iklan iwb

Ini bukan ngarang atau kisah dongeng belaka. Melainkan kejadian nyata yang IWB rekam dan soroti bahwa kekuatan desain memang luar biasa. Yusuf…rekan kerja IWB yang pada sejarahnya begitu tidak menyukai produk sayap mengepak. Bahkan bisa IWB katakan, doi merupakan aktifis tulen yang tidak segan-segan meledek atau meracuni teman lain agar tidak membeli Honda. Kenapa hal itu dilakukan?? Ada ceritanya brosis….

5 tahun lalu, Yusuf meminang satu buah Honda SupraX125 tromol. Harapan setinggi langit digantungkan atas tunggangan anyar. Sebagai informasi sebelum memboyong bebek Honda, doi sempat mencicipi itik Kawasaki….ZX130. Tahulah bro…motor ini memang antep. Body besar, tanki didepan plus kubikasi 130cc membuatnya begitu powerfull, stabil dan nyaman. Hingga karena sesuatu hal…Yusuf memberikan kesaudara kemudian memutuskan mengganti dengan SupraX125 warna biru. Namun disitulah benih-benih kekecewaan mulai timbul….

Menurut doi, belum genap 6 bulan…kuping menangkap suara berisik seperti body kendor. “Apa iniiiii??” Ujarnya seperti yang dituturkan keIWB. Diubek-ubek, tangan meraba kesana kemari…spatbor, bokong, fairing dan akhirnya menemukan asal suara dari batok kepala. Karena risih…Yusuf segera membawa siitik kebengkel AHASS. Tidak butuh lama…dengan keterampilannya, simekanik menggunting karet dari ban bekas…membentuk pola dijadikan sebagai seal untuk membantu merapatkan sisi yang kendor. Nampaknya doi sudah biasa melayani keluhan tersebut. Masalah terselesaikan dan Yusuf pulang dengan senang. Tapi…sukacita hanya berlangsung satu bulan, sebab masalah yang sama kembali timbul….

iklan iwb

Ketika memanaskan mesin pagi-pagi, Yusuf menangkap suara bergetar halus dari jok. Ditekan hilang…tapi nongol lagi kala tekanan dilepaskan. Nggondok bukan main. Sekali lagi doi bawa kebengkel untuk dicarikan solusi. Jurus serupa dilakukan oleh kepala mekanik untuk mencegah vibrasi berlebih yang bisa menimbulkan suara mengganggu. Kasus kedua sudah cukup membuat Yusuf uring-uringan tapi belum mampu merontokkan keteguhan hati hingga malam-malam…IWB dikejutkan oleh celotehan doi sambil mengenakan mantel hujan yang robek akibat dlosor menghindari mobil. “Rem diinjak koq motor tidak mau berhenti, benar-benar si*****…” Umpatnya nggak karu-karuan. IWB hanya bisa bengong. Tidak lama, setelah itu, Supra-nya dijual dan berganti Kawasaki Athlete….

Ketikan diatas adalah cerita 5 tahun lalu. Pasca segala kejadian…nyaris Yusuf menjadi aktifivis anti Honda murni. Diloker, briefing, dikantin dan dimanapun…ketika sedang membicarakan motor doi selalu memprovokasi agar tidak membeli produk sayap mengepak. Pengalaman buruknya diceritakan kesana kemari. Padahal dalam pandangan IWB, bukan produknya yang salah, melainkan ekspetasi doi yang terlampau tinggi pada sikuda besi. Yah…tapi bagaimanapun semua adalah hak Yusuf sebagai konsumen. sejak itu seluruh kantor IWB men-cap Yusuf sebagai biker anti Honda. 5 tahun berlalu dan tiba-tiba….3 hari yang lalu IWB dikejutkan oleh pengakuan doi!…

