Ealah….ternyata sistem injeksi tuh emang lebih simpel!!

52
120

Ilmu mahal harganya…dan tentu saja apa yang telah diberikan Yamaha kepada para Blogger otomotif roda dua untuk praktek secara langsung membedah teknologi fuel injection patut diapresiasi. Lha gimana nggak bro, kendati sudah bolahk-balik dibahas….kalau sudah namanya teori tetap aja ora mudeng. Entah dasarnya prosesornya yang lemot atau memang terlalu jlimet, yang pasti setelah menghadiri Worshop YMJet-FI….opini langsung berubah!!….

YIMM mempersiapkan 12 motor untuk diubek-ubek. Terbagi atas 6 Vixion serta 6 Mio-J. Disana kita diajari untuk melakukan persiapan, pemeriksaan dan finishing. Disaat itu pula mereka memperkenalkan new diagnostic tool yang mempunyai kelebihan merekam, mencetak data kerusakan, memberikan gambaran visual (osciloscope) layaknya grafik, sebagai data logger (sejarah berkendara sikuda besi), merekam F/R & E/G (ECU). Awalnya IWB nggak mudeng…tapi setelah merakit sendiri kabel penghubung E/G, kabel USB, Sub Hamess 1/2 plus interface adaptor kelaptop yang diintegrasikan dengan software Yamaha….baru semua padang jingglang (terang banderang)….

Canggih bro…tiap detil kinerja mesin motor bisa terlihat dilayar komputer. Ibarat HP kita bisa intip organizer, library, contact, image dsb dilayar diPC. Jadi tinggal klak-klik klak-klik menggunakan mouse akan terkoneksi dengan sikuda besi. Mendeteksi putaran kipas, sejarah kerusakan kuda besi, idling CO, pasokan bensin (kaya atau miskin)….mampu dilakukan dari komputer. Lho…terus kenapa koq tunggangan saya hanya menggunakan FI diagnostic tool biasa??…

Untuk servise berkala FI diagnostic tool sudah cukup.  Tentu saja semakin simpel alat akan mempercepat kerja mekanik. Kecuali sampeyan ingin lebih detil yang kemudian diprint untuk dijadikan pegangan. Btw….para Blogger juga diajak terjun langsung membersihkan throttle body (3M spray),  serta injector dengan alat Yamaha injector tester. Proses air bleeding, spray, jet amount serta cleaning dipandu secara detil oleh para leader mekanik. Mereka terlihat cekatan tanpa ada rasa canggung. Secara garis besar, kelebihan injeksi pabrikan garputala bisa diambil 4 poin….

1. Filter Pump bisa diganti

2. Injector bisa dibongkar dan dibersihkan serta diukur. Harganya cukup murah jika terjadi kerusakan yakni sekitar 115 ribu.

3. Injector bisa dibersihkan secara cepat (sekitar 10 menit)

4. Yamalube Carbon Cleaner. Nah ini yang menarik brosis…..

YIMM sepertinya juga memperhatikan biker kawasan pelosok yang jauh dari perkotaan. So….Yamalube Carbon Cleaner adalah solusinya sebab mampu mengurangi kadar karbon yang menumpuk pada engine tunggangan. Tinggal masukan kedalam tanki BBM saat mengisi bahan bakar. Hal ini bisa dilakukan per 3000km sekali. Hargapun tidak membuat kantong bolong…hanya sekitar 21ribu. So…sampeyan tidak perlu sering-sering kebengkel. Untuk mempertajam ekspansi alat, YIMM membagi atas 3 area yaitu injector dan tester  untuk kota besar, 3M injector cleaner untuk perkotaan serta Yamalube Carbon Cleaner untuk pedesaan atau pelosok….

Last…dari event Yamaha Worshop YMJet-FI, ada dua pesan yang bisa diambil. Yang pertama sistem injeksi ternyata lebih simpel dan murah. Selama alat pendukung seperti diagnostic tool…mekanik siap, tidak diragukan segalanya terlihat mudah. Yang kedua…YIMM nampaknya kembali ingin menegaskan bahwa sistem injeksi merupakan makanan mereka  sehari-hari. Kesiapan jaringan, equipment, SDM, 3S tidak usah dipertanyakan lagi. Yup…ingin ngetes hasil training kemarin brosis??. Bawa motor injeksi sampeyan, biar kita yang ngerjain. Gratis koq xixixi…..(iwb)

Presentasi

Aksi para Blogger

Injector tester

3M injector cleaner

Visual Diagnostic Tool 

Mission accomplish


Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

52 COMMENTS

  1. Cepat atau lambat penerapan system injeksi pada sepeda motor akan menggantikan peran karburator, seperti pada mobil-mobil keluaran sekarang sudah injeksi semua !

  2. hasil uji emisinya masi jelek boss, kelihatan dari O2 sama CO-nya masi tinggi, sedangkan CO2nya rendah…, makanya HCnya masi tinggi. itu Mio J apa Vixion….

