mekanik khusus megang becak BSA. 3 tahun terakhir ini populasinya udah mulai berkurang hampir setengahnya krn masalah spare part dan harga bensin.
    disini skrg rata2 mulai makek thunder, gl pro dan gl100 menggantikan BSA. beberapa ada yg makek verza, nmp, king, yt115.

  16. Wah kalau bener mah syng bgt, klo msh bagus n terawat, d jual pasti cukup mahal,
    beliin dah R25 buat narik tu becak, biar keren, kan kagak ada tu becak saat awal jalan ban depan smpai ngangkat2

  17. Klo dikalsel fizR bnyk yg dmodif trail buat bawa kayu gede” naik turun gunung jlanan bebatuan terjal dan mesin jg rangkanya smpai saat ini msih oke” aja tuh nggk rompal kyk cb150 R hahaha

  18. I was recommended this web site via my cousin. I’m no longer sure whether or not this publish is written by means of him as no one else understand such distinctive about my difficulty.

    You are incredible! Thank you!

  19. Pretty component to content. I simply stumbled upon your web site and in accession capital to claim that I acquire in fact enjoyed account your weblog posts.
    Anyway I will be subscribing to your feeds or even I fulfillment you get right of entry to persistently fast.

Comments are closed.