iklan iwb

tiger-revoBro…sopo nggak cenut-cenut ketika teman sampeyan memberikan clue yang rada nyeleneh dari prediksi. Siapa nggak mumet jika ternyata informasi jauh melenceng dari analisa serta rumor yang sudah berkembang. Namun sang sumber mengatakan bisikan tersebut secara gamblang serta presisi. Termasuk project R & D engine yang sudah jalan hingga 3 tahun. Siapa lagi kalau bukan Honda Tiger yang kita maksud…..

Tiger…pada masanya merupakan motor “wah”. Ketika seluruh pabrikan masih berkutat dengan dimensi serta desain kotak….Tiger 2000 melangkah dengan shape serba bulat bak moge. Sayang jaman melindas seluruh kedigdayaan tiada ampun. Inovasi yang terkesan stagnan dari AHM mencambik-cambik masa keemasan sang macan. Bahkan ditahun 2007….harapan setinggi gunung terhempas tidak berkutik akibat suguhan grup Astra yang terkesan semaunya sendiri. Seluruh biker kecewa. Caci makin serta hujatan dilontarkan menuduh pabrikan tidak peka serta budeg. Suatu reaksi yang tidak bisa dihindari dari kekesalan yang sudah akumulatif. Btw…..ternyata tidak semua biker setuju akan hal itu. Sebab jika tahu pergerakan internal bawah tanah AHM, semua tuduhan bisa saja berubah. Seperti bocoran sumber internal yang IWB dapatkan tentang simacan….

Menurut sang sumber…..khusus turing bike gen Tiger, R & D langsung dipegang oleh Honda Jepang. Mereka sangat hati-hati mengembangkan mesin yang tangguh, efisien, powerful serta mudah perawatan. Bukan hal yang gampang mengingat tujuan peracikan tidak hanya melulu tentang power. Namun bagaimana mesin dari spesies baru tetap terjangkau, merakyat, awet serta irit seperti engine Kaizen dulu. Engine yang tidak akan ketinggalan serta tenggelam oleh perjalanan jaman hingga 10-20 tahun kedepan. Begitu pula mengenai desain serta sasis…..tetap mempertahankan ciri khas sebagai motor turing dengan kemungkinan nyomot pola diamond atau Twin spar. Makanya proses terkesan lambat bak keong. Padahal karena faktor kehati-hatian ogah grusa-grusu. Beberapa wacana serta opsi dilontarkan oleh sang sumber yang tetap kekeh dan yakin menggunakan diplacement 200cc. Berikut 3 opsi engine? yang terakhir menjadi pertimbangan insinyur pabrikan sayap mengepak untuk sang? macan…..

iklan iwb

A. Kubikasi 199cc DOHC? 4 valve 1 cylinder dengan pendingin cairan, kompresi? engine antara 1:10 -11 an

B. Kubikasi 197,4 cc SOHC 4 valve 2 cylinder inline, dengan pendingin cairan, kompresi engine antara 1:9,7-10,8 an

C. Kubikasi 198,6 cc DOHC 8 valve 2 cylinder dengan pendingin udara, di bantu dengan pendingin oli (oil cooled), kompresi antara 1:9-1:10,4an

Last, tiga jenis tipe mesin diatas belum final…..mana yang dipilih masih misterius. Honda memasukkan beberapa point penting khususnya kompresi diusahakan tidak terlalu tinggi agar simacan tetap adem serta masih bersabahat dicekokin bensin RON 88 alias Premium. Sebagai motor turing yang diharapkan merakyat…..tuntutan banderol juga menjadi pertimbangan tersendiri dengan patokan angka dibawah 30jutaan. Dan yang terakhir adalah power. Yup…muntahan tenaga diharapkan bisa tembus 22-23 HP. Cita-cita serta bisikan yang patut kita tunggu. So…apakah prediksi tersebut terbukti?. Kita tunggu saja brosis. Toh tidak ada salahnya kendati sebagai penulis…IWB sendiri masih diselimuti keraguan. Namun yang pasti….kayaknya new Tiger tidak akan lahir tahun ini. Yup menyambung bisikan yang IWB terima diatas…..sang macan baru akan murni muncul ditahun depan. Sik suwe rek..(iwb)

257 COMMENTS

  1. Daya dapat info dari internal ahm akhir 2013 sampai awal 2014 sudah masuk mass pro…. Xperia solanya sama tuh kasus nya sma saya.

