Iwanbanaran.com » Kenapa Nitrogen lebih baik dibanding angin biasa???…..
About these ads
jump to navigation

Kenapa Nitrogen lebih baik dibanding angin biasa???….. May 27, 2014

Posted by iwanbanaran in : Otomotif , trackback
iklan iwb iklan iwb

unnamed460x110_ok

Bro dan sis sekalian….pernah nggak sampeyan ngintip pengisian nitrogen untuk kendaraan pribadi baik roda dua ataupun empat. Pengisian rada mahal bukan masalah demi keawetan ban. Betulkah seperti itu?. Yuk kita coba bahas bareng-bareng agar opini ini tidak dibilang salah kaprah dan informasi tanpa dasar…
UK440x110

iklan iwb

Dari beberapa informasi….nitrogen katanya lebih baik dibanding angin biasa. Ada yang bilang lebih enteng buat kecepatan tinggi….serta tahan lama nggak gampang membuat ban kempes. Pada dasarnya nggak ada yang salah dengan informasi diatas. Namun keterangan masih kurang spesifik dan detil. Jadi IWB akan coba ulas secara sederhana untuk menambah ilmu kita bersama. Sebagai informasi…angin biasa yang disuntikkan kedalam ban mengandung 78 persen nitrogen, 21 persen oksigen dan sisanya adalah CO2 serta gas lain seperti neon dan argon plus sedikit unsur air….

Dalam pemakaian jangka panjang…campuran unsur tersebut akan memicu efek pengembunan serta korosi atau karat khususnya pada pelk tunggangan. Selain itu sifat angin juga mudah terlepas dari pori-pori ban sebab partikelnya lebih kecil dibanding pure N2. Pada kecepatan tinggi temperatur ban meningkat….unsur diatas juga ikut memuai. Tidak heran keawetan karet ban akan lebih pendek. Sementara hal itu tidak akan terjadi jika kita menggunakan nitrogen murni tanpa terkontaminasi unsur lain. Berikut beberapa keuntungan yang didapat dari nitrogen…

1. Gas nitrogen (N2) lebih stabil daripada angin dan udara biasa karena tidak gampang terpengaruh suhu ban yang sering naik turun akibat cuaca dijalanan.

2. N2 mempunyai berat jenis lebih ringan dan partikelnya yang lebih besar dibanding oksigen membuat kebocoran ban ber-Nitrogen lebih sedikit sehingga tidak membutuhkan pengisian yang terlalu sering. Keawetan nitrogen didalam ban bahkan diklaim 1/3 lebih lama dibanding angin….

3. Kinerja ban lebih optimal ketika berputar karena sifatnya yang dingin

4. Lebih hemat BBM (bila tekanan angin selalu terjaga)

5. Memperbaiki manuver tunggangan

6. Sifat nitrogen adalah non-corrosive dan mampu mengurangi oksidasi dan karat karena N2 nihil oksigen dan unsur lembab

7. Nitrogen adalah gas kering yang akan mencegah terjadi karat atau korosi pada pelk. Selain itu kompon karet yang diisi N2 juga akan lebih awet “long life” akibat nihilnya unsur air yang memicu kelembahan pada ban. Padahal dalamn jangka waktu lama…..lembab sisi dalam dan panas sisi luar bisa membuat material karet ban crack secara mikro yang berdampak pada kurangnya durability….