” Bro…saya naksir Vario 125!.” Bisiknya malu-malu. Walah, kesambet setan mana nih anak :mrgreen: . IWB seperti tidak percaya. Sesuatu yang menarik untuk digali. Dan akhirnya….beberapa kalimat sudah cukup bagi IWB untuk menyimpulkan bahwa desain menjadi alasan nomer satu. “Sebenarnya dari Vario lama gua tertarik bro. Dan setelah keluar Yang 125 warna orange makin pening nih…pengen banget..” Ujarnya penuh kejujuran. “Body terlihat kokoh dan kekar” tambahnya lagi. Uniknya, Yusuf tidak tahu tentang fitur atau kelebihan siskutik seperti ACG starter, bagasi helm-in, tanki besa….bahkan doi baru tahu kalau Vario125 menganut sistem injeksi. ” Wah…gua ntar ngomong istri dulu ah..” Serunya terlihat begitu antusias….

Yup…itulah konsumen tanah air. Kadangkala hanya gara-gara desain, kekecewaan atau fitur menjadi nomer sekian. Kekuatan desain mengalahkan komponen lain seperti power, keiritan ataupun teknologi. Yah…ibarat melihat lawan jenis, impresi pertama pasti dari fisik brosis. Kalau sudah ganteng atau cantik…niscaya hati menggebu tidak perduli. Pokoke kerennnn…lainnya belakangan!!. So…bagi pabrikan. Pesan IWB, kerahkan segala kemampuan untuk meracik desain seindah mungkin. Jangan remehkan sisi satu ini. Beri perhatian lebih pada sektor tersebut sebab merupakan magnet tak terbantahkan yang bisa mempengaruhi keteguhan biker. Produk yang atraktif dijamin mampu menutupi pernik-pernik kekurangan lain. Yusuf adalah contoh kongkret yang bisa IWB temui. The Power of Design.…..ediaannn juga ternyata!!. (Iwb)

246 COMMENTS

  1. 46. ndeso tenan – Juni 12, 2012
    dirumahku pelosok ndeso cilacap ada 4motor supra 2007, vega 2002, beat 2011, new scorpio 2011, medan jalanan seperti offroad yang masih awet enak dipake malah yang vega masih joss yang supra udah remuk, beat ngrosok, scorpio buat kondangan doang,..
    ini pengalamanku mosokkkkkkkkkkk
    ==========================================
    ada fby yang bilang klw produk honda kuat di ndeso !!! loh kok,,,,,,, mosokkkkkkkkkkkkkkkk

  2. ora minat ama vario 125… cuma bini doank yang pengen…

    mata gw liat ke performa mesin FU 150 or Kawak Ninja…

    two stroke never (should not) die…

    🙁

  3. nahhh looohh….bro yang anti Honda aja bisa luluh hatinya melihat desain vario 125…
    The power of Design….manteeeeppp gan!!

  4. 52. Roy Gracie – Juni 12, 2012
    ora minat ama vario 125? cuma bini doank yang pengen?

    mata gw liat ke performa mesin FU 150 or Kawak Ninja?

    two stroke never (should not) die?
    ===================================

    klw performa itu loe musti beli yamaho……
    xixixixi

    honda mah ngga terlalu pentingkan tuh performa.
    honda lebih mengedepankan fungsionalitas produknya. ergonomis,irit mejadi hal dasar yang sudah menjadi DNA honda.
    hahahahaaa…

