Tata motors resmi masuk pasar Indonesia!!. India makin galak euy…….

87

Bro dan sis sekalian….industri otomotif India terus melakukan ekspansi pasar. Setelah sebelumnya kita sering mendengar nama Bajaj dan TVS sebagai produsen kendaraan roda dua, kini yang terbaru adalah Tata Motors. Yup….perusahaan otomotif roda empat dari negeri Bollywood pertanggal 11 September 2012 telah memproklamirkan kedatangan mereka keIndonesia. Dengan slogan “Inspired by people”, mereka yakin akan mampu memberikan yang terbaik untuk konsumen tanah air. Dan pada tanggal itulah, sejarah babak baru telah diukir oleh Tata Motor…

Sampeyan pasti bingung dan membatin…” iki mz Iwan lagi ngimpi po piye koq bahas mobil ?? ” . lha aku dewe yo bingung….Blogger motor kok diundang pabrikan roda empat :mrgreen: ??. Tapi karena penasaran dan ada waktu luang, IWB akhirnya meluncur juga kelokasi. Disana bertemu bro SL, sang senior Blogger kita. Ya udah…akhirnya IWB tenggelam dalam komunitas media yang cukup asing bagi IWB. Jian ora kenal wajahe blas :mrgreen: . Ok…kembali ketopik. Pasti sampeyan penasaran….opo Tata Motor ki? apakah perusahaan abal-abal. Apakah mereka pemain baru yang hanya mencoba mengadu nasib keIndonesia?. IWB akan coba review sekilas tentang sejarah si Tata…..

Tata Motors awalnya adalah perusahaan perdagangan umum. Didirikan oleh Jamsetji Nusserwanji pada tahun 1868. Seiring perjalanan waktu, mereka masuk dalam industri Tekstil dengan label The Central India Spinning, Weaving & manufacturing. Bisnis terus berkembang hingga pada tahun 1902 mereka merambah dunia perhotelan dan menjadi bagian dari kelompok usaha untuk mendirikan Taj Mahal Palace & Tower yang resmi dibuka pada tahun 1903. Tidak puas sampai disitu, Tata terus melakukan ekspansi bidang usaha dengan mendirikan The Tata Iron & Steel Company yang berpusat di Jamshedur ditahun 1907…..sebuah pabrik besi dan baja pertama India (mulai produksi tahun 1912). Dibidang pendidikan Grup Tata juga tidak mau ketinggalan.  Mereka membangun The Indian Institute of Science yang didedikasikan menjadi pusat kemajuan pendidikan yang berlokasi diBengaluru India (1911)…..

Ditahun 1912, Tata Steel telah menetapkan waktu kerja 8 jam perhari jauh sebelum undang-undang menetapkannya bahkan bila dibandingkan bangsa barat sekalipun. Karena itulah….bisnis terus berkembang. Perusahaan yang sehat membuat kelompok usaha Tata tidak kesulitan menancapkan cakarnya sehingga sekali lagi mereka berhasil melebarkan jaringan bisnis masuk dalam produk kebutuhan sehari-hari. Dinamakan The Tata Oils Mills Company….ditahun 1917, perusahaan menghasilkan sabun, deterjen dan minyak goreng untuk masyarakat India.  Ketajaman terus dilanjutkan hingga ditahun 1932 barulah Tata melirik bidang transportasi lewat Tata Airlines yang merupakan divisi dari Tata Sons yang bergerak dalam sektor industri penerbangan. Selang 8 tahun setelah itu, bidang kesehatan juga dibidik. Tata Chemical Resmi didirikan ditahun 1939. Dan…..masa itu datang. Yup, cikal bakal Tata Motor mulai lahir…..

Ditahun 1945, didirikanlah Tata Engineering & Locomotif. Pada masa kemerdekaan dinegara kita tersebut, Tata sudah mampu memproduksi locomotif serta produk otomotif lain. Untuk memproduksi kendaraan komersial kualitas dunia…..ditahun 1954 mereka memutuskan bekerja sama dengan Daimler Benz Jerman. Dari sanalah alih teknologi dilakukan secara perlahan. Lebih dari 7,5 juta kendaraan 4 whells sudah dibuat sejak masa itu. Basis manufacture tersebar diempat tempat salah satunya Pune India (pabrikan Bajaj juga disana brosis). Barulah ditahun 2003, secara resmi perusahaan otomotif diganti dengan nama Tata Motors. Berturut-turut Tata grup terus mengembangkan bisnisnya dalam bidang kosmetik (1952) serta software bernama Tata Consultancy Services (TCS) yang didirikan tahun 1968…..

Seiring berjalannya jaman, teknologi serta tuntutan kualitas, pada tahun 2005 Tata Motors melakukan aliansi strategis dengan Fiat Italia. Berdirilah sebuah industri patungan dengan label  Fiat Group Mobil Pvt. LTD yang memproduksi mobil FIAT dan Tata serta power train Fiat. Kini berbagai kendaraan sukses mereka telurkan dan produk Tata sudah dieksport ke kawasan Eropa. Mulai dari mobil kecil….bus penumpang, kendaraan mini truck daya angkut 0,5 Ton sampai heavy duty truck 49 Ton. Atas kepercayaan serta kualitas yang ditawarkan….produk Tata berhasil menjadi produsen Bus terbesar ke-3 serta truk nomer empat dunia. Prestasi makin cemerlang setelah Jaguar Inggris dan Daewoo Korea diakuisi oleh Tata Grup. Sekarang R & D resources nyaris ada ditiap negara tempat tiap produk dipasarkan. Pemasaran produk telah mencapai Eropa, Afrika, Timur-Tengah, Asia Selatan serta Amerika Selatan. Strategi bisnis akhirnya mulai melirik Asia Tenggara. Setelah melakukan survei mendalam selama dua tahun…..dari beberapa kandidat, akhirnya Indonesialah yang dipilih guna menjadi basis perakitan kawasan Asia. Mantap!!!…..

Dari history diatas, jelas Tata Motor bukanlah perusahaan kemarin sore yang hanya ingin mencoba peruntungan diIndonesia. Segalanya sudah dipersiapkan dengan matang. Diwakili pak Biswadev Sengupta sebagai Presdir Tata Motors Indonesia, dia mengungkapkan…..berdasarkan riset yang mereka lakukan, kondisi operasional dan kebutuhan konsumen Indonesia mirip dengan India sehingga peluang Tata Motors sangat besar. Filosofi perusahaan yang meracik mobil berkualitas dengan mengedepankan fuel efficiency serta ramah lingkungan diyakini akan menyita perhatian konsumen tanah air. Melambungnya harga bensin (wacana pencabutan subsidi bensin juga disebut) maka Tata adalah pilihan tepat (kabarnya irit bro). Proklamasi kedatangan Tata grup juga diikuti persiapan pembukaan 15 main diler dengan target 60 diler 3S serta 100 bengkel dan lebih dari 300 suku cadang. Yang membanggakan, Indonesia direncanakan menjadi basis manufacture yang akan melayani eksport negara-negara Asia Tenggara. Sebuah langkah yang patut diapresiasi…….

Last…produk Tata akan resmi nongol pada pameran Internasional Motor Show ke-20 tanggal 20 September nanti. Bisikannya…Nano mungkin menjadi salah satu produk yang hadir disini dalam waktu dekat. Ketika ditanya…..apakah mereka tidak keder dengan dominasi Jepang yang menguasai 90% pasar Indonesia?. Pak Sengupta menjawab diplomatis bahwa mereka tidak akan berkompetisi dengan pabrikan Nippon yang sudah mendarah daging dikonsumen Indonesia. Namun Tata akan mencoba memberikan sesuatu yang beda. Sesuai slogan Tata Motors….Inspired by People. So…penasaran dengan Tata Motors?. Monggo datang aja ke IMS Hall C brosis. Disana bakal dipamerkan beberapa produk andalan perusahaan otomotif Tata. Biar rasa penasaran tuntas-tas. Tata motor? India makin galak euy :mrgreen: …...(iwb)

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
  • galak

  • ifan_vixiony

    pertamaxx kah?????

  • ifan_vixiony

    lumayan podium….
    Klah kro sesama cah wonogiri…..

  • pertamaxx

  • uwasem kesalip si ipan jombliz!-,-

  • bark.me

    Absen aja dehh.. 😀

  • ferdy

    Wow

  • eko354

    Bagus nie.
    Konsumen jadi tambah banyak pilihan.

