iklan iwb
Tetap pede walau pakai sandal jepit :mrgreen:

Sopo sih sing ora demen bisa mengelus motor yang selama ini hanya kita lihat digambar. Tampang gagah khas Eropa membuat IWB jingkrak kegirangan ketika mergoki penampakannya disebuah dealer Bajaj Cisalak. Dan menyambung artikel sebelumnya tentang VIN, kali ini IWB akan coba membahas detil part lebih dekat. Seperti apa?? monggo diintip….

Desain?? jempolan. Nuansa eropa sangat kuat terasa. Frame teralis dengan mesin yang besar padat berisi membuat kita terkecoh bahwa engine hanya 200cc. Impresi pertama mengamati dengan seksama….headlamp Duke 200 ternyata lumayan kecil jika dibandingkan tanki kondom yang menggembung lebar (lebih gede dibanding Byson). Bahkan ketika IWB jejerin dengan sikebo…batok kepala gen FZ lebih gambot. Tapi jangan ditanya mengenai perawakan…..KTM Duke200 begitu jangkung khas Eropa. Herannya…untuk ukuran badan Asia, IWB merasa nyaman tidak kesulitan. Nampaknya pihak desainer sudah memperhitungkan sedemikian rupa agar rider bisa mengendalikan penuh handling sikuda besi. Lha terus tinggi mana dibanding Yamaha Byson??…

iklan iwb

Tetap tinggi Duke 200….tapi tidak terlalu signifikan. Kalau IWB raba seat height yang ditawarkan lebih kurang seperti Pulsar series, namun dengan pendekatan yang berbeda. Artinya…posisi riding tegak dan mantap…beda dengan Pulsar yang sedikit racy. Yah…memang tetap jinjit sih tapi tidak gila-gilaan :mrgreen: . Dan satu kelebihan Duke 200 dibanding Pulsar ataupun Byson yakni sensasi ketika nongkrong diatasnya….enteng brosis!!. Dijamin lincah kalau nyelap-nyelip dikemacetan lalu lintas. Stang diputar kiri kanan terasa ringan. Betul-betul mengecoh nih. Bisa jadi akibat sumbangsih stang baplang, plus berat yang hanya 136kg. Oh iya….karakter monoshoknya juga soft. Jauh lebih lembut dibanding tunggangan IWB. Sayang…kita hanya bisa menelan ludah tidak diperkenankan mencicipi. Lha wong speedonya aja masih disegel plastik brosis. Nah…yang menarik, ketika IWB amati jebule produk Duke 200 memang banyak dijejali part Bajaj. Tidak percaya??….

Yang pertama adalah perangkat rem yang memakai Bybre. Mulai dari master dan kaliper rem bahkan piringanpun begitu identik tidak ada perbedaan. Kemudian tutup bensin…wis plek bro, itu memang part Pulsar series. Belum lagi perseneling, foot peg, spring return (clutch), baut, air fan radiator, ban MRF, rumah kunci serta pernik-pernik lain yang tidak bisa disebutkan satu persatu adalah made in India. Kecuali knalpot, stang serta pelk….disana terukir brand ?KTM?. Hhhmm…memang yang bikin mahal ini nih :mrgreen: . Dibalik kekaguman desain, jujur ya…jangan protes :mrgreen: , finishing sedikit kurang memenuhi ekspetasi untuk banderol motor seharga 60jutaan keatas. Entahlah….semua hanya opini pribadi…

Last…monggo intip aja jepretan-jepretan part yang IWB maksud. Bagaimanapun untuk ukuran motor 200cc, secara perfomance IWB yakin Duke 200 memang top markotop. Ban gambot, desain Eropa dengan jaminan teknologi langganan pemenang Rally Paris-Dakar yang terkenal ekstrim. Any question??…..(iwb)

98 COMMENTS

  1. @ 5. harisxyz
    Memang terkesan ramping dan tinggi….tapi nggak kecil lho ya
    @ 11. Arday
    Gaya yang ngajarin wak haji Taufik tuh…jempol tangan xixixi
    @ 17. Sahid M Ummah
    He eh mz…semar meseme ko kono mz :mrgreen:
    @ 21. ax125
    Oalah…wenehi nilai koq pelit men to mzbro. Cuma “sithik” wkwkwk…

  2. ternyata ‘bersahabat’ ya dengan ukuran orang kita…pas liat foto mas nawi nongkrong diatasnya 😆
    kirain tinggi bgt kayak khasnya moge eropa…harganya doang yang tetep tinggi :mrgreen:

  3. Ganteng seng numpak. And…juoss wujude KTM Duke ….tapi tetep Aku mundur karo mlayu ngerti regone xixixixi…. [semoga ora kobong warunge coz ra mbahas Y n H ] lak kobong yo kebangetan hehe….

  4. padahal di indihe cm dijual 20 jt an, pdahal gak ada bedanya sama yg dijual disana. meong.. meong..

  5. Keren deh …
    Apakah part India tu dibuat untuk menekan harga jual ?

    nofgipiston.wordpress.com/2012/07/19/apa-itu-swap-engine/

  6. mesin sudah oke, harga harus diturunkan, sayang kurang adanya fairing, jika ada fairingn n seharga cbr atau ninja ya dijamin laku

    *pendapatku

  7. finishing ga sesuai dengan harga??.? toeng,,, toeng,,,

    chozinahmad.wordpress.com/2012/07/19/hampir-celaka-ternyata-vitur-side-stand-switch-penting-juga/

  8. finishing tidak sesuai dengan harga???? toeng,, toeng,,??

    chozinahmad.wordpress.com/2012/07/19/hampir-celaka-ternyata-vitur-side-stand-switch-penting-juga/

  9. siapa tau ada yg mau beli kacamata kek rossi versi murahnya, heheheee…
    ninjabigcow.blogspot.com/2012/07/vans-off-glasses.html

  10. Bannya kok masih pakai MRF ya….trus suspensi depan apakah pakai WP supension Mas IWB?

  11. impotirnya boong kali ya… bilang ambil dari eropa.. eh.. yg dateng sama kaya rakitan india… hehehehehehhe…

  12. Menurut saya pribadi ni motor ga ada bagus-bagusnya, di bagian belakang terlihah kopong, kurang berisi, apalagi ada embel2 india nya, saya rasa ni mototor ga akan laku di indonesia mengingat orang2 indonesia udah tau sendiri dengan apa yang namanya india. seperti halnya Byson dan NMP kedua motor tersebut kurang laku karena ada embel2 dari indianya, saran saya buat ATPM, apabila motor ingin laku jangan ambil yang berhubungan dengan india, mending desain sendiri motor buatan desainer indonesia, banyak ko desainer2 indonesia yang jago akan desain motor2 keren. daripada ngambil basic india yang notabene semua orang juga tau tuh negara termasuk negara kismin,,lebih kismin dari negara indonesia, rakyatnya disana banyak yg kelaparan.

  13. sedikit kritik za mas bro, katanya duke 200 ini d impor dari austria maka dari itu harganya selangit, tapi kox banyak keganjilan, mulai dari rem dan lain2 seperti yg mas iwb sebutkan. Jagan2 ini cuma permainan saja agar keuntungan bisa berlipat ganda. Atau jangan2 ini memang motor buatan india tapi atas permintaan atpm jepun birokrasinya d persulit dan pajaknya d besar2kan biar harganya jadi mahal dan g bisa merusak pasar motor jepun. Karna kalau misalnya harganya 30-40 jutaan bisa g laku tu motor semprot jepun (ninja 250, cbr 250dan 150)

    • @ andhi 125
      He eh bro…bersahabat buat kita. Yg ngk bersabahat duitnya hehehe…
      @ harisxzy
      Walah…size kayak sampeyan pantesnya Ducati Monster tuh
      @ endel
      Tenang bro…lek bahas non Y dan H pasti warung adem hehehe…
      @ dwitri
      Yup…WP bro. Itu yg bikin ganteng!
      @ everyone
      Bybre bro…bukan Brembo
      @ smasher
      Saya nggk enak bro
      @ motormacet
      Klo saya pikir banderol tidak ada intervensi dari pabrikan Jepang bro. Tapi murni dari produsen sendiri. Analisa sih pajaknya plus profit mereka terlalu ambil tinggi. IMHO

  14. banyak part pulsar kok harga dikerek segitu ya? 60jtan….3x nya pulsar 220… malahan kemaren sempet diskon di 16jt an

  15. Simple amaat jawaban nya kang…
    padahal bujed beda tipis dkit S?????????? tetangga sebelah…
    padahal pasar mengharapkan rdb…
    cz NJ1 skrng beda ga ky dulu..
    S?????????? VGR tarikan nya S?????????? ….

  16. patutnya BAI ganti nama jadi PT.KAPAL KERUK INDONESIA kebangetan bener ambil untung,udah pake bilang asli Austria ga taunya part India.
    Cangcay lah! (karo tepok jidat)

Comments are closed.