iklan iwb

X-rideBro dan sis sekalian…..sudah hampir seminggu lamanya IWB ditemani sang X-Ride. Wira-wiri mengantarkan anak kesekolah….istri kekantor hingga belanja kepasar menjadi suguhan sehari-hari. Makanya kalau dikalkulasi….sidual purposes matic lebih banyak digunakan untuk boncengan ketimbang sendirian. Porsi tersebut sekitar 70%. Hhhmm…hampir jarang dewean. Paling ketika tes top speed serta handling dijalan raya sang kuda tidak perlu bekerja berat. Dan seperti biasa…IWB mengaplikasi metode top up yakni isi bensin hingga mulut lubang tanki yang kemudian diisi kembali dengan ketinggian sama. Oktan 88 alias Premium menjadi pilihan IWB sebab dipercaya menjadi komsumsi bahan bakar yang sering digunakan. Dan berikut hasil dan jalannya testing…..HGPVegaRR

Ngacir ke SPBU Kebayunan Sukatani Depok….dengan telaten sang petugas menunggu bensin “peres” nyodok bibir atas tanki. Dirasa cukup….IWB serahkan uang 13ribuan tanda refill sukses. Segera menyingkir menuntun sikuda besi ketempat aman. Jepret jarak tempuh nongkrong di angka 5,2km. Setelah itu….sang X-Ride IWB gunakan wira-wiri menjelajah jalanan beton Depok, mendaki gunung putri Bogor, mengantarkan anak istri hingga eksplorasi top speed plus handling pada kecepatan tinggi dijalan raya. Rute-pun bervariasi. Mulus, bergelombang, nanjak habis sampai jalanan rusak. Lek uwong ngono pokoke iso bengek kangbro. Jujur…IWB bukanlah tipe yang perduli dengan komsumsi bahan bakar. Stop go tidak jarang gas mentok IWB lakukan guna mengetahui dan menganalisa kekuatan accelerasi sang X-Ride…

Kekuatan suspensi juga menjadi konsen utama IWB. Makanya porsi X-Ride untuk boncengan hampir mendominasi jalannya test ride. Dilalah anak istri jebule merasakan kenyamanan lebih dibanding matic lain (kita bahas diartikel terpisah). Wis…makin kerasan dikit-dikit kedua buah hati ingin ikut IWB kemana-mana. Praktis jika dikalkulasi porsi boncengan mencapai kisaran 70% dari keseluruhan simulasi. Singkat cerita, 3 hari berlalu……jarak tempuh terus bertambah. Setelah indikator turun hampir setengah…..IWB merasa, inilah saatnya. Ngacir kepom bensin yang sama…pengisian kembali dilakukan. Mesin SPBU memompa kecorong tanki…..sipetugas ngisi sambil terus ngelirik kekuda besi yang IWB pakai….

iklan iwb

Matanya menjelajah dari depan kebelakang. Nampak jelas rasa penasaran…” iki motor opo to?” mungkin itulah yang ada dalam pikiran doi. Asli, nunggang X-Ride selama 5 hari memang kayak artis mzbro. Mungkin karena bentuknya yang rada nyleneh dan populasi masih sedikit. Bahkan nyonya IWB cerita ada orang yang tiada sungkan bertanya saking penasaran dengan kuda besi yang dipakai. Rata-rata komentarnya cukup positif…“keren teh…gagah!” ujar mereka sambil mempelototi lekuk-lekuk desain X-Ride. “Kayak robot yah..” seru lainnya lagi. pengalaman serupa IWB alami saat melintas dijalan raya. Dua pemuda boncengan menepuk bahu temannya dan mengatakan..”Sob…pelan, itu motor apaaan yah?” serunya sambil memberikan isyarat ketemannya. Keduanya mengurangi kecepatan dan berlagak tidak melihat IWB. Padahal seluruh percakapan sayup-sayup terdengar ditelinga. Setelah jejer salah satu? nyeletuk..”merk apaan ya ini?. Wah…keren ini mah” celotehnya ke rekan. Sinyal bagus untuk YIMM?. Entahlah, terlalu prematur menyimpulkan…

Pengisian sudah usai. Menghabiskan 2,895liter atau setara dengan 13,028ribu rupiah. Kilometer menunjuk angka 117,8km dengan posisi bensin dibibir tanki atas. So…jika dikalkulasi maka akan diperoleh hasil….