  • RI.SpdO

    Top Ten

  • kapan indonesia bisa bikin kaya gitu ya? yang bener bener di produksi masal dengan harga murah

  • Waw thun 45 udah buat lokomotif… pdhl kita msh perang… brarti yeknologi kita kalah jauhhhhh dri india…
    Sama2 djajah, mending djajah inggris driada d jajah blanda … tpi lbh enak lgi merdeka, hehehehe

  • mobil kw 2……………….

  • andi

    Kok kayak nya negara bekas jajahan inggris pada maju2 ya??

  • kalau mobil SUV’nya harganya di bawah 100jt, boleh lah,,,

    kalau yg di bawah 100jt cuma tata nano,,, mikir lagi mas,,,, mobil kok sekecil itu,,, gk cocok untuk orang dengan postur lebih 170cm… mending beli mobil jepang bekas yg kelas SUV / MPV….

    kebiasaa orang Indonesia,, kalau jalan2 senengnya rame2 sama keluarga, inilah yg menyebabkan mobil MPV laris…

  • kepanjangan mas 😀 meles baca
    Tp semoga mobil2 murah berkualitas dapat dihadirkan di indonesia, kyk TVS sama Bajaj 😀 *oke ngaco

  • kita tunggu saja
    tata juga punya saham di rover kan

  • miko

    semoga gak semahal jepun tapi kualitas di atas cungkuok…

    bisa gak ya?

  • milky bo

    andai tata nano 30 juta?
    modyar tenan jepang e…

  • Hen

    Nah komen bro Andi ini yg sama dgn benak ane…= Kok kayak nya negara bekas jajahan inggris pada maju2 ya??=

    Sial kita ya bro Andi dijajah oleh belanda…gk ada sejarahnya jajahan blanda itu maju (sy berharap pengecualian untuk indonesia)…Persemakmuran inggris hampir rata2 maju semua; australia punya Holden,New Zealand punya merk Britten (entah masih hdup atau gk),India; Tata motors,Bajaj,TVS,Maruti,Hero,,Malaysia punya; Proton,Perodua,Modenas,(masih bnyak merk lain dari malay gw lupa),,persemakmuran inggris yg lain cari sndiri dah….;( masih bnyak ternyata…;(..

    —-

    Dari indonesia ;)….; xixixi ; Timor,Timori,Bakrie Motor,Kalla Motor,Maleo,Pindad,PAL,Kanzen,Minerva,..daannnn…ESEMKA…!! Hidup Indonesiaa!! awas klo loe ngetawain…loe … guwe….end…!! (Berharap PAL,Pindad mau bikin mobil atau motor xixixi)…

  • wuihhh dadi ngiri aku karo wong india…
    Kapan yo Bangsa Indonesia maju iso koyo India ? Kabeh bisnis di lakonin…
    Lah iki putra Bangsa Indonesia arep maju wae di persulit…
    Contohe Mobil Esemka….
    Nggeh to mas iwan…

  • Wow, pasar indonesia rupanya banyak disorot oleh produsen otomotif dunia. bener2 konsumtif. semoga kedepan indonesia bisa ketularan jadi produsen juga y. 🙂 https://orderdesign.wordpress.com

  • Filosofi perusahaan yang meracik motor berkualitas dengan mengedepankan fuel
    efficiency serta ramah lingkungan diyakini
    ———————————————-

    Oh meracik motor juga…. i see

  • Joko Tole

    mas IWB,
    Sakjane hargane brp klw dah dijuwal dimari?
    Kok jadi diatas 40jt yo kabarnya?

  • masalahnya mas iwan mereka berani jual murah.
    Beberapa waktu lalu ada proyek keluar negri untuk program ERP, orang kita jual $10,000 tapi mereka berani jual harga dibawah itu…

    😆

  • coba kalau ada pikiran kaya gini…. :

    ngapain merdeka ya…. mendingan dijajah aja sama belanda terus sampai sekarang. saya yakin negara “hindiabelanda” sekarang sudah jadi bangsa yang maju. toh pada akhir2 belanda sudah sadar dan parlement mendorong pemerintah dan kerajaan belanda saat itu untuk melaksanaan “politik etis”.

    merdeka malah dijajah bangsa sendiri…

    yakin gak kalau daratan amerika dan oztrali bisa maju suku aslinya tanpa penjajahan pendatang?

