iklan iwb

Bro dan sis sekalian…market share pabrikan garputala memang sedikit limbung dibanding tahun-tahun lalu. Tajamnya tusukan lawan membuat mereka nyaris tidak diberi ruang untuk bernafas. Produk yang diluncurkan juga terkesan kurang jor-joran atau kalah royal. Nah….ternyata mereka mempunyai alasan untuk itu dan sepertinya sedang melakukan seting strategi guna bangkit ditahun depan. Wiihh….mantepppp!!

Dari hasil diskusi ringan dengan salah satu tim internal Yamaha, tahun 2012 memang mereka masih berjalan dengan satu kaki. Ibarat olah ragawan, secara fisik belumlah sesempurna biasanya. Konsentrasi terpecah akibat peleburan perusahaan mereka dari YMKI (PT. Yamaha Motor Kencana Indonesia) menjadi YIMM (PT. PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing). Proses tersebut ternyata cukup banyak memakan energi. “Tahun ini kita tidak banyak produk baru mz. Mungkin tahun depan” ujarnya. Hhhmm….bikin penasaran nih. Sayang ketika IWB coba gali lagi, sang sumber enggan memberikan keterangan lebih jauh……

IWB berharap….Yamaha mampu menjadi diri mereka sendiri. Sosok pabrikan yang confidence serta membuat decak kagum biker. Seperti manuver 2007 silam…gebrakan tak terlupakan dengan menyodori sport deltabox disaat pabrikan lain masih berkutat dengan sasis diamond tunggal. Memberikan teknologi fuel injection sementara produsen lain masih demen karbu. Inovasi dibarengi pricing strategi yang cemerlang. Hasilnya….lawan babak belur!!

iklan iwb

Perbaikan awal kemungkinan menyentuh segmen skutik dulu. Ladang guring tak terelakkan dan kudu digarap secara serius. Selain itu, IWB yakin pabrikan garputala juga telah memperhatikan serta memperhitungkan datangnya K15 aka teralis. Jelas YIMM tidak mau gegabah dan menganggap enteng produk anyar yang digadang-gadang menggunakan engine CBR150R. Artinya….mereka kudu siapkan senjata cadangan guna memukul balik jika kondisi terdesak. Diakui atau tidak…hanya segmen sport-lah yang membuat dagu masih bisa terangkat. Kalau lengser juga…..dada akan sulit membusung brosis. Lawong kalah telak segala lini….

Last….dalam catatan IWB, kandidat kuat untuk mengisi sport tahun depan adalah lahirnya new Vixion versi fairing. Yang kedua….Byson fuel injection. Untuk Byson FI kemungkinan masuk dikuartal kedua atau akhir tahun (analisa pribadi). Apakah dibarengi dengan pengaplikasian RDB? soal itu hanya Yamaha yang tahu. Namun seperti yang pak Eko/YIMM pernah bilang ke IWB dulu (klik disini), bahwa strategi bersifat fleksibel. Mereka akan selalu mendengarkan konsumen so jika RDB diperlukan….possibility tetap terbuka. Yah…semoga Yamaha akan benar-benar bangkit tahun depan. Persaingan ketat bakal membawa dampak positif bagi kita sebagai konsumen. Pilihan seabrek plus value for money…sopo ora gelem? :mrgreen: . Yamaha? kita tunggu gebrakanmu lainnya….(iwb)

195 COMMENTS

  1. teringat, gigi 6? mau ngebut kemana 😀
    pertamax7.wordpress.com/2012/10/04/adu-kelas-skutik-retro-honda-scoopy-vs-yamaha-mio-fino-vs-suzuki-lets-adu-muka/

  2. bangkit dengan mengeluarkan produk andalan seperti r15 reborn nouvo ala vietnam jangan reborn striping doank

    panjidananjaya.wordpress.com/2012/10/01/ada-chip-pada-sim-si-fungsinya-untuk-apa-ya/

  3. kesanya Yamaha tenggelem,.
    gk usah ribet cukup cabut gengsi dengan pabrikan Honda
    tambahin fitur sesuai kemauan konsumen dan after sales OK udh cukup kok

  4. Aku le tuku motor 10thn meneh…
    Sik iki ijeh apik…

    Sak karepmulah arep berbenah po ora yo seterah lah…..
    😀

  5. yamaha harus sejalan dengan slogan “semakin didepan” dan “yang lain semakin ketinggalan lagi”…

  6. katanya tahun2012 yamaha bangkit, lah sekarang malah tahun depan….yah semoga aja ga bangkit dalam kubur…

  7. Kata pak eko strategi mereka bersifat flexibel, tapi kenapa saat konsumen loyal mereka minta R15 dimasukkan di mari kagak dimasukkan juga??
    Ane yakin tuh mongtor bakal laris, asal pricingnya tepat aje..
    Heheheheeee

  8. -Masuk kelas moge keluarin FZseries/XJ series/Rseries
    -Motor sport kecil 250cc
    -Teknologi DOHC untuk motor 250cc ke bawah.
    -Suntik mati motor-motor culun dan wagu beserta desainernya. (xeon, mio J, scorpio, new vixion)
    -Sempurnakan fitur dan kualitas.
    -Upgrade performa byson, sempurnakan detailnya
    Mampu tidaak?