Nah….banyak kan bro benefit menggunakan Nitrogen. Dan yang penting……saat mengisi Nitrogen pertama kali, IWB sangat anjurkan mengeluarkan seluruh isi angin diban sebelumnya. Inflate tires sangat penting untuk memastikan unsur yang masuk kedalam ban adalah murni N2. Dengan peningkatan Nitrogen hingga 95 persen (sangat sulit membuatnya 100 persen) maka keuntungan yang kita dapatkan bakal maksimal. Piye…masih kekeh menggunakan angin biasa??. IWB mah emoh rek :mrgreen:ย  ….(iwb)

iklan iwb
About these ads
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Comments»

1. boemiareu - May 27, 2014

saya pake..joz

boemiareu - May 27, 2014

amankan

chakim92 - May 27, 2014
masshar2000 - May 28, 2014
2. deny - May 27, 2014

Absen

3. boemiareu - May 27, 2014

ajib

4. boemiareu - May 27, 2014

mantap euy,lancar

5. E'Karu - May 27, 2014

Penasaran….pngen nyoba kang

6. kang Onar - May 27, 2014

nyimaks. . .

7. Nubi - May 27, 2014

t4 ane bingung om nyari n2 dmna, ..

8. ahmad - May 27, 2014

betul kang gag da ruginya pke N2
salam kenal

9. Nanang - May 27, 2014

O…ngaten ya… baru tahu ane….asal tidak di isi nitrogen cair….bisa kayak apa jadinya he…he…he…
Salam KNAL POT!
http://www.motorsaiki.com

10. gundoz - May 27, 2014

iya, emang manteb pake nitrogen
walau emang lebih mahal, tpi benefitnya lebih terasa

11. motor.tua - May 27, 2014

biaya ngisi anginnya berapa kang ?

HOAM - May 27, 2014

klo saya si belum pernah ngisi, paling jga 2rb-3rb sepertinya mas, atau lebih hehehe..

pembacasetia - May 27, 2014

dtmptku klo isi dari nol, 5rbu 1ban. klo cuma nambah N2, 5rbu dpn blkng.

12. baha - May 27, 2014

nice inpoh

13. HirRo - May 27, 2014

Klo ndak salah alasan polisi nilang org yang enggak pake tutup pentil ban, karna bisa jadi udara bocor/keluar dari pentil yang tidak ditutup ..
Nah, klo gtu kendaraan ban yang enggak disisi N2 harus ditilang juga toh, jika melihat artikel diatas ..

hariskomatsu84 - May 27, 2014

Jawab agak OOt ni om, ๐Ÿ˜€
Pentil pada ban itu pake drat, dan panjang drat hanya ยฑ0.5cm, jika tanpa sengaja berputar beberapa putaran saja pentil lepas dari sarangnya, nah, bayangkan jika pentil lepas, smentara kita ga pake tutup pentil, ban akan langsung kehabisan angin dan membahayakan banget kalo kita sedang mngendarai motor itu, apalagi sedang pada kcepatan tinggi, maka tutup pentil itu adalah safety andai nya tiba2 pentil lepas, ntah karna teputar tanpa sengaja atau karna dratnya dol.
Saya pernah mengalaminya, tapi bukan pada roda dua, dan itu jadi pengalaman berharga buat saya, so kalo ada yg bilang tutup pentil ga pnting , saya rasa salah,

titok - May 28, 2014

harus ditilang ya?

14. Gas pol - May 27, 2014

trus motor2 balap pd nganggo opo kang iwan?

15. gurame - May 27, 2014

numpang tanya, untuk mendapatkan nitrogen kita harus pergi ke mana ya?? apa ke tempat tambal ban ato pom bensin ato tempat2 lain?? mohon pencerahannya,maklum masih awam,hehe

HOAM - May 27, 2014

klo di tmpat saya ( depok ) di SPBU bnyk mas

gurame - May 27, 2014

@hoam
ooo gitu to,
thx mas

blackholic - May 27, 2014

di SPBU-SPBU udh banyak counter2 yg isi angin nitrogen,

16. HOAM - May 27, 2014

kang ada yg bilang klo pke gas nitrogen ban ga gampang bocor, bener ga tuh kang ?