    ———–

    any question….?

  • Dwitri Oktaria

    TATA Motors harus bisa meng-edukasi calon buyers Indonesia bahwa kendaraan buatan selain Jepang dan Eropa itu belum layak dimiliki meski harganya murah dan diisi fitur2 yang wah

  • codott

    yang penting murah tapi nggak murahan.. *lagu lama*

  • nyimakk…

  • RC213V

    artikel beginian Si Roy, Bukan FB, qwerty, Crank90 gak pada nongol

  • peyek

    well com deh buat tata motor
    smoga industri otongmotip lokal bisa nyusul si tata…

  • august

    tongsam pada September 12,
    2012 pada 7:58 AM
    coba kalau ada pikiran kaya
    gini…. :
    ngapain merdeka ya…. mendingan
    dijajah aja sama belanda terus
    sampai sekarang. saya yakin
    negara “hindiabelanda” sekarang
    sudah jadi bangsa yang maju. toh
    pada akhir2 belanda sudah sadar
    dan parlement mendorong
    pemerintah dan kerajaan belanda
    saat itu untuk melaksanaan
    “politik etis”.
    merdeka malah dijajah bangsa
    sendiri…
    yakin gak kalau daratan amerika
    dan oztrali bisa maju suku aslinya
    tanpa penjajahan pendatang?
    ———–
    any question….?

    berapa banyak darah yang sudah tumpah ke tanah bro,, tapi anda sama sekali tidak menghargainya…
    merdeka itu hak semua bangsa…

    jangan jangan bila kita masih dijajah belanda saat ini anda pun akan menghayal, “coba kita merdeka dari dulu”

    wtf

  • Tata motor identik dengan mobil murah… mungkin disini sasaran bidiknya adalah para biker yang ‘galau” 😆 3dari pada beli motuba… 😀 nitip,mas.., https://bakulkangkungjpr1.wordpress.com/2012/09/12/yamahadari-alat-musik-ke-dunia-otomotif/#more-726

  • 30. RC213V – September 12, 2012

    artikel beginian Si Roy, Bukan FB, qwerty, Crank90 gak pada nongol
    ———————————————————————————-
    Lu nomor 30,… gw di nomor 25 om…
    makanya baca… jangan asal komeng…

    😉

  • jadi inget jaman SD di bandung ada bis damri merk TATA tapi ga lama diganti mercedes semua krn udah pada rusak. maaf bukan jelek2in bisa jadi mungkin krn memang udah tua2 bisnya

    http://itemompong.wordpress.com/2012/09/10/pengaman-motor-sederhana-bag-2/

  • @august

    itu namanya logika terbalik dan pengandaian…

    😉

  • bedul

    Indonesia kalah jauuuuuuuuuuuuuuuuhhh, di sini masih pada sikut-sikutan masalah kekuasaan, pentingin golongan doang….

    ngiriiii bangettt sama indiahe…

  • permen karet

    India mah nasionalismenya tinggi sob,orang sono lebih bangga pake produk sendiri daripada produk sendiri,beda ma rata2 orang indo,termasuk ane 😆 . . . .

    semoga ne tata motor bisa bersaing ma jepun,tapi ya pelan2 dulu lah. . . .pabrikan indo?merintis aja ga jadi2,sekarang kesannya tenggelam 🙁

    • iwanbanaran

      @ prima
      Bener juga sih. Cm kalau beda 50juta dibanding Jepang gimana bro?
      @ richie
      Sebagai bahan pengetahuan mz, ojo males moco :mrgreen:
      @ miko
      Patut ditunggu bro…
      @ milky
      Walah…Ninja RR ama CBR150 yo melu modar lak an wkwkwk….
      * ngawur.com
      @ hen
      Inggris lebih terbuka. Kalau belanda betul-betul mengebiri. Apalagi Jepang….3,5tahun aja dulu orang kita dipaksa makan gaplek (ketela kering) soale nasi disita semua (cerita nenek almarhum)
      @ wiyan
      Nggih mz,…pemerintahe ogah2an mendukung. Susah bro kalau kayak gitu
      @ tongsam
      Wedew…bablas ngetike. Mindset didalam soale motor mulu xixixixi
      * tq infonya bro. Langs dikoreksi
      @ joko tole
      Kuat dugaan seperti itu bro. Kayaknya banyak pernik2 yang membuat banderol terdongkrak. Biasa birokrasi serta pajak…
      @ roy
      Dengan kualitas sama? Ini yang menjadi tantangan kita…
      @ dwitri
      Setuju banget. Dan itu tantangan terbesar Tata