  2. Opsi B 😀

    Mesti kalau SOHC buatnya murah. Jadi kualitas ga dikebiri. Dah SOHC aja. Kasih gear 6 biar irit. jangan 5 aja. Dah mumpuni menggeretak P200NS dan inazuma sekalipun. Kan ga buat lajuan.

  3. Power mesin 22-23 HP untuk 200cc dah lumayan bagus..
    yg penting torsi juga gampang diraih di putaran rendah-menengah..
    Dan inget, ga cuman mesin, konsumen juga butuh value plus2 lainnya.. Misal : tutup tangki rata (model GP) lah, trus ban tubless, suspensi belakang prolink, dsb..

  4. nek iso dohc 4 valve twin cylinder pendingin cairan,masalah kompresi,duwur yo ra popo. . . .heheheheh

  5. @ 45. kiluazolndix
    HPne sik anyar…belum oprekan mzbro. Yang angka mzbro. Companion nggak mau…kudu unlock dulu screennya. Haduh…
    @ 49. Flower paste
    Terus solusinya gimana mzbro?

  6. 17. iwanbanaran – Februari 5, 2013

    Restore to default factory setting aja.

    1. Matikan HP
    2. Nyalakan HP dan langsung tekan tombol Volume UP + Power secara bersamaan terus menerus hingga muncul CONSOLE SYSTEM
    3. Pilih Restore (default factory)
    4. If any question, select YES/OK
    5. Wait a moment n WOW

    http://www.smilecodes.com/

  7. alamat jadi motor anak anak muda neh… kalo aye cukuplah yamaha vega 2006 pake bodi jupiter buat ngojek..nyang penting sekali starter tokcer!!!! sehat motornya berspion dan lampu lampu jalan semuanya..:-D:-D:-D:-D:-D:-D

  8. Yg penting antara b dan c
    Harga di bawah 30 bsa goyang ni jagat silat indonesia. .
    Secara 2 silinder di bawah 30jt. .
    Nikmatin 2 silinder jd ga ush mhal2 nd pasti bsa bkn ngiler kan 2silinder di bawah 30jt
    Ckck
    Sadap

  9. @ 61. kusmadi
    Sik mz Kus….ojo nesu-nesu. Akismet ngawur kayaknya mzbro. Tak intipe dulu….
    * Mz saya sudah ikuti petunjuk sampeyan. Efeknya terjadi vibrasi 3 kali setelah itu malah mati lagi atau power off alias nggak masuk ke CONSOLS SYSTEM. Piye rek??. Mumet tenan…..

  10. MANTAB ….
    mas iwan pancen jozz gandozz kotoz kotoz nganti mbeledoz doz doz…. kritis, aktual, lugas, tegas, terpercaya, reaktif, peka, netral, ramah, bersahabat, dan mampu mlakukan bnyak hal demi kpuasan followers.. mas iwan memang pantas menyandang gelas sbgai bloger independent nmor 1 di indonesia.

  11. kelamaan atuh…dari artikel” yang sy baca hond memang terlihat terlalu berhati-hati terutama tentang COST down..

  12. Opsi A mirip CB150R tapi beda cc aja, ntar terganggu si CB
    Opsi B mirip suzuki inazuma tapi beda cc ntar dianggap inferior karena lebih rendah 50cc.
    Opsi yang C mantab, punya diferensiasi, vote yang C aja, dengan sasis diamond gpp.

  13. cara mengatasi lupa pasword hp android dan mereset ulang.
    Tapi sebelum mereset back up terlebih dahulu data datanya biar tidak hilang
    ravyocthavy-yansen.blogspot.com/2012/06/cara-membuat-hp-android-yang-terunlock.html?m=1

  14. lha,,, iki mbahas mesin tiger anyar,,, opo mbahas henpon error,,,,
    :mrgreen:

    *kbooooorr,,, soale seng nduwe warung isek mumet,,,, 😀

  15. Kalo mnurut sya mending.
    B. SOHC, 4 katup, 2 silinder inline, water cooled radiator. dengan kompresi yg sedang 10,8:1.. kalo menggunakan radiator kompresi segitu pas…
    dengan begitu torsi nya pasti dinosaurus, n bkal menjadi touring bike yg menyenangkan karena plintir gas sedikit dah ngacir..
    intinya touring bike bgus pake yg sohc.