  3. ane selalu suka ma bahasannya warung mas iwb yg ganteng ini…hahahahaaaa…., apapun yg dibahas pasti selalu mampir(biarpun cm baca doang). Gak kayak warung sebelah itu tu….. Yg baru melek dr micek musim dingin, baru melek aja dah bikin trit yg nyindir2 gt, panas ane liatnya… Dasar blogger iri gak punya otak tu, perutnya doang yg digedein. Tp otak nya di dengkul……

  4. Mas iwb…
    Pake baju yg mana nih??
    Gak keliatan wajahnya,,,
    foto dari jarak deket, wajahny ngadep kebawah, skali wajahnya ngadep kekamera eh, malah jauh motony…
    Hadeuuhh…

  5. gas analyzer itu kyknya ngak ada tiap2 beres, paling beres gede aja yg mas..? pengen juga tuch test lamda sama CO nya..setingan lamdanya 1.07 settingan irit ya mas..?

    mantab klo semua bengkel yamah kyk gitu, cuman kyknya hanya beres2 gede aja yg komplite, yg di pelosok2 hanya sebatas service aja kali

    piss

  6. emng sdh kelihatan atpm mna yg paling siap bwt era injeksi, pabrikan sebelah mana nih, sdah siap belum yh? servis injeksiny di urusin yg bner trutama yg daerah, jngn smpe kesanny sibuk jualan aj…

  7. di sini honda kalah telak, pelopor injeksi tapi sosialisasi teknologi nol + banyaknya diler yg belum honda yg belum siap…..
    ane bukan bc, ane pemakai PGM-FI jg, CBR 150…..
    (unek-unekmodeon) piss…..

  8. Kalau produk karbu diganti injeksi, estimasi biayanya berapa mas iwan? Mungkin ndak dilakukan yamaha? Mengingat jikalau harus mengganti motor yang sudah ada, hmm eman2. ^_^

  9. 38. ASANDYSAF – Juni 2, 2012
    di sini honda kalah telak, pelopor injeksi tapi sosialisasi teknologi nol + banyaknya diler yg belum honda yg belum siap…..
    ane bukan bc, ane pemakai PGM-FI jg, CBR 150…..
    (unek-unekmodeon) piss…..
    ————————-
    senernya yg duluan pelopori injeksi itu SHOGUN 125, bukan supra, hanya saja waktu itu gak terlalu gencar gembar gembor. hehehe pisss,,,,

  10. @simon,yo po bos simon?kok supra pgm fi launching des 2005 lha shogun?kapan,di thailand 2003 dah ada honda wave 125 pgm fi step 1,lha honda dah bikin motor injeksi honda cx 500 turbo taun 82,n mulai 1993 motor nsr 500 2 tak,honda di motogp dah pake sistem injeksi,klo motor saya rasa honda pelopor roda2 injeksi di dunia lo,klo yamaha yzr m1 aja pas 2002 masih karburator,padahal semua kompetitor di motogp saat itu dah pake injeksi kusus yg 4 tak,walau memang alat diagnostig injeksi yamaha lebih komplit,walau honda cuma pake hids yg portable toh data2 yg ditampilkan mengenai kondisi sensor2 juga tep komplit,bedanya ga bisa di save,di print,diemail,he2,klo masalah seting co2,di honda saya rasa ga perlu kan dah ada sensor o2 nya,yg mendeteksi kandungan gas buang,klo memang campuran terlalu kaya pa miskin,o2 sensor mengirim sinyal ke ecm,trus ecm printahin injektor lebih banyak/kurangin semprotan bbm ke mesin,klo di yamaha pa pake juga sensor o2 ini ga ya,mengingat tep butuh penyetelan co2,walau pake alat canggih,

  11. @ 23. ax125
    Cocoknya jadi apa dong bro?
    @ 26. isal
    Nggak jadi mas….kaburrrrr (ciut nyali :mrgreen: )
    @ 27. idadzzz & 40. blueZ
    Kalau melihat fungsinya kayaknya bisa bro…
    @ 31. Ujang lele
    Walah…mosok ora kenal bro??
    @ 32. penggemar ninja
    Memang tidak semua dealer kecil ada. Tergantung dealer sendiri kalau ingin melengkapi bisa koq. Harga hanya 2,5juta padahal. Mungkin kedepan bro…
    @ 34. traction control
    Saat ini hanya untuk kalangan dealer aja mzbro
    @ 39. fncounter
    Mahal bro. Sebab tidak hanya kelistrikan serta ECU melainkan tanki juga kudu diganti. Harus dilapisi zink plate
    @ 43. juraganneon
    Memang perlu tuh bro, asli asyik banget…

    Administrator
  12. tadi malem denger radio ngebahas tema “motor cerdas” alias pake sistem injection, si narasumber meyakinkan lah, dia ngejelasinnya komplit bgt. Nah, dua hal yg anne tangkep dari bahasannya:
    – 2014 katanya disepakati produksi motor baru bakal all injection
    – posisi tangki fleksibel, karena punya pompa sendiri… gak kayak yg karbu di mana tangki harus lebih atas

  13. apakah memungkinkan fasilitas injeksi yang berada di motor kita di baca oleh komputer dan di olah dengan menggunakan software lain di luar aplikasi yang sudah ada?

    apakah software tersebut bersifat open database atau tidak?

    maaf kalo terlalu teknis pertanyaannya hehhe

    atau bisa di kasih tau gk yah, link detail resminya penjelasan alur injeksi yang berjalan saat ini…

    Terima Kasih

Leave a Reply