  5. saya pengguna mio j sejak bukan maret lalu, motor ini getar luar biasa kalau dipakai dijalan rusak. skok nya keras. lalu saya ganti skok belakang punya beat, skok depan saya ganti per skok beat dipotong 4 ulir. lumayan agak empuk dikit, trus ban belakang saya ganti ban belakang beat, loh malah makin irit, tadinya 1 liter cuma 50-51 km, setelah diganti ban bisa jadi 53-54 (gak mengurangi tarikan serta top speed loh, malah tarikan makin yahud), top speed 109 di speedometer, di gps sama dengan 94kpj, susah juga sih dapet segitu, tapi kalau 100 kpj on speedo sering. lha awal kegalauan saya sejak ketemu vario 125 di jalan, saya coba belel gas dalam dalam, di power vario 125 ternyata memang ganas, mio j saya tidak berkutik. serasa mandek i pas disalip vario tapie mungkin top speed gak beda jauh, soalnya jarak mio dan vario gak makin menjauh, tetap jaraknya, edian tenan tariannya. pas ketemu di lampu merah malah saya sampai dlongop lihat desain vario 125 ini, keren banget, dari konsol rak dek, lampu depan, ciamik designnya, bisa dibilang mirip sedan, bodynya besar, mantap. design nilai 9 menurut saya, kecuali yang tidak proporsional ukuran ban belakang sama bentuk lampu belakang, tapi udah terlanjur beli mio j bro, yah..

  6. hahahaha… lucu jga cerita nya, semoga aja honda semakin hari akan terus memperbaiki kekurangan2 yang ada dalam produk nya,

  7. @ 8. Antbachtiar
    Lam kenal juga bro…
    @ 38. brotherhonda
    Striping Repsol belum ada mz
    @ 45. tom
    Perhotelan mzbro…diJakpus
    @ 48. budi
    Byson sudah kelar. Masalah pelk memang kudu dikumpulkan data dan bukti dengan teliti. Sebab sejauh ini pengalaman saya apapun pelknya kalau menghantam lubang besar dengan high speed pasti peang bro. Cuma apakah kualitas merk Yamaha dibawah lainnya?? perlu bukti nyata supaya bisa menegur vendor yang bersangkutan

  8. sebaiknya nunggu edisi revisi aja. bodynya bener2 tipis

    bukan cuma gw yg ngerasain

    otomercon.wordpress.com/2012/03/11/tes-ride-honda-vario-techno-125-tetep-paling-proporsional/

    Kualitas Bodi Honda Vario Techno 125, Ini yang saya bener2 kecewa ama AHM, Meskipun secara Kualitas Cat dan Striping termasuk Paling Bagus, tapi Bodinya bro, TiPiiisss , Alamakk? Ini sih sekali gampar pecah, kerasa banget waktu digetok, bunyi kopong terdengar jelas, ada Bapak2 yang megang dan berkata ?Wah,,, Tipis banget yah? kalo katanya om Martini bodinya ?Ngeprek?ngeprek? (Gbr 11-12)

    Iseng Coba lagi pegang Spakbor depan dan Belakang, ternyata lemes juga, gampang banget di kleyotin, ditekuk-tekuk, kayak bodi cewek balet yang lentur dan Fleksibel, Spakbor belakang lumayan, Tapi bodi yang lain yang tampak padat berisi, cukup kuat. Minimal kita tau daerah depan sangat rawan pecah jika terjadi benturan walaupun itu ringan !!

    Kenapa AHM gak mau memperbaiki kualitas bodi yang terlalu tipis ini? apa mungkin ini untuk mereduksi bobot dan Harga ??

  9. Padahal, si yusuf ini anti yamaha bgt, tp malu mau pake dan tdk mau beli produk yamaha karena sdh trlanjur cinta dan jatuh hati dgn honda, apa kata dunia?? walaupun motor honda itu body nya penuh dgn getaran, si yusuf pun tetap memilih honda vario 125 meskipun suara ngorok vario 125 terus ada…. Wkwkwk

  10. 62. Roy Gracie – Juni 12, 2012
    @tau AH

    lho kok ke Yamaha??? bukannya juara motoGP itu honprettt???
    =============================================
    NGGA NYAMBUNG . . . . .

    hahahahaaaa……

  11. 48. budi – Juni 12, 2012

    gmana kabarnya tuh si byson mas? u/ urusan kekuatan pelk knapa yamaha sll gampang peyang y? apalagi mio wah sering bgt tuh ngeliat pemakai mio pelkny keliatan speleng di jalan???? beri pencerahannya mas iwb? pdhal say pngn bgt ngambil xeon tapi pelknya itu yang bikin pindah kelain dealer :d
    ————–
    Mosok? 😀 Mio Sporty ane udah 7 tahun tuh (keluaran 2005) 😀 Yang namanya lubang main hantam, tiap bulan dibawa dari Cirebon ke Bandung, terus naik ke perkebunan teh (Ciwidey), masih oke tuh.

