iklan iwb

Kabar mengejutkan datang dari Bikeadvice seperti dilansir oleh Bussines line, bahwa TVS India sedang menjajaki untuk menggandeng automotif manufacture kondang asal Jerman…BMW Motorrad. Perusahaan yang terkenal dengan motor Superbike S1000RR diincar oleh TVS. Hhmm…nggak mau kalah dengan Bajaj nih. Mantep!!!….

TVS saat ini memang dalam kondisi sulit. Market share terus melorot disalip HMSI (Honda)….menuntut inovasi dan gebrakan serius untuk recovering. Ditambah geliat Bajaj serta Hero Motocorps yang masing-masing sudah selangkah lebih maju. Seperti yang kita tahu KTM merupakan back bone teknologi dari produk Bajaj Pulsar 200NS. Sementara itu….setelah gagal mendekati Ducati, Hero juga berancang-ancang akan mendekati Erik Buell Racing (EBR), kendati saat ini belum terealisasi. Terus piye dengan TVS??….

Setelah lepas dari Suzuki pada tahun 2001, pabrikan kuda berlari hanya berjalan sendiri tanpa campur tangan pihak asing. Berdikari untuk inovasi ternyata bergerak lambat. Butuh sesuatu yang fresh dan up to date. Mulai dari desain ataupun teknologi. Makin banyak kepala makin bagus. Apalagi jika urun rembuk dilakukan dari daratan Eropa yang sudah tidak diragukan taste-nya dibanding internal India. Sayang, untuk masalah alih teknologi, pihak TVS masih enggan memberikan komentar secara gamblang…

iklan iwb

” We are in discussions with BMW for a tie-up, but at this point I can?t reveal more details. However, equity sale is not being considered,?

– Venu Srinivasan/TVS India-

Hhhmm…main rahasia nih :mrgreen: . Kerjasama bisnis keduanya memang masih dalam tahap penggodokan. Akan seperti apa jalan yang diinginkan belum mendapatkan titik temu. Tapi seperti yang dikatakan Bikeadvice dalam penggalan artikelnya…

” Will this tie up end up in making TVS come up with higher displacement bikes. The market is open and now that they?ve the desired tech support too flowing all the way from Germany.”

– BikeAdvice-

Yup…bisa jadi dengan masuknya pabrikan Jerman ditubuh TVS mampu merubah arah strategi serta cangkok teknologi dari BMW Motorrad ke TVS. Artinya….kemungkinan biker tanah air mencicipi sempalan kuda besi kolaborasi racikan India-Jerman jadi terbuka lebar seperti Bajaj-KTM terhadap Pulsar 200NS. Karena dari pengalaman….manuver TVS mirip dengan si-Blue tooth yakni ekspansi market tanpa pilih-pilih. Suatu produk ada diIndia, tidak lama Indonesia mendapatkan giliran. Dan ini sudah kita rasakan atas kedatangan New TVS APache RTR 180 2012. TVS menggandeng BMW?? gimana menurut brosis semua….(iwb)

63 COMMENTS

  1. Buat yg lain, JANGAN BERMIMPI Indonesia bisa punya merk Nasional yg berkembang & jaya, selama MENTAL sbg konsumennya masih terbuai & terjajah dgn IDIOM2 layanan 3S yg sempurna, kualitas MoPang yg mahadewa, dan nilai jual kembali yg tinggi dr merk2 yg established.

    Negara2 yg sukses mengembangkan merk Nasional spt India, China, dan Korea Selatan, itu semua krn konsumennya punya rasa NASIONALISME yg tinggi, di mana mereka mau menerima konsekuensi layanan 3S & kualitas produk yg awalnya masih KALAH dibanding merk Jepun, jg harga jual kembali yg jeblok, krn mmg TIDAK MUNGKIN ada bayi baru lahir sudah harus bisa berlari kencang spt merk2 Jepun yg udah puluhan tahun berurat berakar di percaturan otomotif dunia.

    Ga gampang mas bro sis mbak utk jadi tuan rumah d negeri sendiri, karena KUNCI UTAMA nya adalah anda2 sendiri, konsumen nasional, yg harus memutuskan apakah ingin tetap terjajah atau mencoba memiliki “mindset” yg baru, siap berkorban demi kepentingan yg lebih besar d masa depan.

  2. Gunawanspurs; Ente smart! ….India emang ga ada matinye…..Biar kata orang sono keliatan dekil2, secara total tentang India itu hebat! Kata siapa miskin…??? Mereka punya industri otomotif roda empat; Tata Motors,Mahindra Motors,Maruti Motors,….Roda dua; Bajaj,TVS,Malika,Hero,…….Coba dimana miskinnya india…??? Blm lagi kalo mau OOT ngomongin industri dari india yg lain….banyak!! Patut dicontoh….!

  3. tvs rasa bmw bro hehe

    gak kalah sma tvs, ktm pnya gbrakan lain rickyotomodif.wordpress.com/2012/07/10/ktm-jual-motor-moto3-untuk-kalangan-umum-gebrakan-baru-broo0-3/

  4. Intinya klo memang ternyata gak mampu untuk saling menyaingi ya berteman aja.
    Mungkin dengan hal ini akan jd lebih baik untuk kedua belah pihak.
    Moga aja TVS India akur2 ja sm si BMW..

  5. well ,apapun bs terjadi. klo tvs berniat bgt menggandeng pabrikan besar dunia psti bs terjalin..

    mantab, mbayangin TVS apache ada gen BMW nya..

  6. Bajaj gapunya pabrik disini,akhirnya bajaj tutup di indonesia.pemasaran lewat kawasaki..so bajaj ga lebih baik dr tvs.yg bilang motormya gaenak,karena belom pernah coba TVS aja&gangerti otomotif

Comments are closed.