Ealah….ternyata sistem injeksi tuh emang lebih simpel!!

52

Ilmu mahal harganya…dan tentu saja apa yang telah diberikan Yamaha kepada para Blogger otomotif roda dua untuk praktek secara langsung membedah teknologi fuel injection patut diapresiasi. Lha gimana nggak bro, kendati sudah bolahk-balik dibahas….kalau sudah namanya teori tetap aja ora mudeng. Entah dasarnya prosesornya yang lemot atau memang terlalu jlimet, yang pasti setelah menghadiri Worshop YMJet-FI….opini langsung berubah!!….

YIMM mempersiapkan 12 motor untuk diubek-ubek. Terbagi atas 6 Vixion serta 6 Mio-J. Disana kita diajari untuk melakukan persiapan, pemeriksaan dan finishing. Disaat itu pula mereka memperkenalkan new diagnostic tool yang mempunyai kelebihan merekam, mencetak data kerusakan, memberikan gambaran visual (osciloscope) layaknya grafik, sebagai data logger (sejarah berkendara sikuda besi), merekam F/R & E/G (ECU). Awalnya IWB nggak mudeng…tapi setelah merakit sendiri kabel penghubung E/G, kabel USB, Sub Hamess 1/2 plus interface adaptor kelaptop yang diintegrasikan dengan software Yamaha….baru semua padang jingglang (terang banderang)….

Canggih bro…tiap detil kinerja mesin motor bisa terlihat dilayar komputer. Ibarat HP kita bisa intip organizer, library, contact, image dsb dilayar diPC. Jadi tinggal klak-klik klak-klik menggunakan mouse akan terkoneksi dengan sikuda besi. Mendeteksi putaran kipas, sejarah kerusakan kuda besi, idling CO, pasokan bensin (kaya atau miskin)….mampu dilakukan dari komputer. Lho…terus kenapa koq tunggangan saya hanya menggunakan FI diagnostic tool biasa??…

Untuk servise berkala FI diagnostic tool sudah cukup.  Tentu saja semakin simpel alat akan mempercepat kerja mekanik. Kecuali sampeyan ingin lebih detil yang kemudian diprint untuk dijadikan pegangan. Btw….para Blogger juga diajak terjun langsung membersihkan throttle body (3M spray),  serta injector dengan alat Yamaha injector tester. Proses air bleeding, spray, jet amount serta cleaning dipandu secara detil oleh para leader mekanik. Mereka terlihat cekatan tanpa ada rasa canggung. Secara garis besar, kelebihan injeksi pabrikan garputala bisa diambil 4 poin….

1. Filter Pump bisa diganti

2. Injector bisa dibongkar dan dibersihkan serta diukur. Harganya cukup murah jika terjadi kerusakan yakni sekitar 115 ribu.

3. Injector bisa dibersihkan secara cepat (sekitar 10 menit)

4. Yamalube Carbon Cleaner. Nah ini yang menarik brosis…..

YIMM sepertinya juga memperhatikan biker kawasan pelosok yang jauh dari perkotaan. So….Yamalube Carbon Cleaner adalah solusinya sebab mampu mengurangi kadar karbon yang menumpuk pada engine tunggangan. Tinggal masukan kedalam tanki BBM saat mengisi bahan bakar. Hal ini bisa dilakukan per 3000km sekali. Hargapun tidak membuat kantong bolong…hanya sekitar 21ribu. So…sampeyan tidak perlu sering-sering kebengkel. Untuk mempertajam ekspansi alat, YIMM membagi atas 3 area yaitu injector dan tester  untuk kota besar, 3M injector cleaner untuk perkotaan serta Yamalube Carbon Cleaner untuk pedesaan atau pelosok….

Last…dari event Yamaha Worshop YMJet-FI, ada dua pesan yang bisa diambil. Yang pertama sistem injeksi ternyata lebih simpel dan murah. Selama alat pendukung seperti diagnostic tool…mekanik siap, tidak diragukan segalanya terlihat mudah. Yang kedua…YIMM nampaknya kembali ingin menegaskan bahwa sistem injeksi merupakan makanan mereka  sehari-hari. Kesiapan jaringan, equipment, SDM, 3S tidak usah dipertanyakan lagi. Yup…ingin ngetes hasil training kemarin brosis??. Bawa motor injeksi sampeyan, biar kita yang ngerjain. Gratis koq xixixi…..(iwb)

Presentasi

Aksi para Blogger

Injector tester

3M injector cleaner

Visual Diagnostic Tool 

Mission accomplish


Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry