iklan iwb

Mungkin bagi kita terdengar cukup aneh. Sebagai pusat penghasil motor, Jepang malah hanya bisa menerima produk impor yang didatangkan dari luar negeri. Akan tetapi jika mengacu pada sektor bisnis, manuver Yamaha tidak terlalu mengagetkan mengingat labour cost serta biaya operasional di India memang jauh lebih rendah ketimbang Jepang. Karena itu…banderol sikuda besi akan kompetitif ketika tiba disana…..

India sebagai pusat perakitan varian R15 serta FZ-S kini ancang-ancang mulai mengeksport keduanya ke negeri Nipon. Tindakan merupakan strategi bisnis Yamaha yang berniat melakukan ekspansi pasar hingga pasar global untuk kedua produk andalan mereka. FZ-S sendiri adalah varian lain dari FZ16 yang biasa kita kenal dengan nama Byson ditanah air. Perbedaan signifikan paling hanya pada visor atau tudung kepala…..

Menurut Mr. Hiroyaki Suzuki (MD Yamaha India) seperti dilansir Bikeadvice, Jepang adalah potensial market untuk motor racing. Doi yakin R15 akan diterima dengan baik mengingat kehandalan manuver serta image racing yang begitu lekat pada gen R15. Doi juga mengatakan perkembangan motor kubikasi kecil dinegeri Nipon cukup menggembirakan karena itu keputusan membawa muscle bike FZ-S serta R15 V2 bukanlah tanpa alasan. Namun mereka tidak gegabah….

iklan iwb

Eksport awal hanya dikirim 300unit untuk tes pasar. Jika respon bagus…secara bertahap jumlah ditambah. Dan kalau Jepang menyambut positif kedua produk tersebut…..tidak menutup kemungkinan eksport bakal dilanjutkan kedaratan Eropa.? Apalagi kabarnya pabrikan garputala India sudah mulai mempelajari pasar roda dua negara Spanyol, Turki serta Portugal untuk dibidik ditahun 2013 nanti. Sebuah usaha brilian…..

Last….R15 serta FZ-S bakal dibanderol sekitar 245-341ribu Yen Jepang (setara dengan 30-41juta rupiah). Sayang…..sejauh ini pasar Asia Tenggara belum disebutkan sebagai tujuan eksport produk fairing dari India tersebut. Sebuah wacana yang sebenarnya patut dipertimbangkan mengingat mayoritas biker disini begitu antusias terhadap nyawa racing. IWB yakin potensi market diIndonesia jauh lebih besar dibandingkan Jepang yang secara populasi tidak ada seujung kukunya. Patut dipertimbangkan tuh, ya nggak bro……(iwb)

287 COMMENTS

  1. Wah india dapat menyerap tenaga kerja yang banyak dari negaranya mengingat kemudahan aturan disana

  2. moga2 masuk sini n harganya dekat dengan CBR150!!! dijamin digiles tuch CBR150!!! kalah keren sich!!! :mrgreen:

  3. Indonesia udah macet jgn tambah lagi kendaraan bahan bakar fosil, kapan kendaraan zero emisi nya!?

  4. fitready – Agustus 7, 2012

    Indonesia udah macet jgn tambah lagi kendaraan bahan bakar fosil, kapan kendaraan zero emisi nya!?

    =================================================
    indonesia bukan jakarta doang, tempat saya gak macet tuh

  5. pastinya oran jepang mikir-mikir lagi buat beli produk india, lah jepang sendiri punya produk dengan kualitas lebih bagus dan lebih keren dari pada india.