    • iwanbanaran

      @ Roy
      Berarti mereka berani mengambil untung dikit dibanding kita?
      @ permen karet
      Dalam presentasi yang ditunjukkan seluruh Indonesia mzbro. Ada map yang ditunjukkan….mulai dari Sabang sampai Merauke
      @ ok
      Kalau saya baca, justru Tata punya perusahaan baja juga bernama Tata Steel. Yo wis, nyambung to :mrgreen:
      @ nadzirin
      Ngarep.com hehehe
      @ bk
      Waladalah… :mrgreen:

  • @mas iwan

    Kualitas kita sama mereka setidaknya dari sisi skill programming 11 12 lah… cuma ya itu…

    mereka berani jual dibawah harga normal…

    😉

  • permen karet

    @bang iwanbanaran
    penyebaran main dealer sama dealer 3S itu masih diseputaran jawa apa aja atau udah sampe sumatra,kalimantan dst?

    biasa bang,ane pikir dari dulu masalah pabrikan oto indihe di indo selalu terganjal soal 3S,kualitas pabrikan si menurut ane sama,bahkan ada yg ngelebihi jepun. . .salam kenal rider dusun 😀

  • Ok

    Kalau tata sumo & tata safari harganya berkisar 100 juta-200 juta ajib kang iwan.
    Kang yang ane mau nanya India punya Industri baja sendiri nggak?
    coz harga motor atau mobil buatan India murah tapi materialnya rigid banget.
    Tebakan saya India punya Industri Baja sendiri jadi harganya bisa murah.
    Terima kasih.

  • Bisa ndak ya ngejual NANO Rp.30 jt ?

  • bk

    tenang aja indonesia punya tata dado hihihi

  • tata aria cakep kyk nya tuh, kemungkinan akan laris, soale mobil keluarga 😀

  • mana si RV213V??? udah nuduh gak baik terus gak nongol2 lg…

    😆

  • kukirakurakura

    Indonesia pangsa pasar di Asia yang gurih dan menjanjikan

  • Waaahh,,,MANTAB banget tuh,
    akhirnya ada Juga PERUSAHAAN yang PERCAYA pada INDONESIA buat Dijadikan HOME BASE Di ASIA TENGGARA,
    Apakah Perusahaan JEPANG yg sudah LAMA MALANG -MELINTANG mikirin Yang Spt ini,,,,NGIMPIIIIII,,,,!.
    DIDUP TATA MOTOR,,,,,,,!.
    HIDUP INDIA,,,,,,,,,,,,,,!

  • @mas iwan

    kemungkinan besar demikian, makanya penetrasi mereka berani dan cepat. ya karena itu tadi. itu dari sisi software ya…

    😉

  • Kok gak ada tipe TATA Dado ya ? wkwkwkwk

  • Industri otomotif india siap bersaing dengan Jepang dan Uni eropa. Kita cukup sebagai konsumen. nasiiiibbb.
    http://crazy2ride.wordpress.com/2012/09/11/impresi-menunggang-kawasaki-ninja-150-ss/

  • bukan FB

    selama kualitas bisa bejaban (ga musti unggul) ama nippon punya dengan harga jauh di bawah pasti laku di sini!!! malah bisa mengeruk pasar mongtor premium!!! ini untuk ekonomi menengah!!! kalau ekonomi atas sich tentu pikirin gengsi (merk nippon/usa/eropa)!!! :mrgreen:

  • peyek

    di indonesia dah lama ada kok…
    mang TATA ng

    kumaha damang…

  • @bukan FB

    1 hal yang di perbaiki adalah 3S dan ketersediaan sparepart, kalo itu udah ada n ready stok sih cincai

    jangan kek binter, datengin barang tanpa sparepart ya tenggelem…

    😉

  • bukan FB

    @Roy

    iya termasuk 3S juga mesti bejaban (ga musti unggul) ama nippon punya!!! aye berani beli walau sparepart musti indent!!! asal indentnya jelas dan masuk akal rentang waktunya!!! :mrgreen:

  • bengs

    India semakin jaya, indonesia semakin jaya jadi customer.

