iklan iwb

Pernah kepikir nggak ketika kita menyalakan electric starter dalam kondisi lampu menyala bisa membebani kinerja perangkat kelistrikan secara keseluruhan. Sudah rahasia umum dibutuhkan tenaga yang besar untuk mengangkat putaran dinamo. So…jangan heran umur aki dan bohlam lebih pendek dari seharusnya atau starting menjadi lebih berat. Itulah resiko yang dihadapi oleh sebagian besar kendaraan AHO. Nah…sisi ini ternyata mendapat perhatian khusus dari engineering Honda. Sehingga lahirlah aplikasi regulator pada PMC (IC pengontrol) Honda BeAt FI. Seperti apa cara kerjanya?. Berikut gambaran sederhananya….

Pada saat starting baik dengan kick starter maupun electric starter, headlight tidak akan langsung menyala sebelum engine benar-benar menyala. lho koq bisa?. Simpel brosis….karena ada sensor khusus yang akan memerintahkan lampu tetap mati. Dari pengukuran yang didapat, tegangan pada bulb headlight saat starting adalah 0 volt. PMC mendeteksi bahwa tegangan input masih rendah, sehingga mengatur output headlight OFF. Dengan pengaturan ini, akan mengurangi friksi magnetis, sehingga starting akan lebih ringan dan lebih mudah. Lha terus kapan lampu melek??……

Setelah engine menyala, kondisi akan menuju langsam sekitar 1700 rpm. Nah….barulah headlight AHO menyala. Dari pengukuran yang didapat, sebenarnya headlight mulai menyala di sekitar 900RPM. Sebab PMC mendeteksi bahwa tegangan input ketika berada di sekitar 900RPM telah melewati ambang LDV, sehingga akan mengatur control output headlight untuk On. Mantep to!. Cara sederhana namun lumayan berguna untuk memelihara keawetan seluruh komponen kelistrikan mulai dari bohlam (terhindar daya kejut magnetis proses starting), aki (beban lebih ringan) serta electric starter makin enteng. Hhhmm…boleh tuh diaplikasi ke motor AHO yang lain. Ya nggak bro…(iwb)

iklan iwb

Noted : Image Motorplus

189 COMMENTS

  1. canggih euy
    mio j culun mana ada kek ginian..bisa nambah 1 juta kalo pake ginian

    tapi bukannya v125 udah ada juga ya?

  2. Gak usah gengsi punya mtor lampunya nyala trus,dmi keamanan ,justru yg gak AHO,itulah mtor jedul…lmpu hrus slalu nyala,gk pduli di gang sempit skalipun,maklum mtor skrg larinya kencang2 ..lbih baik aki tekor,dri pda bruaaakkk..!!

  3. semua pabrikan pada berlomba2 menciptakan teknologi baru.. kayak honda ini yg menyempurnakan sintem aho nya..
    mantap deh.. konsumen jd diuntungkan..

  4. Ada yg bilang mio j,spt tu..brarti sama y,soal AHONG,di tunggu komparasinya aksel dan top supid nya,beat inj vs mia j,bgiku disan 11:12,beat manis mungil,ckup bsa boncengin 1 cewek,mio j elegan lumayan bisa bwat gondol 2 cewek,hehehehe..di pilih2..,

  5. kalo yg lainnya kayaknya berbarengan saat starter dinyalain baru lampu ikut nyala, jadi bebanin aki, karena bareng2 sama dinamo starter, kalo yg saya tangkep di new beat ini, ketika starter dinyalain lampu ga langsung nyala, tapi nunggu beberapa saat ketika sudah langsam baru nyala cmiiw

  6. AHO nya keren..sipp dah buat nubit fi..
    Menurut komengtator..teknologi jeroan mio j ama new beat fi bagus mana?

  7. masih kerenan punya tvs tormax menurut saya, saklarnya ada 3 pilihan besar arus listrik yang berbeda. pertama aho ketika mesin hidup, nyala lampu utama agak redup. kedua saklar lampu utama nyala agak terang. yang ketiga saklar lampu utama nyala lebih terang.
    lampu dekat, lampu jauh sama lampu dim beda lagi

  8. Aneh juga di daerahku..mtor ahong palah di modif,minta lampunya bsa di hdup matikan..hemmm takut akinya tikor,pabrikn kn yg udh memperhitungkan to,la wong lampu philip ku di k mandi siang mlam gak di matiin aja gak putus/padam kok..

  9. mantap cuy,mudah2an nanti bakal di contek sm pabrikan sesembahan ai..
    Emang pabrikan ai selalu terbelakang dlm inovasi, sm kek rekan2 ai jg keterbelakangan mental..

Comments are closed.