17. enoanderson - May 27, 2014
18. ki Salim - May 27, 2014

terus berapa selisih keawetan ban dan velg jika menggunakan keduanya kang? (dalam satuan tahun)

http://aromarpm.com/2014/05/27/volkswagen-kuasi-5-rally-pertama-wrc/

19. ZX-KRR - May 27, 2014

terima kasih atas ilmunya kang Iwan, kebetulan saya sudah pakai nitrogen di semua ban kendaraan saya dan terasa manfaatnya hehe

20. CBR#46 - May 27, 2014

tips tmbahan kalau pake nitrogen baiknya pas posisi parkir malam jgn lngsung bersntuhan lngsung tyre dgn tanah, soalnya bisa cepat kempes, baiknya d alas pakai papan atau posisi gantung kaya pake stand paddock biar ggaa lngaung kontaj dgn ground

bernat - May 27, 2014

sippp hehe

defer - May 27, 2014

Gosiippp yg menyesatkan itu… ๐Ÿ˜€ “Faktanya ane dirumah ada motor yg jarang dipake & bannnya selalu nempel sama ubin, tapi udah berbulan-bulan nitrogennya tetep awet dan gak ada gejala kurang angin. Sedangkan sebelumnya itu motor pake angin biasa, tapi baru seminggu ban nempel di ubin udah kurang angin.

monyonkdoang - May 28, 2014

wah,berarti kalo mobil juga harus digantung ya brooo?????

Swer - May 28, 2014

numpang ngakak…wkwkwkwkwkekkek

21. CBR#46 - May 27, 2014

tips tmbahan kalau pake nitrogen baiknya pas posisi parkir malam jgn lngsung bersntuhan lngsung tyre dgn tanah, soalnya bisa cepat kempes, baiknya d alas pakai papan atau posisi gantung kaya pake stand paddock biar ggaa lngaung kontaj dgn ground

petirabang - May 27, 2014

Kenapa bs gt bro ??

22. begundal - May 27, 2014

kompo angin ae lik..

23. kaken - May 27, 2014

yambucaaaa

24. kampret - May 27, 2014

gas nitrogen itu dipake buat pengganti spring di mesin yg menggunakan pneumatik valve.. karena gak terpengaruh sama kecepatan cam dan gak gampang terpengaruh suhu. CMIIW

25. aripitstop - May 27, 2014

jos gandos…nyimak

26. Chandra - May 27, 2014

Bener awet kang biarpun harga 1 ban 5rb tapi bisa untuk 6 bulan kalo ga bocor untuk mobil saya dan 4 bulan buat motor saya yg sering dipake ngantor

27. margono - May 27, 2014

Bol jug

28. agustry - May 27, 2014

Bagus infonya I like.. .

29. tomat - May 27, 2014

panggah pilih angin biasa le. omae ndeso, sak kecamatan sing enek isi nitrogen paling 1, 2

30. โ—โ—‹ qwerty โ—‹โ— - May 27, 2014

orang masuk angin > bisa dikerikin…

kalo kemasukan nitrogen…? ๐Ÿ˜† :mrgreen:

ใ€€

31. qikay - May 27, 2014

josss

32. yangkoeng - May 27, 2014

..selalu nitrogen… mantapz mzbro !!

33. kudo78dk - May 27, 2014

Absen sore…. Ngisi nitrogen saja… Asal tdk bocor bannya
http://78deka.wordpress.com/2014/05/27/penampakan-motor-konsep-bmw-roadster/

34. daniel - May 27, 2014

pentil hejo

35. motor cool - May 27, 2014

gk ikut wak aji lek manjat gunung tambora?

36. z11 - May 27, 2014

nitrogen emang Oke lek ,5000 se x isi ulang

37. indra san - May 27, 2014

kalo untuk yg pake ban dalam gimana ? apa sama aja?

