iklan iwb

honda_honda-Akhir-akhir ini……keyakinan begitu kuat bahwa AHM akan mendongkrak kubikasi mesin sang macan ketika brojol nanti. Alasannya simpel…biker butuh motor yang powerfull serta torsi besar. Sementara itu…..untuk mewujudkannya, Honda sudah mempunyai engine mumpuni seperti CBR250R. Namun….opini ini langsung musnah ketika IWB mendapatkan pemcerahan ringan dari kolega sekaligus sumber info tentang sikuda besi. Seperti apa??….

Kenapa sih simacan nggak brojol-brojol??….Power aja bahkan kalah dibanding dengan CB150R ataupun CBR150R….namun AHM tetap cuek bebek. Tenang aja mzbro. Saat ini target grup Astra memang sedang membidik segmen gemuk dahulu. baru setelah kelar….gebrakan merambah kesegman atasnya. Yup…..dari sumber yang IWB dapatkan…..AHM secara intens sudah melakukan riset mesin selama 3 tahun penuh khusus untuk Tiger. So…..bukan karena AHM males atau ogah merombak total simacan. Uniknya, tidak seperti keyakinan kita yang bakal upgrade kubikasi….versi kedepan diduga kuat masih mempertahankan diplacement engine 200cc. Walah…koq bisa??….

Rumornya…..Jepang tetap kekeuh sebab posisi 200cc menurut mereka masih punya potensial tinggi di indonesia. Orientasi lain……fokus utama adalah engine yang ramah terhadap BBM ron 88……tanpa adanya gejala knocking, irit serta efisien dan menghasilkan power tinggi sejak putaran bawah. Nah….disinilah karakter engine DOHC single silinder CBR250R kurang sesuai untuk sang cruiser.? Kenapa??. Menurut infonya…..powerband CBR diputaran bawah belum cocok dinobatkan sebagai penjelajah murni yang notabene memang diracik sebagai motor racing. Selain itu…komsumsi bahan bakar juga menjadi konsen penting insinyur Honda. Karena itulah….mereka berniat membuat engine baru dan terakhir jatuh ke jantung 200cc!….

iklan iwb

Last……akurasi info ini belum bisa kita pegang 100%. Namun tidak ada salahnya kita sharing disini untuk didiskusikan sama-sama. Btw….seluruh development sasis, desain, hingga engine Tiger dipegang langsung oleh Honda Jepang. Banderol diusahakan tetap dibawah 30 jutaan. Detil opsi engine……kita akan kupas dilain artikel. So…Honda Tiger hanya 200cc??. Masalah nggak buat sampeyan??…...(iwb)

246 COMMENTS

  1. ????????????????? ????? ?????????????????????????????
    absen dulu baru baca
    apakah dapat pertamax?
    Sent from my BlackBerry? via Smartfren EVDO Network

  2. 2oo cc asal dohc ya cocok, atau minimal sohc 4 klep buat touring, keleu tetep mesin GL200 jadul ya amit2
    pertamax7.com/2013/01/30/mesin-honda-cb150r-berisik-seperti-bunyi-helicopter-kenapa-ya/

  3. Gk masalah mas iwan yg penting power n torsi’a nyamain ktm duke, apalgi klo bsa ngelebihin biar ktm duke gk laku. . .
    Wkwkwk. .

  4. Lihat dulu power & torsinya,kalo memang dari Honda Jepang pasti Bagus pa lagi kalo jadi product global.

  5. ..apa lagi mengingat speek cbr yang di buat untuk high performa, dimana cbr 250 yang di isukan menjadi jantung new tiger ternyata ga cocok, powerband cbr di putaran bawah 0-4000 sangatlah buruk, walaupun imbasnya di putaran 4000-9000 merupakan putaran mesin terbaik..————-.
    Sementara itu?..untuk mewujudkannya, Honda sudah mempunyai engine mumpuni seperti CBR250R
    =====================================================
    di alinea sebelumnya dikatakan buruk namun dialinea lain dikatakan mumpuni ..maksudnya buruk secra poweband di kitiran 4000-an –teu ngarti euy ..abis terkesan -bagi saya- ga nyambung alinea ke alinea-nya ..maap awam yeuh 🙂

  6. honda jepang mendevelopt mesing baru hanya u/ tiger doang yg cuma jualannya 3000 an????

    sptnya ngak masuk akal, kecuali emang honda niat bikin mesin baru 200 cc u/ produk global

Comments are closed.