iklan iwb

3 silinderBro dan sis sekalian…..ketika kita membicarakan jagoan baru sport pabrikan garputala, maka mindset dan harapan kita adalah pararel engine. Hal ini sudah kita bahas sebelumnya entah itu ukuran throttle body (indikasi twin) ataupun jadwal assembling. Namun….tiba-tiba, semalam IWB mendapatkan sebuah email dari bro X….pengunjung setia IWB sekaligus sosok yang sempat memberikan info awal tentang project 250cc Yamaha dengan pararel engine-nya bahwa mereka mengendus adanya engine anyar yang terindikasi sebagai 3 silinder engine masuk tahap produksi. Waladalah….opo maneh iki??…..AHM Oil460x140

Penggalan email sangat singkat dan padat tapi sempat mengganggu pikiran IWB. Isinya yakni…

“Bro…….ada cylinder head buat motor 3 silinder yang masuk line produksi, katanya buat yang 250 cc. Tapi aku ragu apa buat yang 320 cc?. Kalo diliat target peluncuran dan dah masuk line produksi bisa jadi itu yg buat 250cc 3 silinder Bro”

Nah….opo ora mumet sampeyan. Disaat kita sudah yakin motor yang kita bicarakan bertipe pararel engine….moro-moro njedul info lain. Disana disebutkan…..bro X (sebut saja demikian) menyebut mesin 3 silinder masuk line produksi. Kendati doi sendiri ragu mengingat isu kuat pararel engine sudah kita angkat kepermukaan,? kesamaan “time frame”…..jadwal dan target yang dicanangkan pabrikan memberikan dugaan liar bahwa 3 silinder tetap terbuka dicangkokkan pada engine seperempat liter….

iklan iwb

Last…IWB sendiri tidak yakin YIMM menjejali sport 250cc dengan desain 3 silinder. Bakal dibanderol berapa jika nekad melakukan hal itu. Toh bisa saja mesin yang dimaksud untuk varian lain. Apalagi sejak tahun 2012 Yamaha memang sedang mengembangkan engine 3 silinder crossplane concept untuk? YZF R1. Hal ini logis mengingat Indonesia akan menjadi basis produksi moge Yamaha kedepan. Sayang bro X tidak mampu menggali ukuran piston ataupun detil lain. Akan tetapi keberadaan 3 cylinder engine dilingkaran YIMM manufacture tetap membikin penasaran. Kita tampung saja mzbro…..(iwb)

255 COMMENTS

  1. baru denger mas iwb klo ada mesin 3 cilinder. ga bs bayangin gimana kinerja n power yang dihasilkan.
    klo benar itu dicangkokkan ke 250 cc wah bakal libas ninin hehe

  2. Huahahaha…ora gumun kang soalnya dr jaman baheula YIMM gak brni head to head CC dngn kompetitor,tu sbgai wjud strategi biar dblang smakin didepan!
    Bisa jga sbgai lngkah mngatasi mslah power n torsi yg dhsilkan mengingat msin yg dpkai msh SOHC is sekseeeehhh! Hahahaha…dagelan!

  3. wow satu siliinder di lawan 3silinder
    takut kah ma ceboker satu silinder

    wkwkwk

  4. wow satu siliinder di lawan 3silinder
    takut kah ma ceb*ker 250 satu silinder
    wkwkwk

  5. hmmm… mesin 250 3 silinder ga aneh, cbr 250 aja dulu bisa 4 silinder.. tp ya itu bener kata lek iwb, mahal produksinya.

    ninja 250 selama ini dibebasin jalan sendiri tanpa kawalan kompetitor dr pabrikan honda n yamaha, biasanya sih kalo yamaha move, honda baru move..

    buat honda kompetitor itu cmn yamaha, lainnya ga pernah dianggap, ga peduli kalo pabrikan lain lebih dulu menikmati untung kalo yamaha blm masuk honda ga bakal masuk

  6. @25. Raja Gazruuk

    Bukan nggak berani head to head, tapi yamaha punya strategi differensiasi laut biru. Machintosh juga punya strategi spt ini

    Beda dengan honda, dengan modal yang gede dia punya strategi follower-sandwich. Biarkan pabirkan lain bikin laut biru. Kalo itu pabrikan berhasil, honda masuk ke situ lalu gebuk atas bawah dan berhasil.

    Masing-masing punya plus minusnya.

    Nah, sayangnya Yamaha kurang bisa menjaga inovasi dan ekslusivitas brand layaknya Machintosh.

    —————————–

    Tentang motor 3 silinder.. Kalo menurut ane, mesin silinder ganjil tuh nggak bisa sehalus motor silinder genap. Biar halus meski pasang balancer. Nah balancer ini kadang mengurangi efisiensi mesin.

    Produk yamaha dengan engine balancer di indo awalnya dikenal di Yamaha Crypton. Satu2nya bebek di indo dengan suara mesin yang khas 😉 mendenging… Waktu itu ane compare itu bebek yang paling alus getarannya dibanding supra 110, shogun, dan kaze…

    Sayang di road race, balancer itu jadi ganjalan. Jadi org2 ogah pake crypton buat road race..

  7. rasa nya aneh motor jepang ngeluarin 3 cyl,,padahal yg pake 3 cyl itu mv agusta 675 & Triumph
    675 Daytona,kata si mbah dukun sih 3cyl Hak
    prerogratif Mv Agusta dan
    Triumph,baca dsni>>> indobikermags.com/2013/03/31/mesin-inline-3-silinder-hak-prerogratif-mv-agusta-dan-triumph/

    apa lagi ini buat motor ukuran kubikasi kecil,250/320
    250/cylinder = 83.333333
    320/cylinder = 106.66667
    (ngitung pake kalkulator hp 😀 ) apa ga kekecilan 1 cyl nya 83.333333/106.66667 🙄

  8. Memang yamaha paling depan honda sampai duluan cc yamaha pasti lebih gede karena takut power dan miskin aplikasi

  9. 41. old blade – Mei 24, 2013

    rasa nya aneh motor jepang ngeluarin 3 cyl,,padahal yg pake 3 cyl itu mv agusta 675 & Triumph
    675 Daytona,kata si mbah dukun sih 3cyl Hak
    prerogratif Mv Agusta dan
    Triumph,baca dsni>>> indobikermags.com/2013/03/31/mesin-inline-3-silinder-hak-prerogratif-mv-agusta-dan-triumph/

    apa lagi ini buat motor ukuran kubikasi kecil,250/320
    250/cylinder = 83.333333
    320/cylinder = 106.66667
    (ngitung pake kalkulator hp 😀 ) apa ga kekecilan 1 cyl nya 83.333333/106.66667 🙄

    bener gan,, tp kalo di liat seksama yamaha beda dgn motor2 jepun lain gan,, yamaha condong k motor2 eropa,,dari segi design maupun mesin,,

Comments are closed.