  • aam

    indonesia mana esemka nyaaa……

    http://www.jsm.co.id

  • tata truck jadi inget irt deadlist roads 😀

  • @bukan FB

    max 1-2 minggu… itu dah masuk relatif wajar…

    😉

  • simol

    walaupun bloger roda 2 g salh jg ko dateng d acara seputar roda 4,malah nambah pengalaman ko mas iwan,ijin share yo mas iwan 🙂

  • oyo

    Prihatiiiiiin………

  • Accha..accha…

  • Super tajirrr…

  • Akhirnya keluar juga artikel tentang tata … bosen juga liat harga mobil >100jt, walaupun bentar lagi muncul toyota daihatsu <100jt ga yakin juga bisa murah, pasti harganya 9 koma 9 koma 9 koma 9 komaaaa.
    Setidaknya kualitas India lebih baik daripada cina, Mudah2an aja Tata bisa menjual mobilnya dibawah 50jt. Amin

  • bejo

    Seharusnya distop saja, Indonesia sudah penuh sesak , macet dimana-mana, enak orang India dapet untungnya…..disini pengap, panas,macet,sumpek

  • bengs

    indonesia bisa apa?

  • Jhon Speed

    Wedeeeew India ngeri dach…

  • masih lebih hebat Dong-Feng

  • jeprut

    di tunggu mobil irit
    hrg d bwh 40jt

  • keong ijo

    mobil jokowi kemana nih nyungseup ka sawah euyyy…. mobnas kelaut deh jadinya. tata jual mobil murah aja 50 jtaan biar pabrikan jepang lier…. … …. jaman gini mobil motor mahal huh kelaut aje buang ( ane pungut hehe )…

  • Dani Pendosa

    Kirain tata mantan istrinya TOmmy Suharto….kalo Tata Tommy sih gw mau…biarpun Rondo, tapi isih (rodo) kempling…ora tau di-elus si tommy.
    Lha kepriye arep ngelus, lha suwe ning hotel prodeo kog…

  • mana si RC213V?
    tumben menghilang…

    *bingung nyari

  • rr150se

    cuma nambah macet, kemajuan apa kemunduran buat negara kita? Miris…

  • david

    TATA BOGA
    TATA RIAS
    TATA TIKTUK
    hahaha

  • RCV213 dimana ente… ane udah nongol di no 25…
    hallloooooo….

  • Apa-apa salahkan pemerintah aja deh, kenapa ndak bisa mendidik dan mengarahkan bangsa ini lebih maju…

  • theo

    kira” tata rekrut tenaga kerja indo g y mas brow?

  • RC213V…. helllooooooooooooo…. ente dimana……….
    gw udah hadir di no 25 om…

    😆

  • India memang semakin maju dikarenakan suka bekerja keras,untuk ukuran otomotiv pun dapat bersaing di kancah Asia,beda dengan Indonesia yang bersaing hanyalah korupsi-korupsi dan korupsi.uang rakyat habis dimakan koruptor.banyak orang berlagak bersih/berlagak pandai,begitu jadi pejapat ujungnya pasti koripsi.

  • Segera di publikasikan mobil TATA NANO nya,dengan harga jelas agar yang berminat segera beli termasuk saya,lumayan naik motor kehujanan,naik Terios jalan buntet.naik cenia parkir nggak ada.

  • Kalau sudah beli Tata nano,segera kunjungi web kami di http://ajibbisnis.com.westo pasto beres

  • kalau memang mau jualan tata yo segera di bandrol harganya,biar nggak simpang siur.sing 30 juta,sing 35juta,sing bener sing endi,cepet jelasnocak.

  • Hay tata emangnya segera dipamerkan kamuya?ke Surabaya aja ta pingin tahu aku sekurus apa kamu itu,apakah sosok tata memang layak aku dapatkan,apakah bener sexi kamu tata.yang jelas dateng aja ke http://ajibbisnis.com.pasti okelah,sips.