38. paijo paino - May 27, 2014

nitrogen ki opo to kang…lagi krungu aku

LOL….
ceboker temen ane aja pake angin dari pompa biasa bisa 50km/1L premium,palagi klo pake N2 karo pertamax+.. bisa sampe bulan
yamaho mana bisa

39. merdian - May 27, 2014
40. blackholic - May 27, 2014

bener ga sih klo ban motor tubles dikasih cairan anti bocor itu ada pengaruhnya. kata temen ane ga ngaruh, tp alhamdulillah udh setengah taon ini ane ga kena bocor ban di jalanan/lagi parkir

41. milemotoblog - May 27, 2014

mahaallll

silakan dikunjungi –> http://milemoto.wordpress.com/

42. Aria Wijaya Kartosuwondo - May 27, 2014

Wow detail sekali makasih lho bro baru paham saya sekarang, tapi alhamdulillah motor dan mobil saya sudah pake nitrogen semua.

43. nael - May 27, 2014

Byson ane pake nitrogen plus shell super.jadi matapzsss..

44. Rider_netral - May 27, 2014

Mas iwan, bagusnya ngisi N2 itu bantubeless atw ban ada isinya, matursuwun…

45. aan - May 27, 2014

mantep tuch,, pengetahuan baru lg buat sy . . .
Matornuwon mas iwan

46. jendral ownie - May 27, 2014

Pake nitrogen pancen mantep, motorku hampir 6 bulan ga berkurang tekanannya, apalagi kalau pake ban tubles ditambah cairan tahan bocor. Perjlanan jadi aman.

47. Ngurah Yuda - May 27, 2014

Mantap jos.. jadi semakin ngerti manfaatnya…

Saya udah pake dari 3 tahun yang lalu….

48. Trie - May 27, 2014

Saya udah pake Nitrogen, pokoknya mantappp. Saya make ban lebarrr, tapi ttep ringan banget. pas kecepatan tinggi berasa melayang. terus klo lewat jalan bergelombang, empuk bangett. mantap pokonyaa..

49. Chikoy - May 27, 2014

Ane dah pake nitrogen kurang lbih 1 tahun dan hasilnya mmuaskan. Ban awet, ga prnah bocor di jalan pas prjlnan jauh (sblumnya sering bocor krna ban kpanasan), kalo menemui polisi tidur/jalan yg tdk rata tidak trlalu mnghntak ke badan krna ban trasa lmbut

50. @WONGPERANTAU@ - May 27, 2014

Kang Iwan kira” kalo kecampur angin biasa ada dampak buruk a gc?

51. putramerbabu - May 27, 2014

Sekarang beres’pun pakai nitrogen utk mtr yg service di bengkelnya gratis… Spt ahass 0001…

52. betox - May 27, 2014

…………………………………..
… … … … … … … … โ€ž–~–โ€ž…
… … … … … … … ../:.:.:.:.:.|
… … … … … … … .|;.;.;.;.;.;\
… … … … ._โ€žโ€žโ€žโ€žโ€žโ€žโ€ž_.);.;.;.;.;.|
… … … โ€ž-“:.:.:.:.:.:.”~-โ€ž;.;.;.:;(
… … .. (_โ€žโ€žโ€žโ€žโ€žโ€ž—โ€žโ€ž_:.:.:);.;.;..”โ€ž
… … โ€ž-“:.:.:.:.:.:.:.:””-LIKE THIS !
… .. (:.___โ€žโ€žโ€žโ€žโ€žโ€žโ€žโ€žโ€ž___);.;.;.;.;.;.;.,|
… .. /””:.:.:.:.:.:.:.:ยฏ””\;.;.;.;.;.;.โ€ž”,|
… . \:.__โ€žโ€žโ€žโ€žโ€žโ€žโ€žโ€žโ€žโ€žโ€ž__/:;;;;;;;;;;;;;;/
… .. \.:.:.:.:.:.:.:.:.:.:.);;;;;;;;;;/:::::\
… … . \โ€žโ€žโ€žโ€ž—~~~;;;;;;;;;;;;;โ€ž”:::::::\
… … … . “””~~–โ€žโ€žโ€ž,โ€žโ€žโ€žโ€žโ€ž-“::::::::::::\
… … … … … … \:::::::::::::::::::::::::\

