Prediksi 3 opsi engine yang digunakan pada Honda new Tiger…..

257
17

tiger-revoBro…sopo nggak cenut-cenut ketika teman sampeyan memberikan clue yang rada nyeleneh dari prediksi. Siapa nggak mumet jika ternyata informasi jauh melenceng dari analisa serta rumor yang sudah berkembang. Namun sang sumber mengatakan bisikan tersebut secara gamblang serta presisi. Termasuk project R & D engine yang sudah jalan hingga 3 tahun. Siapa lagi kalau bukan Honda Tiger yang kita maksud…..

Tiger…pada masanya merupakan motor “wah”. Ketika seluruh pabrikan masih berkutat dengan dimensi serta desain kotak….Tiger 2000 melangkah dengan shape serba bulat bak moge. Sayang jaman melindas seluruh kedigdayaan tiada ampun. Inovasi yang terkesan stagnan dari AHM mencambik-cambik masa keemasan sang macan. Bahkan ditahun 2007….harapan setinggi gunung terhempas tidak berkutik akibat suguhan grup Astra yang terkesan semaunya sendiri. Seluruh biker kecewa. Caci makin serta hujatan dilontarkan menuduh pabrikan tidak peka serta budeg. Suatu reaksi yang tidak bisa dihindari dari kekesalan yang sudah akumulatif. Btw…..ternyata tidak semua biker setuju akan hal itu. Sebab jika tahu pergerakan internal bawah tanah AHM, semua tuduhan bisa saja berubah. Seperti bocoran sumber internal yang IWB dapatkan tentang simacan….

Menurut sang sumber…..khusus turing bike gen Tiger, R & D langsung dipegang oleh Honda Jepang. Mereka sangat hati-hati mengembangkan mesin yang tangguh, efisien, powerful serta mudah perawatan. Bukan hal yang gampang mengingat tujuan peracikan tidak hanya melulu tentang power. Namun bagaimana mesin dari spesies baru tetap terjangkau, merakyat, awet serta irit seperti engine Kaizen dulu. Engine yang tidak akan ketinggalan serta tenggelam oleh perjalanan jaman hingga 10-20 tahun kedepan. Begitu pula mengenai desain serta sasis…..tetap mempertahankan ciri khas sebagai motor turing dengan kemungkinan nyomot pola diamond atau Twin spar. Makanya proses terkesan lambat bak keong. Padahal karena faktor kehati-hatian ogah grusa-grusu. Beberapa wacana serta opsi dilontarkan oleh sang sumber yang tetap kekeh dan yakin menggunakan diplacement 200cc. Berikut 3 opsi engine  yang terakhir menjadi pertimbangan insinyur pabrikan sayap mengepak untuk sang  macan…..

A. Kubikasi 199cc DOHC  4 valve 1 cylinder dengan pendingin cairan, kompresi  engine antara 1:10 -11 an

B. Kubikasi 197,4 cc SOHC 4 valve 2 cylinder inline, dengan pendingin cairan, kompresi engine antara 1:9,7-10,8 an

C. Kubikasi 198,6 cc DOHC 8 valve 2 cylinder dengan pendingin udara, di bantu dengan pendingin oli (oil cooled), kompresi antara 1:9-1:10,4an

Last, tiga jenis tipe mesin diatas belum final…..mana yang dipilih masih misterius. Honda memasukkan beberapa point penting khususnya kompresi diusahakan tidak terlalu tinggi agar simacan tetap adem serta masih bersabahat dicekokin bensin RON 88 alias Premium. Sebagai motor turing yang diharapkan merakyat…..tuntutan banderol juga menjadi pertimbangan tersendiri dengan patokan angka dibawah 30jutaan. Dan yang terakhir adalah power. Yup…muntahan tenaga diharapkan bisa tembus 22-23 HP. Cita-cita serta bisikan yang patut kita tunggu. So…apakah prediksi tersebut terbukti?. Kita tunggu saja brosis. Toh tidak ada salahnya kendati sebagai penulis…IWB sendiri masih diselimuti keraguan. Namun yang pasti….kayaknya new Tiger tidak akan lahir tahun ini. Yup menyambung bisikan yang IWB terima diatas…..sang macan baru akan murni muncul ditahun depan. Sik suwe rek..(iwb)