  6. Klo d bawa kemari mah paling” 25-27jt.. Waahh kira” gmna nasib cbr ea. Karena kbanyakan konsumen gk tahu apa itu sohc/dohc.. Taunya kelebihan cbr ituhh cuman fairing :mrgreen:

  7. YIMM please jangan dulu masukin R15!!! kasihan tuch ntar CBR150 digiles!!! ntar pensiun pula para sales hand*ng* jualan mongtor sprot!!! udah 250nya dilibas KMI!!! ech 150nya dilibas YIMM!!! bisa bunuh diri sales hand*ng*!!! 🙁

  8. R15 masuk indonesia = Judule Ngimpi…..
    YIMM gt loh, slma V-ixion (n new V-ixion) msih laku di Indonesia ky’ny berat pluang motorsport fairing msuk ksini…

  9. 30. Yanu Saktiaji – Agustus 7, 2012
    R15 masuk indonesia = Judule Ngimpi?..
    YIMM gt loh, slma V-ixion (n new V-ixion) msih laku di Indonesia ky?ny berat pluang motorsport fairing msuk ksini?
    ===================================================
    sabar bro…. new vixion bisa jadi suatu langkah awal turunnya R15 di Indonesia… tunggu aja bentar lagi dan sementara ini nikmati aja motor yang ada dulu…

  10. Semoga Eko membaca ini
    Secara akal sehat kalkulasi saya begini :

    1.Mendingan masukkin R-15, bisa mendampingi Old-Vixion
    2.New Vixion dibatalkan saja, sebab secara visual sangat tidak menjual, mending cancel saja daripada malu-maluin.
    3.Ambil Parts yang bisa dimanfaatkan/dikanibal dari New V-Ixion untuk dicangkokkan di Old Vixion : Rear Disk Brake,Arm Belakang,Speedometer, Velg+Ban, selebihnya digudangkan saja, soalnya sdh pasti ndak menjual..
    4.Bagi para pecinta V-Ixion, mending buruan beli Old Vixion(yg jelas-jelas gagah tampangnya) mumpung stock masih ada.

  11. Dsinyalir r15 bkl msuk indo thn 2013/2014. N bkn r15 v2.0 tp r15 v2.1 yg d ckd. Bkn pula upgrade vixion, tp sbg motorsport baru.. Ngayal dah kuat” hihigi :mrgreen:

  12. R15 klo dateng ke indonesia harganya harus 27jutaan, dijamin laku bak kacang goren, semua klan motor sport wes di jamin modyar kabeh!!…itu pesan saya untuk YIMM :mrgreen:

  13. Padahal kl masuk indo & dibandrol 28 – 29jt pasti laris manis ya mas Iwan…
    sayang YIMM kelewat mediiitttt…. 😀

  14. Eko mana bisa dengar dan lihat,sistem syarafnya udah rontok semua

    salah satu retarded statement si Eko ketika ditanya soal R15 “”Itu sudah terpenuhi dengan adanya V-Ixion, dari sisi teknologi, sistem, fuel injection,”

    R15 bisa cepat datang ke indonesia,asal si Eko diganti mas IWB

  15. 27. Dalank – Agustus 7, 2012

    Klo d bawa kemari mah paling? 25-27jt.. Waahh kira? gmna nasib cbr ea. Karena kbanyakan konsumen gk tahu apa itu sohc/dohc.. Taunya kelebihan cbr ituhh cuman fairing :mrgreen:
    =================================================
    tambahin lagi ahh. konsumen Indon taunya kelebihan Comberan150 itu cuma sangat operpret..prat..prot :mrgreen:

  16. @ 40.crank90
    R15 klo dateng ke indonesia harganyaharus 27jutaan, dijamin laku bak kacang goren, semua klan motor sport wes di jamin modyar kabeh!!?itu pesan saya untuk YIMM
    ========
    Nahh mungkin itu lalasan yimm gak boyong r15 dr india,, klo harga murah di jamin laku bak jualan kacang goreng, kan repot klo motor inport 40-50rb unit/bln r15 dr india.. Blm lg spare part a.
    * perkiraan ane sih yimm ada niat wat menCKD r15, Makanya gk mau inport.. Ngarepp :mrgreen:

  17. Yamaha Indonesia baru akan mengambil keputusan yang sama kalau sudah terancam 🙂

  18. seandai nya r15 di datangkan ke indonesia,trus d hargain sama kaya CBR 150,apa kata FBY yaaa :mrgreen:

Comments are closed.