53. siapa bukan sih - May 27, 2014

tambahan kang, kalo isi nitrogen biasanya pas dimasukin ke dalem rumah trus motornya nggak dipake seharian pasti kempes bagian ban yang nyentuh lantai, nggak kempes bgt cuma berasa aja berkurangnya, jadi kalo mau nggak dipake itu motor parkirnya dikasih alas ban depannya kalo di standarin 2 karena ban belakang kan nggantung

54. GCM - May 27, 2014

Sebelumnya mohon maaf kalau ada bahasa saya yang tidak sopan.. ๐Ÿ™‚

Komentar saya per point:

1). Tidak gampang terpengaruh itu maksudnya apa? Tekanan memang akan berubah dengan adanya perubahan temperatur apapun jenis gasnya (ingat pelajaran kimia/fisika, PV = nRT). So, point ini misleading…

2). Radius molekul kovalen N2 = 54 pm (pikometer), O2 = 57 pm (http://en.wikipedia.org/wiki/Covalent_radius). Malah lebih kecil bukan? Seharusnya malah N2 yang lebih gampang bocor… Tapi tenang, beda segitu tidak signifikan kok.. Jadi, gak ada urusan dengan ukuran partikel (molekul). Bagaimana dgn density alias berat jenis? Gas N2 = 1,1848 kg/m3 @ 15ยฐC 1 atm, gas O2 = 1,358 kg/m3 @15ยฐC 1 atm. Memang lebih ringan. Tapi sekali lagi, ini tidak signifikan kecuali ente mau pake ban sampai ke titik ekstrim macam di motoGP.. Sekali lagi, point kedua ini juga misleading..

3. Sori, kalimat ini gak jelas. Sifat dingin itu apa maksudnya? Hokus-pokus. So, point ketiga: bulsh1t (punten ya bang…)

4. Selama tekanan terjaga, mau itu isi N2 atau angin biasa, ya bakal hemat BBM lah.. So, misleading.

5. Manuver tunggangan..?? Gak ada urusannya. Lebih ngaruh ke kompon dan geometri ban. So, bulsh1t (punten lagi ya bang..)

6. Betul. N2 secara kimia memang lebih stabil. Sementara O2 bersifat oksidator, ditambah uap air (kelembaban) dapat memicu korosi alias karat. Tapi kalo peleknya bagus sih gak masalah. So, point 6: reasonable.

7. Sama seperti point 6. O2 dapat mengoksidasi karet ban sehingga karet kehilangan fleksibilitasnya (lebih getas). Tapi jangan lupa, sekalipun diisi N2 murni, bagian luar ban tetep terekspos Oksigen lho..!! Malah bagian luar ban ini yang langsung mencengkram aspal..!! Setau saya, produsen ban sudah punya standar bahwa umur ban itu hanya sekitar 6-10 tahun sejak diproduksi dan test durability tsb digelar menggunakan ban yang diisi oksigen 50%..!! Di udara oksigen cuma 21% lho.. !! coba intip: http://www.litigationandtrial.com/files/2012/03/Tire_Aging_NHTSA.pdf (terutama halaman 17 dan 33). Jadi, point 7: reasonable but still misleading..

Kesimpulan saya: penggunaan N2 buat isi ban hanya placebo effect saja. Apakah worthed antara harga yang dibayar dengan ‘manfaat’ yang diperoleh..?