  9. Berarti yimm nyadar tah kalo lagi ngglimpang, udah ngglimpang malah gawe blunder ra karuan. kurang hati-hati nih Yimm, eh maksud saya kurang modal 😆

  10. Semoga makin banyak produk baru. Mau main moge juga biar tambah ramai R2 di sini,konsumen juga banyak pilihan pula. Bravo Yamaha!

  11. eko mah gak usah didengerin (awal tahun tadi juga ngmongnya mau bangkit) ehh….

    sy berharap kawasaki juga mau membuat matik yg keren dan motor sport murah untuk melawan honda , coz pamor kawasaki di indonesia sekarang lagi bagus-bagusnya sayang kalo dilewatkan

    yamaha gak bisa lagi diharap karena sekarang dihuni orang2 kolot apa lagi kalo masih ada eko prabowo

  12. itu mah lagi sandiwara tuh…taon depan mau bangkit, taon ini nyungsep… pas sampe taon depan bukannya bangkit, malah mangkas kapasitas produksi.. utang bejibun, barang yang sekarang banyak numpuk di dealer ngga ngalir.. pemasukan juga seret…alesan ganti nama PT, ngga masuk akal sampe berlarut larut gini… tinggal ngaku duit cekak aja susah banget sih….

  13. kata si bukan fb, market share ngga penting… ngga ngaruh ke profit… bagus!!… bener bener auditor koplok…..

  14. “Mereka akan selalu mendengarkan konsumen..” what ga slh denger neh..? Sejak kapan yimm khususx eko budek pernah dengerin keinginan konsumen..? Liat aja kasus desain nyu piksen yg mas iwb sinyalir udh final, sangadh jaaauhhh dr keinginan konsumen…!!

  15. Mo bangkit..coba jual R15 seharga Vixion yg skrg……..!!! di india aja hanya di jual 19jt…… janganlah terus2an bohongin konsumen….!!! contoh Vixion yg dulunya cuma 19jtan….skrg di jual 22jtan…tanpa ada perubahan sama sekali…!!! apa g gila tuh nyari untungnya…???? jadi klo di KO sama Honda yaaaaa salahnya sendiri…

  16. katanya bapake “mungkin tahun depan”

    *masih mungkin ternyata sodara2…

    la sekarang Yamaha udah mulai niru strategi Honda dengan sistem kroyokan… tapi ternyata MS makin nyungsep.. 🙁

  17. 33. Asys Fandi – Oktober 4, 2012

    Mo bangkit..coba jual R15 seharga Vixion yg skrg??..!!! di india aja hanya di jual 19jt?? janganlah terus2an bohongin konsumen?.!!! contoh Vixion yg dulunya cuma 19jtan?.skrg di jual 22jtan?tanpa ada perubahan sama sekali?!!! apa g gila tuh nyari untungnya????? jadi klo di KO sama Honda yaaaaa salahnya sendiri?
    —————————–
    elu yang tolol… tahun 2007 vixion dijual 19 juta, terus kesininya emang ngga ada inflasi ?.. barang barang udah pada naik..tarif pajak juga naik, bbm+listrik naik…upah buruh udah pada naik… komen yang cerdas dikit dong…kalo suruh sama terus harganya, elu aja yang bikin sendiri….

  18. dulu aja FBY semangat bnget ngomongin MS….
    sekarang kalo ada yg bahas MS langsung dicaci maki…
    NGGAK BOLEH BICARA MS… HARAM BAGI FBY…
    PISS… 😆

  19. ini yg saya tunggu.
    menurut ane sih yimm blum terlalu serius buat new vixi. senjatanya masih disimpan. nuggu k15 nongol dulu, dianalisa lalu dibuat yg LEBIH di bison fi dan yg lebih wah lagi di vixi atau bison versi fairing. mungkin di smester 2 tahun depan. tapi jika yimm merasa terganggu dgn k15 bukan ga mungkin di penghujung semester thn dpn bakal ada sport baru. smoga y.

    sekian analisa ecek eceknya

  20. harusnya seperti itu..produk di kelas sport juga musti diperbanyak serangan kompetitor akan semakin ramai dengan produk barunya..

    semakin ketat ee.. (y)(y)(y)

  21. ngasih fitur setengah-setengah…. ngeluarin RDB aja nunggu penjualan nyungsep… payah…. jual mahal sekarang yamaha….

  22. dengarkan suara konsumen??

    yg dimaksud strategi bersifat fleksibel itu ,
    – mendesain motor seadanya gak perlu pake desain prototype biar murah
    – gak perlu banyak fitur biar untung besar
    – desain bagus gak penting yg penting promosinya gencar
    – kalo dirasa jualan mulai turun karena gak laku , lorenzo siap di datangkan berharap jualan laris lagi :mrgreen: hehehe

  23. Th 2011 ngomongnya jg gitu, Yamaha akan bangkit di th 2012 dg menelorkan banyak produk. Tapi produk yg dikeluarkan KW2 akhirnya tambah nyungsep

Comments are closed.