Honda CB150R…awalnya ternyata akan dibekali mesin SOHC dan absen Pro-Link!!

295
6

Kompetisi itu bagus selama dilakukan secara sehat. Tanpa kompetisi, motivasi akan jauh berkurang karena hukum monopoly akan berlaku. Praktis kreatifitas serta inovasi dikebiri dengan sendirinya. Korbannya??. Tentu saja konsumen sebab produsen diatas angin tanpa sudi berbenah dan memberikan yang terbaik. Untunglah…masa itu telah usai!!. Inilah yang terjadi pada AHM….

Daya gempur Vixion sukses mengobrak-abrik market share sport yang dulunya dikuasai Honda ternyata mampu membikin puyeng pihak prinsipel sayap mengepak Jepang. Dengan niat menelurkan produk tandingan, AHM bersama ahli department terkait melakukan kajian mendalam. Dari sanalah diperoleh info mencengangkan…bahwa konon awalnya mereka tidak ada niat mencangkokkan mesin CBR150R pada generasi naked bike K15. Planning awal, Honda menyiapkan mesin SOHC dengan kemampuan yang lebih advance untuk menggedor Vixion. ” Dulu, sebenarnya akan dirilis mesin SOHC mz. Tapi kayaknya berat musuh Vixion kalo speknya sama. Akhirnya diputuskan mesin CBR150R utuh dicangkokin ke K15, Dan inilah hasilnya..” ujar sang sumber…..

Spek engine lawan yang diatas rata-rata motor SOHC sekelasnya memaksa Honda mendesain ulang strategi. Jika tetap kekeh single cam, mereka setidaknya harus menyiapkan konstruksi 4 klep seperti yang dimiliki lawan. Tentu saja….butuh R & D ulang yang malah bakal menyita tenaga. Maklum bro….Honda tidak mempunyai basis engine SOHC 150cc 4 katup seperti kompetitor. So…jalan pintas dan diyakini cukup ampuh yakni nyomot langsung dari sang DOHC engine…..CBR150R. Pengaruh dominasi Vixion ternyata tidak hanya itu. Blue print awal desain K15 ternyata mengadopsi monoshok konvensional….

Suspensi monocross Vixion melecut Honda meralat rencana awal. Akhirnya…atas approval pusat, sistem suspensi link khusus hak paten Honda bernama Pro-Link di rilis pada CB150R. Sebuah manuver yang bisa IWB katakan royal mengingat CBR150R saja belum dibekali sistem ini. Kelebihannya…bantingan motor lebih lembut dan nyaman. Stabilitas pada kecapatan tinggi pastinya juga bertambah. Harapannya jelas…..supaya biker tahu bahwa produk mereka lebih superior dalam segala hal dibanding kompetitor. Hhhmm…sadis euy!

Last….tidak bisa diingkari basis konsep pembuatan CB150R memang berpatokan pada Vixion. Makanya jangan heran….hingga ban-pun AHM tetap pede tidak sudi latah menjejali dengan ban gambot. Mereka yakin….ban bukan masalah utama jika semua sudah sesuai selera konsumen. Berkaca pada kesuksesan Vixy lawas yang tetap laris manis kendati pabrikan menyematkan ban mungil pada sikuda besi. Hhhmm…bener juga ya bro. So…beruntunglah kita sebagai biker persaingan antar pabrikan begitu sengit. Membayangkan seandainya Honda melenggang sendiri tidak ada kompetitor tangguh seperti Yamaha?….mungkin rupa CB150R tidak seperti sekarang……(iwb)

About these ads

295 COMMENTS

  1. Ane tinggal nunggu motornya nongol di dealer baru dech ambil keputusan nih mo “api jalanan” atau “haliintar”

  2. Awalnya pake mesin sohc mega pro, yang dirubah menjadi :
    konfigurasi square, stroke 57,5 mm dan piston 57,5 mm, Double injektor, 2 katup lebar, liquid cooled, 6 speed, VVT-MPI
    kompresi 1: 9,5

    ditambah fitur :
    drive by wire, abs, ebd, ba, power steering, power window, audio 2 DIN, side impact beam, Air Bag, Velg 4 Inch belakang dan 3 inch depan

    dengan keadaan tersebut sang mesing dapat menelurkan
    22 HP/ @7000 rpm dan torsi 24 NM/ @5000rpm, dilimit pada 10rb rpm, dengan konsumsi bensin dapat menyentuh angka 70km/liter

    untuk jalan 80km cukup di 5000 rpm gigi 6,
    top speed mencapai 160km, dengan akurasi speedometer 100%

    tenaga yang diperoleh merata dari bawah sampe atas, sangat halus, karena menerapkan engine balancer

    :mrgreen:

  3. berarti tebakan ane bener bang iwan..!!!

    dulu2 pan bang iwan pernah ngasih spaisut swing arm-nya..
    disitu ane nebak, kalo swing arm-nya sama persis kayak punyanya NMP… alias monosok jadul.. shock breaker langsung diiket ke swing arm.. gak pake link-link-an…

    pas cb-pekgo-r muncul koq terbakan ane meleset 100% … ternyata oh ternyata.. ini toch penyebabnya..!!!

  4. new vixion kpn nongol di dealer2 mas iwan?
    ane nanya ke mekanik yamaha katanya desember baru di kirim, lama bgt -,

  5. kmrn dpt info dr tmn orng dalam!!!
    1.jadwal maspro cocok dngn artikel kang iwan sblmnya
    2.launching d sentul!!!!

  6. jadi gosip yg bilang mo pake mesin cees one bener ya bang?sebenarnya mesin cees one kl ditaruh dimotor batangan menurut bang iwan gimana?soale ada yg naruh tu di cb ajib jg kayaknya.. 🙂

  7. Tapi tetep aja ada yg bilang DOHC itu mubasirr klo ditaroh di engine 150cc musti yg 250cc 2 cyl baru tuhh makyos, Ckckckckckck padahal mah klo utk konsumen biasa itu menjadi nilai khusus apalagi klo harganya head to head ama DOHC Wannabe a.k.a SOHC 4 Klep..
    Pasti bakal ada yg lari ke 2 tak lagi nih….. Kek Kek Kek Kek 😆 😆

  8. Mesin sih oke.suspensi jg oke wlwpun vixie udh duluan dgn monocross nya.tp sasis nya ituloh,kyk dipaksain banget.boong klo b anyak yg blng klop banget.itu narsis bgt…

  9. @40 & 43

    hahahaha, yo harusnya pabrikan motor sebaiknya bikin inovasi2 gitu kayak pabrikan mobil, masa mobil yang 1500cc bisa jalan 1:15, motor yang 150cc yang minimal bisa 1:100 lah, :mrgreen:

    percuma beli motor baru, bantere nambah sitik, irite nambah sitik, gantenge yo mung nambah sitik, regone 25 jt.. hahaha..

    punya cb/vx 3 biji gonta ganti terus, sama pake baleno ke kampus ra ganti2, lebih pede pake balenone, iyo ra? :mrgreen:

  10. tanpa malu ana katakan “terima kasih, yakampret pihak ente uda bangunin honda”….maksih jg buat bloger, sbg konsumen jelas qta d untungkan macam vario 125 and cb 150r……sukses buat yakampret, honda>>>>semoga orang indo yg notabene karyawan dpt hdp sejahtera sll dbwh komandomu…..

Comments are closed.