iklan iwb

Kompetisi itu bagus selama dilakukan secara sehat. Tanpa kompetisi, motivasi akan jauh berkurang karena hukum monopoly akan berlaku. Praktis kreatifitas serta inovasi dikebiri dengan sendirinya. Korbannya??. Tentu saja konsumen sebab produsen diatas angin tanpa sudi berbenah dan memberikan yang terbaik. Untunglah…masa itu telah usai!!. Inilah yang terjadi pada AHM….

Daya gempur Vixion sukses mengobrak-abrik market share sport yang dulunya dikuasai Honda ternyata mampu membikin puyeng pihak prinsipel sayap mengepak Jepang. Dengan niat menelurkan produk tandingan, AHM bersama ahli department terkait melakukan kajian mendalam. Dari sanalah diperoleh info mencengangkan…bahwa konon awalnya mereka tidak ada niat mencangkokkan mesin CBR150R pada generasi naked bike K15. Planning awal, Honda menyiapkan mesin SOHC dengan kemampuan yang lebih advance untuk menggedor Vixion. ” Dulu, sebenarnya akan dirilis mesin SOHC mz. Tapi kayaknya berat musuh Vixion kalo speknya sama. Akhirnya diputuskan mesin CBR150R utuh dicangkokin ke K15, Dan inilah hasilnya..” ujar sang sumber…..

Spek engine lawan yang diatas rata-rata motor SOHC sekelasnya memaksa Honda mendesain ulang strategi. Jika tetap kekeh single cam, mereka setidaknya harus menyiapkan konstruksi 4 klep seperti yang dimiliki lawan. Tentu saja….butuh R & D ulang yang malah bakal menyita tenaga. Maklum bro….Honda tidak mempunyai basis engine SOHC 150cc 4 katup seperti kompetitor. So…jalan pintas dan diyakini cukup ampuh yakni nyomot langsung dari sang DOHC engine…..CBR150R. Pengaruh dominasi Vixion ternyata tidak hanya itu. Blue print awal desain K15 ternyata mengadopsi monoshok konvensional….

iklan iwb

Suspensi monocross Vixion melecut Honda meralat rencana awal. Akhirnya…atas approval pusat, sistem suspensi link khusus hak paten Honda bernama Pro-Link di rilis pada CB150R. Sebuah manuver yang bisa IWB katakan royal mengingat CBR150R saja belum dibekali sistem ini. Kelebihannya…bantingan motor lebih lembut dan nyaman. Stabilitas pada kecapatan tinggi pastinya juga bertambah. Harapannya jelas…..supaya biker tahu bahwa produk mereka lebih superior dalam segala hal dibanding kompetitor. Hhhmm…sadis euy!

Last….tidak bisa diingkari basis konsep pembuatan CB150R memang berpatokan pada Vixion. Makanya jangan heran….hingga ban-pun AHM tetap pede tidak sudi latah menjejali dengan ban gambot. Mereka yakin….ban bukan masalah utama jika semua sudah sesuai selera konsumen. Berkaca pada kesuksesan Vixy lawas yang tetap laris manis kendati pabrikan menyematkan ban mungil pada sikuda besi. Hhhmm…bener juga ya bro. So…beruntunglah kita sebagai biker persaingan antar pabrikan begitu sengit. Membayangkan seandainya Honda melenggang sendiri tidak ada kompetitor tangguh seperti Yamaha?….mungkin rupa CB150R tidak seperti sekarang……(iwb)

295 COMMENTS

  1. khas honda, mesin sohc mending pake sonic boreup, lah kalau pake mesin NMP???????????????????????????????????
    untunglah, sekarang DOHC, hehehe, tetep kencang n galak torsi yamaha vixioon tapi 😀
    pertamax7.wordpress.com/2012/11/27/yamaha-vixion-selain-knalpot-kuning-ternyata-rangka-juga-terserang-karat-ah-yang-penting-sohc-kencang-akselerasi-mantabh/

  2. Astaga… AHM sampai segitunya. Motor value memang impian kami. Sektor mesin paling sedap. Ibarat makan sate kambing, fisik si kambing ga peduli asal rasanya sedep 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂

  3. Pikson didaerah ane ma rta2 lemot…
    masih banyakan megapro lama… Buat tanjakan n ngangkut beban tetep perkasa…
    Kalau tuh new pikson masih pake mesin lama…
    ya ngalamat nyium asap knalpot CS1 ama FU lagi…
    mungkin soal design n fitur lebih HI BRO…
    Tp kayaknya animo masyarakat lebih ke CB150r…

  4. R n D yang tentunya bukan asal-asalan, tentunya ini zaman teknologi dan pengembangan akan menentukan suatu brand laku atau tidaknya dipasaran ,, sedikit prediksi Honda bakalan bisa mengimbangi Yamaha disegmen sport ..