117,8 (km) – 5,2 (km) = 112,6 (km) : 2,895 (liter)? = 38,89km

Jadi….berdasarkan test ride harian dengan berbagai kondisi rute jalanan macet, lancar, datar, tanjakan, dengan mayoritas boncengan gaya berkendara non eco riding….seliter Premiun X-Ride mencapai 38,89km. Analisa IWB….rata-rata terbaik jika sendiri dan jalan lebih smooth tidak ada handycap bobot pengendara 80kg (IWB)…mungkin pada kisaran 43-44km. Semoga menjawab rasa penasaran sampeyan semua. So…seliter Premium 38,89km??. Boros apa irit brosis??…..(iwb)

113 COMMENTS

  1. titip latah aja lah… menunya matic je…. 😆

    buset.. eh… buset… eh.. ko… 😆

  2. @ 39. edward-46
    Siapp mzbro…top speed menyusul
    @ 45. ax biru & 49. yurry
    Sama-sama bro. Ditunggu review komplitnya…
    @ 46. fires
    Beihhh…berat kelas kakape sing ora enak wkwkwk
    @ 47. subaru
    Indikasine ngenyek ki :mrgreen:
    @ 50. fires
    Weleh…jauh bener dari rumah mzbro

  3. kalo kombinasi tanjakan, boncengan, tambah bleyer2, masih dlm rentang irit..
    mending memang testnya begini, drpd irit2an yg faktanya gk pernah bisa dibuktikan dilapangan dengan kondisi normal.
    rentang beda eco riding dengan harian memang beda jauh hasilnya..jgn heran..ciri khas matic..

    boerhunt.wordpress.com/2013/06/06/many-many-thanks-to-skybus-my-little-bag-has-back/

  4. Boros menurut saya konsumsi BBM nya dengan 113 cc sama dengan 150 cc injeksi kakaknya dan 200 cc dobel busi karburator vakum kompetitornya.

  5. bingung membayangkan pikiran orang2 yang bilang boros.. Ini motor cc kecil cuma 115, tapi menanggung beban hingga 140 kg rata-rata perjalanan. Sudah pasti mesin yang berdaya 8 dk-an nya dipaksa kerja keras. Apalagi kontur dan situasi jalanan yg bervariasi juga sangat mempengaruhi. Jadi om IWB bisa 38 km-an, om Taufik bisa 52 km-an, menurut saya kata yang tepat adalah “efisien”. Selaras antara BBM yang masuk dengan tenaga yang dikeluarkan dan jarak tempuh yang dihasilkan.

    bebek, apalagi kelas 125/sport kelas 150 dengan kondisi mirip seperti di atas jelas lebih irit pastinya. Dia punya sistem gear shifting dan tenaga lebih besar dengan bukaan gas yang sama dengan matic 115, lebih efisien dalam membawa beban yang sama. So, jangan dibandingkan lah.

    Kalau X-Ride motor karbu, saya yakin cuma bisa 25 km-an kalau kondisinya seperti itu

  6. Boros amat buat matic seukuran 110cc-115cc…????
    😯
    buat CBR FI ane aja segitu sama gasspoll + bobotnya + bbm Pertamax + pemakaian non eco pun sering bejek sampai 130km malah..antara 36-39km/ liter….

    ini seukuran matic ber cc imut masa setara borosnya sport 150cc dan DOHC pula…?????
    *its magic*

  7. OOT, nitip jemuran~

    ganzimaru.wordpress.com/2013/06/06/p200ns-waktumu-akan-habis-sabar/

    ganzimaru.wordpress.com/2013/06/06/mesin-150cc-disiapkan-untuk-segmen-middle-sport-di-indo-gsx-kah/

  8. Boros ato ngirit memang tergantung tenaga mtor. Misal Klo diset maks beban 140kg, namun dikasih beban 160kg tentu boros karena tenaga lebih.
    jangan bandingkan dengan mtor batangan. Kemampuan beda dan daya angkut beda.

  9. lumayan nih, irit juga ternyata..

    iotomotifinfo.blogspot.com/2013/06/half-fairing-new-vixion-nvl-tersedia-di.html

  10. relatif…. itu…. apa pun motornya kalo dipakainya kayak gitu ya.. egak jauh beda hasilnya… apapun motornya mau yang palio series atau pun myo series…. podo wae…

  11. hanya orang shirik yang bandingin ama motor 150cc.. yah lah.. la wong beban yang ditanggu udah beda. motor 115cc buat beban kurang lebih 130kg keatas ama motor bertenaga besar cuma ngaKat beban dibawah 80kg… !!!! pye to Mas brow….??? hedeh…. jOkO sembung naik ojek,EGAK NYAMBUNG JACK…….!!!

  12. Melihat cerita artikel….gue akui…irit kali buat cc kecil yg DIPAKSA kerja keras begitu.

    Kalo mau lebih ketauan lagi iritnya …test aja sejauh 19km…pasti bersaing ketat dengan penipu sebelah.

    Hahaha

  13. Saya selalu *pura2 khawatir bahasan artikel apapun yg merk non honprt gak bakal bisa dipahami para penipu sebelah itu….belum nyampe pemahaman dan pengalamannya, wong akil baliq aja gak lulus2.