Sekian…

mbah krama - May 28, 2014

kalau masalah masalah kimia yg kek gitu, saya indak tahu krn memng blm pernah belajar ttg itu. tapi pegalaman lapangan yg saya rasakan kalau pakai angin biasa ban mobil perlu diisi ulang paling ga sebulan sekali krn ban sdh berkurang jauh isinya dan tekanan banya sdh ga sama kanan kirinya. tapi kalau kita isi nitrogen bisa enam bulan sekali baru perlu isi ulang dan enyamakan tekanan ban. dan satu lagi yang pasti ban tidak panas walau untuk perjalanan jauh. ban mobil akan masih terasa biasa saja, tidak panas kalau dipegang walau sudah dipakai ratusan kilo jauhnya. dan yang paling penting kalau diisi nitrogen tutup pentilnya tiba tiba berubah jadi berwarna hijau ๐Ÿ˜€

GCM - May 28, 2014

Pernyataan A dan B benar, tapi apakah ada hubungan sebab akibat? (dulu jaman ane SD-SMA ada model soal kayak begini, sayang kayaknya sekarang udah gak ada lagi..). Mungkin benar ban berisi N2 cukup diisi ulang 6 bulan sekali, sementara yang diisi angin baru sebulan harus diisi lagi.. coba analisa: (1) Apa benar perbedaan tersebut hanya karena faktor N2, bukan faktor lain? Entah penggunaan ban, atau lainnya… (2) kalau pun karena faktor N2, menurut saya bukan karena ukuran molekul (seperti pada gambar di atas), tapi lebih karena adanya uap air (kelembaban) dalam ban berisi ‘angin’, apalagi di Indonesia dgn kelembaban udara tinggi. Uap air mudah mengembun, terutama ketika temperatur udara turun (seperti saat mengeluarkan nafas di depan kaca/cermin). Kalau mengembun otomatis tekanan akan sedikiiiiiiit berkurang..
Yang ingin saya sampaikan adalah, jangan cepat menelan bulat-bulat berita yang “too good to be true..”, skeptis dan kritis won’t do no harm..

eko354 - May 28, 2014

Setuju ama agan ini.

55. fery - May 27, 2014

mantap infonya

56. yamaha borosss - May 27, 2014

โ™โ™โ™ยชยชยชยชรฑร‘รฑลคลคลคยชยชยชยชยชPPPPhhh

57. petirabang - May 27, 2014

Kenapa bs gt bro ??

58. Kevin - May 27, 2014

wah makasih mas infonya,jd nambah pengetahuan ๐Ÿ˜€
nanti ane coba da pake Nitrogen..

59. bung bara - May 27, 2014

okay

60. Gembus - May 27, 2014

Buang2 duit nek mung dinggo harian. Angin biasa wis cukup mumpuni kok.

61. Guterezt - May 27, 2014

memang terbukti keuntunganNy pakai nitrogen,.
Saya sudah membuktikannya sendiri..

62. GCM - May 27, 2014

huwaaaaaa….
udah komen panjang-lebar plus ilmiah.. tau-tau menghilang… ๐Ÿ™
semoga bukan karena isinya berseberangan..

GCM - May 27, 2014

sorry… ternyata error loading… ๐Ÿ™‚

63. backroll - May 27, 2014

Alhamdulillah semenjak pake Nitrogen ban motor saya jadi jarang kempes kalau lama tak dipakai, terakhir saya mengisi Nitrogen kurang lebih 8 bulan yang lalu, dengan perjalanan rata” perhari 24Km blm ada tanda” kurang angin, tapi gak tau juga deh klo di cek pakai alat. Dan saya pernah membandingkan ban yg sama dengan udara didalamnya terisi angin biasa dan Nitrogen, selisih umur ban cukup jauh, dimana saat menggunakan angin biasa ban Corsa SS123 belakang dan FDR Genzi didepan hanya mampu bertahan 1tahun 2bulan(FDR Genzi lebih dulu diganti, dan Corsa selang 3 bulan kemudian), ketika menggunakan Nitrogen ban depan sudah 1,5 tahun masih layak pakai dan ban Belakang masih sangat tebal. Itupun ditambah tahun baru kemarin saya melakukan perjalanan ke gunung kidul Jogja lewat jalur utara lalu keselatan dan pulangnya Jogja – Borobudur – Kebumen – Gombong (lewat jalur pinggir pantai) lalu cilacap lalu kembali melalui pantura, berputar” di Indramayu, lalu sampai Bekasi lagi.