    Nggak tau juga kalau mio-mio keluaran di atas 2005 :p

  12. sy juga mirip si yusuf ceritanya

    dulu sy pake suprafit new,bodynya getar kaya mau copot,bensin ga irit seperti yg diiklankan,larinya ga enak,rantai cepet banget kendor dan aus.

    akhirnya sy jd anti HONDA

    sempat naksir sm VARIO 125,tp nanti dulu ah,masih trauma pake HONDA

  13. Pakaian menunjukkan identitas…. kalo ATPM punya produk bagus dan MODEL KEREN… tinggal dibungkus promosi yahud djamin laris manis (contoh matic hondi). ATPM punya produk bagus MODEL TANGGUNG & promosi kenceng tapi ttep aj kalah jualannya (matic ahamay). Produk bagus, MODEL LUMAYAN, promosi sudah tp tetap g ngangkat (matic Suziku). klo yg satu ini perlu upgrade brand image kali.. bru bs lawan maticnya hondi n ahamay

  14. 68. sinbe – Juni 12, 2012
    Ane sih gak tertarik ma vartech125, malah naksir hayate (selera sih).
    ========================================
    TMc, P2R, Pak RT semua beli Vario 125.
    loe kok……..

  15. setiap motor khan ada kekurangan/kelebihan, tergantung kita perlu yg mana, trus kekurangan itu masih bisa ditolerir atau tidak, kelebihannya sangat diperlukan atau tidak, itu perlu didiskusikan

  16. 65. tau Ah – Juni 12, 2012

    62. Roy Gracie ? Juni 12, 2012
    @tau AH

    lho kok ke Yamaha??? bukannya juara motoGP itu honprettt???
    =============================================
    NGGA NYAMBUNG . . . . .

    hahahahaaaa??
    ———————————————————————————
    ente berarti kurang cerdassss…

    :mrgreen:

  17. 72. Roy Gracie – Juni 12, 2012
    ente berarti kurang cerdassss?
    =======================================
    ngakaka dulu ah…….
    wkwkwkwkwk

    auauauauauauuuuuu……

  18. HAhahaha….
    Sama kyk ane bro iwb.
    Selama puluhan taon ganti2 motor diluar honda(fav maling) dari mulai crypton lanjut shogun trus thunder lanjut pzoo. Skrg br minat ane sm honda gara2 vario 1255 citric orange. Skrg pemakain 95km.

  19. desain penting tapi finishing yang utama sebenernya…
    honda supra 2007 emang desain lumayan tapi finishing aduh …udah penyakit dari supra 100 dan kharisma keknya
    apalagi cat dashboardnya yang awal halus tapi kelamaan dijemur ngelotok..revo ama beat untung ga gitu modelnya..

  20. dari benci jadi suka … eaaaa kayak telenovela aja.

    tapi emang, tu vario yang baru emang bagus. cuman seumur-umur paling ga suka bawa2 motor matic, klo ga kepepet. masih mending bebek soalnya.

  21. biar cm desain, ada hitungan matematikanya, biar kokoh dan simetris. Makanya pekerjaan seorang dsainer cukup berat..krn mnyangkut daya tarik konsumen yg bgtu besar.
    isalpoiyo.wordpress.com/2012/06/10/perjuangan-keras-di-balik-desain-motor/

  22. 74. tau Ah – Juni 12, 2012

    72. Roy Gracie ? Juni 12, 2012
    ente berarti kurang cerdassss?
    =======================================
    ngakaka dulu ah??.
    wkwkwkwkwk

    auauauauauauuuuuu??
    ————————————————————————–
    ikutan ngakak dah!!!