    Bukti? Tuh banyak bikin perbandingan apel vs jeruk. Seperti biasa lah ….umbar kebodohan buat dihina.

    Hahaha

  14. manteb!!!
    persaingan matik makin panas….,, tp kok blum familiar ya? tanda2 layu sebelum kembangkah??

  15. Mohon masukan apa saya salah berkomentar seperti ini di blog m3 sehingga harus kena cekal terus?
    Saya termasuk demitz yang kena cekal walaupun selama ini gak ngerasa komen macem2. Hati2 jangan menggunakan ayat2 Alloh cuma untuk kepentingan pribadi aja. Lebih baik sadar kalau cara sampean yg gak mau nerima pendapat berbeda itu salah. Di jaman kebebasan kayak gini kok maksa? Kalo yg komentar gak bener silahkan diselet, tapi kalau komentar kontra juga didelet namanya penggiringan opini. Hati2 Gusti Alloh bukan cuma tidak tidur tapi tahu mana niat baik dan mana niat jelek. Moga Alloh membuka hati setiap orang untuk berbuat kebaikan. Apa comment kayak gini juga kena cekal seperti comment2 saya sebelumnya? Silahkan sampean nilai sendiri karena selama ini saya pakai gaya bahasa yang sama dan selalu kena cekal.

  16. msh standart..kenapa ya sekarang ini,rata2 konsumsi bbm mtr dibawah 150cc..kisaran 40 kml..kompak yah..padahal beda merk.
    masshar2000.wordpress.com/category/religius/

  17. Kalau di kota mungkin bisa irit… cz tanjakan nya beda sama di kampung” kalau di tes disini(kampung ane) mungkin gak nyampe segitu disini tanjakan nya nggilani plus panjang” banget!! ni motor co”k banget untuk di daerah ane jalan nya ueleekk polll.

  18. buaya

    dah lah om… jangan mulai lagi… kangbiwan juga dah kasi teguran buat kita2 para komengtator…
    so… kalo gak suka.. gak usah maen.ke sana… gitu aja kok repot….

  19. wkwkwkwkwk….

    lebih joss ….!!!

    ^ dari metik ember bekas cap sayap…

    * metik ngibul 73km/ dorong.

    ekekekekekekekekek…

    😀

  20. @ buaya

    wkwkwkwkwkwk…

    salah sendiri nama buaya …

    ^ buaya kok bisa nulis .

    * mungkin anda buaya siluman .

    ya sama aja dengan demit…

    ekekekekekekekek….

    😀

  21. @peyek
    Terus terang saya udah unfollow 2x tapi masih nerima terus email dari blog beliau. Nanti tak coba unfollow lagi. Tks.

  22. boncengan dan bawa beban disertai riding style agresif ya termasuk wajar. gak irit gak boros.
    memang matic ya segitu.
    dan jangan dibandingin ama TMC yg riding sendirian tanpa beban

  23. Kalau pgn naik motor jgn mikir irit, kalo pgn irit naik ontel aja, beat ane aja yg injeksi 1 liter/45km, tapi kalau di bandingin naik angkot ke tempat kerja bisa habis Rp16.000 dgn jarak 44km pulang pergi

  24. buaya – Juni 6, 2013
    Mohon masukan apa saya salah berkomentar seperti ini di blog m3 sehingga harus kena cekal terus?
    Saya termasuk demitz yang kena cekal walaupun selama ini gak ngerasa komen macem2. Hati2 jangan menggunakan ayat2 Alloh cuma untuk kepentingan pribadi aja. Lebih baik sadar kalau cara sampean yg gak mau nerima pendapat berbeda itu salah. Di jaman kebebasan kayak gini kok maksa? Kalo yg komentar gak bener silahkan diselet, tapi kalau komentar kontra juga didelet namanya penggiringan opini. Hati2 Gusti Alloh bukan cuma tidak tidur tapi tahu mana niat baik dan mana niat jelek. Moga Alloh membuka hati setiap orang untuk berbuat kebaikan. Apa comment kayak gini juga kena cekal seperti comment2 saya sebelumnya? Silahkan sampean nilai sendiri karena selama ini saya pakai gaya bahasa yang sama dan selalu kena cekal.

    ================

    baru tau ya browww?? wakakakaka..
    yuk iuran bareng beli rok buat triatmontok

  25. Masalah test 100% pcy am Kang iwan..sbb pny prinsip dudu motore dw. .remeg yo ben. .pokoke ga podo kr liyane..sy sngt salut. .hrs bgt..waduh. .JZ1 ku kalah irit Kang iwan..

  26. Irit bro. Mas iwan tuh bocengan. Bs 150 kg. Kl om tmcblog kan cuma sendiri paling 60 kg

Comments are closed.