Tapi ada minus yg saya rasakan berkendara saat jam 4 sore dr Borobudur menuju Kebumen lewat tengah gunung saat hujan rintik dan setelah hujan deras roda belakang seperti selalu tergelincir, namun itu juga bisa dikarenakan kondisi fisik yg lelah karena pada saat saya tanya teman yg saya bonceng, dia tidak merasa begitu

64. Aku ganteng - May 27, 2014

Bang Iwan sales Nitrogen yaa wkwkw ๐Ÿ˜€

65. adi surya - May 27, 2014

apakah ada resiko kalo pakai nitrogen pada ban non tubless??

66. Allan Dauzz - May 28, 2014

Di tempat susah buat isi nitrogen

67. yusup wahyudin - May 28, 2014

kalo jenis ban ngaruh ga?maksudnya antara tubles dan biasa!

68. F - May 28, 2014

ane isi pake karbondioksida mz

69. Asep - May 28, 2014

Mas iwan, kalau ban tubless yang ada bocornya keciiil banget, terus pakai N2, kira2 bakalan kempes ga ya?
Sy udah berkali2 pakai O2, jarak 1 bulan kempes (kecuali kl rajin kompa :D).
Udah coba ditambal, tp yg kecilnya sisa sekitar 3

70. andi - May 28, 2014

yakin bisa isi N2 sampe 95% kedalam ban? klo saya lihat di beberapa pengisian N2 yang pernah saya lakukan g yakin sampe 95%, soale ban g bs kempes sempurna dan tidak ada metode penggantian O2 ke N2 dalam ban yang kempes,,, pengalaman sih tetep ae cek bulanan ban pake n2 berkurang so balik maneng ke udara kompresor

71. abe - May 28, 2014

Lah wong pesawat terbang aja pake nitrogen

72. irwin - May 28, 2014

apakah aman untuk motor dengan ban dalam? apakah tidak merusak elastisitas karet ban dalam?

73. Motorcycle Fun Blog - May 28, 2014

ijin share mas broo ๐Ÿ˜€

74. sasukesuyono - May 28, 2014

ngisi nitrogen dimana ya di daerah krian sidoarjo ada gak?

75. softpack - May 28, 2014

tanya yang point 3 mas… lha katanya… katanya nih… ban bisa bekerja optimal kalo suhu dengan aspas sama sama panas… bahkan katanya lho.. ada yang maksimal kalo panas… toh moto gp juga manasin ban dulu… mohon pencerahannya

76. vario125 - May 28, 2014

kalo dingin itu perlu, kenapa perlu pemanasan untuk balapan (pemanasan ban)..?? bagaimana kita tahu kalo yang dimasukkan di dalam ban itu adalah nitrogen, bukan oksigen..??

ntar tukan isi angin biasa diberi stiker nitrogen lho wkwkwkkwkw

vario 125 saya pakai fdr sport xr depan belakang dan saya isi pakai angin biasa. kuat kok gak perlu isi angin lagi sampe 5-6 bulan..

77. Forever "13" Lucky - May 28, 2014

om iwan, saya punya pertanyaan yg masih mengganjal di pikiran saya sewaktu ketika saya memakai oksigen,; memang stang kemudi menjadi lebih berat, kemudian saya pun memakai nitrogen, stang kemudi pun menjadi enteng dan motor lebih enteng tapi untuk power to weight ratio tidak berubah masih sama. tetapi getaran stang pun semakin terasa hingga ketelapak tangan saya, “saya memakai motor ex250fi” lalu ketika hendak melakukan cornering saya menjadi tidak pede ketika berbelok rasanya guncangan yg di hasilkan motor terlalu kuat, memang sih saya akui getaran pada kemudi memang di perlukan untuk “berkomunikasi” dengan motor tetapi apakah getaran yg menjadi besar setelah mengganti nitrogen itu hal yang wajar.
Thx.