About these ads

257 COMMENTS

  1. بِسْـــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِالرَّحِيْـــــــمِ
    komen dl baru baca
    Sent from my BlackBerry® via Smartfren EVDO Network

  2. Rasah melu mumet kang ben pabrike sing mumet le gawe mtr,…ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ…. ټ …ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ….
    Konsumen sing seneng to kang
    Sent from my BlackBerry® via Smartfren EVDO Network

  3. paling cocok ya SOHC 4 valve twin silinder.

    trus yg jadi pertanyaan mau di hargain brp? pasti kenanya 30an.
    inazuma 250cc twin silinder melebihi 42jt (CBU)

  4. @ 11. budizaky
    Betul-betul xixixi……
    @ All
    Ada yang ahli android nggak. Saya lupa password lock screen pakai Sony Xperia Sola piye carane hard reset kangbro….mumet tenan!!

    Administrator
  5. menurutku.. kalau dohc 8klep akan merusak pasar cbr 150.. kalau SOHC..apakata dunia masa kalah canggih ama CB150… jd dimungkinkan DOHC 200cc 4klep….. imho

  6. cenuten…tapi body 160 cm bobot gak lebih 55 syukuri aja motor sekarang. kalo gede-roboh gak kuat angkat bin capek. kecuali nih motor bisa dibuat 100 kg…ngayal..

  7. A…. Cukup 1 cylinder aja yang penting performa bisa sama atau bahkan diatas duke 200 yah atau minimal sama dengan pns lah…. Tapi ahm harus hati2 dengan harga yah… 🙂

  8. laahh kirain bakal pake mesin cbr250r… *agakkecewa
    hard reset android pencet tobol power + volume up secara bersamaan

  9. Saya lebih suka opsi A ma C; dgn tambahan yg opsi A ditambahin pendingin udara jadi pendinginnya dobel,air dan udara. Kalo harga masih bisa dikisaran 26-28 juta sih gk masalah pake opsi C,twin silinder DOHC 8 valve…Tapi lebih smart lagi (Honda pasti mampu) mending tiga2 nya jadi opsi! main harga di kisaran 26,,27,,29…desain sma persis cuma mesin yg beda teknologi..Semua opsi mesin tsb kalo dibuletin sama2 200 cc kok..
    Tapi lagi2 pilihan yg paling ideal cuma yg opsi A; 200cc,1 silinder Dohc 4 valve pendingin cairan (plus pendingin udara lebih top!) dan harga dikisaran 26-27 jt…..sukses dah lho AHM!!!!…..(ini smua bisikan dari mbah Parno lho,jgn salahkan ane)….

  10. android nya di flash ke orinsinilnya mas 😀
    bawa ke servis center beres

    di oprek2 bisa sih
    hehe

    pitih opsi mesin yang “C” aja mantap 😀

  11. mudah2an dengan mesin 200cc yang baru nanti,,, nggak bisa di kepretin lagi ama yang 125 cc sohc,,,, si domba garut,,,

  12. @kang iwan
    lock yang apa nih kang, angka ato pola gambar?? biasanya bisa pake jawab pertanyaan, jika gak bisa pakai opsi akun google”kalo ini hp musti OL”, kalo masih gak bisa, bisa pake PC Companion kalo ada ada update OS tentunya, ato kalo xperia Kang Iwan sudah di Oprek bisa pake CMW recovery tuk reset default.

  13. Paling bagus ya SOHC 2 cylinder… Torque, hemat perawatan , terbukti irit & bandel sesuai roh si Tiger lawas..

Comments are closed.