  5. hmm ternyata ada manfaat ya persaingan yang sengit, menguntungkan konsumen tentunya.. streetfire emg luar biasa mesin DOHC n shock prolink.. mantaff

  6. Kompetisi para produsen memang sangat menguntungkan konsumen, + lagi konsemen sekarang sudah pintar akibat info2 produk yang didapat dari media cetak dan elektronik.. Apa lagi sekarang dengan masuknya produk2 india yang memiliki harga miring sehingga produsen jepang tidak bisa sembarangan lagi mematok harga tinggi… Mengenai cb 150 r saya berharap kompresi mesinnya jangan dibuat tanggung, kalau memang harus minum pertamax atau pertamax+, yah buat aja seperti crb. Begitu juga new vixion, sebaiknya kompresi mesinnya dibesarkan lagi untuk mengimbangi ban gembotnya, sehingga performanya tidak terganggu dan dapat mengimbangi performa kompetitornya… Btw trims infonya kang Kompetisi para produsen memang sangat menguntungkan konsumen, + lagi konsemen sekarang sudah pintar akibat info2 produk yang didapat dari media cetak dan elektronik.. Apa lagi sekarang dengan masuknya produk2 india yang memiliki harga miring sehingga produsen jepang tidak bisa sembarangan lagi mematok harga tinggi… Mengenai cb 150 r saya berharap kompresi mesinnya jangan dibuat tanggung, kalau memang harus minum pertamax atau pertamax+, yah buat aja seperti crb. Begitu juga new vixion, sebaiknya kompresi mesinnya dibesarkan lagi untuk mengimbangi ban gembotnya, sehingga performanya tidak terganggu dan dapat mengimbangi performa kompetitornya… Btw trims infonya kang Kompetisi para produsen memang sangat menguntungkan konsumen, + lagi konsemen sekarang sudah pintar akibat info2 produk yang didapat dari media cetak dan elektronik.. Apa lagi sekarang dengan masuknya produk2 india yang memiliki harga miring sehingga produsen jepang tidak bisa sembarangan lagi mematok harga tinggi… Mengenai cb 150 r saya berharap kompresi mesinnya jangan dibuat tanggung, kalau memang harus minum pertamax atau pertamax+, yah buat aja seperti crb. Begitu juga new vixion, sebaiknya kompresi mesinnya dibesarkan lagi untuk mengimbangi ban gembotnya, sehingga performanya tidak terganggu dan dapat mengimbangi performa kompetitornya… Btw trims infonya kang Kompetisi para produsen memang sangat menguntungkan konsumen, + lagi konsemen sekarang sudah pintar akibat info2 produk yang didapat dari media cetak dan elektronik.. Apa lagi sekarang dengan masuknya produk2 india yang memiliki harga miring sehingga produsen jepang tidak bisa sembarangan lagi mematok harga tinggi… Mengenai cb 150 r saya berharap kompresi mesinnya jangan dibuat tanggung, kalau memang harus minum pertamax atau pertamax+, yah buat aja seperti crb. Begitu juga new vixion, sebaiknya kompresi mesinnya dibesarkan lagi untuk mengimbangi ban gembotnya, sehingga performanya tidak terganggu dan dapat mengimbangi performa kompetitornya… Btw trims infonya kang Iwan… 🙂

  7. mantap..!! jadi Konsumen yg d untungkan dan memang konsumen berhak mendapatkan yg terbaik..
    skarang tinggal selera konsumen mau pilih yg mana…!!