    :mrgreen:

  23. 81. Roy Gracie – Juni 12, 2012

    ikutan ngakak dah!!!

    ==================================
    silahkan bro,,,,asal jangan ngakak yang lain(nangis maksudnya)….

    huuuuu….

  24. padahal pas udah dinaekin, yang dirasa kan KARAKTER mesin, chassis, handling, dan performa, yang ngeliat desain malah orang yang nggak naik motor itu. Paling jauh yang diliat ya kokpit. Makanya desain spido motor India lebih menghibur.

  25. Ane juga termasuk yg kurang begitu antusias sama merk honda (indonesia/AHM). kalau denger nama honda ahm bawaannya males bgt…apalagi kalau inget reputasi ahm beberapa thn lalu yg terkenal merki, biarpun sekarang udah berbenah jauh lebih baik, tetep hati ini tdk tergerak utk punya 1 produk AHM…kecuali satu kang…honda PCX…cuma itu…bahkan cbr sekalipun ga menggoyahkan hati utk punya. cuma si seksi PCX…

  26. 84. james – Juni 12, 2012
    Ane juga termasuk yg kurang begitu antusias sama merk honda (indonesia/AHM). kalau denger nama honda ahm bawaannya males bgt?apalagi kalau inget reputasi ahm beberapa thn lalu yg terkenal merki, biarpun sekarang udah berbenah jauh lebih baik, tetep hati ini tdk tergerak utk punya 1 produk AHM?kecuali satu kang?honda PCX?cuma itu?bahkan cbr sekalipun ga menggoyahkan hati utk punya. cuma si seksi PCX?
    ================================
    klw kantongnya tipis,,ngga mampu beli pCX. beli aja Vario 125. mesin 11-12 kok…….

  27. jangan temen nete mas…ane aje..rela jual supra x125DD sama Jupiter Z..gara2 si vario nongol…..lampu belakangnya itu loh…asik di liatnya..

  28. Kekurangan vario 125 ada 2 yaitu suara ngorok + ban kekecilan (menurut saya) soal suara ngorok gampang solusinya,kasih busa aja saluran pipa udaranya(2/3),bukan dilobangnya,lumayan efektif,cuma keluar pas putaran rendah aja,itupun gak terlalu keras (buka cover dulu),soal ban kekecilan,gampang ganti aftermarket,kayak punya skywave/nouvo

  29. gue awalnya pengen ambil mio j. tapi setelah melihat barangnya gairah unt menaiki langsung sirna. dalam kegalauan mencari pengganti si mio inilah vario125 muncul. wah, kesan pertama ini matic memang wajar mahal.

  30. ane dah pke bnyk produk ymh maupun honda…g smw body honda yg geter ymh jg sprt vega r.mx.mio.jupe new.kcuali jupe yg lm emang awet…palagi lo wt lari menang cc doang head to head dgn honda misal miovs beat sm”80km/jam msih alusan beat pdhl ccny gdean ymha…trus lo body emang bgus” ymh tp lo di naikin enakan honda…g prcy coba z bisa kn pinjem pny teman…

  31. 84. james – Juni 12, 2012

    Ane juga termasuk yg kurang begitu antusias sama merk honda (indonesia/AHM). kalau denger nama honda ahm bawaannya males bgt?apalagi kalau inget reputasi ahm beberapa thn lalu yg terkenal merki, biarpun sekarang udah berbenah jauh lebih baik, tetep hati ini tdk tergerak utk punya 1 produk AHM?kecuali satu kang?honda PCX?cuma itu?bahkan cbr sekalipun ga menggoyahkan hati utk punya. cuma si seksi PCX?
    ———————————————————————————
    kalo GL Pro dan GL 100 gak keberatan bro… tapi yang kesini wah gak deh… mending yang laen aja

    @milky bo
    apalg kalo dah naekin 2 tak… pasti males naek 4 tak…
    perlu dana besar bisa bisa nyaingin 2 tak…

Comments are closed.