  16. Opsi B cukup lah. Kalo C takutnya harga malah kemahalan. Dan yang penting torsi harus besar. Untuk top speed 125-135 kmh udah cukup, lah cuma 200cc.
    *touring kebut-kebutan ga nikmat cuy 😀

  17. kalo bisikan yg sy terima dari ayah saya yg jadi direksi di ahm, kelak si macan akan di bekali teknologi ‘seamless transmision dan kontrol traksi’ seperti di motogp..
    serta memakai suspensi upside down + prolink. pokoknya ini akan jadi motor paling canggih di indonesia.. silahkan di tunggu.

  18. Nek ra salah aq prnah mboco nang tabloid pulso,, kabeh sony xperia enek tombol reset khusus, tapi berupa lubang kecil. jadi lubangya di cucuk pake jarum. kalo gak slah di dket tmbol on/off.
    enek ora mas iwan ?

  19. nanti coba tak tanyain service hp mas,kenapa itu tiger hati” banget bwat ngebanguniny…skali bangun meraung-raung gag ketulungan,jiaannn jedottt tenan nek iki sirah dgawe mumet,hadeww :mrgreen: xixi

  20. Gampang yen hpne erorr om iwan.aq due solusine
    1.di dol wae,ijol sing baruu
    2.tukeran hpku wae piye?
    Hpku cinooo jowo ha ha ha

  21. Menurut sy Opsi mesin B lebih cocok buat All New tiger nnti,krn wlwpn msih SOHC 4 klep tp udh 2 silinder, n pstiX biaya produksi n perawatan pun lebih mudah n murah dibanding bikin mesin DOHC 2 silinder,lagiankn tiger itu GenreX Sport Touring yg biasaX lebih mengedepankn Torsi n Efisiensi,itu sngt pas utk mesin SOHC yg torsiX melimpah tp ttp irit,contoh paling pas ky INAZUMA…
    lagian kalo dpaksa DOHC 2 silinder emnk mau ngebut dmn, n pstiX akn lebih boros,perawatan lebih susah n yg ad nnti malah dibilang OverPrice lg krn kemahalan,kecuali seandaiX tuh mesin dpake utk CBR 250 terbaru itu baru Pas…

  22. Kalo menurut aye paling cocok yg B.. tapi sebenernya yg C juga bgus kalo ada radiatornya, tapi estimasinya yg C kan gak ada radiatornya, pasti bakal ngempos bin empot empotan bin loyo tenaganya kalo di buat touring karena over heat.

  23. honda lagi honda lagi ………………………….

    cuma honda yg pabrikan sepeda motor

    yang lain pabrik becak 😛

  24. New Tiger 200cc berharap 23 HP..?????
    ngimpiiiiiiiiiiiiiii… paling cuman dikasih 18-19HP….

    New Tiger 200 cc pake 2 silinder harga dibawah 30juta..????…..
    Ngimpiiiiiiiiiiiiiii…. paling dihajar 36 juta…
    Lha wong cbr150fi 1slilinder power 17 HP aja 34 juta…

  25. Lek ada perlakuan yg berbeda oleh AHASS mengenai mesin klotok2 CB150R. ada yg dganti ada yg disetel klepnya. klo bener2 ada kerusakan mbok ya AHM gentle mengakuinya dan me recallnya. Gak nunggu ada yg komplain.

  26. Kalo bener nih motor pake Seamless transmision Dan kontrol traksi,, serta shock depan pake up side down dan belakang prolink suspension,, banana swing arm dan velg model ninja 250,, serta modelnya mirip ducati monster plus tutup tangki rata. dan harganya di bwah 30 juta.
    pastilah langsung muntah darah motor 2 silinder dari pbrikan lain.

Comments are closed.