  8. jujur kang iwan,,,
    ane paling suka kalimat yang ini,,,
    “…Membayangkan seandainya Honda melenggang sendiri tidak ada kompetitor tangguh seperti Yamaha??.mungkin rupa CB150R tidak seperti sekarang. So?kompetisi??. Tidak diragukan memang menguntungkan kita brosis…”

    tapi pasti para penyembah swiwi aka fbh kagak terima,,,, 🙂

  9. Ah… Semua yang AHM kasih ke CB150r akan percuma kalo matok harganya di atas 22 juta… Harusnya banderol maksimal se Vixion baru bisa unggul…

  10. Yakin mesin cbr 150 utug? vario 125 yg katanya mesinnya pcx saja penuh masalah. Mesin injeksi kox tiap bulan ganti busi. Ini fitur baru atau asal jadi? Ahm cuma ngejar untung.

  11. Yakin mesin cbr 150 utuh? vario 125 yg katanya mesinnya pcx saja penuh masalah. Mesin injeksi kox tiap bulan ganti busi. Ini fitur baru atau asal jadi? Ahm cuma ngejar untung.

  12. ? Dulu, sebenarnya akan
    dirilis mesin SOHC mz. Tapi kayaknya berat
    musuh Vixion kalo speknya sama. Akhirnya
    diputuskan mesin CBR150R utuh dicangkokin
    ke K15, Dan inilah hasilnya. .?

    ———————————————

    wew, butuh petinju kelas berat buat melawan petinju kelas menengah….

    dohc vs sohc….

    ahm vs yimm

    market leader vs follower…..

  13. pinter juga, tapi kok ya konsepnya jiplak abis, sampe spek body pun mirip old vixion,

    old vixion itu uda 5 tahun, pasarnya udah mencapai peak (tembus 30 rb unit) bentar lagi masuk era jenuh, kalo honda pinter, dia harusnya bikin mirip vixion, tapi harus selangkah ato dua langkah lebih maju dari old vixion, biar terasa fresh,

    IMHO, yg bagus dari CB150R just lampu depannya aja, selebihnya nothing special, bentuk body biasa banget, sangat identik dgn generasi GL-Series (NMP + Tiger) yg udah keliatan oldies, mesin DOHC bukan jaminan performa lebih hebat, yg SOHC pun ternyata bisa menang adu cepat juga (video balap R15 vs CBR150 itu udah bisa bikin kobongan :p)

    mungkin awal2 CB150 ini akan menggebrak, tapi dgn desain cuma sperti itu aja, akan cepet bikin jenuh, coz di pasar sini, desain body pegang peranan lebih besar daripada kemampuan mesin

    semoga nasib CB150 engga seperti Megapro Primus yg umurnya paling pendek cuma 4 tahun (2006-2010), karena desain yg sangat konservatif dan cenderung membosankan

  14. “Makanya jangan heran?.hingga ban-pun AHM tetap pede tidak sudi latah menjejali dengan ban gambot. Mereka yakin?.ban bukan masalah utama jika semua sudah sesuai selera konsumen. Berkaca pada kesuksesan Vixy lawas yang tetap laris manis kendati pabrikan menyematkan ban mungil pada sikuda besi.”

    Itu kan jaman vixy belum punya kompetitor …atau setidaknya, vixy datang dengan status benar – benar barang baru ….

    (monoshock, frame delta box).

  15. Daya gempur Vixion sukses mengobrak-abrik market share sport yang dulunya dikuasai Honda ternyata mampu membikin puyeng pihak prinsipel sayap mengepak Jepang.
    ============================
    AHM : “Mmmaaaakkkk…….mongtor seprot 150cc ku dinakalin yamaha…..!!”

    Honda Jepang : “lha yo diwales to…”

    AHM : “Aku ra bisa gawe mesin sing podo yamaha…”

    Honda Jepang : “yo uwis ra usah nangis, kae mesin cbr gon mbak thai gawanen go bandem yamaha…!”

    AHM : “gih…..matur nuwun Makk’eee……”

  16. dulu wajar saja kalah..minus radiator..n diperparah lagi vixion bisa mengambil hati konsumen dengan injeksinya…belom lagi pricing vixion yg layak bagi konsumen…
    nah kalo streetF ni tinggal pricing nya saja..kalo lbh mahal diatas 1jutaan dr new vixion kykna ssh buat naklukin new vixion…

Comments are closed.