Regards.
Forever”13″Lucky

78. hellobunda - May 28, 2014

Ane udah pake bro

79. AR - May 28, 2014
80. 0yoo - May 28, 2014

ati2 msbro ga smua tabung isinya asli nitrogen lho!

81. injeksi - May 28, 2014

asikk tambah ilmu

82. Taufik - May 29, 2014

pake udara biasa juga khan nitrogennya sudah 78 %, oksigennya khan cuma 21%

83. Issa - May 29, 2014

Nah…. Mas iwan, apa ada produk motor/mobil sepengetahuan s ampeyan yang sudah di-isi nitrogen waktu keluar dari perakitan di negeri ini? Mengingat banyaknya penyedia jasa pengisian nitrogen, apa saja yang harus kita perhatikan untuk dipilih. Matur kasuwun sanget.

84. budi - September 26, 2014

Mantap gan…ini sains nih :D. ane isi nitrogen terus…lebih stabil dan ktnya lebih lentur/elastis (tahan getaran)

85. Lukmanul Hakim - March 8, 2015

Statement/Testimonial yg bilang Nitrogen gk mudah berkurang tekanan itu orang2 yg cuma pake feeling, gk pake alat ukur yg akurat,,, pengalaman ane nih ya (ane punya alat ukur nya),,, pake nitrogen malah justru lebih mudah berkurang tekanannya hingga 2 psi per hari, padahal ban tubeless baru, velg masih bagus, tidak ada kebocoran besar apalagi halus, pakai cairan anti bocor (tyre sealant),,,,

Tekanan ban itu toleransinya berkrang atau lebih (dalam suhu normal) adalah kurang lebih 2 psi,,,, nah bayangkan orang2 yg cuma ngandelin feeling merasa ban aman2 aja bahkan sampai 6 bulan katanya,, padahal mereka itu menganggap ban kempes ya kalo udh terlihat dan terasa kempes,,,,

Ane pernah telat ngecek tekanan ban dan ketika dicek tekanan ban cuma 10 psi, tapi fisik ban tetap keras ketika ditekan pake jempol tangan dan secara fisik dan feeling tidak ada tanda2 kempes,,, tp faktanya di alat pengukur tekanan ban menunjukkan teknan 10 psi,,, maklum ban tubeless fisiknya keras,,,

Ane percaya isi gas nitrogen yg pakai tabung mirip gas lpg di tukang las, bukan pake alat oplosan yg kayak kulkas itu,,,

Hmmm,,, yg punya alat pengukur tekanan ban pasti boros duit kalo pake nitrogen,,, kurang 1 psi pun ketauan,,, hahahaha,,, sedangkan tambah angin nitrogen bayar juga wakau cuma 1 psi, masa kita harus isi angun nitrogen saat ban kurang 2 psi?, mending pake pompa ban sendiri, gratis,,, tekanan ban ideal terjaga setiap pagi,,,,

86. Klik Nakal - December 18, 2015

Bang mau tanya dong. Kalau ban kita campur antara angin biasa dan nitrogen bagaimana ya?

87. carabimo - January 7, 2017

Ko sama ya om, walau saya ga punya alat ukurnya tapi ban mobil gampang berkurang tekanannya.

1 bulan bisa 2 s/d 3 kali nambah nitrogen, mau ban yg pernah dikuras habis isinya sama yg cuma ditambah doang sama aja kempes mulu (4 buah)

memang berkurangnya beda2, tapi rata2 berkurang & kerasa kalau dimobil ada yg beda dikit juga.

Tadi sempet tanya sama tukang isi nitro di pom bensin & jawaban dia emang begitu katanya 1-2 minggu emang harus ditambah lagi ๐Ÿ™‚